Minggu, 26 Desember 2010

December To Dismember

Buat sebagian orang bulan Desember mungkin bisa dibilang bulan yang penuh ‘hal-hal yang mengasyikkan dan menggembirakan’.

Gua pun dulu waktu masih bocah berpikiran seperti itu. Gua selalu menunggu datangnya bulannya Desember karena yang gua tau saat itu Santa Clause bakalan datang bawain gua hadiah.

Apalagi waktu kecil, gua sering nonton film anak-anak dimana karakter si bocah sering menunggu datangnya si gembul Santa Clause. Dengan telaten dia beres-beres kamar, bersihin cerobong biar Paman Santa yang gemuknya kayak beras 3 karung itu bisa masuk dengan nyaman. Tidak lupa dia nyiapin rumput dan air sirup buat ngasih minum rusa-rusanya. Dan yang terpenting, dia menggantungkan kaus kaki buat si Paman Santa nyimpen hadiah.

Ketika bangun pagi, kaus kaki yang digantung itu sudah berisi hadiah. Ketika dibuka hadiahnya adalah mainan robot-robotan seri terbaru yang kalau tombolnya ditekan bisa keluar suara “Hohohoho”.

Dan (idiotnya), gua sebagai anak kecil polos berusia 5 tahun yang gak tau apa-apa, terobsesi buat ngedatengin Paman Santa ke rumah gua. Gua ngerengek-rengek ke nyokap buat dibuatin cerobong asap di deket rumah, gua ngotot supaya tiang jemuran di rumah gua dipindahin gara-gara gua takut ngalangin kereta rusanya si Santa. Gua bela-belain nyediain rumput dan air sirup rasa jeruk segar buat ngasih makan si rusa. Dan tidak lupa, gua bela-belain gantungin kaus kaki di deket pintu buat nyimpen hadiah dari pemberian Paman Santa.

Tapi?

Ketika gua bangun pagi, awalnya gua sempet senang karena ngeliat sirup dan rumput di depan kamar gua sudah berkurang dan berubah posisinya. Gua kira Paman Santa beneran datang, eh gak taunya sirup yang berkurang dan rumput yang acak-acakan itu dijilatin ama kucing garong yang malem-malem masuk ke rumah gua.

Gua ngintip sebentar ke kaus kaki yang gua gantung berharap dapet robot-robotan series terbaru. Ternyata kosong dan tidak ada isinya. Gua pengen mencak-mencak ke Santa, kenapa rumah gua dilewatin? Apa karena pas bulan itu nyokap gua telat bayar air ledeng jadi rumah gua dilewatin?

Huhuhu, impian gua buat dapet robot series terbaru ternyata masih jauh dari atas angan-angan. But, setelah merengek-rengek ke bokap akhirnya gua dikasih hadiah natal. Saat itu gua masih inget hadiah natal yang gua terima adalah sebuah robot yang kalau diteken bakal ngomong “Hohoho”

So, walaupun gua gak dapet hadiah robot dari Paman Santa tapi gua dapet hadiah yang sama dan persis seperti apa yang gua idam-idamkan. Karena orang tua gua adalah Santa Claus sebenarnya buat gua, saat itu.

Lanjut,

Ketika tanggal 25 Desember, saat gua masih sekolah Minggu di Gereja, yang gua inget adalah Gereja gua selalu nyewa santa clause dan Pit Hitam buat dateng ke Gereja. Buat anak yang baik, pasti dapet hadiah dari Paman Santa. Kalau anaknya nakal, suka ngobrol, suka jailin orang (hmmmm, type gua banget) bakal dimaki-maki ama Pit Hitam.

Well, seperti yang sudah diprediksi, gua beneran diamuk ama si Piet Hitam. Sambil nahan rasa takut dan malu (komposisinya takut 5% dan malu 95%) gua mencoba untuk tenang sambil menahan air mata biar gak netes (buat lengkapnya postingan gua yang judulnya When Sani Meet Santa). Walau saat itu nyali gua rada ciut, yang ada di pikiran gua saat itu adalah apa isi hadiah natal yang bakal gua terima dari Paman Santa?

Sambil berlari menuju rumah, gua penasaran banget apa hadiah yang gua terima? Apakah hadiahnya berupa mobil-mobilan? Apakah hadiahnya berupa Nintendo series terbaru? Atau malah meja ping-pong yang dibungkus?

Gua buka perlahan, wah ketika disobek ada dus berbentuk kotak. Saat itu gua berasumsi kalau itu adalah mobil tamiya. Semakin penasaran gua jadi lebih bersemangat buka itu dus. Yes, ternyata itu dus tamiya.

Yipiee, gua ngebayangin bakalan main tuh tamiya di depan rumah sambil pamer-pamerin ke tetangga yang lain (sombongpamer.com). Gua buka tuh dus tamiya tapi kok ISINYA bukan tamiya?

Isinya adalah buku tulis 1 pak, pensil warna, pensil dan penghapus merk Kiky, dan tempat pensil bergambar Ksatria Baja Hitam. Disitu ada kertas yang isinya “Selamat Natal dan Rajin Belajar. Semoga Hadiahnya Berguna”

Berguna Mbahmu! Mana Tamiya gue? Mana robot-robotan gue? Ternyata dus tamiya itu cuma dipake buat nyimpen buku dan alat-alat tulis doang.

Ah, tidak! Ternyata harapan besar itu jika tidak sebanding dengan kenyataan begitu menyakitkan. Fiuh….

Hm, buat sebagian orang bulan Desember mungkin bisa dibilang bulan yang ingin dilupakan. Wajar, karena ini adalah bulan terakhir jadi semua kenangan yang buruk ingin segera dilupakan dan beralih dengan semangat baru di tahun berikutnya.

So, lakukan yang terbaik di sisa hari ini, dan lupakan semua hal yang tidak berjalan dengan semestinya.