Minggu, 30 November 2014

Main Theater

Banyak alasan buat gue, kenapa tiap diajakkin main theater, selalu gue tolak.

Pertama, gue bukan yang suka tampil. Kedua, gue gak terlalu nyaman jadi sorotan. Ketiga, gue lebih suka berada di 'belakang layar, dan keempat gue punya syndrome demam panggung.

Seinget gue, gue kena syndrome ini sejak awal tahun 2012. Kalau gue udah kena syndrome ini, lu percaya gak gue jadi GAGAP.

Kalau udah gagap, ngomong "Perkenalkan nama saya Stefanus Sani" aja bisa jadi "Per-----ke--nalll-kaaaannn nnnaaaa-------maaaaa sa----ya.... Stef-----anus------san----iiiiiii"

Gue percaya banget gue kena "penyakit" GAGAP ini karena kharma buat perbuatan gue. Dulu waktu SMP, temen sebangku gue si Bernard anaknya GAGAP parah dan sering gue ejek.

Eh, beberapa tahun kemudian malahan gue yang sekarang ketularan GAGAP.

Waktu gue cerita ke Kakak dan beberapa temen gue, gak ada satupun dari mereka yang percaya kalau gue bisa jadi orang GAGAP kalau lagi kena syndrome demam panggung.

Jelas mereka gak percaya, karena gue emang gak punya riwayat GAGAP dan juga saat di kelas atau lagi forum resmi, gue termasuk orang yang berani buat ngomong, kasih kritikkan, atau berdebat.

Tiap ada ajakkan main theater, pasti aja gue tolak. Biar kata orang gue jago berakting tapi tetep aja gue tolak. Bukan apa-apa, gue takut pas lagi di atas panggung, syndrome demam panggung gue ini muncul dan mengacaukan semuanya.

Dari ingetan gue yang lumayan baik ini, (sebelum gue kena syndrome demam panggung), gue sudah beberapa kali ikutan theater.

Theater pertama gue itu waktu gue masih TK Kecil. Gue dapet peran sebagai pembantu Raja. Entah kenapa gue yang berperan sebagai jadi pembantu, sedangkan temen gue si Yohanes yang kebagian peran jadi Raja padahal menurut gue, gue lebih cakep dibanding si Yohanes.

Scene gue gak nyampe 1 menit. Jadi nanti ada adegan temen gue si Raja manggil "pelayan". Begitu mendengar gue dipanggil, gue langsung berlari dari belakang panggung (dengan penampilan ala pelayan, pake peci dan bawa lap tangan) dan nanya ke Raja "Ada yang bisa saya lakukan, Tuan Raja?"

Gue inget banget, ketika gue keluar dari belakang panggung dan berpakaian ala pelayan semua penonton yang kebanyakkan Orang Tua murid langsung ketawa ngakak.

Entah ketawa karena gue emang mirip pembantu atau apaan. Ironisnya setelah gue berperan sebagai pembantu Raja, sewaktu TK gue lebih dikenal sebagai "Stefanus yang berperan sebagai Pembantu"

Nama Stefanus ini sudah terlalu mainstream, di TK gue aja punya nama depan ini ada kali 5 orang. Ada temen gue yang ngomong ke Nyokapnya "Ma, tadi aku makan bareng Stefanus"

Si Tante pun bertanya "Stefanus yang mana ya nak?"

"Itu ma Stefanus yang waktu pentas theater jadi pembantu"

Oh, ok. Saat di TK gue lebih terkenal sebagai "Stefanus si Pembantu"

Di Sekolah Minggu pun, gue lumayan sering maen theater. Tapi entah kenapa, gue kebagian peran yang 'butut' mulu. Pernah satu kali menjelas Paskah, gue ikutan pentas Theater tentang "4 Bejana"

Jadi cerita Theater ini tentang 4 bejana. Bejana pertama adalah bejana yang terbuat dari emas dan dikagumi oleh banyak orang. Bejana kedua adalah bejana yang terbuat dari perak dan bejana ketiga terbuat dari tembaga.

Ceritanya itu adalah bejana yang laku dijual dan tau gak gue kabagian jadi apa? Gue kebagian jadi bejana keempat yang terbuat dari tanah liat alias bejana paling "butut"

*Tepok Jidat*

Entah karena gue emang kalah ganteng ama yang lain atau ini bentuk 'pembalasan' guru-guru Sekolah Minggu karena gue anaknya nakal eh gue dijadiin bejana tanah liat.

Udah diceritain paling jelek, eh ini bejana juga hobbynya ngeluh. Ampun deh

Beranjak ke SMP, saat lagi ada acara pentas theater, tiap kelas diwajibkan bikin pentas theater yang ceritanya harus diambil dari cerita-cerita di Alkitab.

Saat itu kelas gue ngambil cerita "5 Gadis Pintar dan 5 Gadis Bodoh" dan dengan kejinya gue dikasih peran sebagai satu dari 5 gadis bodoh. Udah kebagian peran waria, gue dijadiin yang bagian dari gadis bodoh pula.

Saat itu gue di make-up tebel ama temen cewek gue yang doyan dandan. Gue dipakein kemben dan entah emang doyan ama dada gue, temen gue si Robert yang jadi 'sutradara' nyuruh gue nurunin kembem gue mulu. Katanya biar dada gue sedikit menyembul dan keliatam sexy.

Demi ini theater, gue relalin pake kemben yang sengaja diturun-turunin ampe lekukan dada gue keliatan. "Turunin lagi dong san dikit lagi. Biar maksimal"

Maksimal jidat lu, Nyet! Puting tetek gue sudah berada di ambang batas alias turun dikit lagi, keliatan itu puting.

Si Robert ini kata gue punya bakat jadi sutradara film porno. Bisa-bisanya waktu kelas 1 SMP, dia kepikiran soal tetek menyembul

Dan sekarang, entah temen-temen satu angkatan gue narsis atau emang gila tampil semua, mereka kompak mau bikin theater buat Natal ini.

Begitu ngedenger temen-temen pada mau bikin pentas theater, gue sih dukung banget. Tapi lutut gue mendadak jadi lemas begitu temen gue bilang "Kak Stefanus juga harus ikutan"

Bukan apa-apa, gue tuh udah tua dan usia gue udah jauh lebih tua dibanding temen-temen satu angkatan gue dan bisa-bisanya gue disuruh ikutan maen theater, belum lagi gue masih punya syndrome gagap itu.

Gue udah mati-matian nolak tapi temen-temen gue maksa kalau gue harus ikutan main. "Kak Stefanus gak kompak orangnya" atau "Gak ada lu, gak seru ah" dan masih banyak lagi alesan supaya gue ikutan pentas theater.

Dibanding gue maen theater, gue lebih milih jadi yang bikin skenarionya deh. Kalau gue yang bikin skenarionya, gue bakalan bikin karakter yang gue peranin bakalan jadi keren banget. Gue bakalan pasangin karakter gue ama cewek paling cakep satu angkatan

Siapa tau bisa cinlok, hihihi

Tapi sayang seribu sayang. Sebelum gue mengajukan diri buat yang bikin skenario, ternyata ada temen gue yang lain sudah bikin skenario juga dan skenario itu yang dipilih. Gue belum tau judulnya apaan dan gue bakalan berperan apaa. Gue sendiri sudah wanti-wanti, gue mau ikutan asal scene gue dikit dan gak banyak ngomongnya.

Hingga suatu hari ketika gue lagi duduk manis di kantin sambil menyeruput Green Tea, datang temen gue sambil ngasih skenario theater, sekilas pas gue baca (yang gue tangkep), inti ceritanya adalah tentang Suara Setan dan Suara Tuhan.

Peran Malaikat diisi oleh temen gue si Fani. Cocok menurut gue karena muka doi yang mirip malaikat. Sambil baca-baca, gue nanya ke temen gue yang ngasih ini skenario

"Rico, ini yang jadi setan siapa ya?"

Rico gak ngejawab pertanyaan gue, dia cuma senyum-senyum sambil berlalu meninggalkan gue yang masih kebingungan.

Tanpa perlu jawaban, kayaknya gue udah tau deh siapa yang bakalan berperan jadi si setan -_-

Selasa, 25 November 2014

Clobberin Project

Belum lama ini gue dapet kiriman E-mail dari sebuah Majalah Remaja, isi E-mail itu adalah meminta gue buat rutin ngirimin Cerpen (Cerita Pendek) lagi.

Aslinya sih, sudah lama banget gue gak bikin cerpen. Dulu sekitar tahun 2006-2008 hampir setiap hari gue bikin cerpen. Dulu bayaran gue tiap satu cerpen 350rb. Duit 350rb itu tuh yang bikin gue semangat banget bikin cerpen.

Lumayanlah buat kongkow-kongkow asyik bareng temen.

Awalnya gue itu sempet ngerasa frustasi pas bikin cerpen. Ya bukan apa-apa sih, dari puluhan cerpen yang gue kirim gak ada satu pun yang pernah dimuat.

Saat itu gue bingung banget, apa yang salah ama cerpen gue? Apa karena gue gak ganteng jadi gak dimuat?

Kalau gue baca sih (menurut gue) keren terus gak sedikit yang bikin gue ampe berlinang air mata *pret*

Tapi kok gak pernah dimuat? Tiap gue nanya ke redaksinya juga gak pernah direspon. Saat itu gue bener-bener galau, bingung ampe gue sempet mikir kalau gue gak punya bakat di bidang ini.

Pelan-pelan gue mulai introspeksi dan cari apa yang salah dengan cerpen gue. Saat itu gue tuh masih (sok) idealis gara-gara bacaan gue adalah buku-buku Pramoedya Ananta Toer, Soe Hoek Gie

Yang ada di pikiran gue, gue pengen bikin cerpen yang 'gak biasa', idealis, dan gak mainstream. Tema tulisan gue lebih berkutat ke arah LGBT (Lesbian, Gay, dan Transgender) karena menurut gue tema ini jarang diangkat.

Gue juga bikin cerpen soal cinta anak remaja dengan PSK yang terjangkit HIV, dll. Pokoknya bener-bener (sok) idealis deh. Kalau gue sekarang baca-baca tulisan gue yang dulu, sumpah gue pengen banget nangis. Nangis kok bisa-bisanya gue bikin cerpen kayak gitu. Entah apa yang ada di pikiran gue saat itu.

Karena gak pernah dimuat, pelan-pelan gue mulai introspeksi hingga akhirnya gue nemu alesan logis kenapa cerpen gue gak dimuat. Ya jelaslah gak pernah dimuat, gue kirim tulisan soal PSK, Gay, Lesbian ke Majalah Remaja yang mayoritas dibaca oleh umur 14-18 tahun -_-

Mungkin kalau waktu itu gue kirim ke Majalah Ibu-Ibu kayak Femina, Kartini ada kemungkinan dimuat. Kalau ngirimnya ke Majalah Remaja ya gak bakalan dimuat yang ada gue malah dituduh sebagai gay.

Belajar dari kesalahan itu dan mulai baca-baca cerpen orang lain, gue mulai menggesar tema penulisan gue. Dari tentang LGBT gue mulai bergesar ke tema-tema remaja.

Gue bikin karakter khayalan yang gue kasih nama "Jack". Inspirasi nama Jack itu adalah dari nama anak tetangga gue. Tetangga gue itu punya anak umur 5 tahun yang dikasih nama Jack O'Neill.

Kebetulan dia itu nikah ama bule (kayaknya sih kawin kontrak) jadi wajar kalau nama anaknya berbau bule. Tiap siang kalau dia lagi main, anak-anak kampung pasti teriak-teriak manggil nama dia "Si Jack" dan hal itu yang ngebuat nama "Jack" itu jadi nempel di otak gue.

Karakter "Jack" di cerpen gue itu sebenarnya adalah gambaran tentang gue sendiri. Penggambaran "Jack" dari segi fisik dan sifat sangat kentara dengan gue.

Semua cerpen gue diinsipirasi dari hal-hal yang terjadi di sekeliling gue dengan sedikit tambahan sana-sini. Gue bikin cerpen sesuai dengan style gue sendiri dan hasilnya ternyata lebih dari yang gue bayangkan.

Hampir tiap Minggu cerpen gue dimuat dan pundi-pundi gue bertambah seiring dimuatnya Cerpen gue. Banyak orang yang suka tapi banyak yang juga gak suka waktu baca cerpen gue, ya itu sih biasa menurut gue. Kita gak bisa memaksa semua orang buat suka ama kita kok. Haters Gonna Hate

Cerpen pertama gue yang dimuat

Salah satu cerpen gue yang pernah masuk nominasi
Selain bikin cerpen dan kerja cari duit, kesibukkan gue sekarang adalah bikin clothing brand sendiri. Awalnya sih gue gak ada kepikiran buat brand sendiri tetapi awalnya dimulai dari banyaknya orang yang sering nanya tentang kaos WWE SmackDown yang biasa gue pake.

Pas lagi jalan-jalan di mall atau lagi kongkow ada aja yang nanya tentang kaos WWE yang gue pake.

Mereka nanya dimana gue biasa beli kaos dan muji kaos gue (kaos gue doang yang dipuji yang makenya sih gak pernah). Belum lagi gue termasuk aktif dan sudah dianggap 'sepuh' di suatu komunitas WWE terbesar.

Gue mulai mikir, dibanding gue import sendiri terus gue jualin, kenapa gue gak produksi sendiri dengan design dan kualitas yang oke punya? Untungnya pasti lebih besar

Untuk merealisasikan ide gue ini, pertama gue harus cari partner yang punya satu visi dengan gue dan bisa ngikutin "arah angin" yang gue mau. Jujur, gak semua orang bisa bekerja sama bareng gue karena pemikiran gue yang bikin gak semua orang bisa nyaman menerima ide-ide gue.

Ide-ide gue sering out of box dan sedikit 'liar' jadi gak semua orang bisa klop dengan gue dalam urusan pekerjaan. Setelah nemu partner yang satu visi, kita mulai cari designer handal.

Seperti yang gue bilang tadi, syarat mutlak dari gue ketika gue mulai produksi baju adalah kualitas design dan bahan harus yang terbaik karena nama gue dipertaruhkan di komunitas. Kalau ampe jelek, wah bisa-bisa gue dihujat dan nama gue tercoreng.

Setelah nemu designer dan vendor yang cocok, kita mulai produksi. Untuk permulaan 1 lusin dulu dan ketika mulai gue jual ternyata responnya luar biasa. 2 x 24 jam sudah sold out dan karena responnya luar biasa, gue mulai berani naikkin kuantitas, Dari satu lusin naik ke 15 pcs dan sekarang sudah 20 pcs buat satu design.

Biasanya sih dalam 1 x 24 jam sudah sold out atau paling lama 3 x 24 jam buat bener-bener sold out. Yang bikin gue seneng adalah orang-orang yang sudah beli bilang puas dan suka banget dengan kaos produksi gue.

Karena penjualan makin bagus, gue dan temen gue itu mulai berpikir buat bikin satu brand. Setelah lama ngobrol akhirnya kita pilih nama "Clobberin Time" buat logo kta.

Ini dia penampakkannya:

Nama "It's Clobberin Time" sendiri diinspirasi dari karakter The Thing di komik Fantastic Four yang selalu berteriak "It's Clobberin Time" sebelum bertarung melawan musuh. Kalau di WWE kalimat ini identik dengan CM Punk yang selalu berteriak "It's Clobberin Time" sebelum bertanding.

Gak ada filosofi apa-apa dari pemilihan nama ini tetapi karena kalimat ini sudah nempel di kepala gue, gak ada salahnya toh kalau gue jadiin nama brand?

Kalau ditanya omzetnya gimana, Puji Tuhan sudah lumayan banget. Cukuplah buat bayar cicilan sana-sini, ahay. Modal awalnya memang gak sedikit sih tetapi untuk saat ini, gue kasih target ke diri gue sendiri bisa ngejual minimal 80 - 100 pcs tiap bulan. Untuk tugas kita bagi merata, gue di bagian penjualan dan konseptor sedangkan satu temen gue di bagian produksi dan design.

Produksi Tees John Cena "Keep Calm and Never Give Up"

Dean Ambrose "Unstable"
Kedepannya gue kasih target bisa ngejual minimal 200-300 pcs/bulan. Untuk saat ini target paling realistis ngejual 100pcs/bulan karena keterbatasan waktu apalagi gue harus bener-bener bisa ngebagi waktu jualan, les, kerja, dan ngeceng (uhuk).

Harapan gue gak muluk-muluk yang penting brand ini bisa terus eksis, orang puas dan gak kapok beli, dan bisa jadi sponsor buat acara-acara komunitas.

 Oh ya, jangan lupa follow @Clobberin_Time di twitter juga ya. Dan terakhir, saran dari gue buat kamu yang mau memulai suatu usaha (apapun itu yang penting usaha yang bener), "Kamu akan dikritik orang ketika melakukan sesuatu. Kamu juga akan dikritik ketika tidak melakukan sesuatu" 

Gak usah dengerin kata orang yang penting "tutup telinga" dan maju terus :)


Senin, 17 November 2014

Better Than Perfect

Ok, iya, bener. Jadi di bulan November ini gue makin-makin-makin tua. Kalau dulu gue risih banget kalau dipanggil "Om, Om" kayaknya mulai sekarang gue sudah harus membiasakan diri buat dipanggil dengan sebutan itu.

Sebenarnya sih gak ada yang spesial di hari jadi gue kali ini. Mungkin yang membedakan adalah di hari ultah gue tahun ini, ultah gue sengaja dirayain.

Dari ingetan gue, selama gue hidup ulang tahun gue itu kalau gue salah inget pernah 3x dirayain. Yang pertama waktu gue umur 6 tahun, yang kedua waktu gue umur 16 tahun, dan ketiga ya tahun ini.

Dirayainnya juga bukan dengan pesta besar-besaran sih. Khusus untuk tahun ini, gue ngundang temen-temen di Gereja dan beberapa temen yang lain buat datang ke rumah buat makan-makan sambil (sedikit) ngarep dapet kado, hihihihi

Satu hari sebelum gue ultah (gue ultah tanggal 4 November), gue masih sibuk berkutat dengan laptop gue. Lagi asyik-asyik kerja tiba-tiba ponsel gue nyala.

Gue liat ada message dari tetangga (iya tetangga gue yang sering gue ceritain, di blog ini). Isi BBMnya singkat dan jelas "De, keluar bentar. Ada yang penting. Penting banget"

Belajar dari pengalaman gue yang sudah-sudah, pentingnya tetangga gue ini pasti gak penting banget buat gue. Gue mikir sekitar 1-2 menit, mending gue waro atau gue cuekkin ya ini BBM.

Saat itu dia nge-BBM gue terus dan dari isi BBMnya dia ngeyakinin kalau ini beneran penting banget, saat itu jam sudah menujukkan pukul 23:45. 15 menit lagi tanggal 4 November jadi apa mungkin ini tetangga gue yang 'tercinta' ini mau kasih kejutan buat gue?

Apa dia ini lagi akting, pura-pura nyuruh gue turun dan keluar rumah padahal aslinya dia lagi nyiapin sirkus buat ulang tahun gue? Tapi dia kan cowok, masak niat banget kasih kejutan buat gue?

Dibanding banyak pertanyaan, akhirnya gue mutusin buat turun. Dia sudah jongkok manis di depan rumah dia. Begitu denger gue buka pintu, dia langsung terlihat antusias dan sedikit berlari ke arah gue.

Dia ngeluarin ponsel merk AD*AN dan buka akun facebook dia. Dari akun facebook dia, dia masuk ke message dan nunjukkin message dari akun bernama "Vanessa Adams"

Ini dari namanya juga gue udah nyakin boong. Gue yakin 100% kalau nama Vanessa Adams ini gabungan dari nama Vanessa Hudgens (iya yang mantannya si Zach Efron) terus Adams itu dari nama Victoria Adams (istrinya David Beckham).

Buat lebih ngeyakinin lagi, gue gedein foto pp si Vanessa Adams ini dan ini kan fotonya si Hannah Montana?

Ok, sempurna. Vannessa Hudgens + Victoria Adams = Hannah Montana.


Sampai detik ini, gue belum bilang ke tetangga gue ini kalau itu akun palsu. Dia sendiri langsung cerita kalau sudah 2 Minggu ini dia sudah intens berkomunikasi dengan si Hannah Montana ini.

Terus kalau gitu ngapain gue disuruh turun malam-malam gini?

Ternyata dalam message yang dikirim si Hannah (pake bahasa Inggris), si Hannah ini bilang kalau dia mau kirim barang-barang buat tetangga gue itu. Dia tulis lengkap apa-apa aja yang mau dia kasih:

* Duit 15.000 dollar
* Jersey sepak bola original
* Kemeja Dolce Gabanna
* Ikat Pinggang Zara
* Sepatu merk Reebok

Belum juga dikasih tetangga gue udah langsung mimisan. Dia bilang kalau dapet duit 15rb dollar mau dipake buat bikin warnet merangkap kost. Terus gue iseng nanya Mama tau gak soal ini? Dia bilang tau dan kalau uangnya sudah nyampe mau dipake bikin cafe.

Ok cakep, 15.000 dollar mau dipake buat bikin cafe warnet, kost, dan cafe. Aslinya gue pengen ketawa sambil megangin perut tapi gue gak mau ngehancurin kesenangan dia untuk saat ini.

Dia juga mengiming-imingi gue dengan "ikat pinggang Zara", syaratnya gue harus bantuin dia balesin message si Hanna Montanah -_-

Dari liat nama aja gue udah yakin ini akun fake dan bener sesuai dugaan gue. Sebelum kirim semua hadiah itu, si Hannah Montana minta dikirimin duit sekian juta. Alasannya buat biaya kirim ongkos kirim dari Amerika ke Indonesia.

Buat lebih ngeyakinin lagi, si Hannah ini kirim message yang gue yakin bisa bikin cowok-cowok mimisan. Kurang lebih isinya gini: "Saya juga dalam waktu dekat akan segera berkunjung ke Indonesia. Kamu booking hotel untuk saya ya. Saya sudah tidak sabar untuk menikmati tubuhmu"

Eaaaaaa... Terjawab sudah kenapa tetangga gue mukanya berasa panas dingin dari tadi ternyata dia diimingi-imingi "menikmati tubuhmu"

Akhirnya gue jelasin kalau ginian tuh biasanya nipu. Gue bilang kalau dia minta transfer atau kirim uang jangan pernah mau karena biasanya nipu. Gue jelasin sebisa gue dan soal percaya gak percaya itu kembali lagi ke urusan dia.

Setelah sekitar 30 menit berbincang dengan dia, gue kembali ke kamar. Jam sudah menunjukkan pukul 12:00 lebih dan Puji Tuhan umur gue bertambah.

Umur bertambah, tanggung jawab makin bertambah. Banyak hal yang mungkin harus dirubah dari gue, kalau kata Nyokap gue sih yang paling pertama gue harus ngerubah sifat kekananak-kanakkan gue dan bersikap lebih dewasa lagi. Itu yang terpenting.

Temen gue pernah ngomong, kalau di usia gue yang sekarang adalah usia yang tepat buat dijadiin sebagai turning point dalam hidup seseorang.

Gak salah sih tapi kalau ditanya kapan turning point gue, gue bilang sih tahun lalu ya. Turning point gue itu datang di saat malah yang gak pernah gue duga sama sekali.

Sesuatu yang awalnya gue kira mustahil dan bikin gue pesimis ternyata saat gue jalanin, semuanya berjalan baik-baik saja.

Kalau ditanya apakah gue sekarang hidup di comfort zone? Gue bilang sih iya. Gue sedikit gak setuju dengan orang yang bilang kalau kita harus keluar dari zona nyaman.

Gue lebih mikir, bagaimana caranya supaya gue bisa tetep berada di comfort zone tetapi gue tetep kasih tekanan-tekanan kepada diri gue sendiri. Kalau gue bisa mengatasi semua tekanan itu, gue bakalan tetep berada di comfort zone tapi kalau gue gak bisa, gue bakalan terhempas dari zona nyaman gue.

Ah....

Intinya adalah tetap sabar karena segala sesuatu itu awalnya sulit sebelum menjadi mudah. Masa depan bukan besok, masa depan adalah hari ini. Karena apa yang kamu tabur hari ini, itulah yang akan kamu tuai masa depan...

Terakhir, terima kasih buat semua ucapan dan hadiah-hadiahnya. Semuanya gue suka, gak ada yang gak gue suka. Iya, iya janji semuanya bakalan dipake kok :)