Selasa, 27 Maret 2018

Good Bye UBER!

Sudah denger kabar kalau UBER bakalan ditutup di Indonesia karena diakuisisi oleh GRAB? Kalau belum, gua bisa memastikan kalau berita itu memang benar adanya.

Gua sendiri sudah dapat E-mail dari UBER dan diminta untuk menyiapkan berkas-berkas untuk mutasi ke GRAB. Sepertinya TIDAK akan gua ambil dan sebelum layanan UBER ditutup awal April mendatang, ini adalah tarikan dan cerita terakhir gua buat UBER.

.......................................................................................

Tuing....tuing.... Alarm UBER gua berbunyi di suatu Pagi.

Gua cocol dan keluar nama Yamashita. Dari nama sih ini sepertinya orang Jepang. Ada 2 kemungkinan beneran ini orang Jepang atau dia VVIBU alias fans garis keras semua hal yang berhubungan dengan Jepang.

Oot dikit, salah satu temen gua adalah VVIBU akut. Pas gua masih sekolah dulu, gua beberapa kali ke rumah dia dan tiap gua masuk ke kamar si VVIBU ini, komputer dia selalu nyala. Dan dia cerita kalau komputer dia gak pernah mati dan selalu nyala 24 jam selama 1 Minggu. Jadi biarpun dia sekolah, komputer dia selalu On dan ditinggal buat donlod.

Pas gua tengok, dia donlod apaan eh di VVIBU ini lagi donlod bokep Jepang dong. Pas gua cek memory-nya, itu isi bokep Jepang sudah hampir 1 TB. Kayaknya sampai dia mati juga, itu bokep Jepang gak akan habis deh ditonton.

Sebagai temen gua sangat kecewa dengan kelakuan temen gua ini. Kenapa dengan koleksi dia yang banyak banget seperti itu, dia gak pernah ngomong coba. Gua kan mau copy juga eh ngaco maksudnya gua kecewa kenapa dia lebih memilih menghabiskan waktu mudanya untuk 'sesuatu hal yang hanya mengasilkan kesenangan yang fana alias sesaat'. Sungguh kecewa sekali gua.

Sampai sekarang, si VVIBU ini sering banget PM gua via Facebook or Instagram dan pasti kalau dia PM, awalannya pasti gini "Jaja, gua pengen ke Jepang. Ketemu ama cewek-cewek Jepang"

Dari tahun 2010 sampai 2018 dia kalau chat gitu mulu ampe bingung gua mau jawab apa. Pengen gua jawab gini "Emang itu si cewek Jepang mau ama lu, njing?"

Kembali lagi ke Customer gua si Yamashita, gua chat lokasi penjemputan dan dia jawab dengan bahasa Indonesia fasih, sepertinya ini VVIBU deh. Karena masih Pagi, gua memprediksi dia mau berangkat sekolah.


Dugaan gua salah karena pas sudah sampai di depan rumah dia, keluar laki bercelana abu-abu (celana SMA), pake jaket yang tulisan Kanji dan dia paket iket di kepala. Lu tau gak iket kepala yang suka dipakai si Naruto? Nah bentuknya kayak gitulah dan yang jadi pertanyaan adalah KENAPA INI ANAK KE SEKOLAH PAKAI IKAT HOOKAGE KAYAK SI NARUTO?

"Yamashita? Tujuan kita kemana?" tanya gua

"Ke SMA xx"

Sebenarnya gua pengen banget nanya "Itu ikat kepala Hookage buat ngapain?" tapi dibanding nanti gua ditanya-tanya soal Naruto, gua diem aja deh.

Di tengah perjalanan gua nanya, apa itu Yamashita nama asli dia, dia bilang bukan. Yamashita adalah nama Jepang dia di sekolah. Bisa gitu, bisa sampai punya nama Jepang sendiri coba padahal kalau dari muka ini anak keliatannya namany "Tatang" atau "Lesmana" deh.

Dugaan gua kalau dia adalah VVIBU akut akhirnya terbukti. Sepanjang jalan dia cerita tentang kesukaan dia tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan Jepang. Gua ngangguk sambil sesekali nimpalin. Satu-satunya hal yang gua suka dari Jepang selain gulat Jepang adalah komik Kobo Chan.

"Kakak pernah ikutan Cosplay gak?" tanya dia.

"Pernah, pernah" kata gua ngibul abis. Padahal gua mau jadi Cosplay apa coba, jadi si Giant di Doraemon?

"Jadi siapa Kak?"

Dalam sepersekian detik gua langsung berpikir siapa karakter 'pernah' gua mainkan karakternya. Gua langsung keingetan karakter si 'L' di komik Death Note. Kebetulan gua emang lagi baca komik Death Note.

"L" Death Note. Gak ada mirip-miripnya ama gua
"Wuih keren banget Kak"

"Ahahaha biasa aja sih" jawab gua. Ini si VVIBU kok polos amat jir. L kan kurus kering gitu, lah gua ketimbang jadi L lebih pas jadi Papahnya Nobita kali -_-

Yamashita terus cerita kalau dia adalah ketua klub Jepang di sekolahnya dan dia rutin adain Event Jejepangan di sekolahnya. Dari yang sederhana sampai yang tingkat tinggi misal berkolaborasi dengan sekolah lain buat adain Event Cosplay, nari Jepang sampai lomba band Jejepangan.

Kita ngobrol panjang lebar dan dia ngobrol panjang lebar tentang cita-cita dia yang kepengen pergi ke Jepang dan nikah ama orang Jepang. Gua ceritain soal kehidupan di Jepang karena kebetulan gua punya beberapa buyer yang tinggal di Jepang dan kita sering ngobrol soal kehidupan disana.

Lagi asyik ngobrol, Yamashita nyela gua dan ngomong gini "Kak, nanti jangan lupa ya nonton sinetron 'Jodoh Wasiat Bapak' di ANTV jam 8 Malam"

Jodoh Wasiat Bapak? Apaan tuh? Gua kok baru denger ada Sinetron judulnya 'Jodoh Wasiat Bapak'. Belum sempat gua nanya ada apa, Yamashita cerita kalau dia bakalan nongol di 2 episode yang tayang hari Kamis dan Jumat.

Pas dia ngomong gitu, gua melirik sebentar ke spion. Ini orang kok gak ada tampang main Sinetron ya. Masak iya yang ginian main Sinetron sih? Kalau iya main Sinteron kayaknya yang sekelabatan doang dan perannya gak akan diingat ama yang nonton deh.

Gara-gara Yamashita cerita soal main Sinetron, ingetan gua langsung melayang sewaktu gua masih kelas 3 SMA. Pas gua kelas 3 SMA, salah satu temen gua si Steve (nama disamarkan) sering banget gak masuk sekolah. Kalau Guru nanya "Kemana Steve?"

Jawabannya "Lagi syuting Bu. Biasa Artis"

Kebiasaan ini ternyata sudah terjadi sejak si Steve kelas 1 SMA. Gua kok jadi mikir ya, main Sinetron tapi kok perasaan gak pernah keliatan di TV.

"Sinetron apa sih Pril?" tanya gua ke salah satu temen gua si Aprilia yang memang penggemar Sinetron kampung.

"Tonton aja San, di Indosiar setiap Selasa jam 8 Malam. Pemeran utamanya si Roger Danuarta" 

Selasa jam 8 Malam gua bela-belain deh stay di depan TV buat nonton Indosiar. Gua ngabarin Papa, Mama, dan Kakak kalau ada temen sekelas gua yang main sinetron. Gue kepo banget, ini si Steve akting jadi apaan sampai sering banget bolos masuk Sekolah.

Sinetron yang dimaksud pun dimulai, gua inget banget soundtrack sinetronnya pake lagu 'Kamu Kamulah Surgaku' punya si Ahmad Dhani. 30 menit berjalan, temen gua kok gak nongol-nongol, gua udah mulai ngantuk dan Nyokap pun sudah minta ganti channel karena sinteronnya gak seru.

Gua bilang tahan sebentar sampai akhirnya si Steve muncul juga setelah sekian lama. Dia muncul di adegan ketika si Roger Danuarta masuk ke sebuah bar buat ketemu preman Bar.

"Hey kau kemanakan si Geby?" tanya Roger Danuarta sambil pasang muka emosi kayak mau nyambit orang.

"Beraninya kamu ngomong seperti itu. Belum tau aku siapa?" kata si preman bar.

"Ya, jangan sembarangan ya kamu bicara" timpal si Steve

Dan sampai itu sinetron tamat, si Steve cuma kebagian ngomong "Ya, jangan sembarangan ya kamu bicara". Ya elah, ngomong 1 kalimat gini doang sampai si Steve harus gak masuk sekolah sampai 1 Minggu?

Gua yakin banget kalau si Yamashita juga bakalan kayak si Steve. Dia muncul cuma ngomong 1 patah kalimat dan setelah itu kehadiran dia gak akan pernah diingat lagi oleh penonton.
 .....................................................................................

Di suatu Pagi, bulan Juni 2017.

Alarm UBER gua berbunyi tanda ada orderan masuk. Jarak jemput sekitar 4 KM dengan perkiraan waktu 11 menit. Lumayan jauh, belum gua chat buat konfirmasi ada telpon masuk. Gua angkat dan suara seorang Ibu dari ujung telpon terdengar.

"Bisa segera dijemput. Ini hari pertama anak saya masuk sekolah, susah banget dapat Drivernya, pada dicancel terus. Jemput di depan Gereja HKBP Jalan Jakarta ya!"

"Siap Bu, tunggu sebentar ya. Agak jauh posisinya tapi saya usahakan cepat"

Gua kebut dan sekitar 8 menit gua sampai ke tujuan. Di depan Gereja, ada anak berseragam SD yang matanya sembab dan mukanya merah. Gua konfirmasi apa bener nama dia Audrey yang order UBER dan dia jawab "Bener"

"Audrey kenapa nangis?" tanya gua. Jiwa kebapakkan gua muncul melihat anak perempuan bersedih, halah.

"Dari tadi gak dapat Driver, dicancel terus. Sebentar lagi sudah mau masuk jam sekolah"

Audrey bilang dia masuk jam 7 Pagi dan sekarang sudah jam 06:47. Masih ada waktu 13 menit tapi jalanan lagi macet parah dan berhubung ini daerah kekuasaan gua, gua tau jalan tikus tanpa harus kena macet jalan raya.

"Cup gak usah nangis, Kakak (manggil diri sendiri Kakak biar gak keliatan tua banget) janji kamu gak akan telat" 

Selap selip sedikit, lewatin jalan kampung dan jam 06:58 sudah sampai di depan sekolah Audrey, di SMP Muhammadiyah Jalan Kadipaten Antapani, sebelah Griya Antapani.

"Gak telat kan?"

"Hehehehe, makasih ya Kak. Berapa ongkosnya?" tanya Audrey

Audrey dapat promo dari 6.000 dipotong diskon 3.000 jadi 3.000 tapi gua gratisin aja, lumayan buat Audrey jajan Cimin di depan Sekolah.

Setelah pertemuan pertama gua dengan Audrey, gua beberapa kali ketemu dengan Audrey lagi. Dan sepanjang perjalanan kita pasti ngobrol dan dari obrolan gua dengan Audrey, gua rangkum kalau Audrey ini aktif di klub Jepang sekolahnya, dia ikutan klub baseball setiap hari Selasa, Rabu, dan Kamis.

Oh ya, Audrey juga lagi naksir ama temannya tapi teman cowoknya itu gak peka dan satu lagi, Audrey suka main Tik Tok.

"Kak Sani, punya akun Tik Tok gak?"

Gua bilang baru mau bikin PADAHAL gua aja gak tau Tik Tok apaan. Gua nanya ke pacar "Sayang, Tik Tok apaan sih?" Gua dijelasin dan baru paham Tik Tok tuh gitu toh (gua susah mendeskripsikan tapi gua nangkepnya lu menari sambil diiringi lagu, gitu kan?"


Membayangkan gua menari sambil diiringi lagu aja sulit, lah gimana gua mau bikin akun Tik Tok?

.............................................................................................

Di suatu hari, gua ketemu Audrey lagi dan seperti biasa kita cerita-cerita. Lagi asyik cerita, ada chat dari Mama Audrey (biasanya Mama Audrey yang orderin UBER buat Audrey). Isi chatnya gini:


Simple sih tapi entah kenapa bikin gua senyum-senyum sendiri pas baca, hehehe.

Tapi pertemuan gua dengan Audrey mungkin tidak akan lama lagi karena ya itu tadi layanan UBER bakalan segera ditutup di Indonesia. Setelah heboh berita itu, kebetulan banget gua ketemu Audrey lagi di suatu Pagi.

"Kak, emang benar ya UBER nanti gak bakalan lagi?" tanya Audrey

"Iya benar, nanti awal April sudah gak akan bisa dipakai lagi Drey?" jawab gua

"Audrey sedih, nanti gak bisa ketemu Kakak Sani lagi dong" 

Sewaktu gua pertama kali dikabarin kalau UBER gak bakalan ada lagi, gua pribadi ya biasa aja. Biasa aja karena memang gua gak mencari uang di UBER, mungkin buat yang fokus cari uang di UBER, mereka bakalan kehilangan banget karena dengan UBER gak ada berarti mereka bakalan kehilangan mata pencaharian.

Tapi gara-gara Audrey ngomong kayak gitu, entah kenapa gua jadi ngerasa sedih juga ya. Banyak pengalaman seru di UBER termasuk ketemu orang dengan berbagai macam sifat dari yang baik sampai yang juteknya melebihi juteknya tetangga yang suka nyinyir.

Gua sudah berjanji ke pacar dan ortu, kalau UBER sudah benar-benar berhenti operasionalnya maka gua gak akan fokus ke pekerjaan gua yang sebenarnya dan gak bakalan aneh-aneh lagi coba ini itu TAPI tetep aja ngedenger Audrey ngomong gitu, gua kok jadi ikut sedih.

"Cup jangan sedih. Mama Audrey kan sudah simpan nomor kakak, jadi kalau misal ada apa-apa nanti bisa telpon Kakak kok" kata gua mencoba menghibur Audrey.

Perjalanan terakhir ini terasa menjadi begitu panjang padahal jaraknya tidak terlalu jauh. Ada yang datang, ada yang memulai. Ada yang pergi dan ada pula yang mengakhiri.

Good Bye UBER!







Rating terakhir: 4.90, Total Bintang 5: 1414, dan total pujian 447