Senin, 05 November 2012

All Grown Up

4 November 2007

Sekitar tahun 2007/2008 di hari ultah gua, gua pernah mikir, 5 tahun lagi gua bakal jadi apaan ya?

Apa gua bakal jadi kerja kantoran yang berangkat tiap pagi-pulang malem kayak robot? Apa gua bakalan jadi penggangguran yang kerjaannya malakkin duit Mimi-Pipi di Rumah? Apa gua bakal jadi orang yang sedang berjalan menuju tangga kesuksesan? Apa gua bakalan jadi idola kaum hawa dan nongol terus tiap hari di sinetron-sinetron stripping?

Ah, na-na-na…. Pertanyaan-pertanyaan kayak gitu yang dulu selalu muncul di pagi gua. Gak mengganggu sih, cuma setidaknya mau gak mau maksa gua berpikir. Apalagi di tahun 2007/2008 itu usia gua masih tergolong labil, banyak tawaran menggoda silih berganti datang. Beruntung, dengan adanya pertanyaan-pertanyaan seperti itu bisa sedikit ‘memaksa’ gua untuk mulai berpikir. Berpikir tentang arah tujuan, apakah arah tujuan gua sudah berada di rel yang benar?


4 November 2012

Dan ternyata gua masih dikasih kesempatan buat ngelaluin 5 tahun itu. Biar masih banyak yang belum diraih atau bisa dibilang masih jauh dari kata memuaskan tetapi sudah cukup memuaskan buat gua. Memuaskan dalam artian ada beberapa hal, keinginan yang bisa dikejar dan bisa diraih walau belum semua bisa didapat

Kalau boleh jujur,

sebenarnya gua sih pengennya bisa menghilang di hari ultah, menghilang dari para pemburu traktiran.

Tahun lalu sebenarnya rencana gua udah hampir berhasil, 5 hari sebelum ultah gue udah pasang ancang-ancang buat “menghilang”. Tiap ada yg bbm/sms/ telpon gak pernah gue bales. Tiap ada yang datang ke rumah, gua udah wanti-wanti bilang ke mimi/pipi “bilangin gak ada, bilangin lagi ke luar kota lagi ngurus usaha peternakan”. Sedikit berbohong, biar keliatannya keren.

Tapi yang namanya pemburu gratisan ini emang ngeyel. Udah sekeras apapun berusaha, eh ini para monyet datang juga. Bung DB, Bung AA, dan Bung DS dengan aurat malu yang keliatannya udah putus berganti dengan muka kalap pengen ditraktir makan akhirnya datang menampakkan batang hidung.

Tapi ada yang berbeda, ada yang lain dari biasanya. Kalau biasanya ini orang gak pernah bawa apa-apa, tumben-tumbenan ini orang bawa kue.

Jujur, gua sedikit terharu. Sedikit menitikkan air mata, begitu tau kalau mereka bawain gua kue. Gua masih gak habis pikir, Bung DS yang pelitnya 10x-nya Paman Gober, rela menyisihkan duit buat patungan beli kue

Beneran deh, kalau dia itu cewek udah bakalan gua peluk-cium.

Dalam bayangan gua, kue yang mereka bawa itu bakalan ‘wah’ banget. Red Velvet, Rainbow Cake atau mentok-mentok kue black forrest deh. Udah gak sabar rasanya ngicip itu kue sambil nyeruput teh manis.

Sambil menerka-nerka kue apa yang mereka bawa, gua dateng menghampiri mereka, sambil pengen liat kue apaan yang mereka bawa.

DAN TARARAAAAAAAAAAAAA,

Kue Muffin kecil plus lilin kecil sudah siap disajikan.

Gua bengong, suasana jadi hening, harapan gue buat merasakan kelezatan red velvet, gatot alias gagal total berganti dengan kue muffin minimalis yang menurut gua sekali telen pun langsung habis.

Ini seperti buah simalakama buat gue, tahun 2008 di hari ulang tahun Bung DS, gua pengen sok-sok kasih kejutan buat si Bung DS. Tujuannya cuma satu, biar dia ngerasa surprise terus hatinya tergerak buat traktir makan. Setelah berunding, akhirnya kita janjian buat beliin dia kue muffin di Bre*d Talk, Gua inget banget harganya 6.500 tambah 1000 buat lilin jadi pas 7500.

Dan itulah yang saat itu gua rasain. Dapet kejutan berupa kue muffin yang mungil -_-

Sebenarnya gua sudah cukup berterima kasih buat surprise ini tapi ya pertanyaanya kenapa harus kue muffin yang dulu ide dari gua. Ganti kek ama donat selusin, atau brownies satu dus gitu

Pas lagi ngobrol sambil makan itu kue muffin yang kecil itu, Bung DB langsung nyeletuk:

“San, tau gak itu lilin darimana yang tadi nancep di muffin?”

“Hm, gak tau tuh” pikir gua saat itu paling itu lilin secengan yang beli di warung

“Itu lilin sisa Natalan tahun lalu dari Dedi” kata si Panu tanpa rasa bersalah

What the……? Lilin yang nancep di atas muffin mungil gue, ternyata sisa dari Natalan tahun lalu? Lilin yang biasanya dipake buat nyanyiin “Malam Kudus, Sunyi Senyap” sekarang dijadiin lilin ulang tahun?

Gua gak tega ngebayanginnya, ini lilin udah ngapain aja setahun di laci buduk si Dedi? Gua makin miris kalau tau ini lilin ternyata udah dipipisin kecoa lah, diendus-endus tikus lah, digigit-gigit ama semut merah lah.

Dan sekarang gua makan kue muffin yang udah ditancepin lilin itu.

Moment inilah dalam hidup gua yang gua beri nama “F**k Moment”
 
Next,

Biasanya di Gereja gua tiap yang berulang tahun pasti bakalan didoain ama Ibu Gembala Sidang. Karena kebetulan hari ulang tahun gue deket dengan hari Minggu tentu dengan senang hati Ibu Gembala bakalan berdoa buat gua

Apalagi selesai kebaktian, Tim Musik kompak nyanyiin lagu “Happy Birthday”. Orang-orang pun pasti bakalan bertanya-tanya siapa yang ulang tahun hari itu. Dan yang ulang tahun, tidak lain dan tidak bukan adalah (uhuk…..) gue

Sebelum makan kue seadanya, Ibu Pendeta pun mulai berdoa. Doa buat semua jemaat, doa buat Gereja, dan ujung-ujungnya buat gua…. Gua masih inget banget petikan doannya…..

“Untuk yang berulang tahun hari ini………..”

Tik-tok-tik-tok, 5 menit berlalu...

Suasana jadi hening banget, semua diem, gue yang lagi nunduk buat doa jadi penasaran juga kenapa si Ibu Pendeta kok diem.

Apa mungkin keselek pas mau nyebut nama gua? Apa ada kuasa kegelapan yang ngebuat nama gua jadi susah disebut?

Penasaran gak penasaran, akhirnya gua ngintip juga ke arah Ibu Pendeta, cari tau kenapa beliau diem.

Gua angkat dagu sambil melirik kecil, Ibu Pendeta masih diem, mukanya kayak yang bingung.

 Dia ulang lagi doanya “Untuk yang berulang tahun hari ini…..” 

5 menit suasana masih hening…. Dalam suasana yang hening itu, Ibu Pendeta melanjutkan doanya

“Untuk yang berulang tahun hari ini, Dyota beri selalu dia kesehatan,……….”

Puji Tuhan, ternyata Ibu Gembala lupa nama ane, cing!

Pengen banget gua jerit “NAMA SAYA STEFANUS TANTE. YANG ULANG TAHUN NAMANYA STEFANUS. KALAU DYOTA ITU KAKAK SAYA, ULANG TAHUNNYA MASIH 11 DESEMBER, TANTE”

Nama yang begitu alkitabiah, bener-bener dilupainlah. Gua yang udah jadi jemaat disitu sejak umur 5 tahun eh dilupainlah nama gua -_-

 Sekilas gua denger cekikikan dari yang lain, jelas ketawa, yang ulang tahun siapa, yang didoain siapa.

But, no problemo. Sebuah pelukan hangat dan ciuman ke pipi dari Ibu Pendeta sebagai permintaan maaf sudah cukup membuat gua senang, hihihi…

Dan, di usia gua saat ini tentu masih banyak hal yang harus dikejar. Banyak target yang harus dicapai dan seiring itu tentu akan banyak permasalahan yang datang…

Bukannya hidup dan masalah adalah sesuatu yang beriringan? Terlepas dari tidak benarnya pemikiran itu, semuanya kembali lagi ke diri kita masing-masing. Kembali ke bagaimana cara kita memandang masalah-masalah yang datang itu…

Prinsipnya “Lihatlah ke atas untuk belajar, lihatlah ke bawah untuk bersyukur karena bukan kebahagiaan yang membuat kita bersyukur tetapi rasa bersyukurlah yang membuat kita bahagia”

Dan, di usia yang sekarang ini, sudah cukup membuat saya bersyukur dan tidak ingin membandingkan apa yang sudah dipunya dengan punya orang lain… 

Well, thanks buat kiriman kue ulang tahunnya, buat beberapa kado, buat ucapan-ucapan ulang tahun dan buat nyanyian “Happy Birthday” di tengah malam buta….