Selasa, 30 Juli 2013

The Philosopher GOD

Salah satu hobby gue yang orang lain gak tau adalah di saat senggang, gue seneng banget maen keyboard.

Gue yakin, sampai gue kasih tanda titik di kalimat tadi, kamu-kamu yang baca pasti gak akan percaya, hahaha.

Kebetulan, di kamar Nyokap gue ada keyboard nganggur. Dulu Bokap beliin buat Nyokap tapi malah jarang dipake dan cuma disimpen di kamar doang.

Yang pertama kali bisa itu kakak gue karena kebetulan dia kan kursus musik di Gereja terus lama-lama gue minta diajarin kakak karena serius, gue ngerasa kakak gue kalau lagi main keyboard/piano/organ tuh kok keliatannya keren banget.

Kerennya gini, lu pake jas dan dasi kupu-kupu di leher terus mulai memainkan lagu romantis di hadapan orang banyak. Brrrrr, serius keren banget.

Lebih keren lagi kalau gini, lu main keyboard sambil nyanyi, buat gue itu keren banget!

Salah satu mimpi gue yang belum kesampaian tuh, gue pengen banget di suatu hari, hmmmm mungkin di hari spesial. Ya hari spesial pas ulang tahun pacar mungkin atau mungkin pas anniversary, gue pengen ngajak doi makan di cafe romantis yang tempatnya asyik dan nyediain piano.

Doi kan gak pernah tau kalau gue bisa main piano, terus di suatu moment, gue bakalan ninggalin doi bentar dan naik ke atas panggung.

Gue bakalan ngomong gini "Ini lagu aku kasih buat perempuan berbaju ungu yang lagi duduk di ujung sana. Makasih sudah menemani malam-malam aku. Thanks for everything"

Dan endingnya gue bakalan mainin lagu favorit gue dari kecil (tanpa nyanyi pastinya, hahaha), judulnya The Lonely Man. FYI, Lagu ini selalu gue mainin setiap megang piano loh :)

Yang mau kayak gimana lagunya cek kesini ya http://www.youtube.com/watch?v=m55T004kvEQ

Tahun ini belum kesampaian padahal gue sudah nemu tempat yang cocok tapi gak apa-apa. Mungkin tahun depan, dua tahun lagi, tiga tahun lagi? Who knows?

Belum lama ini, di tempat gue biasa beribadah dapet surat dari Gereja Pusat yang berisi tembusan ke anak-anak muda di Gereja gue. Isi tembusannya, Gereja gue diminta buat ngirim team musik ke Gereja Pusat, katanya sih ada kontest musik gitu.

Setelah berunding, kakak kakak senior bilang sekarang waktunya buat regenerasi. Jadi rencananya yang dikirim tuh yang masih remaja-remaja, kebanyakkan masih SMP-SMA. Bukan soal menang atau kalah tapi lebih ke arah soal pengalaman sih.

Oh ya, gue pernah ikutan kontest ini sebelumnya. Tahun 2010 dan kebetulan gue dipercaya buat megang keyboard. Gue oprek-oprek arsip foto gue kebetulan ada foto gue waktu lagi ikutan kontest itu:

2 Keyboard sekaligus #Ehem
Satu yang mengganggu dari foto itu adalah baju yang gue pake. Jadi waktu itu kebetulan Nyokap gue kan nyumbang kain buat Team Musik di tahun 2010 itu. Semuanya baik-baik aja dan gak ada masalah waktu gue pake. Masalah mulai datang, waktu gue lagi makan siang di Restoran Padang Sari Bundo.

Yang Rumahnya di Antapani pasti tau dimana itu Sari Bundo.

Eh, pelayan Sari Bundo ternyata bajunya sama persis kayak yang gue pake. Demi apaan, Nyokap gue bisa milihin kain yang sama kayak pelayan Sari Bundo pake -_______-

Karena semua senior-senior sudah sibuk semua termasuk kakak gue yang akhir-akhir ini lebih banyak di Jakarta, gue diminta buat jadi mentor buat tim baru ini.

Mentor? Kedengarannya keren sekali bukan? Apa dengan jadi mentor gue bisa kayak mentor di film-film boboho yang marah-marah dan disegani?

#Wow!!!

Sebenarnya label mentor menurut gue cuma tempelan aja sih soalnya biar anak-anak ini masih sekolah mereka sudah punya kemampuan dan potensi kok.

Gue malah yakin, gue malah lebih cupu dibanding mereka dalam hal bermusik tapi jadi mentor juga berguna untuk ngebimbing mereka yang masih muda.

Tau sendirilah gejolak anak muda masih pengen pamer, show off atau out of beat gara-gara pengen pamer itu. Dari situ nanti gue bisa ngingetin mereka buat tetep konsentrasi.

Kita cuma punya waktu 2 minggu dan itu pun gue cuma bisa datang di 2x pertemuan karena gue ada kesibukkan sendiri. Waktu gue liat latihan terakhir, gue rasa sudah sangat baik. Biar masih ada salah-salah tapi gue rasa untuk ukuran mereka sudah sangat baik.

Lagi (sok) diskusi

(Sok) cool ngajarin maen bass
Setelah semuanya dirasa cukup, iseng-iseng di tengah obrolan sambil makan batagor, Jason yang maen drum, nyeletuk, nama band kita apa ya kak Stefanus?

Iya ya, band ini kan belum punya nama ya?

"Ada usulan nama?" tanya gue ke anak-anak

Hening sesaat....

"Gimana kalau nama bandnya "The Sporadix Enigma?" kata Adrian Drummer gue yang masih kelas 2 SMP

"Ada nama yang lebih alay dari itu?" jawab gue yang langsung disambut tawa semua orang disitu.

"Gimana kalau The Philosopher Secret's" gue kasih usul

Gue juga sebenarnya agak ragu ngasih itu nama. Gue takutnya orang-orang yang denger bakalan ngira kalau konsep ini band kayak Victoria Secret's. Itu loh merk lingerie dan bra. Gimana kalau orang-orang beranggapan kalau semua personel band gue manggung dengan make lingerie dan bra doang?

Geli gue ngebayanginnya.

Setelah lama berdebat akhirnya nama yang dipilih adalah The Philosopher GOD. Keren atau alay gak sih namanya? Tapi mendinglah nama itu, tadi ada yang kasih usul nama band gue "Anak-Anak Allah"

Gue ngebayangin pas MC manggil nama band gue "Ya, sekarang giliran Anak Anak Allah Band yang akan tampil". Gak cocok brur!

Hari yang dinanti-nantikkan akhirnya dateng juga. Kita janjian kumpul jam 3 sore dan acaranya di Bougenville Lembang. Gue terpaksa dateng langsung karena masih ada kerjaan yang harus diselesaikan,

Untungnya pas gue dateng, band gue belum manggung. Gue kasih semangat buat mereka sebenernya mereka agak keder karena Gereja lain ngirim orang-orang yang seusia gue. Malah ada yang angkatan kakak gue segala!

Tapi ada sedikit masalah, jadi kan rencananya band gue ini mau pake 2 vokalis. Vokalis gue yang cowok si Tanto malah gak bisa datang karena mendadak sakit. Tercetus ide dari Adolf (Gitaris): "Ya udah Kak Stefanus aja yang ngegantiin"

Lucu. Sumpah, ini ide terlucu yang pernah gue denger dalam sejarah hidup gue.

"Gak usah tegang, relax, ambil nafas panjang-panjang hitung sampai 10. Buat Jason (Drummer), yang semangat mainnya. Samain ketukkan ama Rio (Bass). Jangan lupa liat kode tangan dari kak Putri (vokalis). Okey!" gue kasih spirit

Beberapa orang dari Gereja lain ternyata masih inget ama gue dan semua pertanyaanya pasti gini "Lu adiknya Dyota kan?"... Ternyata gue lebih dikenal sebagai "Adiknya Dyota" dibanding nama asli gue -__-

5 menit kemudian nama band gue dipanggil, "Ya sekarang waktunya buat The Philosopher GOD perwakilan dari Filadelfia!"

Pas dipanggil nama band gue, entah kenapa gue ngerasa nama band gue alay banget, hahaha.

Sebelum main, vokalis gue Putri ngenalin satu-satu personel band gue. Yang bikin dia malu dia ngomong "Oh ya satu lagi. Saya juga mau kenalin mentor band kami, Kak Stefanus yang duduk lagi di depan. Tolong berdiri ya kak Stefanus"

Sambil malu-malu gue berdiri, melambaikkan tangan sedikit dan dibalas dengan seruan "booooooooo" dari yang lain. F**k, gue malah di-boooooo-in -_-

Band gue mulai beraksi, drummer gue si Jason nampak tegang banget. Mukanya pucet tapi gue semangatin dari jauh. Dia curhat ke gue kalau dia lagi naksir ama cewek dari Gereja lain, langsung gue panas-panasin biar dia lebih semangat dan powerfull biar cewek yang dia naksir bisa tertarik, xixixixi

Gue akuin biar jam terbang band ini masih kalah dibanding kalah ama yang lain tapi gue acungin jempol buat band ini. Semuanya pas, sesuai instruksi, gak ada kesalahan sama sekali.

2 lagu selesai dan band gue disambut dengan applause meriah. Setelah turun panggung, gue salamin satu-satu tangan mereka dan gue bisa ngerasa tangan mereka yang basah karena saking tegangnya.

Gak usah mikirin pujian atau apa, yang terpenting adalah beri yang terbaik dari apa yang bisa kamu berikan. Itu lebih dari cukup :)
 
Yang mau liat videonya, videonya bakalan gue upload di postingan berikutnya, tungguin ya brur :)

Jumat, 26 Juli 2013

Satu hari menjadi Guru

Gak bisa dipungkiri, waktu kecil gue itu nakal.

Iya nakal tapi nakalnya ya nakal anak kecil bukan nakal kurang ajar ya, nakalnya sebatas ngobrol, cengengesan, dan jail. Sisa-sisa kenakalan gue masa kecil itu keliatannya masih nampak di gue yang sekarang.

Biar gue selalu berusaha cool dan nampilin image misterius tapi sifat-sifat jahil gue sejak kecil itu belum sepenuhnya hilang.

Mungkin karena gue waktu kecil gue pernah jadi anak nakal, gue jadi selalu bisa ngehadepin anak-anak nakal. Gue selalu punya 1000 cara buat ngehadepin anak-anak nakal, hihihi.

Tapi gimana kalau yang dihadepin bukan 1 atau 2 anak nakal tapi gimana kalau 6 anak nakal sekaligus?

Kalau ampe 6 orang sih, gue bakalan menghindar ya, takut gak mampu tapi yang namanya "cobaan" ternyata bisa datang kapan aja.

Belum lama ini, tanpa ada kabar, tanpa ada omongan apa-apa tiba-tiba nama gue dicantumin jadi guru sekolah Minggu buat Minggu ketiga di bulan ini!

Gue shock + kaget. Jadi selama 15 harian kan gue kebetulan lagi gak di Bandung terus tanpa konfirmasi, tiba-tiba ada nama gue di Warta Jemaat jadi Guru Sekolah Minggu. Kebetulan Guru-guru yang lain lagi ada acara youth buat acara youth Gabungan. Sebenarnya gue sudah diajak jauh-jauh hari buat ikutan acara ini tapi karena gue ngerasa sudah (gak) remaja lagi dan cukup tau diri buat bilang gue sudah cukup dewasa (baca:tua), gue nolak buat ikutan acara gabungan itu.

Eh, gara-gara nolak dan gak ada orang lagi tiba-tiba main tunjuk aja. Alasannya: gue dirasa kreatif dan dirasa cukup bisa meng-handle anak-anak.

Kreatif sih kreatif tapi gak tiba-tiba gini juga kali -___-

Gue punya waktu sekitar 6 hari buat mempersiapkan pengajaran di Sekolah Minggu. Di kepala gue sekarang, gue sudah mikirin fondasi acara yang bakalan gue pake buat acara di Sekolah Minggu itu.

Satu yang gue takutin adalah anak-anak jaman sekarang tuh kritis dan beda banget ama gue dulu. Dulu gue dikibulin pasti percaya aja. Gue aja dulu selalu percaya kalau gue itu dibawa malaikat dan dititipin ke perut nyokap gue. Tapi gue yakin anak-anak jaman sekarang gak mudah dikibulin kayak gue dulu!

Gimana kalau tiba-tiba mereka nanya gini: "Kak San, bisa dijelaskan proses biologis aku bisa ada di perut Mama aku?"

Masak iya gue harus jelasin gini "Kamu ada itu karena proses pembuahan. Proses itu pembuahan itu bla..bla.. ketika bla.... bertemu bla....bla.... dan kamu adalah orang yang sangat beruntung karena kamu terpilih dari jutaan sperma Ayah kamu"

Masak iya harus gitu?

Oh ya, gue dapet job jadi guru Sekolah Minggu kelas Besar dan yang gue tau biar anak-anaknya gak terlalu banyak (sekitar 5-8 orang), ada satu anak yang namanya Sammy yang nakalnya Nuzubilah, nakal banget.

Doa gue tiap malam, "Tuhan semoga di hari Minggu besok, si Sammy gak datang. Semoga ban mobilnya bocor jadi gak bisa datang ke Gereja. Amin"

Lagi asyik bikin konsep acara, gue dapet BBM, isinya gini "Stef, lupa ngingetin. Minggu besok kebetulan English Day, jangan lupa ya"

English Day? Yang gue tau English Day adalah hari dimana lu harus pake bahasa Inggris buat percakapan sehari-hari dan sekarang di debut gue sebagai Guru, gue harus pake bahasa Inggris?

What the hell? Jadi Guru + ngehadepin Sammy si anak nakal + pake bahasa Inggris = Harakiri part 2

Kredibilitas gue bener-bener dipertaruhkan. Biar gue gak bego-bego banget soal Bahasa Inggris tapi gue takut karena gue gugup, bahasa Inggris gue jadi berantakkan. Terus besoknya ada orang tua yang komplain ke gue karena gue dikira ngajarin bahasa Inggris yang salah.

Mampus

Saat gue lagi di jalan, pas mau berangkat atau menjelang kepulangan, pikiran gue selalu mikirin ini. Gue lagi mikirin konsep yang menarik buat anak-anak Sekolah Minggu. Biar gue dari luar nampak seperti orang yang cuek dan (sangat) santai sebenarnya gue itu sangat perfeksionis dalam hal pekerjaan.

Ketika gue diberi sebuah tanggung jawab, gue pasti bakalan kerjakan dengan sebaik mungkin. Seperti sekarang ini, gue berusaha bikin konsep yang menarik buat anak-anak sekolah Minggu biar mereka happy.

Di otak gue sebenarnya banyak games-games menarik yang bisa dipake buat acara Minggu besok tapi entah kenapa gue takut kalau games-nya itu gak cocok buat anak-anak kecil.

Sepele sih tapi malah jadi beban buat gue.

Biar lebih yakin, pulang kerja, gue sengaja datang ke Maestro, toko buku rohani. Gue niat nyari buku-buku tentang games sekolah minggu. Terus, pulang dari sana, gue rencana mau beli coklat buat dijadiin hadiah games buat anak-anak.

Setelah gue dapet buku dan coklat yang dimaksud, di rumah gue bikin final konsep buat acara Minggu besok. Selain coklat, gue juga nyiapin hadiah buku rohani bergambar buat kuis yang bakalan gue adain.

Bukan sembarang buku loh, ini buku adalah hadiah dari Nyokap dan Bokap gue pas gue umur 6 tahun. Dibanding gak dipake (dan gue sudah minta izin ke Nyokap), ini buku mau gue jadiin hadiah aja. Harapannya buat anak yang dapet ini buku, dia bisa jadi kece kayak (ehem) gue.

Dan, akhirnya Minggu itu datang juga. Entah kenapa gue jadi malah ngerasa demam panggung padahal murid yang gue ajar paling cuma 5-6 orang dan itu juga sudah gue kenal semua.

Okey, I'm here to show the world!

(Karena ini adalah English Day, percakapan disini menggunakan Bahasa Inggris tapi sengaja gue translate langsung ke bahasa Indonesia )

"Selamat Pagi. Apa kabar adik-adik? Siap buat bergembira hari ini?" kata gue semangat

"Siap!" kata mereka kompak

Setelah berdoa, sekarang waktunya bernyanyi. Gue ambil gitar dan gue ngomong dengan lantang ke mereka "lagu pertama judulnya King Kong Badannya besar"

Gue pegang gitar dan gak berapa lama gue terdiam. Begoooooo, gue malah lupa mau nanya kunci gitar lagu ini ke kakak gue.

Kuncinya mulai darimana ya?

Anak-anak diem, yang awalnya sudah mau mangap buat nyanyi tapi langsung diem sesaat, ngikutin gue yang diem.

Ah, anak-anak ini. Gue salah kunci juga gak akan sadar, pikir gue dalam hati. Gue mainin aja kunci lagu Sheila On 7, gue pas-pasin ama lagunya

"King Kong badannya besar tapi aneh kakinya pendek lebih aneh binatang bebek, lehernya panjang kakinya pendek....."

Aslinya, gue mau ngomong gini "Nanti kalian tunjuk Sammy ya setiap nyanyi lagu King Kong ini terus yang ditunjuk harus bergaya kayak King Kong" tapi gue urungkan niatan itu karena takut diomelin Emaknya, hahaha

Setelah nyanyi beres, sekarang waktunya cerita-cerita soal Kitab Suci. Hari ini gue sengaja cerita soal Nabi Musa yang membelah laut Merah karena waktu gue kecil dulu, gue suka banget ama cerita ini

Gue bercerita dengan bantuan gambar, gue bercerita gimana kerennya Nabi Musa membelah laut Merah. Gue sangat berhati-hati dalam bercerita apalagi pake Bahasa Inggris gitu loh, harus dibuat segampang mungkin biar mudah dicerna.

30 menitan, gue mengakhiri cerita soal Nabi Musa dan membuka ruang pertanyaan;

"Ada yang mau bertanya? Boleh nanya apa aja selain cerita Nabi Musa" kata gue sok keren

"Saya" kata si Sammy

Duh, kenapa si gembul ini yang nanya lagi. Sebenarnya gue mau pura-pura gak denger pas dia teriak mau nanya tapi karena gak ada yang nanya lagi, jadi mau gak mau gue harus jawab pertanyaan dia

"Kak San, kenapa waktu Nabi Musa mau membelah laut Merah, dia gak pake digivice? Kan lebih gampang" tanya dia polos.

Digivice apaan? Setau gue ya, Digivice kan alat buat manggil Digimon? Mana ada woy Digimon di jaman Musa!!!!!!!!!!

Gue pengen ngomong gini "Skip, next question" tapi tapi sebagai guru yang baik, haram buat gue ngomong gitu;

"Sammy, zaman Musa dulu, Digimon masih hidup di planet lain, masih jadi telur, jadi dia belum bisa nolongin Musa" jawab gue (super) ngasal

Gak berapa lama setelah gue jawab pertanyaan Sammy, Morin salah satu anak sekolah minggu nanya ke gue:

"Kak Stefanus, anak dari Adam dan Hawa kan laki-laki namanya Habil dan Kain. Bagaimana mereka bisa punya anak kalau mereka berdua itu laki-laki?" tanya dia polos

Mampus, sekalinya gue jadi guru, gue dapet pertanyaan kayak gini. Untung seribu untung, gue ini rajin banget baca buku-buku Teologia kalau lagi senggang.

Gak mungkin kan gue jawab "Ya itu kehendak Tuhan. Biarlah terjadi sesuai dengan kehendaknya"

"Ehem, Morin adikku sayang. Adam dan Hawa itu aslinya punya 23 keturunan. Tapi di Alkitab yang diceritakan cuma Habil dan Kain saja" jawab gue singkat dan jelas.

Serius, gue berasa keren gara-gara bisa jawab pertanyaan itu, xixixi

Overall, semuanya berjalan dengan baik dan lancar. Setelah games dan dilanjutkan dengan pembagian hadiah. Semuanya gue kasih coklat cadburry biar semua seneng

Yang gak seneng cuma gue karna duit jajan gue abis buat beli cokelat jadinya, fufufufu

Jujur, kalau gue kasih nilai buat debut gue sebagai guru, gue berani deh kasih nilai 7. Parameternya jelas, anak-anak nampak antusias. Entah antusias gara-gara dapet coklat dari gue atau antusias karena hal yang lain tapi gue tetep puas loh.

Ukuran keberhasilan ketika menjadi guru adalah ketika di suatu kesempatan, kamu bertemu mereka lagi, mereka bakalan nanya gini "Kakak, kapan kamu jadi guru sekolah minggu lagi?"

 Dan, percaya gak, waktu minggu depannya gue ketemu mereka, salah satu dari mereka ngomong gini "Kak Stefanus kapan jadi guru lagi? Bawa coklat lagi ya yang banyak"

Hihihihi, ternyata gue berhasil jadi guru yang baik