Rabu, 09 Maret 2016

Hati Hati Penipuan Buku Voucher

Pernah gak kamu lagi diem di jalan atau di Mall terus tiba-tiba dideketin cewek cakep yang ngomong "Kak, maaf. Boleh minta waktunya? 1 Menit aja"

Kalau kamu bilang boleh, bisa jadi 1 menit itu akan menjadi waktu yang panjang buat kamu.

Kalau gue gak salah hitung, sudah hampir 10x gue dideketin cewek cakep sambil nanya pertanyaan yang sama. Saat pertama kali gue dihampirin, yang ada di pikiran gue ada 3 kemungkinan. Kenapa ini cewek cakep ngedeketin gue.

Kemungkinan pertama, dia lagi cari artis baru buat diorbitin terus dia lihat kalau gue punya tampang yang lumayan oke buat diorbitin buat main di Anak Jalanan atau Ganteng Ganteng Serigala Reborn. Uhuk

Kemungkinan kedua, dia emang mau kenal lebih deket ama gue. Aih

Dan kemungkinan terakhir, dia adalah sales yang mau nawarin gue produk. Untuk kemungkinan pertama dan kemungkinan kedua sih udah gue coret secara gue gak ganteng dan gak mungkin juga gue ditawarin casting.

Jadi gue udah sangat yakin ini cewek cakep pasti mau nawarin sesuatu produk dan ujungnya sih gue bakalan ngeles "Aduh Mbak maaf, gak bawa uang" atau "Aduh Mbak, uangnya buat bayar kost"

Perkiraan gue gak sepenuhnya salah sih. Mereka bukan nawarin produk tapi nawarin buku potongan voucher diskon. Dan luar biasanya mereka selalu bawa-bawa nama Yayasan Sosial seperti Yayasan Anak Indonesia, Yayasan Anyo Indonesia, Yayasan Lupus Indonesia, Yayasan Kanker Indonesia, Sahabat Veteran, Kick Andy Foundation, dll.

Mulia banget menurut gue. Jarang banget ada cewek (yang ngakunya mahasiswi) muterin Mall tanpa dibayar sambil nawarin buku voucher. Buku voucher tersebut dibandrol 100rb dan mereka yang mengatas namakan Yayasan pasti ngomong "UANG 100rb INI SELURUHNYA AKAN KAMI SUMBANGKAN KE YAYASAN xxx. TERIMA KASIH BANYAK KAK SUDAH MEMBANTU"

Dijamin pahala lu besar di surga, gak ada yang salah sih tapi kalau dilihat-lihat lagi ternyata emang gak ada beres dan kalau ditilik lebih jauh lagi ternyata banyak orang yang ngeluh karena hal ini.

Ternyata uang 100rb yang kita sumbangkan itu gak semuanya buat Yayasan yang dimaksud. Sumbangan yang diberikan ternyata hanya 10rb saja dan kalau kamu jeli tulisan 10rb itu ditulis seminimalis mungkin di buku voucher (nyaris gak terlihat).

Jadi secara gak langsung, 90rb kita pake buat beli voucher-voucher itu. WTF!

Sudah banyak yang tertipu dan emang rasanya nyesek banget gak sih. Niat nyumbang 100rb malah cuma disumbang 10rb.

Pernah 1 kejadian gue lagi ama temen lagi makan siang di Mall PVJ. Lagi asyik-asyiknya menyantap steak (dapet voucher dari KG) gue didatengin 2 cewek cakep yang langsung nyerocos soal Yayasan Kanker dan mereka ngakunya dari Yayasan yang sedang cari dana.

"Ayo dong Kak, bantu untuk amal. Masak kakak bisa makan di Mall tapi buat nyumbang aja gak bisa?"

WOY, GUE JUGA MAKAN DISINI GARA-GARA DAPET VOUCHER KALAU GAK DAPET VOUCHER JUGA GUE BIASA MAKAN DI WARUNG PECEL LELE!" jerit gue dalam hati.

"Aduh saya tertarik sih tapi maaf nih lagi gak bawa uang. Lain kali aja" kata temen gue

"Kalau kakak gak bawa uang cash, bisa kok transfer. Saya anterin kakak ke ATM di bawah atau kalau gak pake E-banking aja gimana?"

Gilak bener. Maksanya gak nahan. Ini kalau dalam relationship, cewek ini masuk kategori tukang morotin cowoknya.

"Kalau transfer, transfernya ke rekening Yayasan atau ke rekening pribadi?" gue mancing

"Ke rekening saya kak setelah itu akan saya teruskan dananya ke yayasan"

MANA GUE PERCAYA TONG! Namanya nyumbang via transfer ya ke rekening yayasan agar bisa diaudit. Kalau gue transfer ke lu terus dibawa kabur, gimana?

"Saya gak mau kalau transfernya ke rekening pribadi. Kalau transfernya ke rekening Yayasan, saya mau sekarang transfer pake E-banking"

"Tapi saya gak dikasih rekening yayasan ama senior saya kak"

"Ya udah saya tungguin. Kamu sekarang sms atau chat senior kamu"

"Oh ya udah deh kak kalau gitu. Mungkin lain kali, maaf mengganggu" dia langsung ngeloyor pergi.

Aslinya gue itu orangnya gak enakkan apalagi ke cewek tapi gara-gara kadung kesel juga sering digangguin ya gue debat aja si cewek.

Karena sudah berpengalaman, indra Spider-Man gue udah mulai bertambah buat mengantisipasi hal-hal kayak gini. Kalau gue lagi jalan sendiri terus ada yang seolah ngehampirin gue, gue langsung percepat langkah kaki.

Kalau lagi di Mall terus ada yang cegat gue sambil minta waktu, gue bakalan akting nunjuk jam sambil bilang sorry, buru-buru.

Kalau gue lagi duduk di Mall balesin chat orang terus ada orang yang tiba-tiba duduk di sebelah gue dan mulai cerita aneh-aneh gue langsung pura-pura angkat telpon sambil berlalu ninggalin orang itu.

Hal-hal seperti itu juga harus diwaspadai sih, gue sering banget nemu Ibu-Ibu curcol bilang gak punya uang terus mau pulang hari ini. Pokoknya kalau ada Ibu-Ibu gak dikenal terus mulai deketin kamu dan kalimat pertama yang keluar dari mulut dia adalah "Ibu mau pulang tapi....." langsung aja tinggalin, jangan iba karena itu biasanya nipu. Ngakunya mau pulang kok tiap hari ada terus malakkin orang

Kembali lagi ke soal buku voucher itu. Hari Minggu kemarin gue dapet jackpot lagi. Lagi duduk di McD nunggu pesenan McBurger buat Nyokap gue, tiba-tiba ada cewek sipit yang ngehampirin sambil ngomong kalimat sakti "Kak, boleh minta waktunya 1 menit atau 30 detik aja?"

Gak mungkin sih 30 detik, gue kencing aja lebih lama dari itu -_-

Gue sudah mencoba untuk menolak dan bilang kalau gue buru-buru tapi si cewek sipit itu (gak rasis ya karena gue juga sipit) maksa buat ngomong ama gue. Gue sih udah tau ini pasti mau nawarin buku voucher lagi.

Dan seperti dugaan gue, dia langsung ngaku Mahasiswi dari Jakarta (gayanya emang stylish kayak mahasiswi) mewakili yayasan x sedang dalam pencarian dana. Duh, kalau posisinya gue sendiri gini jujur sedikit susah buat gue nolaknya. Gak tega nolak cewek cakep :(

Coba kalau di samping ada Nyokap gue, yakin deh itu si cewek sipit pasti langsung diceramahin ama Nyokap gue "Mbak ini gimana kok maksa sih. Kalau saya gak megang uang masak disuruh beli. Mbak mau maksa saya kayak gimana juga, saya gak ada uang!"

Mungkin inilah yang dibilang kekuatan seorang Ibu. Hahaha

Dalam waktu 1 menit ini otak gue langsung muter, gimana caranya gue supaya bisa menghindari dari Mbak Sipit ini. Sialnya gue itu sedang dalam posisi nunggu pesanan datang jadi agak susah kalau mau kabur.

Di saat genting itu gue jadi keinget tentang isi buku voucher itu dari temen gue yang pernah kejebak beli. Gue inget ada voucher Restoran Sushi dan Restoran Braga Punya Cerita.

"Wah kamu nawarinnya telat. Hari Minggu kemarin, saya beli 4 buku di Jalan Braga (temen gue belinya emang di Braga). Itu yang isinya ada voucher Braga Punya Cerita kan?" kata gue sok iye

"Ya iya Kak. Wah sayang sekali ya. Mungkin kakak mau beli lagi untuk nambah amalnya?" 

"Saya belinya baru kemaren banget, belum saya pake malah. Next time ya"

Dia seperti yang kecewa dan masih maksa supaya gue beli buku itu. Gue yang dulu dijuluki Raja Voucher (baca postingan blog gue di kurun waktu 20009-2011) kok sekarang disuruh beli voucher. Hancur reputasi gue :) :) :)

Karena gue penasaran akhirnya gue kulik-kulik ke temen gue dan ada beberapa hal yang perlu gue infokan ke kalian supaya kalian gak kejebak:

*) Mereka bukan berasal dari Yayasan apalah itu namanya. Mereka hanya volunteer yang mendapat komisi 25rb per buku. Jadi kalau 1 hari mereka bisa jual 10 buku, dapet deh 250rb. Lumayan
*) Adalah ngarang banget kalau 100rb itu seluruh disumbangkan ke Yayasan karena hanya 10rb saja yang disumbangkan (90rb untuk kamu beli buku voucher yang saya yakin gak bakalan kamu pakai juga).
*) Gak semua voucher bisa dipakai, ini terjadi ke salah satu temen gue yang beli terus mau nukerin di Restoran Braga Punya Cerita dan ditolak dengan alasan yang kalau pihak mereka sudah tidak menjalin kerja sama dengan yang mengeluarkan buku tersebut.
*) Perusahaan yang mengeluarkan buku voucher tersebut adalah PT. G****** Marketing dan kalau disearch di google perusahaan ini ternyata banyak mendapat reaksi negatif. Banyak pula job seeker yang protes karena merasa dibohongi (daftar untuk lowongan kerja apa tapi malah disuruh jualin buku voucher).
*) Selain dapet komisi, makin banyak penjualan buku voucher maka makin banyak pula reward yang bisa didapat (mirip MLM & Sistem Piramida).

Untuk meluruskan gue sih gak bilang kalau perusahaan itu nipu tapi alangkah baiknya kalau para volunteer dibekali pemahaman dan SOP yang bagus dan gak boong. Jangan ngomong kamu dari yayasan si anu terus bilang seluruhnya disumbangkan untuk anak penderita kanker padahal cuma ceban doang yang disumbang.

Coba kalau itu dibalik, kamu punya anak kena kanker terus sumbangan dari orang dipotong buat dipake jajan. Nyesek gak hayo? 

Gue pernah jadi Volunteer buat koran Media Indonesia (2011) dan yang namanya Volunteer emang sama sekali gak dapet komisi, namanya juga suka rela. Kalau ngarepin komisi namanya bukan Volunteer tapi sales atau bahasa kerennya tenaga marketing.

Jujur gue sedikit terganggu kalau lagi diem terus dideketin, diajak ngobrol terus dipaksa beli. Mending kalau dibilang gak terus pergi tapi yang gue alamin maksa mulu sambil neken "Buat amal nih kak", "Masa kk makan di Mall, nyumbang gak bisa?" "Kak, bukunya tinggal 3 lagi, kalau mau dibeli semua juga boleh. Untuk bayi Rizki yang sedang tergolek lemah di rumah sakit Kak"

Makan di Mall bukan berarti gue orang kaya woy. Kalau gue ordernya paket hemat KFC yang isinya sayap ama Nasi doang masih dibilang kaya? Kualat juga bawa-bawa penyakit orang karena itu kesannya malah 'menjual' musibah ya.

Kalau ada masalah publik gini sih gue biasanya nulis surat terbuka (di Kompas atau Pikiran Rakyat). Gue pernah nulis hampir 8x yang isinya komplain gue tentang pelayanan publik (dari pelayanan parkir, tarif parkir yang gak sesuai, voucher gue yang ditolak, gue nyaris baku hantam ama petugas parkir Gramedia, ampe pelayanan kasir McDonalds) dan semuanya merespon dengan sangat baik sampai rumah gue didatangi Managemen dari mereka.

Tapi untuk kali ini gue sengaja tulis di blog biar kalau ada orang yang search bisa langsung baca dan lebih waspada soal buku voucher ini. Mumpung viewers blog gue lumayan banyak.

Saran gue buat kalian yang mau beramal, gak usah jauh-jauh. Lihat aja di sekitar kamu:




Carilah alasan terbaik buat kamu beli barang yang mereka jual. Dibanding kita ngeluarin 100rb untuk hal yang gak pasti mending kita beli barang yang mereka jual meskipun kita gak butuh. Kalau emang mau nyumbang buat Yayasan, cari tau dulu legalitas yayasan tersebut dan jangan pake perantara kalau mau transfer (transfer langsung ke no rekening resmi).

Jika ada pihak-pihak yang berkeberatan dengan tulisan saya ini, silahkan Email saya di Ssani38@yahoo.co.id atau di lotek_enak@yahoo.co.id.

Ciao! Bonjour