Senin, 17 Februari 2014

Baru Aku Tau Banjir Itu Apa

Dulu, rumah gue adalah langganan banjir. Sebenarnya daerah di tempat gue bukan daerah banjir sih tapi bentuk rumah gue yang dulu tuh terlalu rendah.

Jadi tiap ujan gede dikit aja, pasti banjir. Banjirnya gak besar amat sih, cukup semata kaki. Tapi dengan banjir semata kaki itu sudah cukup membuat gue kewalahan.

Gue yang waktu itu masih berumur 5 tahun punya side job lain disamping ngerjain PR dan nonton Si Unyil di TVRI. Side job gue adalah kala banjir gue harus ngeluarin air yang ngegenang di halaman rumah gue pake ember/gayung/baskom biar rumah gue gak kemasukkan air.

Biasanya gue ngelakuin hal itu sambil nangis (ditambah ingusan) karena gue takut ini air hujan masuk ke kamar gue dan ngehanyutin koleksi tamiya gue.

Tiap air masuk ke halaman rumah, sambil cidukkin air, gue pasti nangis segugukan sambil berdoa "Huhuhu, Tuhan berhentikkan hujan ini. Huhuhuhu, aku gak mau hanyut ke kali, huhuhuhu"

Tapi semua berubah sejak rumah gue yang lama dihancurin dan dibangun yang baru. Karena tinggi, air pun gak pernah bisa masuk ke halaman rumah gue.

Gue yang dulu tiap hujan selalu cidukkin air sambil mewek, sekarang bisa ngeliatin tetangga gue yang kewalahan cidukkin air dari balik jendela.

Bahkan selama gue di Jakarta yang katanya selalu banjir itu, gue gak pernah tuh ketemu banjir. Semuanya lancar-lancar saja, gue tetep bisa baca komik Gober sambil berselimut tebal tanpa harus takut kena banjir.

Tapi emang bener sih. Seperti yang sering gue tulis di blog gue ini, yang namanya musibah bisa datang kapan aja. Gak ada kode apaan, gak ada pertanda apaan tiba-tiba gue kejebak banjir di Jakarta.

Sebenarnya ini cukup memalukan sih, lebih tepatnya gue lagi sial. Iya, S.I.A.L

Belum lama ini, gue dan temen-temen kebetulan ada acara di Sunter. Acara workshop/seminar gitu sih. Di hari itu tuh berita banjir lagi heboh-hebohnya dan dengan polosnya gue tetep ikut temen ke Hotel yang ada di Sunter itu

Begonya, gue gak pernah tau kalau Sunter, Boulevard, dan sekitarnya adalah daerah langganan banjir. Tiap banjir, pasti aja jalanan disitu ngegenang dan gak bisa dilewatin.

Pagi-pagi gue berangkat bareng temen gue. Semuanya sih baik-baik saja, masih bisa ketawa-ketiwi di jalan. Masalah mulai muncul ketika sudah hampir mencapai tujuan. Ya kurang lebih 2 KM lah

Kenapa banyak mobil stuck di jalan? Padahal Hotel tempat seminar itu letaknya gak terlalu jauh. Tinggal belok kiri, jalan sedikit, sampai deh.

Setelah nanya-nanya ke polisi dan tukang jual kerupuk, akhirnya didapati sebuah kenyataan. Jalan utama penghubung Boulevard dan Sunter itu terendam banjir.

Jalanan mulai stuck
Kalau mobil lu Pajero atau Jeep sih gak masalah bisa terobos tapi sayangnya karena gue naik mobil jazz yang pendek, gak ada keberanian dari 'supir' gue buat nerobos.

Pilihan paling bijak adalah nunggu sebentar sampai jalan yang kerendam bisa cepat surut.

2-3 jam menunggu perasaan kok gak surut-surut banget. Lebih fatalnya, sebenarnya gue sudah punya janji ama temen gue yang lain ke Grand Indonesia.

Ok, gue ambil keputusan. Gue memisahkan diri dari temen gue dan cari transportasi umum buat ke arah Kota. Briliant kan ide gue? Walau terkesan licik karena ninggalin temen-temen gue dalam posisi kebanjiran

Briliant dong walau mungkin gue kayaknya disumpah serapahi ama temen gue yang gue tinggal di mobil. Hahaha, peace!

Setelah berjalan selama 10-15 menit gue nyampe ke Mall Of Indonesia. Ini kali pertama gue liat Mall Of Indonesia, biasanya sih gue cuma liat di teve doang. Itu loh yang di akhir acaranya pembawa acaranya selalu ngomong 'Harga naik Minggu depan'.

Gue gak ada urusan dengan Mall Of Indonesia karena yang jadi urusan utama buat gue adalah cari halte dan cus ke arah jakarta pusat.

Halte sih emang ada tapi kok bus nya gak ada? Dari kejauhan gue liat ada tempelan di kaca "Hari ini Bus tidak beroperasi karena banjir"

Mampus! Kalau ini bussway gak beroperasi terus gue naik apa dong buat balik?

Apakah aku bisa menemukan putri duyung disini?
OMG! Bayangin gue anak cupu soal pengetahuan jalan sekarang tersesat di daerah yang sama sekali gak gue kenal. Gue cuma dapet rekomendasi dari tukang teh sosro yang nyuruh gue naik bus warna hijau no 146 yang setannya udah gue tungguin 2 jam tapi gak lewat-lewat

Jadi gue harus tidur di depan ruko?

Tenang, disaat genting seperti ini yang dibutuhkan adalah ketenangan. Raut muka memang menujukkan ketenangan walau mungkin gue sudah ngompol karena panik -_-

Kayaknya kalau naek angkutan umum sudah gak ada harapan karena gak ada angkutan umum yang beroperasi. Gue inget, gue punya temen yang rumahnya di Gading.

Sebenarnya gue rada gak enak juga sih minta tolong ke dia. Pertama dia sudah berkeluarga, kedua gue mau minta tolong dia anterin ke halte bussway terdekat.

Dibanding gue gak bisa balik, minta tolong ada solusi paling bijak buat gue. Gue telpon bentar dan dengan dengan senang hati dia mau nganterin tetapi masalahnya ada satu.

Gue harus ke Mall La Piaza karena rumah dia di daerah situ sedangkan akses menuju La Piazza itu cuma ada 1 jalur dan jalur itu kerendem banjir selutut -_____-.

Jarak dari tempat gue berdiri ke La Piazza ada kali 3 kilometer. Kata temen gue, gue disuruh nyewa delman buat nyebrang

Itu bukan pilihan bijak menurut gue karena sungguh sangat tidak berpri-kudaan. Kuda cuma satu harus dinaikkin rombongan. Apalagi pas banjir itu langkah kaki si kuda pasti semakin berat.

Sungguh tidak berpri-kudaan
Opsi naek delman, gue coret. Solusi yang paling mungkin adalah gue naik mobil bak terbuka punya polisi buat ngelewatin jalanan yang banjir ini.

Entah kenapa gue kok ngerasa jadi napi kalau harus naik mobil polisi

Tapi? Dibanding gak bisa pulang, naik mobil polisi adalah opsi paling bagus buat gue.

Sambil malu-malu gue naek mobil polisi dan begonya cuma gue seorang yang berdiri di belakang mobil terbuka milik polisi ini! Entah orang-orang gak mau deket ama gue atau mereka gak ada yang butuh nyebrang tapi yang pasti cuma gue seorang yang naek mobil polisi.

Setelah gue naek, beberapa polisi juga ikutan naik karena mau nyebrang. Dibanding orang yang mau nyebrang, gue lebih nampak sebagai pelaku pencabulan yang ditangkap aparat berwajib.

Yang jadi masalah gini. Di tempat gue banjir itu, banyak stasiun TV lagi liputan soal banjir. Kebanyakkan TV nasional dan parahnya, pas gue naek mobil polisi dan diapit banyak polisi, kamera-kamera TV nasional itu nyorot gue

Ada reporter yang ngomong (dan kedengeran banget suaranya): "Bisa dilihat genangan air yang begitu tinggi di Boulevard. Nampak seorang warga harus mengungsi sambil menaiki mobil kepolisian, bla...bla...." sambil nunjuk ke arah gue diikuti dengan kamera-kamera lain yang nyorot ke gue!

Sumpah! Gue lebih mirip pelaku pencabulan dibanding korban banjir! Pertama gue gak bawa tas besar kayak warga mengungsi, kedua gaya gue saat itu (celana jeans + sneakers + kaos BITW) sungguh gak mencerminkan korban banjir yang biasanya pake celana pendek + kaos kutang + sandal swallow)

Seperti yang gue bilang tadi, gue lebih mirip pelaku PENCABULAN anak di bawah umur!

Terus begonya gini, saat si mbak reporter kan lagi ngeliat ke arah gue, kamera juga nyorot ke arah gue terus si kameramen kasih kode ke gue biar gue ngelambaiin tangan. Gue nurut aja dadah-dadah kayak anak alay gitu. Gak lama setelah ini mobil jalan, gue baru mikir.

"Gimana kalau Emak gue di Bandung nonton gue diangkut mobil polisi kayak gini?" Nyokap gue pasti langsung mikir "Anak gue jauh-jauh ke Jakarta disuruh cari duit malah diangkut mobil polisi?"

Coba kalau jantungnya gak kuat denger fakta ini? *weleh-weleh*

Menerjang Banjir demi secercah asa dan harapan
Setelah berjuang melewati banjir, akhirnya gue ketemu juga ama temen gue yang sudah nunggu di La Piazza. Kondisi gue sangat mengenaskan, badan basah kuyup, sepatu basah, daleman basah, ponsel basah.

Di Apartement dia, gue mandi dan salin baju. Dari lantai 15 ini, gue liat keadaan jalanan yang bener-bener parah gara-gara terendam banjir. Gue bengong bentar sambil mikir, gimana coba kalau gue gak dijemput ama temen gue. Udah jadi gembel kali di jalan.

Gue telpon kakak gue dan ceritain kesialan gue hari itu. Kakak gue cuma bisa ketawa ngakak denger cerita gue dan sejak hari ini

...gue baru tau kebanjiran itu kayak apa.....