Sabtu, 30 September 2017

Bintang 10 UBER

Jadi gini, salah satu postingan gua yang judulnya 'Balada UBER' dimuat di salah satu akun twitter terkenal dan karena dimuat, gua mendapat boom pembaca baru lagi. Sebelum ini, salah satu tulisan gua yang judulnya 'Thanks from your Bitch' pernah dimuat juga di salah satu akun twitter beken lain dan karena dimuat itu, gua mendapat banyak boom pembaca.

Tidak ada yang membanggakan dari seorang penulis kalau tulisannya dibaca dan diapresiasi oleh banyak orang, hehe. Sebelum gua melanjutkan menulis, gua mau intro sebentar buat perkenalan buat para pembaca baru.

Uhuk (ceritanya batuk dulu buat memunculkan kharisma). Nama gua Stefanus Sani, beberapa orang manggil gua Stefanus dan beberapa orang lagi manggil gua Sani dan beberapa orang laknat yang hati nuraninya sudah tumpul manggil gua Jaja, plesetan dari nama Bokap gua.

Kesibukkan gua sekarang adalah gua menjalankan Toko online yang gua kasih nama Clobberin Time (CT). CT ini fokus ke kaos dengan tema wrestling atau boxing dan Puji Tuhan sudah lumayan maju dan dikenal oleh fan wrestling (WWE). Selain menjalankan usaha CT, gua rutin menulis untuk rubrik Sportainment di Tabloid BOLA (terbit setiap Jumat). Tabloid BOLA adalah salah satu Tabloid tertua di Indonesia yang bisa bertahan hingga hari ini. Selain menulis di Tabloid BOLA, gua menulis di forum Cerita Anda di VIVA Group (ANTV, TV ONE, Viva.co.id), menulis juga di Fanpage WWE Indonesia (komunitas WWE terbesar di Indonesia), dan terakhir gua juga menulis kenangan di hati para wanita (halah).

Berhubung gua bukan orang yang suka bepergian dan keramaian, disaat senggang gua menghabiskan waktu dengan menulis blog, baca buku/komik dan nonton film/serial. Untuk buku, gua suka buku-buku karya Dan Brown, Stephen King, Road Dahl, Kahlil Gibran dan untuk komik gua suka suka komik tahun 90an seperti Donald Bebek, Kobo Chan, Kung Fu Boy.

Kalau film, gua suka semua film Tom Hanks (Forrest Gump, Cast Away, Saving Private Ryan, The Terminal, dll) dan untuk Serial TV, gua lagi suka serial lawas kayak Star Trek Original Series, Baywatch, McGayver, Knight Rider, dll).

Seperti yang sering gua tulis di post gua, alasan gua nguber adalah murni untuk cari pengalaman dan cerita bagus yang bisa dijadikan bahan gua menulis. Banyak cerita yang gua dapat dan bakalan gua tulis di blog ini (sering-sering mampir ya, hehehe). Gua menulis blog sejak tahun 2008 dan bisa kalian kulik semua tulisan gua di blog ini dari pertama kali gua masih berantakkan dalam hal menulis sampai bisa lumayan seperti sekarang.

Oh ya, jangan lupa follow Instagram gua disini ya: www.instagram.com/stefanus.sani buat nambah temen :)

...........................................................................................

Ketika pertama kali gua memutuskan buat terjun ke dunia Ojeg Online (Ojol) khususnya UBER, gua sudah mewanti-wanti ke Nyokap dan Bokap gua buat menjaga pekerjaan baru gua itu. Alasan gua menjaga rahasia itu adalah gua harus menjaga pekerjaan asli gua. Bukannya sombong, pekerjaan asli gua kan lumayan gitu, punya usaha sendiri merangkap penulis. Kalau Nyokap gua cerita-cerita nanti yang ada orang bakalan nyinyir "Lah, katanya punya usaha sendiri, kok malah jadi Ojol" atau kalau gak gini "Kakaknya jadi Arsitek kok adiknya cuma jadi Ojol doang". Itu yang sebenarnya sangat gua hindari, meskipun sebenarnya gua gak terlalu peduli tetapi gua sebisa mungkin mencegah orang buat nyinyir kayak gitu.

Nyokap dan Bokap gua waktu itu kompak bilang iya aman dan memperbolehkan gua jadi Ojol selama gua gak grepe penumpang gua eh maksudnya selama gua bisa jaga diri. Tetapi dengan berjalannya waktu, gua mulai ngerasa ada yang aneh deh.

Kalau ada kumpul-kumpul saudara, kenapa selalu aja ada pembahasan soal Ojol. Meski gak secara eksplisit ngarah ke gua, kenapa soal Ojol yang selalu dibahas. Dari 1jt kemungkinan bahan yang bisa dibahas kenapa harus Ojol yang dibahas? Gua curiga nih Nyokap gua bocor ngasih tau tapi gua gak mau suudzon dulu deh. Bisa aja topik soal Ojol emang lagi ramai dibicarain.

Kecurigaan gua akhirnya terjawab, ada 2 hal yang benar-benar bikin gua yakin kalau Nyokap gua bocor ngomong soal profesi Ojol yang sedang gua jalanin. Jadi ceritanya di suatu siang, gua baru bangun tidur siang dan ada tetangga gua yang manggil nama Nyokap gua. Nyokap gua kebetulan lagi gak ada, lagi ikut kebaktian Kaum Ibu tiap hari Kamis di Gereja. Gua turun dan bilang kalau Nyokap lagi gak ada di rumah dan pas liat gua dia nanya gini ke gua "De, Mama udah ngomong? Kamu mau gak?"

"Mau apa Tante?" asli gua bingung karena Nyokap gua gak pernah bilang apa-apa. Apa gua mau dijodohin ama Anaknya si Tante yang mukanya lucu dan menggemaskan itu? Kalau gitu sih jawabannya "MAU DONG TANTE."

Ternyata bukan dijodohin tapi ceritanya gini, jadi si Tante punya temen dan temennya itu suami-istri sibuk bekerja. Mereka punya 2 anak masih TK besar dan kelas 1 SD dan mereka lagi nyari Supir buat jemput mereka tiap hari jam 2 siang  (jemput aja, gak perlu nganter). Bayarannya: 1,5jt per bulan.

Gua yakin banget ini Nyokap gua pasti bocor deh makannya tetiba si Tante nawarin gua buat jadi jemputan mereka. Karena logikanya aneh gak sih, kalau tiba-tiba ada orang yang nawarin lu buat jadi jemputan kecuali dia sudah tau kalau gua suka jadi Ojeg. Bener gak?

Tawaran itu gua tolak sih karena lucu sih gua ngebayang jadi jemputan di depan SD Agustinus tiap siang, ahahahaha. Yang ada gua dikira mau culik anak ketimbang jadi jemputan.

1 Kejadian ini yang akhirnya benar-benar yakin kalau Nyokap gua bocor adalah ketika di suatu Minggu di Gereja. Jadi 1 Minggu sebelumnya gua emang gak pergi ke Gereja karena 1 Minggu itu gua lagi capek banget dan kurang tidur. Pas gua datang dan ketemu ama Ibu Pendeta gua, dia megang punggung gua sambil ngomong gini "De, Minggu kemarin kemana? Kata Mama kecapean ya? Makannya KALAU NGEGOJEG jangan sampai Malam nanti kurang istirahatntya"

GOTCHA! OK SIP! Dari gua ngomong jangan sampai ada yang tahu, sekarang SAUDARA GUA, TETANGGA GUA sampai PENDETA GUA tau kalau gua jadi DRIVER OJOL.

Ok Sip. Dear Mama, I Love U

......................................................................................

Sarah adalah nama yang sangat familiar buat gua selama gua nyambi jadi Driver Ojol. Gua pertama kali ketemu Sarah ini disaat gua masih awal-awal jadi Driver Ojol. Gua masih ingat banget, gua ketemu si Sarah ini di sebuah Malam dan dia diminta dijemput di depan Apartemen. Pas gua ketemu Sarah, gua rada miris sih lihatnya.

Jadi si Sarah ini gua liat masih muda (mungkin baru 20 tahunan) tapi bajunya sexy dan pas gua jemput, Sarah ini dianter oleh Om-Om kedepan Apartemen. Orang awam juga pasti tahu kalau si Sarah ini (maaf) kayaknya remaja yang bisa dipakai dan si Om yang nganter ini kemungkinan besar baru make si Sarah ini. Lu bisa bilang ke gua kalau gua suudzon tapi kalau lu ada di posisi gua, gua yakin lu pasti akan berpikiran hal yang sama kayak gua.

Gua ketemu ama si Sarah ini cuma 1x itu doang tapi gua sering dapet orderan dari aplikasi si Sarah ini. Kebetulan rumah si Sarah di Antapani dan kalau gua lagi Online, orderan dari dia sering banget nyangkut ke aplikasi UBER gua.

Yang naik bukan si Sarah tapi Ibunya. Nah si Sarah ini yang mesenin buat Ibunya dan dalam 1 Minggu setidaknya 1x gua pasti ketemu ama si Mamanya Sarah ini.

Gua hafal banget kebiasaan Mamanya Sarah. Jadi kebiasaan Mamanya Sarah ini, dia kalau sudah order bakalan lama banget keluar dari rumahnya. Bisa sampai 20 menit nunggu Mamanya Sarah ini keluar rumah (entah beres dandan ama beres-beres rumah).

Pas awal-awal, gua belum tau kebiasaan Mamanya Sarah ini. Jadi pernah di suatu hari, gua lagi nunggu orderan sambil makan batagor di pinggir jalan. Batagor kampung yang harganya 500 perak/1 pcs bukan batagor mahal ya. Gua beli 5rb dan dapet 10 pcs. Baru juga makan 1 potong, orderan UBER gua nyala dan pas gua klik nama SARAH yang muncul. Jarak dari tukang batagor ke rumah Sarah ini palingan cuma 2 menit doang. Gua dilema, mau gua cancel aja dengan resiko rating gua bakalan turun atau gua habisin ini batagor dengan cepet.

Gua pilih opsi kedua, gua makan itu 10 batagor dengan kecepatan turbo, persis kayak kecepatan Pokemon makan daun pisang. Gua liat jam, gua mulai makan di menit 09:27 dan batagor ini gua habiskan tanpa sisa di menit 09:30.

Cuma 3 menit doang waktu yang gua butuhkan buat melahap ini 10 batagor kampung. Kalau ada penghargaan Guinness Book of Record buat kategori 'Makan batagor tercepat', kayaknya gua bakalan jadi juara deh.

Gua ngebut kesana dan suenya, lama dong gua tungggu. Gua kira ini si Sarah (waktu itu gua belum tahu kalau Mamanya yang naik) sudah nungguin dari tadi. Eh 20 menit kemudian baru nongol dong. Kalau tau gitu, gua makan batagor dulu kali -_-

Sekarang gua sudah paham banget, kalau ada orderan atas nama Sarah, gak usah buru-buru, santai aja. Kayaknya kalau gua niat nyuci baju, 5 potong bisa deh kekucek sembari nungguinnya Mamanya Sarah keluar rumah.

Saking seringnya gua ketemu Mamanya Sarah, gua sedikit banyak jadi tau gimana kehidupan Sarah sekeluarga. Mamanya Sarah ini adalah single fighter, suaminya sudah pergi karena serong dengan wanita lain. Buat menghidupi keluarga, Mamanya Sarah kerja di sebuah butik (jadi penjaga toko sambil sesekali beli bahan). Mamanya Sarah punya 3 anak, yang pertama si Sarah dan dua lagi masih SMA dan SMP.

Kalau ditanya fisiknya Mama Sarah gimana, ya gua bilang tipikal Ibu-Ibu ya. Badannya gendut dan itunya gede maksudnya semangatnya yang gede. Kalau duduk pasti nempel banget ke gua dan pegang pinggang ke gua. Berhubung motor gua bukan motor matic atau motor bebek, Mama Sarah ini pasti susah naiknya jadi harus cari tempat yang agak tinggi dulu biar bisa naik ke motor gua.

"Ibu mah sudah kering air matanya. Sudah gak kenal lagi yang namanya sedih, kalau ada masalah ya biasa aja. Sudah gak bisa nangis lagi" kata Mama Sarah suatu hari. Mungkin Mama Sarah ini sudah kebal terhadap masalah dan sudah gak bisa bersedih atau menangis lagi karena air matanya sudah 'habis'.

Nah yang membuat gua sampai sekarang gua bertanya-tanya, apakah Mama Sarah ini tau gak ya pekerjaan anaknya si Sarah? Gua sering nanya gimana kabar Sarah dan sekarang sibuk apa tapi jawaban si Mama Sarah ini gak pernah memuaskan gua. Feeling gua si Sarah ini, kayaknya bohong ke Nyokap terkait kerjaannya.

Jadi kalau gua nanya apa pekerjaan si Sarah, pasti jawabannya gini "Sarah kerja di ANTV, yang suka ada acara-acara India gitu. Jadi kalau ada acara India di ANTV, Sarah disuruh ke Jakarta terus udahannya harus bikin laporan di internet. Gajinya lumayan besar".

"ANTV, India, laporan", sepanjang jalan gua selalu mikir ini kerjaannya ngapain. Awalnya gua kira si Sarah ini kerja jadi penonton lalalala yeyeyeye tapi kata mamanya bukan. Apa mungkin jadi Buzzer di Internet buat bikin ANTV jadi Trending Topic gitu? Tapi kalau gitu ngapain si Sarah harus ke Jakarta coba? Itu mah dari rumah juga bisa kan?

Gua sih yakinnya gini, ini mah maaf banget (sekali lagi maaf banget) si Sarah ini kerjanya 'gak bener' dan dia bohong ke Nyokapnya soal kerja "ANTV, India, Internet" tadi. Bener gak sih?

Tapi tenang, gua gak bakalan ngomong apa-apa ke Mamanya Sarah kok biarlah masing-masing orang punya rahasia masing-masing...........

....................................................................................................

Kalau Mamanya Sarah bilang kalau air matanya sudah kering dan gak bisa nangis lagi, belum lama ini gua ketemu dengan seorang wanita cantik bernama Angelina.

Pertemuan gua dengan Angelina ini terjadi di sebuah Malam (sekitar jam 7 Malam) dan dia diminta dia dijemput di depan Gereja Katedral. Awalnya gua mikir kalau Angelina ini seorang Suster dan masalahnya gua takut kalau gua ngebonceng Suster, hati dan raga gua bakalan panas. Haish, dikria setan apa.

Ternyata gua salah, Angelina ini seorang perempuan muda cantik yang baru saja berdoa di Gereja Katedral. Duh ini idaman banget deh, udah mah cantik, tiap sore dateng ke Gereja buat berdoa. Sama dong Angel, aku juga tiap sore ke Gereja Katedral kok, gak masuk sih tapi jajan siomay di depan Katedral, ahahaha.

Pas ketemu, mata Angel ini terlihat sembab, seperti habis menangis. Dia minta dianter ke Komplek Setra Dutra dan berhubung gua gak hafal rute kesana, gua minta diarahin ama Angel.

Sebenarnya gua pengen ngobrol banyak ama Angel karena dia terlihat rapuh dan sedang memiliki masalah besar. Tapi belum juga memulai pembicaraan, ada telpon masuk ke HP Angel dan sepanjang perjalanan si Angel ini ngobrol ama temennya. Angel ngobrol make headshet jadi dikit-dikit gua bisa nguping.

Yang nelpon itu keliatannya adalah temen deketnya dan dia nelpon dengan kondisi nangis (karena Angel selalu menenangkan temennya yang belakangan gua tau namanya Debby).

Dari runtutan obrolan mereka di telpon, gua rangkai ceritanya gini "Debby punya Ibu dan Ibunya kena katarak jadi gak bisa melihat dengan jelas lagi. Debby yang sayang banget ke Ibunya, ngerasa sedih banget karena nanti Ibunya gak bisa lihat dia lagi. Angel sudah berusaha menenangkan Debby, bilang kalau Ibunya pasti bakalan bisa lihat lagi, nanti dia mau nemenin Debby ke Dokter mata yang dia kenal". Oh ya selama Angel nelpon Debby, dia tetep ngarahin gua pake tangan (mirip Tarzan pas kasih kode ke monyet di hutan). Iya, iya gua yang jadi monyetnya.

Gua bilang Angel ini temen yang baik karena omongan dia yang menenangkan temannya padahal Angle ini sebenarnya dalam kondisi bersedih juga (yang gua gak tau apa alasannya). Di tengah perjalanan, komunikasi mereka terputus dan setelah itu Angel hanya bisa menghela nafas.

"Berat ya Kak, ketika kita harus mendengar masalah orang padahal kita sendiri punya masalah" kata gua memecah keheningan. Asli gua ngerasa keren banget pas gua ngomong kalimat itu, ahahahaha

"Emang kedengaran ya Kak"

"Kedengeran sih"

Ternyata bukan Mama Debby yang sakit katarak tapi Nenek si Debby katarak. Angel cerita kalau Debby ini orangnya sangat introvert dan gak pernah mau cerita masalahnya, Jadi pas ada masalah gini, Debby 'meledak' dan benar-benar menunjukkan kesedihannya + gak bisa mengendalikan emosi dia. Dan yang bikin bahaya, Debby nelpon dengan kondisi sedang setir mobil, walah.

"Mau gak Kak, kita susulin temennya. Aku kok jadi takut kalau dia kenapa-kenapa" tanya gua

"Pengennya sih gitu tapi dia gak mau ngasih tau dia dimana sekarang. Ya gini deh kalau introvert, susah terbuka"

"Ada acara apaa Kak di Gereja Katedral Malam-malam gini?"

Pas gua nanya soal itu, suara Angel bergetar. Ingatan di kepala dia seolah langsung menghapus masalah Debby dan berganti ke masalahnya sendiri. Tanpa perlu dipancing-pancing, Angel mulai cerita masalah dia.

Masalahnya lumayan pelik sih, jadi gini. Angel sudah pacaran selama 6 tahun sama pacarnya dan rencananya tahun depan mereka bakalan menikah. Masalah datang ketika Angel diperkenalkan ke orang tua si cowok dan orang tuanya terlihat gak suka dengan Angel, gak tau alasannya apa.

Padahal Angel ini kalau diliat cantik dan manis, kerja pula di Bank. Gua gak ngulik lagi sih tapi keliatannya orang tua si cowok gak suka dengan orang tua Angel atau gak suka dengan latar belakang si Angel yang mungkin gak sepadan dengan keluarga si cowok.

Tapi kata gua Angel ama calonnya juga punya kesalahan besar sih, kenapa setelah 6 tahun pacaran mereka baru memperkenalkan satu sama lain ke orang tua pasangan

"Iya waktu itu sih mikirnya nanti aja perkenalan pas lamaran. Gak taunya malah gini. Nanti Minggu kita mau ketemuan lagi, mau ngobrolin lagi rencana kedepannya"

"Makannya setiap hari saya ke Katedral, berdoa supaya semuanya lancar. Dan kalau saya sudah berdoa, saya pasti nangis terus, gak bisa berhenti"

"Semoga semuanya lancar ya Kak Angel, berdoa Rosario juga setiap Malam biar dijawab doanya". Eh Doa Rosario bener kan ya Doa tiap Malam kalau kita sedang punya pengharapan? Sorry kalau gua salah.

"Iya makasih ya Kak, seneng banget ada orang yang menguatkan kita waktu kita lagi down ada masalah"

"Sama-sama Angel"

Entah kenapa ngedenger cerita Angel ini, gua jadi keinget lagi ama Mamanya Sarah. Semua orang punya masalah, itu pasti. Gua percaya, disaat masalah datang dan hati sudah gak kuat, berdoa adalah jalan terbaik buat melepaskan beban itu. Entah itu Doa Rosario buat Angel atau Sholat Tahajud buat Mamanya Sarah, intinya tetep sama yaitu berdoa ke Yang Diatas.

Kalau Mamanya Sarah bilang dia sudah gak bisa sedih lagi karena air matanya sudah 'kering', mungkin air mata Sarah ini masih terlalu banyak untuk bisa dia ditahan.

Gak salah kok kamu memangis.... Wajar, wajar banget

.................................................................................................................

Gua bilang aplikasi UBER adalah aplikasi Online terbaik dari semua aplikasi. Selain jarang error dan jago buat mendeteksi order fiktif, aplikasi UBER suatu waktu selalu ngasih hal yang baru buat penggunanya.

Terbaru, kalau kalian order UBER, kalian bisa cek profile Driver yang bakalan jemput kamu. Profile-nya berisi nama, rating, jumlah bintang, dan komentar dari penumpang lain termasuk patch yang sudah didapat selama jadi Driver. Tampilannya bakalan kayak gini:




Di profile itu, kalian bisa liat jumlah bintang 5 gua yang sudah 800 lebih dan rating 4.87 + jumlah pujian lebih dari 200 (katanya salah satu yang tertinggi di Bandung sih, hehehe).

Nah bagusnya adalah kalian yang orangnya insecure, kalian bisa cek dulu profile si Driver. Kalau rating hancur dan bintang dikit, kalian bisa cancel dan cari Driver lain.

Di suatu siang gua mendapat orderan atas nama 'Neni'. Dari nama sih, gua udah yakin ini Ibu-Ibu karena jarang banget anak remaja sekarang namanya 'Neni'. Gua gak salah, karena yang naik adalah seorang Oma sepuh yang minta dianter ke Masjid Salman ITB.

Pas dia naik, dia ngomong gini "Wah, bintangnya banyak banget. 1 tahun naik UBER baru ketemu yang ratingnya tinggi dan bintangnya banyak. Kata Anak saya ini mah Driver kesukaan penumpang ya"

Gua senyum dan jawab "Ahahaha, iya Bu. Kok tau rating saya segitu"

"Ya Ibu mah kalau naik selalu liat rating dulu. Kalau ratingnya jelek suka takut Ibu. Pernah sekali naik ama yang ratingnya jelek eh sepanjang jalan jutek. Udah mah nyetirnya lama"

Biar udah sepuh Ibu Neni ini keren loh. Tiap hari dia jadi pengurus di Masjid Salman ITB dan pulang dari Salman dia naek Bus ke Pasar Caringin. Disana dia punya toko kelontong tapi sedihnya dia curhat kalau sekarang lagi susah jualan ampe dia bingung ini pembeli pada kemana kok gak ada yang beli.

"Gara-gara si Indomar*t ama Alfam*rt jadi aja sepi". Buat temen gua Bung Dominikus Banu ama istrinya Meli Paramitha yang kerja di Indomar*t, mampus tah maneh berdua disumpahin Oma hahaha.

"Semoga jualannya laris ya bu, nanti dibantu doa supaya banyak yang beli ke Toko Ibu" jawab gua

"Iya makasih ya" dan sepanjang jalan Ibu Neni banyak cerita soal kehidupannya termasuk kesibukkannya. Gua selalu respect ke orang yang mau kerja keras dan bersemangat.

"Jadi berapa?" tanya Bu Neni pas sudah sampai ke tujuan

Gua klik layar dan muncul biaya "2.500". Harusnya 17.500 tapi Bu Neni dapet diskon 15rb jadi cukup bayar 2.500 aja

Bu Neni kasih gua uang 10rb dan gua kembalikkan pas 7.500. Dia bilang jarang Driver yang sedia kembalian dan suka marah kalau ada penumpang bayarnya pakai promo.

"Terima kasih Bu Neni, sampai kita ketemu lagi ya"

"Kalau ada bintang 10, saya kasih kamu bintang 10. Drivernya baik, ramah, sopan" (kata Bu Neni sambil ngelus-ngelus pundah gua).

Gua tersenyum, pamit ke Bu Neni dan melanjutkan perjalanan gua di sore yang begitu cerah.






Sabtu, 09 September 2017

Nguber lagi

"Kerja dimana Mbak"

"Kerja jadi Apoteker di Rumah Sakit Santo Yusuf" jawab Mbaknya jutek

"Boleh minta tolong gak Mbak?"

"Apa?" Mbaknya makin jutek.

"Boleh minta dibuatin Obat buat menyembuhkan hati yang luka gak?"

"Hahahaha, obatnya satu, Move On" kata Mbaknya mendadak ramah sambil nahan geli.

Terdengar receh? Kalau gua bilang sih emang ini Jokes recehan tapi efektif dipakai buat memulai pembicaraan dengan Customer Uber gua yang keliatan jutek di awal.

Nyaru jadi Driver Uber berarti kamu harus bertemu dengan puluhan orang yang berbeda setiap harinya. Ada yang ramah dan welcome, ada yang jutek kebangetan, ada yang rempong cerita banyak hal sampai kehidupan pribadinya.

Menarik, cocok buat dipakai buat bahan menulis blog gua. Karena sampai sekarang masih banyak yang suka dengan tulisan UBER gua, sesekali gua masih suka Nguber (biar gak rutin, disesuaikan dengan pekerjaan asli gua di kehidupan nyata).

Sampai sekarang, gua pun masih sering nerima orderan offline (orderan tanpa aplikasi tapi via WA). Biasanya orderan ini datang dari Customer yang mungkin merasa nyaman dan sreg dengan gua jadi pengen gua jemput lagi. Untuk orderan ini sebenarnya sulit buat ketemu waktu yang pas karena sering banget gua dapet WA tapi gua nya lagi ngurusin Clobberin Time.








Eh, btw. Customer gua cantik-cantik loh, xixixixixixi

..............................................................................................

"Jemput saya di depan Puskesmas Jalan Plered Raya, di Antapani" sebuah chat datang dari Customer bernama 'Mira'.

"3 menit sampai Bu Mira" kebetulan posisi gua saat itu lagi di Antapani lagi jajan Cilor depan Lapangan Gasmin.

Gua memacu gas dan gak lama, gua sampai di depan Puskesmas Jalan Plered Raya. Seorang Ibu berhijab tampak lagi gelisah menunggu gua, dari raut mukanya Ibu ini sepertinya sedang diburu-buru.

"Ibu Mira? Tujuan hari ini kemana Bu?"

"Ke Bank M***** di Asia Afrika ya"

Ibu Mira naik dan gua bisa merasakan kalau Bu Mira sedang gelisah banget. Dan seperti biasa, gua mulai membuka pembicaraan dengan Customer gua.

"Ada acara apa Bu Mira di Bank M*****? Kerja disana?" tanya gua

"Oh enggak. Ini lagi ada masalah disana, mau diselesasikan"

Karena gua kepo, gua interview lagi tapi pake pendekatan yang berbeda. Gua gak langsung nanya apa masalahnya tapi gua cuma ngomong "Semoga masalah cepet beres ya bu. Jangan sampai urusan ama Bank lagi bu, susah kalau sudah ada masalah ama Bank".

"Iya nih bener. Kapok saya juga"

"Emang apa masalahnya Bu?" 

Bu Mira terpancing dan mulai cerita masalah dia. Jadi ternyata Bu Mira menunggak biaya Kartu Kredit sebesar 10jt. Gak terlalu besar sih kata gua tapi mungkin buat Bu Mira nominal ini tergolong besar buat dia. Maklumlah perempuan, sekalinya punya kartu kredit langsung main gesek tanpa mikir panjang. Ya jadinya gini, pas ditagih jadi keliyengan sendiri.

Buat kamu yang gak bisa ngatur neraca keuangan mendingan jangan sampai punya kartu kredit deh. Geseknya emang gampang tapi bayarnya yang susah.

Setelah menunggak selama 3 bulan, yang ditakutkan akhirnya datang juga. Bu Mira mulai mendapat teror dari Debt Collector. Terornya sadis karena katanya sampai nelpon ke kantor buat maki-maki temen kantor yang sebenarnya gak tahu apa-apa.

Pernah si Debt Collector nelpon gini "Ibu kenapa belum bayar juga sih. Gak malu hidup punya hutang?"

"Mas, saya ini kemarin sakit. Uangnya saya pakai buat biaya rumah sakit. Mohon mengerti dong"

"Kenapa Ibu gak mati sekalian? Tapi sebelum mati, jangan lupa dibayar hutangnya dulu. Mati kok bawa hutang"

Debt Collector kalau ngomong emang kadang gak dikontrol dan bikin kesel sih. Jadi tujuan Bu Mira ke Bank M****** buat protes perlakuan Debt Collector sembari minta keringanan lagi biar hutangnya bisa dicicil.

"Begitu ini beres, kartu kreditnya mau saya gunting semuanya. Nyesel banget saya" kata Ibu Mira berapi-api. Penyesalan memang selalu datang belakangan bu.

Di tengah perjalanan tetiba HP Bu Mira berdering dan aha yang nelpon ternyata si Debt Collector. Bu Mira minta menepi dan minta tolong ke gua bilang kalau Bu Mira lagi gak ada dan bilang kalau gua anaknya.

Gua angkat telpon dan ucap salam sopan. Belum juga beres ngomong, dari ujung telpon si Debt Collector langsung ngebentak gua dan nyuruh gua kasih HP ke Bu Mira. Gua respon dengan sopan, bilang kalau Bu Mira lagi kerja dan HPnya ketinggalan di rumah.

Bukannya diem, dia malah nyumpahin gua dan Bu Mira mati. Ngatain gua punya Ibu yang berhutang gak mau bayar, ngatain gua 'bedebah', anak haram, dll. Gua yang daritadi masih bisa ngontrol emosi jadi kepancing juga.

"Bu Mira, saya kesana dulu ya Bu bentar" kata gua sambil nunjuk pohon di ujung.

Setengah berlari gua menuju ke pohon, emosi gua sudah naik semua. Asli, gua ini orang yang bisa mengendalikan emosi tetapi kali ini menurut gua sudah keterlaluan.

"Eh baj*****, kalau ngomong dijaga. Hargai orang yang lebih tua dari kamu. Kalau kamu maki-maki kayak gini, yang ada orang juga jadi malas bayar. Awas sekali lagi kalau kamu nelpon dan ngomong sembarangan lagi"

Gua maki kayak gitu, dia malah makin semangat buat maki gua. Gua bales maki sebentar dan tutup telponnya. Setidaknya hati rada plong sudah maki orang yang kurang ajar, hahahaha

Kita kemudian melanjutkan perjalanan dan gua kasih beberapa saran supaya Bu Mira bisa menyelesaikan hutang-hutangnya. Gak lama kemudian, kita sampai ke tujuan di Bank M***** , ongkos yang dibayar 8rb dan sebelum pergi gua bilang "Semoga masalahnya cepat selesai ya Bu"

3 Minggu berlalu dari kejadian gua, Bu Mira, dan Debt Collector. Gua dapet orderan atas nama Yustinus di Jalan Sunda. Pas dia naik dan berbincang sebentar, suaranya kok rada gak asing ya. Gua berasa pernah denger tapi dimana, logat Timur gitu.

"Pulang kerja Pak? Kerja dimana" tanya gua

"Oh saya jadi Collector di Bank"

"Di Bank apa Pak? Kebetulan saya juga punya banyak temen yang jadi Collector di Bank" kata gua ngibul padahal cuma 1 doang sih, hahaha

"Di Bank M***** Asia Afrika""

Pas dia jawab gitu, gua langsung flash back. Jangan-jangan ini Debt Collector yang waktu itu berbalas makian ama gua deh. Karena logat suaranya khas banget dan gua yakin banget kalau ini orang yang berbalas makian dengan gua tempo hari.

Rada ngeri juga sih mukanya, ahahahahahaha

"Jadi Collector berat ya Pak, orang punya hutang kok gak mau dibayar ya" kata gua mancing.

"Nah itu, yang namanya hutang ya harus dibayar. Kita juga gak bisa makan kalau nasabah gak bayar hutang. Didiemin malah ngelunjak gak mau bayar, dikerasin dikit malah balas marah. Serba sulit buat kita."

"Iya bener Pak, hahaha" kata gua ketawa sambil mikir di hati, si Pak Yustinus sadar gak sih kalau gua adalah orang yang tempo hari berbalas makin ama dia.

Pak Yustinus kemudian bercerita panjang lebar soal pekerjaannya, seru sih tapi emang beresiko. Dari hal ini gua belajar, supaya kita memandang masalah dari 2 sudut pandang mata yang berbeda. Apa yang dirasa orang buruk, jika kita liat dari sudut pandang mata lain mungkin tidak seburuk dugaan orang.

Ongkos Pak Yustinus aslinya cuma 5rb saja tapi dia kasih 20rb dan gak mau dikembaliin padahal jarak tujuannya dekat sekali.

.......................................................................................................

Gua mau nanya 1 hal ke kalian setelah baca cerita ini. Menurut kalian, customer gua yang mau  gua ceritain ini gay tulen apa dia cuma sekedar basa basi doang. Beberapa temen gua yang gua ceritain bilang dia gay tulen tapi beberapa orang lain bilang itu cuma sekedar basa basi. Kasih tahu gua ya di akun medsos gua, apakah dia gay atau cuma basa basi doang.

Posisi gua lagi di Alun-alun Bandung, habis makan siang. Menu gua hari itu adalah nasi + telur dadar + sop (9rb harganya). Ini adalah menu yang selalu gua pesen setiap gua makan di Warteg, dari jaman gua masih ngepas sampai sekarang Puji Tuhan sudah lumayan

Gua cek HP dan dapet orderan dari Customer bernama "Sam". Posisi dia di Yogya Kepatihan, sebenarnya jaraknya gak terlalu jauh tapi yang bikin males adalah dari tempat gua ke Yogya itu lumayan harus muter dan jalur muter itu sering macet. Kalau misal dia perempuan sih pasti gua bela-belain tapi berhubung dia laki, gua jadi setengah hati.

#Halah

Gua chat bilang kalau lokasi penjemputan lumayan jauh dan minta dicancel aja. Tapi si Sam bilang dia mau nungguin gua dan bilang "Aku mau kok nungguin kamu, hati-hati ya"

Perhatian bener deh, apa karena dia liat foto gua di HP dia jadi dia mau nungguin gua gitu ya? Geer dikit

20 menit kemudian setelah melewati jalanan yang macet akhirnya gua sampai juga di depan Yogya Kepatihan. Ada cowok pake sweater biru, celana selutut, sepatu sandal, dan bawa tas dompet yang dijepit di lengan dia. Gua sih yakin dia ini si Sam dan setelah gua tanya, emang beneran dia customer gua.

Pas gua perhatiin, gayanya emang rada metrosexual ya dan rada kemayu. Eits, jangan salah sangka dulu. Gua gak mengeneralisir ya kalau cowok yang pake celana selutut dan bawa tas dompet itu rada kemayu ya.

Tujuan si Sam ke Jalan Sasak Gatung dan perkiraan gua, paling 10 menit juga sampai. Belum gua membuka pembicaraan, dia sudah memulai obrolan terlebih dahulu.

"Sudah lama di Uber?"

"Lumayan lama. Kerja apa kuliah Mas Sam?" kata gua balik nanya. Sebelum gua dikulik lebih dulu, gua langsung melakukan counter attack biar gak ditanyain.

"Oh saya kerja di SOGO yang di PVJ sambil sesekali jadi Make Up Artist (MUA)" jawab Sam manja.

Salah satu Customer gua yang kerja di SOGO pernah cerita kalau karyawan SOGO ternyata dilarang keras keluar dari Toko pas jam istirahat. Jadi SOGO ternyata punya kantin sendiri di belakang dan karyawan dilarang keras cari makan diluar pas jam istirahat. Bahkan katanya, karyawan dilarang bawa makanan apapun bentuknya (entah itu coklat 1 batang sampai Sozzis) ke dalam toko.

Gua nanya lagi ke Sam "Mas Sam, apa bener karyawan SOGO katanya gak boleh keluar dari Toko pas istirahat ya sama gak boleh bawa makanan ke dalem. Itu bener?"

"Kok tahu? Iya emang gak boleh"

Sam kemudian cerita panjang lebar soal kerjaan dia di SOGO sambil merangkap jadi MUA buat tambahan. Selama cerita, dua tangan dia megang pundak gua, rada geli sih tapi ya udah deh. Gua pikir positif aja, mungkin si Sam ini rada parnoan, jadi dia pegang pundak gua. Sam ini kebagian jadi penjaga stand sepatu Kickers, itu loh sepatu bermerk asal France yang harganya mayan tinggi.

"Wah, saya dari dulu kepengen beli sepatu Kicker tapi belum kesampaian nih" kata gua basa basi. Sebenernya gua punya sih dapet hadiah dari Kakak.

"Nanti belinya lewat saya aja. Kickers sering diskon sampai 50% terus kalau belinya lewat saya, dapet lagi diskon karyawan 30% jadi kamu bisa dapet diskon 80%"

"Wah yang bener? Ok nanti saya pesen lewat Mas Sam ya"

Percayalah gua cuma basa basi doang karena gua emang gak terlalu suka merk Kickers sebenernya.

"Kamu sudah punya pacar?" tanya dia

Widih, hati gua langsung berdegup. Pertanyaanya gini amat, gua bilang aja "Belum" biar cepet. Pas gua jawab belum, dia cuma bergunam "Oke, Oke". Pas dia ngomong gitu, asli gua ngerasa dia kayak mau 'nusuk' gua dari belakang, duduknya mayan nempel banget ama gua. Untungnya, tas gua ada di belakang dan lumayan tebel (isinya baju Clobberin Time yang mau gua kirim dan minum gua).

Entah sugesti atau perasaan gua aja, duduknya kok makin maju dan bikin gua terdesak ampe ke tangki bensin.

Tepat 10 menit lebih sedikit, kita sampai ke tujuan. Ongkosnya 6rb aja tapi dia kasih 20rb dan gak mau dibalikkin. Terus dia ngomong gini ke gua:

"Ayo masuk dulu ke kost saya. Sepi kok, kita ngobrol dulu bentar. Aku punya coklat dan kopi enak, ayo temenin aku"

"Aduh, maaf banget aku lagi ada perlu dulu nih ama temen. Entar ya aku maen kesini lagi, sudah hafal kok alamatnya" cara gua kasih 'angin segar' ke dia padahal mah sudah dipastikan gua gak bakalan kesini lagi.

Dia pegang tangan gua seolah mau narik gua masu ke kost dia. Terus dia ngomong gini "Jangan lupa Save ya nomor aku, nanti aku pilihin sepatu Kicker yang bagus buat kamu"

"Iya sudah disave kok" (padahal mah belum sih, hahaha).

Gua berangsur pergi dari hadapan dia dan dia kasih kode di tangan di kuping sambil berujar "Call Me".

Nah, dari cerita yang gua ceritain tadi menurut kamu, si Sam ini gimana? Apa dia gay terus naksir ama gua. Apa dia cuma basa basi dan baik hati ngajakkin gua makan coklat dan minum kopi di kost dia. Apa dia pengen curhat ke gua tentang masalah dia jadi ngajakkin gua. Atau apa? Kasih tau ya jawabannya yes :D

...............................................................................

Malam ini gua lagi sial banget. Jadi gini, hari ini gua ada janji jam 6 sore ada screening filmnya Stephen King di warung kebanggaan kita apalagi kalau bukan di Warung Darurat. Kebetulan gua adalah penggemar Novelnya Stephen King. Biar gak telat, gua beresin semua kerjaan gua (nulis buat Tabloid Bola dan rekap Clobberin Time) plus COD dulu ama beberapa orang. Jam 5 teng gua sudah beres dan siap mau berangkat ke Warung Darurat.

Kebiasaan jelek gua adalah kalau pergi gua selalu menyalakan UBER sambil berharap ada satu orang yang searah ama gua ke daerah Dipati Ukur (tempat Warung Darurat). Gua nyalain dan langsung dapet Customer namanya 'Luvita', dari nama sih udah kedengeran lucu ya. Kalau misalnya gua dapetnya laki, pasti langsung gua cancel dah. Hahaha

Luvita minta dijemput di Apartemen Gateway dan pas ketemu, ternyata kurang lucu orangnya (halah). Dan ini yang bikin shock, dia minta dianter ke Lembang. Itu mah jauh banget dari Warung Darurat.

Kalau sudah saling berhadapan gini, gua juga gak enak buat cancel ya. Jadi mau gak mau harus gua anterin deh ke Lembang. Perkiraan gua kalau gua ngebut, gua mungkin bisa ngejar nonton di Warung Darurat.

Gua lumayan ngebut dan ngurangin ngobrol biar cepet nyampe padahal Luvita ini kalau gua bilang anaknya seru diajak ngobrol. Gak usah dipancing juga sudah cerita banyak. Tapi gua salah karena ternyata jalanan macet banget dan gua sampai di tujuan Luvita jam 8 Malam.

Di HP gua sudah ada banyak chat dan miscall dari temen-temen di Warung Darurat, nanyain gua dimana. Dengan kondisi jalanan macet gini, perkiraan gua jam 10 Malam deh baru sampai dan dengan terpaksa, gua harus membatalkan rencana gua buat ikutan screening film Stephen King.

Sial bener atau lebih tepatnya ini karena kebodohan gua, kalau gua gak iseng nyalain aplikasi Uber, kayaknya gua sudah duduk deh di Warung Darurat nonton film sambil ditemani Green Tea Late dingin.

Gua menepi bentar ke Indomaret, beli minum dan istirahat sebentar. Pantat berasa panas banget karena perjalanan ini terlampau jauh. Gua cek hp dan ada WA dari kakak gua yang sedang membagikan cerita tentang 'Berkat Tuhan'. Gua gak terlalu memperhatikan isi chatnya tetapi gua tertarik dengan judulnya 'Berkat Tuhan'.

Dulu, gua masih terlalu naif. Mengukur berkat Tuhan itu dari rejeki yang datang, uang yang banyak, dan lain-lain. Gua berpikiran kalau gua belum jadi orang tajir itu artinya gua belum dapat berkat Tuhan.

Tapi seiring berjalannya waktu, sepanjang perjalanan gua jadi terkadang sering mikir gini, hari-hari gua setiap harinya hampir habis di jalan. Sejak tahun 2010, hidup gua sudah habis di jalan untuk membesarkan Clobberin Time, berangkat Pagi pulang Malam. Gua sering liat ada kecelakaan di jalan sampai kecelakaan tepat di depan mata gua, itu sering banget.

Belum lagi kondisi cuaca tidak menentu, kadang panas kadang hujan mendadak. Gua sering kehujanan tapi syukurnya sejauh ini gua belum pernah sakit sampai harus diopname di Rumah Sakit. Jangan sampai kejadian deh.

Puji Tuhan, Clobberin Time tetap stabil hingga hari ini dan gua selalu diberi keselamatan dan kesehatan. Itu berkat bukan San?

Gua jawab iya. Ketika kamu bisa pulang ke rumah dengan selamat, bangun pagi tanpa sakit itu juga berkat.

Berkat itu bukan melulu soal materi tetapi tentang seberapa besar kamu bersyukur buat hari ini.  Intinya adalah jalani hidup ini dengan penuh bersyukur. Jangan membandingkan hidup kita dengan orang lain, sebab hidup adalah perjalanan, bukan pertandingan.

Ingat juga, gembok tidak pernah dibuat tanpa kunci. Demikian juga Tuhan tidak pernah mengijinkan masalah tanpa solusi. Tetap berusaha, berdoa dan sabar menanti. Jalan keluar itu pasti akan datang.