Sabtu, 14 Maret 2020

Tentang Menikah

Pernah gak kamu gini, kamu datang ke undangan pernikahan temen, sodara, mantan atau siapalah. Kamu sudah kekenyangan habis berburu makanan di undangan. Disaat kamu lagi asyik ngunyah siomay tetiba MC akan mengundang teman dan kerabat mempelai untuk maju kedepan.

Yang boleh maju kedepan adalah orang yang belum menikah. Nanti kedua mempelai akan melempar boneka dan bunga. Kalau kamu beruntung bisa dapat itu bunga atau boneka, kamu disuruh maju ke depan. Memperkenalkan diri, dikerjain dikit dan aha kamu bisa dapat hadiah.

Jujur kalau gua pribadi gak pernah ikut-ikutan tangkap boneka atau bunga gitu secara gua pergi ke undangan aja jarang banget. Kalaupun tetep pergi, gua gak pernah ikutan tangkap bunga atau boneka itu. Ya maklum menjaga wibawa dikit biar keliatan cool dan tenang di depan orang, hihihi.

Tapi lu percaya gak nih, kalau gua bilang di 2 Minggu terakhir ini, di dua acara undangan yang berbeda, gua dapat 4 boneka yang dilempar oleh mempelai yang menikah.

Gua perjelas lagi, iya beneran gua dapat 4 boneka di dua acara yang berbeda. Kok bisa?

...........................................................

Jadi gini ceritanya. 2 Minggu kemarin, gua ama partner cus ke Hotel Crowne Plaza di Jalan Lembong buat menghadiri acara pernikahan kerabat si Deb. Kalau gak mau ikut, pasti nanti diomelin ama Deb jadi gua mangut aja buat nemenin.

Disaat gua lagi ngunyah lumpiah kering bumbu kacang, tetiba MC di panggung mengajak para tamu undangan yang belum menikah untuk maju kedepan.

"Udah maju aja. Siapa tau dapat bonekanya" kata si Deb

"Ya, ya bentar" kata gua nurut sambil ngabisin lumpiah kering bumbu kacang tadi.

Gua maju kedepan bareng si Deb. Gua cari posisi yang pas, gua pakai teori fisika tentang peluang gua mendapatkan boneka itu dari posisi gua berdiri sekarang #halah

Yang ikutan ternyata ramai. Sebelah gua ada Cece gemuk yang keliatan banget bernafsu buat dapatin itu boneka dan bunga. Jaga jarak sedikit, bahaya kalau kena sikut si Cece. Deb berdiri di belakang gua. Dia sebenarnya malu buat ikutan tapi akhirnya ikutan juga buat nemenin gua setelah gua paksa.

"Tunggu hitungan ketiga ya, begitu saya bilang tiga, mempelai langsung lempar ya"

Pengalaman gua ya. Biasanya lemparan pertama masih uji coba, sudah hitungan ketiga tapi masih ditahan dulu. Karena gua sudah paham jadi gua santuy pas percobaan pertama ini.

Gua stay cool dan tidak bergeming. Perkiraan gua tepat karena si MC masih ngerjain, boneka belum dilempar. Tamu undangan yang lain sudah semangat lompat padahal belum dilempar, hihi.

Tidak terkecuali Cece gemuk yang gua ceritain tadi. Dia beneran lompat dong dan sepatu hak tingginya nyari nginjek JEMPOL kaki gua. Kalau gua gak gesit menghindar, JEMPOL kaki gua kayaknya bakalan ketusuk sepatu hak tinggi si Cece.

Boneka pertama dilempar dan gak tau teori fisika gua bener, eh gua dapat dong. Gua sedikit melompat dan tangkap pakai tangan kiri gua. Asli gua ngerasa keren banget, mirip atlet Major League Baseball pas gua tangkap dengan mulus boneka Iron Man warna merah.

Gua kasih ke Deb dan nyuruh dia mengklaim kalau dia yang dapat itu boneka. Pasangan yang luar biasa, dia yang dapat tapi ngasihnya ke pasangan sendiri. Sebenarnya alasan utama gua ngasih adalah gua males nanti suruh maju kedepan terus suruh joged, dll.

Boneka kedua dilempar dan gak tau gimana, gua bisa nangkep lagi itu boneka monyet kecil. Gua tangkap mutlak alias tangkap langsung di udara bukan mungut boneka jatuh. Jir, mantap bener si Sani.

Tetapi disini petaka dimulai karena gak tau gimana, tetiba  Cece gemuk sebelah gua pasang muka sinis ngomong gini ke gua "Ih curang, kamu tadi udah dapat kenapa ikutan lagi" kata si Cece gemuk sambil pasang muka sinis.

Tatapan sinis si Cece gemuk itu mengingatkan gua akan tatapan temen gua si R waktu gua masih kelas 2 SD. Salah satu pelajaran yang paling gua takutkan sewaktu SD selain Seni Musik adalah Seni Prakarya. Gua gak tau kenapa, gua nyerah banget dalam hal melipat kertas atau membuat prakarya.

Pernah dulu suruh buat wadah pensil dari stik ice cream eh yang lain jadinya bagus, gua jadinya kayak wadah KROTO buat ngasih makan manuk alias burung.

Biasanya soal ini di-Take Over oleh Mama gua di rumah. Dari yang hasilnya butut setelah dilanjutin oleh Mama di rumah, hasilnya jadi mantap. Tapi ternyata hal ini membuat temen sebangku gua si R sinis ke gua.

Dia pasti heran, lah si Stefanus. Kalau di kelas, napa hasilnya kayak wadah KROTO kok pas dibawa pulang hasilnya jadi bagus dan rapih. Sambil masang muka sinis si R ngomporin gini ke temen gua yang lain "Ih si Stefanus curang, prakaryanya dibuatin Mamanya di rumah"

Gua bingung, iya prakarya gua kan dibuatin terus masalahnya apa buat lu, R? Kalau prakarya lu mau dibuatin Mama lu, dibuatin tetangga lu yang jualan pecel atau dibuatin sama tukang agar-agar yang lewat depan rumah lu, ya SOK AJA.

Tatapan sinis si Cece gendut itu mengingatkan gua akan titipan sinis si R waktu gua kelas 2 SD dulu. Terus gini Ce, kalau misalnya gua gak dapat itu boneka kedua emang bakalan lu yang dapat?

Gua bersikap santai dan kata MC, yang dapat boneka dipersilahkan untuk maju kedepan buat memperkenalkan diri. Dari atas panggung, gua bisa melihat si Cece gendut lagi mengadu ke keluarga dia sambil nunjuk ke arah gua.

Kok gua jadi takut ya. Gua takut pas gua pulang, gua dicegat terus di-Smack ama si Cece gendut. Ya pantes aja si Cece belum menikah (karena yang boleh ikutan tangkap boneka itu biasanya khusus yang belum menikah), si Cece memiliki kedegilan hati sih jadi orang juga mikir buat deket ama Cece.

Ternyata gua beruntung, setelah memperkenalkan diri di depan, kita dikasih amplop tanpa perlu nyanyi atau joged. Gua cek isinya adalah voucher belanja 300rb dan si Deb juga isinya 300rb jadi di Malam itu kita dapat VC belanja 600rb. Mayanlah buat jajan Es Aice.

Begitu gua turun, ada Emak gemuk yang lagi makan Kebab, ngedeketin gua sambil nanya isinya amplopnya apa.

Jujur gua gak tau dia siapa, gua mikirnya mungkin dia kerabat si Deb. Ya gua jawab aja isinya Voucher belanja 300rb.

"Jadi kamu dapat 600rb dong berdua?" 

"Iya Tante"

"Kamu sudah menikah?" tanya si Tante sambil melirik ke arah cincin si Deb.

"Belum, dia tunangan saya"

"Ih kamu curang. Kan kalau sudah menikah gak boleh ikutan" kata si Tante kualat sambil bergegas dari arah gua. Gua tengok eh dia nyamperin si Cece gemuk yang tadi. Termyata mereka 1 kroco, dari gerak mulut si Tante gemuk seperti sedang ngomporin si Cece gemuk.

Mungkin dia ngomongnya gini "Curang banget itu orang. Sudah menikah tapi masih maksain ikutan. Mereka dapat voucher 600rb loh, harusnya kamu loh yang dapat. Coba kalau kamu dapat, Vouchernya bisa kamu pakai buat beli alat pengencang payudara biar kamu makin sexy, sayang kamu dicurangin"

Padahal jelas banget gua ngomong "Ini tunangan saya" bukan "Ini istri saya". Eh ini gendang telinga si Tante kayaknya udah ketutupan lemak jadi ngehang pendengarannya. Tidak sampai 1 jam, gua kini sudah punya 2 musuh.

"Udah sabar aja. Cuekkin aja yang sirik mah" kata Deb sambil nyuapin gua potongan bebek peking ke mulut gua.

..................................................................................

1 Minggu berlalu sejak keberhasilan gua menangkap 2 boneka sekaligus di sebuah pesta pernikahan. Hari ini gua ada undangan lagi. Undangan di Novotel Bandung, daerah Cihampelas bawah.

Kalau boleh memilih sebenarnya gua lebih memilih di rumah aja, melakukan kegiatan gua. Tapi karena Deb minta ditemani ya okey, gua cus.

Dibanding pernikahan pertama, kalau gua boleh menilai pernikahan kedua sedikit dibawah pernikahan pertama. Stand makanannya gak terlalu banyak dan venue yang digunakan terlalu kecil.

Dan ini dia yang ditunggu, sesi lempar boneka. Ikutan lagi gak ya? Jujur gua masih trauma dipepet oleh Tante dan Cece gemuk yang sirik karena gua bisa nangkap 2 boneka dan dapat Voucher 600rb.

Ikutan aja deh. Tapi nothing to lose aja, santuy aja. Dapat gak dapat ya ikut meramaikan aja.

Seperti di undangan pertama, percobaan pertama boneka belum dilempar. Karena gua sudah paham, jadi gua diem dan santuy aja. Boneka kedua dilempar dan lu percaya gak, GAK TAU GUA EMANG JAGOAN atau GUA SUDAH HARUS NIKAH, GUA DAPAT DONG BONEKA KATAK HIJAU.

Gua kaget campur heran, lah kok gua dapat lagi. Seperti biasa, gua kasih 1 boneka ke Deb dan gua ikutan lagi. Boneka ketiga dilempar, gua dapat itu boneka tapi sebelah gua juga megang. Dibanding cari masalah, gua lepas itu boneka.

Boneka kelima dilempar dan AHA gua dapat dengan mulus. Kali ini beda kasusnya, gak ada Cece gemuk yang dengki terus ngomong "Ih curang, kamu kan sudah dapat tadi"

Tapi ternyata kali ini berbeda dengan pernikahan yang pertama. Karena hadiahnya cuma 1 yaitu orang yang berhasil dapat boneka Marsha The Bear. Dan itu adalah boneka kedua yang gua dapat tapi gua lepas ke orang di sebelah gua.

Ahhhh, kecewa. Yang gua lepas malah yang ada hadiah voucher belanja lagi dan sekarang 5 orang yang dapat boneka diharuskan maju kedepan. 5 orang tersebut adalah gua, Deb, oma, Om, dan  Tante.

Kita disuruh memperkenalkan diri dan dijanjikan bakalan dapat hadiah.

"Namanya siapa dan asalnya dimana?" tanya si Koko MC

"Sani dari Sulaksana" jawab gua Mantap

"Eh Sani kan ada lagunya ya. Yang dinyanyiin BCL kan yang Sani, Sani....." kata si MC sambil nyanyi lagu Sunny. Jokes lama tapi okelah masih lucu.

Dan yang gua takutkan kejadian juga dong. Kita berlima disuruh joged dan kita dijanjikan hadiah kalau sukses joged.

Sialnya, tadi pas gua lagi makan mie kocok, ada cowok yang nyamperin dan nyapa Deb. Pas gua nanya dia siapa, Deb cerita kalau cowok itu dulu pernah suka sama dia waktu kuliah.

Nah coba bayangin kalau lu jadi gua. Kamu ketemu ama cowok yang pernah suka dan ngejar pasangan kamu yang sekarang. Kamu pasti bersikap cool, tenang dan terlihat tidak terimindasi dengan kehadirannya kan.

Eh sekarang gua disuruh joged di depan bareng pacar sendiri dan 3 orang lainnya.

MC memeragakan Moon Walk ala Michael Jackson dan kita harus memperagakan gaya tersebut. Anjir, gua dilema. Apa gua turun dari panggung aja gitu ya tapi kesannya gak sopan ke mempelai.

Mata gua melihat ke arah depan. Gua perhatikan di deretan tamu, gak ada yang gua kenal. Gua lirik sebentar ke kiri kanan, si Monyet (orang yang dulu naksir ke Deb) udah gak ada. Kemungkinan besar dia sudah pulang artinya aman.

Karena sudah kagok, gua mulai joged Moon Walk ala Michael Jackson. Kalau ngikutin si MC, harusnya sih ke kiri 2x dan ke kanan 2x. Kita berlima mulai joged dan karena sudah kagok, gua joged semampu gua.

Kalau Britney Spears lihat gua saat itu kayaknya dia bakalan ngajak gua buat jadi penari latar dia deh.

Oma sebalah gua keliatannya ngebet dapat hadiah Mobil CR-V yang dijanjikan oleh MC. Dia dance menggila, mirip kuda lumping dia secara brutal nyikut gua yang kebetulan ada yang di sebelah dia.

Harusnya 2x ke kiri dan 2x ke kanan, tapi si Oma gak tau ritme nabrak gua mulu. Sikutnya kena NENEN eh DADA gua mulu. Ya ampun Tuhan. Malu IYA, NENEN nyeri IYA JUGA.

MC akhirnya menghentikan sesi Dance dan pencarian pemenang dimulai. Pemenangnya dihitung dari jumlah tepuk tangan terbanyak dan LU PASTI GAK PERCAYA

GUA DONG YANG JADI JUARA PERTAMA! Gua jadi pemenangnya karena gua dapat tepukkan terbanyak, si Deb di posisi ke 4 dan si Oma diposisi ke 5. Bener kan kata gua juga, kalau si Britney Spears lihat gua pas gua dance, gua pasti diajak join ke Stable dia.

Karena gua juara pertama, gua dapat kesempatan buat jadi orang pertama yang bisa memilih kotak rahasia. Di depan gua sekarang ada 5 kotak tertutup. Gua menganalisa sebentar dan akhirnya gua pilih kotak yang ada di tengah.

Dan isinya ternyata adalah HONDA CR-V...... dalam bentuk Tomica maksudnya


Si Deb malah dapat POP Mie dan si OMA malah dapat hadiah yang paling lumayan dari semua yaitu Sprei. Eleh lumayan itu Sprei buat Mama gua padahal.

Gua yang jadi juara pertama malah dapetnya mainan mobil si Oma yang juara terakhir malah dapat Sprei dong -_-

Gua gak tau siapa EO yang mengatur pesta pernikahan ini tapi siapapun EO-nya, semoga video gua lagi Moon Walk tidak disebar luaskan di media sosial mereka.

....................................................................................

"Itu tandanya lu sudah harus nikah. Makannya dapat boneka terus" kata salah satu temen gua pas gua cerita dapat boneka mulu di kondangan orang.

"Jadi kapan?" lanjut dia

Gua tersenyum penuh misteri, seolah membiarkan dia untuk menebak-nebak sendiri.