Minggu, 20 Oktober 2013

Bell's Palsy, Kharma, dan Android

Pernah denger Bell's palsy?

Kalau ada yang bilang itu merk agar-agar, saya sarankan anda untuk berhenti membaca postingan ini.

Bell's palsy adalah nama penyakit yang menyerang saraf wajah hingga menyebabkan kelumpuhan otot pada salah satu sisi wajah

Kalau belum dapet gambaran, ini contohnya:

Serius bukan gue




Sumpah, ini juga bukan gue




Sebenarnya ini bukan penyakit berbahaya atau penyakit yang gak bisa disembuhkan. Intinya kamu bisa tetep beraktivitas seperti biasa tapi ya itu muka lu jadi gak karuan. Biasanya 2-3 bulan buat penyembuhan agar muka ganteng dan cantik kamu bisa kembali lagi seperti sedia kala.

Kenapa tiba-tiba gue ngomogin Bell's Palsy? Apa gue terserang virus ini? Puji Tuhan gak dan gue berdoa jangan sampai deh,

Udah muka gak ganteng masak harus ditambah merot-merot kayak gitu.

Jadi gini, gue punya temen, kita sebut aja nama dia si John. Nah, entah kenapa si John ini tiap pergi ama gue, udahannya selalu sue mulu.

Satu kali dia pergi ama gue, pulangnya dia harus operasi usus buntu karena ususnya kemasukkan bubuk cabe gara-gara makan keripik yang gue bawa

Satu kali dia pergi ama gue, pulangnya bibir dia disengat tawon ampe bengkak gede kayak habis ciuman ama tembok

Satu kali dia pergi ama gue, pulangnya dia kena virus Bell's Palsy jadi mukannya mencong ke kiri 

"Anjrit-lah, muka gue gak bisa digerakkin. Mencong ke kiri, mata gak bisa nutup" kata dia di telpon.

Terus dia nambahin,

"Pas gue bangun bagi, muka gue langsung mencong ke kiri lah. Gue kira kena stroke dong, Nyokap gue ampe nangis, Bokap gue ampe histeris ngira gue stroke. Umur masih 24 tahun, gue kena stroke, masa depan seolah lenyap dari hadapan gue"

"Terakhir kan gue pergi ama lu terus kita makan nasi gila kan? Apa gara-gara nasi gila gue kena Bell's Palsy? Kalau gue kena, lu juga bakal kena dong?"

Keringat langsung membasahi tubuh gue. Seriusanlah, kalau gara-gara nasi gila dia kena Bell's Palsy artinya gue juga bakalan kena dong?

Waduh

Gue ngaca bentar terus sedikit mencongin bibir gue ke kiri dan gue sendiri takut ngeliat muka gue di cermin. Gue berdoa, Ya Tuhan jangan sampai deh gue ampe kena. Muka udah pas-pasan gini masak masih juga dikasih mencong

Ternyata ga, 2 hari berlalu muka gue masih mulus seperti sedia kala. Menurut Dokter yang meriksa temen gue si John, John kena Bell's Palsy gara-gara dia keseringan pulang malam. Terus dia gak pake helm full face jadi ada virus yang nyerang saraf dia dan hasilnya ya itu tadi, mukanya jadi mencong ke kiri dan matanya gak bisa nutup.

"Besok deh kalau mau ketemuan ya, abis gue pulang gawe. Di Exelso aja sekalian gue pengen ngopi" isi BBM dia ke gue

"Siap bos!"

Gue cerita ke Nyokap gue tentang si John ini dan Nyokap gue langsung nge-wanti wanti "Jangan sampe ngetawain atau diejek-ejek. Bisa-bisa kamu yang kena"

"Siap bos!". Gue sudah menantapkan diri, kalau besok gue ketemu dia, gue gak akan ketawa, gak akan ngejek, gue bakalan profesional dan menganggap semua biasa saja.

Yoi, biasa saja seolah gak ada apa-apa

Next,

Gue sekarang lagi ada di Exelso, di depan gue ada secangkir kopi pahit, tangan kanan gue lagi megang Majalah Tempo yang kebetulan disediain disana. Jujur, gue gak doyan minum kopi tapi gara-gara green tea gak ada, jadi deh gue mesen kopi hitam pahit.

Biar gaol geto kayak Om-Om ganteng

Gak berapa lama dateng, temen gue dan anjirrrr, dari jauh gue ngeliat dia gue bener-bener gak bisa nahan ketawa.

Mukanya lebih merot dari yang gue kira! Bibirnya menjorok ke kiri terus matanya melotot gara-gara gak bisa merem. Gue sebisa mungkin bersikap cool, sesuai janji ke Nyokap gue.

"Hai John" gue nyapa dia seolah gak ada apa-apa

"Ini semua gara-gara lu. Gue doain lu juga kena" kata dia sambil nunjuk muka dia

Gara-gara dia ngomong kayak gitu, tawa gue langsung pecah, hahahahahahaha. Aduh, gue bener-bener gak bisa nahan. Ngeliatnya muka dia ampun deh.

"Hahahahahahaha, gila ente John. Pede tingkat dewa, jalan kesini gak pake masker, pede amat lu diliatin orang-orang hahahahahaha" gue ngakak maksimal

Lagi asyiknya cerita, dateng crew restoran yang dateng bawa daftar menu. Awalnya pas dia dateng, dia sih biasa aja tapi pas dia liat muka si John, muka dia langsung berubah. Dari yang biasa aja kayak jadi orang yang abis kontraksi mau lahiran

Kalau dia boleh ngomong, kayaknya dia bakal ngomong gini "Aduh Ya Tuhan, kenapa tamu-tamu gue mukanya kayak belalang sengit gini"

Setelah puas ngetawain dia dan cerita-cerita akhirnya gue pamit pulang.

Di kamar, gue baru kepikiran ucapan Nyokap gue soal kharma kalau gue ngetawain dia. Omongan Nyokap kadang ada benarnya dan itu bikin gue takut juga.

Gimana kalau ternyata pas besok gue bangun pagi, muka gue jadi merot ke atas? *sigh*, gue buang jauh-jauh pikiran kotor itu dan mulai memejamkan mata buat tidur

Besoknya ternyata gue baik-baik aja. Gue ngaca dan muka gue masih 'ganteng' kayak biasanya, gue balesin message dari temen-temen gue dan masukkin android gue ke kantong celana.

Dan tanpa gue sadari, sebentar lagi gue bakalan kena kharma,

Gue masuk ke WC buat pipis dan GILANYA itu android merosot dari kantong celana gue dan SUKSES masuk ke dalam JAMBAN.

Yang gak tau JAMBAN itu apa, JAMBAN itu tempat biasa lu buang pipis!

Bego, gue gak sadar kalau gue pake celana yang kantongnya bolong dan lebih bego lagi kenapa bisa-bisanya ini android terjun bebas tanpa hambatan masuk ke dalam lubang kakus!

Waduh, gue langsung ambil ini Android, gue udah gak peduli ini android baunya udah gimana yang penting bisa selamat dulu,

Langsung gue jemur, kipas-kipas pake kertas-kertas file gue, gue tiup-tiup, gue hair dryer tapi percuma ini Android gak bisa nyala. Oh, My GOD. Gue baru percaya ini yang namanya Kharma. Biar muka gue gak jadi merot, eh Android gue yang jadi merot

"Hahahahahahahaha, bego banget. Android lu jadi bau pesing gini. Buang ajalah" kata si John sambil ketawa gila-gilaan dengan muka merotnya gara-gara denger cerita gue.

Sekarang gue janjian lagi ama John di Exelso, di malam dimana Android gue rusak parah gara-gara kecelup "air"

Kalau kemarin dia yang pasrah gara-gara gue ketawain, sekarang gue yang pasrah ngeliatin dia ketawain gue habis-habisan

Ampun deh

Rabu, 02 Oktober 2013

Mantan oh Mantan

Seorang temen deket gue pernah ngomong gini ke gue "San, menurut gue tuh ya jodoh di tangan Tuhan dan mantan di tangan Setan. Buanglah mantan pada tempatnya" kata dia ketus

"Lu kan mantan dia juga, artinya lu sekarang lagi di tangan setan dong?" tanya gue

"Iya juga ya" dia diem lama.

Dalam hal romansa, percintaan kadang gue suka bingung. Bingung dalam artian gini, pas jadian rasanya pasangan kita tuh gak ada cacat-cacatnya. Semua sempurna. Puji-puji biasanya dengan mudah meluncur dari mulut kita.

Tapi kalau udah putus?

Kayaknya mantan kita tuh lebih jahat dari Lucifer sekalipun. Gak ada bagus-bagusnya. Ya ini, kayak temen gue sekarang yang gak pernah bosen mencela mantannya. Gue yang sama sekali gak pernah ketemu atau kenal ama mantannya seolah sudah jadi temen deket dia saking seringnya dia diomongin.

Salah satu pesan Nyokap gue dari dulu adalah "Jangan pernah jelek-jelekkin mantan kamu. Jodoh itu kita gak pernah tau. Lucu kalau kamu udah jelek-jelekkin mantan terus pas kapan kamu balikkan lagi"

Bener juga sih. Rasanya bakalan malu banget kalau misalnya gini, kamu punya mantan terus kamu jelek-jelekkin dia "Nyesel banget gue jadian ama dia. Duit gue habis, waktu gue habis. Cuma orang bego yang mau jadian ama dia!"

Terus gak lama, lu balikkan ama dia. Artinya lu bego dong?

Petuah dari Nyokap gue itu setidaknya selalu nempel di kepala gue. Setiap gue udahan ama pacar dan ditanya alasannya kenapa, gue cuma menggeleng dan tersenyum. Kalau misalnya dia jelek-jelekkin gue ya itu urusan dia, setidaknya gue gak melakukan hal yang sama.

Oh ya, temen gue yang di awal gue ceritain tadi namanya Edu (nama disamarkan). Si Edu ini temen gue sejak SMA. Anaknya pinter banget tapi culunnya kebangetan. Rambutnya belah tengah terus kalau pake celana selalu di atas pinggang.

Satu hal yang gak pernah gue lupa dari dia adalah di suatu hari pas istirahat dia kan jajan bakso. Entah gimana, itu kuah bakso tumpah ke baju dia. Kejadiannya hari Senen dan HEBATNYA sampai hari Rabu itu baju yang ketumpahan kuah bakso masih dia pake.

Entah dia cuma punya 1 baju atau dia lagi ngirit Rinso, hal itu yang selalu bikin gue ngikik kalau keingetan. Hahahaha

Satu lagi yang gue inget, gue pernah sekali isengin dia, waktu itu gue lagi gak ada kerjaan di rumah. Gue isengin sms dia gini "Kak Edu, boleh kenalan gak? Hampir setiap hari aku perhatiin kakak loh". Gue sms jam 4 sore. Dia bales sms gue itu jam 8 malam dan gue udah gak mood ngerjain dia.

Gak disangka-sangka, gara-gara gue gak bales sms dia hampir setengah jam dia sms "Ini siapa? Wah makasih ya sudah perhatiin aku. Aku seneng banget loh ada yang merhatiin", "Smsku kok ndak dibale sih? Kamu marah ama aku ya?", "Kamu liat aku dimana aja? Aku seringnya di kelas kok"

Belum cukup?

Besok pagi-pagi dia heboh cerita-cerita ke temen-temen cewek gue "Aduh siapa ya yang sms aku gini? Aku kan penasaran? Dia naksir ama aku gitu?"

Gue yang kebetulan duduk di sebelahnya cuma bisa menepuk-nepuk dada dan bersumpah gak akan ngerjain dia lagi -_________-

Eits, tapi jangan salah sekarang dia udah keren. Dia sekarang kerja di perusahaan telekomunikasi gitu dan sekarang sudah parlente gayanya. Dia sekarang udah kerja di Jakarta dan ngekost disana.

Nah, tempo hari ini gue janjian ama dia. Setelah nyaris 5 tahun gak ketemu, ini pertemuan pertama gue ama dia

Kita janjian ketemuan di Burger King dan begonya gini, gue udah nyampe di Burger King Thamrin karena pas kita janjian di BK, yang ada di pikiran gue BK Thamrin dan yang ada di pikiran dia ketemuannya di BK Wisma 46 Sudirman

"Lu dimana? Gue udah di BK tapi lu gak ada ah" ketik gue di BBM

"Gue deket wastafel" dia bales

Gue udah nyari di seputaran wastafel dan serius gak liat dia. Gue cuma ngeliat cowok Korea pake baju lengan buntung gitu. Masak temen gue yang gendut, sekarang jadi kurus dan sipit gini?

Gue bbm dia lagi, dia masih ngotot kalau dia nungguin di deket wastafel dan gue juga ngotot gue udah di wastafel. Setelah lama berdebat, gue baru sadar.

"Lu BK dimana cong?"

"Di Wisma 46. Lu BK di Wisma 46 kan?"

Tetot, gak nyambung

Setelah nego dikit, akhirnya dia yang nyusulin gue disini. Bukan apa-apa, gue itu buta jalan, pasti aja nyasar. Dibanding nyasar akhirnya dia berbaik hati buat dateng kesini.

Gue nungguin sambil nyeruput cola dan baca buku Pramoedya Ananta Toer yang kebetulan baru gue beli. 40 menitan kemudian dia datang dan ternyata dia gak datang sendiri.

Dan Yes, dia dateng ama mantan gue! Setelah hampir 2 tahun gak ketemu, dia tiba-tiba muncul di hadapan gue. Temen gue si Edu nyengir-nyengir dan sukses bikin gue salah tingkah.

Entah kenapa menit-menit di saat itu terasa sangat lama dan panjang buat gue. Satu yang gue liat, doi sekarang makin cantik. Aslinya sih udah cantik, bedanya sekarang dia udah dandan mungkin tuntutan pekerjaan kali ya. Rambutnya lebih panjang dari terakhir gue ketemu dan satu yang gak berubah adalah sorot matanya yang selalu nampak sayu

Gue baru tau kalau ternyata doi dan si culun Edu itu sekarang satu kantor di Jakarta, ouw ouw. Gue salamin dia dan cipika-cipiki sebentar untuk mencairkan suasana.

"Eh gue keluar dulu ya, ada temen gue yang lain nungguin di luar" kata si Edu. Aslinya gue mau cegah tapi dia main cabut aja dan sekarang gue face to face ama si doi yang sudah lama gak ketemu ama gue

Ada perasaan canggung luar biasa apalagi doi tuh pacar terlama gue. Putusnya juga kurang mulus dan setelah putus sama sekali gak ada kontak apa-apa. Jujur, gue sama sekali gak tau selama 2 tahun ini dia gimana-gimana. Prinsip gue simple, pas pacaran mungkin di setiap malam gue bakal stalk tweet atau fb nya buat liat dia ngapain aja di hari itu.

Tapi begitu udah putus, gue bakalan stop kebiasaan itu. Itu berlaku buat gue ampe sekarang makannya gue gak pernah tau mantan kemana, ngapain, atau gimana-gimana karena gue GAK AKAN pernah stalk dia lagi

Biar gak canggung, gue mulai membuka obrolan. Obrolannya muter-muter di soal pekerjaan dan gue pun baru tau kalau Mamanya doi sudah dipanggil Tuhan :(

"Bokap gue kadang nanyain lu loh, San. Dia nyuruh lu main ke rumah"

Aduh, inget si Om jadi inget pengalaman kurang mengasyikkan buat gue. Jadi gini, doi ini punya kan punya jam malam, jam 7 sudah harus di rumah.

Suatu hari, dia kepengen banget nonton Bola langsung di stadion. Gue sih udah sering tapi gak mau kalau bawa dia soalnya lu tau kan kalau penonton-penonton bola itu kadang beringas. Tapi gara-gara dia maksa terus akhirnya gue ngangguk dengan sejumlah persyaratan, salah satunya gak boleh jauh dari gue.

Nah, matchnya sih biasa aja yang heboh itu pas akhir pertandingan. Ada kerusuhan gitu jadi kita tertahan di dalam stadion. Kalau menurut perkiraan awal gue, aslinya kita bisa nyampe rumah dia jam 6 sore tapi gara-gara rusuh ini jam 9 baru nyampe rumah.

Di otak gue, gue sudah mempersiapkan alasan terbaik yang bisa gue kasih ke si Om. Gue pikir dia juga gak akan marah soalnya udah ngomong kalau pulangnya bakalan telat. Ternyata gue bener-bener salah, belum juga ngomong, dia langsung manggil gue:

"Sani sini duduk. Kalian darimana aja pulang ampe jam 9 malam hah!" bentak si Om berapi-api.

Gue mencoba mencairkan suasana dengan coba ngelucu dan dibalas dengan omongan "Kamu lagi ngelucu?"

Oh Yes, gue dimarahin. Selain Nyokap, Tante dan Guru gue ini adalah kali pertama gue dimarahin ama orang yang gak ada hubungan darah ama gue. Satu yang gue pelajari dari Nyokap ketika Nyokap lagi marah, alasan sebaik apapun juga  gak akan berlaku kalau orang tua lagi marah.

Gue diem aja dan minta maaf berulang kali. Setelah puas marahin gue, gue diizinkan pulang. Di perjalanan pulang, gue sudah mikir bakalan dicap jelek nih ama si Om.

Tapi ternyata gak. Pagi-pagi gue dapet sms dari si Om, si Om nyuruh gue minta dateng ke rumahnya dia mau ngajakkin main catur.

Kalau kata doi sih ini sebagai permintaan maaf Bokapnya karena kemarin marah-marahin gue. Case closed :)

Di suatu titik pembicaraan, dia nanya sebuah pertanyaan yang ngebuat gue seolah membeku untuk beberapa saat.

"Ini sih pertanyaan aja sih san. Menurut lu mungkin gak sih kita kayak dulu lagi? Ada kalanya gue kangen ama masa-masa itu. Kangen ama sifat bawel lu, kangen ama perhatian lu buat hal-hal kecil. Mungkin gak sih?"

Gue diem sebentar. Keadaan hening sesaat

"Kita gak pernah tau kan, gimana kedepannya? Kamu inget kan Sil, pertemuan terakhir kita 2 tahun yang lalu? Waktu itu aku nanya "Apa kamu bahagia dengan pilihan kamu?". Aku bilang kalau kamu bahagia, aku bakalan pergi. Aku cuma butuh waktu buat ngerelain kamu kok. Sekarang disaat aku sudah bisa, bakalan aneh gak sih kalau kita harus mulai dari awal lagi? Aku takut gak bisa ngasih yang terbaik lagi karena waktu itu aku sudah sangat berusaha buat jadi pacar yang baik buat kamu dan entah kenapa sekarang aku gak punya nyali lagi buat ngelakuin itu semua dari awal" kata gue panjang lebar sambil mainin sedotan

"Waktu kamu berubah secara drastis dan tiba-tiba mendadak pergi, awalnya aku gak bisa terima loh. Tapi lama kelamaan aku bisa nerima kok, aku udah kubur semuanya, gak mau diinget-inget lagi dan sekarang aku bisa kok" gue nambahin

"Menurut kamu, kenapa ya kadang tuh orang gini. Dia tau bakalan kena kharma tapi kenapa dia masih ngelakuin juga perbuatan yang bakalan ngedatengin karma buat dia itu? Dulu, waktu aku pergi, aku juga yakin bakalan kena kharma. Sekarang aku sudah kena kharmanya dan itu rasanya sakit banget loh. Kalau kamu mau marah-marahin, maki-maki aku sekarang, kamu boleh kok lauin sekarang" kata doi sambil berkaca-kaca.

Ada keinginan buat ngelap air matanya pake sapu tangan yang gue bawa tapi gue inget, gue sudah gak punya hak buat ngelakuin itu lagi.

Gak kerasa pembicaraan ini sudah berlangsung hampir 4 jam lamanya. Obrolan soal masa lalu yang baru dibereskan hari ini. Jam sudah menunjukkan jam 9 malam, gue anter dia nyari taxi dan sebelum dia pulang dia berbisik ke gue:

"Salam buat Tante Tina ya (Nyokap gue). Thanks juga ya san buat semuanya" kata dia sambil meluk gue.

"Ya sama-sama. Cari pacar yang baik, jangan yang kasar lagi. Cari yang bisa memperlakukan kamu sebagai seorang wanita. Janji ya"

Dia naik Taxi, ngedadahin gue, dan dalam sekejap Taxi itu sudah lenyap dari hadapan gue

Yup, thanks juga buat semuanya. Jujur, aku juga kangen kamu tapi kangen kamu yang dulu :)

NB: Sudah dapat ijin dari doi buat nulis ini dan dia adalah orang yang pertama baca tulisan ini :)