Rabu, 05 Maret 2014

Satu Hari Menjadi WOTA

Apa sih definisi Wota? Kalau gue baca dari berbagai sumber, Wota itu diambil dari kata W(OTAku) dan bisa diartikan sebagai "orang-orang yang mempunyai dedikasi tinggi untuk mendukung dan mengikuti perkembangan idola mereka. Antusiasme mereka lebih tinggi dari sekedar fans biasa"

Contoh karakteristik seorang WOTA: Punya lagu-lagu idol, punya poster idol, melakukan teriakan + gerakan khusus (chant + wotagei) saat menonton idola mereka performance, memakai kaos bergambar idola mereka.

Kalau di Indonesia, Wota itu identik dengan fans JKT48 walaupun banyak fans yang tidak suka kalau dirinya disebut Wota karena di  negara asalnya Wota justru berkonotasi negatif.

Dari karakteristik di atas, apakah gue (Stefanus Sani) bisa dikategorikan sebagai seorang Wota? Tentu saja tidak karena gue gak ngefans ama group Idol apapun.

Palingan gue nyimpen sih 1-2 lagu Idol di iPod gue yang saban hari gue denger kalau lagi muter-muter keliling sore naik sepeda.

Tapi, hmmmm... Gue mau cerita deh... Cerita kalau gue 'terjebak' menjadi seorang Wota gadungan.

Gak ada kode, gak ada kabar, gak ada berita sebelumnya tiba-tiba seorang temen gue nelpon dan ngajakkin gue datang ke Balai Kartini. Awalnya gue bingung, emang ada apaan di Balai Kartini?

Kalau ada Toys Fair gue mau banget secara gue adalah pecinta Action Figure dan Toys tapi kok anehnya gak ada heboh-heboh gitu di twitter. Biasanya kalau ada Toys Fair pasti di twitter sudah heboh.

"Gak, pokoknya lu ikutan aja deh. Kita nonton konser, tenang bukan konser band alay kok. Bukan konser band-band metal yang teriak-teriak gak jelas" rayu temen gue.

"Konser apaan sih? Gue males uy kalau banyak orang" kata gue yang emang gak terlalu suka berada di tempat keramaian

"Udah lu ikutan aja. Gue jemput jam 9 pagi, lu pake baju yang ganteng ya"

Jam 9 akhirnya gue bener-bener dijemput ama temen gue. Dia pake baju merah bertuliskan "JKT48 Fans"... Tunggu-tunggu jadi kita ini mau nonton Konser JKT48?

Temen gue cuma tersenyum dan dengan penuh kebingungan + banyak pertanyaan gue nurut aja temen gue itu mau kemana.

Dan dugaan gue bener, sesampainya di Balai Kartini gue liat banyak gerombolan remaja tanggung pake baju merah, tangan megang lightstick yang biasa dipake untuk nonton konster, ada juga yang bawa-bawa spanduk berbau JKT48

Ternyata temen gue itu datang kesini bukan buat nonton konser JKT48 tapi buat ikutan event 'handshake' dengan para member JKT48.

Setelah dapat penjelasan gue baru tau, jadi tiap lu beli CD konser JKT48, di dalam CD itu ada kupon buat ikutan event 'handshake'. 1 kupon nilainya setara dengan 10 detik buat salaman. Kalau lu punya 5 kupon (yang bearti lu harus beli 5 cd yang sama) lu punya kesempatan 50 detik buat berjabat tangan dengan oshi (idola) lu

Bentar, bentar. Jadi gue, Stefanus Sani dengan usia yang sudah cukup-cukup-cukup dewasa ini harus nemenin temen gue ngantri terus ikutan salaman ama member JKT48?

OMG! Gue kok lebih mirip pelaku pedofilia yang suka gadis-gadis di bawah umur ya? Gue ngebayang kalau diliat ama anak-anak tanggung disini "Ini om-om gak tau diri ikutan ngantri buat handshake. Anak, istri ditinggal di rumah" 

Temen gue kebetulan punya 10 kupon dan dia ngomong bakalan dia pake buat beberapa sesi 'handshake' bersama Melody, Nabilah.

Kita itung-itungan bentar. Buat dapet 1 kupon, lu harus beli 1 CD. 1 CD itu kalau gak salah harganya 40rb. Artinya temen gue ngabisin duit ampe 400rb buat bisa menjabat tangan si Nabilah *weleh-weleh*

Ok, kesampingkan duyu deh soal itung-itungan karena yang pasti gue dapet 2 kupon (20 detik) dari temen gue buat ikutan sesi 'handshake' bersama Nabilah.

Temen gue cerita dengan menggebu-gebu gimana pas pertama kali dia ikutan event 'handshake' dia gak bisa tidur terus senyum-senyum sendiri karena bisa menjabat tangan si Melody, Kinal terus dia gak cuci-cuci tangannya dalam jangka waktu yang lama.

Apakah gue juga akan mengalami syndrome yang sama? Senyum-senyum terus jilatin tangan gara-gara bisa salaman ama member JKT48 yang pasti wangi-wangi itu?

Gue sekarang sedang berada dalam antrian buat 'handshake' bareng Nabilah. Setelah kupon gue diverifikasi, kini giliran buat gue ngantri. Gue tengok-tengok ke belakang kok SUMPAH gue mirip om-om girang yang gak tau diri ikutan ngantri berbaur dengan anak remaja tanggung buat bisa salaman ama member-member yang lebih pantes dijadiin adek buat gue.

Ah whatever, gratis ini. Gue nguping ama Wota yang ngantri di depan gue, dia ngomong bakalan Beat Box di depan Nabilah. Keren juga nih orang.

Belakang gue ngomong dia bakalan nyanyi lagu AKB48 (Sister Group JKT48) pake bahasa Jepang. Temen gue ngomong dia mau nge-dance di depan Nabilah

Terus gue mau ngapain? Beat Box kagak bisa. Ngedance apa lagi. Masak iya gue harus nyanyi lagu Jepang di depan Nabilah?

Satu-satunya lagu Jepang yang gue tau cuma lagunya Baling Baling Bambu Doraemon.

"Lu ajak ngobrol aja soal Theater. Soal Renai Kinshi Jourei, Boku no Taiyou, Pajama Drive" kata temen gue sok tau

Aduh istilah apa itu, makin gak paham gue -______-

Setelah ngantri cukup lama, akhirnya giliran gue buat 'handshake' bareng Nabilah. Sebelum 'handshake', gue dikasih cairan pencuci tangan biar steril pas salaman dan entah kenapa gue jadi deg-degan, gue keringet dingin, gue pipis.. Oke, yang soal pipis gue bohong.

"Halo kak apa kabar?" kata Nabilah di hadapan gue

Hihihihihi, DEMI APA, gue dibilang kakak ama si Nabilah

"Kabar baik. Nabilah apa kabar? tanya gue sok imut

"Baik kak"

krik krik krik..... Bingung mau ngomong apa lagi

"Nabilah suka WWE?" tanya gue ngasal

"WWE itu apa?" tanya Nabilah bingung


"WWE itu SmackDown bil, yang ada John Cena, The Rock" kata gue antusias

"Nabilah gak tau tuh kak"

krik...krik...krik... *hening*

"Ya waktu habis. Next".... (suara security)

"Sukses terus ya Nabilah, kamu jangan grade (lulus) ya?"

"Iya kak, makasih"

Perasaan gue kok bego banget ya nanyain soal WWE ke Nabilah -_-

20 detik sudah berlalu. Rasanya sih biasa aja ya mungkin karena gue bukan fans jadi ya rasanya biasa aja kayak salaman ama cewek cakep.

Beda banget ama temen gue yang abis salaman ama si Nabilah. Mukanya senyum-senyum nyaris mimisan. Tangan yang bekas salaman, dielus-elus terus dan gebleknya dia mau beli CD lagi biar bisa salaman ama Nabilah lagi

Gue diajak lagi buat ngantri biar bisa salaman ama Melody tapi gue tolak karena males ngantri. Gue lebih milih keluar cari tukang ketoprak buat makan sambil nungguin temen gue

Jadi?

Gini toh rasanya jadi Wota....