Minggu, 12 Juli 2020

Golden Boy

Seorang teman lama tetiba ngechat gua di suatu siang. Isi chatnya cuma gini:

"Sani lagi dimana lu?"

Ada apa ini, tetiba ada cowok menaruh perhatian ke gua. Pas dia chat gitu, posisi gua lagi jajan batagor depan Alfamart. Gua awalnya ngira gini, dia ngeliat gua lagi jajan batagor kuah depan Alfamart terus buat mastiin, dia chat gua dimana?

Ternyata enggak, temen seangkatan gua sewaktu di SMP dan SMA ini ternyata mau ngajak gua ketemuan. Kalau ada temen lama yang tetiba ngajak ketemuan, biasanya kalau gak ngajak join asuransi atau ikutan MLM. Pengalaman gua mah kebanyakan kayak gitu.

Kita samarkan dia dengan nama Dam dan di chat dia bilangnya mau nawarin gua sebuah bisnis. Ya gua mah kalau ada temen yang mau ajak ketemu ya hayo aja untuk menghargai dan dengerin apa yang dia tawarkan. Kalau gak tertarik ya say sorry aja.

Gua sudah lama banget gak ketemu sama si Dam ini. Kalau gua menggambarkan si Dam ini, orangnya kurus banget dengan rambut yang berantakkan. Beberapa temen gua melabeli si Dam ini sebagai 'Madesu' alias Masa Depan Suram. Dibilang Madesu mungkin ada benarnya juga sih karena ini orang kuliah aja gak beres terus kerjaan juga gonta-ganti. Si Ambu pernah cerita ke gua kalau dia pernah ketemu si Dam di depan Indomaret jam 6 Pagi.

Si Ambu yang mau ke Travel, mampir dulu ke Indomaret eh disana dia ngeliat si Dam lagi duduk di depan Indomaret dengan raut muka kuyu dan rambut acak-acakan. Ini si Madesu ternyata habis main game semalaman suntuk dan baru mau balik.

Disaat temen seusianya kayak gua dan Ambu mulai memikirkan masa depan eh si Madesu malah asyik main game sampai nyubuh.

/...............................................................................

"Gimana lu ama si F sekarang" tanya gua ke si Dam. F adalah mantan pacar si Dam sewaktu masih SMA dulu dan kalau gak salah mereka pacaran lama. Gua yang kebetulan berteman dengan F di Instagram sebenarnya tau kalau si F mah udah nikah dan punya anak.

Dam sekarang sudah di rumah gua, tepatnya di ruang kerja gua. Karena dia izin merokok, gua jadi bawa di ke ruang kerja gua biar asap rokoknya Garpitnya gak mengganggu Nyokap.

"Iya nih, gua susah banget Move On dari dia. Semenjak gua putus ama dia 9 tahun lalu, gua belum pernah pacaran lagi" kata Dam sambil menghisap rokoknya dalam-dalam.

"Lu pernah ketemu si F lagi enggak?"

"Pernah sekali, waktu acara reuni SMA kecil kemarin di Celebrate Cafe. Cowoknya belagu anjir, judes banget ke yang lain"

"Gak lu gampar aja"

"Pengennya sih"

"Ya kalau lu gampar, gua nitip satu gamparan ya ke dia". Kita pun tertawa bersama

Putus dengan F membuat kondisi si Dam terpuruk. Semakin terputuk ketika usaha orang tuanya sudah bangkrut. Oh ya orang tua si Dam ini dulu kerjanya jadi Agen Majalah dan Komik besar loh. Gua pernah sekali kesana bareng si Dam ke Cikapundung, tempat orang tua si Dam mendistribusikan Majalah dan Komik. Si Dam waktu itu mau minta duit ke Nyokapnya buat bayar apa gitu, gua lupa.

Nyokap si Dam baik banget, gua inget gua pengen beli Majalah Cinemags yang depannya Harry Potter, harganya kalau gak salah 45rb, terus didiskon jadi 40rb. Gobloknya gini, gua kan nawar jadi 35rb eh sama si Tante gak apa-apa eh si Dam malah ngomong "Udah mah 40 aja, cuannya gak ada kalau 35rb mah"

Bangcat, ama temen sendiri perhitungan.

Eh iya gua juga mau cerita satu hal juga nih. Jadi gini, waktu gua SMA dulu sempet beredar komik Hentai di kalangan temen-temen gua., Komik Hentai tuh bisa dibilang komik bokep Jepang. Jadi ya bentuknya seperti komik pada umumnya tapi isinya nauzubillah bikin panas dingin kalau dibaca. 90 persen yang baca pasti gak paham isinya karena cuma liat gambarnya doang, wkwkwk.

Gua pernah baca sekali pas gua main ke rumah si Erik Gigolo. Namanya mah Erik tapi dipanggilnya Erik Gigolo. Pas gua main, gua menemukan harta karun eh salah maksudnya gua menemukan sesuatu yang tidak baik yaitu Komik Golden Boy nomor 1 - 7 lengkap. Komik ini adalah Komik Hentai yang gua maksud dan sempat jadi obrolan undercover di kalangan teman seangkatan gua.

Komik Golden Boy atau disamarkan jadi Komik Anak Emas ini dulu harganya mahal dan susah dicari. Sebagai pembanding, komik Detective Conan aja harganya masih 9.600 nah ini si Anak Emas sudah 35rb. Kasak kusuk bilang kalau mau beli ini komik, harus mesen dulu ke loper komik di belakang Gramedia Merdeka.

Eh anehnya kenapa Erik Gigolo punya komik ini lengkap ya. Dia dapet darimana ya komik ini. Gua jadi mikir si Erik Gigolo kan temenan ama si Dam, apa dia dapat dari Dam ya?

"Eh, dulu Komik Golden Boy itu supply-nya dari lu ya?" tanya gua

"Wkwkwkwk iya" kata si Dam sambil makan bolu yang gua sediakan buat dia

Akhirnya misteri ini terjawab juga. Ternyata si Goblok ini yang men-supply komik Anak Emas yang bikin masa muda temen gua tercemar. Gue kecewa kok gua dulu gak dipinjemin eh maksudnya gua kecewa kok bisa-bisanya dia supply itu komik anak emas.

...................................................................................................................


Tapi seiring berakhirnya kejayaan majalan dan komik, berakhir pula usaha Dam sekeluarga. Mereka bangkrut bahkan sampai harus ngegadein rumah dan mereka harus kontrak rumah kesana kemari untuk tinggal.

Kakak si Dam jualan basreng dan cilok online buat nambah-nambah. Si Dam sendiri seperti yang gua ceritakan di awal, dia gonta ganti kerja bahkan sampai pernah nge-GRAB juga buat menyambung hidup. Sampai yang paling miris adalah ketika dia bercerita, dia terpaksa melego koleksi komiknya biar dapat duit 50rb di Pasar Palasari.

Tapi satu hal yang gua salut adalah dia bisa survive. Bayangkan kalau kita jadi si Dam ini, ditinggal nikah ama pacarnya, usaha bangkrut, rumah digadai wah itu pasti berat banget
.
Walau kondisi si Dam keliatannya belum pulih tetapi terlihat dia sedang mencoba untuk memperbaiki diri. Ya ini salah satunya dengan cara ke rumah gua, menawarkan sebuah usaha yang sebenarnya kalau gua bilang, kurang cocok dengan usaha yang gua tekuni.

Hampir setiap hari si Dam berkeliling, menawarkan usaha ke rekan dan kerabatnya sambil berharap ada yang goal. Ya walaupun gua rasa gak cocok ama usaha gua, ya gua bantuin dikit-dikitlah. Gua titip 2-3 barang ke gudang online dia, yang penting dia dapet pelanggan.

...................................................................................

Gegara gua denger cerita soal Dam yang bisa survive dan sedang meniti hidupnya lagi, gua jadi teringat dengan salah satu temen gua yang lain si Dom.

Kejadian ini sudah terjadi sekitar 6-7 tahun yang lalu tetapi ceritanya masib membekas sampai sekarang. Ceritanya dimulai ketika si Dom naksir kepada dede gemesh adik angkatan di Kampus, awalnya sebatas naksir biasa tapi si respon si Dede Gemesh luar biasa.

Respon dia bikin si Dom Geer dan beberapa kali mereka pergi bareng, makan bareng sampai nonton bareng. Asyik

Tapi seperti ada pepatah yang bilang kalau ada layangan yang putus yang ngejar pasti banyak, ternyata si Dom tidak sendiri.

'Tukang Ngala Layangan' ternyata banyak. Tapi anehnya gini, si cewek yang kita samarkan sebagai P ini merespon semua orang yang mendekati dirinya.

Ok, kalau kamu ngomong gini, ah itu mah geer aja kali cowoknya. Bisa jadi tapi respon yang gua lihat itu beda. Pokoknya kalau gua cowok yang belum berpengalaman dan dapat respon dari si P, dijamin deh gua bakalan mimisan.

Selain si Dom harus bersaing dengan Tukang Ngala Layangan yang tadi, Dom juga bersaing dengan mantan si P yang kita sebut dengan nama Pomps. Ini lebih gila lagi, di depan gua dan Dom, si P jelek-jelekkin terus si Pomps.

"Orangnya freak, udah gua putusin tapi maksa balikkan terus"

"Tiap Malam ke rumah gua terus ajakkin gua pergi terus. Sering kirim-kirim sesuatu juga ke rumah"

Kalau lu denger omongan si P tentang Pomps itu mungkin lu mikirnya si Pomps ini emang beneran freak. Tapi enggak juga sih, mungkin dia emang freak tapi kata gua ada andil dari si P juga.

Andilnya gimana San? Ya kenapa tiap Pamps ngajakkin pergi, lu mau pergi berdua. Kenapa tiap dia datang ke rumah lu, lu terima dia dan bikin dia nyaman. Kenapa tiap dia kasih ini itu, lu terima. Kalau misalnya lu terganggu ya jangan direspon, block, dan bilang apa adanya kalau lu udah gak ada rasa apapun ke dia.

Eh jahatnya si P, dia tetep ngekeep si Pomps dong. Mungkin si P merasa dia masih membutuhkan sosok Pomps.

Gegara itu, si Dom dan Pamps konflik mulu. Mulai dari adu bacot lewat BBM (dulu masih BBM) sampai teror ke si Dom.

Paling gua ingat adalah ketika mereka lagi adu bacot di BBM, si Pomps nulis gini "Sekarang lu nikmatin aja ama dia tapi dia pasti balik ke gua nantinya. Oh ya, lu juga gak tau kan apa yang sudah gua dapat dari P"

Mind blowing, si goblok ini mencoba untuk mempengaruhi pikiran si Dom.

Gua yang kebetulan lagi bareng si Dom pas dia kirim chat gitu, ngasih ide ke si Dom. Gua pinjem BBM si Dom dan bales pesan dari si Pamps

"Tapi lu juga gak tau apa yang sudah gua dapat dari P kan"

Dibales kayak gitu, si Pomps makin ngamuk. Kita pun tertawa bersama sambil mengutuk si Pomps bareng.

...........................................................................

Belakangan diketahui, ternyata si P bukan hanya menebar kail ke si Dom dan si Pomps. Masih ada 3 laki lain si D, B, dan M. Dan ceritanya sama, mereka dikasih respon bagus dan si P jelek-jelekkin si Pomps depan mereka,

Tapi si Dom belum menyerah dia masih berusaha mengejar si P walaupun dia tau si P bukan perempuan yang baik dan benar. Sampai di suatu hari, kejadian ini rasanya menyadarkan si Dom kalau dia harus stop dan menghentikan segala kegilaan ini.

Gua, Dom, Ambu ama si Dedi janjian mau main UNO di Yogya Express di Ciwalk (sayang sekarang sudah gak ada tempatnya). Si Dom ternyata lagi main sama si P dan sebelum si Dom gabung ama kita, dia mau anter si P dulu ke kampus.

Kita bertiga sudah duluan di Ciwalk dan hampir sejam nunggu, si Dom baru datang dengan mood yang gak ok. Muka dia kayak lagi nahan boker eh maksudnya kayak lagi nahan marah. Jarang-jarang nih orang marah.

Ternyata si Dom habis berantem dengan Pamps. Jadi ceritanya gini, si Dom anterin si P ke kampus dan biasalah pas si Dom balik, dia luknut minta kiss bye. Eh mau nyosor ke pipi, si bangsat Pomps ternyata ngikutin mereka berdua.

Dia langsung tarik si Dom, dorong si Dom yang hampir bikin si Dom jatuh tejengkang.

"Lu mau ngapain cewek gua jing!" hardik si Pomps

"Emang dia cowok lu?" tanya si Dom ke P dengan nada tinggi

"Bukan" jawab si P

"Denge tah anjir!" (Denger tuh Anjing) balas si Dom

"Kok lu gitu sih" tanya Pomps ke P

Kalau gua jadi si Pomps, lompat ke sumur tua bakalan gua lakuin dah saking malunya. Di depan saingan lu, lu gak diaku dong sama cewek lu, wkwkwkwkwk

.....................................................................

Tapi sekali lagi, sesuatu yang menurut gua gak masuk akal terjadi lagi. Malemnya, setelah kejadian si Pamps dan Dom ribut depan kampus, eh si Pomps datang dong ke rumah si P.

Bukan cuma datang tapi ngajak keluarga si P buat pergi makan steak. Dan gilanya, Nyokapnya si P mau dong padahal Nyokapnya tau gimana freaknya si Pamps dan Nyokapnya juga tau kalau si P sering dihina-hina ama si Pamps di depan orang lain.

Yang lebih aneh lagi, kok si P mau-maunya diajak pergi makan sekeluarga. Kalau misalnya itu Nyokap gua, tau kalau anaknya dihina-hina dan diperlakuin kayak itu, jangankan mau diajak makan, melangkah masuk ke rumah gua aja udah Alhamdulilah,

Semua kegilaan ini sepertinya membuat Dom sadar kalau si P ini memang bukan perempuan yang baik. Si Dom juga tahu kalau ternyata si P menjalin hubungan lain dibelakang dia dengan banyak laki. Kelak si P ini akhirnya benar resmi pacaran dengan si B. Bukan dengan Dom, bukan dengan Pamps dan bukan dengan laki yang lain.

Tapi gua salutnya adalah si Dom bisa survive. Meskipun gua tau dia kecewa berat tapi dia bisa menyembunyikan kekecewaannya dan tetap menjalani hidup seperti biasa.

.................................................................................

5 tahun setelah kejadian konyol itu,

Gua dan Dom sedang makan Ayam Geprek di daerah Dipati Ukur Bandung. Bos gua yang satu ini pekerjaanya sudah makin Ok. Kharismanya sudah mulai terbentuk, bedalah ama dulu waktu dia mimisan baca komik Anak Emas, hua sendiri sudah hampir lupa cerita soal si P itu

"Eh, si P itu bukan perempuan baik ya"

Gua kaget tetiba si Dom ngomongin soal si P.

"Hm, iya sih. Kalau liat sikap dia, keliatannya dia bukan perempuan baik-baik ya"

"Lu percaya kharma gak"

"Percaya sih. Napa emang?"

Dom tidak menjawab pertanyaan, dia fokus menghabiskan potongan ayam gepreknya sambil menunjukkan ekspresi datar.