Jumat, 26 Januari 2018

Diancam Dibunuh

Gua punya banyak cerita menarik dari Clobberin Time. Gua memulai usaha Clobberin Time dari tahun 2011 (saat itu namanya belum Clobberin Time) dan ada banyak cerita yang melibatkan gua dan para pembeli gua.

Dari yang cantik dan baik sampai yang nyebelin ada semua. Mungkin karena saking banyaknya gua harus berhubungan dengan banyak orang (baca: pembeli), gua jadi bisa langsung tahu karakter orang hanya dari chat gua sebagai penjual dengan pembeli.

Dulu, saat Clobberin Time masih kecil dan gua masih harus mencari pembeli, gua yakin jika suatu hari nanti orang yang bakalan nyari gua. Gua sering melakoni perjalanan jarak jauh, pernah dari Bandung - Kota Baru Parahyangan buat anterin sebuah produk seharga 35rb doang. Dan parahnya, pas pulang ban dalam gua sobek dan harus ganti ban dalam baru seharga 60rb. Untung gak dapat, malah nombok. Sue

Bukan uang yang gua cari tapi kepercayaan karena jika kita kasih pelayanan yang bagus, pasti buyer akan memberi respect lebih dan pikir "Wih, sellernya baik banget. Mau jauh-jauh anterin padahal gak seberapa". Dari situ mereka bakalan cerita ke temennya dan temen yang lain bakalan ikutan beli.

Kalau sekarang sih gua sudah semakin jarang anter-anter lagi mengingat sekarang pekerjaan yang makin banyak (nulis, ngurus produksi) tapi sesekali masih suka walaupun gak setiap hari kayak dulu. Apalagi sejak gua sudah gak berpartner lagi, jadi semua aktivivas Clobberin Time berada langsung dibawah kendali gua. Mulai dari cek produksi, ambil barang produksi, packing barang, bawa ke jasa pengiriman, balesin chat, nulis promosi di semua media sosial Clobberin Time (Facebook, Twitter, IG, OA Line, Line, dll).

Banyak yang ngusulin kenapa gua gak bayar orang aja jawabannya untuk saat ini gua belum berpikir ke arah sana karena gua menikmati semuanya sendiri. Jujur, gua menikmati tekanan kerja yang diarahkan ke gua. Tekanan dari buyer ketika barang produksi gak kelar-kelar, tekanan karena pesanan belum sampai, tekanan gua harus menyempatkan menulis buat promosi di tengah kesibukkan gua yang lain.

Gua menikmati semua tekanan itu. Bukannya hidup kalau gak ada tekanan gak akan seru ya?

..........................................................................

Cerita ini terjadi di tahun 2014 silam. Gua punya buyer namanya Gus dan dia rutin beli di gua. Kadang beli kaos, kadang beli jaket, dll. Dia cerita kalau dia sangat beruntung bisa ketemu gua karena sejak kecil dia nyari kaos WWE tetapi gak pernah dapat. Gus ini adalah type pembeli yang gak sabaran. Kalau barang belum sampai ya, padahal baru juga dikirim kemarin, dia langsung kirim banyak chat sambil nanya kenapa barang belum sampai.

Gua sampai bingung mau jawabnya gimana karena yang ngirim kan kurir ekspedisi barang bukan gua yang kirim. Kalau gua yang kirim ya silahkan protes ke gua dan lagian kewajiban gua buat ngasih nomor resi pengiriman sudah gua jalankan.

Setiap transaksi, Gus selalu bilang gini "Nanti pacar saya yang transfer ya. Kalau dia sudah transfer, nanti dia chat kamu langsung". Alasannya waktu itu adalah dia gak punya ATM, jadi dia minta pacarnya yang transfer.

3x transaksi lancar tetapi pas transaksi ke 4, pacarnya si Gus yang namanya Meta, ngechat gua. Dia bilang "Sani, aku bisa telpon kamu bentar gak? Penting nih". Gua jawab silahkan karena saat itu gua emang lagi santai di rumah.

Di telpon, Meta curhat tentang kelakuan si Gus. Dari cerita si Meta, gua bisa menggambarkan si Gus adalah cowok yang seumuran ama gua (cuma dia lebih tua 2 bulan), belum bekerja, manja, dan kalau ada apa-apa minta ke si Meta. Jadi selama ini kalau Gus beli barang ke gua, pacarnya yang bayar!

Pacarnya si Gus ini bukan orang kaya, cuma kerja di Bank dan dengan gaji yang gak seberapa itu, si Gus sering minta ini itu dengan iming-iming "Kalau nanti saya sudah kerja, saya bakalan ganti" padahal si Gus ini kalau dari cerita Meta gua nangkepnya males buat nyari kerja, Pernah suatu hari Meta nyariin Gus kerja, sudah dapet, eh gak lama si Gus keluar karena katanya ada temen kantor yang males. Wadaw

Di telpon itu, Meta cerita banyak tentang keburukkan si Gus. Si Gus ini paling demen makan di Texas Fried Chicken dan setiap makan selalu Meta yang bayar. Oh ya, ada 1 cerita lagi yang paling bikin gua ngakak.

Si Gus ini orangnya kelebihan bobot. Di tahun 2014 kan lagi heboh soal OCD, itu loh yang Diet si Deddy Courbuzier. Mungkin karena si Gus kepengaruh iklan dia ajak si Meta ke Toko Buku Gramedia di Bekasi. Awalnya biasa aja, muter kayak biasa sampai si Gus nemu buku OCD. Dia bawa buku itu dan sampai di kasir, keluar deh bulusnya "Ayank, aku mau kurus. Beliin dong bukunya nanti pas sudah kerja, aku ganti kok"

Bedebah, hahahahaha. Tapi gua kepikiran pakai cara ini juga. Coba ajak pacar jalan-jalan terus pilih barang yang dimau dan pas ke kasir pake bulus si Gus "Ay, aku kayaknya jadi ganteng deh kalau pake baju ini. Talangin dulu ya nanti kalau jualan aku laku, aku ganti"

Anjir, hahaha. Bercanda ketang. Sesusah-susahnya gua dulu, kalau mau ngajak kecengan atau temen deket jalan. gua pasti sudah menyiapkan dana secukupnya. Malu ah kalau pake cara kayak si Gus itu biar pun kamu lagi gak punya uang setidaknya kamu masih harus punya harga diri.

Sebelum menyudahi telpon, si Meta ngomong ke gua "Tolong banget ya Sani, jadi kalau Gus mau order bilang aja barangnya habis. Aku gak punya uang lagi buat bayarin pesanan dia"

Gua jawab "Oke"

Malamnya, ada chat BBM yang masuk ke BB gua (tahun 2014 masih pake BBM). Yang chat si Meta dan dia bilang "Makasih ya Sani". Terus dia chat kalau dia sudah nge-add facebook gua dan ini dia yang bikin aneh, di chat dia bilang gini "Sayang. aku sudah punya pacar kalau belum, mungkin aku bisa sama kamu". Dan dia mulai kirim-kirim foto dia. Wadaw

Kalau diliat dari foto, gimana ya menggambarkan si Meta. Sekilas dia terlihat gemuk dan berkumis. Ada kan ya cewek berkumis kayak Iis Dahlia, nah si Meta ini berkumis. Yang bikin gua aneh adalah kenapa dia langsung flirting gitu ke gua? Perkiraan gua adalah dia salah nangkep respon yang gua berikan ke dia ketika dia curhat.

Padahal SUMPAH, gua bales biasa aja kayak gua bales chat ke temen gua yang lain. Lu jangan suudzon bilang gua modus atau apa karena gua normal aja balesnya.

Satu hal yang menjadi misteri buat gua adalah Meta kan tau kalau kelakuan cowoknya kayak gitu. Pertanyaanya kenapa si Meta masih mau bertahan ama si Gus? Si Gus ini jelek luar dalamnya sudah Meta tahu, pacaran aja tabiatnya kayak gitu, lah nanti kalau sudah menikah gimana? Masak si Meta yang kerja terus si Gus yang ongkang kaki?

Dari pengamatan gua adalah Meta ini terlalu takut untuk memulai sesuatu yang baru. Dia takut kalau dia pergi dari Gus, dia gak bakalan bisa dapetin pasangan lagi jadi dia memaksakan bertahan dengan kondisi yang sekarang. Meta mungkin sadar kalau dia gak cantik dan menarik jadi dia takut kalau ketika Gus hilang, dia gak dapat penggantinya.

...............................................................................................

Sejak Meta curhat soal Gus, gua mulai jaga jarak dengan Gus. Setiap dia mau order, gua bilang orderannya lagi kosong padahal sih masih ada. Hampir 5 bulan lamanya gua mengindar dari orderan si Gus. Sampai suatu hari si Gus chat gua bilang dia mau beli kaos ke gua tapi gak usah dikirim. Gua diminta buat ketemuan ama pacarnya (si Meta) karena kebetulan si Meta lagi di Bandung.

Oh ya, selama 5 bulan itu Meta sering chat gua tapi gua respon seadanya aja. Gua mikir kalau kayaknya untuk kali inisi Meta sudah okey nih, gak mempermasalahkan si Gus beli ke gua,

Gua dan Meta janjian ketemuan si hari Sabtu Malam jam 7, di rumah dia daerah Cibiru. Ternyata Meta sesuai foto, orangnya gemuk dan berkumis. Pas kita lagi ngobrol-ngobrol ada Papahnya Meta nanya "Itu siapa" yang dijawab "Temen Meta, Pa"

Papa Meta keluar dan gua salamin sambil membungkukkan badan dan kepala sebagai bentuk penghormatan gua ke yang lebih tua. Meta cerita soal kejelekkan Gus sampai gua bingung sendiri, kenapa KAMU MASIH BERTAHAN kalau sudah tau kelakuan si Gus kayak gitu.

Terkadang laki itu harus dikasih 'terapi kejut' supaya dia sadar dan gak keenakan.

Ngobrol-ngobrol 10 menit, gua pamit bentar karena gua mau pergi pacaran. Sebelum pergi gua sempet bercandain si Meta, kapan kita makan di Texas? Gua gak serius ngajaknya dan itu cuma jokes karena Meta pernah cerita kalau si Gus hobby nya makan di Texas Fried Chicken tapi selalu si Meta yang bayar.

"Ok terima kasih ya Met. Salam buat Papih" kata gua sambil ngedadahin Meta. Semuanya terlihat baik-baik saja sampai besok Pagi, gua dapat chat dari si Gus. Awalnya normal, dia ngechat gini:

"San, makasih ya barangnya sudah gua terima. Tapi gua nanya apa maksud lu ngajak cewek gua makan di Texas terus lu ngapain nitip salam ke papaknya cewek gua"

Gua mikir bentar, kapan ya gua ngajak si Meta makan di Texas terus gua langsung keingetan apa jangan-jangan jokes gua yang kemarin Malam ya? Yang soal Texas?

Gua jelasin baik-baik soal jokes Texas tadi terus soal salam ke Ayahnya Meta menurut gua itu adalah salah satu norma kesopanan yang diajarin ama Orang tua sejak gua kecil. Pas gua pulang, Bapaknya kebetulan udah masuk ke rumah jadi nitip salam adalah salah satu cara buat pamit pulang. Gua yakin lu juga akan melakukan hal yang sama yang kayak gua lakukan deh.

Dasar tabiat buruk, sudah gua jelasin baik-baik, si Gus yang tabiatnya emang buruk malah ngamuk. Dia maki-maki gua di chat, gua masih ingat dia ngomong gini "Lu kalau jualan yang profesional dong. Lu mau gak kalau pacar lu diajak gua buat makan bareng"

Gua jawab "Ajak aja, gua yakin dia gak bakalan mau kok"

Gus makin emosi. dia mulai jelek-jelekkin lapak gua sampai di chat gini "Gua bakalan ke Bandung buat nyari lu, gua BUNUH LU ANJ*NG!"

Emosi gua naik juga, awalnya gua masih kalem, gua bales "Gua tungguin lu disini kalau perlu gua yang kesana kalau lu gak ada ongkos kesini" Tahun 2014 gua masih rutin berlatih karate, gua jadi gatel juga pengen praktekkin ilmu karakte gua ke dia.

Jujur gua kecewa berat dengan si Meta. Meta tau kan tabiat si Gus kayak apa, udah tau sifatnya kayak gitu eh hal remeh temeh kayak gini diomongin. Masak gua nitip salam ke Bapaknya aja sampai dibilangin? Dikira gua naksir ama si Meta terus gua lagi caper ke Bapaknya kali.

Gua yakin si Meta cerita ke si Gus itu buat nunjukkin kalau "masih ada yang mau ama gua jadi elu ya Gus, ubah sifat lu karena kalau enggak gua bisa kapan aja pergi dan pacaran ama si Sani". Itu yang gua tangkep ya makannya dia sengaja bikin si Gus cemburu dengan gua sebagai objeknya.

Padahal saat itu gua sendiri sudah punya pacar dan hubungan gua dan Meta itu layaknya hubungan buyer - seller. Malamnya, si Meta chat gua nanya kenapa si Gus marah besar ke dia, gua ceritain semuanya sekalian nanya, ngapain dia cerita soal gua ngajak dia Makan di Texas dan soal gua nitip salam ke Bapaknya. Gua jelasin kalau gua sudah punya pasangan sendiri dan soal Texas Fried Chicken itu cuma lelucon buat nyindir si Gus yang doyan makan di Texas tapi gak pernah mau bayar.

Meta gak jawab pertanyaan gua, sepertinya dia malu sendiri. Karena kesel, gua block nomor si Meta padahal gua paling anti block nomor orang. Si Gus yang gua ajak ketemuan malah gak pernah bales chat gua lagi. Ancaman dia yang mau ngebunuh gua hilang tidak berbekas. Gus oh Gus kamu hanya besar di omongan aja ternyata.

4 tahun berlalu sejak kejadian konyol itu (gua gak tau gimana mendeskripsikan kejadian itu tapi gua bilang ini konyol banget). Kemarin, iya kemarin Malam banget sekitar jam 1 Malam, ada WA masuk ke nomor gua. Isi Chatnya gini:

"Sani apa kabar? Masih ingat ama aku gak, Meta? Meta yang mantannya Gus, aku sekarang sudah putus ama Gus, boleh aku cerita?"

Gua gak jawab isi chat itu, gua matikan ponsel dan mulai terlelap dalam tidur

..............................................................................................

Awal tahun ini, gua dapat kejadian yang kurang mengenakkan. Fanspage WWE Indonesia dengan jumlah pengikut 26rb kena banned permanen dan gak bisa diakses lagi. Padahal Fanspage itu dibuat untuk menunjang penjualan Clobberin Time.

Gua sempet kepikiran juga, masalahnya jumlah pengikutnya sudah 26rb dan itu didapat sama sekali gak pake promosi berbayar. Apa nanti penjualan Clobberin Time bakalan turun gak ya. Gua memang masih punya FB Clobberin Time, OA Line, Instagram sampai situs review WWE sendiri buat mempromosikan Clobberin Time tapi tetep aja gua kepikiran.

Sempat kepikiran buat hiatus alias istirahat untuk sementara waktu. Rasanya gua terlalu menikmati bekerja di CT sampai gua lupa buat kasih waktu istirahat buat diri gua sendiri. Temen gua si Banu yang sekarang kerja di Manado beberapa kali ngajakkin gua ke Manado dengan iming-iming "San, lu mau liat yang bening-bening gak? Yuk kesini"

Sebuah godaan yang sulit ditampik. Apa gua istirahat selama 2 Minggu gitu ya, liburan ke Manado terus biar pulang fresh lagi dan memulai lagi dari awal? Nyokap gua pun sudah nyuruh gua buat liburan kesana biar segar lagi.

Tapi oh tapi ternyata gua salah. Orderan yang gua kira bakalan turun karena FP di-banned ternyata tidak berlaku. Orderan malah makin banyak dan stabil seperti biasa. FP boleh hilang tapi pembeli tidak hilang, sekarang gua sudah bikin penggantinya dan gua yakin FP baru ini akan melebihi 26rb.

Apa yang gua lakukan dulu ketika gua harus hujan-hujanan di jalan (karena gua gak punya jas hujan), atau gua harus kepanasan sampai kulit tangan gua belang tidak percuma. Gua punya pembeli yang loyal, setia dan tidak mau beli di lapak lain meskipun lapak lain jualnya lebih murah.

Kerja keras memang tidak pernah mengkhianati. Rencana liburan ke Manado tampaknya harus dibatalkan lagi, hahaha. Sorry ya Dom! Tar kita main ama si Ambu pas ente balik ke Bandung.

Terima kasih juga buat kamu yang sudah membuat 'tidak mungkin' menjadi 'mungkin'. Terus semangatin aku ya :)

Selasa, 02 Januari 2018

Ketemu Nikita lagi

Pertanyaan yang paling sering gua terima untuk saat ini adalah "Gimana kabarnya Nikita?" atau "Masih suka ketemu ama Nikita gak?

Buat pengingat, Nikita adalah salah satu CS UBER gua. Biar perempuan tapi badannya Niki besar banget. Sekali sentil kita pasti mental. Dia masih sekolah dan kayaknya dia jadi wanita paling ditakuti di sekolahnya karena ukuran tubuhnya.

Buat lebih jelasnya, boleh dibaca-baca lagi tulisan tentang UBER gua di tahun 2016.

Jawabannya adalah gua jarang ketemu ama si Nikita. Ya mau ketemu juga ngapain, hehehehe. Tapi dia suka ngechat, buat curhat atau minta dijemput biarpun gua selalu kasih alesan gak bisa jemput, haha.

Bukannya jahat apa gimana tapi rumah Niki itu jauh bener di Baleendah, itu letaknya di Kabupaten Bandung. Belum lagi disana daerah banjir parah. Kalau kamu suka nonton berita di TV tentang banjir parah di Kabupaten Bandung, nah disana rumah si Niki.

Ehm, tapi gua pernah sih ketemu Nikita 1x lagi, di sekitar bulan Agustus. Jadi Malamnya, Niki ngechat minta dijemput dan dianterin ke Braga. Gua nanya, "Niki ngapain ke Braga?"

Jawabannya adalah "Mau ikutan casting".

Gua kira ini bercanda tapi ternyata beneran dong, Nikita ikutan casting buat jadi bintang layar kaca. Dia cerita kalau dia rutin ikutan casting biar gak pernah tembus juga.

IKUTAN CASTING? NIKI KONG yang badannya gede gini ikutan casting? Gua kaget campur shock, mau jadi apa si Niki ikutan casting? Jadi gerobak teh botol gitu?

...................................................................

Awal tahun ini, Nikita nge-WA gua. Isi WA-nya gini "Kakak Sani, bantuin aku banget dong. Aku perlu bantuan Kakak banget"

Gua bales "Bantuin apa Nik?"

"Besok Niki ceritain, besok ketemuan kak depan sekolah". Hmm, bantuan apa ini? Apa jangan-jangan si Nikita lolos casting terus di casting selanjutnya dia harus bawa pasangan buat menemani dia berakting?

Terus gua suruh berperan jadi Romeo dan dia jadi Juliet terus kita harus berciuman gitu? Wanjirrrrr.

Gua ini orangnya paling gak tegaan apalagi ke perempuan. Kalau udah dichat gitu, biar misalnya gua sebel banget ama orangnya tapi kalau sudah dichat gitu, gua pasti tolong.

Besoknya, sesuai janji kita ketemuan di depan sekolah Niki yang masih kosong karena masih libur. Gua nunggu Niki sambil balesin WA dari buyer Clobberin Time. Lagi asyik balesin WA, ada yang noel di belakang gua dan pas gua toleh, ternyata si Niki.

Gak tau apa perasaan gua doang apa bukan tapi ukuran si Niki kok makin besar. Di saku kanannya disimpen plastik isi makroni dan tangan kirinya megang siomay siram.

"Nik, kok kamu makin besar gini?" tanya gua sambil liat Niki dari atas ke bawah.

"Ih, enggak Kak. Niki kurusan kok"

Yang kayak gini dibilang kurus. Mungkin kurus versi Nikita adalah seperti Pretty Asmara terus gendut versi Niki adalah Godzila hasil perkawinan silang -_-

Oh ya terkait permintaan tolong si Niki ternyata gini, Niki minta tolong gua nganterin dia ke rumah gebetan si Niki. Jadi ceritanya Niki lagi deket ama cowok dari sekolah lain.

Si Niki sekarang kelas 3 SMA dan gebetannya baru lulus di tahun kemarin. Sekarang dia jadi guru dance beberapa sekolah buat keperluan ekskul. Sadis bener, yang satu gede gini, gebetannya adalah dancer. Dancer kan biasanya kurus kan ya sedangkan si Nikki gede gini.

Gua jadi mikir, nanti siapa yang nindih siapa ya? Ouch

Nikita pengen kasih kejutan ke gebetannya itu. Dia bawa plastik gede dan isinya coklat dalam jumlah yang banyak. Pas gua mau minta 1, gak dikasih dong. Alasannya adalah

"Coklat ini jumlahnya 99 pcs kak. Kalau di Jepang, kalau kita punya keinginan kita harus menyediakan 99 barang yang sama biar keinginan kita terkabul"

Ah ini kayaknya si Niki ngaco deh karena setau gua adalah yang bener tuh kita harus buat origami burung bangau sebanyak 1000 pcs kalau kita punya keinginan. Lah ini kok jadi coklat 99 pcs, keinginan gak terwujud, diabetes yang ada.

Dulu, gua pernah dapet kiriman 1000 origami burung bangau. Gua sampai kaget karena ini beneran bentuknya origami dan ini berarti dia bikin 1000 pcs cuma buat gua doang. Gile, gile

Forget it tentang 1000 origami itu karena tugas gua adalah gua diminta buat ke depan rumah kecengan si Nikki yang dancer itu buat nyantolin kresek isi 99 coklat pengabul keinginan itu.

Menurut gua ini pekerjaan beresiko tinggi. Kenapa beresiko? Karena Nikki belum pernah ke rumah gebetannya itu dan dia juga gak tahu alamat pastinya. Emang dia megang alamat tapi alamatnya kurang jelas.

Coba lu bayangin, kalau gua simpen kresek besar hitam di depan rumah orang. Kalau bener ya syukur tapi kalau salah? Gua bisa dihakimi masa. Persis kayak tetangga gua dulu, depan rumahnya ditaruh kresek hitam dan pas dibuka isinya adalah bangkai binatang.

"Nik, ini bener gak alamatnya. Kalau sampai salah, kacau banget, bisa digebuk orang. Naruh kresek ke depan rumah orang yang gak dikenal"

"Bener kak, nomornya sama. Cat rumahnya juga sama" 

Ya ampun Tuhan Yesus, gini-gini amat kerja teh. Oh ya, kalian jangan mikir kalau gua dibayar ya ama Niki, awalnya dia mau bayar tapi gua minta ditraktir makan mie ayam aja yang murah, kasian kalau mahal (Niki taunya gua adalah Driver Uber beneran, dia gak tau kalau gua sering nulis tentang dia).

Gua berjalan cepat dan setelah sampai di rumah yang dituju, gua gantungin kresek isi 99 coklat itu. Pengen sih ambil 1 buat di jalan tapi kalau gua ambil ntar harapan si Nikki gak terwujud lagi karena coklatnya gua colong 1 biji.

Setelah beres, gua janjian lagi ama Nikki. Jadi, sekarang Nikki pulang dulu udah gitu jam 6 Sore, dia minta dijemput di sebuah cafe namanya Warung Jambu di daerah Cikutra.

Ok Niki sayang, apa sih yang enggak buat kamu.

.................................................................................

Setelah urusan pribadi gua beres semua (seperti biasa Clobberin Time dan nulis), gua siap-siap mau ke Warung Jambu buat jemput si Nikki. Serius, gua sebenarnya pengen istirahat buat tidur karena hari liburan kemarin gua sibuk pindahan.

Tapi ngebayang muka si Nikki yang nangis karena gak bisa pulang karena driver pada cancel pas dapet dia karena kegedean, gua jadi gak tega juga. Gua ambil jaket dan helm uber gua, dan cus ke warung jambu. Gua chat si Nikki dan dia bilang ada di lantai 2 jadi gua disuruh naik aja ke atas.

Sesampainya disana, gua naik ke atas dan aha di pojokkan ada si Nikki ama si Dancer. Pas gua liat si Dancer, weleh ternyata orangnya kecil dan pendek. Ini si Nikki gak salah pilih pasangan?

Pertanyaan gua di awal, yang kelak siapa nindih siapa, muncul lagi di kepala gua, Gua mengibaratkan si Nikki ini seperti induk T-Rex dan si Dancer ini adalah Bekantan yang sekalinya kena injek langsung gepeng.

Gua salaman ama si Dancer dan Nikki memperkenalkan gua sebagai "Kakak Nikki yang sering PHP-in Nikki" ke dancer itu. Disebut PHP karena alasan mulu pas diminta jemput si Nikki, kikikikikiki.

Nikki minta nunggu bentar dan gua ambil kursi di tempat paling pojok. Rada nyes juga ya liatin orang pacaran. Oh ya di Warung Jambu, gua disuruh milih menu buat 'bayaran' gua di hari itu tapi pas gua liat menunya, harganya lumayan juga. Kasian juga si Nikki kalau dia bayarin gua menunya mahal gini.

Gua bisa aja sih bayar sendiri tapi gua jamin si Nikki gak akan mau. Biar aman, gua bilang udah kenyang dan gak pengen mesen apa-apa padahal gua belum makan dari sian.

Sambil nungguin si Nikita pacaran, gua bikin draft penulisan buat Mahalah HAI di memo gua. Lagi asyik bikin draft, si dancer ngomong gini ke Nikki "Eh, kamu bawa sisir gak?"

"Bawa sih buat apa?" 

"Pinjem aja"

Ada apa dengan sisir? Apa si dancer mau ngegombal dengan objek sisir semisal "Aku pengen banget jadi sisir ini"

"Kenapa?"

"Karena bisa selalu membelai kamu waktu kamu lagi sedih atau senang"

Sampai dia ngomong gitu, bakalan gua tonjok deh.

Ternyata enggak, gua lirik bentar, si dancer itu ternyata nyisirin rambut si Nikki sambil ngomong "Rambut kamu berantakkan nih, manis kamu jadi berkurang tau" sambil nyisirin rambut si Nikki yang bergelombang.

Wanjir, gua kaget denger KEBOHONGAN itu. Gua perhatikan muka si Nikki yang merah sambil malu tapi mau disisirin. Terus gua mikir, bisa gak ya gua pake cara ini ke pacar sendiri.

"Eh Mei, kamu ada sisir? Rambut kamu bergelombang nih, aku sisirin ya biar kamu makin cantik"

Aih, keren bener. Makasih ya dancer, gua diajarin cara baru, hahahaha

20 menit kemudian, Niki kasih kode kalau dia mau pulang. Tapi ada yang aneh, yang aneh adalah pas mau bayar KENAPA SI NIKITA YANG BAYAR SEMUA?

Sekere-kerenya gua dulu, kalau misal gua ngajak pacar or kecengan makan yang pasti gua sudah spend money dulu buat persiapan. Lah ini kok malah si Niki yang bayar semua? Apa jangan-jangan si Niki cuma dimanfaatin doang?

Di perjalanan pulang, gua nanya tentang si Dancer dan dari cerita si Nikki, kalau mereka pergi emang selalu si Nikki yang bayarin. Aneh gak, lu laki terus lu pergi ama cewek dan yang keluar uang adalah si cewek semua?

"Nik, kayaknya kamu harus jaga jarak deh ama dia"

"Emang kenapa kak?"

Gua gak menjawab pertanyaan itu dan membiarkan Nikki berpikir dengan kedewasaanya.

.................................................................................................

Setelah beres anterin Nikki, gua iseng nyalain aplikasi UBER dan nyangkut 1 orang bernama 'Rachel' dan minta dijemput di Sejiwa Cafe di Jalan Progo. Dari nama sih udah bagus tapi ratingnya jeblok, 3.93.

5 menit kemudian, gua sudah sampai di tujuan dan bener yang gua pikir, Rachel itu cantik sesuai namanya. Dia minta dianter ke stasiun karena mau berangkat ke Jakarta (rumah di Bandung tapi kerja di Jakarta).

Gua pikir rating dia bisa jeblok itu karena dia jutek, maklumlah orang cantik kan suka jutek ke orang yang kenal. Awalnya sih emang jutek tapi gua speak-speak dikit dan ternyata gak jutek. Sepanjang jalan kita ngobrol sambil sesekali gua ngelucu.

Sesampainya di stasiun, Rachel turun dan tarifnya adalah 15.000. Gua dadahin dan pas mau cus pulang, depan stasiun gua liat ada satu motor yang dicegat 2 orang. Gua perhatikan Drivernya sudah tua dan dia seperti diintimidasi. Dia pasti Ojol karena dia pake jaket Grab meski ditutup rompi.

Feeling gua, dia melanggar zona merah karena emang gak boleh jemput di depan stasiun. Zona amannya ada di depan Rumah Makan Ampera dan kayaknya si Bapak Tua itu gak tau. Tapi anehnya ya biar dia dimaki-maki dan bahkan ada kontak fisik, dia diem aja.

Gua nepi sebentar dan menuju ke sana. Gua nanya kenapa, 2 orang itu bilang dia jemput di depan stasiun padahal aturannya gak boleh. Gua terus bilang ke bapak tua itu kalau jemput gak boleh disini harus di seberang Rumah Makan Ampera dan anehnya di diem aja kayak gak ngerti apa yang gua omongin.

Terus dia megang telinganya dan gua sadar, apa jangan-jangan dia tuna rungu ya? Ternyata benar dia tuna rungu. Gua minta maaf ke 2 opang yang emosi itu dan mohon pengertiannya karena Bapak tua ini tuna rungu dan mungkin dia gak tahu kalau disini tuh zona merah.

"Bilangin ke temen-temen kamu yang lain, jangan narik disini!" kata si opang sambil nunjuk gua dan berjalan pergi.

Gua liat HP si Bapak tua dan ternyata cs dia minta dijemput di Hotel Vio dan Hotel Vio itu letaknya ada di belakang stasiun. Duh kasian bener, sampai nyasar jauh gini si Bapak tua. Gua ketik di HP gua dan tulis ikutin saya nanti saya tunjukkin arah Hotel Vio. Dia ngangguk sambil pasang muka senang.

Gua ajak muter dia bentar dan bener, di depan Hotel Vio ada seorang perempuan yang lagi berdiri sambil megang HP. Sepertinya CS-nya ini nih dan pas gua tanya bener ternyata dia. Dia kayak kesel gitu, mungkin nunggunya sudah lama.

Mungkin dia gak tau kalau dia dapet Driver yang tuna rungu ya. Gua minta maaf ke si CS dan bilang kalau bapaknya tuna rungu dan tadi ada masalah jadi terhambat. CS bisa mengerti dan naik ke si motor bapak tua.

Sebelum si Bapak pergi, uang trip dari si Rachel gua kasih ke si Bapak tua, ya buat nambah-nambah uang bensin. Mata si Bapak berkaca-kaca sambil meganging tangan gua. Sambil terbata-bata dia ngomong "Ma...Ka...Sih....Ma....Ka...Sih".

Gua balas dengan senyuman dan sebuah anggunkan ke si Bapak. Kadang ada perasaan bahagia ketika liat orang lain senang. Mungkin 15rb buat kita gak seberapa ya tapi buat orang yang butuh, itu perlu banget.

Bapak tua yang tuna rungu aja masih semangat cari uang padahal sudah malam gini dan itu bener-bener membuat gua malu karena gua sering banget menunda-nunda pekerjaan padahal gua masih mampu.

Gua memulai tahun baru dengan ketemu si Niki dan Bapak tua itu. Ada emosi, ada senyuman, ada tawa, dan ada doa.

Satu senyuman mewakili perasaan, satu tawa menghapus kesedihan dan satu doa memberi pengharapan.

Senin, 01 Januari 2018

Awal Tahun

Gua pertama kali nulis blog itu di bulan Januari 2008 dan berhubung sekarang sudah tahun 2018 artinya gua total sudah 10 tahun nulis blog #wow

Sebuah pencapaian yang luar biasa buat gua pribadi. Dari jaman nulis gua masih alay sampai sekarang sudah lumayan. Dari yang baca cuma 2-3 orang sampai sekarang sudah ribuan tiap postingan.

Gua mau cerita sedikit tentang awal mula gua nulis blog. Sebelum gua nulis blog, waktu masih sekolah dulu, gua sudah lumayan sering nulis. Gua nulis cerpen di Majalah HAI dengan bayaran 350rb per tulisan (kalau dimuat) atau kadang di lembaran BELIA di koran Pikiran Rakyat dengan honor 200rb.

Itu asli lumayan banget, gua gak boong. Apalagi pas jaman masih sekolah ya, uang masih terbatas jadi rasanya seneng banget punya uang sendiri. Bisa beli ini itu.

Gak deng, honor yang gua dapat biasanya gua tabung. siapa tau bakalan kepake buat beli apa gitu nantinya. Saat itu gua pengen punya TV sendiri buat di kamar, udah kekumpul uangnya eh malah dipinjem ama Nyokap gua dong (Minjem versi Nyokap berarti minta).

Dari situ gua mikir, kenapa gak bikin blog aja ya? Blog yang isinya beberapa tulisan gua yang pernah dimuat gitu, lumayan bisa pamer dikit ke yang lain.

Gua bikin blog di sebuah warnet di Antapani dibantu ama temen gua si Manan Sukiyanto. Buat upahnya, gua beliin si Manan Es Doger yang harganya seceng, hehehehe.

Warnet ini letaknya di deket Borma Antapani. Yang rumahnya di Antapani pasti tau Borma Antapani nah selisih 2 rumah, ada ruko yang dijadiin warnet. Tarifnya itu 3.500 per jam dan lumayan kenceng, jarang ngelag atau pending.

Berhubung saat itu gua belum mampu beli laptop sendiri, jadi gua nulis blog itu di warnet itu. Ya lu bayangin ajalah gimana susahnya gua. Gua harus konsentrasi nulis dan di sebelah gua banyak bocah yang teriak-teriak main Counter Strike.

Udah mah gandeng, bahasanya itu loh kasar bener. "Anjing siah naha aing nu ditembak" atau "Bleguk goblok. Nembak teu kena" adalah kalimat yang sering gua denger tiap gua nulis disana. Gua bener-bener dilatih untuk berkonsentrasi disana. Gimana caranya tetep bisa nulis bagus dengan kondisi anak bocah yang ributnya setengah mati.

Gangguan lain adalah gak tau gimana ceritanya, di komputer warnet itu, di Drive D PASTI ada aja 3GP bokep. Gua gak tau itu emang fasilitas si warnet biar ramai atau kebetulan aja ada maniac bokep yang donlod bokep disana dan lupa ngehapus dan tiap gua kesana PASTI ada aja bokep 3GP.

Ini dilema, asli dilema. Satu sisi penasaran juga nonton sampai habis tapi di satu sisi, uang gua terbatas buat bayar warnet. Kalau gua malah asyik ngebokep kapan dong gua nulis? Tapi di sisi lain, gua PENASARAN juga apalagi saat itu usia gua masih muda banget dan hormon gua lagi tinggi-tingginya.

Gua gak munafik bilang gak pernah nonton tapi untungnya gua bisa nahan diri buat gak keterusan nonton (cukup liat file apaan terus matiin, gak diterusin nontonnya). Istilahnya cukup tau lah sampai di satu hari, gua kayaknya dapet AZAB dari Tuhan deh.

Azabnya gini, jadi di suatu hari, gua iseng buka sebuah file di komputer warnet itu. Biasa kepo, file apaan nih. File ini berlatar belakang hitam dan dikasih judul xxx. Makin kepo dong gua. Gua buka dan isinya Wassalam, isinya adalah laki lagi nyodok laki lain alias VIDEO GAY,

Dan parahnya, pas video itu muter, mendadak komputer yang lagi gua pake ngehang dan berhenti pas adegan laki berkacamata lagi nungging sambil disodok. Anjirrrr, gua kalut banget. Gua teken semua tombol tapi layar gak bergeming, ngehangnya kok pas adegan itu. Masak harus gua cabut kabel powernya? Tapi kalau gua kesetrum, gimana juga. Kalau gua panggil operatornya, MALU sudah pasti.

Gua ngebayang, dia bakalan dateng terus liat layar komputer. Dia pasti mikir "Oh ini anak tiap Minggu kesini buat nonton video gay toh". Mana gua udah kenal lagi ama operatornya.

Asli, gua trauma banget. Gua baru tau kalau gay itu mainnya sodok-sodokkan kayak gitu. Gua shock, takut, kaget semuanya jadi satu. Gua yakin ini AZAB dari Tuhan karena gua suka buka-buka file terlarang di warnet ini, ahahahaha.

Sejak hari itu sampai sekarang, gua GAK pernah mau lagi buka file yang berlatar belakang hitam tanpa keterangan apapun. Masih trauma gua liat pantat disodok :(

.....................................................................................

Gua bilang, blog ini adalah tempat gua belajar. Dari gua yang nulisnya masih kacau banget sampai sekarang sudah lumayan (gua gak mau bilang sudah bagus takut dianggap riya jadi gua ganti dengan kata lumayan). Disaat gua patah hati, gua hampir pasti menulis blog karena dengan itu, perasaan gua jadi plong.

Pernah di suatu hari, gua posting sebuah puisi dalam bahasa Inggris yang judulnya 'You'. Puisi ini dibuat waktu gua putus ama pacar waktu masih di sekolah dulu. Bikinnya setengah mati karena dulu gua gak terlalu jago bahasa Inggris.

Gua bikinnya lama karena cari padanan kalimat yang pas, gua post dan eh besoknya temen gua si Banu Nugget ngeposting sebuah tulisan di catatan Facebook dia judulnya 'Kamu'.

Judulnya kok kayak yang familiar ya. Gua intip bentar dan temen gua ini emang ganteng banget, dia jiplak semuanya dong tulisan gua yang judulnya 'You' itu. Kebetulan dia juga dalam kondisi baru putus ama pacarnya si Demitria.

Yang paling sebel ya, punchline puisi itu pas bagian 'I lost my self 'cause I lost you' di-BOLD dong ama si Nugget buat menekankan kalau dirinya kehilangan kepercayaan diri karena kehilangan si Demitria. Itu gua woy yang kehilangan kok malah lu sih. Puisi itu dijiplak sama persis, yang diganti cuma 'by Stefanus Sani' jadi 'by Dominikus Banu' plus judulnya dari 'You' jadi 'Kamu'.


BANGSAT -_-

Gua baca komentar-komentar dari temen lain, semuanya pada muji. Ada yang komentar gini "Duh, mas Banu romantis banget sih". Pengen banget gua komentar gini "ITU GUA YANG BUAT NJING".

Sampai si Demitria, mantan si Banu sampai komentar "So Sweet :(" Kalau saat itu gua jahat ya Ban, gua bakalan kirim Message ke si Demitria terus bilang gini "Dem, kamu mutusin Banu itu udah langkah yang paling bener. Nulis aja nyontek, gimana mau jujur ama kamu". Tapi karena gua gak setega itu, gua diem ajalah biar si Banu yang dapet puja-puja karena puisi 'Kamu'-nya itu.

...................................................................................................

Bukannya ngerasa keren atau gimana ya tapi di satu titik gua sering banget ngerasa kalau temen-temen gua mulai bikin blog itu karena gua. Eits, jangan bilang gua sombong dulu. 

Gua bilang gitu karena beberapa temen gua yang nulis blog, namanya blognya sama kayak nama blog gua. Misalnya Rizki nama blognya www.Rizkipunyablog.blogspot,com atau Eka, nama blognya www.Ekapunyablog.blogspot,com.

Gua gak mau belagu atau gimana tapi gua bilang kok bisa namanya mirip ama blog gua gitu, ahahaha. Beberapa adek-adek yang lucu juga sering minta pendapat gua tentang blog mereka.

Kalau boleh jujur ya, sebenarnya masih berantakkan. Gua ngerasanya mereka seperti sedang mencoba untuk melucu tetapi sayangnya ketika hal lucu itu diubah dalam bentuk tulisan jadinya gak lucu. Tapi gak apa-apa, namanya juga proses. Gua juga dulu kayak gitu, lebih kacau malah. Pengen ngelucu kok malah jadi gak lucu cenderung kasar malahan.

Sedikit berandai-andai, kalau hari itu gak pernah ada. Hari dimana gua mulai nulis di warnet bokep bertarif 3.500 per jam itu kayaknya gua gak bakalan bisa nulis kayak sekarang.

Mungkin gua gak akan bisa nulis di WWE Indonesia or Tabloid BOLA karena semua hal yang terjadi itu gua anggap proses belajar termasuk ketika gua sue liat video cowok disodok cowok itu.

........................................................................................

Semoga tahun barumu menyenangkan yes! Buat kamu yang di Bekasi, sehat selalu, bahagia selalu, cepat lulus biar Mama Papa seneng dan semoga bisa dapat pekerjaan yang lebih dari sekarang.

Bye!