Minggu, 19 November 2017

Takut

Gua percaya semua orang punya rasa takut. Takut liat hantu, takut liat orang yang disayang pergi menghilang, takut pas jajan duitnya kurang, dan takut-takut yang lain.

Dulu waktu gua masih kecil, gua tergolong penakut. Gua paling gak bisa ditinggal di rumah sendirian atau lebih tepatnya gini, gua gak bisa ditinggal ama Bokap dan Nyokap gua meskipun ada Kakak gua yang nemenin.

Sebenarnya sih gua sering ditinggal berdua ama Kakak gua kalau Ortu gua pergi berdua (buat beli kain, dulu Nyokap gua jualan kain). Nah tapi ada satu momen dimana gua mengalami rasa takut yang luar biasa. Jadi di suatu hari, Nyokap dan Bokap gua pergi dari Pagi dan sampai jam 6 Sore mereka kok gak pulang-pulang.

Langit sudah gelap ditambah mendung dan gua yang saat itu masih umur 7 tahun mengalami rasa takut yang luar biasa. Ini Ortu gua kenapa gak balik-balik. Apa mereka kenapa-kenapa di jalan atau apa mereka gak mau pulang lagi gara-gara capek ngurus gua yang nakal?

Kakak gua awalnya masih bisa tenang tapi ngeliat gua mulai nangis dia jadi ikutan panik juga. Gua ceritain apa yang jadi kekhawatiran gua dan gua berhasil mentransfer rasa khawatir gua ke dia. Kakak gua jadi ikutan panik dan kita berdua nangis bareng.

Sekitar jam 9, Ortu akhirnya datang. Ternyata mereka kejebak banjir dan harus keliling cari jalan buat sampai rumah. Saat ortu sampai ke rumah, posisi pintu depan rumah, gua buka lebar-lebar. Gua mikir kalau ada hantu yang nongol, gua dan kakak gua bisa langsung ngacir keluar tanpa perlu buka pintu.

Sungguh pemikiran yang jenius dari anak berusia 7 tahun.

Sejak kejadian itu, gua selalu dihinggapi rasa takut yang luar biasa setiap Ortu gua pamit pergi. Gua pasti nangis dan menahan salah satu dari mereka buat gak pergi. Gua pernah melakukan 1 hal yang asli konyol banget. Jadi di suatu hari Ortu gua pergi lagi berdua dan hampir Magrib mereka belum juga pulang.

Ketakutan gua mulai muncul apalagi di saat itu, lagi ada heboh berita tentang kuntilanak di lapangan deket rumah gua. Kebetulan di lapangan rumah gua itu dijadikan tempat buat motong sapi dan kambing pas hari raya Idul Adha dan gak tau siapa cecunguk yang sebarin berita katanya di lapangan itu sering ada 3 kuntilanak jongkok sambil jilatin darah bekas kurban.

Makin takutlah gua. Dalam ketakutan itu, gua telpon Kakaknya Nyokap suruh datang ke rumah gua. Mungkin karena iba denger suara gua yang ketakutan, Tante ama Paman gua datang ke rumah gua buat nemenin gua dan kakak yang ketakutan.

Mereka datang barengan Ortu gua yang baru sampai ke rumah. Dan hasilnya sudah bisa ditebak, gua dimarahin Nyokap karena dianggap nyusahin orang, suruh datang ke rumah Malam-malam. Hahahahahahaha

................................................................................

Sewaktu gua masih kelas 5 SD, SD gua di Santo Yusuf Jalan Bengawan (sekarang jadi Santa Ursula namanya) dihebohkan dengan fenomena Mr. Gepeng. Gua gak tau gimana asal muasalnya tapi ada desas desus yang bilang kalau WC di sekolah gua ditungguin ama Mr. Gepeng. Kalau mau ketemu ama Mr. Gepeng ada caranya, caranya yaitu lu harus ketuk pintu 3x, mundur 2 langkah, ketuk 3x terus buka pintu.

Dan tara, Mr. Gepeng bakalan ada di depan pintu lu dan lu boleh mengajukan permintaan ke Mr. Gepeng. Semua syarat lu bakal dikabulkan tapi lu harus menyediakan tumbal ke Mr Gepeng.

Disaat fenomena Mr Gepeng lagi merebak, gua lagi pengen banget punya Console SEGA. Gua sempat mikir, apa gua minta aja gitu ya ke Mr. Gepeng? Terus tumbalnya, gua pilih aja temen sekelas gua yang nyebelin? Tapi ternyata ada aturan lain, aturannya adalah yang bisa dijadikan tumbal adalah saudara sendiri dan gak bisa orang lain. Gua urungkan niat gua ngedenger syarat itu karena kalau Kakak gua yang jadi tumbal, nanti siapa yang ngerjain PR matematika ama buatin prakarya gua *picik*

Fenomena Mr. Gepeng di SD gua ternyata membuat kehebohan yang lumayan luar biasa. WC di SD gua mendadak jadi sepi, anak-anak lebih milih nahan kencing dibanding harus pipis di WC sekolah. Pernah di 1 hari, ada temen gua si Hari kelas 5 SM (untuk membedakan kelas, di SD gua disebutnya SY dan SM kalau di sekolah lain kayak kelas 5A dan 5B) lari dari WC dengan kondisi 'itu' dia masih keluar dari celana. 'Itu' = Penis.

Kencing dia bertebaran dimana-mana dan ketika ditanya, dia bilang kalau dia baru liat Mr. Gepeng di lubang urinoir (itu loh lubang buat pembuangan FESES alias TINJA). Namanya anak kecil ya, berita ini langsung ditelan mentah-mentah dan mayoritas anak percaya dong.

Gua sempet mikir, jorok banget si Mr Gepeng diemnya di lubang urinoir, tiap hari kejatuhan air kencing dan feses. Btw, dalam bayangan gua Mr Gepang itu bentuknya gepang dan mukanya rata. Gua yakin semua temen gua di SD punya bayangan sendiri tentang definisi Mr Gepeng tapi di pikiran gua, Mr Gepeng itu bentuknya gepeng dan muka rata.

Kehebohan Mr. Gepeng masih berlanjut sampai 2 bulan kedepan. Sekarang lebih bombastis lagi beritanya karena ada kabar yang bilang kalau beberapa anak ditelpon ama Mr. Gepeng dan dibilangin kalau mereka gak akan bisa bangun lagi setiap nerima telpon dari Mr. Gepeng.

Dan ini nih yang paling goblok, setelah berita itu merebak, rumah gua dapet telpon dong dari 'Mr. Gepeng'. Bukan buat gua tapi buat Kakak gua (Gua dan Kakak gua kebetulan emang 1 sekolah dan di kelas dia fenomena soal Mr Gepeng juga luamayan ramai dibahas).

Suara misterius dari ujung telpon bilang kalau gua dan kakak gua pernah ngencingin Mr Gepeng di Toilet sekolah dan karena kesel dikencingin, dia bilang kalau nanti Malam mau ngedatengin gua ama Kakak.

HEY MR GEPENG, MANA GUA TAU KALAU AIR KENCING GUA KENA MUKA LU!

Lu bayangin ajalah, gua anak kelas 4 SD dan Kakak gua kelas 5 SD dapet telpon gitu. Yang ada, gua dan Kakak mengalami rasa takut yang luar biasa. Gua belum mencapai fase dimana gua bisa berpikir "Emang hantu bisa nelpon manusia ya?'. 

Ortu gua yang sudah bisa berpikir rasional, bilang kalau itu kerjaan temen yang iseng. Omongan itu tidak cukup untuk menenangkan hati gua dan Kakak yang YAKIN kalau itu Mr Gepeng bakalan datengin gua dan Kakak gua di tengah malam.

Saking takutnya, gua dan kakak gua kompak untuk bahu membahu saling menyelamatkan satu sama lain dari Mr  Gepeng. Pas mandi sore, kita gantian berjaga dan pintu kamar mandi dibuka lebar-lebar. Jadi kalau suatu ketika Mr Gepeng datang menyerbu, kita berdua bisa saling menyelamatkan.

Gak apa-apalah mandi bugil sambil ditontonin Kakak yang penting kita berdua selamat dari kebengisan Mr. Gepeng. Di Malam harinya, kita pun tidur barengan sambil berpelukkan untuk mengantisipasi kemunculan Mr Gepeng.

Terus, apakah Mr Gepeng pernah muncul? Sampai gua menulis postingan ini, Mr Gepeng gak pernah menunjukkan mukanya ke hadapan gua.

..............................................................................................

Beranjak dewasa dan disaat gua sudah bisa berpikir rasional, gua gak jadi penakut lagi. Gua biasa ditinggal sendirian di rumah, tidur sendirian dan kalau kalian baca postingan gua 2 tahun lalu sebelum gua pindah rumah, gua tulis kalau selama hampir 2 Minggu gua tidur sendirian di rumah gua yang lama yang sudah kosong melompong.

Gak berarti gua jadi skpetis sih tapi belajar dair fenomena Mr Gepeng pas waktu gua masih SD, setiap ada cerita-cerita mistis, gua senyumin ajalah. Gua yakin rasa takut itu datangnya dari diri sendiri, kalau kamu bawa santai pasti rasa takut itu hilang sendiri.

Contohnya kayak nonton film horror. Jujur, kalau lagi nonton film horror itu gua sering tutup mata, bukan takut tapi ngagetinnya itu loh yang malesin. Dan setelah film berakhir, ya sudah gua lupa dan menjalani hidup seperti biasa lagi bukan yang jadi parnoan dan jadi kebawa mimpi apa gimana gitu.

.........................................................................

Belum lama ini, temen gua si Arya ngajakkin gua masuk ke wahana rumah hantu. Di salah satu Mall di Bandung di daerah Sukajadi, lagi ada wahana rumah hantu, Harga tiket 25rb dan dengan 25rb kalian bisa masuk ke wahana rumah hantu itu.

Satu-satunya wahana rumah hantu yang gua masukkin itu di Trans Studio Bandung dan itu pun gak serem. Dan bukan jalan ya tapi naik kereta jadi kalau kamu takutm ya tinggal nunduk aja ampe garis finish. Sampai deh.

Gua rada kepo sih dengan wahana rumah hantu yang model gini. Yang kita 1 rombongan berjumlah 6 orang masuk dalam rumah hantu sambil berjalan kaki. Temen gua si Rizky Agustian yang diajak buat barengan ke rumah hantu cerita ke gua kalau dia pernah masuk ke rumah hantu di Cimahi dan dia bilang "NGERI BANGET SAN". Sendal dia ampe copot dan crew rumah hantu keluar bawain sendal dia yang copot. Takut iya, Malu juga iya.

Arya juga cerita kalau dia pernah ke wahana rumah hantu di jakarta yang bentuknya kayak di dalam kereta gitu. Dia bareng temennya dan saking seremnya, temennya lari nabrak pintu sampai jebol dong.

Anjir, seserem itukah wahana rumah hantu? Dua cerita dari Rizky dan Arya cukup membuat gua ciut apalagi ini kita jalan kaki ya bukan naik kereta kayak di Trans Studio Bandung. Satu sisi gua penasaran tapi satu sisi gua jadi parno juga ya.

Kita janjian hari Rabu siang ke PVJ buat masuk ke rumah wahana rumah hantu itu. Kita berlima dan pas otw kesana sih kita berdua masih bisa hahahah----hihihihi tanpa kita gak tau itu wahana seserem apa sih.

Setelah muter, kita nemu wahana itu. Dekor depannya dibuat gelap dan horor. Si Rizky mendadak ngomong "Eh, gua gak ikut masuk gak apa-apa ya?" Mendadak dia jadi ciut nyalinya. Nyali gua juga sebenarnya udah mulai ciut tapi dibanding gua dibully "Nontonnya SmackDown, badan udah gede kayak pegulat SmackDown tapi masuk gini doang takut lu", gua memberanikan diri buat masuk.

Harga tiket 25rb dan disaat kita ngantri ada 2 anak yang mau ikutan (1 kelompok batasnya 7 orang). 2 anak ini laki dan perempuan. Yang laki masih SD kelas 5-6 dan yang cewek kalau dari seragamnya masih SMP. Ini ya si cewek SMP biar masih SMP, benih-benih cantiknya sudah terlihat dari sekarang. 5 tahun lagi dijamin jadi cewek populer dan karena ada si cewek SMP ini nyali gua jadi naik lagi, ehehehehe.

"Cici takut nih. Kamu aja ya yang masuk sendiri" kata si cewek ke adeknya

"Udah gak usah takut, ada kita kok. Kalau kamu takut, kamu di belakang aku aja" kata gua SOK HERO. Mirip si Kentung yang sedang menenangkan hati si Ucil di Sinetron Tuyul & Mbak Yul. Halah

Kita disuruh berbaris dan orang yang posisinya di depan disuruh megang semacam glow stick buat penerangan. Suasana emang gelap banget dan dibikin horor. Ada bau kemenyan dan lagu lengsir wengi (lagu buat manggil kuntilanak). Makin sempurna deh buat para penakut.

Sebelum masuk kita dikasih rules, rules-nya adalah kita gak boleh lari karena membahayakan dan gak boleh ada kontak fisik dengan hantu di dalam. Petugasnya menekankan kalau HANTU di dalem pun gak bakalan kontak fisik ke kita. Oh ya, kita harus berjalan berbaris dan gak boleh berubah sepanjang perjalanan. Waktu yang diperlukan di dalam sekitar 5-6 menit saja.

Awalnya gua ada di posisi paling belakang tapi begitu petugasnya bilang kalau posisi paling belakang itu posisi paling ngeri, gua langsung pindah ke tengah barisan. Posisinya kini berubah, si cewek SMP yang gua bilang bakalan gua jaga kini posisinya malah di paling belakang. Di depan dia ada adiknya dan depan adiknya ada gua. Depan gua ada si Rully. Oh ya si Arya di baris paling depan.

Oh ya sebelum pergi ke wahana ini, si Arya sudah nyiapin gigi vampire buat balik nakutin hantu. Tau gak gigi vampire yang warna putih yang dijual di depan SD itu loh. Ini orang niat banget, beli buat nakutin hantu di dalem -_-

Petugas memukul gong tanda permainan akan segera dimulai. Dia bilang di dalam itu seperti labirin dan kita harus cari jalan supaya kita bisa keluar. Ngedenger kata 'labirin', otak gua langsung keingetan film Maze Runner dimana sekelompok anak muda yang ganteng-ganteng (kayak kita, uhuk) terjebak dalam labirin dan mereka harus cari jalan keluarnya.

Kok gua jadi makin ngeri ya? Gimana kalau kita gak nemu jalan keluarnya? Ah karena sudah terlanjut yang penting masuk aja dulu deh.

Kita mulai berjalan beriringan, gua pegang pundak si Rully dan si Coro (adik si cewek SMP) pegang pundak gua sambil nunduk.

Kita jalan perlahan, dan belum juga jalan ada kepala nongol dong dari samping gua. Sambil teriak dia teriak "Uwaaaaaaa". Si cewek SMP jerit kaget "Ahhhhhhhh", gua dengan sok hero bilang "Tenang dek, tenang dek, gak usah takut"
 
Si Sani, masih sempat aja tebar pesona deh, ahahahahaha.

Kita muter-muter di tempat yang dibilang 'labirin' itu. Para hantu ngagetin doang kerjannya misalnya munculin kepala tiba-tiba atau teriak tiba-tiba. Gua inget hantunya ngomong gini "Ngapain masuk kesini woy" ama "Tarik kupingnya-tarik kupingnya"

Harusnya gua jawab gini pas dia nanya "Ngapain masuk kesini woy", "Kalau gua gak masuk kesini, lu gak dapet gaji woy"

Ada satu aturan yang dilanggar oleh si hantu. Kan katanya gak akan ada kontak fisik eh tapi si cewek SMP bilang ke gua kalau kakinya dipegangin ama si hantu.

Dasar hantu cabul jir, dalam gelap tau aja mana yang bening. Dari 6 cowok gak ada yang disentuh, eh giliran yang cakep dipegangin kakinya. Kan nyebelin ya.

Ternyata bener apa yang dikatakan ama petugas di depan kalau posisi belakang adalah posisi paling jackpot karena pas gua intip ada hantu kuntilanak yang ngikutin persis di belakang dia. Jaraknya deket banget dan cukup bikin si cewek SMP jadi panik. Belum lagi ada kepala yang suka nongol tetiba dari balik tirai. Si Coro (adik si cewek) megang pundak gua kenceng banget, keliatan kalau dia takut luar biasa.

Kita berputar-putar dan gak kerasa sudah hampir nemu pintu keluar. Menjelang keluar, hantu-hantu bermunculan dari balik tirai dan teriak-teriak "Awas hey jangan kesini lagi" atau "Tarik kupingnya hey"

INI APAAN SIH dan begitu keluar dari rumah hantu dan yang ada di otak gua adalah "CUMA GINI DOANG?"

"Ki, lu ngerasa gak kita kayak sedekah 25rb" tanya gua ke Rizky

"Iya njir, cuma gini doang. Jauh ama yang di rumah hantu Cimahi yang waktu itu"

Arya yang sudah berpengalaman memasuki wahana rumah hantu juga bilang kalau dekornya kurang oke dan beda ama yang dulu dia pernah masukkin.

"Gimana kalau kita masuk ke rumah hantu beneran? Kayak ambulance hantu atau rumah kentang di Jalan Riau" tanya Arya.

Gua tidak menjawab pertanyaan itu dan perlahan berjalan meninggalkan Arya sendirian.