Jumat, 27 Oktober 2017

Kenangan 10 Tahun

Gua gak tau ini kelebihan atau bukan, tapi kalau boleh kasih penilaian ke diri sendiri, gua punya daya ingat yang sangat baik.

Hampir semua kenangan yang pernah terjadi ke hidup gua sampai sekarang gua masih ingat detilnya. Kalau suatu hari nanti kita berkesempatan ketemu dan sebelum itu kita pernah ketemu, gua yakin masih ingat kita ketemu dimana, kita ngelakuin apa, kita obrolin apa, kita nongkrong dimana, dan apa menu yang kamu pesan.

Kalau kebetulan kita bertemu dan gua pasang muka lupa atau bingung, gua jamin itu gua cuma lagi akting aja. Hahahahaha

Setiap lagi kumpul bareng temen, gua sering cerita-cerita lama yang lucu dan reaksi mereka terutama si Ambu pasti ngomong gini "Anjir masih diingat ajalah" atau "Gua aja udah lupa, lu masih ingat aja".

Kalau reaksi Kakak gua beda lagi, dia pasti ngomongnya "Gua aneh ama lu deh, giliran yang kayak gini diinget tapi napa rumus matematika gak pernah lu inget".

Hmmm, iya juga ya. Kenapa giliran rumus malah gak pernah gua inget tapi giliran yang ginian malah keingetan terus.

Beberapa orang pernah nanya ke gua tentang postingan di blog gua. Mereka heran karena gua bisa menulis detil kejadian sampai runtutan obrolan. Gua menulis ya karena memang gua inget dan emang itu kejadiannya.

Sebagian besar dari kalian mungkin sudah lupa tentang kejadian atau kenangan di masa kecil tapi sampai sekarang gua masih ingat betul kenangan gua masih kecil. Gua masih ingat ketika gua tenggalam di kolam renang terus ditarik ama Ibu yang gua gak kenal, gua masih ingat detil waktu tangan kiri gua patah karena gua lompat dari jungkat jungkit sampai gua masih ingat betul waktu samping bibir gua harus dijahit karena sobek.

Kalau kalian perhatiin, bibir baginan kanan gua ada bekas jahitan yang lumayan panjang. Temen gua yang ASU bully gua kalau gua pernah operasi bibir sumbing dan itu bekas gua dioperasi karena pas gua lahir, bibir gua dibilang SUMBING.

Ini tuduhan yang sangat keji karena gua lahir normal dan gak SUMBING. Gua inget yang pertama bully gua SUMBING itu temen gua si Mei (nama disamarkan) pas SMP. Semoga orangnya gak baca deh post ini.

Orangnya emang rada aneh sih kalau gua bilang, sukanya menyendiri dan kalau lagi duduk suka gak dijaga (keliatan sana sini). Kalau cantik sih gak apa tapi ya ini, ya gitulah.

Si Mei ini suka gua bully dengan julukan 'Sanchai' itu loh nama pacar si Tao Ming Tse di serial F4. Eh bagus-bagus gua puji 'Sanchai', malah gua balik dibully SUMBING.

Gua masih ingat detil kenapa bibir bagian kiri gua sampai harus dijahit. Kejadiannya ini waktu gua umur 5 tahun dan kakak gua 6 tahun. Di suatu siang, gua dan kakak gua lagi main perang-perangan sambil buka baju.

Baju itu kita jadiin senjata buat mukul satu sama lain tapi karena lagi sial, eh baju kakak gua malah nyangkut ke gelas dan gelas itu jatuh pecah. Sialnya, pecahan itu kena bagian bibir gua.

Awalnya biasa aja, tapi ada yang aneh dengan muka kakak gua. Dia kayak ketakutan gitu dan bilang "De, de itu bibirnya kenapa" Gua pegang bibir gua dan tangan gua langsung bersimbah darah sampai baju gua sudah merah karena ketesan darah.

Gua usap-usap bibir gua buat ngilangin darah karena saat itu gua lebih takut dimarahin Nyokap gua. Tapi tidak berhasil karena darah terus ngocor. Kakak gua masuk kamar dan bangunin Nyokap gua, gua inget dia ngomong gini "Ma bangun Ma. Si Dede Ma"

"Si Dede kenapa" tanya Nyokap

Kakak gua gak ngejawab karena takut dan Nyokap gua langsung keluar kamar, liat gua lagi usap-usap bibir gua yang darahnya makin deras mengalir. Tanpa pikir panjang, nyokap gua langsung ambil kain buat ngegendong gua terus Kakak gua dititip ke tetangga.

Nyokap gua lari ke depan ke tukang becak dan itu kain buat gendong gua sudah merah semua kena darah gua. Gua dibawa ke RS Santo Yusuf masuk UGD. Gua masih ingat dengan detil ketika Dokter bilang gua harus dijahit dan gua liat Suster sudah nyiapin jarum. Disitu gua meraung-raung nangis karena takut tetapi setelah itu gua gak inget apa-apa lagi (kemungkinan besar gua dibius jadi tidur).

Sampai sekarang bekas jahitan itu masih ada dan menjadi pengingat gua kalau gua ternyata nakal waktu masih kecil. Ahahahahahah

................................................................................................

Gua mau ambil contoh 1 cerita lagi yang gua yakin orangnya pun sudah lupa dengan kejadian itu. Ini kejadiannya waktu gua masih kelas 5 SD. Gua punya temen namanya Ignatius Patranegara, dipanggilnya Aprian. Rumah di Taman Cibaduyut Indah dan nomor telpon rumahnya 022-54014414 (gua dulu sering nelpon nanya PR jadi inget).

Aprian ini pintar, selalu masuk 5 besar waktu SD. Beda dengan gua yang gak pinter dan selalu terhempas di kisaran 20-30 besar. Gua ama dia lumayan deket jadi kenal banget kebiasaan dia. Salah satu yang paling mencolok adalah pas jam istirahat. Kalau istirahat, yang gua lakukan adalah makan bekel dari rumah dan kalau gak dibawain bekel, gua biasa jajan nasi kulit ayam di kantin. 2rb aja sudah kenyang atau malak ke si Diana yang waktu SD jajannya banyak karena dia anak orang kaya, ahaha.

Beda dengan si Aprian. Kalau lagi istirahat, dia pasti ada di Perpustakaan, duduk lesehan baca buku ensiklopedia atau tentang luar angkasa. Obroalnnya pun berat banget. Kalau ngobrol ama Aprian, dia sering ngomongin soal pengisian bahan bakar di luar angkasa sampai ngomongin pesawat ulang aling.

Ya lu bayangin ajalah, gua anak kelas 5 SD yang hobbynya nonton 'Minky Momo' di RCTI sekarang diajak ngobrol soal pengisian bahan bakar di luar angkasa -_-

Beberapa orang nganggep si Aprian rada weird karena dia suka menyendiri, ngomong sendiri terus jalan tanpa tujuan pas di sekolah. Jadi kalau lagi gak di Perpustakaan, si Aprian ini sering jalan-jalan sendiri di seputaran sekolah. Jalan tanpa tujuan sambil ngomong sendiri. Rada aneh gak sih?

Oot dikit, gua juga hampir setiap hari ngomong sendiri. Tapi bedanya dengan Aprian, gua gak pernah ngomong sendiri kalau lagi banyak orang.

Kalau gua lagi di kamar, toilet, atau lagi berkendara itu gua PASTI ngomong sendiri. Biasanya gua ngomong sendiri itu untuk 3 hal, pertama gua lagi mengingat sesuatu, kedua gua sedang menyemangati diri sendiri, dan ketiga gua sedang buat kerangka tulisan.
 
Semua penulisan gua itu pasti gua buat dulu kerangkanya sebelum gua implementasikan dalam bentuk tulisan. Kerangka untuk pembuka, masalah, dan penutup jadi gak bisa sembarangan kalau gua nulis. Semuanya sudah gua siapkan dan salah satunya ya itu kalau gua lagi ngomong sendiri di jalan.

Nyokap gua adalah orang yang paling sering protes kalau ngedenger gua lagi ngomong sendiri, dia pasti nanya "De, lagi ngomong ama siapa?" atau "De, kamu ketawa ama siapa?" atau "De, kok kamu nyeremin sih ngomong sendiri" Iya ya, gua pikir-pikir serem juga ya buat yang ngeliatnya, ahahaha.

Balik lagi ke Aprian,

Nah ada 1 kejadian pas gua masih kelas 4 SD yang sampai sekarang gak mungkin bisa gua lupain. Menurut gua ya, ini asli lucu banget. Jadi saat itu kita lagi olah raga dan lagi giliran yang perempuan yang main. Kalau perempuan yang olah raga, yang laki ya nepi dulu nunggu giliran.

Nah pas lagi nunggu itu, si Aprian kumat lagi ke kebiasannya. Jalan-jalan tanpa tujuan sambil ngomong sendiri. Yang lain sih udah acuh ya tapi gua perhatiin aja si Aprian mau ngapain. Dia jalan sambil ngomong sendiri dan kayak lagi berpikir keras. Gak tau mikir apaan, apa dia mikir apa SPBU Pertamina bisa bikin cabang di luar angkasa buat ngisi bahan bakar pesawat luar angkasa gitu ya?

Tapi kok ada yang aneh, si Aprian ini malah jalan ke pojokkan ke kelas 4 SD. Itu kelas yang gua dan Aprian tempatin pas gua masih kelas 4 SD (saat itu gua sudah kelas 5 SD). Dan ini yang paling GOBLOK dong, si Aprian MASUK ke kelas 4 dan gua liat dari kejauhan dia jalan ke bangku dia di kursi nomor 2 dari depan.

Gua bengong, ini si Aprian ngapain Njir. Gua kasih tau temen gua si Steven dan dia juga heran, si Aprian ngapain masuk ke kelas 4. Apa ada adik kelas yang dia taksir terus dia mau menyatakan perasaan gitu? Gak deh kayaknya. Semua murid menatap dia dan dalam hitungan detik, Aprian keluar cepet dan mukanya merah karena MALU.

Pas dia keluar, gua denger anak kelas 4 SD langsung ribut, mereka pasti langsung mikir "Ini si Goofy (anjingnya Miki Mouse) ngapain masuk ke kelas gua woy!"

Di depan Aprian gua langsung ngakak ketawa gak habis-habis. Sampai sekarang tiap gua inget kejadian ini, gua pasti langsung nyengir sendiri. Ngebayang muka si Aprian pas keluar karena salah masuk kelas. lol

Eh Aprian, masih inget gak kejadian ini?

.....................................................................................

Tapi dari semua hal yang gua inget, buat gua tahun 2007 adalah tahun yang paling berkesan buat gua. Dibilang berkesan sih sebenarnya biasa aja tapi di tahun itu gua sudah mulai berpikir, setelah ini semua, gua mau ngapain buat kedepannya?

Banyak hal yang gua inget di tahun itu. Gua ingat pas gua ulang tahun, 3 temen gua si Banu, Dedi Gembrot dan Ambu datang ke rumah gua maksa minta ditraktir.

Kalau temen sudah datang gini, masak gua usir padahal uang lagi ngepas tinggal 56rb di dompet. Gua traktir makan 'Pizza' di Antapani. Catat ya 'Pizza' bukan 'Pizza Hut', Harganya 40rb 1 slide dan dengan minum pas 50rb.

Udah duit mepet, si Dedi Gembrot merajuk minta nambah kentang goreng yang harganya 5.500 dan sisa duit gua tinggal gope doang di dompet gara-gara nraktir ini. Udah mah ditraktir, gak kasih hadiah apa-apa dong cuma bawain 1 muffin yang ditancepin lilin. Lilin bekas ulang tahunnya adiknya si Banu lagi. Syetan.

Gua masih ingat gimana senengnya gua ketika tulisan gua dimuat dan gua dapat hadiah MP3 (sampai sekarang MP3 itu mash tersimpan rapih dan gak pernah gua buka dari bungkusnya). Gua masih ingat ketika betapa senengnya gua dapat honor nulis dan gua masih ingat ketika di suatu hari, Nyokap gua minta semua karya tulis gua dan semuanya dilaminatin ama Nyokap. Dia bilang, semua orang punya potensi, gak usah minder ama orang, buktiin kalau kamu bisa lebih dari mereka.

Kalau kalian berkesempatan datang ke rumah gua, setengah hasil tulisan gua yang dilaminatin oleh Nyokap gua tempel di tembok di ruangan kerja gua. Tiap gua liat, gua selalu teringat dengan perkataan Nyokap gua kalau kita semua punya potensi diri dan jangan pernah minder dengan orang lain.

Kamu belum tentu bisa jadi seperti aku, aku belum tentu bisa jadi seperti kamu. Kita semua punya kelebihan masing-masing.

Tapi ada 1 momen di tahun 2007 yang gak pernah gua lupain sampai sekarang. Kejadiannya di suatu malam, dimana gua sekeluarga lagi pergi ke undangan pernikahan.

Awalnya sih gak ada masalah tetapi di pertengahan jalan, Nyokap gua ngomong gini "Ya ini kali terakhir kita pergi barengan naik mobil ya" kata Nyokap gua sambil bergetar.

Suasana hening, tidak ada yang merespon omongan Nyokap. Gua tengok kakak gua dia hanya menghadap keluar kaca tanpa ekspresi. Gua pun melakukan hal yang sama menghadap ke kaca yang berlawanan dengan kakak sambil membuat guratan-guratan tidak penting di jendela.

Gua gak banyak nanya tapi gua tau, mobil ini harus dijual. Keuangan memang lagi mepet karena Kakak gua kuliah di salah satu Universitas Swasta ternama dan biayanya besar sekali dan cukup membuat Ortu gua keteteran. Bukan keteteran tapi sangat keteteran dan menjual mobil menurut gua adalah langkah yang harus diambil untuk memperpanjang nafas.

Gua diam saja seolah biasa saja (gua paling jagoan deh dalam soal menyembunyikan perasaan) meskipun hati sebenarnya sedih karena Bokap gua pernah bilang kalau Mobil itu buat gua kalau gua sudah bisa nyetir. Gua kecewa, gua sedih tapi gak bisa ngapa-ngapain. Di dalam mobil, di suasana yang hening itu gua bersumpah, ehm mungkin bukan bersumpah sih tapi lebih ke bertekad kalau gua bakalan beli mobil sendiri, dll. Saat itu, gua bertekad akan mengejar mimpi gua, gua bakalan bikin ini itu, bakalan punya ini itu, bakalan nulis disana-disini. Kalau saat itu gua ceritain tentang mimpi-mimpi gua, gua yakin deh bakalan diketawain ama Nyokap gua. Pasti

10 tahun berlalu, di saat gua lagi sendiri di kamar. Gua jadi teringat lagi dengan kejadian 10 tahun silam di tahun 2007 itu. Dan ternyata hampir semua mimpi gua terwujud. Gua gak bakalan cerita apa aja yang kewujud entar takut dianggap riya. Kata Pendeta gua di Gereja, jawaban doa itu cuma 3. Iya artinya Tuhan berikan yang terbaik buat hidup kamu. Tidak artinya Tuhan bakalan memberikan yang lebih baik dari apa yang kamu minta dan Tunggu artinya Tuhan hanya meminta kamu bersabar buat jawaban dari doa kamu.

Mungkin saat gua berdoa, Tuhan hanya meminta gua buat menunggu. Waktu Tuhan tentu berbeda dengan waktu kita. 10 tahun bukan waktu yang sebentar dan ternyata sampai sekarang gua baik-baik saja.

Salah satu mimpi gua di tahun 2007 adalah gua harus bisa nulis di Tabloid BOLA dan Majalah HAI. Bisa dibilang itu adalah goal dan ambisi pribadi buat gua.

Di tahun ini terjawab, gua sekarang punya rubrik sendiri di Tabloid BOLA dan gua pun rutin nulis soal WWE di Majalah HAI.



Yang paling membanggakan buat gua adalah isi tulisan gua nyaris gak ada yang diedit sama sekali dan itu berarti standar penulisan gua sudah sesuai standar Kompas Group. Yang harus diubah mungkin hanya judul agar menarik perhatian pembaca buat ngeklik tautan. Jadi jangan heran kalau misalnya kalian dapet judul artikel yang bombastis misalnya gini "Fakta soal Stefanus Sani, nomor 8 bakalan bikin kamu GAK PERCAYA"

Terus karena kamu kepo, kamu klik artikel itu dan pas baca nomor 8, faktanya cuma gini "Stefanus Sani ternyata menyukai jajanan SD. Dan jajanan SD favoritnya adalah Telor Gulung dan Cimin (Cireng Mini)"

....................................................................

Di suatu siang, gua bareng Bokap, Nyokap dan Kakak lagi berkendara Mobil. Bokap gua yang nyetir dan ini adalah hari besar karenan Kakak gua mau lamaran dengan calon istrinya.

Posisinya masih sama, bokap yang nyetir, nyokap duduk di depan, kakak di kiri dan gua di kanan. Kakak gua lagi menatap keluar jendela mungkin dia sedang menghilangkan tegang untuk menjalani prosesi lamaran. Gua sih biasa aja ya. Dalam suasana yang hening itu, Nyokap gua ngomong hal yang sama dengan yang dia omongin 10 tahun lalu. Gua gak tau ini sekedar kebetulan atau gimana, Nyokap ngomong "Mungkin ini kali terakhir kita bisa pergi bareng berempat ya"

Iya, benar karena setelah kakak nanti menikah mungkin bakalan susah ya kita bisa pergi bareng berempat lagi seperti sekarang. Tapi gak apa-apa, gua bisa merasakan ada nada kebahagiaan dari kalimat getir itu.

Berbeda dengan dulu :)

NB: Postingan ini sebenarnya mau gua post di hari ulang tahun gua di bulan November nanti tapi berhubung di hati itu gua gak bakalan bisa nulis, jadi gua post sekarang. Have a great Day!

Sabtu, 14 Oktober 2017

Ke Trans Studio Bandung

Buat yang kenal dekat dengan gua pasti tahu banget, kalau gua adalah orang sangat menghindari pertemuan yang mengharuskan gua bertemu dengan banyak orang.

Gua jarang datang ke undangan orang atau misalnya ada kabar duka, sebisa mungkin gua gak datang. Bukannya gua sombong atau gak mau menghargai undangan tapi gua memang benar-benar tidak menyukai momen dimana gua harus bertemu dengan banyak orang.

Salah satu contohnya adalah ketika Kakak gua diwisuda, gua gak datang dan lebih milih di rumah, baca komik. Alasannya apa? Ya itu tadi, gua gak mau ketemu dengan banyak orang + gua emang gak suka berada di tempat keramaian.

Gua sedikit berbeda dengan yang lain, kalau yang lain biasanya hang out itu di hari libur atau weekend, di hari itu gua malah lebih milih di rumah atau bantu-bantu di Warung Darurat.

Selain tidak suka tempat ramai, gua juga kurang suka berpergian jauh-jauh apalagi belakangan ini entah kenapa gua mabok mulu. Pernah dari rumah gua di Antapani, gua mau pergi ke Kosambi. Itu kan deket banget ya dan itu jalanan yang setiap hari gua lewatin kalau naik motor. Eh giliran gua naik mobil, gua mabok dong. Maboknya juga bukan mabok yang biasa tapi mabok yang bikin perut muter, pusing dan pengen muntah.

Memalukan.

Tapi bukan berarti gua jadi anak yang freak, yang suka menyendiri dan asyik dengan kehidupannya sendiri. Gua bergaul dengan banyak orang, gua suka berpegian atau main kemana gitu tapi yang membedakan adalah gua berpergian disaat kalian sedang sekolah atau bekerja, hehe. Iya, gua datang ke tempat main pas jam kerja/sekolah biar suasanya sepi dan nyaman + romantis kalau bawa ciwi, ihihihihi.

......................................................................................

Beberapa Minggu yang lalu, gua pergi ke Trans Studio Bandung (TSB) di daerah Gatot Subroto. Gua pergi dengan 3 teman gua yaitu Arya, Rendy, dan Rully. Kita pergi di hari Selasa Pagi dan gua yakin suasana pasti sepi karena bukan hari libur. Perkiraan gua gak salah, suasana TSB lagi sepi dan musuh terbesar adalah anak-anak SD/SMP dari daerah yang lagi karya wisata. Ini anak biar kecil tapi banyak jadi lumayan nyusahin juga bikin antrian jadi panjang *jahat*.

Ini adalah kali ketiga gua pergi ke TSB, setelah tahun 2011 bersama temen gua si Dominikus Panu eh Banu dan 2014 bareng Dedi Gembrot. Semuanya ada kesamaan, kesamannya yaitu tadi, gua pergi selalu di jam orang kerja/sekolah biar santai. Gua sedikit kepo, setelah 3 tahun gak kesini apa ada perubahan gak ya? Apa sekarang mbak-mbak yang bertugas di depan makin cantik terus menyambut kita pake bikini gitu eh maksudnya menyambut kita dengan hal special apa gitu.

Buat kamu yang keuangannya mepet, disarankan untuk bawa makanan sendiri dari rumah karena harga makanan disana mayan mahal. Ambil contoh Bakmie Mewah iya itu Bakmie yang katanya pake daging asli dibandrol dengan harga 22.000 dan kalau mau ditambahin 3 toping (bakso, siomay) jadi 35rb.

Padahal harga Bakmie Mewah di Indomaret itu cuma 7rb doang dong -_-

Tapi sebelum masuk, kita pasti digeledah kan nah disini cerdiknya kamu diperlukan. Gimana caranya kamu buat selundupin makan tanpa ketahuan oleh petugas yang jaga.

Dulu di tahun 2011 & 2014 gua berhasil selundupin bekel tapi di tahun 2017 ini karena sudah lumayan, ya gak apa-apalah jajan di dalem, ahahahaha.

Tips lain dari gua adalah perhatikan jadwal show di TSB setiap harinya. Buat yang baru pertama kali ke TSB pasti yang ada di pikiran kalian buat cobain semua wahana kan? Itu salah, nyobain wahana mah sore aja karena sepi dan yakin bisa dicoba semua. Yang harus diperhatikan adalah jadwal show yang cuma diadakan 1x per harinya.

Show biasanya dimulai dari jam 12 siang, show pertama itu Magic Show (pertunjukkan sulap), dilanjut Sirkus di jam 1 siang, dan jam 2 ada Special Effect Show, sebelum ditutup dengan Karnaval jam 3 sore. Saran gua adalah jangan melewatkan semua show ini karena yang maen cantik-cantik dan enak dipandang, halah.

..........................................................................................................

Gua sedikit penasaran dengan Magic Show karena di tahun 2011 dan 2014, pas gua kesana belum ada pertunjukkan sulap ini. Ini sulap bakalan ngapain ya, apakah dia bisa nyulap muka temen gua si Arya biar lebih gantengan dikit?

Jam 12 tepat, Theater dibuka dan gua berempat masuk ke Theater buat nonton pertunjukkan sulap yang dimaksud. Sampai pertangahan, gua bilang ini sulap standar bukan yang bikin tercengang apa gimana gitu. Setelah 2x segmen, di segmen ketiga ini si pesulap ngajakkin penoton buat ikutan dalam pertunjukkan. Jadi ceritanya adalah si pesulap bakalan lempar bola ke arah penonton terus penonton yang dapat bola itu harus menyebut nama, asal kota, dan tanggal lahir. Setelah itu, penonton tersebut harus melempar bola lagi ke penonton lain dan yang dapat bola harus kasih tau nama, asal kota, dan tanggal lahir.

Si pesulap dengan gayanya yang seperti bisa ngeramal kapan kiamat datang bilang kalau dia sudah memprediksi siapa saja orang yang bakalan menangkap bola. Di depan dia ada kotak terkunci gembok dan dia bilang semua data orang yang menangkap bola sudah tersimpah rapih di kotak bergembok itu.

Bola dilempar dan aha, seorang cewek dapet bola itu. Cewek gendut namanya Meilinda asal Bekasi dan lahir di bulan Maret. Setelah si cewek gendut lempar bola ke arah belakang eh ketangkep dong ama si Arya.

"Iya silahkan sebutkan nama, kota dan tanggal lahir" kata pesulap dengan gayanya yang seolah bisa meramal kapan Trio Macan bakalan bereuni kembali.

"Nama saya Franky dari Manado, tanggal lahir 11 November"

"Saya eja ya, nama anda F-R-A-N-K-Y dan ada berasal dari Manado, lahir tanggal 11 November"

"Iya bener"

Bangke ini orang. Nama Arya doang ngakunya nama Franky, lahir bulan Oktober ngakunya November pas Hari Pahlawan pula. Kalau gua jadi pesulap, udah gua usir ini orang deh.

"Maaf, silahkan anda keluar saja dari ruangan ini ya. Muka anda tidak cocok kalau dikasih nama Franky, ada sudah membohongi saya". Itu kalau gua ya.

Setelah 2 orang menyebutkan data, kini giliran si pesulap buka kotak yang tergembok itu. Dia buka gembok dan aha, ada 2 kertas bolak balik. Isi kertas pertama adalah nama Meilinda, Bekasi, dan tanggal lahir dia. Tepat, persis seperti apa yang diucapkan si Mei sayang.

Dan kertas kedua, ketika dibaca adalah nama FRANKY, asal Manado dan lahir 11 November, persis seperti apa yang diomongin si Arya.

Nah, nah kalau kayak gini gimana? Nama asli Franky kan Arya, asal Duri dan lahir di bulan Oktober. Kalau misal si Arya pengen jadi bangsat, dia tinggal teriak "Woy, bego lu. Sini liat KTP gua, liat nama asli gua dan tanggal lahir gua! Sulap lu boongan"

Itu kalau si Arya jadi orang jahat ya, ahahahahah tapi dia cuma mengangguk dan membenarkan ucapan si pesulap yang sudah ketipu ama dirinya.

............................................................................................................

Salah satu wahana yang lumayan seru menurut gua adalah Wahana Marvel 4D. Jadi ini seperti kita lagi nonton bioskop 4D, kita dikasih kaca mata 3D dan kursi yang kita naiki bisa goyang-goyang. Kalau di layar keluar asap, maka di sekeliling kita bakalan keluar asap juga. Kalau di layar ada percikkan air maka kita juga bakalan kena percikkan air juga. Keren kan?

Film yang diputar ternyata berbeda dengan apa yang gua tonton di tahun 2011 & 2014. Ceritanya masih sama tentang superheroes Marvel kayak Iron Man, Thor, Spider-Man, dll.


Kita lewatkan dulu pembahasan filmnya karena ada satu hal yang bener-bener bikin gua penasaran dari gua pertama kali masuk ke Waha ini. Jadi gini, sebelum film diputar, Mbak yang berjaga bakalan kasih pengumuman "Dilarang keras untuk membuka sabuk pengaman karena jika ada salah satu dari kalian yang membuka sabuk maka pertunjukkan akan langsung berakhir"

Ini asli gua penasaran banget, apa bener masak iya kalau gua buka sabuk pengaman, langsung udahan gitu. Masak bener gitu?

Di 2x kunjungan gua ke TSB, gua belum punya keberanian buat melakukan hal itu. Tapi kali ini karena kadung penasaran gua mau coba lepas sabuk pengaman pas lagi nonton. Gua sudah ngomong ke si Arya dan dia bilang, ayo aja selama gak ketahuan.

Pas pertengahan film, pelan-pelan gua buka sabuk pengaman dan BENER DONG, layar langsung mati terus lampu langsung nyala. Eh ini bener karena gua lepas sabuk pengaman atau karena hal lain?

Mbak yang jaga keliatan marah, sambil pasang ekspresi kesel dia bilang gini "Saya kasih kesempatan sekali lagi buat menonton dan kalau masih ada yang nekad lepas sabuk pengaman maka pertunjukkan akan langsung diakhiri"

"Tolong ya itu jangan iseng, jangan mengganggu orang lain" kata si Bapak di ujung

"Iya tolong ya" kata si Arya kevret. Padahal orang di sebelah lu coy yang sudah kurang ajar ngelepas sabuk pengaman.

Kita mulai lagi dari awal dan di pertengahan karena mungkin filmnya gak seru, si Arya berbisik ke gua gini "San, gua juga jadi penasaran nih. Gua mau buka sabuk pengamanannya nih"

"Ya sok aja tapi jangan sampai ketahuan"

Dan lagi-lagi layar di depan langsung mati dan lampu langsung menyala tanda pertunjukkan sudah berakhir. Kesimpulannya adalah rasa penasaran gua selama ini terjawab sudah. Adalah BENAR kalau sabuk pengaman dilepas maka pertunjukkan akan berakhir saat itu juga. Dan itu BENAR terjadi, bukan sekedar lip service belaka.

"Anj*ng banget tuh orang yang iseng. Kalau sampai ketemu orangnya liat aja" teriak seorang Bapak di ujung.

"Dan sesuai yang saya katakan tadi karena masih ada yang nekad membuka sabuk maka pertunjukkan diakhiri dan jika masih ingin menonton silahkan mengantri lagi" kata si Petugas kesal.

Ok sip.

................................................................................................

Salah satu wahana yang paling bikin orang penasaran di TSB adalah wahana Dunia Lain. Jadi di wahana ini kita bakalan naik kereta melewati tempat-tempat seram di dalam wahana.

Kalau ditanya serem gak? Gua jawab, enggak. Gak ada serem-seremnya sih kalau misalnya kalian takut ya tinggal merem aja aja dari awal naik kereta sampai finish.

Wahana Dunia Lain di Trans Studio Bandung mengadopsi urban legend di Kota Bandung misal Ambulance Hantu Jalan Bahureksa, Patung Pastur yang katanya bisa ngedip matanya di Jalan Ambon, dll.


Jujur ya, kata gua malah lebih serem pas ngantrinya dibanding pas masuk ke wahananya karena pas antri suasananya dibikin serem. Lampu remang-remang dengan back sound yang mistis tapi pas naik, lah kok malah lucu ya.

Kalau kamu punya pacar penakut, kamu bisa keliatan keren di wahana ini. Kamu bilang aja ke pacar kamu "Asli serem banget disini, banyak yang kesurupan. Banyak penampakkan dimana-mana, banyak yang gak berani masuk!"

Tapi karena penasaran, si cewek pasti akan memaksa masuk dan endingnya selama perjalanan dia bakalan bersembunyi di dekapan kamu padahal di dalam gak ada serem-seremnya. Silahkan dicoba ya tipsnya.

Ternyata isi wahananya masih sama seperti di tahun 2011 & 2014, gak ada perubahan sama sekali. Dari visual pocong, suster ngesot, sampai ada lagu Lingsir Wengi (lagu buat manggil kuntilanak). Tapi ada satu yang benar-benar berbeda, biasa aja sih tapi ngangetin Njing.

Jadi pas mendekati finish, salah satu crew yang berpakaian jubah bakalan nongolin muka PERSIS di depan kita dan gembelnya ini crew setan ngangetinnya kedepan muka gua dong.

Gua lagi asyik tengok kanan kiri dan bersiap mau udahan. Pas gua lagi mau noleh ke depan, eh tiba-tiba itu muka crew setan udah di depan muka gua dong.

TAKUT SIH KAGAK, NGANGETIN IYA NJING

"Bang***, Anj***, Holly Sh*t" semua kata kasar keluar dari mulut gua saking kagetnya. Bangke, bangke untung gua dalam posisi lagi ama temen gua yang cowok. Kalau misalnya pergi ama pacar, Image gua yang cool dan kalem langsung hancur gegara dikagetin crew setan tadi.

........................................................................................................................

Ada banyak wahana Extreme di TSB tapi dari semua wahana extreme gua pilih Vertigo yang paling Extreme. Kalau di Dufan wahana ini mirip Kicir-Kicir, dimana kita duduk di kursi dan diputar hingga 90 derajat. Gua yakin kalau kamu sebelum naik wahana ini makan duluan, itu semua makanan di perut kamu bakalan keluar semua saking mualnya diputar-putar.

Di 2 Edisi sebelumnya gua belum pernah naik wahana ini karena (ehem) belum ada nyali sih, ahahaha. Tapi gua sudah memantapkan diri buat naik Vertigo di kunjungan gua kali ini.

Mungkin ini namanya adalah saat penasaran mengalahkan rasa takut dalam diri kamu. Karena pengunjung yang datang gak terlalu banyak, antrian Vertigo gak terlalu banyak. Gak perlu ngantri, gua langsung naik.


Sebelah gua ada si Rully dan di hadapan gua ada si Arya ama Rendy. Gua hela nafas panjang and pertunjukkan dimulai. Anjir, ternyata wahana ini lebih Extreme dari dugaan gua lah, gua udah kayak cilor gulung telor yang diputer-puter tanpa ampun di atas. Sampai yang paling goblok adalah moment dimana gua diputar 90 derajat dan hanya bertumpu ke sabuk pengaman. Kalau itu sabuk pengaman kendor, udah deh say good by.

Si Arya teriak dari ujung "Woy Sani, buka dong sabuknya pas kayak di Marvel"

Geblek maneh Arya.

Gua teriak "TUHAN AMPUN, TUHAN AMPUN. A, UDAHAN, UDAHAN. MATIIN DONG. TURUNIN"

Buset ini gua rasa lama amat gua diputer-diputernya. Di Moment ini gua inget semua dosa gua karena gua ngerasa mungkin ini adalah hari terakhir gua, hahahaha

Setelah beberapa lama diputar di udara, akhirnya kita sampai di ujung permainan. Kursi gua sudah normal kembali dan SIALNYA, ada orang yang teriak LAGI - LAGI diikuti oleh yang lain. Dan kata petugas yang jaga "Oke sekali lagi ya!"

ASU. Ini beneran asu dan tanpa ampun gua diputar lagi di udara. Gua berani jamin ini kali pertama dan kali terakhir gua main di Vertigo. Sigh.

..........................................................................................

Kita masuk ke Trans Studio Bandung dari jam 10 Pagi (pas buka) dan pulang jam 7 Malam (pas mau tutup). Overall sih seru dan worth it lah biarpun harga makanan di dalam duh mahalnya gak kira-kira.

Dalam waktu dekat gua bakalan pergi lagi ke salah satu tempat wisata di Bandung nanti bakalan gua tulis lagi ya pengalamannya.

Adakah yang mau nemenin pergi?