Kamis, 26 Januari 2012

Through The Looking Glass

Tahun baru, semangat baru, hati baru, jiwa baru. Itu adalah prinsip banyak orang ketika menyambut tahun yang baru.

Dulu, gue juga berpikiran hal yang sama. Pergantian tahun itu adalah moment dimana gue harus mereflesikan diri dan pikiran.

Berpikir soal apa-apa yang sudah gue lakuin dan berpikir juga soal apa-apa aja yang belum gue lakuin.

*sadap*

Ketika tahun berganti, dengan wajah optimis dan hati yang membara gua siap buat menghadapi tahun yang baru ini. Sederet resolusi sudah gue buat dimulai dari:

1. Rajin Belajar
2. Mengurangi nonton sinetron
3. Membantu orang tua
4. Menolong tetangga menjemur pakaian
5. Menolong nenek menyebrang, etc

Kalau gue baca, resolusi gue sih ok banget. Tanggal 1 sampai tanggal 3 Januari, gua masih bersemangat. Tiap langkah kaki dan tiap tindakkan gue semuanya masih terpola dengan baik, rasanya gua siap menaklukan dunia dengan resolusi-resolusi yang telah gue buat.

Tapi belum seminggu, semua resolusi yang sudah disusun hancur berantakkan dan semua berjalan seperti biasa lagi dan seperti 2 tahun belakangan ini, gue lebih memilih bobo manis di kasur buat menyambut tahun baru.

Semua ajakkan hang out, ajakkan barbeque bersama, sampai ajakkan main petasan gue tolak secara halus. Gua lebih memilih tidur manis di ranjang sambil berharap euphoria tahun baru ini cepat berakhir,

Lebih tepatnya, gua itu belajar dari pengalaman. Orang bilang pengalaman itu adalah guru yang sangat berharga. Gua sangat-sangat setuju dengan pernyataan itu.

Dulu waktu gua masih SMA, ada temen yang ngajakkin melewati tahun baru sambil barbeque-an. Dalam bayangan gue, barbeque itu asyik banget. Apalagi kalau gue liat di tivi-tivi pas orang bule lagi barbeque-an keliatannya enak banget. Daging ditusuk pake tusuk yang panjang terus makan sambil dikeliling cewek-cewek berbikini sambil disuapin.

Belum lagi barbeque-nya bisa nambah berulang-ulang. Oh, d*mn! Rasanya hanya orang bego yang bakal nolak ajakkan ini.

Dan meluncurlah gue ke tempat barbeque itu. Satu hari penuh, gue udah sengaja mengosongkan perut, pikiran gue sudah di awing-awang. Gue bakal makan itu barbeque satu tusuk demi satu tusuk. Kalau udah kenyang, gue udah siapin banyak tissue buat dibawa pulang! Oh yeah, baby!

Temen-temen gue udah pada kumpul di kebun belakang temen gue. Temen gue yang punya rumah mulai ngumpulin kayu. Ceritanya biar keliatan makin bertema acaranya, kita bakalan langsung bakar itu barbeque ke kayu yang udah dibakar. Kata temen gue sih, barbeque yang dibakar langsung lebih renyah dibanding digoreng pake panci.

Entah itu betulan atau cuma omongan sok tau.

Ngebayanginnya sih udah keren bener, bakar barbeque langsung dari kayu bakar. Mantap!

Kayu yang dibakar lumayan banyak, api pun jadi membumbung tinggi. Gue berdiri deket selang aer takut ada kebakaran jadi gue bisa berlagak sok hero bantu nyemburin air.

5 menit kemudian datang daging yang mau dibakar. Sialnya si tuan rumah kehabisan daging asap jadi yang kebeli cuma sosis. Prinsipnya, tak ada rotan, akar pun jadi. Dibanding harus makan mie gelas, mending bakar sosis, kata dia.

Ya sudah, dinikmati saja ini sosis. Temen yang lain nyiapin tusuk sate buat nusuk sosis dan waktunya buat ngebakar ini sosis.

Di tangan kiri udah ada satu sosis dan di tangan kanan gue ada satu sosis juga. Maksudnya sih biar praktis gitu, gak usah bolak-balik bakar *alibi*

Tapi?

Ternyata ide buat ngebakar sosis pake kayu bakar bukan ide yang bagus. Pertama, selain apinya yang terlalu besar, panasnya sumpah bener-bener gak ketulungan.

Bayangin lu di posisi gue. Dengan tangan megang tusuk sate yang panjangnya gak seberapa, gue harus berjarak 5 jari dengan kobaran api cuma buat ngebakar ini sosis. Jarak 20 jari aja panasnya udah gak ketulungan, lah ini 5 jari. Yang ada gue jadi siap babi rebus.

Persis seperti orang idiot dengan tangan kanan-kiri memegang sosis, gue malah nampak seperti orang-orangan sawah yang siap dipatuk burung.

Temen gue yang lain gak kehabisan akal, ada yang tusuk satenya diiket di ranting pohon terus diarahin ke kobaran api.

Sumpah, perasaan mau makan aja susah bener.

Idenya sih oke, ngiket itu tusuk sosis ke ranting pohon tapi hasilnya? Failed. Soalnya tusuk satenya kebakar ampe dagingnya jadi arang.

Ampun…

Sambil mikirin ngebakar ini sosis, temen gua ngasih ide buat nyalain petasan dulu. Dia bilang “Mungkin kalau udah nyalain petasan, hati dan pikiran kita bisa tenang buat nyari ide buat ngebakar ini sosis”

Entah karena saking frustasinya temen-temen gue yang lain pada setuju. Mau gak mau gue juga setuju padahal suer, gue udah ngebet banget makan ini sosis.

Buat beli petasan kita patungan, harganya 150rb/buah. Gue baru tau kalau harga petasan semahal itu, gue yang biasanya cuma maen kembang api depan rumah lumayan keder juga liat ini harga petasan.

Dalam bayangan gue, petasan seharga 150rb ini bakal keren banget. Pas dinyalain bakal meledak di udara terus memancarkan api-apinya ke sekelilingnya. Lebih keren lagi, pas dibakar bakalan ada siluet muka gue di udara.

Dahsyat!

Gue jadi orang yang dapet kehormatan buat ngebakar ini mercon. Di tangan gue sekarang ada mercon seharga 150rb. Tangan gue bergetar dan sungguh gak sabar buat nyalain ini mercon.

Gue nyalain api dan it’s show time….

Mercon gue yang bentuknya roket langsung terbang tinggi ke udara. Manuvernya oke juga nih dan gak berapa lama, itu mercon meledak di udara.

“Dhuuuuaaaaaarrrrrrrr”


Gue bengong, temen-temen gue yang lain bengong. Gue sebenarnya jauh lebih bengong, ngeliat itu mercon meledak. Setelah meledak, bakal gimana lagi nih?

Kok cuma gitu doang? Mana effectnya? Mana percikan api yang ngebentuk muka gue? Mana? Mana?

“Udah, cuma gitu doang?” tanya gue shock

“I..i….iyaaaa” jawab temen gue yang gak kalah shock.

Sh*t! Sosis tak matang, mercon pun cuma begitu doang meledaknya.

Dan untuk tahun-tahun berikutnya sampai sekarang, gue labih suka menghabiskan waktu di kamar. Entah itu nonton film, atau hanya sekedar baca komik Doraemon.

So, gimana kalian di tahun baru 2012 ini? Kalau itu ditanyain ke gue, gue melewati pergantian tahun ini dengan ke-kurang-pedean.

Ke-kurang-pedean gua ini disebabkan gara2 mata gue bintitan. Yes, bintitan. Dan image bintitan tuh sungguh gak enak banget.

Image orang-orang yang sudah terpatri dalam ingatan:

*bintitan = tukang ngintip orang*

Padahal sumpah, gue gak pernah ngintip orang. Temen-temen yang ketemu gue dengan kondisi lagi bintitan langsung nge-judge "Nah, ketauan sering ngintip orang mandi, dll"

Gue jadi mikir, kapan gue ngintip? Apa gara-gara gue ngintip kucing kawin di depan rumah gua terus jadi bintitan? Gak elite banget rasanya. Bintitan gara-gara ngintip kucing kawin.

Parahnya, bukan cuma satu, tapi 2 mata gue bintitan. Gue jadi gak pede, gua jadi depresi, memikirkan ini bintit…

Dibanding bikin resolusi buat tahun 2012, gue lebih mikirin gimana caranya buat ngempesin ini bentol. Arghhhhh….

Terlepas dari permasalahan bintit ini, gue harap di tahun 2012 ini, kita semua bisa mendapatkan hal yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

Intinya adalah selalu bersyukur, bersyukur, dan bersyukur...

Bagi yang selalu bersyukur dan bersabar, waktu adalah kesempatan dan kebahagiaan…

Bersyukur membuka kekayaan hidup.

Bersyukur mengubah apa yang kita miliki menjadi cukup…

Tetaplah bersyukur…karena hari ini,

kita masih memiliki waktu untuk menikmatinya…