Jumat, 16 Juli 2010

Berubah

Waktu itu makin lama, makin terasa begitu cepat berjalan.......

Gua sekarang duduk di tempat yang sama sama seperti gua duduk sekitar 10 tahun yang lalu. Semuanya sudah berubah walau gua rasa baru 10 menit yang lalu gua tinggal...

Gak kerasa sudah 10 tahun lamanya, gua tinggal.....

Belum lama ini salah satu temen SD gua yang sering ejek-ejekkan ama gua, ngabarin kalau dia sekarang sudah ikut suaminya ke Singapore dan sudah punya anak.

What?

Gua setengah gak percaya. Dulu, gua inget banget waktu kelas 4-6 SD dia dan gua hobby ejek-ejekkan. Dia sering ngejek nama gua Stefanus Sani yang dia ubah jadi ‘Tetanus sani’.

Ha...Ha... Ada satu hal yang paling gua inget tentang dia. Waktu masih kelas 3 SD, di suatu pagi entah kenapa dia tampak tidak begitu tenang. Gerak-geriknya begitu mencurigakan apalagi pas duduk dia seolah tidak menemukan rasa kenyamanan....

Ada apaan ini ya?

Yang paling parah gak beberapa lama, dia tiba-tiba langsung berdiri dan ijin ke Bu Guru supaya selama pelajaran dia ijin berdiri aja.

Hah? Gua tambah kaget, apa-apan ini? Baru gua denger ada murid yang minta ijin ke gurunya buat berdiri...

Sama seperti gua, temen-temen gua yang lain juga bingung. Apakah dia lagi haid? Masak anak SD udah dapet haid? Sepertinya tidak mungkin.

Setelah didesak ama Bu Guru, akhirnya dia jujur sambil terbata-bata dia ngomong:

“Maaf Bu, saya lagi bisulan di pantat”

What? B.I.S.U.L di P.A.N.T.A.T?

Jujur, saat itu gua pengen banget ketawa sambil mukul-mukulin meja tapi gua takut kualat, gua takut nanti gua juga kenal bisul di pantat akhirnya gua cuma diem sambil nyengir-nyengir...

Ya Allah ternyata temen SD yang pernah bisulan itu kini sudah punya anak. Semoga anaknya gak bisulan juga waktu sudah sekolah... Ha..Ha..

Lanjut,

Percaya gak, semua orang pasti berubah?

Seperti Clark Kent yang aslinya culun tapi ketika berubah menjadi seorang Superman ternyata adalah seorang penyelamat bumi? Atau Peter Parker yang aslinya lemah dan seorang looser di sekolahnya tetapi ketika menjadi seorang Spider-Man bisa nyipok bibir si Mary Jane sambil gelantungan? Atau Bruce Banner yang keliatannya loyo tapi kalau udah ngamuk dan berubah jadi Hulk bisa ngancurin tank baja persis kayak nepok lalat?

Walau kita gak se-extreme itu, kita pasti bakal berubah.....

Berubah dari segi fisik dan dari segi pemikiran, gua pun merasakan perubahan itu. Dulu waktu masih kecil gua kece mirip Joshua, udah remaja makin kece mirip Justin Timberlake, dan udah dewasa jadi lebih kece mirip Baim Wong.

Ha....Ha....

Dulu ada tetangga gua yang waktu masih kecil nakalnya kayak setan, nakal banget, hobbynya tuh nurunin celana cewek terus kalau udah nurunin celananya, si cewek langsung dicium pipinya.

Pernah, gua iseng tanya “Kok kamu suka nyium-nyium cewek sih?” tanya gua dengan nada polos karena saat itu gua masih umur 10 tahun yang gak tau apa-apa dan masih doyan ngompol.

Dia jawab, tanpa rasa berdosa “Aku kan niru apa yang mama ama papa lakuin di rumah.”

Aje Gile.....

Gua sempat mikir ketika dia beranjak dewasa, dia bakal jadi anak yang kurang ajar yang hobbynya nyolekkin cewek di Bus Kota atau nyium nenek-nenek yang jualan surabi di deket rumahnya.

Tapi, ternyata itu salah karena dia pun berubah persis seperti apa yang gua omongin di awal. Dia berubah jadi anak yang tertutup, pendiam, dan seolah tidak menggambarkan karakter dia waktu kecil. Kalau gua ingetin masa kecilnya dia cuma tersenyum simpul seolah gak ingat apa-apa.

Aneh....

Ada temen gua yang waktu kecil, anaknya baik banget. Kalau anak-anak yang lain suka ngerengek ke Ibunya pas ada tukang gulali lewat buat dibeliin, dia sama sekali gak. Gua perhatiin ibadahnya kuat dan tutur katanya halus. Gua sempat prediksi kalau dia udah dewasa dia bakal jadi ketua RW yang mengayomi warganya.

Tapi? Ternyata apa yang gua kira itu salah. Karena pas SMA dia udah harus drop out karena ngehamilin pacarnya yang masih SMP.

Aneh memang.............

Tapi itulah yang dinamakan ‘berubah’ karena semua orang pasti bakal berubah, entah itu fisik atau pola pikirnya.

Ada banyak temen gua yang entah itu SMP atau SMA kini sudah jauh berubah. Belum lama ini, gua ketemu ama temen SMA gua yang pas SMA deket ama gua...

Anaknya pinter tapi (sory) culun. Kalau pake celana panjang SMA culun banget karena celananya naik ampe pinggang terus ngatung. Mainnya ama selalu ama cewek dan hobbynya makan mie Indomie yang dijual di sekolah....

Benar-benar anak yang unik menjurus culun.

Awalnya gua gak terlalu kenal ama dia tapi secara kebetulan gua disuruh duduk ama dia. Ketika gua tau duduk ama dia, gua sih enjoy aja toh dia pinter siapa tau pas ulangan gua bisa ditolongin. Ha...Ha...

Tapi?

Ketika dia tau duduk ama gua, mukanya nampak khawatir dan matanya berkata “Tuhan mengapa Engkau memberikan cobaan yang begitu berat seperti ini kepada diriku?”

Ha....Ha...

Jadi inget gua waktu jaman sekolah sering dimarahin ama Guru karena sering ngobrol, ribut, dan jalan-jalan. Beda 90 derajat dengan dia yang pintar, pendiam dan diinget Guru karena prestasinya.

Beda ama gua yang diingat karena ‘prestasi’ gua yang lain. Ha...Ha...

Salah satu tetangga gua yang kebetulan masuk ke SMP yang sama dengan gua, iseng nanya ke salah satu Guru yang pernah ngajar gua.

“Bu kenal yang namanya Sani gak? Sani yang lulusnya tahun 2004”

“Oh inget saya. Sani yang doyan ngobrol terus hobbynya nyisir di kelas. Apa dia masih suka nulis pake penggaris?”

Ajib dah, gua dikenal sebagai anak yang kalau nulis pake penggaris.

Br, entah gua harus ngomong apa. Gua sih inginnya diingat karena prestasi gua yang lain seperti “Oh, Sani yang tiap ulangan Agama selalu dapet nilai 9? Benar-benar anak yang taat beragama dan berakhlak” Ha...Ha...

Pas awal-awal gua duduk sebangku dia semuanya lancar-lancar aja. Dia gak terlalu banyak ngomong dan gua pun males ngomong ama dia.

Baru ngomong “Eh, kemarin malam nonton Cinta Fitri gak di tipi?” Dia langsung nyela dan bilang gini “Jangan ngobrol terus ya, gua mau belajar.”

Kampret, baru ngomong sepotong udah dimarahin. Jujur, gua heran banget ama dia yang bisa ‘mematung’ gitu waktu belajar di kelas.

Entah kenapa gua sangat susah buat konsentrasi ketika sedang belajar di kelas. Mata gua selalu mengarah ke depan tapi hati dan pikiran gua mengarah ke lain. Mikirin bunda di rumah masak apa lah, mikirin utang di warung belum dibayar lah, ampe mikirim siapa musuh Pokemon malam nanti di tipi....

Tapi, lama kelamaan gua dan dia mulai dekat. Selama 2 bulan gua duduk ama dia, kita mulai sering tuker-tuker cerita dan obrolan gak penting.

Pas ulangan yang biasanya dia nutupin jawaban di kertas ulangannya pake perutnya yang gede kayak gorilla itu kini sudah mulai dibuka dikit-dikit.

Lumayan bisa nyontek dikit-dikit. Ha..Ha...

Suatu kali pernah ada ulangan dadakan, buat gua sih biasa aja dan mau dapet nilai bagus dan jelek pun gua santai aja. Tapi beda banget ama dia yang langsung keringetan dan ngomong ke gua “Aduh San, gua takut dapet nilai jelek. Gimana dong San?”

Ekspresi mukanya persis kayak suami yang nungguin istrinya buat operasi Cesar pas anaknya mau lahir...

Gua cuma bilang ‘Tenang-tenang. Banyak cara kok biar dapet nilai bagus’

Dan ulangannya memang susah, muka dia udah khawatir berat dan mulutnya cuma komat-kamit gak karuan. Kayaknya dia takut banget kalau bakal dapet nilai jelek, beda ama gua yang gak terlalu risau. Mau jelek atau bagus, gua nganggep itu rencana Tuhan saja... Ha..Ha...

Dengan (sedikit) terpaksa, gua mulai mengeluarkan jurus buka-buka buku. Mau gak mau gua jadi ikut tegang juga karena temen sebangku gua itu baru pertama kali nyontek dalam hidupnya. Dengan sedikit bantuan perutnya yang gembul itu, teknik membuka buku pas ulangan ini berjalan dengan baik.

Ketika ulangan sudah berakhir, dia tertawa sejenak dan ngomong baru pertama kali dalam hidupnya dia nyontek ketika ulangan. Semua beban yang nempel di perutnya yang gembul itu kini seolah sudah menyusut.

Benar-benar anak yang baik, ha...ha...

Sejak kejadian itu, gua dan dia seolah menjadi lebih dekat. Dia sering cerita soal keluarganya dan semua masalah dia yang ternyata begitu pelik dan sulit dibayangkan

Tapi gua tetep normal kok gak menjurus ke arah suka sama suka alias homo........ Ha...Ha...

3 tahun setelah semua kejadian ini, gua ketemu dia lagi.....

Dan gua benar-benar merasakan apa yang namanya ‘berubah’ itu karena dia bener-bener berubah. Mulai dari gayanya yang gak culun lagi, rambut dibuat jabrik dan bajunya dengan stelan yang necis persis kayak sales minyak wangi.

Menurut gua gak ada yang salah dari gayanya tapi ada satu hal yang gua anggep ‘aneh’ dan ‘berbeda’ adalah ketika dia mulai bercerita.

Ketika dia bercerita, gua seolah gak menemukan dia yang pernah gua kenal. Dia bercerita soal kehidupannya yang jauh berbeda dan (sayangnya) yang dia ucapin tuh menggambarkan kesombongan yang menurut gua gak perlu diomongin.

Pas lagi ngobrol, dia tiba-tiba langsung nyeletuk “Ah, biasalah yang sekarang berangkat ke kampus naik mobil” atau “Ya, ginilah nasib orang yang nilai IP-nya 4 di kampus”

Sumpah mati, gua gak nanya!

Dan ketika gua merasakan dia berbeda dan berubah, dia pun mungkin sudah menyadari kalau dirinya juga telah jauh berubah.

Entah apa yang ada di pikirannya ketika dia berpikir sejenak tentang perubahan yang ada di hidupnya kini.

Seperti yang gua bilang di awal, semua orang bakal berubah tetapi sangat sayang jika kita berubah ke arah yang membuat orang jadi tidak simpatik ke kita.

Berubah....................

Kamis, 08 Juli 2010

Tiket Gratis? Oh Yes..... Tiket Bayar? Oh No...

Ketika di awal-awal nge-blog, sebenarnya gua tuh kepinginnya nampilin beberapa cerpen gua yang belum sempet dikirim atau di-publish.

Secara gua doyan bikin cerpen dan sering ngirim beberapa cerpen gua ke majalah, gak ada salahnya kan buat dipasang di blog. Tapi lama kelamaan gua malah lebih enjoy cerita soal kehidupan sehari-hari gua yang dinamis ini.

Tapi gara-gara ini blog juga, image gua yang sudah susah payah gua bangun hancur dengan sendirinya. Ketika gua kenalan ama seorang cewek, gua berusaha nampilin image gua yang pendiam, santai, dan penuh misterius.

Gua sih pengennya ketika ada orang yang nanya “kenal gak ama yang namanya Sani?”, yang lain bakal jawab “Ah, gak tau. Orangnya misterius banget, banyak yang penasaran ama dia.”

Itu image yang gua arepin sekian lama.

Tapi?

Gara-gara banyak yang baca ini blog, ketika ada pertanyaan “kenal gak ama yang namanya Sani?”, orang pun bakal jawab gini: “Oh, Sani yang doyan makan nasi bungkus di dalam bioskop ya?” atau “Oh, si Sani yang pas ditest tangga nada gak pernah lulus ya?’

Mampus.

Image gua sekarang dikenal sebagai seorang perjaka yang hobbynya makan nasi bungkus di bioskop.

Ha...Ha...

Salah satu hobby gua yang ampe detik ini masih sering gua lakuin adalah nonton bioskop. Sejak 5-6 tahun lalu kalau ada waktu senggang (dan ada duit, tentunya) gua pasti pergi nonton.

Kalau gua gak salah inget, gua udah 2-3 kali pergi nonton sendiri. Dulu gua ada kerjaan harus nge-review suatu film dan film yang harus ditonton itu film politik dan gua yakin temen gua gak akan ada yang mau ikut nonton film gitu. Secara temen gua doyannya film ‘yang itu’. Ha...Ha...

Setelah tiket digenggaman, gua duduk sambil nunggu film dimulai. Gua duduk di deket tangga sambil ngecengin cewek bahenol di bioskop. Hi..Hi.....

Gua masuk ke dalam bioskop karena filmnya udah mau diputar. Yang nonton ternyata gak terlalu banyak, sekitar 10 orang. Di kiri gua ada dua anak yang umurnya masih nampak masih bocah. Keren juga, kecil-kecil udah doyan nonton di bioskop, film politik pula.

Padahal, waktu gua seumur mereka, kerjaan gua masih maen gangsing di depan rumah sambil nungguin Pokemon diputer di tipi........

Yang bikin gua sirik, dua anak itu bawa amunisi lengkap buat masuk di bioksop. Pop corn yang size Large, Coca-Cola 2 botol. Sedangkan gua hanya bawa kerupuk aci ama teh gelas dari rumah. Wkwkwkwkwkwk

Di depan kursi gua, ada sepasang muda-mudi yang tampaknya sedang dimabuk asmara, kerjaannya pelukan mulu. Gua pun jadi ingin memeluk orang yang ada disamping gua tapi ternyata di samping gua cuma ada kursi kosong. Dan JELAS gua gak akan melampiaskan hasrat gua ke kursi itu. Ha..Ha...

Dan yang bikin rada was-was di kursi sebelah gua tapi beda barisan, ada om-om yang sama duduk sendirian kayak gua. Ketika gak sengaja, mata gua dan mata dia beradu pandang, mata dia kayak yang goyang-goyang dan memancarkan aura mesum seolah ngajak gua supaya duduk di sampingnya.

Glek, gua cuma bisa nelen ludah, gua takut ketika gua lagi konsentrasi nonton si om-om itu tiba-tiba ngebius gua ampe pingsan. Dan tanpa orang lain sadar, gua dibawa dia ke rumah kosong dan

besoknya di koran-koran Ibu Kota akan terpasang headline “Seorang Pemuda Tampan nan Rupawan Ditemukan Tewas Dengan Keadaan Tidak Berbusana di rumah kosong”

Hi... Gua beneran jadi sedikit parno. Gua mencoba menghilangkan pikiran-pikiran horror itu dan gua mencoba untuk tetap tenang walau gua udah kepengen ngompol saking takutnya.....

Film mulai diputar dan ternyata filmnya gak rame-rame banget. Gua nonton sambil sedikit terkantuk-kantuk tapi karena ini kerjaan gua harus tetep konsentrasi. Konsentrasi nonton ama konsentrasi merhatiin gerak-gerik si Om. Ketika dia beranjak berdiri, gua pura-pura ikut berdiri karena takut si Om mau nusuk gua padahal si Om mau pergi ke WC.

Tampaknya rasa parno yang berlebihan memang tidak baik untuk jiwa. Ha..Ha...

Lanjut,

Sejak gua menemukan link/celah/trik buat dapet tiket gratisan, menonton di bioskop jadi jauh lebih menyenangkan. Bayangin harga tiket yang harganya sekarang 32rb pas weekend bisa ditebus dengan cuma-cuma.

Caranya?

Ya simple aja, kita harus memiliki daya imajinasi/khayal/sugesti yang luar biasa. Kebetulan gua memiliki daya imajinasi yang besar, tiket gratisan pun datang dengan mudah. Caranya tinggal mengarang a.k.a membual, kirim lewat sms/E-mail dan tinggal nunggu pengumuman pemenangnya. Peluang gua sekitar 85% buat menang dan (mungkin) karena gua sering ngambil tiket itu, resepsionis pun tampaknya sudah mulai curiga.

Ketika pertama kali menang:
Sani: “Selamat siang, saya mau ngambil hadiah tiket bioskop dari Program R***.”
Mbak-mbak tua yang jadi resepsionis: “Oh ya, bentar ya, mana KTPnya, saya cek dulu.”

Ketika di awal-awal kesannya memang baik dan menyenangkan, lanjut

Ketika sudah beberapa kali menang:
Sani: Selamat siang, saya mau ngambil hadiah tiket bioskop dari Program R***.”
Mbak-mbak tua yang jadi resepsionis (sudah mulai curiga): “Hm, kamu yang sebelumnya udah pernah menang ya?”

Ketika sudah lumayan sering, si resepsionis pun mulai curiga sambil senyum sinis, lanjut

Ketika sudah SERING menang:
Sani: Selamat siang, saya mau ngambil hadiah tiket bioskop dari Program R***.”
Mbak-mbak tua yang jadi resepsionis (sambil pasang muka shock gara-gara liat muka gua untuk kesekian kali): “Hah, kok kamu lagi?”

Karena gua tau diri (sebenarnya takut ama si mbak resepsionis), gua mulai mengalihkan otak gimana caranya biar kegiatan nonton gratis tetap berjalan TANPA gua harus datang buat ngambil tuh tiket. Awalnya gua make nama kakak dan temen-temen kakak gua. Hasilnya oke dan gua pun mulai berpikir buat memberdayakan nama-nama temen gua. Agar kemungkinan menangnya bisa besar, kita harus pinter mutek otak.

Gua pake sistem yang gua kasih nama ‘Sistem Membelah Nama’. Keren gak istilahnya? Wkwkwkwkwkw...... Emang cuma MLM aja yang bisa pake sistem ‘membelah diri’?

Caranya gampang aja, misalnya gini: Nama lengkap gua kan Stefanus Sani. Untuk minggu pertama gua pake nama Stefanus, untuk minggu kedua gua pake nama Sani.

Sebenarnya kalau gua mau nama Stefanus bisa ‘dibelah’ lagi jadi Stef atau Anus. Tapi kesannya gimana gitu kalau gua pake nama ‘Anus’, namanya berbau porno. Ha..Ha...

Dan semua temen-temen gua, gua pakein semua namanya. Ambil contoh, temen gua yang namanya Dominikus Banu Pramudita, gua pecah manjadi 3 jadi Dominikus, Panu eh Banu, Pramudita. Nama Dominikus juga sebenarnya bisa dipecah jadi Domi atau Nikus. Tapi nama Domi itu persis kayak kode banci di Alun-Alun jadi gak gua pake....Ha...Ha......

Semuanya berjalan lancar, tapi persis kayak kasus gua, satu per satu mereka pun mulai dicurigain. Pas si Dominikus ngambil untuk kesekian kalinya, si mbak resepsionis tidak tahan buat nanya ‘Kamu kenal yang namanya Dyota?’

Dyota itu nama kakak gua dan nama itu sering gua pake dan sering pula menang.

Dominikus (pasang muka orang idiot): “Siapa ya Mbak?”

Benar-benar akting yang sungguh memikat dari saudara Dominikus. Selain bakat mencuri uang dan pulsa Ibunya, saudara Dominikus juga lihai berakting......

Ha...Ha.... Just Kidding....... It’s a joke

Semua temen-temen gua yang ngambil pasti langsung gua wanti-wanti “Kalau ditanya kenal yang namanya Dyota atau Sani, bilang gak tau atau gak kenal!”

Padahal kakak gua si Dyota dan temen-temen gua yang lain itu gak tau apa-apa karena tugasnya cuma tanda tangan doang sambil ngambil tuh tiket. Karena sebenarnya ada ‘pemimpin’ dari semuanya ini. Ha...Ha...

Ketika sudah lama gua pensiun menggunakan nama gua dan kebetulan nama gua (kembali) menang, gua pun kembali datang buat ngambil tiket dan (sialnya) si mbak tua itu masih ada dan belum pensiun.

Awalnya gua takut bakal ditanya-tanya soal nama-nama temen gua dan gua udah pasrah dicumbu ama dia, ternyata begitu ngeliat gua dia lansung nanya:
“Eh Sani, kemana aja kamu?”

Wkwkwkwkwk, ternyata dia TERTIPU! Ah, perasaan si mbak aja ah... Tiap minggu juga saya ‘hadir’ kok tapi dalam ‘bentuk’ yang lain, gua ngomong dalam hati....

Ha...Ha...

Ketika tiket sudah ditangan, waktunya buat nonton.......

Gua dan yang lain saat itu janjian buat nonton ‘Clash Of The Titans’ karena datangnya kecepetan sekitar satu jam sebelum film diputar, kita rencanya mau makan dulu di PVJ. Secara udah dandan ganteng, makannya juga ya harus di dalam PVJ dong. Biar kesannya makin yahud gitu.....

Tapi?

Ada aja hambatan yang datang, ada satu orang yang gak bawa duit. Gak mungkin kan gua makan ayam tapi ‘satu anak’ itu makan sisa punya gua? Akhirnya biar adil, kita cari makan yang murah meriah biar semua senang dan tenang.

Dimana?

Letaknya di (seberang) PVJ. Fiuh, udah ganteng-ganteng eh makannya di seberang PVJ alias di pinggir jalan. Setelah muter-muter dan berdebat cukup panjang karena yang satu pengen makan sate, yang satu pengen makan ketoprak, yang satu pengen makan rujak cingur akhirnya diputuskan makan di warung Pecel Lele. Ck, gaya udah keren bahenol gini, makannya kok PECEL LELE. Gua cuma berdoa ke Tuhan supaya gak ada temen gua yang liat. Kalau ada yang liat, gua takut digosipin gini “Ih Sani hobbynya nonton di bioskop mahal tapi kok hobbynya makannya lele”

Ajib dah....

Pernah ada satu kejadian yang cukup mengingatkan gua buat pentingnya jaga image. Seperti biasa sebelum masuk ke bioskop buat nonton, gua rutin buat beli nasi bungkus buat dimakan di dalam (baca postingan yang judulnya Ngobrol Yang Ringan-Ringan Saja). Tapi entah kenapa, gua jadi keburu laper jadinya makan tuh nasi bungkus di food court PVJ sekalian nungguin film diputer.

Sialnya, pas gua lagi ama yang lain asik-asik makan. Eh, ada temen SMP gua yang kebetulan lagi gua kecengin lewat disamping gua.

Banu (sambil nunduk): “San, itu si Yuyun (nama sudah disamarkan) ada di samping lu”
Gw (lagi ngejilatin tulang bekas ayam): “Mana?”

Gua nengok sebentar, dan.......

Ya Allah, bener itu si Yuyun ada di sebelah gua lagi ngantri ATM, mau ngambil duit kayaknya. Cuma ada satu yang ada di pikiran gua saat itu,

Kabbbbbbbbbbbbbbuuuuuuuuuuurrrrrrrrrrrrrr sambil nutupin muka persis kayak maling celana dalam di kampung-kampung. Semoga si Yuyun gak ngeliat gua saat gua lagi ngejilatin tuh tulang..... Ha....Ha....

Dan sejak itu, kegiatan makan nasi bungkus ini tampaknya harus (segera) dihentikan.

Kamis, 01 Juli 2010

Lamunan di Hari Senja ketika Hujan Turun

Yang namanya rejeki itu bisa datang kapan aja. Tanpa kita sadari, rejeki itu selalu ada di sekitar kita. Waktu gua lagi beli batagor bayarnya 4 tapi dikasihnya 5, itu rejeki namanya. Waktu gua lagi naik angkot terus gak ditagih ama supirnya, itu rejeki. Memang yang namanya rejeki itu emang tersebar dimana-mana.

Kemarin-kemarin ini juga gua dapet tuh rejeki walau sedikit gak yakin itu rejeki atau bukan. Ceritanya gua lagi mandi pake sabun Lifeb**y. Terus pas enak-enak lagi sabunan, gua ngerasa ada yang nusuk-nusuk dari dalam sabun. Gua mikir apa ada orang jahat yang ngirim lintah di sabun yang gua pake buat mencelakakan gua? Ha..Ha...

Hm, gua intip sebentar, eh sekilas gua liat isinya Money a.k.a duit....

Gua inget si sabun ini ngadain promo yang di setiap sabun ada duitnya 100rb. Wuih, tanpa gua liat, ekspektasi gua langsung ke awang-awang. Dalam bayangan gua itu duit 100rb, bakal gua pake buat jajan Hoka-Hoka Bento, paket Bento 10. Udah gitu beli Dunkin Donuts terus buat jajan lumpia, batagor, siomay, terus beli limun di warung depan.....

Uh, enaknya.......

Gua mencoba melenyapkan sedikit pikiran-pikiran itu, gua konsentrasi dulu buat ngambil tuh duit yang ada di tengah sabun.......

Pas gua bisa narik, sungguh gua pengen nangis darah dan makan tuh sabun, ternyata bukan duit 100rb yang ada di tengah sabun tapi duit warna biru yang udah gak asing lagi.......

Gambarnya Kapitan Pattimura lagi senyum sambil megang golok......

Ternyata isinya cuma seceng alias serebu....... Oh, shit...... Ya, cuma bisa buat beli bakso ikan di depan rumah 2 bulet.......... Kecewa saya, nak..........

Lanjut,

Ternyata postingan gua sebelum ini yang judulnya “Tulisan Ini Hanya Untu(ku) dan Untuk(mu)” ternyata membuat banyak orang yang bertanya-bertanya ke gua. Walau pertanyaannya beragam jenisnya kayak “Itu cewek yang mana sih, San?” atau “Ah, masak sih lu suka ama cewek?” atau “Itu pacar homo lu yang mana?” tapi intinya semua nanya siapa sih “orang yang dimaksud?”

Kalau ada yang bilang itu cowok, gua arep ketika lu lagi makan ikan, itu tulang nyangkut di tenggorokan gara-gara udah meragukan orientasi seksual gua........

Ha.........Ha.........

Yup, mungkin gua gak bisa bilang siapa cewek itu tapi yang pasti dia orang yang pernah ngisi kekosongan hati gua walau (hanya) sebentar tanpa pernah tau dia jujur atau gak...........

That’s all.......... Lanjut,

Ada beberapa komentar dari temen gua yang kayaknya pas buat gua tampilin disini, tapi buat privacy gua gak akan nyantumin nama mereka. Let’s see:

“Sani, gua suka banget postingan lu yang judulnya ‘Tulisan Ini Hanya Untuk(ku) dan Untuk(mu)’ yang ada di blog lu. Gak nyangka lu bisa jadi anak yang (sok) romantis. Ha3x. Cuma satu kritikan gua, di postingan itu maknanya jadi kurang dapet, di satu sisi gua terharu waktu baca tuh tulisan tapi sayangnya lu masukkin jokes yang emang lucu tapi sayangnya jadi kurang pas karena jadinya tanggung. Mau terharu keburu ketawa, mau ketawa tapi isinya sedih. Itu aja kritikan gua tapi sisanya postingan lu gokil abis!"

Sani Menjawab: Ya, ya mengerti. Gua cuma gak pengen aja yang baca terus nangis darah ampe gak mau makan. Ha...Ha... Diampunilah segala dosamu karena telah berkata jujur.

Nih ada satu lagi, komentar dari temen SMA gua karena dia pengen eksis jadi gua cantumin aja namanya, Aprilia Hartanti (yang mau nomor hapenya, bisa sms gua...Ha..Ha...)

“San, g baca blog u yang balada penyanyi bersuara emas..... asliii gua ngakakkkk... ingett bgtt g tuhhhh,,, u disuruh nyanyi tangga nada ga bisaaaaaa.... hahahahahahahahahahaha

Sani Menjawab: Gua lupa nambahin, dulu waktu pertama kali gua ditest nyanyi not lagu yang berujung gua dihina ama si Pak Guru ‘tercinta’ dan ujung-ujungnya gua disuruh nyanyi tangga nada (baca postingan yang judulnya Balada Penyanyi Bersuara “Emas”) si cewek inilah yang persis ada di sebelah gua. Dan bukannya ngedoain gua biar gua bisa, doi malah cengengesan kayak orang kesurupan Nyi Roro Kidul......

Gw (lagi konsentrasi nyanyi): “Sol Do Mi Re Re”
Dia (sambil cengengesan persis kayak orang epilepsi): “Wkwkwkwkkw, Ha....Ha, wkwkwkw..........Ha...Ha....

Lihat saudara-saudara, lihat anak ini? Ternyata alasan gua dihina-hina dan suara emas gua gak keluar tuh gara-garanya ada teman yang bukannya MEMBANTU tapi malah NGETAWAIN! Aprilia, Aprilia gua harep Yang Maha Kuasa mengampuni dosamu ini........

Ha...........Ha.........

Ngomong-ngomong soal Aprilia ini gua jadi inget lagi, ketika gua dihina-hina gak bisa nyanyi tangga nada dia ‘berbaik hati” buat ngajarin gua. Seperti pesantren kilat, gua pun belajar tangga nada kilat ke dia...

Selama 5 menit gua belajar ama dia, dia meyakini kalau gua bisa melewati ‘rintangan’ ini dan dia bilang ke gua, sani kamu pasti bisa, pasti bisa! Gua pun mendapat motivasi berlipat buat nunjukkin kalau gua punya suara layaknya Justin Biebber (emang dia udah ada ya?)....

Dan, gua pun mulai bernyanyi;

“Do-Re-Mi-Fa-Sol-La-Si-Do” gua selesai bernyanyi dan endingnya

gua tetep DIKATAIN ama Pak Guru. Aprilia ternyata anda tidak mempunyai potensi untuk menjadi seorang guru musik karena murid lu yang pertama (dan terakhir) tetep dikatain juga.......

Ha..Ha...

Lanjut,

Gua bukan orang yang doyan nulis status di twitter atau facebook. Gua nulis kalau lagi kepengen dan ada yang seru buat dibagiin... Dari status itu kita bisa liat karakter orang dan kebetulan ada satu temen gua yang KELIATAN banget pengen sombong tapi gak langsung dan parahnya tiap hari dia nulis status yang isinya menyombongkan diri soal kegemarannya yang doyan fitness. Nih contohnya:

Status hari Senen: “Awal minggu, waktunya fitness biar sehat! Ayo bakar nih lemak!”
Status hari Selasa: “Barusan pulang main bulutangkis, malamnya langsung Fitness!”
Status hari Rabu: “Kerja kelompok dulu, nanti sorean berangkat Fitness!”
Status hari Kamis: “Gak apa-apa sesekali makan di KFC, pulangnya kita Fitness!”
Status hari Jumat: “Liburan gini enaknya pergi ke Gym buat Fitness!”
Status hari Sabtu: “Weekend gini diajak nyokap pergi tapi gua harus Fitness hari ini!”
Status hari Minggu: “Pulang ibadah, langsung Fitness!”

Brrrrr, jujur gua yang baca aja jadi kayak yang pegel urat pinggang gua padahal gua gak pernah fitness. Gua jadi mikir kalau misalnya Tuhan menciptakan hari ampe hari ke 8, kayaknya status dia bakal: “Di neraka pun gua tetep Fitness!”

Fiuh, capek deh. Ternyata gak cuma gua doang yang beranggapan kayak gitu karena temen-temen gua yang lain pun bilang hal yang sama ke gua...

Contoh lain, ada tetangga gua yang ingin membangun image sebagai Don Juan penggemar puisi dan tiada hari tanpa menulis puisi di statusnya + pamerin ke temen ceweknya, nih contohnya:

“Hidup tidak hanya sebuah kegembiraan, hidup adalah keinginan dan petunjuk” (status hari Senen)
“Hausnya jiwa lebih manis daripada anggur dan kekuatan jiwa lebih dicintai daripada keamanan jiwa” (status hari Rabu)
“Kekuatan untuk mencintai adalah hadiah dari Tuhan yang paling besar kepada manusia” (status hari Jumat)
“Dan cinta selalu memberi yang terbaik bagi yang dicinta” (status hari Minggu)

Dan biar kesannya makin dalem, dia selalu menambahkan tulisan gini di akhir statusnya “Dibuat oleh Fachri (nama sudah disamarkan), jam 02:00 malam ketika sedang memikirkan dirimu”

Menurut analisa gua kalau emang bikinnya jam 2 dia kayaknya lagi mimpi basah pantes aja mikirin ‘kamu’...... Ha....Ha....

Ketika gua baca, jujur gua kagum ama potongan-potongan puisi itu. Kesannya romantis banget kalau misalnya gua jadi cewek terus baca tuh puisi gua rela dah dipoligami ama kakek yang udah renta.............

Tapi?

Yang jadi masalah adalah gua pernah baca nih tulisan tapi dimana ya? Gua inget banget potongan kalimat “Dan cinta selalu memberi yang terbaik bagi yang dicinta” itu pernah gua baca tapi gua lupa baca dimana? Akhirnya semua terjawab ketika gua lagi baca-baca buku Kahlil Gibran, itu semua status dia ADA SEMUA di buku itu. Terus yang bikin gua pengen ketawa si Fahri itu sering banget ngirim sms puisi ke cewek-cewek dan yang dikirim itu ternyata BUATAN si Gibran juga tapi diaku-aku ama dia.....

Gua gak heran kalau Gibran di Surga bakal geleng-geleng kepala sambil nyiapin duit buat nyewa pengacara buat nuntut hak cipta ke si Fahri....

Ngomongin soal niru-meniru ampe jiplak-menjiplak, gua jadi inget temen gua yang berinisial DB. Tanpa ijin atau kulo nuwun dia ngejiplak puisi gua yang disimpen di Blog ini (baca postingan yang judulnya Mentertawakan Kesedihan). Saat itu dia baru aja putus cinta dan dia publish itu puisi di akun facebook dia. 99% sama yang dirubah cuma ini; by Stefanus Sani diubah jadi by DB...... Tujuannya sih JELAS biar mantannya baca tuh puisi dan merasa MENYESAL udah mutusin dia.

Padahal puisi itu gua buat gara-gara lagi putus cinta juga.......

Benar-benar tindakkan yang ‘terpuji’ ya Dik DB. Yang bikin gondok tuh waktu liat comment-comment dia di fbnya... Kebanyakan muji, kayak: “Keren Banget, Gak nyangka gua lu bisa nulis kayak gitu” atau “DB sang Pujangga” bahkan mantannya juga nulis yang intinya dia suka dan kagum”

Sedangkan gua yang baca cuma bisa jerit-jerit di WC “Hey man, itu gua yang BUAT. Itu BUATAN gua!”

Dan saudara DB pun bakal tertawa riang seperti monyet di puncak gunung sedangkan gua bakal nampak seperti babi yang lagi cari sampah.......

Ha...Ha....

Tapi kalau gua perhatiin dan rasain, cewek-cewek model sekarang tuh kayaknya udah ilfeel berat ama cowok yang doyan ngasih-ngasih puisi terus diiketin di mawar....

Dulu pas jamannya Cinta-Rangga entah kenapa orang-orang jadi doyan baca puisi dan nulis puisi... Tetangga gua yang masih SMP pun kayaknya kebawa aura Rangga di dalam dirinya........... Pernah suatu hari gua denger dia teriak dari dalam rumahnya“Pecahkan Saja Gelasnya Biar Gaduh sampai Mengaduh” Persis kayak jeritan Cinta sambil mewek di pilem AADC

Gua gak tau dia terlalu menghayati atau emang idiot, eh dia BENERAN pecahin gelas di rumah dia.

Aje Gile...

Gua gak bakal heran misalnya waktu gua lagi bertamu ke rumahnya terus pas lagi jalan di rumahnya kaki gua ketusuk pecahan kaca....... Ibunya pun bakal ngomong “Ah, sudah biasa ini dek Sani. Tante juga harus pake sandal kawat biar gak ketusuk kalau lagi jalan disini” Ha....Ha....

Saat itu, semua temen-temen gua berlomba menjadi seorang maestro puisi dan yang paling gua inget sekitar 2 tahunan yang lalu ada temen gua yang umurnya lebih tua sekitar 3-4 tahun dari gua, ikut keranjingan buat puisi. Dan gua akuin dia emang punya bakat nulis puisi karena puisinya emang keren......... Gua inget banget pernah baca puisinya yang judulnya “Mawar”, paragraf pertama isinya gini ‘Mawar, begitu merekah dirimu seperti senyummu yang selalu merekah di wajahmu’

Uhuk, dan jika gua dilahirin jadi cewek udah gua jadiin simpenan tuh cowok yang bikin puisi itu. Tapi sayangnya menurut gua, dia hidup di zaman yang berbeda. Maksudnya gini, ketika dia lagi semangat-semangatnya bikin puisi, cewek tuh lagi semangat-semangatnya BB-an, Twitter-an, FB-an, ampe BH-an (yang ini ngarang).

Gua pengen ngasih tau tapi gua takutnya malah disangka sok tau. Dan suatu kali, dia pengen nembak cewek dan buat nembak dia ngasih setangkai mawar merah plus puisi di tangkainya......

Gua pengen banget teriak di depan mukanya, ngomong “JANGAN KUNYUK!” tapi gua takut disangka gak mendukung temen.

Dulu moment ini emang so sweet dan gua yakin cewek pun bakal terenyuh karenanya...... Tapi seperti yang gua bilang sekarang tuh udah bukan zaman Rangga-Cinta lagi tapi entah kenapa dia ngerasa kalau puisi itu bisa buat cewek luluh hatinya

Lanjut,

Hari yang dinantikan akhirnya datang juga, hari itu dia udah bulatkan tekad buat nyatain cinta dia ke si cewek. Dia kasih tuh bunga mawar dan selembar puisi yang dia buat......

Gua liat dari jauh dan sampai saat itu gua ngerasa semuanya bakal lancar dan apa yang gua rasa itu salah apalagi si cewek ketika dapet tuh puisi, masang muka senyum walau masih ada aura kaget dari mukanya.......

3 hari setelahnya, si cewek tiba-tiba sms gua dan bilang “San, gua serem banget ama temen lu itu. Kesannya freak banget apalagi pake ngirim-ngirim puisi segala. Jujur gua takut san. Gua minta tolong, tolong sampein ke temen lu supaya jangan deket-dekettin gua lagi!”

Tuh kan bener apa kata gua.

Gua cuma bisa menghela nafas panjang-panjang dan hingga detik ini sms itu GAK PERNAH gua tunjukkin ke si Rangga eh temen gua itu.