Selasa, 28 Februari 2017

Life Is Waiting

*) Dimuat di Situs MyDirtSheet.com (yang cari review Film, Buku, WWE bisa berkunjung kesana).

Pernah nonton film The Terminal? Film yang dirilis tahun 2004 silam dan disutradarai oleh Steven Spielberg ini bercerita tentang Viktor Navorski (yang diperankan sangat apik oleh Tom Hanks) yang terjebak dalam John F. Kennedy International Airport karena pasport yang digunakan tidak berlaku lagi sejak terjadi civil war di Negara asal Viktor yaitu Krakozhia (sebuah negara fiktif). Film ini diinspirasi dari kejadian nyata yang menimpa Mehran Karimi Nasseri dari Iran yang terpaksa tinggal di Terminal 1 Charles de Gaulle International Airport (France) karena pasportnya dicuri sehingga dirinya tidak bisa keluar dari terminal. Tagline film ini adalah 'Life Is Waiting' atau Hidup Itu Menunggu.

Gua percaya dalam kehidupan kita, hampir setiap hari kita menunggu. Menunggu datangnya Pagi, menunggu datangnya senja, menunggu datangnya jemputan, menunggu rasa sakit hati hilang, menunggu mama selesai masak, dan menunggu-menunggu yang lain. Tapi buat temen gua (kita panggil saja dengan inisial nama dia 'DS'), hidup adalah menunggu tambatan hati datang.

Bung DS ini memang luar biasa kalau gua bilang. Di jaman sekarang, dimana Network sangat diperlukan, Orangnya malah bener-bener anti sosial, jarang bargaul, gak punya media sosial apapun yang aktif, pake WhatsApp juga baru tahun ini (sebelumnya pake SMS terus). Setiap hari kerjaannya jaga bengkel, kalau lu berkesempatan buat lewat Cicadas di Bandung, tengok deh salah satu bengkel di Cicadas bakalan ada cowok yang badannya besar lagi mangap sambil liatin jalan. Nah sudah pasti itu si DS.

Kebetulan gua kenal dengan Nyokap dan Bokapnya. Setiap ke bengkel punya si DS, Nyokap dan Bokapnya pasti titip pesen buat gua "Sani, itu si DS ajak main. Suruh gaul, dibanding di rumah terus main Playstation. Masak umur sudah 28 tahun tapi belum pernah pacaran"

"Iya siap Tante, tapi kasih diskon buat oli motor ya Tante" bujuk rayu ala gua.

Satu hal yang bikin gua males ngajak DS buat hang out atau sekedar duduk manis di depan Circle K sambil menyeruput Green Tea adalah gaya komunikasi si DS. Kalau misalnya gua sms gini "Ded, sore main yuk. Ada tempat makan enak nih" pasti jawaban dia doang cuma "Gak" atau "MLS" (MALES). Gua SMS panjang lebar dibalesnya cuma "GAK" atau "MLS". Gimana hati gak dongkol coba.

Gua ya, ini gua ambil contoh gua. Kalau ada yang ngajakkin pergi terus gua gak bisa, gua bakalan kasih alasan panjang lebar sambil minta maaf berulang kali "Sorry banget vroh, ini gua gak bisa soalnya udah janji ama orang. Ngumpulnya jam berapa? Kalau keburu gua pasti nyusul kesana. Sorry banget nih sebelumnya, jangan kapok ajak ya". Kalau smsnya panjang lebar dan menjelaskan gini kan enak buat yang ngajak. Kalau udah dichat terus dibalesnya cuma '"GAK" atau "MLS" yang ada gua pengen nabok muka si DS pake sendal.

Pernah suatu hari Nyokap gua terenyuh dengan si DS yang belum pernah merasakan pahit manisnya mereguk asmara. Nyokap gua rencana mau ngenalin salah satu murid Santa Maria 2 ke si DS, gua sebagai anak jujur merasa kecewa. Kecewa karena seumur-umur gua sendiri belum pernah dikenalin ama yang cakep ama Nyokap, eh giliran si gembrot DS malah dikenalin. Gua merasa gagal sebagai seorang anak :(

Pertemuan pun diatur. Mereka berdua akhirnya kenalan, gua dan Ambu (salah satu temen gua yang lain) ngeliatin sambil cekikan sekaligus terharu karena bisa jadi ini merupakan titik awal si DS untuk merasakan pahit manis berpacaran. Setelah kenalan dan jajan, si cewek pamit pulang ke Nyokap gua dan jalan sendirian ke depan.

Kalau cowok peka, dia pasti bakalan ngejar si cewek dan nawarin tumpangan kan? Tapi ini si DS gak tau kebanyakkan ngunyah mecin di Supermie mentah, dia malah ngomong "Buat apa?" pas gua bilang suruh kejar si cewek (Sarah namanya). Lu tau gak adegan Dian Sastro di film AADC yang pas dia berantem ama si Nicolas Saputra di Pasar Buku Kwitang? Si Dian jalan meninggalkan Nico sendirian terus gak lama dia nengok ke belakang, kasih kode biar dia disusulin kan?

Nah si Sarah juga sudah kasih kode nengok ke belakang tapi luar biasanya si DS ini masih membantu berdiam diri sambil ngunyah Supermie mentah (supermie yang gak dimasak tapi diremet dan langsung dimakan). Gila, gila.

Bertahun-tahun setelah kejadian itu, si DS tampaknya mulai sadar kalau apa yang dia lakukan tempo hari itu salah. Jelas terlambat karena gua rasa Sarah sekarang sudah bahagia dengan tambatan yang lain. Tapi gobloknya, kejadian itu belum membuat si DS sadar, kalau hidup itu jangan hanya menunggu tapi harus mencari juga.

"Tenang Ja, semua akan indah pada waktunya. Jodoh gak akan kemana kok" kata DS sok optimis

"Semua memang akan indah pada waktunya tapi kalau lu cuma diem kayak gini, gak ngapa-ngapain gimana bisa dapet. Jangan menunggu keajaiban, ada cewek datang ke rumah lu terus ketuk rumah lu buat dijadiin pacar ama lu Ded" kata gua panjang lebar.

Omongan panjang lebar gua itu sepertinya membuat DS sedikit berpikir. Karena sorenya, dia SMS gua gini "Ja, ada di rumah? Keluar yuk"

Ini waktunya gua bales dendam, kalau dulu pas disms dia cuma jawab "GAK" atau "MLS", untuk ajakkan ini gua bales "Gk". Singkat dan jelas, hahahahaha

.........................................................

Jika DS sedang menunggu datangnya seorang wanita cantik yang mengetuk pintu rumahnya dan berharap dijadiin pacar, teman gua yang lain si Benny malah sedang menunggu kelahiran anak keduanya. Benny ini teman 1 Sekolah Minggu gua di Gereja dan ketemu lagi pas SMA (kita 1 sekolah biar gak pernah sekelas). Benny ini 1 type ama si DS, pasif dan pendiam (ngomong seperlunya aja). Pas lagi Sekolah Minggu, si Benny pernah gua bikin nangis karena gua ambil paksa Tazos (hadiah dari Chiki Ball, generasi 90an pasti tau Tazos) punya Benny. Kedua, gua pernah ngumpetin sepatu dia di Kotak Persembahan sampai dia nangis baru gua balikkin.

Setelah lama gak ketemu, gua ketemu dia pas gua lagi ada perlu di Bank. Lagi asyik nunggu antrian, Si Benny nepok gua sambil ngomong "Sani, apa kabar maneh?". Pas gua tengok eh si Benny ternyata. Mukanya belum berubah sejak dulu dan intonasi ngomongnya tetep datar (jadi kadang bingung dia lagi nanya atau menjelaskan). Gua peluk si Benny dan ngobrol tentang kesibukkan masing-masing.

"Clobberin Time gimana? Makin yahud aja nih" tanya Benny

"Kok tau Ben?" tanya gua heran

Belum Benny jawab pertanyaan itu, tiba-tiba ada anak kecil lari ke arah Benny sambil ngomong "Pih, ayo pulang". Langkah si anak kecil itu diikuti oleh seorang Ibu yang tampak sedang hamil besar dan ngomong "Pih itu siapa?"

"Kenalin San, ini istri ama anak gua. Istri gua sekarang lagi hamil lagi anak kedua"

GUA BENGONG asli GUA BENGONG. Benny yang dulu anaknya culun dan pernah bikin gua nangis gara-gara sepatunya gua umpetin sekarang sudah menikah dan sudah punya anak? Dan lebih edannya sekarang lagi nunggu anak kedua?

"Lu nikah tahun berapa Ben?" tanya gua shock.

"Nikah tahun 2012 San. Ini kebetulan pacar pertama gua, gak lama pacaran langsung nikah. Kalau kelamaan tanpa kepastian entar diambil orang loh"

Benny menikah tahun 2012. Tahun 2012 itu dimana gua sedang berjuang buat namatin game Dino Crisis di Playstation, ini orang malah sudah nikah. Gua kaget campur shock. Asli

"Maneh gimana San? Ah, kalau lu mah gampang kali buat deketin cewek"

"Masih single aja nih Ben"

"Kok bisa"

"Soalnya sampai hari ini belum ada yang bisa meluluhkan hati gua Ben"

"Ta* kuda maneh, San" kata Benny yang diiringi tawa kita berdua.

Benny kemudian bercerita soal filosofi pemancing yang dianut oleh dirinya. Untuk mendapatkan banyak ikan, pemancing pasti bakalan lempar banyak umpan ke dasar kolam. Saat umpan dilempar, ikan pasti bakalan mendekat dan siapa yang gigit umpan kita pasti bakalan kita tarik. Kalau ikannya kecil atau gak sesuai biasa dilepas oleh pemancing. Nah, menurut si Benny dalam menjalin hubungan kita jangan mengikuti filosofi pemancing. Jangan terlalu banyak melempar umpan karena membuat kita gak fokus, semakin banyak umpan yang dilempar semakin banyak pula ikan mendekat. Semakin ikan mendekat, semakin sulit juga untuk kita buat memilih.

"Maneh, jangan terlalu banyak melempar umpan (maksudnya tebar pesona). Nanti yang ada malah gak fokus, yang ada ikannya pada ngacir kemana-mana. Umpan lu habis, eh maneh gak dapat ikan" cerocos Benny.

Benny yang dulu gak pernah bisa hafal ayat hafalan pas di Gereja + hobbynya jajan bakso cuanki depan Gereja sekarang bisa-bisanya ngajarin gua soal filosofi pemancing dan ikannya.

"Kapan-kapan gua ke Rumah ya Stef. Mau liat baju" kata si Benny. Gue keluarin Hoodie dari tas gua dan kasih ke Benny gratis. Kebetulan gua emang selalu bawa Tees/Hoodie lebih di tas gua.

"Ambil aja Ben. Buat ngegantiin Tazos lu pas jaman Sekolah Minggu"

Kita pun kembali tertawa bersama

.......................................................................

Omongan Benny soal filosofi pemancing dan ikannya kadang bikin gua nyengir sendiri kalau gua ingat. Di hari yang sama gua ketemu Benny, Malamnya gua janjian ama si Ambu buat ketemuan di sebuah Convenience Store buat ngopi. Si Ambu ini lagi keranjingan main Tinder dan kalau denger ceritanya ok sih, dia sudah 4x berhasil ketemuan ama temen chatnya di Tinder. Satu Malam sebelumnya, Ambu keliatan sibuk bener. Dia sudah coba-coba baju buat dipake pas ketemuan ama si gebetan Tinder + nanya ke gua gimana caranya buat mencairkan suasana termasuk jokes-jokes yang biasa gua pake pas ngobrol ama cewek. Asli kalau ditanya kayak gini, gua susah jawabnya. Jokes yang biasa keluar dari mulut gua itu biasanya spontan dan tidak direncanakan sebelumnya. Kalau Textbook jatuhnya malahan garing.

Persiapan sudah maksimal tapi sayang apa yang direncanakan tidak berjalan baik. Si Ambu emang ketemu sih, ngobrol dan ketawa ketiwi tapi setelah pertemuan itu, si Cewek mendadak berubah. Dari yang biasanya aktif kalau dibales chat, sekarang kalau bales chat Ambu cuma 'Iya, wkwkwkwkw' atau 'Oh gitu?' atau 'Iya deh'. Kalau cewek udah bales singkat gitu, itu tandanya apa? Itu tandanya si cewek gak demen aman ente Mbu.

"Tapi gua percaya San, suatu hari nanti ada kenalan dari Tinder yang bisa serius ama gua. Gua mau nunggu orang itu" kata Ambu sambil ngopreknya akun Tindernya. Optimis sekali Ambu ini biarpun gua selalu berpikiran gak akan pernah bener buat cari jodoh lewat Tinder.

................................................................

*Spoiler Alert* Jika di ending film The Terminal, Viktor Navorski akhirnya berhasil keluar dari Bandara setelah menunggu sekian lama (ternyata tujuan Viktor ke New York hanya untuk datang ke Klub Jazz favorit almarhum Ayahnya), gua belum tau berapa lama lagi para temen gua akan menunggu. Gua gak tau sampai kapan si DS akan setia menunggu seorang wanita datang sambil mengetuk pintu rumahnya untuk dinikahi, gua belum tau berapa lama lagi Benny menunggu kelahiran anak keduanya, dan gua juga belum tau sampai kapan Ambu bakalan menunggu jodoh datang lewat Tinder. Semuanya masih menunggu, menunggu, dan menunggu.

Kalau ditanya, gua sekarang lagi nunggu apa? Gua jawab gua lagi menunggu (dan mencari tepatnya) pendamping hidup (uhukkkkk). Gua ngerasa usia gua sudah cukup matang untuk memulai perjalanan baru dan Puji Tuhan untuk saat ini gua sedang dititip berkat yang lumayan. Sudah tidak ada lagi keraguan dan ketakutan untuk memulai kehidupan baru karena gua ngerasa sudah siap lahir dan batin.

Jangan terpuruk hanya karena sikap seseorang yg mengecewakanmu, karena di luar sana banyak yang sedang menanti senyum manismu. Tetap semangat buat yang sedang patah hati, masih banyak hal yang bisa kamu lakukan :)

Btw, kamu sendiri sekarang lagi menunggu apa?

By: Stefanus Sani (Contact Me: Ssani38@yahoo.co.id or StefanusPacho@gmail.com).
The world will never be the same once you've seen it through my eyes. If you want to see may world, just check my blog at www.sanipunyablog.blogspot.com

Selasa, 21 Februari 2017

Thanks, from your Bitch

Ada 1 cerita yang menurut gua bagus tapi hingga kemarin masih gua simpan rapat-rapat di hati dan pikiran gua *ehem*.

Cerita ini gua dapat ketika gua jadi Driver Ojek Online (baca dulu 3 postingan cerita gua jadi Driver Ojol biar nyambung). Awalnya, gua gak ada rencana buat bikin cerita ini jadi postingan blog tapi pas gua obrolin bareng beberapa temen, mereka bilang ok banget buat dijadiin postingan blog.

Yang bikin gua belum berani publish adalah cerita ini ada muatan/konten dewasanya dan gua tahu beberapa orang yang suka baca (khususnya buyer Clobberin Time) masih ada yang dibawah umur.

Tapi setelah gua berpikir keras, akhirnya gua putuskan buat ngangkat cerita ini. Gua bakalan menimalisir sebisa mungkin agar cerita ini menjadi aman untuk dibaca semua orang. Pesan gua, ambil yang baik-baik saja, yang dirasa gak baik di-kick aja dari pikiran kamu.

.................................................

Suatu Malam di hari Sabtu,

Sepulang dari Gereja (kebaktian hari Sabtu Malam), gua berencana mau beliin Ortu + Kakak Ayam Goreng Padaloma yang letaknya di Antapani (jaraknya gak terlalu jauh dari rumah gua). Sebenarnya gua sudah capek banget dan pengen banget cepet sampai ke rumah, baca komik sebentar dan terlelap dalam tidur.

Tapi karena Nyokap gua sudah nelponin mulu suruh beliin Ayam Padaloma, jadi terpaksa deh gua melipir kesana. Padahal gua dari Pagi sampai Malam belum pulang (Dari Pagi ngurus Clobberin Time dan Sore langsung ke Gereja). Bukannya dicariin eh malah disuruh jajan Ayam dulu :(

Sambil nunggu Ayam digoreng, gua iseng nyalain aplikasi 'UBER Driver' (Aplikasi khusus buat Driver Uber). Gua iseng mau lihat pergerakannya karena praktis setelah gua retired jadi Driver Ojol, gua belum pernah buka aplikasi ini lagi. Gak lama setelah gua buka, tetiba ada alarm masuk, tanda ada panggilan datang. Gak terlalu antusias, gua klik dan keluar namanya 'Sharefa'. Dari nama udah keren nih, S-H-A-R-E-F-A, seperti yang pernah gua tulis, nama keren biasanya menentukan orangnya. Contoh nama keren: Stefanus Sani. Dari nama juga sudah keren, orangnya pasti keren juga *uhuk*

Gua sama sekali gak kepikiran buat ngangkut dia karena kondisi gua yang sudah capek banget + gua harus bawain ini Ayam buat Ortu. Tapi belum gua cancel, ada telpon masuk ke HP gua. Pas gua angkat, eh si Sharefa yang nelpon.

"Posisi saya depan Lapangan Gasmin, dekat Jalan Plered. Saya pake jaket hitam" kata suara di ujung telpon

Gua berdiri sebentar dan tengok, ada cewek lagi berdiri di depan Gapura Jalan Plered. Dan begonya, dia tau kalau orang yang lagi berdiri itu gua si Driver Uber.

"Kamu yang lagi berdiri deket Ayam Padaloma ya?" kata Sharefa di ujung telpon sambil dadah ke arah gua.

"Iya mbak, Iya. Tunggu sebentar ya Mbak, saya bayar Ayam dulu" kata gua pasrah. Karena sudah keliatan, mau gak mau gua harus anterin dia karena gak mungkin juga gua cancel langsung di depan dia karena posisi gua dan dia yang sudah saling berhadapan gini.

Gua bayar ini ayam dan datang menghampiri dia. Kita sama-sama kaget, pertama gua kaget karena gayanya si Sharefa ini 'wow' sendiri. Lu bayangin jam 9 Malam, dia berdiri pake celana yang pendek bener. Pahanya diumbar kemana-mana, belum lagi dia pake baju yang belahan dadanya rendah banget. Makin perfect deh di mata laki hidung belang.

Dia juga sepertinya kaget ngeliat gua, 'Ini bener dari Uber?'. Pertanyaan ini sudah sering ditanyakan ke gua selama 2 Minggu gua jadi Ojol jadi gua sudah biasa kalau ditanya pertanyaan itu. Muka gua mungkin gak ada mirip-miripnya jadi Abang Ojek kali ya.

"Kita mau kemana Mbak?" tanya gua

"Ke Paskal ya" kata dia. Begitu denger dia bilang mau ke Paskal, gua langsung lesu karena sama aja gua harus menjauh dari Rumah gua yang jaraknya cuma 5 menit dari si Penjual Ayam ini.

Ngeliat gaya si Sharefa dan tujuan ke Paskal, gua sudah yakin seyakin yakinnya kalau Sharefa ini pasti kerjaannya di Tempat Hiburan Malam. Apalagi di Paskal kan emang gudangnya tempat hiburan Malam. Satu lagi, gua yakin banget kalau nama dia bukan Sharefa, nama Sharefa itu gua pikir semacam nama panggung dia.

"Siap Mbak? Kita berangkat sekarang ya"

Di awal perjalanan, tetiba Sharefa ngomong gini "Aku boleh pegangan gak? Dingin soalnya". Gua persilahkan karena gua pikir dia cuma mau megang pundak atau pinggang gua tapi ini gak. Dia malah meluk gua kayak orang pacaran dari belakang.

Gua kaget dipeluk kayak gitu, asli gua risih dipeluk ama orang yang gua gak kenal. Bukannya munafik, kalau misalnya yang meluk pacar sendiri gua SENENG BANGET tapi kalau dipeluk ama orang yang gak dikenal gua berasa risih dan canggung.

Belum lagi gini, gimana coba kalau ada orang yang kenal gua terus liat gua di tengah jalan. Dia bakal mikir gini: "Si Sani dipeluk ama cewek sexy dan sepertinya mereka mau pergi untuk tujuan maksiat".

Nama gua langsung hancur, dari niat beli ayam goreng Padaloma buat orang tua sekarang jadi cowok yang mau pergi maksiat ama cewek yang dibayar.

Gua kebutin motor dan di tengah jalan, gua membuka obrolan.

"Kerja atau masih kuliah Mbak" tanya gua

"Kerja. Ini baru mau kerja"

"Di Paskal dimananya Mbak? Di Food Courtnya" tanya gua sok polos

"Bukan di ********, kamu tau ********?"

"Oh iya tahu Mbak. Yang Spa itu ya Mbak?"

"Saya bukan di Spa-nya tapi di Karaokenya"

Menarik nih. Seperti yang pernah gua bilang, tujuan utama gua menjadi Driver Ojol adalah untuk 'menabung cerita' dan gua yakin bakalan banyak cerita yang bisa gua kulik dari Sharefa. Cuma gua harus bikin dia nyaman dulu sebelum gua kulik lebih lanjut.

"Kamu suka kesana" tanya dia

"Gak pernah Mbak, tiap hari kerja dan kuliah terus gak ada waktu buat cari hiburan gitu. Saya gak bisa nyanyi juga nanti kalau nyanyi tamu yang lain malah kabur"

Sharefa ketawa terus dia nanya lagi;

"Jadi hiburan kamu apa dong?"

"Baca komik, nonton film atau ngejek temen saya mbak. Itu sudah cukup buat saya. Kerja di karaoke gitu, lumayan gak Mbak penghasilannya"

Tanpa ditanya lebih lanjut, Mbak Sharefa kemudian cerita panjang lebar soal kehidupannnya jadi seorang pemandu lagu (PL) di karaoke plus. Dia cerita kalau tarif dia itu 700rb dan setiap menamani tamu nyanyi dia bakalan dapet voucher, voucher itu bisa ditukar kapan aja di kasir. Pendapatan 700rb itu dipotong biaya make up sebesar 30rb setiap harinya dan potongan komisi buat Mamih (Mamih = Germo).

Itu Mamih emang laknat deh. Udah ngejual orang ke laki hidung belang, motong komisi segala. Neraka paling dasar sepertinya akan menjadi tempat yang paling cocok buat para Germo ini kelak.

Selain dapet voucher 700rb itu, Sharefa bakalan dapat komisi lagi kalau bisa ngejual beer ke tamu. Jadi semakin si tamu sering order beer maka semakin banyak pula komisi yang didapat Sharefa. Dan mau gak mau supaya si tamu order beer lagi, dia harus ikut minum juga yang banyak sampai mabuk supaya tamu mau beli beer.

"Saya ini sudah berasa gak ada harga dirinya lagi" kata Sharefa. Suaranya bergetar dan saat ngomong gitu dia merebahkan kepalanya ke punggung gua. Dia cerita gimana dia harus berdiri berjejer bareng yang lain sebelum akhirnya dipilih oleh tamu hidung belang.

Yang bikin sedih, mungkin karena Sharefa kalah cantik dan sexy ketimbang yang lain, dia ngomong kalau jarang ada yang milih dia. Dan kalau gak ada yang milih dia artinya dia bakalan pulang tanpa bawa uang apa-apa.

"Paling males itu kalau dapet tamu yang sudah tua. Bukannya tobat, inget anak istri malah jajan. Yang tua biasanya yang paling semangat ngegerayangin tubuh kita"

"Jijik gak mbak? Kalau saya ngebayanginnya kok rada jijik gitu ya" tanya gua

"Jijik tapi mau gimana lagi, merem aja kita. Udah kebal, gak kerasa apa-apa lagi. Kalau misalnya pas tamu datang dan kita dijejerin terus tamunya orang tua, kita biasanya jawil-jawil satu sama lain sambil bergunam supaya dia gak milih kita. Tapi kalau tamunya muda dan ganteng, semuanya doa dalam hati biar kita yang dipilih. Saya kadang gak habis pikir, yang tua gitu apa gak kepikiran sama anaknya ya. Kita kan pasti seumuran sama anaknya" cerocos Sharefa

"Disana banyak paket-paketnya, ada paket eksklusife. Ada kamar tersendiri disana jadi kalau mau main bisa langsung di kamar itu. Sekali main bisa habis 3-5 juta"

"Kalau saya yang dateng kesana, bakalan termasuk yang dijijikin atau yang dipilih mbak?" tanya gua iseng.

"Kamu tergolong yang dicari, masih muda dan putih soalnya" kata dia

Ehem, akhirnya ada juga bilang kalau gua ini putih, hihihihi

"Kamu jangan dateng pernah datang ya ke tempat gituan. Kalau misalnya kamu sekali sudah tercebur kesana, kamu bakalan susah lepasnya. Inget istri, inget anak. Coba kamu bayangin istri kamu di rumah nungguin kamu, gak taunya kamu jajan sana sini. Jajan kayak gini gak murah, sekali datang bisa habis sampai jutaan"

Iya tenang Mbak. Jangankan datang, berpikir pun tidak pernah. Lelaki itu diuji saat dia sedang dititipin berkat dari Tuhan kalau saat dia dititipin berkat terus dia jadi bajingan atau bedebah, gua percaya suatu saat nanti Tuhan bakalan ambil lagi berkat yang sedang dititip itu. Hidup lurus-lurus aja kalau belok ya beloknya jangan terlalu belok banget :)

30 menit kita habiskan dengan mengobrol di jalan dan sesampainya di Paskal, gua dapet pengalaman yang gak enak. Lagi ambil karcis parkir tetiba petugas parkir (sepertinya kenal dengan Sharefa) ngomong gini "Hey P**** Malam banget datengnya. Sudah dapet pelanggan ya" kata si petugas parkir sambil matanya ngarah ke gua"

Asli gua tersinggung berat. Gua bukan orang yang mudah tersinggung tetapi entah kenapa kali ini gua merasa tersinggung. Ada 2 hal yang bikin gua tersinggung, pertama dia ngatain Sharefa dengan sebutan P****. Kalaupun iya dia emang P****, gak usahlah dikatain kayak gitu. Kedua, gua tersinggung karena disangka pelanggan Sharefa.

Gua tepiin motor, gua turun dari motor dan datengin si petugas parkir. Gua tanya "Tadi kamu ngomong apa? Kalau ngomong jangan sembarangan. Kalau Ibu atau istri kamu dikatain P**** mau gak? Satu lagi, saya bukan pelanggan dia ya. Jangan sembarangan kalau ngomong!"

"Saya cuma bercanda Pak, dia juga temen saya" kata si Petugas parkir sambil nunduk, gak berani ngeliatan gua. Kalau gua gak bisa naham emosi dan mikir panjang, rasanya itu orang udah bakalan gua 'smack' saat itu juga.

Tapi karena gua beradab, gua cuma ancem dia kalau sekali lagi dia kayak gitu, gua bakalan langsung lapor ke kantor dia dan protes karena sudah nerima karyawan tidak beradab.

"Udah gak apa-apa San. Udah biasa saya, sudah kebal kok dikatain gitu" kata Sharefa.

Gak lama kemudian, dia nanya total pembayaran dan argo yang muncul 28rb (mungkin karena waktu sudah Malam jadi harga agak tinggi). Dan karena gua gak tega, gua gratisin perjalanan ini.

"Gratis aja Mbak Sharefa. Uangnya dipakai buat nanti pulang aja. Jangan terlalu Malam pulangnya, jangan terlalu banyak minum juga" pesan gua.

"Bener nih, gak apa-apa?"

"Iya gak apa-apa kok Mbak. Sehat selalu ya Mbak"

"Iya makasih ya Sani. Semoga nanti kita ketemu lagi ya" kata Sharefa sambil berlalu dari hadapan gua.

Gua pun beranjak pulang

....................................................

Chat dari Sharefa
Notes: Jangan salah sangka dulu ya kalau gua nanya 'kapan aku diajak karaoke'. Itu bukan berarti gua minta diajak karaoke itu hanya basa-basi gua buat memulai pembicaraan.

Sesampainya di rumah, ada WA yang masuk ke HP gua. Pas gua cek ternyata Sharefa yang chat. Intinya dia bilang terima kasih dan dia ngerasa dihargain banget sebagai seorang wanita. Di akhir chat gua dan dia, dia tambahin kalimat gini:

"............................thanks, from your bitch"

You aren't my bitch. You just  a women, like the others but you took the different path.

Semoga kamu bisa mendapat pekerjaan yang lebih baik lagi dan kelak kalau kita ketemu lagi, pekerjaan kamu sudah jauh lebih baik dari sekarang.


Feedback dari Sharefa (paling atas)



Minggu, 12 Februari 2017

Kembali jadi Driver Ojol (Lagi dan Lagi)

Sudah baca 2 tulisan gua tentang gua yang menyamar jadi Driver Ojek Online (Ojol)? Kalau dihitung, gua total jadi Driver Ojol itu selama 2 Minggu full dan sesuai tujuan awal gua jadi Ojol, gua dapet banyak 'tabungan cerita' yang akan gua pakai untuk penulisan gua.

Di tulisan gua yang terakhir, gua nulis setelah hari itu berakhir, gua resmi pensiun jadi Ojol dan kembali ke kehidupan gua yang semula yaitu ngurus Clobberin Time, menulis, dan ngeceng buat cari calon istri (halah).

Tetapi ada sedikit dilema buat gua ketika gua meninggalkan 'pekerjaan' gua sebagai seorang Driver Ojol karena selama gua narik 2 Minggu itu, gua jadi punya langganan yang pengen supaya gua jemput mereka lagi. Beberapa chat gua dengan para customer:



Dibilang ganteng eh maksudnya ganteng di kalangan tukang ojek :( 


Btw, banyak temen gua yang sirik dengan gua karena disaat mereka lagi berusaha keras supaya bisa chat dan deket dengan cewek dengan cara main TINDER (sesuatu yang gak mungkin gua lakuin) eh gua malah dicariin cewek biarpun dalam kapasitas gua sebagai Driver Ojol, hehehe.

Oh ya, dari semua langganan gua, gak ada satupun dari mereka yang tahu kalau gua ini Driver Ojol abal-abal karena gua gak pernah bilang ke mereka. Mereka semua taunya, gua adalah mahasiswa semester akhir yang sedang mencari dana tambahan buat skripsi dengan nyambi sebagai Driver Ojol.

Kalau di-chat gua keliatan senang buat jemput mereka kan? Sebenarnya hati gua itu galau. Galau karena selain gua bukan Driver Ojol beneran, gua juga punya kesibukkan sendiri yang gak bisa ditinggal. Apalagi pekerjaan gua itu mobile jadi waktu sangat susah ditebak. Kadang ada waktu kosong eh kadang baru bisa pulang jam 11 Malam. Belum lagi sejak awal tahun 2017 ini, gua ambil kursus Bahasa Inggris (sebelumnya sempet ikutan kursus tahun 2015 tapi gak berlanjut karena mendadak males) jadi waktu menjadi terbatas.

Temen gua (lebih tepatnya buyer Clobberin Time) yang gua mintai tolong buat masukkin gua ke UBER (dia kerja jadi Tim Support UBER) nge-chat gua bilang kalau gua disuruh ke Kantor UBER buat ambil jaket dan helm karena kalau gua gak ambil, gua bisa kena waitlist dari UBER.

Sebenarnya gua gak mau ambil karena gua sudah mau pensiun tapi dia bilang mending ambil aja, siapa tau gua suatu hari nanti mau narik lagi. Apalagi ada peraturan baru, jadi semua Driver wajib menggunakan atribut setiap lagi jemput orang. Dan peraturan ini membuat gua jadi semakin repot setiap gua mau jemput langganan gua.

Lu tau kan Superman atau Spider-Man setiap ada gangguan musuh dia bakalan cari tempat sepi buat ganti kostum? Sama seperti gua. Setiap ada panggilan dari para pelanggan, gua langsung cari WC buat ganti kostum. Kalau lagi gak nemu WC, gua cari bedeng di pinggir jalan, ngumpet di belakang bedeng buat ganti kostum. Nyokap gua sudah ngomong supaya gua bilang aja ke para langganan kalau gua sudah gak narik lagi karena sudah dapet pekerjaan baru.

Tapi di sisi lain, gua gak enak buat nolak kalau kakak atau dedek yang cantik-cantik ini minta dijemput. Yang kenal gua pasti tahu banget kalau gua orangnya susah buat nolak apalagi ke perempuan. Belum lagi gua suka gak tega ngebayang kalau mereka ini nunggu Ojol lain di tepi jalan terus digodain orang lain. Gua juga kadag mikir gimana kalau mereka dapetnya Driver yang gak baik. Gua selalu membayangkan kalau mereka itu adalah Nyokap, pacar atau mantan pacar yang ngebuat gua jadi semakin gak tega. Memang terlalu kebawa perasaan si Sani ini :(

Satu hal yang paling gua jaga dari hubungan antara Driver - Costumer ini sebenarnya adalah tentang kepercayaan. Maksudnya kepercayaan itu gimana San? Iya gini. Gua yakin deh kalau kalian jadi Customer Ojol terus kira-kira dalam waktu yang singkat kalian bisa percaya ama Driver itu gak? Percaya kalau Driver itu Driver baik yang gak akan aneh-aneh atau berlaku curang?

Nah itu yang gua jaga. Perjalanan nganterin Customer itu kalau menurut perhitungan gua kisaran waktunya 20-30 menit (tergantung jarak dan lokasi). Nah bagaimana caranya dalam waktu 20 menit itu, Customer kamu yang cantik itu bisa percaya ke kamu?

Eits, kalian jangan salah sangka ngiranya gua bakalan chat duluan setelah nganterin Customer. Chat minta dilangganin atau sok kenal sok dekat. Atau pas habis nganter si Customer cantik terus gua kasih kode minta dilangganin. Itu hal yang gak mungkin gua lakuin. Belum lagi (seperti yang pernah gua bilang), gua ini bukan type orang yang suka memulai chat dan pembicaraan pertama.

Yang gua lakuin adalah kasih senyum tulus, ajak ngobrol. dan gak perhitungan. Inilah untungnya suka membaca, jadi setiap ketemu Customer dengan berbagai ragam yang berbeda kita bisa ngobrol panjang nyambung dengan dia.

Oh ya, meskipun gua punya beberapa langganan tapi gua tetep harus menjaga rambu-rambu. Maksud rambu-rambu ini adalah gua gak pernah ngajak mereka pergi bareng atau hang out bareng. Gua tetep memposisikan diri gua sebagai seorang Driver dan mereka adalah Customernya.
.............................................

Salah satu langganan gua namanya Ibu Triska. Ibu muda ini bekerja sebagai seorang Dokter Gigi di sebuah Rumah Sakit. Gua ketemu Ibu Triska ini sewaktu gua lagi otw pulang dan pas gua lagi lewatin Jalan Citarum, alarm UBER gua berbunyi dan kasih kode kalau ada panggilan masuk. Ibu Triska ini lagi isi (hamil) dan begitu tahu kalau Ibu Triska lagi hamil, gua jadi sedikit was-was. Ada perasaan khawatir bawa Ibu hamil karena gua tahu banget kalau perempuan lagi dalam kondisi hamil atau lagi haid pasti bakalan sakit banget kalau kena goncangan pas dibonceng. Bener gak?

Rumah Bu Triska ini di Cihanjuang (Kabupaten Bandung Barat) dan jauh banget dari rumah gua. Kalau misalnya searah pulang ama gua kan enak nah ini bertolak belakang (ujung ke ujung). Tapi karena udah gua accept, gua harus bertanggung jawab atas si jabang bayi yang ada di perut si Ibu eh maksudnya gua harus tanggung jawab buat nganterin Ibu Triska dan si jabang bayi tiba ke rumah dengan selamat.

"Ibu Triska, saya bawanya pelan-pelan aja ya Bu biar Ibu aman" kata gua ramah.

Di perjalanan kita cerita-cerita tentang pekerjaan Ibu yang jadi Dokter Gigi khusus anak-anak. Gua cerita gigi gua pernah dibor waktu masih TK terus gua nangis gak kelar-kelar gara-gara dibor itu. Lagi asyik cerita, gua ngerasa kalau tekanan angin di ban gua masih terlalu kuat karena sebelum gua jemput Bu Triska, gua sempat isi angin Nitrogen dulu.

"Bu kita nepi sebentar ya" 

"Kenapa ya mas Sani?"

"Ini Bu, saya buang angin dulu dikit. Saya masih ngerasa tekanan angin di ban terlalu keras jadi kalau kena jalan yang kurang rata, guncangannya lumayan kerasa" kata gua sambil buka pentil ban dan buang angin sedikit.

Kalau menurut gua, apa yang gua lakuin sih wajar banget. Secara gua bawa 2 orang sekaligus (Ibu dan dedek bayi yang masih dalam kandungan). Tapi ternyata ini luar biasa buat si Ibu Triska karena setelah sampai di rumah Ibu, selain dia kasih gua uang lebih dia juga bilang mau save nomor gua. Jadi setiap dia mau nguber lagi, dia bakalan ngehubungin gua.

Gua sampai hafal jadwal si Ibu Triska, setiap hari Senen dan Rabu di Apotek Indira (Citarum) terus lanjut Selasa, Kamis, Jumat di RSKG UNPAD Dipati Ukur.

............................................................

Bagusnya UBER ketimbang aplikasi Ojol lain adalah aplikasi UBER lebih mendunia ketimbang GOJ*G atau GR*B. Pusat UBER ada di San Fransisco dan aplikasi ini sudah dipakai oleh jutaan orang di seluruh dunia. Jadi Driver Ojol UBER berarti ada kemungkinan kamu akan pick up bule dan selama gua 2 Minggu narik itu, gua beberapa kali bawa bule. Gua ada 2 langganan bule, yang pertama Mr. Will (asal Filipina) dan bekerja sebagai seorang Guru di Stamford School. 1 lagi adalah cowok Korea namanya Jihun dan masih sekolah di BAIS.

Gua mau cerita soal Jihun. Gua ketemu si Jihun ini ketika gua habis ketemu buyer Clobberin Time di Kota Baru Parahyangan, di perjalanan pulang gua iseng nyalain aplikasi siapa tau ketemu Customer yang searah jalan pulang. Awalnya gua rada aneh juga begitu liat namanya Jihun (awalnya gua kira nama dia Jihan tapi salah ketik jadi Jihun). Gua jemput dia di titik penjemputan dan sesampainya disana, ada 2 orang (laki dan perempuan) bermata sipit. Sesampainya disana si cowok (yang belakangan gua tau namanya Jihun) nyapa gini "Annyeong-haseyo" ke gua,

"Annyeong-haseyo"? Itu bahasa apa yak? Gua awalnya ngira ini bahasa Mandarin. Pas dia nyapa gua dengan "Annyeong-haseyo", gua cuma cengo kayak orang goblok sambil ngomong 'yes', 'yes'.

Gua balik nanya kita mau kemana kak? Si Jihun seperti yang kebingungan dan gak ngerti gua ngomong apa. Gua nanya pake bahasa Inggris, dia malah makin gak ngerti.

Untunglah temen si Jihun yang gua gak tau namanya siapa (kita panggil Kim), bisa bahasa Indonesia. Si Kim ini ternyata cewek asli Korea tetapi sudah menetap di Bandung selama 11 tahun jadi fasih berbahasa Indonesia. Si Kim terus nyampein pesen gua ke si Jihun (pertanyaan gua yang tentang tujuan pulang si Jihun). Rumah si Jihun ternyata di Ciumbeuleuit dan 1 hal yang gua dapet adalah entah kenapa ini orang Korea kok kalau lagi ngobrol kayaknya heboh banget ya.

Jihun ke Kim: "여권을 보여 주세요" sambil peluk si Kim seolah ini adalah pertemuan terakhir mereka padahal besok juga pasti ketemu lagi.

Kim ke Jihun: "관광하러 왔어요" sambil cekikan dan ketawa ngakak. Dan lu tau GUA ASLI SEPERTI ORANG DONGO ngeliat 2 orang ini ngomong karena gua gak tau mereka ngomong apa.

Gua ke si Kim: "Satu-satunya kalimat Korea yang saya bisa cuma 'Sarangheo'/aku cinta kamu aja kak" Pas gua ngomong gitu, si Jihun langsung nimpalin ke gua 'Sarangheo' sambil cekikan.

Selain keliatan dongo karena gak ngerti mereka ngomong apaan, gua nampak keliatan jadi gay karena bilang Sarangheo ke cowok -_-

Sebelum kita pulang, Kim bilang kalau Jihun bisa bahasa Indonesia sedikit jadi harap maklum kalau dia gak ngerti kalau diajak ngobrol.

"Annyeong-hi gaseyo" kata Kim ke Jihun yang dibalas dengan "Annyeong-hi gaseyo" juga oleh si Jihun.

Gua gak ngerti apa artinya, tapi gua nangkepnya 'selamat jalan' atau 'selamat tinggal' (bener gak?). Gua gak mau kalah, gua juga balik ngomong "Annyeong-hi gaseyo" ke Kim sambil sok pede bari gak tau artinya apaan.

Di perjalanan pulang, gua gak banyak ngomong karena tahu si Jihun ini gak terlalu fasih berbahasa Indonesia. Tapi sebenarnya gua mau nanya 1 hal ke si Jihun "Jihun, mukamu kok putih bersih gitu. Apa rahasianya? Pake luluran apa atau cream apa?"

Belakangan ini, Nyokap gua protes mulu gara-gara ngeliat gua yang jadi hitam karena setiap hari terbakar terik matahari. Gua pun sudah kepikiran buat perawatan ke dokter kulit biar dapet cream buat mengembalikkan warna kulit gua jadi putih seperti sedia kala tapi karena gak ada yang nemenin sih jadi aja rencana itu ketunda terus #kode #kodekeras


Tapi karena gua yakin kalau gua nanya si Jihun gak bakalan ngerti, gua jadi nanya pertanyaan lain.

"Jihun, kamu suka kimci?" tanya gua polos.

Gua juga bingung, dari ribuan pertanyaan yang bisa gua tanyain ngapain gua nanya soal Kimci ye? Gua kepikiran Kimci karena 1 hari sebelumnya gua bareng temen habis makan di Mujigae.

"Saya suka sekali Kimci. Kamu suka?" kata Jihun terbata-bata.

"Tidak suka. Saya lebih suka sambel ulek buatan Ibu saya" balas gua

"Apa itu sambel ulek?"

"Kamu suka Bulgogi" tanya gua mengalihkan pembicaraan soal sambel ulek karena gua yakin bakalan susah buat jelasinnya.

Kita berdua kemudian ngobrol seadanya dan kemampuan bahasa Indonesia si Jihun lumayan oke ternyata (gak seburuk yang gua duga). Tapi anehnya si Jihun sama sekali gak bisa bahasa Inggris padahal kalau bisa Inggris, ada kans kita bisa kenal lebih intim lagi. Haish

"Kamu suka Boyband Korea" tanya Jihun.

Pertanyaan dilema. Kalau gua jawab suka nanti takut ditanya-tanya padalah gua gak ngerti sama sekali soal boyband Korea. Satu-satunya Boyband Korea yang gua tau adalah SM*SH eh itu mah Boyband jadi-jadian asal Indonesia ya?

Tapi kalau gua jawab gak tau, perjalanan ini akan jadi garing. Dibanding sunyi senyap, gua bilang gini ke Jihun "Iya, saya suka Boyband Korea"

"Boyband apa yang kamu suka?" tanya Jihun

"Saya suka Super Junior dan EXO" kata gua polos. Padahal sumpah lagu ama orangnya yang mana aja gua gak pernah tau. Gua tau EXO ama Super Junior gara-gara pas gua lagi main ke kost temen gua, di pintu dia ada tempelan sticker tulisannya 'Super Junior' dan 'EXO"

"Kamu suka SNSD?" tanya Jihun

"Ya suka sekali, saya suka dengan Sunny. Dia sangat cantik" jawab gua antusias. Satu-satunya member SNSD yang gua tahu cuma si Sunny secara nama dia sama kayak gua.

Gara-gara ngomongin soal Boyband Korea, sepanjang perjalanan Jihun cerita soal mimpinya jadi anggota Boyband. Kalau gua perhatiin, si Jihun ini adalah kans buat jadi anggota Boyband secara mukanya putih bersih meskipun rada kemayu dikit.

20 menit perjalanan kita sampai ke tujuan dan total argonya sebesar 16.500 dan kocaknya duit si Jihun tinggal 15rb pas. Dia kasih gua uang 15rb sambil nawarin permen karet (mungkin dianggap harganya sebesar 1.500 ye).

Gua bilang gak usah terus gua bilang kekurangannya simpen aja kalau kita ketemu lagi nanti baru bayar lagi. Dia ngomong "Joesong-hamnida. Kamsahamnida". Gua mengartikannya sebagai ucapan terima kasih dan dengan sok keren gua bilang "Annyeong-hi gaseyo"

Dari 20 menit perjalanan gua nganterin si Jihun ini, gua jadi bisa ngomong 1 kalimat dalam bahasa Korea "Annyeong-hi gaseyo"

.......................................................

Hal terutama yang gua dapet selama karir singkat gua jadi Driver Ojol adalah gua jadi lebih banyak bersyukur. Gua sering dapet Customer yang status sosialnya menengah ke bawah. Ada yang jadi Waiters restoran, jadi pelayan toko, dll. Gua pernah dapet seorang Waiters Restoran Duck King di deket PVJ, dia cerita-cerita soal tamu di restorannya. Dia ngomong gini ke gua "Buat mereka itu 600rb mungkin seperti 60rb, beda banget dengan kita. Tamu yang makan di Duck King biasa habis di kisaran 600rb sekali makan buat 1 keluarga". Sedikit tamparan buat gua yang kadang boros buat beli action figure atau barang yang gua suka.

Waiters bernama Liza ini asli orangnya baik banget. Pas nyampe kost dia, total tagihan adalah '0' alias gak usah bayar karena dia dapet promo dari UBER. Kalau di layar gua total tagihannya '0' biasanya gua bilang gak usah bayar karena gratis dan gua pamit buat pulang. Tapi Liza ini orangnya asli baik banget, dia malah kasih gua uang 25rb sambil ngomong gini "Ini tadi saya dapet Tips dari tamu, uang baru juga. Ini simpen ya, semoga kuliahnya cepat selesai terus bisa bawa keluarga makan di Duck King"

Gua tolak tapi Mbak Liza ini malah ngacir masuk ke kostnya. Jujur, gua jadi sedikit terharu karena orang kecil kayak Mbak Liza yang (maaf banget) pekerjaannya cuma Waiters tapi hatinya baik banget. Gua sering baca pengalaman Driver lain yang ketemu dengan orang yang gayanya tajir terus kerja kantoran gitu, begitu dapet promo '0' rupiah yang ada langsung kasih helm dan langsung pergi aja gak ada ucapan terima kasih atau basa basi apa.

Untuk membalas kebaikkan hati Mbak Liza ini, beberapa hari setelah pertemuan gua dengan Mbak Liza, gua ajak Ortu + kakak buat makan di Duck King PVJ. Buat mereka pasti aneh karena Ortu tahu banget kalau lidah gua ini lidah kampungan yang doyannya makan di Ampera atau Ma Uneh.

"Iya sesekali lah. Sekalian pergi jauhan dikit buat manasin mobil sekalian. Gak pernah dipake nanti turun mesin" jawab gua ketika ditanya kok tumben ngajaknya makan di Duck King.

Dan pas nyampe di Duck King, beneran ada Mbak Liza tapi dia sama sekali gak mengenali gua. Mungkin karena gua beda gaya yah, gaya lagi pergi ke Mall dengan gaya gua yang jadi Driver Ojol.

Kita kemudian mesen dan habis makan, gua bilang gini ke Nyokap gua "Ma, ini tolong kasih tips Mbak yang itu tuh" kata gua sambil nunjuk Mbak Liza. Gua berpesan supaya pas kasih Tips ke Mbak Liza, jangan ketahuan ke karyawan lain karena nanti takutnya yang lain malah minta bagian. Sambil beranjak pulang, Nyokap gua selipun tips di tangan Mbak Liza dan Mbak Liza terlihat sangat sumringah sambil mengucapkan terima kasih.

Sekarang kita sudah impas ya Mbak, semoga pekerjaannya lancar dan cepet naik jabatan di Duck King supaya bisa jadi Supervisor disini :)

..............................................................

Satu hal lain yang benar-benar membuat gua bersyukur adalah ketika gak sengaja gua ketemu seseorang Driver Uber di sebuah warung nasi. Setiap siang itu gua biasanya pulang ke rumah buat makan dan tidur sebentar terus sorenya lanjut ngurus Clobberin Time lagi atau ketemu banyak buyer. Tetapi pada hari itu waktunya mepet karena gua harus ketemu buyer jam 1 siang. Gua nepi sebentar ke sebuah warung nasi dan mesen telur sama tahu/tempe. Hampir beres makan, datang bapak tua pake atribut UBER (jaket UBER) duduk gak jauh dari gua terus mesen makanan. Yang bikin miris adalah dia cuma mesen nasi dengan tahu goreng 2 pcs dan nasinya minta disiram kuah sop bening. Lagi makan, ada telpon masuk dan samar-samar dia ngomong gini "Ayah, nanti pulangnya Malam ya Mah. Dari tadi dapetnya promo terus, sudah 5x tapi '0' rupiah terus".

Sebenarnya gini, promo '0' rupiah itu bagus untuk merekrut pelanggan baru dan memang akan diganti oleh UBER. Tetapi pergantian itu dilakukan setiap 1 minggu sekali setiap hari Rabu. Jadi kalau misalnya di hari itu kamu narik 5 customer dan semuanya dapet promo '0' rupiah maka semua biaya perjalanan itu baru dibayar di hari Rabu.

Repotnya adalah buat orang yang benar-benar menggantungkan hidup jadi Driver Ojol adalah bagaimana caranya supaya dia tetep bisa isi bensin, makan dia + pulang bawa uang buat istri. Kasihan kan kalau misalnya di hari itu dia dapetnya 5 orang tapi pake promo semua? Gimana coba isi bensinnya? Gimana coba buat dia bawa ke rumah?

Saran gua ya, jadi kalau kalian lagi pake Ojol terus kebetulan dapet promo gratis ya setidaknya kasih tips 5 - 10rb buat si Driver makan atau isi bensin.

Karena kasihan dan gak tega, pas gua mau bayar gua bilang ke penjaganya "Mas, ini saya bayarin sekalian buat si Bapak itu (kata gua sambil nunjuk si Bapak Uber yang gua tau namanya siapa). Tolong sekalian bungkusin 2 nasi ya. Isiin aja ayam, telur, ama tahu tempe. Kalau ditanya bilang aja temennya dari UBER yang bayarin"

Gua jadi teringat sekitar 6-7 tahun lalu ketika gua masih awal banget memulai usaha kecil-kecilan (namanya belum Clobberin Time dan gua masih ngambil ke orang belum produksi sendiri kayak sekarang). Keuangan masih rada ngepas dan gua dituntut untuk benar-benar pintar mengelola keuangan terutama dalam hal soal makan. Mungkin karena gua benar-benar mulai dari 0 dan saat lu sudah lumayan seperti sekarang, gua jadi sangat menghargai proses dan gak pernah ribut soal makan. Mau makan dimana aja jadi selama itu bukan tempat yang aneh-aneh, gak pernah masalah buat gua.

...............................................

Selain membuat gua jadi orang yang semakin bersyukur, hal lain yang bisa gua petik ketika gua menjadi Driver Ojol adalah gua benar-benar membentengi diri gua sendiri dari hal-hal maksiat dan tidak berguna. Di usia matang seperti gua dan Puji Tuhan gua sedang dititipi berkat yang lumayan dari Tuhan, gua bisa kapanpun menjadi bajingan atau bangsat. Maklumlah, namanya juga cowok terkadang godaan datang silih berganti entah itu ada yang ngajak dugem, spa, pijet, karaoke dengan embel-embel plus di belakangnya.

Temen gua yang kerja di sebuah Bank dengan gaji sekitar 4jt per bulannya pernah cerita kalau dalam 1 bulan minimal dia 2x datang ke spa maksiat. 1x datang itu biasanya dia keluarin uang sebesar 800rb (termasuk tips, minum, dll). Gaji 4jt terus dipotong 1,6jt (2x maksiat) jadi setiap bulannya dia cuma megang uang sebesar 2,4 jt gitu? Kenapa uangnya gak dipakai buat memulai usaha kecil-kecilan ketimbang spa maksiat?

Gua yakin banget, kalau gua gak bakalan masuk ke dunia seperti itu karena gua sudah punya self defence yang cukup kuat. Tetapi ketika gua menjadi Driver Ojol selama 2 Minggu itu, gua jadi semakin bisa membentengi diri gua supaya gua tidak tercebur kesana. Percayalah, biar muka gua terlihat seperti anak nakal tapi gua belum pernah sekalipun tercebut ke lembah seperti itu.

Ketika kamu dapet Customer yang status sosialnya dibawah kamu, itu bisa membuat kita semakin bersyukur. Ketika kamu dapet Customer yang status sosialnya di atas kamu, itu bisa membuat kamu semakin termotivasi untuk bisa melebihi dia.

Ah terlalu banyak hal yang harus disyukuri dalam hidup ini. Gua jadi teringat dengan perkataan kakak 7 tahun lalu, "Janganlah kamu khawatir akan hari esok, karena hari esok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari. Daripada menghitung kesukaran kamu, cobalah menghitung berkat yang telah kamu terima."

Cheers :)

Minggu, 05 Februari 2017

Kembali ke Titik 0

Di suatu siang yang terik di Kota Bandung,

Gua lagi melangkahkan kaki gua ke sebuah Mall di Kota Bandung. Tujuan gua ke Mall adalah ke toko buku dan mau borong komik dan buku buat stock bacaan gua di Rumah.

Karena gak terlalu suka suasana ramai, gua biasanya pergi ke Mall itu setiap hari Selasa atau Rabu sekitar jam 1 siang karena suasananya pasti sepi dan bikin betah.

Lagi asyik melangkahkan kaki, tetiba ada yang manggil gua "De, De". Gak semua orang manggil gua dengan sebutan itu karena itu adalah panggilan gua di lingkungan rumah.

Awalnya gua gak terlalu menghiraukan tetapi orang yang memanggil gua itu kemudian colek pundak gua. Pas gua noleh, oh ternyata seorang teman lama yang sudah lama tidak bersua. Sudah hampir lebih dari 10 tahun kita gak ketemu setelah dia pindah keluar kota Bandung tahun 2006 silam.

Satu hal yang bikin gua terperanjat (halah) adalah teman gua ini (kita sebut saja dengan nama Rangga) kini bekerja sebagai pelayan toko di Toko Buku Gramedia. Sedikit aneh buat gua karena ketika dia pindah tahun 2006 ke Tegal (atau Tasik, gua lupa) dia katanya bikin usaha spare part disana dan laku keras. Katanya sih sudah jadi orang berhasil, sukses dan mapan tapi kok sekarang malah jadi pelayan toko.

Bukan maksud gua meremehkan pelayan toko tapi usia si Rangga ini sudah lumayan tua juga sekitar 33 tahun dan menurut gak cocok banget dia harus berdiri mematung di depan stand tas perempuan buat melayani pembeli.

Gua jadi ngebayang kalau gua yang jadi pelayan toko. Lu pasti tau kalau gua itu bukan orang yang bisa diem, gak ngapa-ngapain. Gak seru banget kayaknya kalau gua harus berdiri mematung di depan stand sambil ngeliatin orang bolak-balik.

Ada sedikit cerita tentang Rangga tapi sorry banget gua gak bisa jelasin lebih detail siapa Rangga ini karena gua yakin, beberapa orang pasti tahu siapa yang gua maksud. Gua cuma bisa bilang dia adalah teman lama gua dan kakak gua.

Rangga ini orangnya kalem dan cenderung pendiam. Mirip dengan kakak gua yang kalem tapi bertolak belakang dengan gua yang gak bisa diem. Lu tau kan Rangga yang di film Ada Apa Dengan Cinta yang diperankan oleh Nicolas Saputra? Biar gak seganteng Rangga AADC tapi pembawaannya mirip si Rangga AADC.

Orangnya suka seni (menggambar & menulis) dan menyendiri. Ngomong seperlunya aja, mirip banget ama si Rangga AADC walau sifatnya gak se-tempramen Rangga AADC.

Buat gua, gak ada masalah sih selama dia gak jadi maniac atau nerd. Rangga pernah naksir ama orang dan kebetulan gua jadi saksi hidup gimana respon yang didapat Rangga.

Jadi ceritanya gini, di sebuah perkumpulan (gua gak bisa bilang perkumpulan apa karena kalau gua tulis, gua yakin beberapa orang pasti tahu siapa orangnya) Rangga ternyata menaruh hati dengan seorang gadis (kita sebut saja dengan nama Fanie).

Dia gak pernah ngomong secara langsung sih tapi dari tindakkan Rangga, jelas dia menaruh rasa ke si Fanie. Rangga ini memang beda, kalau orang naksir kan biasanya minta kontak telepon atau ngajak pergi buat makan atau nonton, Rangga berbeda. Di suatu kesempatan, Rangga malah menyelipkan sebuah puisi dan 1 buah tangkai mawar ke tas Fanie.

Ini asli romantis kalau dilakukan di tahun 80an TAPI karena saat ini jamannya adalah jaman dimana cewek bisa bedain mana kalung logo mawar dengan 1 tangkai mawar yang cepat layu, si Fanie merasa gak nyaman dengan tindakkan Rangga. Dia cerita ke kakak gua dan bilang seperti sedang dikuntit dan menilai itu tindakkan FREAK.

Sadis.

"Iya, si Fanie ngerasa di-stalkerin gitu. Terus dia ngerasa gak nyaman, mana ada puisi tentang mawar segala" cerita kakak gua ke gua.

"Puisi tentang mawar gimana" tanya gua polos

"Iya jadi intinya di puisi itu, Rangga menkomparasikan keindahan bunga mawar dengan keindahan si Fanie. Kacau pokoknya" 

Gua gak tau detil puisinya kayak gimana tapi yang ada di pikiran gua, puisinya bakalan gini "Oh Mawar, indah sekali rupamu. Merah merona warnamu, harum semerbak baumu. Itu pun yang aku rasakan ketika melihat kamu. Indah sekali rupamu, merah merona warna gincu di bibirmu dan harum semerbak parfume di bodymu"

Kok gua jadi ngakak sendiri ya.

Setelah kegagalan mendapatkan Fanie, Rangga belum menyerah. Sekarang dia naksir ke seorang adik kelas gua semasa SMA. Kebetulan kita bertiga pernah ada di perkumpulan yang sama (sekali lagi maaf gua gak bisa kasih tau perkumpulan apa). Salahnya gua adalah gua pernah cerita ke si Rangga kalau gua punya akses masuk ke SMA gua tiap Malam.

Maksudnya gini, gua mempunya hubungan baik dengan penjaga sekolah SMA gua. Hubungan ini terjaga karena Nyokap gua yang kasihan suka nitip masakkan atau kue ke si Bapak Tua penjaga sekolah. Jadi kalau misalnya hari itu gua dibawain bekel, pasti Nyokap gua juga bakalan lebihin 1 bekel lagi buat si Bapak Tua.

Karena hubungan baik ini, gua jadi bebas keluar masuk sekolah saat Malam hari. Gua yang biasanya suka lupa kerjain PR atau kumpulin tugas biasanya datang Malam hari (sekitar jam 8 Malam) menyelinap masuk ke Ruang Guru dan kumpulin tugas gua yang siangnya belum gua kumpulin. Kikikikikikik (jangan ditiru). Ketika gua ceritain ini ke si Rangga (kebetulan si Rangga alumni SMA gua) tercetus ide keren dari dia.

Dia pengen kasih kejutan buat adik kelas gua yang kebetulan besok akan berulang tahun. Kita panggil saja dia dengan nama 'Stefanie'. Jadi pas jam 8 Malam, dia minta gua nemenin dia buat masuk ke kelas si Stefanie. Seperti yang gua tulis tadi, gampang saja buat kita berdua masuk karena gua punya akses masuk Sekolah di Malam hari.

Di kelas si Stefanie, dia tinggalin coklat di atas kursi Stefanie dan dia gambar + bikin ucapan pakai kapur di papan tulis. Asli ini keren KALAU dilakukan di tahun 80an. Tapi seperti yang gua bilang tadi, kita sekarang hidup dimana cewek udah bisa ngebedain mana dibonceng Supra ama dibonceng Ninja, yang ada Stefanie malah ngerasa gak nyaman.

"Cie, yang dapet coklat. Cie, yang dibikinin ucapan di papan" goda gua ke Stefanie ketika kita berdua berpapasan di kantin

"Jadi lu yang bikin ya? Freak bangetlah, malu gua ama temen-temen" kata dia

"Gak lah, gak mungkin gua bikin kayak gituan" bantah gua.

"Kasih tau siapa dong. Malesin banget, pengen gua marahin" 

"Iya nanti lu tau sendiri kok" kata gua sambil berlalu.

Pelajaran buat kamu semua, kaum adam. Era Rangga AADC sudah lama berakhir, jadi gak usah sok keren bikin puisi atau selipin puisi di tas cewek yang kamu suka. Bukannya suka yang ada malah dicap freak, hihihi.

...................................

Dari pembicaraan singkat gua dengan Rangga, gua jadi tahu kenapa si Rangga sekarang balik ke Bandung dan kerja jadi pelayan di Toko Buku. Ternyata usahanya jatuh, asetnya dijualin dan dia harus mulai lagi dari titik 0. Menjadi sulit karena umur dia yang sekarang sudah 33 tahun dan cuma megang ijazah SMA saja + dia tidak punya bakat di bidang berusaha/berdagang.

Agak aneh sebenarnya begitu tahu bisnis dia jatuh. Karena gua yang tau dia orangnya baik banget (terlepas dari cap freak tadi). Hidupnya lurus, rajin ibadah dan berdoa. Gua bisa paham kalau misalnya gini, si Rangga sudah sukses dan mapan. Pas dia sedang berada di atas, dia jadi hedonisme, salah pergaulan, jadi brengsek atau bajingan (main perempuan, masuk ke kehidupan malam) terus jauh dari Tuhan. Itu gak aneh kalau misalnya Rangga jadi jatuh. Tapi kalau dia lurus-lurus aja hidupnya kok akhirnya bisa mengalami kejatuhan juga?

"Kesalahan utama saya sewaktu saya lagi di atas adalah saya cepat berpuas diri. Ketika saya sudah berpuas diri, saya tidak melakukan inovasi lagi padahal banyak kompetitor yang datang. Lama kelamaan, pelanggan setia mulai beralih ke kompetitor dan ya gini jadinya akhirnya usaha saya jatuh" kata Rangga.

Terkadang saat orang sedang berada di atas, dia terlalu cepat berpuas diri sehingga lupa daratan. Omongan dari si Rangga itu setidaknya membuat gua jadi sedikit berpikir sepanjang perjalanan pulang.

Sesampainya di rumah, gua denger kabar kalau Kakak gua mau pindah ke kerja mulai bulan depan. Agak aneh sih kalau dia pindah kerja secara di kantor yang lama dia sudah megang posisi bagus dengan gaji lumayan.

"Jangan mudah berpuas diri, keluar dari zona nyaman, mulai lagi dari titik 0. Cari pekerjaan yang lebih baik lagi dari sekarang" kata dia ketika gua tanya alasan dia pindah.

Kuncinya adalah jangan mudah berpuas diri dan mulai lagi dari titik 0. Sebelum obrolan gua dengan Rangga dan kakak, gua sudah sering mikir kalau gua harus mulai 'meninggalkan' Clobberin Time, kembali ke titik 0 dan memulai sesuatu yang baru.

Maksud 'meninggalkan' adalah begini. Saat Clobberin Time sedang berada di atas dan gua sudah berhasil menciptakan sistem untuk Clobberin Time, gua punya banyak waktu luang yang bisa gua pakai untuk memulai sesuatu yang baru. Gampangnya gini, gua gak perlu sesibuk dulu yang harus bolak balik kesana kemari, gua tinggal diem aja di rumah, buyer pasti berdatangan dengan sendirinya.

Belajar dari pengalaman Rangga dan Kakak gua, sejak Minggu kemarin gua kembali 'turun gunung' untuk memulai usaha baru. Gua belum bisa cerita banyak, apa yang sedang gua kerjakan (nanti ada waktunya gua posting ceritanya) tetapi ini benar-benar baru dan tidak ada hubungannya dengan Clobberin Time.

Gua seperti dejavu, ketika memulai Clobberin Time di tahun 2013 silam, gua benar-benar memulai dengan kondisi hati yang kurang bagus karena masalah percintaan. Gua datengin satu per satu produsen, nego harga lagi seperti dulu. Saat gua memulai sesuatu yang baru ini, gua benar-benar melepaskan diri dari Clobberin Time.

Gua bukan 'Mimin Clobberin Time' atau 'Owner Clobbern Time' tapi gua hanyalah Stefanus Sani, orang yang sedang merintis usaha baru dari 0. Gua takut ketika gua bawa-bawa embel 'Owner/Mimin Clobberin Time', ego gua bakalan naik dan ngomong 'lu ngapain repot-repot kayak gini, tinggal diem aja di rumah uang juga pasti datang'. Itu yang sangat gua hindari. Bedanya dulu dengan sekarang adalah ketika gua memulai usaha baru, gua gak perlu repot promosi karena gua sudah punya ribuan buyer Clobberin Time yang tersebar dari mulai Meulaboh (Aceh) sampai Sorong (Papua) yang bisa dimanfaatkan.

Hal lain yang bikin gua kembali bersemangat memulai usaha baru adalah gua gak mau kelak ketika gua menikah dan punya keluarga kecil tiba-tiba usaha gua mengalami kejatuhan (amit-amit) terus anak dan istri jadi tidak bahagia hidupnya. Gua pengen punya istri yang stay di rumah, ngurus anak atau kalau mau bikin usaha sendiri di rumah, gak perlu kerja kantoran. Gua gak masalah tiap hari kerja dari pagi pulang malam (karena gua emang suka kerja) yang penting istri dan anak bahagia di rumah.

Sempat putih tetapi kembali jadi belang karena pratis setiap hari waktu gua habis di jalan.
Kondisi ruang kerja yang belakangan selalu berantakkan karena banyaknya orderan. Hingga hari ini, gua selalu menghandle semua sendiri
Selain memulai usaha baru, gua kini kembali rutin menulis lagi. Seperti yang pernah gua ceritakan, gua kini rutin menulis di situs Review MyDirtSheet.com, sebuah situs keren yang dikelola oleh temen gua si Arya Pramana. Arya ini temen gua ketika kita berdua terlibat di project Novel Lupus Bareng. Bedanya Arya tersisih di babak 30 besar, gua masuk ke 3 besar (uhuk, uhuk). Situs ini asli keren banget, ada Review film, buku, WWE. Arya pernah ngomong ke gua kalau dia pengen menjadikan situs ini sebagai 'referensi utama' untuk para penikmat film, WWE, buku, TV series. Gua dukung banget dan gak nolak ketika diajak buat nulis di situs itu walaupun bayarannya (jujur) gak seberapa.

Kemarin gua iseng-iseng baca postingan lama di blog gua buat cari inspirasi penulisan yang bakalan gua pakai buat nulis di MyDirtSheet.com. Ada 1 postingan cerita yang gua tulis di tahun 2008 (hampir 9 tahun lalu) dan bikin gua senyum-senyum sendiri. Ini Screen Shoot-nya:

Diambil dari postingan gua tahun 2008 yang judulnya 'Life Is Simple'

Yang bikin gua mesem-mesem sendiri adalah di postingan itu gua nulis kalau hidup itu sebenarnya adalah simple, gua heran dengan orang yang suka mendramatisir problem hidupnya, dan gua juga heran dengan orang yang suka nangis bercucuran air mata di di jalan karena ditinggal pacarnya. Gua menganggap air mata kita itu terlalu mahal diberikan untuk orang yang meninggalkan kita.

Gua mau cerita mellow dikit, jujur gua pernah nangis ketika ditinggal pacar tahun 2011 dan 2013. Tahun 2011, gua ditinggal pacar sekaligus sehabat baik (awalnya kita bersahabat baik kemudian jadi pacar). Gua sedih karena ketika kita sudah tidak pacaran kita, hubungan kita pasti tidak akan bisa sama seperti dulu lagi yang berarti gua akan kehilangan sosok sahabat dan pacar sekaligus.

Saking sayangnya, alamat Email yang masih gua pakai sampai sekarang: Ssani38@yahoo.co.id sebenarnya diinspirasi dari inisial nama dia. Maksud 38 adalah abjad ke 3 dan abjad ke 8. Abjad ke 3: 'C', abjad ke 8: 'H'. Yakin deh semua sudah pasti tau siapa orangnya.

"Supaya setiap hari inget kamu" gombalan gua ke dia tempo hari ketika dia nanya tentang inisial nama dia yang gua jadiin alamat Email. Setelah putus kita benar-benar lost kontak karena gua adalah type orang yang sangat jarang memulai pembicaraan atau memulai chat pertama (kecuali kalau benar-benar penting). Komunikasi terakhir kita berdua itu terjadi di tahun 2015 silam ketika si '38' berhasil masuk babak 10 besar ajang pemilihan semacam Gadis sampul tapi bukan Gadis sampul karena segmentasinya untuk perempuan dengan usia matang. Doi minta supaya gua kasih like ke foto dia.

Saat tahun 2013, gua ditinggal pacar gua nangis juga. Pernah suatu hari, dengan kondisi hati yang tidak stabil gua tetap memaksakan diri buat ketemu buyer Clobberin Time (gua harus tetap profesional karena sudah janji buat nganterin Hoodie ke seorang buyer). Di tengah perjalanan, gua benar-bener gak kuat (bukan cowok cengeng ya), gua menepi cari jalan sepi. Gua standarin motor dan gua duduk di trotoar jalan sambil mendekap muka. Iya gua nangis :(

Gua ngebayang kalau Stefanus Sani tahun 2008 yang anaknya masih nyantai banget dan gak pernah nganggep masalah itu besar ketemu Stefanus Sani di tahun 2013. Dia kayaknya bakalan noyor kepala gua sambil ngetawain gua.

................

"Lu kan kenal gua sejak lama ya Mbu. Kadang gua pengen kembali lagi jadi Sani yang dulu yang nyantai banget. Gua ngerasa hidup gua lancar aja, gak ada hambatan" kata gua ke Ambu sambil ngunyah Pempek di sebuah Warung Pempek.

"Iya tapi bukannya masalah itu datang buat mendewasakan kita kan? Kalau lu gak pernah ngerasain patah hati atau sakit hati atau ditinggal orang yang lu sayang, lu gak akan pernah bisa dewasa San" balas Ambu sambil nuang cuko (cuka) ke pempeknya.

"Kebahagiaan itu pilihan bukan pemberian. Jika ingin bahagia, tanyalah ke hati sendiri" lanjut Ambu.

Gua senyum ngedenger omongan Ambu itu. Ambu yang biasanya sibuk ngomongin soal kemolekkan tubuh wanita kini mendadak berdiplomatis.

Bener Mbu, kebahagiaan itu datangnya dari diri sendiri. Kalau kamu pengen bahagia, tanyalah ke hati kamu apa yang bisa membuat kamu bahagia.

:)