Sabtu, 25 Mei 2019

Jadi Penonton Bayaran

Di suatu Siang yang terik di Kota Bandung,

Sebuah WA masuk ke Ponsel gua. Gua baru bangun setelah hibernasi 2 jam buat boci alias bobo ciang. Dari beberapa chat WA yang masuk khususnya dari buyer Clobberin Time, ada 1 chat nyelip dari temen gua si Arya.

Isi WA-nya gini:

"Sani, lu mau duit gak? Ada yang mau bagi-bagi duit nih"

Apa ini maksudnya? Tetiba di-chat mau duit gak. Kalau ditanya "Mau duit ga?" jawabannya "Mau Dong Bosque"

Biasanya ada 3 alasan kenapa si Arya nge-chat gua.

Alasan pertama buat ngajakkin gua nonton Bioskop. Jadi selain sebagai penulis, si Arya ini kerja juga sebagai reviewer film yang kerjaannya menulis review untuk film yang baru tayang di Indonesia.

Jadi tiap ada film yang baru tayang di Indonesia, ini orang pasti jadi orang pertama yang nonton. Nonton di hari dan jam pertama di CGV Metro Indah Mall, salah satu CGV paling sepi di Kota Bandung.

Gua sering join karena seru juga nonton di show paling pagi, berasa punya bioskop sendiri karena saking sepinya. Biasanya 1 studio cuma dişisi oleh 5-10 orang dari kapasitas ratusan seat bahkan gua juga pernah cuma berdua nonton film Tusuk Jaelangkung si Anya Geraldine. Terpaksa nonton film itu karena si Arya dapat tugas buat review itu film.

Saking sepinya, kalau gua mau ke toilet kayaknya gua tinggal ngomong "Bang, pause sebentar. Mau kencing bentar nih".

Alasan kedua adalar ngajak gua makan Nasi Goreng Mawut di sekitaran ITB atau Martabak Mesir di Jalan Laswi.

Dan, alasan ketiga adalah buat ngajakkin ke rumah hantu. Si Arya ini punya hobby berkunjung ke Rumah Hantu. Jadi setiap ada Event Rumah Hantu di Bandung, ini orang pasti ngajakkin masuk kesana.

Dari yang level cebanan sampai yang ratusan ribu, semua sudah pernah kita masukkin. Ini si Om, bukannya cari duit malah ngabisin duit di Rumah Hantu -_-

Yang menjadi pertanyaan adalah apa maksud dari chat si Arya yang ngomong "Sani, lu mau duit gak? Ada yang mau bagi-bagi duit nih"

Apa gua mau diajakkin syuting Uang Kaget yang si Host-nya Mr. Money Kriss Hatta yang lagi berseteru ama Hilda Vitria (up date banget si Sani) terus gua bakalan dikasih uang 10.000.000 buat dihabisin dalam waktu 1 jam? Kalau kalian dapat 10jt dan dusuruh habisin dalam waktu 1 jam, kira-kira kalian bakalan beli apa?

Gua kayaknya bakalan langsung ngacir ke Toko Action Figure buat beli patung Beauty and The Beast, hihi

.....................................................

Ternyata perkiraan gua salah semua karena maksud dari penawaran Arya adalah dia butuh beberapa orang buat jadi penonton bayaran.

Gimana, gimana maksudnya? Iya maksudnya adalah gua gak tau gimana ceritanya, si Arya sekarang jadi calo buat cari orang buat ngeramein acara 'Hijab Hunt 2019' di basement Masjid Trans Studio Mall (TSM).

Jadi penonton bayaran tuh maksudnya kayak Team Lala Yeye yang di Dahsyat bukan? Yang kalau lagi disorot kamera harus goyang cuci baju atas bawah atau goyang ngocok botol kobokan?

"Enggak San, lu cuma perlu duduk manis aja. Ikutin acaranya sekitar 6 jam nanti dibayar 75.000"

6 jam dibayar 75rb artinya rata-rata sejam dihargai 12.500. Kecil sekali bosque, tidak ada sepersepuluh dari honor gua menulis.

"Please San, bantuin gua. Lu hubungin si Bangsa juga ya, ajakkin dia. Gua juga sudah ajak si Rully"

Kalau ditanya gua mau enggak jawabannya sebenarnya mau gak mau sih. Mau karena nolong temen, gak mau karena ya males gak sih duduk 6 jam sambal liatin teteh berhijab unjuk kemampuan buat jadi yang nomor satu.

Gua iseng tanya Bangsa dan gak pake banyak speak, dia langsung mau. Kebetulan jam dia lagi kosong. Ini orang emang lagi butuh duit 75rb buat jajan Ayam Geprek atau mau ngeceng teteh berhijab?

Karena Bangsa Oke, gua juga jadi oke juga. Cari pengalaman baru buat ditulis di blog. Siapa tau nanti pas gua lagi nonton, ada kamera yang menyorot wajah cool gua dan ada Produser tertarik buat narik gua jadi bintang di Sinetron Anak Jalanan 2.

.................................................

Tetapi sebuah masalah muncul. Masalah ini muncul karena kesalahan atau lebih tepatnya kegoblokan gua. Hari Sabtu siang, gua suda siap buat jadi Team Hore. Disaat gua mau bersiap buat nunggu jemputan si Bangsa, gua nanya ke Arya janjian dimana, si Arya jawab:

"Lah acaranya kan besok. Besok Minggu bukan hari ini San" balesan WA si Arya.

Anjir, giliran udah rapih malah salah jadwal dong. Yang menjadi masalah adalah kalau hari Minggu si Bangsa gak bisa pergi karena dia sudah ada janji. Tapi karena namanya sudah dicantum di list jadi gua harus cari pengganti dia.

Gua agak kesulitan buat cari pengganti si Bangsa karena waktunya mepet dan banyak pula yang gak bisa di hari Minggu. Disaat genting, mau gak mau, gua harus ajak deh pacar sendiri buat gantiin si Bangsa.

"Iya Deb, besok siang ya, temenin. Kita jadi Team Hore, 6 jam. Duduk doang kok gak usah goyang pinggul ke kiri kanan" kata gua di ujung telpon.

Deb nampak keheranan. Mungkin yang ada di pikiran dia adalah "Orang pacaran diajak Dinner romantis atau vacation kemana eh gua malah diajak jadi penonton bayaran"

Setelah dibujuk rayu seperti Hawa menggoda Adam biar Adam mau makan apel terlarangi akhirnya si Deb mau ngegantiin posisi si Bangsa. Tapi berhubung nama Bangsa sudah tercatat, mau gak mau Deb harus ngaku-ngaku kalau nama dia 'Bangsapraja"

....................................................

Hari minggu siang, gua dan Deb sudah berada di Masjid TSM. Kalau ada orang yang gak tahu dan kebetulan kenal gua, mungkin yang ada di pikiran dia adalah "Ini si Sani ama Deb mau jadi mualaf?"

Acara diadakan di basement Masjid Raya TSM. Disana sudah ada Arya yang menanti dan kita digiring masuk ke dalam untuk kemudian diarahkan ke deretan kursi. Ada Emak-Emak yang mengarahkan buat duduk, ini kata si Arya tuh koordinatornya. Mungkin sepeti Elly Sugigi yang kerjaannya mengkordinasi penonton bayaran.

Karena gua gak tau namanya, kita sebut aja dia Elly Sugigi KW 2. Awalnya kita berempat mau diarahkan ke deretan tengah tapi Arya menolak halus dan dia minta di duduk di deretan belakang. Di deretan tengah ada sekitar 6-8 anak alay yang ternyata adalah anak bawaan Elly Sugigi KW yang hampir kalau setiap ada Acara mereka pasti bakalan ada.

Mungkin kalau di DASHYAT, mereka tuh yang suka teriak "Eaaa, Eaaa"

Total ada 20 peserta yang sedang berkompetisi buat ikutan 'Hijab Hunt 2019". Masing-masing menujukkan kemampuan, dari yang standar nyanyi sampai ada yang baca puisi dan Taekwondo campur Ballet.

Iya serius, jadi ada Teteh yang unjuk kebolehan nari Ballet dan setelahnya langsung unjuk kemampuan buat Taekwondo. Keren sih tapi menurut gua kurang menarik kalau dia lolos jadi 10 besar Nasional.

Bakalan bosenin gak sih kalau setiap di setiap Minggu dia Ballet disusul Taekwondo? Kalau cuma 1 atau 2x pertunjukkan sih lumayan seru tapi kalau tiap Minggu bosen juga.

Baca puisi menurut gua menarik tapi bakalan jadi bosen buat mayoritas penonton yang bukan pecinta sastra. Dan peserta yang baca puisi ini menurut gua melakukan kesalahan.

Kesalahan yang dia buat adalah dia memilih puisi yang durasinya panjang. Terlalu panjang kata gua mah. Pas di awal gua nyaris bobo dan saat gua terbangun dari bobo singkat gua, eh dia masih baca puisi dong.

Pemikiran gua ternyata sama pengan pemikiran Dewan juri si Nycta Gina yang bilan kalau durasinya terlalu panjang. Ngantuk.

Overall, gua lumayan menikmati acara walaupun gua bilang bagian produksinya harus dibenahi lagi. Gua inget ada banyak kesalahan, misal peserta sudah siap tapi layar background belum siap. Ada peserta yang sudah di atas panggung tapi diminta turun lagi karena ternyata belum siap untuk sound-nya sampai yang paling fatal ada peserta yang main piano sambil ngerap buat nyanyi lagu Maroon 5.

Dia udah rap, eh musiknya telat jalan. Zonk deh.

Malu? Pastinya. Sudah mah luar biasa tegang eh ada kesalahan making tegang.

..............................

Setelah 6 jam akhirnya kita sudah sampai juga di puncak acara. Juara 1 yang berhasil lolos ke Nasional adalah Teteh berhijab yang pandai memainkan biola.

Kebetulan di depan gua ada salah satu teteh peserta. Sama-samar gua denger Emaknya ngomong gini ke dia "Geus 2x gagal wae. Geus tahun depan mah main alat musik pake galon aqua. Kagok edan" kata si Emak yang nampak kecewa karena Anaknya gagal lagi.

Dia menyarankan supaya tahun depan anaknya ikutan nyanyi tapi pake galon aqua biar unik karena sudah 'kagok edan'.

Boa Edan pake galon aqua napa gak pake GEROBAK CUANKI sekalian kalau udah kagok edan mah, Bu.

Acara pun kelar tapi gua belum boleh pulang dulu sama si Arya. Katanya disuruh nunggu bentar, si Elly Sugigi KW lagi ngurus honor buat Team Hore.

Disaat gua menunggu ada salah satu dari Team Hore yang datang menghampiri gua, dia ngomong

"Om, nanti habis ini kita ngumpul yuk. Kita ada latihan kore buat acara ulang tahun di Trans TV"

Boa Edan. Udah mah manggil gua Om eh sekarang ngajak gua latihan koreografi buat acara ulang tahun Trans TV. Latihan buat gerakan nyuci baju kiri kanan gitu?

Setelah hampir 30 menit menunggu, honor 75rb yang dimaksud cair juga. Buat dapet 75rb perasaan gini-gini amat yak jadi penonton bayaran segala, wkwkwkwkwkwk.

Berhubung laper, gua ama Deb makan di Pepper Lunch TSM, makan berdua habis 135 sekian. Sisanya buat parkir di TSM sekitar 20rb karena kita hampir 6 jam disana.

Honor pertama gua jadi penonton bayaran habis buat makan di Pepper Lunch.

................................................

Satu Minggu berlalu setelah kejadian dimana gua jadi penonton bayaran, ada WA masuk. Gua baru bangun dari boci alias bobo ciang gua. Setengah sadar, gua lihat WA dari siapa dan ternyata si Arya yang nge-chat. Isinya gini

"San, mau duit lagi gak? Ada yang mau bagi-bagi nih"

Chat itu tidak gua balas dan gua memilih buat melanjutkan tidur siang gua.