Selasa, 30 Juni 2015

Hard Work, Pays Off

Salah satu job gue di hari Minggu setelah sibuk cari duit di hari biasa adalah menjadi guru sekolah Minggu buat anak-anak kecil di Gereja.

Terdengar aneh? Ya tapi memang itu kenyataannya.

Selain gue emang suka (malakkin) anak kecil, gue 'mengabdi' jadi seorang guru Sekolah Minggu lebih karena faktor ketidaksengajaan. Jadi ceritanya, di Gereja gue yang di Bandung lagi ada masalah intern.

Masalah ini ngebuat Guru-Guru Sekolah Minggu hengkang dari Gereja gue dan menyisakan 1-2 Guru saja. Selain Guru, hampir setengah anak-anak sekolah Minggu juga ikutan hengkang. Sudah awalnya sedikit, jadi semakin sedikit gara-gara sebagian besar hengkang.

Hampir beberapa bulan semua kegiatan sekolah Minggu vakum. Terus gue perhatiin anak-anak yang tersisa menjadi tidak produktif. Setiap Minggu, mereka lebih banyak duduk-duduk di tangga sambil maen game di tablet.

Gue pikir, kalau kayak gini terus anak-anak kecil ini gedenya bakalan jadi kayak (beberapa) temen-temen gue yang kecanduan game. Yang gak bisa lepas dari gadget dan kalau lagi ngumpul malahan sibuk maen gadget seolah gak respect ama orang di sekitar.

Jiwa kebapakkan (uhuk) gue pun muncul. Gue lalu berinisiatif dengan salah satu temen gue buat 'menghidupkan' kembali Sekolah Minggu. Dalam hati gue yang terdalam, yang penting anak-anak kecil ini bisa merasakkan seperti apa yang gue rasa dulu waktu gue masih kecil.

Dulu waktu masih kecil, gue rajin banget ke Sekolah Minggu dan selalu bersemangat tiap berangkat ke Gereka (walau gue gak yakin Guru Sekolah Minggu bersemangat liat gue tiap Minggu -_-).

Pekerjaan gue sehari-hari yang mengharuskan gue bertemu dengan banyak orang dengan bermacam-macam karakter ternyata membawa dampak positif buat gue ketika mengajar.

Sama sekali gak ada perasaan tegang, gugup atau grogi karena harus berbicara di depan banyak orang (meskipun anak-anak). Setelah beberapa lama berjalan, kini Sekolah Minggu sudah berjalan dengan stabil dan Gurunya pun semakin bertambah.

Satu yang membuat gue senang adalah setiap gue dateng, anak-anak pasti dateng ke gue dan nanya "Kak, hari ini ada Sekolah Minggu? Siapa yang jadi Gurunya?"

Gue punya rahasia yang gue jamin gak semua orang tau. Jadi ceritanya, di suatu hari setelah gue beres ngajar tiba-tiba Ibu Pendeta datang menghampiri gue dan masukkin amplop ke kantong gue.

Beliau ngomong gini "Makasih ya de (gue dipanggil Dede kalau lagi di Gereja karena gue anak bungsu di rumah) udah bantuin pelayanan Tante. Semoga Dede cepet dapet kerja" 

Gue kaget, bener-bener kaget. Kagetnya karena gue disempalin amplop berisi duit. Bukannya apa-apa karena seharusnya yang ngasih uang itu gue bukan malah gue yang dikasih uang.

Di Gereja juga, gue sering banget disuruh ama beberapa orang tua disana. Misalnya disuruh beli aqua galon atau beli aqua gelas. Dan biasanya tiap ada kembalian pasti mereka gak mau terima dan dikasih buat gue jajan.

Sebenarnya gue sama sekali gak keberatan, sama sekali gak nolak kalau disuruh. Tapi gara-gara mereka suka kasih uang kembalian ke gue, ada dua hal yang jadi pertanyaan gue. Apa mereka tuh nyuruh karena gue emang respect ke orang yang lebih tua dan gak pernah nolak kalau diminta tolong atau mereka sebenarnya nyuruh gue cuma buat alibi kalau mereka sebenarnya mau kasih gue uang?

Gue bukan type orang yang suka mengumbar cerita atau kegiatan apa yang gue lakukan. Setiap ditanya, lagi sibuk apa sekarang, gue pasti jawab "Ya gini-gini aja Om/Tante. Kerja serabutan yang penting dapet uang"

Bukannya sok misterius atau gimana ya tetapi gue sama sekali anti buat ceritain tentang apa yang gue kerjakan. Dijamin, 90% orang di Gereja atau dimanapun gak akan tau kalau gue punya usaha produksi baju dan usaha Waroeng Gerobak yang sudah lumayan maju.

Sikap gue itu setidaknya didasari oleh 3 kejadian di masa lampau yang kurang mengenakkan. Kejadian pertama adalah ketika salah seorang temen bokap gue dateng ke Rumah. Gue gak tau Bokap ceritanya gimana, tiba-tiba di datang bawa raket tennis banyak banget. Sambil pasang muka memelas dia maksa gue buat jualin raket tennis punya dia.

Ini kan aneh gitu. Gue usaha produksi baju sekarang suruh jualin raket tennis? Kan gak nyambung? Masak iya gue harus jual paket kombo "Beli baju It's Clobberin Time 2 pcs dapet potongan harga buat beli raket tennis"

Terus kalau nanti ada customer yang nanya "Min, raket tennis buat apaan?" Apa gue harus jawab "Raket tennis itu bisa kamu pake buat ngebogem temen kamu yang nyebelin"

Yang ada gue dicap sebagai orang yang menyebar faham kekerasan -_-

Kejadiaan tidak mengenakkan kedua yang adalah ketika seorang Ibu menghubungi gue. Beliau adalah Ibu dari temen gue yang sudah lumayan gue kenal. Suatu hari dia nelpon gue dan minta tolong supaya Anaknya yang bungsu diterima bekerja di gue. Beliau bilang anaknya jago gambar dan dia jamin bisa jadi designer hebat untuk brand gue.

Saat itu gue sedang berada dalam posisi tidak membutuhkan jasa designer karena untuk design masih bisa gue handle sendiri. Terlebih lagi, kita mengerjakan design dengan program Corel Draw sedangkan anak si Ibu hanya bisa gambar manual alias gambar tangan.

Gue yang orangnya emang susah banget nolak, mencoba buat memberi pengertian ke si Ibu dengan bahasa yang sangat sopan dan halus. Tapi gak tau gimana, si Ibu langsung marah-marah dan ngecap gue sebagai orang yang sombong. Ampun deh...

Dan yang terakhir adalah gue menghindari ekspektasi besar dari orang-orang. Tahun 2010, gue punya kenalan di Gereja yang sedang merintis usaha keripik. Saat itu usahanya lumayan maju dan gue gak tau apa dia terlalu bermulut besar atau orang salah nangkep, hampir semua jemaat sudah ngecap dia sebagai orang yang sukses dengan usaha keripiknya.

Bahkan di atas mimbar, seorang Pendeta bilang gini "Om denger-denger, usaha keripik ****** semakin maju nih. Katanya juga mau import ke Malaysia dan Singapore ya? Wah, sudah sukses ya sekarang kamu"

Ketika gue terakhir ketemu dia dan gue nanya perkembangannya keripiknya ternyata sudah tidak berjalan dan kini beralih jualan token listrik.

Itulah hal yang sangat gue hindari, gue gak mau mempunyai beban buat menjawab semua ekspektasi tinggi orang-orang. Contoh terdekat adalah kakak gue. Karena dia arsitek, semua orang ngecap dia jadi orang yang sukses tapi mereka gak tau gimana kerja kakak gue yang harus begadang hampir tiap Malam.

Ekspektasi tinggi orang-orang itu terkadang bisa menjadi beban buat sebagian orang. Kalau gue lebih suka let it flow, biarlah orang-orang taunya gue itu adalah orang yang kerja serabutan atau orang yang kerjanya bantu-bantuin Ibu di Rumah. Gue malah suka kalau dipandang sebelah mata oleh orang-orang.

Selama gue gak pernah minjem uang ke orang atau minta-minta kerjaan ke orang, hal itu sama sekali gak akan jadi masalah buat gue.

Jadi apa kamu sekarang sudah merasa sukses? Seorang temen yang tau tentang apa yang gue kerjakan, bertanya ke gue suatu hari.

Jelas belum, gue masih jauh dari kata sukses. Tapi buat penggambaran, gue menggambarkan gue itu sedang berada di sebuah tangga yang sangat tinggi. Kalau dulu ujung tangga sama sekali belum terlihat, kalau sekarang sudah sangat jelas terlihat.

Gue sudah berada di anak tangga yang tepat dan sedang menaikki satu demi satu anak tangga untuk mencapai ujung anak tangga. Perjalanan masih sangat panjang tetapi jika kamu konsisten, kerja keras, tidak mengeluh, dan rajin berdoa, cepat atau lambat ujung anak tangga itu akan bisa kamu sentuh.

Dan, setiap kamu merasa beruntung, percayalah doa ibumu telah didengar :)

Selasa, 09 Juni 2015

Fight Sani Fight

Berawal dari obrolan antar teman komunitas ditambah dengan banyaknya pembeli yang pengen gue bikin tempat ngumpul akhirnya mulai bulan Juni ini, gue ama temen gue berdua (total bertiga) bikin tempat nongkrong yang dikasih nama "Waroeng Gerobak".

Lokasi tempat ini berada persis di turunan fly over Kiara Condong (Kircon), jadi kalau kamu kebetulan lagi ngelewatin fly over, tengoklah ke kiri maka kamu bakalan menemukan cowok ganteng (baca: gue) lagi meracik menu di Waroeng Gerobak.

Tempat ini mulai buka jam 6 sore sampai habis (biasanya jam 11 Malam sudah habis). Kalau soal harga gak usah ditanya. Dengan duit 10rb sudah dijamin kenyang. Kalau penasaran ama menunya silahkan mampir yes :D

Dan kalau kamu beruntung (atau mungkin lebih tepatnya sial) kamu bakalan dapet menu hasil racikan gue *uhuk*. Demi ini warung, gue bela-belain belajar masak enak dan meracik bumbu. Sebelum ini, kemampuan masak gue cuma sebatas menggoreng ikan, goreng ayam, atau mentok-mentok gue bisalah dikit-dikit bikin lotek atau karedok. Kalau sekarang ya LUMAYAN BANGET.

Kita bikin tempat ini benar-benar dari 0 dan sempet juga sih over budget. Awalnya kita alokasikan dana sekitar 10juta tapi ternyata over karena banyaknya barang yang harus dibeli.

Tetapi semuanya terbayar lunas saat pembukaan hari pertama, ditambah dengan sedikit trik marketing hari pertama kita bisa ngejual sekitar 50 porsi susu segar dan roti.

Karena kita bertiga belum memperkejakan orang, kita harus ngurus semuanya sendiri, dari ngeracik roti dan susu, ngegoreng, ampe nyuci piring.

Kalau ditanya capek ya jujur gue jawab "CAPEK BANGET". Hari pertama buka kita baru tutup jam 2 subuh dan itu pun gak langsung bisa pulang karena kita harus beres-beres tenda, nyuci piring dan ngebalikkin gerobak ke kandangnya.

Untuk permulaan, kita emang sengaja turun langsung sendiri dan gak pake pegawai dulu biar cita rasa terjaga dan kita bisa tau feedback dari para pembeli. Ada yang bilang susunya terlalu manis, ada yang bilang rotinya kurang besar dan semua kritikkan akan kita jadikan masukkan agar kedepannya bisa lebih baik lagi.

Seperti saat pertama kali gue bikin usaha produksi baju It's Clobberin Time, gue ama temen gue berdua langsung terjun ngurusin semuanya. Saat sekarang sudah stabil, baru kita berani memulai sesuatu yang baru.

Oh ya, Waroeng Gerobak juga bakalan jadi tempat nongkrong teman-teman di komunitas loh, jadi semoga setiap hari selalu ramai yes :)

Gue lagi duduk di trotoar sambil ngeliatin jalanan raya yang sepi. Jam sudah menujukkan pukul 01:30 dini hari, gue duduk sambil ngabisin susu 1 gelas sisa hasil jualan.

"Lu capek San?" tanya salah satu temen gue.

"Capeklah. Setengah raga gue kayak sudah hilang dari tubuh gue dul" jawab gue lebay

"Tapi dari rasa capeknya kita ini, gue dapet pelajaran hidup banyak"

"Apaan?" Tumben-tumbenan temen gue ini ngomongin soal pelajaran hidup padahal biasanya dia ngomongin soal Naruto dan Boruto.

"Kalau cari cewek, gue mau cari cewek yang tidak selalu mengandalkan pria disampingnya. Yang tahu bagaimana susahnya mencari uang dan bekerja keras. Yang selalu bersyukur oleh apa yg telah dilakukan dan didapatkan. Yang mengerti bahwa cobaan adalah jembatan dari kebahagiaan." Anj**g, sumpah keren juga omongan ini orang.

Perasaan gue pernah baca deh tapi dimana ya, gue mencoba inget-inget kalimat itu. Temen gue cuma senyam-senyum doang. Karena heran, gue lantas nanya "Lu dapet darimana kalimat itu?"

"Dapet dari status facebook lu" kata dia nyengir sambil berlalu meninggalkan gue.

Gue malah lupa pernah nulis status kayak gitu di facebook gue .-.

Gue liat hape gue, ada sms dari Nyokap gue, isinya "De, jangan kemaleman pulangnya. Jangan terlalu capek juga. Besok harus ke Jakarta lagi kan"

Jam 8 Pagi gue sudah harus ada di Jakarta untuk sebuah keperluan sedangkan sekarang jam 2 subuh gue masih duduk manis sambil nyusu di atas trotoar. Jujur, ada sih perasaan kangen dari gue kalau misalnya orang yang kita sayang (baca: pacar) kasih semangat buat gue kalau lagi capek banget kayak sekarang

Tapi untuk saat ini, gue bener-bener sedang menikmati masa-masa seperti ini. Soal pacar sama sekali gak pernah gue pikirin walau Nyokap gue sudah beberapa kali ngingetin tentang hal itu.

Kalau ditanya, gue pengen punya pacar yang bisa bersama-sama usaha bareng ama gue. Mari kita bekerja keras bareng, kita sukses berdua. Jangan cuma datang saat sudah sukses saja :)

"Ketika dua hati saling tulus mencintai, mereka akan selalu temukan cara untuk tetap bertahan, tidak peduli betapa sulitnya untuk terus bersama karena sesuatu yang tulus akan selalu memiliki alasan untuk saling mempertahankan meskipun sedang diuji dalam cobaan yang bisa saja memisahkan"

Air mata tak membunuhmu tapi menyembuhkanmu. Rasa sakit tak menghancurkanmu tapi menguatkanmu. Terima kasih buat semua air mata dan rasa sakit yang dulu kamu berikan karena sudah membentuk saya menjadi orang yang lebih baik lagi dari sebelumnya :)