Jumat, 20 April 2018

Memulai Gojeg

Setelah UBER tiada, gua pun kembali fokus ke pekerjaan gua yang semula. Ada salah satu buyer Clobberin Time yang kerja di GRAB dan nawarin buat bergabung ke GRAB tapi gua urungkan niat gitu karena saat itu, gua emang lagi pengen kembali fokus di Clobberin Time dan menulis lagi

Sampai di suati hari, gua dapat SMS dari Gojeg yang intinya berbunyi kalau gua mendapat undangan VIP (karena gua ex-UBER) buat join ke Gojeg. Yang gua tau jalur VIP itu artinya prosesnya cepet banget dibanding jalur biasa. Kalau pake jalur biasa, bisa lama karena harus nunggu SMS dari Gojeg dulu.


Mikir sebentar, gua berpikir cobain deh gabung ke Gojeg, siapa tau dapet pengalaman baru yang bisa gua tulis di blog ini. Apalagi ini jalur VIP jadi gak akan menyita waktu banyak dan katanya gak sampai 1 jam, sudah bisa dipake akunnya. Wuih.

Jam 11 siang gua datang ke Kantor Gojeg di Kiara Condong, tunjukkan aplikasi UBER ke security, ngantri sebentar, verifikasi, foto dan gua kini sudah resmi jadi Driver Gojeg. Cepet bener, gak ribet. Sedikit kasian liat yang daftar reguler karena syaratnya lumayan banyak dan antriannya cukup panjang.

Akun gua sudah aktif tapi gua gak langsung Online, gua tunggu beberapa hari dulu karena masih harus menyelesaikan pekerjaan gua. Karena dengan gua menjadi Driver Ojol lagi berarti gua akan sedikit meninggalkan pekerjaan asli gua.

.......................................................................

Karena saat di Kantor Gojeg gak ada training, awalnya gua agak bingung dengan aplikasi Gojeg. Tampilannya sih gak beda jauh ama aplikasi UBER dan kalau di Gojeg itu bonus harian, beda ama UBER yang bonusnya per Minggu.

Di suatu Pagi, gua nyalain aplikasi Gojeg untuk pertama kali dan gak lama kemudian langsung masuk orderan. Gua cocol itu orderan dan keluar tulisan GO-SEND. Kalau GO-SEND itu kirim barang, sebelum kesana gua konfirmasi dulu diambil dimana barangnya dan apa barangnya (tulisannya sih dokumen).

Gua takut dapet paket yang besar, bisa aja kan nulisnya dokumen tapi gak taunya dapat kulkas, kan suek ya. Pas ditelpon yang ngangkat seorang wanita yang suaranya bagus, dari suara keliatannya cantik nih. Dia bilang isi paketnya berupa dokumen pajak dan minta diantar ke Taman Kopo Indah (TKI). Lumayan jauh tapi karena ini orderan pertama gua, langsung gua cocol deh.

Ternyata gua gak salah, yang keluar dari alamat pengirim adalah seorang wanita cantik sambil membawa map coklat. Ongkosnya dibayar via GO-PAY terus dia kasih gua uang lebih 15rb, terus dia bilang "Ini buat lebihannya, jauh soalnya"

"Gak usah bu karena sudah dibayar di GO-Pay" balas gua. Tapi dia terus maksa sambil buka tangan gua, kalau udah gini ya mau gimana ya. Setelah dokumen diterima, gua cus menuju ke Taman Kopo Indah dan 45 menit kemudian, gua sampai juga ke tujuan. Tujuannya sebuah toko kue dan gua titip ke kasir toko kue.

Trip pertama gua lancar dan setelah gua end trip, langsung masuk orderan 'GO-RIDE' atas nama Anastasia di Taman Kopo Indah 2. Jaraknya gak terlalu jauh dari gua yang sekarang, gua konfirmasi dulu dan benar dia order. Tujuannya ke sekolah Holly Kids di Taman Kopo Indah .

Gak tau kenapa, hati gua jadi deg-degan dan keluar keringet dingin. Ini rasanya kayak pertama kali gua narik di UBER, rasanya sama persis. Gua jadi mikir, ini Anastasia gimana ya orangnya? Cantik kah? Jutek kan? atau gimana? Gua memikirkan sesuatu yang sebenarnya gak penting sama sekali, hehehe.

Ngikutin WAZE, 3 menit kemudian langsung sampai. Satu hal yang paling membedakan Gojeg dengan UBER adalah jarak penjemputannya yang deket. Kalau UBER jarak jemput aja bisa sampai 2-4 KM, kalau di Gojeg, deket-deket terus tujuannya keliatan, gak kayak UBER yang tujuannya gak muncul baru ketahuan setelah kita ketemu Customer.

Gua chat ke Anastasia kalau gua sudah sampai di depan rumah dia. Pintu dibuka dan keluar 2 anak kembar berpakaian SD terus diikuti enci-enci yang sepertinya si Ibu Anastasia. Feeling gua udah gak enak nih, jangan-jangan gua sekarang harus angkut 3 orang sekaligus? 2 anak kembar + 1 Enci-enci berdandan menor.

Ternyata bener dong, gua harus angkut 3 orang padahal motor gua itu bukan motor matic yang daya angkutnya bisa diakalin. Mau cancel gak enak karena si Enci udah di depan gua banget dan tanpa banyak speak, si Enci langsung angkat anaknya dan simpen itu anak di tangki depan motor gua.

Terus si anak yang satunya di belakang gua dan si Enci duduk di belakang. Gua berani jamin, orang pasti ngiranya kalau gua adalah Ayah dan si Enci adalah istri gua dan kita berdua punya anak kembar, sipit semua soalnya vroh.

Kasian bener ini motor gua, kuat gak ya nahan ini formasi Gajah Duduk ini. Tapi ternyata ada yang lebih kasian dari motor gua dan itu adalah gua. Si kembar A yang duduknya di tangki depan, kepalanya gak mau nunduk tapi dangak terus ke depan dan itu sangat mengganggu penglihatan gua. Gua sudah bisikkin tapi dia diem aja dan terus dangak.

Sombong bener ini anak, kayaknya gua harus pake cara kasar. Setiap lewat polisi tidur, gua sengajain sundul kepala dia pake kepala gua. Puas bener gua bisa nyundul dia, hukuman karena gak mau nunduk, hahahahahahahahah.

Selain masalah penglihatan, yang menjadi masalah ada posisi gua yang kejepit. Posisi nyetir gua itu posisi terbuka alias ngangkang. Lu bayangkan di depan gua si kembar A yang duduknya di tangki tapi merosot terus arah gua dan dia dudukkin selangkangan gua.

Di belakang gua, gua mendapat tekanan dari si Kembar B dan si Ibu. Sekarang, selakangan depan gua kejepit si Kembar A dan pantat gua 'ketusuk' si Kembar B. Jarak antar dari rumah si kembar ke sekolahan emang gak terlalu jauh (cuma beda blok) mungkin sekitar 7 menitan tapi 7 menit itu sudah cukup membuat gua mengalami GAGAL EREKSI di masa yang akan mendatang.

Di tengah perjalanan, si kembar B nanya ke mamanya "Mi, hari ini aku dibekelin apa?"

Kata si Enci "Hari ini mami bawain Sandwich terus Mami bawain Yakult di kotak bekel"

"Asyik hari ini aku makan Sandwich" kata si kembar B.

YA LU ENAK TONG MAKAN SANDWICH, sekarang gua KEJEPIT lu gak ada kasihan, kata gua dalam hati.

Gak lama kemudian kita sampai ke tujuan, ongkosnya adalah 8rb tetapi karena si Enci ada sisa GO-PAY 4rb jadi dia bayar cash ke gua 4rb aja karena sisa 4rb lagi masuk ke saldo GO-PAY gua. Sungguh sangat tidak sebanding penderitaan gua ini yang dibayar cash 4rb doang -_-

....................................................................

Bergabung ke Gojeg berarti kita harus siap dengan segala layanan Gojeg yang bejibun. Ada GO-SHOP, GO-MART, GO-FOOD, GO-MED, dll. Dan untuk semua itu kita harus mempersiapkan modal terlebih dahulu karena sistemnya kan kita itu nalangin terlebih dahulu.

Gua mau berbagi rahasia, sehari-hari gua itu jarang banget bawa duit banyak di dompet. Gua biasa bawa uang itu dibawah 50rb buat isi bensin atau makan. Buat makan juga, gua makan yang harganya 10-15rb, jarang yang lebih. Kebiasaan ini sudah gua mulai sejak lama, sejak Clobberin Time masih kecil sampai sekarang sudah dikenal, gua jadi kebawa terus kebiasaan itu. Pengecualian ya kalau gua lagi pergi ama temen atau pacar atau temen gua yang perempuan, itu gua baru bawa dana yang cukup.

Kebiasaan gua itu ternyata gak cocok diterapkan di Gojeg karena dengan layanannya yang banyak itu, berarti kita harus bawa dana cukup. Di hari itu, gua dapat orderan GO-MART buat nebus obat di sebuah Apotek dan total tagihannya adalah 900rb. Karena udah keburu gua cocol, gua harus cari ATM dulu buat ambil money buat nalangin nebus obat.

Gua yang biasa bawa duit cuma 50rb sekarang selalu nyimpen duit 1jt di dompet. Ya bukan apa-apa tapi buat mengantisipasi kalau dapet orderan ini-itu. Salah satu orderan yang sering banget gua dapat adalah orderan GO-FOOD, beli CAU NUGGET di Jalan Depok Antapani (Pisang Nugget kalau di Kota lain tapi di Bandung, dibilangnya CAU NUGGET).

Jujur, gua sedikit merasa berdosa ke Nyokap gua karena sejak beberapa Minggu yang lalu, Nyokap gua ini minta dibeliin Cau Nugget di Jalan Depok (karena emang terkenal) tapi belum juga gua beliin. Gua mau berbagi rahasia lagi, gua paling anti makan tapi harus antri atau waiting list. Kalau misalnya ada tempat lagi booming, gua jamin gua gak bakalan kesana dan gua baru kesana kalau sudah gak booming lagi.

Eh gak taunya gua kebagian mulu orderan CAU NUGGET. Sedikit ngerasa berdosa ke Nyokap karena Nyokap minta belum gua beliin tapi giliran orderan orang, gua beliin, hihihihi.

Ketika layanan GO-FOOD lagi booming, sampai gua menulis postingan ini gua dan keluarga gua belum pernah pake layanan itu. Gua bilang ke Nyokap gua "Ma, dibanding kita nyuruh orang suruh beliin mending aku yang berangkat beli".

Mengapa begitu? Karena gua selalu membayangkan betapa gak enaknya kalau kita yang jadi Driver GOJEG terus beliin makanan orang. Misal dia dapet orderan KFC di Trans Studio Mall (TSM), kalau dia cancel orderan itu tentu akan mempengaruhi performa dia yang berimbas ke bonus dia.

Kalau Drivernya paham sih gak masalah tapi kalau kenanya ke Driver yang tua? Kasian kan dia harus masuk ke Mall dengan jaket lusuh sambil neteng HP. Kalau sebelumnya dia belum pernah masuk ke Mall yang dituju pasti bakalan bingung dan kikuk. Nyari dulu restorannya, nunggu pesanannya dibuat, nalangin dulu terus nganter itu pesanan. Terus dia cuma bisa nyium doang bau makanan yang dibeli tanpa bisa coba.

Belum lagi soal pembayaran, kadang Customer itu suka gak ngerti. Ambil contoh, gua dapet orderan seblak di Jalan Teuku Umar dan minta dianter Apartemen GC 2 di Ciumbeuluit. Itu gua sudah parkir 2x, parkir di Seblak dan parkir di Apartemen, ongkos nganter itu cuma dapt 8rb (ongkos GO-FOOD dibawah 5KM itu emang cuma 8rb doang). Belum lagi jalan dari parkiran ke lobby itu lumayan jauh dan masih harus nunggu Customer turun. Wadaw

8rb - 4rb (parkir 2x) jadi sisanya 4rb. Sungguh tidak sebanding dengan waktu yang harus dihabiskan dari mulai nunggu orderan dibuat sampai selesai diantar. Dan Customer tidak mau mengerti, bayar tuh selalu sesuai total. Misalnya totalnya 45rb (seblak 2 pcs) + 8rb biaya antar jadi 53rb. Dibayarnya ya 53rb pas.

Gua sendiri tidak mempersalahkan soal uang parkir dan karena gua sering dapet orderan GO-FOOD, gua jadi bisa merasakan gimana gak enaknya jadi Driver. Kalau kalian order GO-FOOD, jangan lupa dilebihin buat Driver ya :)

..........................................................................................


Jam sudah menunjukkan pukul setengah 9 Malam, gua baru beres COD ama banyak buyer Clobberin Time. Sebelum pulang, gua nyalain aplikasi Gojeg Driver dan baru juga dinyalain, langsung masuk orderan GO-SHOP. Gua disuruh beli obat di Winston Mall Paskal 23.

Duh aslinya gua males kalau harus masuk mall, belum lagi gua seharian ngurus Clobberin Time jadi gaya gua lagi lusuh, gak enak kalau misal ketemu temen gitu. Orderannya sih cuma obat batuk aja tapi kenapa harus belinya di Winston sih. Ini pasti orang kayak karena yang gua tau Winston itu toko obat ritel yang harganya lumayan sih.

Mau gua cancel, telpon gua berdering dan pas gua angkat yang nelpon adalah customer dan pas di ujung telpon dia ngomng gini "Pak, sekalian saya nitip dibeliin Tissue Magic ya di Winston"

Tissue Magic? Sebelum ini gua sering denger Tissue Magic tapi gak tau apa itu Tissue Magic. Kalau gua lagi ngobrol ama si Ambu, si Ambu sering ngomong "Beli Tissue Magic San" sambil cekikikan. Gua ikut cekikikan tapi gak tau, apa sih Tissue Magic. Gunanya apaan.

Gua masuk ke Mall Paskal 23, muter dan ketemu juga Winston. Gua tunjukkin aplikasi dan sialnya sirup obat yang dimaksud, lagi kosong. Gua telpon bilang kalau lagi kosong terus dia nanya "Ya udah beliin aja Tissue Magic kalau gitu". Gua nanya "Mbak ada Tissue Magic?" tanya gua polos

Si Mbak langsung cekikikan sambil bilang "Kalau itu mah gak dijual disini" sambil nahan ketawa. Apa yang ada salah ama gua ya? Apa sleting celana gua kebuka gitu jadi dia ketawan. Gua cek nutup jadi kenapa dia ketawa-ketiwi gini ya.

Gua chat bilang kalau di Winston gak ada Tissue Magic terus si CS bilang minta tolong dicarikan ke Apotek lain. Anjir, aslinya mau gua langsung cancel tapi berhubung gua masih baru di Gojeg jadi gua gak mau dulu buat cancel-cancel orderan.

Ke Apotek Kimia Farma sampai Apotek K-24 hasilnya nihil. Sirup batuk + Tissue Magic yang dimaksud ternyata gak ada dan di Apotek Kimia Farma gua malah ditanya balik "Tissue Magic itu apa ya?"

Di pikiraan gua, Tissue Magic adalah tissue buat membersihkan komedo di wajah karena temen gua pernah bersihin wajah dia pake tissue bening gitu. Pokonya, gua mikirnya Tissue Magic tuh buat bersihin muka biar cerah.

Tapi kok mbak di Kimia Farma aja gak tau Tissue Magic, berhubung gua penasaran gua google sebentar. Gua ketik Tissue Magic adalah yang keluar adalah

"Tissue ajaib untuk meningkatkan gairah sexual anda. Usapkan Tissue ini di batang penis anda maka penis anda akan bertahan lebih lama"

Jadi aing dari tadi bolak balik masuk Apotek cuma buat nyari Tissue buat diusapkan ke batang titit?

FUCK sekali lagi F.U.C.K. Ini yang order gak ada ampun, masak gua suruh beliin Tissue buat ngelap batang titit. Pantes gua diketawain dari tadi, kalau mau nyari Tissue cabul, carinya ke Toko Obat Kuat dong.

Tanpa ampun langsung gua cancel orderan itu.

................................................................................

Gua punya beberapa Nazar sepanjang hidup gua. Puji Tuhan, sudah ada yang terwujud tapi ada juga yang belum Yang sudah terwujud, gak usah diceritain, gua ceritain yang belum aja biar menjadi push buat gua.

Waktu pertama kali gua join di UBER (baca postingan tahun 2016 silam), yang gua lakukan adalah memetakan zona merah di Bandung. Di Bandung, banyak Zona merah yang gak bisa ditembus dan kalau nekad terus ketahuan bisa panjang urusannya. Sampai HP pun bisa ditahan selama 1 bulan.

Di deket rumah gua, di Jalan Sulaksana ada 1 pangkalan Ojeg yang setiap hari gua lewati, Disebut pangkalan juga kurang pas karena yang nangkring cuma 2-4 motor saja di depan gang menunggu penumpang datang.

Karena gua sering lewatin pangkalan itu, gua hafal muka-mukanya dan ada 1 Ojeg yang bikin gua kasihan. Orangnya sudah tua, rambut putih dan berkaca mata. Dia selalu ada disana, duduk sambil sesekali noong ke gang menunggu penumpang memanggil.

Pernah suatu hari lagi hujan deras, dia berdiri di deket motor sambil setia menunggu penumpang. Asli gua gak tega banget karena harusnya dia sudah istirahat di rumah bukannya malah hujan-hujan nunggu penumpang muncul. Apalagi susah sekarang mah cari penumpang karena penumpang lebih milih naik Ojol kan ketimbang Opang (Ojeg Pangkalan).

Nazar gua sederhana banget, gua cuma pengen naik Ojeg dia terus kasih uang secukupnya. Dah gitu aja, gak muluk-muluk kan? Tapi ternyata gua susah menemukan momentum yang pas buat naik Ojeg dia.

Susah karena setiap hari pekerjaan gua itu super mobile (buat yang kenal gua pasti tau gimana repotnya gua mengurus Clobberin Time) dan hampir setiap hari gua selalu bawa kendaraan sendiri sehingga gua tidak pernah menemukan momentum yang pas buat gua naik Ojeg dia.

Hingga akhirnya momen itu datang. Jadi gua baru pulang dari Bekasi, jenguk pacar di Bekasi dan karena gua gak bawa kendaraan sendiri, gua PP naik travel. Nginep di Bekasi 1 hari, Sabtunya gua balik dan sampai Bandung jam 4 Sore. Dari travel gua bisa aja kan naik Gojeg terus sampai ke rumah tapi karena gua mau mewujudkan nazar gua, gua naik angkot sampai di Cimuncang.

Dari Cimuncang gua rencananya naik Ojeg si Bapak. Padahal jarak dari pangkalan si Bapak tua ke rumah gua itu deket banget. Jalan kaki juga gak akan capek karena jaraknya gak jauh.

So lucky karena pas gua turun angkot, ada si Bapak tua yang lagi berdiri deket motor dia. Gua langsung nanya 'Ojeg?' dan dia bilang 'Iya, mau kemana?' sambil tersenyum sumringah karena ada yang naik ojeg dia. Gua bilang tujuannya ke 'Sulaksana' yang sebelah Bank BCA.

Gua sebenarnya mau nanya-nanya tapi entah kenapa mulut gua terkunci. Perjalanan singkat ini jadi begitu hening karena entah kenapa gua sulit sekali buat mengeluarkan suara. Yang ada di pikiran gua saat itu adalah gua masih ingat dengan jelas bagaimana sumringahnya wajah si Bapak tua waktu gua nanya 'Ojeg?'

5 menit kemudian gua sampai ke depan gua. Ada nyokap gua yang lagi nyapu depan rumah, gua bayar dan ngomong 'simpen aja kembaliannya'. Dia seneng banget sambil pamit ke gua dan Nyokap.

"Gimana di Bekasinya, salam dari Mama sudah disampein ke Mei?"

"Sudah Ma" kata gua sambil gandeng tangan Nyokap masuk ke rumah.

Satu nazar sudah terwujud dan itu sudah cukup membuat hari gua jauh lebih menyenangkan,