Selasa, 15 November 2011

Oktober yang Tertinggal

Orang bilang September itu September Ceria. Entah apa yang bikin ceria sampe bulan September dibilang September Ceria.

Kalau September itu ceria, gimana dengan Oktober? Rasanya gue belum pernah denger padanan kata untuk mendampingi bulan Oktober. Oktober Menggemaskan? Oktober Getir? Ah, whatever.

Apapun itu biarlah Oktober berdiri dengan sendiri dengan semestinya tanpa perlu ada padanan kata buat mendampingi.

Bagaimana dengan anda sendiri? Bagaimana dengan bulan Oktober ini? Kalau hal ini ditanyain ke gue, gue bilang bulan ini seperti bulan-bulan biasanya. Bulan dimana gue harus kerja keras, bulan dimana gue harus memenuhi target, dan bulan dimana gue harus (membantu) ngerjain skripsi punya temen-temen gua.

*Hela nafas panjang*

Tapi di bulan Oktober ini, banyak juga hal baru yang gue dapet. Dimulai dengan makan di Burger King.

Yup, Burger King. Itu tuh restoran waralaba dari Amerika yang terkenal karena burgernya yang gendut dan kebetulan belum lama ini gue harus ke Jakarta buat mampir ke Kantor Kompas di Jakarta.

Tapi kok, gak asyik banget ya kalau dateng terus pulang lagi? Kenapa kita coba gak explore Jakarta? Dan gue inget kalau gue punya banyak voucher di Kota ini. Salah satu yang pengen banget gue pake tuh voucher Ocean Park di BSD.

Widih, kayaknya seru banget. Gua membayangkan diri gua hanya pake celana renang berbalut handuk dan berjalan di antara kerumunan wanita yang terpana melihat kemolekan tubuh gua sambil jerat-jerit “Hey cowok, buka dong handuknya”

Tapi karena gua gak mau nunjukkin aurat, jadinya gua urungkan niat suci itu.

Dan setelah urusan di kantor selesai, adalah waktunya buat makan. Dimana? Di Burger King dong. Bayarnya? Pake voucher dong. Apa gak malu? Sudah biasa

Pilihannya menunya banyak banget, jujur gue ampe bingung. Dari pilihan gambarnya juga enak-enak banget kayaknya. Ada yang pake beef, ada yang pake chicken, ada yang pake ini itu.

Well, dibanding kelamaan milih, gua pilih burger yg keliatannya paling gemuk, yang dagingnya hampir meluber. *rakus*

2-3 menit kemudian, pesanan gua selesai dibuat. Sumpah, bentuknya gede banget. Beda banget ama burger gocengan yang biasa gua beli di tukang burger yang biasa nangkring di depan sekolah.

Mamamia Lezatos
Tangan gua bergetar, tanggal 8 Oktober jam 11 siang lebih 23 menit, detik ke 11 adalah waktu dimana gue makan ini burger buat pertama kali

*Lebay dikit*

Gigitan pertama, ah ini daging asap. Serasa merasuk di dalam mulut, bercampur dengan liur di lidah, dan rasanya susah dideskripsikan bro!

Bergaya cool padahal udah gak tahan icip-icip
Sesuai namanya, ini burger emang KING. Rasanya emang KING! Besarnya emang KING! Harganya emang KING! Bikin yang makan jadi berasa KING-KONG

Bener-bener rasanya beda banget ama burger gocengan yang biasa lewat di depan rumah gua. Kalau burger gocengan sekali gigit, telen, dan malamnya langsung kena diare.

Next,


Besoknya setelah urusan di Jakarta selesai adalah waktunya leyeh-leyeh di rumah. Ya minimal nonton FTV melihat drama percintaan favorit mbak-mbak pembantu. Iseng-iseng liat jadwal bioskop di Koran dan hey, kenapa gak nonton aja hari ini?

Buat gua menonton itu bukan hanya sekedar masuk bioskop, duduk, ketawa-ketiwi kalau ada adegan lucu atau nutup mata kalau ada adegan porno. Menonton itu lebih dari itu. Taste masing-masing orang pasti berbeda tetapi buat gua pribadi, menonton adalah sesuatu yang ‘sesuatu banget’ deh.

Tapi sayangnya film yang gua incer sudah gak tayang di bioskop-bioskop gede dan yang nayangin tuh cuma bioskop kecil di daerah alun-alun. Itu tuh yang dulu pernah ada gosip kalau di bangkunya sering diselipin jarum suntik HIV. Jadi ilustrasinya, pas kita duduk di kursi bioksop tiba-tiba bokong terasa ada yang menusuk. Pas dicek (katanya) bakalan ada jarum suntikkan tertancap di bokong. Dan di sebelah kursi ada tulisan di kertas “Selamat anda sudah tertusuk. Jarum tadi sudah dilumuri darah penderita HIV, selamat datang di dunia HIV, hahahahaha”

Jujur, pas pertama kali gue denger ini cerita, gua jadi lumayan takut juga. Gua membayangkan diri gua dengan kondisi lagi jalan ama cewek. Berlagak cool, tenang, dan jaim. Terus mempersilahkan si doi duduk, dan ketika giliran gua duduk, tiba-tiba gua langsung jerit kenceng banget “Wadoooooowwwww” yang ngebuat image cool yang sudah gua bangun dari dulu langsung hancur berganti dengan muka gua nahan ompol plus perih di bagian bokong.

Ah…

Kalau boleh sedikit bernostalgia, ini adalah bioskop dimana pertama kali gua datang buat nonton. Gua inget banget, film pertama yang gua tonton bareng nyokap dan kakak adalah Power Rangers. Saat itu gua bener-bener keranjingan nonton aksi para Rangers membantu Gordon melawan kekejaman Rita Repulsa yang hendak menguasai bumi. Go-Go Power Rangers!

Terakhir kali gua nonton di bioskop itu tuh sekitar tahun 2006. Gua nonton karena dapet voucher dan gue inget banget film yang gua tonton tuh Eragon. Yang nonton kurang lebih sekitar 7 orang dan saat itu gak ada sesuatu yang special menurut gua selain kursinya yang reot dan gue namuin bungkus nasi uduk di kursi penonton.

Dan setelah 5 tahun lamanya tidak berkunjung kesini, akhirnya di bulan Oktober ini gua datang buat nonton. Alasannya sih simple karena cuma di bioskop ini doang, film yang gua incer ditayangin. Gua datang sekitar jam 7 malam dan saat itu keadaanya sepi banget.

Gua langsung menuju tempat pembelian tiket dan disapa oleh mbak-mbak muda jelita,

“Mau nonton apa mas?” tanya dia sambil menatap muka gua.

“Nonton Larry Crowne” jawab gua dangan gaya yang menyakinkan. Setelah gue ngomong gitu, dia langsung nunjukkin layar bioskop. Dan parahnya, kursinya masih lowong semua.

“Mbak ini masih lowong semua?” tanya gua cool

Iya, nanti juga keisi kok” 


Sebenarnya gua itu takut, takut kalau yang nonton tuh cuma kita bertiga doang apalagi isu-isunya yang beredar kalau nontonnya cuma bertiga tuh biasanya di dalam studio ada yang “nemenin”. Katanya juga, suasana dalam bioskop bakalan rame banget seolah-oleh semua kursi terisi penuh. Ntar pas tengah pertunjukkan bakalan ada yang nepok pundak lu terus ngomong “Mas, boleh saya minta pop cornnya?”

Kalau lu jawab “boleh”, dia bakalan gak mau jauh dari lu dan ngerasa kalau lu adalah belahan hatinya

Kalau lu jawab “Gak punya”, dia juga gak bakalan mau jauh dari lu dan bakalan ngitil lu ampe lu kasihin pop corn.

Gue jadi bingung deh, jawab boleh salah, jawab gak punya salah. Jadi apa yang harus gue omongin dong?

Gue enyahkan dulu pikiran-pikiran horror kayak gitu. Nonton jam setengah 8 dan masih ada waktu setengah jam buat beli kudapan ringan di luar bioskop.

Woke, kebetulan di depan banyak tukang jualan. Waktunya untuk memilih, pilihan pertama tukang combro, pilihan kedua tukang bandros, pilihan ketiga tukang kue cubit. Buat minumnya cukup es mambo ama air putih.

Ok, setelah kudapan selesai dipersiapkan. Sekarang waktunya buat nonton. Ah, rasanya sudah gak sabar. Nonton film favorit, sambil naikkin kaki di kursi depan yang kosong. Belum lagi sambil makan combro. Gue sudah membayangkan kalau bioskop itu seolah disewa secara private oleh gua sendiri.

Bioskop kuburan
Lebih hebat lagi kalau misalkan gua kebelet kencing terus teriak ke operatornya “Woy, gue mau kencing. Tolong di-pause dulu ya ampe gua balik” 


Seandainya aja bisa kayak gitu.

Gua duduk di kursi sambil menunggu detik-detik dibukanya pintu theater. Jam sudah menunjukkan pukul 19:25 tapi kok gak ada tanda-tanda pintu bioskop bakal dibuka ya?

Jangan suudzon dulu, siapa tau petugasnya lagi nyiapin karpet merah buat menyambut kedatangan gua, siapa tau kan?

“Mas, yang tadi mesen tiket buat nonton Larry Crowne?” kata mbak penjaga pintu

“Ia mbak, ada apa ya?” kata gue cool

“Maaf mas, filmnya dibatalin soalnya yang nonton cuma bertiga aja. Kalau mau tiketnya dituker buat nonton film Indonesia terbaru. Itu ada yang filmnya Dewi Perssik terbaru, judulnya Pacar Hantu Perawan. Mas, pasti suka deh” kata si mbak genit.

Pacar Hantu Perawan? Gue bengong dengernya. Hantu Perawan bisa punya pacar? Imajinasi luar biasa gua langsung lenyap dalam seketika. Imajinasi gue tentang film Larry Crowne, tentang Tom Hanks dan Julia Roberts langsung berganti dengan imajinasi Dewi Perssik lagi goyang gergaji sambil macarin hantu perawan.

Oh, damn!

“Ya udah deh mbak, mending besok aja saya nontonnya. Saya ambil aja lagi uangnya ya” kata gua sambil berjalan menuju ke loket buat ngambil duit.

Dibanding gua menghabiskan waktu 2 jam buat nonton film gituan, mending pulang. Arrghhhh sialan, gagal deh acara menonton ini. Gua mencak-mencak sambil duduk di tangga depan toko baju, makan combro sambil menggerutu, napa gue dateng ke bioskop ini…

Acara menontonku gagal total berganti jadi makan combro di pinggir jalan….

Well, forget it
. Bagaimana dengan anda sendiri? Apakah di bulan Oktober ini, anda mendapat banyak hal baru? Atau anda menggapai keberhasilan? Atau malah menjumpai kegagalan?

Orang bilang, hidup itu bukan permainan Nintendo yang bisa diulang-ulang. Yup, jangan pernah salah langkah dalam menentukan keputusan. Karena langkah pertama akan menentukan akan berada dimana anda di langkah terakhir anda…

Semangat!