Rabu, 24 Desember 2014

Mendekati Akhir...

Natal sudah semakin dekat dan apa yang kamu rasakan? Apakah kamu sudah mendapat damai Natal di hati kamu?
 
Kalau hal ini ditanyain ke gue dan gue tulis, gue yakin lu-lu semua bakalan comment "sok bijak" atau "sok suci" si Sani -_-

Dan seperti biasa, menjelang hari Natal, temen-temen Gereja gue yang di Bandung kompak mau bikin seragam. Katanya sih biar keren dan kompak.

Gak ada yang salah sih buat gue tapi entah kenapa, dari sudut pandang gue, seragam youth kita kok perasaan gak pernah oke.

Pernah di tahun 2011, kita bikin kemeja warna hijau. Waktu gue liat sketsa di gambar sih gue akuin keren. Tapi pas kemejanya jadi kok menurut gue ada yang gak beres.

Gue tuh pernah liat kemeja model gitu tapi entah dimana. Sangat familiar tapi gue lupa, pernah liat dimana.

Rasa penasaran gue akhirnya terjawab juga ketika di suatu hari gue lagi makan di Restoran Padang Bundo Kanduang di Antapani. Pas lagi milih-milih menu ada Ibu-ibu yang colek lengan gue terus nanya:

"Mas, nasi ama rendang kalau dibikin 20 box kenanya berapa ya?" 

Dan Puji Tuhan Yesus Kristus, gue dikira pelayan Restoran  Padang Bundo Kanduang. Gue baru sadar ternyata seragam hijau gue ini motif dan warnanya sama persis kayak pelayan resto Bundo Kanduang.

Keji banget si Ibu. Iya gue tau, muka gue gak ganteng-ganteng amat tapi masak iya gue disamain ama pelayan restoran.

Bagaimana di tahun ini? Tahun ini rencananya mau bikin kemeja merah bermotif oriental. Sekilas gue liat sih keren, gue sih sudah bayangin kalau gue pake, gue bakalan berasa kayak Artis-artis Kung Fu gitu. Mirip si Yoko yang main di Legend Of Condor Heroes.

Dan ketika baju selesai dijahit, entah kenapa ekspektasi gue soal kisah perjuangan Yoko untuk mendapatkan cinta Bibi Leung langsung hilang berganti dengan trauma gue yang dikira pelayan restoran.

Pas giliran gue pake kok gue malah mirip pelayan restoran Chinesse Food ya? Gue udah wanti-wanti ke Nyokap gue "Ma, jangan pernah setrikain baju yang ini kalau aku mau ke Jakarta atau ke restoran Chinesse Food ya!" Yang ada entar gue dikira tukang puyung hai lagi.

Selain sibuk mempersiapkan hari raya Natal, beberapa bulan terakhir ini gue lagi semangat-semangatnya ikutan club Karate.

Iyo Karate.

Jedi In Training
Sebenarnya salah satu alasan gue belajar Karate adalah trauma gue ketika masih kelas 1 SMP.

Bukan, bukan berati gue pernah jadi korban pelecehan seksual atau apaan *amit-amit deh*.

Ampe detik ini, gue masih ingat banget trauma masa SMP gue itu. Gue masih ingat dengan jelas detik tiap detik hal buruk itu.

Semuanya bermula di saat siang, gue lagi naik bus Damri. Saat itu jam sudah menujukkan pukul 15:00, suasana bus sangat sepi. Gue pilih duduk di tengah, saat itu gue lagi pusing berat dan dihinggapi rasa takut yan luar biasa.

Takut karena ulangan Bahasa Sunda gue dapet nilai 3,8. Gue takut bilang ke Nyokap gue gegara dapat nilai butut. Gue senderin kepala gue ke jendela sambil mikir alasan yang bakalan gue pake ke Nyokap. Tau sendirilah kalau Ibu-Ibu marah kayak apa.

Lagi stress mikir, tiba-tiba naik pengamen yang dandanannya mirip preman. Setelah nyanyi gak niat (yang gue sendiri gak judul lagunya apa), dia kemudian minta uang ke penumpang.

Yang duduk di kursi pertama adalah seorang cewek dari Sekolah lain yang menurut gue umurnya masih sekitar 10-11 tahun. Ketika diminta uang, si cewek gak kasih mungkin karena udah gak ada duit lagi.

Dan didepan mata gue sendiri, begitu gak dikasih uang tangan si pengamen langsung gerayangin tubuh si cewek! Mungkin karena takut, si cewek itu cuma diem aja.

Aslinya gue pengen banget teriak tapi apalah lacur saat itu gue cuma cowok gendut, berpipi tembem, dengan rambut belah pinggir yang saat itu juga sama-sama shock ngeliat kejadian itu.

Saat itu gue sama sekali ngerasa gak berguna. Ada perasaan iba ke cewek yang sama sekali gak gue kenal itu tapi untuk keamanan gue, gue pura-pura 'menutup' mata buat peristiwa itu.

Trauma masa kecil itu entah kenapa terbawa ampe gue segede ini. Gue selalu merasa gak tenang dan nyaman kalau pacar atau temen gue yang perempuan misalnya pulang sendirian naik angkutan umum di malam hari.

Kalau gue bisa pasti gue anter tapi kalau gak bisa, gue selalu wanti-wanti mereka. Mungkin gue bakalan dianggap weird atau baweltapi gak gue pikirin.

Apalagi selama gue di Jakarta, gue kan selalu naik angkutan umum dan bisa gue bilang angkutan umum di Jakarta tuh belum beres dalam banyak hal.

Niat gue belajar karate sebenarnya bukan buat gaya-gayaan tapi lebih ke arah buat jaga diri. Gak lucu kalau misalnya gue lagi jalan ama temen cewek, terus di jalan ada tukang palak eh gue kabur ninggalin temen cewek gue sendiri -_-

Oh ya alasan lain gue belajar karate adalah buat membungkam mulut temen gue si Dedi yang mangap mulu. Hahaha, becanda bos!

Btw, mendekati akhir tahun gini, apa ceritamu?