Minggu, 20 Februari 2011

Balada Si Bolang

Dulu sekitar 2-3 tahun yang lalu, gua demen banget ama yang namanya Si Bolang. Itu tuh acara di tivi yang nyeritain anak nakal yang doyan keluyuran. mabok pake bir, ngisep lem aibon terus pake narkoba. Dan endingnya ketika dikubur, jasad si anak gak bisa kekubur karena dapat Azab dari yang kuasa.

Loh ini acara si Bolang atau Pintu Hidayah?

Yang gua kagum dari si Bolang itu adalah moment dimana ketika si bolang pergi buat mancing. Senjatanya cukup satu tombak dan hebatnya dengan tombak itu bisa dapat ikan gemuk yang kalau dijual dipasar harganya mahal!

Entah gimana kalau gua yang berada di posisi si bolang. Pergi mancing dengan senjata tombak di tangan. Mungkin pas gua lempar tuh tombak buat nusuk ikan, yang ada tuh tombak bakal nusuk jempol kaki temen gua karena gua ngira ikan mujaer. Fiuh

Ok, belum lama ini gua menjadi si Bolang alis Bocah Petualang. Tapi jangan beranggapan kalau gua make topi warna oranye dan kaos oranye bertuliskan “Bocah Petualang Tr*ns 7”

Tujuan gua sih gak jauh-jauh, cukup di Garut. Jadi rencana awalnya gua ama temen-temen Gereja yang lain mau berkunjung ke salah satu pengajar gua waktu masih Sekolah Minggu dulu. Dulu waktu gua masih sekolah minggu kebetulan orang ini adalah guru gua dan orang ini pula yang dulu sering banget marahin gua karena gua selalu ngobrol.

Ah, semoga pas lihat gua dia tidak ingat apa dosa-dosa gua ketika masih bocah dulu. Yang gua harepin ketika ngeliat muka gua adalah dia bakal berkata “Stefanus, dari kecil kamu udah ketauan cakep. Udah gede gini makin cakep. Kebetulan kakak punya anak gadis, kalau mau tante kenalin ke kamu”

*Berharap*, hahahaha

Sebelum berangkat gua siapin semua keperluan. Yang gua bawa cuma dompet dengan uang seadanya dan bekel buat dijalan. Bekelnya sih gak usah yang aneh-aneh, cukup bala-bala 3ribuan (dapet 6 biji) buat dibagi-bagi.

Dan yang paling penting adalah sebelum pergi, gua harus minum antimo itu tuh obat anti mabok. Entah kenapa, tiap naik mobil dan perjalanannya agak jauh pasti bikin gua mabok. Mending kalau cuma mual, tapi seringnya ampe gua muntah-muntah. Malu abis kalau di mobil ada anak-anak terus nyokapnya ngomong “Anak kecil aja biasa aja, kok mau muntah-muntah? Kayak yang hamil aja”

Tampaknya si Ibu mencoba melawak untuk mencairkan suasana tapi lawakannya yang garing itu malah membuat gua jadi ingin semakin muntah.

Ok, setelah 2-3 jam perjalanan akhirnya sampai juga di Kota garut. Yang ingin gua lakuin pertama kali adalah nyari tanduk domba. Soalnya Garut terkenal ama dombanya dan gua butuh tanduknya buat garukkin punggung kalau lagi gatel. Hahahay

Setelah lama mencari akhirnya rumah yang hendak dituju ketemu juga. Begitu masuk, kakak yang dulu jadi guru sekolah minggu gua tampak pangling ngeliat gua. Agak berbisik dia nanya ke temen gua: “Ini siapa ya?”, sambil nunjuk kearah gua.

“Itu loh kak, si Stefanus yang dulu pernah diajar ama kakak waktu masih di sekolah minggu dulu” kata temen gua.

“Oh, Stefanus! Inget-inget saya. Yang dulu sering ngobrol itu ya? Dulu mah pipinya gendut banget, sekarang udah gak ya?” kata dia sambil ngeliatin gua dari ujung kepala ampe kaki.

Ternyata image gua di mata dia adalah anak dengan pipi tembem yang gemar mengobrol. Ajib deh.

Setelah cas-cis-cus bentar dan makan, dia ngajakkin kita buat jalan-jalan ke alun-alun. Katanya sih jaraknya gak jauh-jauh banget. Sekitar 5 menit dari rumah dia.
Kebetulan gua punya temen yang tinggal di Garut dan dia bilang tempat belanja baju yang paling terkenal di Garut itu namanya R** BUSANA. Katanya di sana jual baju-baju sisa eksport dengan harga yang miring.



Ah, apakah di Kota ini aku akan menemukan 'tulang rusuk'-ku?

Dalam ekspektasi gua, R** BUSANA itu adalah gedung bertingkat dengan interior yang ‘wah’. Dengan pelayan-pelayan yang cantik dan siap memanjakan mata anda sebagai pembeli.

Entah emang jodoh ama yang namanya R** BUSANA, pas gua lagi jalan eh tampak dari kejauhan ada gedung bertingkat dua berwarna pink dan disitu ada papan bertuliskan R** BUSANA dengan tagline ‘Mitra Keluarga Bijaksana’. Gua menarik kesimpulan kalau gak beli baju di R** BUSANA artinya kita bukan keluarga yang bijaksana.

Agak mempercepat langkah kaki, gua beneran jadi penasaran ama yang namanya R** BUSANA. Setelah jarak semakin deket, gua perhatiin ada mas-mas yang berdiri di depan tuh toko sambil ngebacot pake speaker. Samar-sama gua denger dia ngomong “Ya, hanya hari ini saja. Kaus anak-anak, bayar 50rb dapet 3. Buat Ibunya jangan ketinggalan ada baju sisa eksport. Baru datang dari Swiss, Kanada, Amerika”

Gara-gara dia ngebacot kayak gitu, gua jadi beneran penasaran. Ketika gua sampai di depan tokonya, yang nampak hanya tumpukan baju-baju dengan banderol 20rb, 30rb, hingga 40rb. Yang jaga ternyata hanya mas-mas dan minim sekali ‘pemandangan’ disini. Gua narik salah satu kaos di situ dan lihat label yang terdapat di balik kaos itu. Tulisannya ‘Made In Cikajang’

Bah, mana sisa eksport? Mana yang buatan Swiss? Mana yang buatan Kanada? Dasar R** Busana, memang bener-bener Mitra Keluarga Bijaksana. Bijaksana karena ditipu. Ternyata nih toko gak jauh beda ama toko-toko sejenis yang bertebaran di Alun-alun Bandung dan suka ngaku-ngaku



R** BUSANA ada di jajaran jalan ini


Ok, setelah puas muterin Garut, gak kerasa kaki punya mulai luyuh. Mau balik ke rumah transit, naik angkot takut nyasar. Gua takut diculik di dalam angkot. Karena biasanya penculik itu menculik orang dengan wajah rupawan karena gua ngerasa masuk kriteria itu beneran deh gua jadi takut sendiri. Hahaha

Aha, kenapa gak naik delman aja? Disana kan banyak delman dan udah lama banget gua gak naik delman. Terakhir kali gua naik kuda itu, pas gua masih SD dan saat itu yang gua tau adalah bau pantat kuda ternyata lebih bau dibanding bau temen gua si Dedi.

Saat itu gua masih kelas 3 SD dan kebetulan pergi ke Lembang bareng bokap gua. Tau kan di Lembang banyak tukang kuda? Dan karena gua penasaran menunggangi kuda, gua disewain kuda buat muterin kebun teh yang deket ama villa tempat saudara gua tinggal.

Ah, kalau saja gua nungganginnya bareng wanita pasti terasa begitu romantis. Tetapi karena gua naiknya bareng abang-abang tukang kuda, entah mengapa malah lebih mirip Robot Gedeg dan calon korbannya.

Forget it…. Lanjut,

Gua udah mewanti-wanti biar gua gak duduk di sebelah si kusir. Bukan apa-apa, gua takut kalau si kuda ngambek terus nyepak gua pake kakinya yang gedenya kayak dada ayam Texas Fried Chicken. Selain itu gua takut si kuda karena kebelet pipis, malah nyemburin pipisnya ke muka gua.

Tapi, entah gimana cara pembagiannya, malah gua yang duduk di depan, di samping Pak Kusir. Dasar kuda gak sopan, gua dipantatin ama dia. Mending kalau baunya harum kayak parfum Calvin Klein, lah ini baunya beneran mirip pantat temen-temen gua yang digabungin terus dijadiin parfum.



Kuda sialan, gua dipantatin

Bayarnya ternyata gak usah mahal-mahal. Cuma 6rb perak saja untuk 5 orang, kita bisa menikmati dinginnya kota garut yang sejuk (dan sejuknya bau pantat kuda khusus untuk gua)

Setelah semua urusan selesai, akhirnya kita pamit ke guru sekolah minggu gua itu. Setelah ngobrol-ngobrol sejenak kita rencananya mau melanjutkan perjalanan ke Cipanas. Itu loh Cipanas, daerah yang terkenal karena air panasnya yang (katanya) baik buat kesehatan. Sebenarnya gua agak heran, ngapain mandi air panas jauh-jauh ke Cipanas? Padahal tinggal masak air panas aja di rumah sampai mendidih, bisa deh mandi air panas.

Ah, tampaknya sugesti yang berlebihan bisa mempengaruhi pola pikir orang banyak.
Temen-temen yang lain bilang nyewanya yang kamar air panas aja biar lebih nyaman. Jujur, gua gak tau apa itu kamar mandi air panas. Kata temen gua, kamar air panas itu jadi isinya kayak pemandian air panas yang terdapat di kamar. Satu kamar biasanya diisi oleh 2 orang dan privacy lebih terjamin.

Dalam bayangan gua saat itu, kamar mandi air panas itu adalah kamar yang mewah dengan pancuran air panas kayak di teve. Sebelum kita berendam, badan kita akan dilumuri oleh coklat, susu, atau apapun yang bisa dipake agar tubuh kita menjadi lebih rileks dan ringan. Setelah semuanya beres, kita disuruh untuk berendam air panas agar tubuh kita jadi lebih plong.

Hm, apakah memang seperti itu?

Tapi yang membuat gua agak heran adalah harganya yang murah banget, cuma 20rb dan bisa sepuasnya. Hanya 20rb? Apa-apaan itu? Perasaan kalau gua liat di tipi harganya bisa 200-300rb buat kayak gitu. Lah ini kok Cuma 20rb?

Ok, setelah beli karcis akhirnya gua masuk. Pas gua buka pintu dan nengok kedalam,

ternyata…..

isinya gak jauh beda ama WC umum yang biasa ada di warteg. AArrghhhhhhh.
Sial, untuk kesekian kalinya ekspektasi gua salah. Jangankan ada mbak-mbak cantik cantik yang bakal melumuri tubuh gua dengan coklat, sabun colek buat gosok badan juga gak disediain disini. Kucluk abis.



Mirip WC Umum di warung nasi deket rel kereta api

Dan yang paling bikin kunyu adalah itu aer panas, panasnya kayak setan. Panas abis. Pas gua cobain tuh air panas buat ngusap punggung gua, brrrr rasanya kayak ketumpahan kuah supermia rasa ayam bawang.

So hot…..

Emang bayar 20rb bisa sepuasnya berendam disitu tapi baru 4 menit lebih 23 detik juga, gua udah pengen cepet-cepet keluar. Setelah ganti baju dan bersiap pulang, di papan depan tuh pemandian air panas ada tulisan ‘ANDA DATANG UNTUK KEMBALI’



Kalau gua bawa pilok, pengen banget tuh gua ganti tulisan jadi ANDA DATANG UNTUK MENYESAL.

Dan, sekitar jam 9 malam gua nyampe di rumah dan yang gua lakuin begitu nyampe di rumah adalah belajar. Loh kok belajar? Salah. Yang benar adalah nonton Putri Yang Tertukar di RCTI. Gak apa-apa kelewat 1 jam yang penting masih bisa nonton.