Selasa, 13 Januari 2015

Interview Kerja

Belum lama ini, gue ada janji makan siang ama temen gue yang kerja sebagai seorang HRD di sebuah perusahaan besar.

Waktu gue mampir ke kantor doi, gue perhatiin lagi banyak orang yang nunggu panggilan buat interview kerja.

Reaksinya beragam. Ada yang tenang, ada yang gelisah, ada yang main hp. Beragam reaksi gue perhatiin dari para job hunter ini.

Entah kenapa, gara-gara liat para job hunter ini, ingatan gue jadi kembali lagi ke kejadian tahun 2009 silam. Gak semua orang tau sih tentang cerita ini.

Gak ada angin, gak ada badai, tanggal 13 January 2009 tiba-tiba gue disuruh Bokap dateng ke sebuah perusahaan di Jalan Surya Sumantri Bandung. Bokap gue bilang ada temennya yang ngerekomendasiin gue buat test kerja disana.

Serius gue bingung banget, bingung dalam artian kenapa gue yang direkomendasiin buat test kerja disana. Emang gue pernah ketemu langsung ama temen Bokap gue itu tapi itu pun gak lama. Paling sekitar 10-15 menit aja kita ngobrol-ngobrol.

Nah katanya dari ngobrol-ngobrol 15 menit itu, temen Bokap gue ngerasa cocok dengan gue dan menganggap gue layak buat kerja di perusahaan itu.

Begitu Bokap nyuruh gue dateng, saat itu juga langsung gue tolak. Bukannya sombong tapi jujur gue baik-baik saja saat itu. Dalam artian gue sudah punya job sendiri (meski belum terikat dan tetap).

Pas gue tanya itu Perusahaan apa, Bokap gak bisa kasih penjelasan yang memuaskan hati gue. Dia cuma ngomong "kalau gak salah sih perusahaan listrik".

Perusahaan listrik? Ini juga masih ditambahin kalimat "kalau gak salah". Gimana coba kalau gue dateng gak taunya perusahaan pupuk?

Dan lagi kalau emang ini beneran perusahaan listrik, jelas gue angkat tangan. Sepanjang hidup gue, gue sama sekali gak punya pengalaman di dunia per-listrik-kan.

Satu-satunya pekerjaan yang pernah gue lakukan (yang berhubungan dengan listrik) adalah setiap Bokap gue nyedoit air ledeng tiap malam, gue bertugas buat nyolokkin kabel.

"De, colokkin kabel yang warna hitam!"

"De, cabut kabel warna hitam ganti kabel warna putih"

Itu adalah 'pengalaman' kerja gue yang berhubungan dengan listrik. Selebihnya gue 'angkat tangan'.

Ternyata penolakkan gue berbuntut panjang. Nyokap dan Bokap gue saat itu terlihat kecewa dengan gue. Kita sempat adu argumen dengan tensi tinggi.

Gue tetep teguh dengan keputusan gue, gue gak mau dateng buat wawancara kerja di tgl 15 January 2009 tersebut.

Sorenya Kakak gue kirim sms ke gue yang intinya meminta supaya gue tetep dateng buat interview kerja. Dia bilang supaya gue mencoba dulu, soal keterima atau gak urusan belakangan dan bisa diomongin lagi.

Bahkan Kakak gue menawarkan diri buat ngebuatin gue CV (Curriculum Vitae) sebagai salah satu syarat buat melamar kerja. Jujur, gue gak pernah punya CV karena sama sekali gak pernah melamar pekerjaan kemanapun.

Karena bujukkan dari Kakak akhirnya gue luluh juga. Gue mengiyakan untuk datang ke kantor tersebut buat melakukan interview kerja.

Gue sama sekali gak melakukan persiapan apapun untuk interview kerja pertama gue itu. Gue lebih berpikir bagaimana caranya gue 'menamatkan' hari itu (hari dimana gue interview) secepat mungkin. Gue gak peduli mau diterima atau gak.

Akhirnya hari itu pun tiba. Mungkin karena terlalu antusias Nyokap gue setrikain banyak baju buat gue. Gak ketinggalan gue ampe dibawain bekel buat makan siang nanti. Sebelum berangkat, gue didoain supaya interview gue berjalan lancar.

*weleh-weleh*

Gue diantar oleh Bokap ke kantor tersebut, jaraknya sih lumayan jauh dari Rumah gue sekitar 30 menitan. Sesampainya disana, gue disambut oleh seorang resepsionis cantik.

Gue utarakan tujuan gue kesini dan (oleh temen Bokap yang ngerekemondasiin gue) gue disuruh nyari orang yang namanya Bapak Tony. Kebetulan saat gue datang, Bapak Tony tersebut lagi keluar jadi gue disuruh nunggu.

Sambil menunggu, gue ajak ngobrol si Mbak Resepsionis cantik dan dari dia, gue baru tau kalau ini adalah perusahaan baru dan benar ini adalah perusahaan listrik.

Pantes aja pas gue cari info di internet tentang perusahaan ini, mimim banget info yang gue dapet.

30 Menit menunggu akhirnya Bapak Tony datang. Begitu liat gue dia bilang "Ini yang namanya Stefanus ya?" sambil ngajak gue ke sebuah ruangan.

Di ruangan itu gue disuruh duduk dan segera menjalani test tertulis. Disaat begini kemampuan mengarang bebas gue benar-benar diperlukan.

Seperti yang gue bilang tadi, gue sama sekali buta tentang perusahaan ini. Yang gue tau, ini cuma perusahaan listrik bahkan namanya juga gue gak hafal-hafal -_-

"Apa yang anda ketahui tentang perusahaan ini"

"Ceritakan tentang diri anda"

"Apa saja kekurangan diri anda"

"Berapa gaji yang anda inginkan?"

Buat ngerjain soal-soal itu, gue bener-bener mengarang bebas. Untuk pertanyaan "Apa yang anda ketahui tentang perusahaan ini", gue tulis "Perusahaan ini adalah perusahaan listrik yang sedang berkembang untuk menjadi lebih baik lagi"

Benar-benar jawaban anak SD

Setelah beres test tertulis, test ternyata langsung berlanjut ke test  wawancara. Dan yang mewawancarai gue adalah si Pak Tony itu.

Dan lu tau saat itu gue rasanya lebih milih diserap oleh black hole di luar angkasa karena Pak Tony baca ulang semua jawaban gue persis di depan gue.

Saat itu gue bener-bener mati gaya dan tidak berkutik. Pak Tony juga beberapa kali nyuruh gue menceritakan tentang diri gue, tentang pekerjaan yang gue lakukan selama ini.

Gue ceritain apa-adanya tentang diri gue. Setelah rangkaian test yang menguras tenaga itu selesai, akhirnya gue diizinkan pulang dan jika gue diterima kerja disana gue akan dihubungi lagi (gue malah sama sekali berharap gak diterima kerja disitu)

Perasaan gue saat itu bener-bener lega, beban batok kelapa di punggung gue mendadak lenyap. Yang ada di pikiran gue saat itu, gue pengen cepet-cepet tidur dan kembali ke kegiatan gue seperti biasa.

Tgl 20 January 2009 (gue inget banget tanggalnya karena bertepatan dengan ulang tahun pacar saat itu), gue mendapat ditelpon dan LU PERCAYA GAK, gue diterima kerja di perusahaan itu.

Gue bener-bener shock ampe bingung, kok bisa-bisanya gue diterima kerja? Gue yakin pasti ada orang yang pendidikannya lebih tinggi dari gue yang interview disana tapi kenapa malah gue yang diterima?

Begitu gue ngabarin ke Nyokap, Bokap, dan Kakak semuanya langsung bahagia dan senang. Gue disuruh kerja mulai tgl 23 January dan semua hal yang berhubungan dengan pekerjaan akan dijelaskan langsung ke gue di tanggal tersebut.

Nah, saat itu gue jadi bener-bener bingung. Gue berpendapat orang kerja itu tentu butuh kenyamanan untuk menyalurkan minat + bakat dan sesuai passion yang dia punya.

Sedangkan gue bakalan bekerja di perusahaan listrik yang namanya aja gak gue hafal-hafal. Orang bilang kalau kita belajar pasti kita bakalan bisa.

Tapi menurut gue, cuma diri kita sendiri yang bisa mengukur limit yang kita punya dan gue pikir gue gak bakalan enjoy kerja disana.

Kembali terjadi perdebatan antara Nyokap + Bokap dengan gue. Mereka minta supaya gue kerja disana dan untuk kali ini keputusan gue sudah gak bisa diganggu gugat lagi, gue tetap mau fokus dengan pekerjaan gue yang sekarang. Gue percaya semua hal itu butuh proses, apa yang gue lakukan di tahun itu pasti akan berbuah kelak.

"Mom, Everything's gonna be ok. Just Believe Me!" kata gue

Dalam hidup gue, mungkin baru itu sekali-kalinya gue ngomong pake bahasa Inggris ke Nyokap gue. Sengaja gue ngomong pake bahasa Inggris biar Nyokap gue diem dan gak berdebat lagi dengan gue karena gue tahu Nyokap gue gak bakalan ngerti ama apa yang gue omogin. Hahaha

Dan seperti apa yang gue omongin ke Nyokap di tahun 2009 silam, gue baik-baik saja sampai sekarang. Bersyukur ke Tuhan, gue punya kerjaan yang sesuai dengan passion gue.

Orang bilang pekerjaan yang menyenangkan adalah hobby yang dibayar dan itulah yang gue kerjakan sekarang. Semua hal yang gue lakukan sekarang, semuanya berasal dari hobby dan minat gue.

Pengalaman interview kerja gue di tahun 2009 itu mungkin akan menjadi pengalaman pertama dan terakhir buat gue. Perusahaan listrik itu sendiri kabarnya sekarang sudah tutup dan kantornya sudah berganti fungsi jadi show room mobil.

Sakit dalam perjuangan itu hanya sementara. Bisa jadi kamu rasakan dalam semenit, sejam, sehari atau setahun. Namun jika menyerah, rasa sakit itu akan terasa selamanya.

Tetap semangat :)

Selasa, 06 Januari 2015

Everyday I Fight

Telat gak sih kalau baru sekarang gue bilang "Selamat Tahun Baru" untuk kalian semua?

Katanya sih lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali, jadi dari hati gue yang paling dalam gue mau bilang selamat tahun baru untuk kita semua. Semoga berkat terus melimpah dan terus diberi kesehatan untuk kita semua.

Semoga hal-hal yang buruk di tahun sebelumnya bisa berganti dengan hal-hal yang menyenangkan di tahun ini.

Seperti tahun-tahun sebelumnya Gereja gue yang di Bandung ngadain acara tuker kado setiap tanggal 1 di awal tahun. Jika di tahun sebelumnya dengan sangat-sangat keji gue cuma dapetin keset kaki maka di tahun ini gue berharap banget dapet hadiah yang lebih bagus dari sekedar keset kaki (baca di: http://www.sanipunyablog.blogspot.com/2014/01/its-clobberin-time.html)

Serius, tahun lalu itu gue berasa rugi banget. Rugi karena gue sudah kasih hadiah yang keren banget eh giliran gue, dapetnya cuma keset kaki merk Alfamart.

Untuk tahun ini, gue gak bakalan kasih hadiah yang mahal-mahal, secukupnya aja biar kalau kelak gue dapet keset kaki lagi, gak terlalu nyesek di hati.

Gue bongkar-bongkar kamar nyari barang yang bisa dijadiin hadiah tapi gak nemu-nemu. Ada sih beberapa item kayak tumbler, topi, payung tapi kok gue malah ngerasa sayang buat dijadiin kado.

Bingung nyari, gue nanya ke Nyokap gue siapa tau ada barang bersegel yang bisa dijadiin hadiah. Nyokap gue sendiri lagi bingung mau kasih hadiah apa buat acara tuker kado.

Lama mikir, gue baru kepikiran. Kenapa gak ngasih balik aja keset kaki yang gue dapet di tahun sebelumnya? Bener gak? Briliant gak ide gue?

Gue inget banget keset kaki keji itu masih gue simpen di atas lemari tempat nyimpen piring Nyokap. Gue cari-cari dan YES akhir gue nemu juga itu keset kaki keji itu. Barangnya masih diplastik rapih walau sudah sedikit berdebu.

Gue bersihin dikit dan gue bungkus pake kertas koran. Untuk menyamarkan bentuk, gue sengaja masukkin itu keset kaki ke dus Teh Kotak.

Di kepala gue lantas muncul pertanyaan, siapa yang bakal beruntung dapet kado dari gue ini?

Next,

Setelah acara kebaktian awal tahun selesai dan dilanjutkan dengan acara makan-makan, acara yang dinanti-nantikan pun segera dimulai.

Mata Superman gue sudah langsung menerawang, mana-mana aja hadiah yang harus dijadiin inceran. Ada kotak yang menurut gue oke banget isinya, besar dan pas gue goyang-goyangin berasa berat.

Mungkinkah PS4 isinya? Ok, mulai detik ini kotak itu jadi target gue selanjutnya.

Sebelum gue ambil nomor, temen gue (sebut saja si S) dipanggil maju ke depan buat ambil nomor. Dia kebagian nomor 3 dan sekilas sih gue perhatiin itu kayaknya hadiah dari gue. Soalnya gue inget banget, gue bungkus kado gue itu pake Tabloid Nova yang gambarnya depannya si Olga Syahputra

Temen gue itu gak tau kalau itu sebenarnya hadiah dari gue. Sebelum buka dia bisik-bisik ke gue kalau dia yakin hadiahnya bakalan keren banget.

Hahahahah. Belum tau aja lu bro isinya keset kaki -_-

Setelah semua dapet kado, sekarang waktunya buat buka kado. Untuk kali ini gue nyantai aja, gue gak mau nunjukkin rasa antusias yang luar biasa kayak tahun lalu. Gue buka pelan-pelan dengan lembut.

Bentuknya sih kayak tabung gitu. Apa ini isinya semprotan nyamuk gitu ya? Soalnya pas gue goyang-goyangin kayak ada isinya.

Ternyata isinya bukan semprotan nyamuk. Tulisannya NIPPON PAINT, PYLOX CAT SEMPROT LEGENDARIS BERKUALITAS TINGGI.

Serius, untuk tahun ini gue dapetnya NIPPON PAINT PYLOX CAT SEMPROT LEGENDARIS BERKUALITAS TINGGI????????

Gue pengen tau siapa orang yang dengan keji ngasih hadiah cat semprot ke gue. Gue pengen banget Mylox muka dia sambil ngomong "BRO, LU KIRA GUE TUKANG CAT SAMPE HATI LU KASIH GUE HADIAH PYLOX!!!!"

Begitu gue angkat hadiah gue semua orang ketawa ngakak. Ya jelas ngakaklah, bisa-bisanya PYLOX dijadiin hadiah dan bisa-bisanya gue yang dapet itu PYLOX!!!!

Gue cuma cengengesan kayak biasa seolah gue seneng dan bahagia banget dapet PYLOX padahal hati remuk kayak abis diselingkuhin pacar.

Berbeda ama gue yang masih bisa cengengesan, temen gue si S itu dari tadi diem aja. Gue akting nanya ke dia dapet hadiah apa sambil bisik-bisik dia ngomong "Gila, gue dapetnya keset kaki. Kejem banget itu yang kasih hadiah"

"Ah, seriusan lu" gue akting gak tau apa-apa

"Seriusan" kata si S sambil nunjukkin keset kaki legendaris merk Alfamart kepunyaan gue. Gue pengen ketawa ngakak tapi gue akting cool seolah menunjukkan rasa iba ke doi.

Dan entah kenapa, untuk kali ini gue lebih milih dapet keset kaki itu lagi dibanding dengan hadiah PYLOX yang gue dapet sekarang.

*ouch*

Well, seperti harapan gue di tahun-tahun sebelumnya. Gue harap tahun ini berjalan lancar dan baik buat gue. Tahun 2014 bisa dibilang sebagai tahun yang luar biasa buat gue, banyak berkat dan rejeki yang melimpah.

Ada sedikit ketakutan di dalam hati kalau di tahun 2015 ini gak akan bisa menyamai kesuksesan di tahun 2014. Tapi gue selalu menenangkan hati kalau semuanya akan baik-baik saja.

Jika di tahun 2014 gue terlalu "bekerja" terlalu keras, di tahun ini gue ingin lebih santai tetapi tetap harus fokus dengan semua target gue.

Hari berganti, bulan berganti, tahun pun berganti. Tahun baru, harapan baru, semangat baru. Masa lalu adalah kenangan, hari ini adalah goresan, hari esok adalah harapan. Selamat Tahun Baru semoga semua mimpi kamu bisa segera menjadi kenyataan!

Dan jika ingin bermimpi maka cepatlah tidur. Tapi jika ingin membuat mimpi itu menjadi kenyataan maka cepatlah bangun.

Minggu, 04 Januari 2015

Proud Of Me

       Have you ever thought about the possibility that a woman you married and have known (from  Facebook) for about 8 months before the marriage is actually.. a dude? That kind of question may well be asked by many people after learning of the story about about a man mistakenly marrying a woman he met on Facebook. This all transpired in early 2011 when a man from a Jakarta suburb reported a case about his wife committing fraud with regard to her identity, he never knew that the wife he had been living with for some months was actually a man.

      Imagine a world where you can be anyone you want to be, who you would choose to be? It sounds like quite a silly question, but it’s happening. With the fast pace of growth in information technology, the sharing of information from people all over the world increased; whether for business or personal relationships. It is likely that social media saw the fastest changes in scale and type of content. According to Comscore (2011), quoted from R. Kay Green’s article in the Huffington Post titled “The Social Media Effect: Are You Really Who You Portray Online?”. It would appear that about 90% of US internet users visit social media each month. It’s becoming increasingly important because social media helps you to promote your brand and help you expand your social network. Facebook, currently having over 500 million active users, could be used as an effective advertising medium and tool for self-promotion online.

     Like it or not, that certain persona we promote online may not be not quite a fully accurate representation of ourselves in real life. Most people will carefully carve a certain image about themselves on social media, taking seriously people’s perspective about our actions online, treating our life online just as we would live our life in the real world. Remember the pictures taken by your co-workers in their last vacation maybe? Or how fancy the restaurants were in which they had dinner? Or maybe where they last hung out last at the weekend? Sadly, the reality about online persona we create is that it is so often turned into a happiness competition, with an urge to post an image of a cool or exciting life and not the dull one that would very often be the real case. Andrew Hough (2013) in his Telegraph article stated that at least one in four women exaggerated or distorted what they are doing in social media once a month. There’s a need for them to show that their lives aren’t boring, spurred on by jealousy about other people’s more exciting posts. This confirms that many who post online feel a need to impress their friends and acquaintances, regardless of if they are from the real or online world.  And what’s a more depressing fact is, these phenomenon actually give a paradox effect to the participants, as people attempt to stay connected on social media, it may well make them feel more isolated instead.

      So, who are we supposed to be online? Before deciding about creating a certain persona in our online life, according to R Kay Green (2013) there are three factors to consider while doing social network activities:  

     *)  Stop comparing ourselves to others
Comparing ourselves to other means we’re actually comparing ourselves with our perception of what we think other people are. Ideal self is what we perceive as “what are we should be” while our real self is what we actually are. People will naturally tend to just present their ideal self online, therefore we would all just end up comparing ourselves with the ideal figure of another person, instead of their true representation.
     *)  Authenticity is the key
We must not be afraid about showing our true self to other people. People like individuals who are able to stay true to themselves. Examine who we really are, identify our own best attributes, determine what makes us unique and focus attention on that which may enhance our character.
     *)  Align our “ideal” self with our “real” self 
Use our online “ideal” self as a motivation to actually make strides to change and improve our real life. 

So, now ask yourself, what kind of person would you like to be in your online world? I think you’ve a good idea about who you want to be by now, and I hope you would be that certain persona for good cause ;)
  
*) Dimuat juga di beberapa portal online