Selasa, 23 Oktober 2018

Diplomasi Bacang & Siomay

Ini sih katanya ya sekali lagi ini mah katanya ya. Hal yang paling menyakitkan buat seorang lelaki adalah ketika si cowok menyukai seseorang tetapi si cowok itu tidak pernah mengungkapkan perasaannya.

Ada benarnya juga sih tapi di mata gua, hal ini berlaku kalau kasusnya gini, si cowok naksir dengan si cewek, dia sudah berusaha untuk mendekati si cewek dan si cewek sudah merespon balik tetapi karena tidak bernyali si cowok sama sekali tidak pernah berani untuk bilang kalau dia sayang/naksir ke si cewek. Nah itu baru namanya menyakitkan.

Berbeda kasus kalau kayak gini. Si cowok naksir si cewek tapi dia gak melakukan apapun dan si cewek juga gak tau kalau si cowok itu naksir ama dia. Nah kalau kasusnya kayak gini gimana menurut lu?

Salah satu teman gua, kita panggil saja dia si Und. Dia seumuran ama gua bahkan dia lebih tua karena dia lahir di bulan Agustus dan gua lahir di bulan November. Banyak yang bilang kalau si Und ini sedikit aneh dan ketika gua barbicang dengan dia, gua sependapat tengan kata temen-temen gua yang lain kalau si Und ini sedikit aneh. Bukan sedikit aneh tapi ANEH banget.

Gua gak bisa mendeskripsikan anehnya gimana tapi lu harus ngomong langsung dan gua yakin lu akan sependapat dengan gua. Si Und ini belum pernah pacaran dan pas kapan gua gak sengaja pernah baca SMS dia ke seorang cewek. Dan pas gua baca, 1 kata yang ada di otak gua adalah ANJING.

Si Und ini ternyata naksir ama seorang cewek dan dia kirim SMS, isi SMSnya gini (kurang lebih gini ya, gak sama persis):

"Hai Fanie, ini gua Und. Kita satu angkatan di kampus dan sejak pertama ketemu gua sudah suka ama lu. Gua selalu memperhatikan lu kalau lagi di kampus dan sekarang gua pengen jujur sama lu kalau gua itu sayang dan suka ama lu. Sekarang terserah ama lu, lu mau nerima gua apa enggak"

INI APA-APAN NIH? Ini nembak apa kasih pengumuman DAFTAR RONDA di kampung? Ngedeketin gak pernah, kenal juga paling sebatas kenal dan sekarang dia nembak itu cewek lewat SMS doang?

Kalau gua jadi itu cewek, kayaknya gua bakalan bales gini "O" iya "O" doang deh.

Keanehan si Und tidak sampai disni. Jadi di suatu hari gua lagi posting foto bareng ama temen SMP gua si Meli Pangemanan. Terus gua isengin si Meli, gua kasih caption gini "Masih available yang minat DM ya".

Gak dinyana si Und ini chat gua "Eh aku mau dong kenalin dong". Berhubung gua pengen ngisengin si Meli, gua bilang ke si Und "DM aja langsung orangnya, ini akun IG-nya @melipangemanan"

"Gimana mulainya?" tanya si Und

"Kamu kirim DM aja dulu. Pastı dibales ama si Meli mah, baik kok orangnya"

"Jadi saya kirim DM dulu"

"Iya"

Gua sudah bilang ke Meli kalau nanti ada temen gua yang bakalan DM dia di IG, gua bilang orangnya rada spooky tapi respon aja. Kasian kalau dicuekkin, respon seadanya aja gitu.

Beberapa jam kemudian, Meli chat gua dan bilang kalau dia dapet DM dari cowok dan pas gua nana apa isi DM-nya, Meli bilang isinya "DM".

Gimana, gimana Mel gak paham gua. Gua terus dikirim screenshoot dan DM-nya si Und adalah 'DM'.

Gua cuma cengo gak percaya, gua suruh kirim DM buat ngajak kenalan malah ngechat 'DM' doang. Ya ampun Tuhan Yesus Jehova Rava, Allah pengampun segala dosa umat manusia.

.......................................................................................................

Gua pun pernah berada di posisi "Cowok yang suka ama cewek tetapi tidak berani mendekati". Ini terjadi ketika gua masih duduk di bangku SMA. Ketika gua pertama kali masuk SMA Santa Maria 1, yang gua lakukan adalah gua langsung memetakan ciwi-ciwi yang bisa dikecengin. Ada bêberapa ciwi cantik yang masuk ke daftar sebagai 'ciwi cantik di angkatan', ada Vivi yang sekelas ama gua, ada si Maria Kurniawati yang sekarang jadi Presenter Moto GP (sekarang namanya jadi Maria Vania, stalk aja IG-nya) dan masih ada beberapa nama lainnya.

Tetapi ada 1 perempuan yang berbeda kelas dengan gua dan jujur gua suka. Orangnya cantik dan manis terus kalau pulang naik bus DAMRI. Mirip kayak gua yang kalau pulang selalu naik Bus DAMRI tetapi bedanya mah dia naik yang ke arah atas dan gua naik yang ke arah bawah.

Biasanya sambil menunggu bus DAMRI lewat, gua suka nengok ke seberang jalan dan ada si Deb lagi nunggu bus juga. Mau menyapa tapi gua keburu malu jadi gua cuma bisa memandang dia dari ujung jalan. Benar-benar idaman ini, sudah cantik, manis, kalem eh gak malu juga naik Bus.

Tapi lu pasti tau kan ada pepatah yang bilang kalau dimana ada orang manis pasti ada penyamun. Dan yang naksir bukan cuma gua doang tapi banyak yang naksir ke si Deb ini. Dan gua rasanya sudah kelewatan beberapa langkah.

Disaat gua baru memandang dia dari ujung jalan eh yang lain sudah ada yang mulai bombardir SMS sampai ngajak jalan.

Dan 1 tahun gua di kelas 1 SMA, gua lewatkan tanpa pernah kenal dengan si Deb ini. Jadi gua hanya bisa dibilang sebagai orang yang hanya bisa mengagumi dia dari jauh. Keberuntungan mulai berpihak kepada gua ketika di kelas 2, gua sekelas ama si Deb ini.

Di kelas gua mulai suka tebar pesona ke si Deb dan gua bahkan menciptakan nama panggilan 'sayang' untuk dia. Gua panggil dia dengan nama 'Debor' dan kalau lagi ngobrol dengan Deb, gua bilangnya 'aku' dan 'kamu'.

Tjakep bener. Tetapi tampaknya si Deb ini hanya memandang gua sebagai teman biasa, tidak lebih. Hal ini diperparah dengan fakta bahwa ada cowok yang GAK NAIK KELAS (puas banget gua nulisnya) yang lagi deketin dia. Jadi dia temen 1 angkatan tapi dia gak naik kelas, jadi kita kelas 2 dia tetap tinggal di kelas 1. Dari sisi modal, dia menang karena setau gua dia dari keluarga orang kaya.

Gua jadi keder duluan karena secara duit jajan gua pas SMA itu 7rb per hari. 5rb buat jajan dan sisanya buat ongkos gua pulang naik DAMRI.

Kalau istirahat tiba, si W (cowok yang lagi deketin Deb) suka ngajak makan bareng di kantin dan makannya itu Nasi Chicken Katsu. Nasi Katsu adalah jajanan termahal di kantin sekolah gua, dulu itu harganya 7rb per porsi.

Disaat W dan Deb makan Nasi Chicken Katsu + Mayonaise, gua ama si Ambu mentok jajan nasi batagor yang harganya 2.500. Apa itu nasi batagor? Jadi itu batagor, iya batagor terus biar kenyang dipakein nasi. Emang aneh sih masak batagor dikasih nasi? Tapi disaat kepepet maka semua pun menjadi mungkin.

Awalnya si Albert Alexander a.k.a Ambu nanya ke gua "Emang enak San, batagor pake nasi?", gua bilang cobain aja, dan si Ambu pun ketagihan. Akhirnya selama kita bersekolah di Santa Maria, setiap istirahat tiba pasti makannya nasi dan batagor :D :D :D

Gua mengibaratkan W & Deb yang makannya Nasi Chicken Katsu dengan gua dan Ambu yang makannya Nasi Batagor seperti level 'SUPERMAN' dengan level 'SARAS 008' yang tayang  di Indosiar tempo hari. Terlalu jauh

Dan seperti yang gua perkirakan tidak lama kemudian, Deb & W pun jadian. Tiap istirahat, si W pasti datang ke kelas gua dan duduk di sebelah Deb. Gua cuma bisa duduk di kursi gua sambil memendam rasa cemburu yang luar biasa tetapi gua pun sadar diri, gua tidak cukup punya 'amunisi' (baca: modal) untuk mendekati si Deb.

Naik di kelas 3, hubungan kita mulai merenggang karena kita berbeda kelas. Gua pun mulai menjalin hubungan dengan teman perempuan lain dan yang gua tau, Deb pun masih menjalin hubungan dengan W. Sampai kita lulus, gua hanya bisa memendam perasaan kalau gua naksir ke Deb.

Dan rasanya perasaan itu tidak pernah berubah ketika gua pertama kali gua melihat Deb dan sampai hari terakhir gua ketemu Deb si Sekolah.

Hubungan kita itu seperti saat Deb dan gua yang menunggu bus DAMRI untuk pulang ke rumah. Kamu naik ke arah atas dan aku naik ke arah bawah, tidak bisa bersama. Dan jalan yang memisahkan kita itu seperti hubungan kita, ada yang memisahkan.
..............................................................................

25 Agustus 2018, 11 tahun berlalu setelah hari terakhir gua ketemu dengan Deb

Jadi hari ini adalah hari pernikahan Ketua Kelas gua sewaktu kelas 3 si Samuel Komaru Siregar. Rencana awalnya adalah gua bakalan bawa mobil dan pergi bareng si Ambu.

Alasan gua bawa mobil adalah 'biar rambut gak kempes' karena gua lagi pake Pomade. Kempes vroh kalau kena helm. Eh dasar si Ambusuk banyak wacana, satu Malam sebelum tanggal 25 si Ambunjing ngabarin kalau dia gak jadi pergi karena ada temennya dari Jakarta yang datang.

Karena Ambu gak ikut, gua jadi mikir berangkat gak ya ke undangan Samuel. Apalagi gua sebenarnya paling males kalau datang ke undangan karena gua kurang nyaman kalau harus berada di tempat yang ramai.

Tapi gak enak juga sih kalau gak datang dan akhirnya gua memutuskan buat datang pakai motor. Makan sedikit dan langsung pulang buat melanjutkan menulis dan sorenya pergi ke Gereja.

Sesampainya disana, gua ketemu dengan beberapa temen SMA gua kayak si Ferry Liong. Ngobrol sedikit bareng Samuel, makan dan gua menuju parkiran buat pulang.

Tapi saat itu cuaca lagi panas banget jadi gua nunggu sebentar deh di bawah pohon deket parkiran motor. Temen-temen gua yang lain pada ngumpul di kantin deket Gedung Resepsi buat merokok dan ngebeer tetapi berhubung gua tidak ngebeer dan merokok (level gua mentok di Marimas rasa Buah Naga), gua memilih buat duduk di bawah pohon.

Disaat gua lagi duduk dibawah pohon ada Bapak tua yang datang menghampiri gua dan minta tolong ke gua. Bapak tua ini ternyata Driver Grab Car dan salah satu tamu undangan yang datang ke undangan ketinggalan HP-nya di mobil si Bapak tua ini. Tamu yang HP-nya ketinggalan tersebut kemudian menelpon si Bapak dan minta agar HP-nya dikembalikkan.

Posisi si Bapak padahal sudah di Jalan Naripan dan lumayan jauh ke Kawaluyaan. Tetapi karena si Bapak takut di-suspend maka si Bapak rela balik lagi ke Kawaluyaan.

Yang menjadi masalah adalah HP tersebut dikunci dan si Bapak bingung gimana cara buka HP tersebut buat menelpon balık. Dia bilang sudah beberapa kali minta tolong ke orang yang ada disana tetapi malah dicuekkin.

Gua oprek bentar dan ternyata memang dikunci. Gua coba Telpon pake Emergency Call tetapi gak diangkat. Gua kasih saran supaya si Bapak masuk ke Gedung Pernikahan dan bilang ke penunggu tamu supaya diumumkan.

Si Bapak kemudian masuk dan HP-nya masih gua pegang. Siapa tau bakalan ditelpon balık lagi. 10 menit menunggu si Bapak datang lagi ke gua bareng si Ibu yang HP-nya ketinggalan. Si Ibu nampak bersyukur sekali dan setelah urusan beres, si Bapak Tua Driver Grab Car izin buat lanjut narik lagi.

Gua buka HP buat balesin chat dan tak lama kemudian, sebuah suara terdengar di telinga gua. Suara itu bersahut 'Sani'. Pas gua tengok ternyata itu adalah suara dari Deb. Gua sedikit kaget sekaligus mendadak gugup, cewek yang dulu gua taksir waktu SMA sekarang ada di samping gua gitu.

Muka Deb sama sekali tidak berubah, masih cantik dan manis seperti dulu. Kita ngobrol sebentar dan gua langsung todong buat minta nomor WA dan IG, hihihi. Deb datang bersama Ibunya dan dia cerita kalau dia bingung arah pulang.

Gua kemudian menawarkan diri buat anterin dia pulang. Jadi dia tinggal ngikutin gua sampai ke arah pulang dia. Pokoknya kalau soal jalan tikus, gua paham banget secara gua sudah menyerap banyak ilmu tentang jalan tikus dari GOJEG, hihihi.

Di perjalanan pulang, gua mulai mancing Deb dengan sebuah pertanyaan "Kapan Deb, ngikutin Samuel" (maksudnya Menikah) dan Deb menjawab "Lagi nungguh jodohnya datang nih San"

"Kalau lu kapan San?" Deb balik nanya.

"Sama Deb, lagi nunggu jodohnya datang nih" kata gua SOK NYAMAIN.

Dari jawaban Deb, gua berasumsi kalau Deb belum memiliki pasangan. Setelah itu gua nanya lagi ke Mama Deb yang duduk dibonceng Deb.

"Tante masih jualan bacang gak? Kapan-kapan saya order ya"

"Masih San. Ditunggu ya orderannya"

Gua melirik sedikit ke arah Deb dan jelas banget muka dia bingung, dia pasti bingung kok si Sani tau kalau Mama jualan bacang?

Jawabannya adalah di tahun 2006 silam, sewaktu gua sekelas dengan Deb di kelas 2, Deb pernah cerita kalau dia Ayahnya sudah meninggal sewaktu dia usia 2 tahun dan Mamanya jualan bacang yang dititip ke Toko & Gereja.

Gua pernah cerita kan di salah satu postingan gua kalau gua memiliki daya ingat yang sangat baik untuk hal remeh temeh kan?

Mendekati Trans Studio Mall (TSM) kita pisah jalan. Gua lurus dan Deb berbelok ke kiri. Sesampainya di rumah gua langsung follow Instagram Deb, gua stalking dan sepertinya aman alias Deb masih single.

Gua baca-baca comment-comment dari temennya di setiap foto yang diposting Deb semuanya aman. Maksud aman adalah gini, semua komentar dari temannya tidak ada komentar yang melecehkan atau tidak enak dibaca.

Gua punya temen perempuan yang IG-nya itu banyak dikomentarin komentar tidak sopan yang cenderung melecehkan meskipun konteksnya bercanda. Bercanda itu tidak salah, gua pun sering bercandain postingan IG temen gua kayak si Mella Pangemanan. Itu gua sering bercandain tetapi bercanda yang benar bercanda bukan candaan yang melecehkan.

Kalau sampai ada teman perempuan atau lebihnya lelaki yang sampai berani bercanda melecehkan pasti ada yang salah dengan perempuan itu dan gua perhatikan di postingan Deb, semua komentar dari temannya sopan semua.

Dari IG Deb, gua bisa menarik kesimpulan kalau si Deb ini suka travelling karena banyak foto dia yang lagi jalan-jalan, jauh berbeda dengan gua yang gak pernah suka travelling. Tapi hal itu masih bisa dikompromikan.

Setelah stalking IG, gua kirim WA ke Deb buat nanna apa sudah sampai di rumah apa belum. Dia bilang baru sampai dan mengucapkan terima kasih karena sudah diantar.

Setelah itu, Deb chat "Sani, ditunggu ya orderan bacang dan siomay ya". Tanpa pikir panjang, gua langsung jawab "Oh boleh Deb. Order ya siomay 10 ama bacang 5 tapi diambilnya Sabtu depan ya nanti gua ambil langsung ke rumah ya. Boleh minta alamatnya"

Lu boleh bilang gua modus tetapi gua lebih suka bilang ini merupakan 'Diplomasi Bacang & Siomay'. Ini merupakan diplomasi awal untuk sesuatu yang lebih besar lagi.

1 Minggu kemudian,

Deb chat gua buat konfirmasi soal orderan dan gua bilang bakalan gua ambil Sore hari. Cari sebentar, ketemu deh alamat Deb. Gua masuk ke rumah Deb, ngobrol bareng Deb dan gua dibonusin 1 bacang buat dimakan di tempat, hihihihi.

20 menit ngobrol sambil makan bacang, gua pamit karena sorenya gua harus ke Gereja. Gua semakin yakin kalau status Deb ini single karena pas gua nana dia bilang kalau hari Sabtu lebih sering di rumah aja buat istirahat.

Kalau dia ada pasangan pasti hari Sabtu mah dipakai buat kencan bukan? Apa jangan-jangan si Deb sedan menjalani hubungan jarak jauh? Dibanding gua pucing mikir sendiri, gua chat buat ajak Deb keluar hari Sabtu depan sekalian muji Siomay dan bacang bikinan Mama Deb yang enak.

Dan lu tau gak, setelah gua chat itu, gua langsung simpan HP dan gak gua buka-buka lagi sampai Pagi. Jujur, gua takut liat respon Deb, sedikit takut kalau misalnya dia terganggu dengan ajakkan gua. Takut juga kalau dia nolak.

Besok Pagi, gua buka HP dan sambil malu-malu (padahal cuma baca chat doang ampe malu-malu), gua buka chat dari Deb dan isinya dia bilang "Ayo aja San". Melihat respon dari Deb, gua merasa Tingkap Langit dibuka untuk gua dan gua langsung putar otak, mau ajak Deb kemana. Ke tempat yang terbaik tentunya.

Gua menawarkan beberapa opsi untuk Deb dan Deb memilih Kalpa Tree sebuah tempat makan yang lagi booming. Kalau gua pribadi, untuk makan itu seringnya di rumah tapi kalau lagi kebetulan harus makan di luar, kalau gak makan di Warteg ya di Ayam Geprek.

Bukan soal mampu gak mampu tetapi ini soal kebiasaan gua dari jaman masih ngepas sampai sekarang Puji Tuhan sudah lumayan. Dan berhubung gua gak mungkin ajak Deb di Ayam Geprek untuk date pertama gua, gua tentu akan memilih tempat terbaik untuk wanita terbaik.

Date pertama gua kemudian berjalan lancar. Obrolan yang ringan diselingi dengan canda-canda ala gua sampai Deb nanya ke gua "San, kok lu masih inget kalau Mama gua jualan bacang? Perasaan gua gak pernah ngomong deh"

Hari itu semua berjalan dengan lancar. Deb ternyata masih sama dengan orang yang gua kenal sewaktu SMA, orangnya diem, kalem, dan harus dipancing dulu biar mau cerita panjang lebar.

Setelah date pertama (buat gua mah ngedate mungkin kalau buat Deb saat itu adalah 'ketemu temen lama'), kita janjian lagi buat ngadate ke D'Pakar di Dago dan konyolnya pas gua mesana, gua ketemu ama Kakak gua dan istrinya yang lagi ngedate juga -_-. Disana kita double date di D'Pakar terus Kakak gua berbisik ke gua sambil nanya "Lu udah pacaran De?"

Gua jawab "Pengennya sih gitu tapi gak tau Deb mau ama gua apa gak, hihihi". Gak apa-apa kata Kakak yang penting bikin Deb nyaman dulu.

Setelah itu, hubungan kita berdua semakin dekat. Dari yang awalnya masih agak dingin jadi mulai hangat. Dari awalnya cuma ngechat 2 hari sekali jadi setiap hari dan beberapa hari sekali kita ketemu buat makan sambil ngobrol bareng.

..................................................................................

Floating Market di bulan September,

Kita berdua baru kelar jalan-jalan di Floating Market. Karena udaranya sejuk, kita pilih duduk-duduk dulu sebelum pulang. Duduk di depan danau sambil liatin orang yang naik perahu.

Saat itu hubungan kita sudah dekat tetapi belum pacaran. Hari itu rencananya gua pengen bilang ke Deb kalau gua naksir dia waktu masih SMA, bukan nembak ya tapi hanya ingin memberitahu tentang perasaan gua sewaktu SMA dulu. Dan gak tau kenapa, mulut gua terkunci, susah amat buat dapet momentumnya. Giliran gua ngebully si Ambu bisa cepet tapi giliran gua mau ngomong gini susah amat.

Setelah menunggu moment datang, akhirnya gua bisa juga mengutarakan perasaan gua yang sudah 11 tahun gua pendam.

"Deb, aku pengen jujur deh. Waktu SMA, aku pernah naksir ama kamu tapi gak pernah berani deketin kamu" 

Deb nampak terkejut dan kalimat yang keluar dari dia adalah "Pernah suka kan artinya sekarang mah sudah gak kan?"

"Hm, kalau aku ngomong sekarang sayang ama kamu gimana?"

Oh Tuhan bawalah aku ke surga sekarang juga. Deb cuma bilang "Gak percaya ah San" sambil memakai jaket Uniqlo yang gua kasih tempo hari.

Tetapi setelah gua ngomong gitu, ada perasaan lega yang luar biasa. Lega karena gua sudah mengungkapkan perasaan gua yang belum tersampaikan.

Gua sendiri gak tau bagaimana perasaan Deb ke gua saat itu dan gua sama sekali gak bisa menebak kemana arah hubungan kita ini.

........................................................................................

Senin, 22 Oktober

"You are so lucky to have her dan dia juga so lucky to have you" sebuah DM dari temen bully gua si Mella Pangemanan. Gua lagi DM ama si Mella di IG, awalnya lagi hina-hinaan tetapi mulai menjurus ke arah yang serius.

Kalau Mella bilang gua beruntung sekarang bisa jadi pasangan Deb, mungkin ada benarnya juga sih. Gua beruntung bisa pacaran dengan perempuan yang gua taksir waktu gua SMA dan beruntung bisa ketemu perempuan dengan pribadi yang baik, kalem, gak penah minta apa-apa (hihihihi), rajin beribadah dan punya hati yang tulus.

Deb juga mungkin beruntung ketemu dengan gua yang sekarang. Enggak, gua gak bilang dia beruntung ketemu Sani yang sekarang jadi ganteng dan yang punya usaha sendiri.

Gak ya karena muka gua masih gitu-gitu aja dari dulu. Gua bilang Deb beruntung ketemu gua yang sekarang, yang jauh lebih matang dalam berpikir dan bertindak, yang jauh lebih dewasa dibanding sebelumnya. Kalau misalnya dia ketemu gua yang lama mungkin agar susah klop ya karena gua masih childish.

Gua bilang, semua laki itu membutuhkan upgrade untuk dirinya sendiri. Upgrade untuk banyak hal, dalam hal penampilan, dalam hal berpikir, dalam hal penghasilan juga. Semua harus seimbang, percuma kalau gaya oke tapi modal gak ada atau percuma juga gaya dan modal oke tapi obrolan gak oke.

Kalau kendisi gua masih sama seperti pas SMA dulu, gua pun gak akan berani mendekati Deb tetapi karena situasinya sudah jauh berbeda (Thanks for Clobberin Time) itu membuat rasa percaya diri gua menjadi tinggi yang semakin membuat gua berani mendekati Deb.

Gua sekarang percaya kalau yang namanya jodoh emang gak kemana. Gua gak bisa membayangkan gimana kalau waktu pas ke undangan Samuel, gua jadi berangkat naik mobil bareng Ambu. Yang ada, gua dan Ambu makan sebentar dan langsung lanjut ke Gramedia, si Ambu bakalan baca komik Naruto dan gua bakalan baca komik Kobo Chan. Setelah dari Gramedia, kita pasti bakalan makan sayap ayam di WOW. Terus coba kamu bayangkan kalau pas di undangan Samuel, gua acuh ke Bapak tua si Driver Grab Car? Pasti gua gak akan ketemu si Deb.

Deb, juga cerita kalau sebenarnya dia hampir gak jadi pergi ke undangan karena salah jadwal. Deb kira undangannya hari Minggu padahal mah hari Sabtu makannya dia datang terlambat banget.

Dan sebagai penutup,

Semoga kamu bisa menjadi yang terakhir ya :) :)

Smile, because life is great