Rabu, 28 September 2011

Rambutmu = Mahkotamu, Rambutku = Kemaluanku

Buat gua pribadi, cukur rambut tuh sebenarnya sebuah dilema buat hidup gua…

Yup, dilema. Buat sebagian orang, bisa dibilang cukur rambut tuh menyenangkan banget. Karena dengan cukur rambut, penampilan kita bisa semakin ok, bisa semakin awesome, bisa semakin kece dan yang paling penting bisa semakin memikat wanita-wanita manja *ngarep*


Sumpah, bukan gue

Tapi di satu sisi lain, buat gua cukur rambut tuh ibaratnya kayak lagi judi sabung ayam. Ada kemungkinan menang dan ada kemungkinan kalah. Atau lebih halusnya, ada kemungkinan hasilnya bagus sesuai harapan tapi ada juga kemungkinan hasilnya jelek.

Dan parahnya, dari 10 kali gua cukur rambut, 9 kali cukur pasti hasilnya JELEK dan gak sesuai harapan. Gua minta model rambut kayak bintang FTV, jadinya malah kayak Dora The Explorer. Gua minta model rambut kayak bintang film Mandarin, hasilnya kayak iket kepala si Naruto. Gua minta dirapihin doang, hasilnya malah kayak gay genit yang haus akan belaian.

Please deh. Entah muka gua yang salah atau emang yang nyukur kurang ahli.

Rasanya hampir semua tukang cukur udah pernah gua cobain. Dari yang murah ampe yang mahal. Dari yang motongnya tante-tante ampe “tante-tante” kemayu juga udah pernah gua cobain.

Dan hasilnya sama, mengecewakan.

Dicukur ama tante-tante tuh sebenarnya paling asyik. Pertama, dia udah pengalaman. Kedua, gua merasakan kelembutan dan sentuhan penuh ‘kasih’ seorang Ibu secara dia sudah uzur.

Tapi, gak enaknya tuh, tante-tante model gini tuh hobbynya ngomong terus dari awal ampe akhir. Semua hal diomongin, dari soal harga beras sampe nanya-nanya soal gossip artis.

“Iya nih, tante juga gak tau mau makan pake apa, kalau harga beras naik terus. Belum lagi harga bawang, harga jahe buat masak. Pusing tante”

“Kalau menurut tante tuh ya, Mayangsari tuh pasti udah guna-guna si Bambang, ampe si Bambang ninggalin si Halimah”


Itu adalah beberapa contoh percakapan antara si tante tukang cukur dan gua. Iya tante, saya tau. Mau si Bambang nikah ama si Mayangsari, mau si Bambang ninggalin si Halimah, mau si Bambang ngebuka warteg pecel lele, yang penting rambut gue selesein dulu potongnya, tante.

Dan bagaimana dengan hasilnya? Mungkin karena kebanyakkan ngomong, hasilnya pun gak jauh beda dari yang lainnya. Failed…

Kalau yang nyukurnya ‘tante’ alias yang setengah mateng tuh hasilnya (lumayan) bagus. Temen gua lebih milih dicukur ama yang model gini. Entah emang doyan atau apa, dia bilang kalau yang nyukurnya ‘tante-tante’ tuh biasanya lebih rapih dan sesuai dengan trend jaman sekarang. Kalau minta dicukur model Korea pasti hasilnya jadi kayak aktor Korea. Beda jauh ama tukang cukur di bawah pohon yang diminta model rambut Korea tapi jadinya malah kayak bebegig sawah.

Gua pernah sekali cukur ama yang model ‘tante-tane’ gini. Gua akuin emang hasilnya bagus, keren, dan rapih. Nyokap gua juga suka. Dan satu lagi, ‘tante-tante’ kayak gini gak banyak omong dan gak banyak nanya. Masalahnya adalah entah kenapa gua berasa merinding banget dari awal dicukur ampe udahan. Belum lagi gerak tangannya yang seolah menggerayangi leher + kepala gua. Sentuhan kulit tangannya membuat gua ngerasa keperjakaan gua telah hilang 18% gara-gara gerayangan sexy itu.

Maka dari semua pilihan tukang cukur yang ada, gua lebih milih cukur yang ada di tempat cukur deket rumah. Harga ekonomis dan dari semua yang gua coba, disini hasilnya lebih baik (sedikit-sedikit-sedikit) dari tempat lain.

Dan berangkatlah gua buat cukur di tempat itu. Di Minggu ini, gua harus keliatan rapih dan klimis karena gua harus berangkat ke Ibu Kota. Rencana awal, datang ke kantor di daerah Palmerah buat nyerahin foto dan dilanjutkan datang ke undangan nikahan temen sekolah gua waktu SMA.

Tapi, masak cuma gitu doang?

Gua inget. Kalau gua punya beberapa voucher di Jakarta yang belum pernah gua pake. Gua buka meja tempat gua biasa nyimpen voucher-voucher. Gua pilah-pilah beberapa voucher yang ada.

Voucher maen golf selama 5 jam jelas gak akan gua pake. Pertama, gua gak bisa maen golf. Kedua, gua gak punya stick golf, punyanya sumpit doang. Ketiga, ehem. Gua takut diburu ama caddy-caddy disana. Hihihihihi

Voucher gratis berkuda juga gak akan gua pake. Pertama, gua iba ngeliatin kudanya didudukkin ama gua. Kedua, gua takut disepak ama kudanya. Ketiga, kuda itu suka buang air sembarangan, takut muncrat ke muka gua. Hihihihi

Dan terakhir, voucer gratis spa juga gak gua ambil. Gua ngeri membayangkan diri gua tidak berbusana, duduk di atas kloset sambil dialiri uap panas dan ngeri membayangkan kalau ada mbak yang ngintip gua yang sedang tidak berbusana ini. Hihihihi

Setelah milih-memilih, voucher yang gua pilih adalah voucher makan plus voucher skin BlackBerry. Voucher yang lain kebanyakkan udah expired dan letaknya jauh dari tempat tujuan gua,

Next,

Sekarang gua sudah berada di tempat cukur. Gua sengaja datang pagi-pagi biar gak usah ngantri.

“Mau model apa?” tanya si tukang cukur

Saat itu gua sama sekali gak ada ide. Plus gua sudah kapok ditanya-tanya kayak gini. Kapok karena hasilnya yang gak sesuai ama apa yang gua omongin. Kalau gua ngomong, minta model rambut kayak si Irfan Bachdim, gua takutnya jadi kayak Captain Tsubasa.

“Hm, yang bagus aja deh mas” kata gua pasrah

“Mau yang kayak gini?” kata dia sambil nunjukkin gambar. Kalau gua liat sih, gambarnya ok banget Model rambutnya juga keren banget.

“Ok, mas” kata gua semangat.

Dan waktunya potong-memotong pun dimulai. Gua komat-kamit doa, sambil berharap hasil cukuran gua hasilnya maksimal. Kalau pun hasilnya gak sesuai harapan, janganlah sejelek ondel-ondel, harapan gua dalam hati.

20 menit kemudian

“Ok, selesai”
kata si tukang cukur yang membuyarkan tidur mikro gua. Gak terasa ternyata gua baru bangun dari tidur mikro gua. Sekitar 10 menit gue terlelap.

Gua buka mata dan mulai ngaca, dan hasilnya……

ALLAHU AKBAR, gua pengen ngejerit,

rambut gue kok jadi kayak si TAKESHI GODA a.k.a GIANT di kartun Doraemon? Gua usap-usap rambut gua. Gua deketin muka gua ke cermin dan ternyata gua lebih parah dibanding si TAKESHI GODA, gua malah lebih mirip adiknya si Takeshi Goda alias si JAIKO.

Gua hela nafas panjang, gua pengen jengut rambut si tukang cukur dan teriak “Mengapa, mengapa? Kembalikkan rambutku. Kembalikkan rambutku!” dengan sedikit efek dramatisir.

Ya sudahlah, toh rambut gua gak bisa balik lagi. Sempet terpikir buat beli lem UHU terus nyambungin rambut gua yang udah dipotong. Tapi gua urungkan ide idiot itu.

“Nih mas” kata gua sambil ngasih duit buat bayar

“Makasih ya. Keren tuh rambutnya” kata dia sambil ngasih kembalian.

Entah maksud dia mau ngegoda atau apaan tapi keren darimananya nyet! Gua senyum-senyum seolah gak ada apa-apa tapi sebenarnya ada apa-apa.

Begitu keluar dari tempat cukur rambut, gua langsung lari sambil nutupin rambut JAIKO gua. Jarak tukang cukur ama rumah gua gak jauh-jauh amat.

Sampainya di rumah, gua langsung masuk WC, langsung keramas sambil komat-kamit “cepet panjang, cepet panjang, cepet panjang”

Dan tampaknya beberapa hari ke depan, gua harus make topi buat nyembunyiinn rambut Jaiko gua yang sexy ini….

Oh, D*MN!

Kamis, 15 September 2011

Mimpi yang (Tetap) Berarti

Akhir-akhir ini gua jadi sering ngeband bareng temen gue.

Yup, ngeband. Biar gak jago-jago banget dan gak asik-asik banget tapi buat satu-dua lagu keroncong, gua masih bisa-lah menguasai.

Dulu waktu gua masih SMP, band pertama gua namanya “Phoenix Pegasus”. Kedengerannya sangar kan? Dari namanya aja, orang udah bisa nebak kalau genre band ini bakalan out of box ya minimal bawain lagu-lagu kayak The Beatles, U2, atau The Calling misalnya.

Tapi sayangnya itu pendapat yang salah. Karena lagu-lagu yang band gua bawain, gak jauh dari Peterpen, Sheila On Sepen, dll. Bener kata temen gua yang bilang kalau band gua itu keberatan nama.

Ampun…

Buat gua ngeband itu sebenarnya asyik banget. Asyik dalam artian selain bisa buat menularkan hobby, ngeband tuh salah satu sarana yang paling cocok buat tebar pesona cewek-cewek.

Yo ih, tebar pesona. Gimana sih rasanya kalau band kita misalnya manggung di acara seni sekolah? Selain nama kita terangkat, adik-adik kelas yang manis-manis pun biasanya bakalan kasak-kusuk ngomongin kita. Dan sebagai kakak kelas yang haus akan kasih sayang (?), itulah tujuan yang paling hakiki dari hobby ngeband.

Dari semua posisi di band, posisi vokalis tuh posisi yang menurut gua tuh posisi yang paling megang peranan penting. Contoh, misalnya vokalis utama gua tiba-tiba suaranya hilang atau ada duri ikan nila nyangkut di tenggorokannya. Hancur deh band gua.

Dan, kalau boleh jujur sebenarnya gua tuh ngincer banget posisi vokalis dari dulu. Karena gua ngerasa bakalan keren banget kalau misalnya gua jadi vokalis. Dengan tangan dimasukkan ke kantung celana dan mulut menempel di mic, gua membayangkan diri gua bakal dielu-elukkan oleh orang banyak:

“Sani, Sani, Sani. We Want More, We Want More” teriak banyak orang menyambut band gua.

“Kalian siap? Angkat tangan kalian, angkat kaki kalian, lompattt” teriak gue dari atas panggung

Tapi?

Karena sejak SMP nilai nyanyi gua selalu berkutat di angka 3, 4 dan 5, impian mulia gua itu akhirnya gua kubur dalam-dalam. Dibanding band gua ditinggal penonton dan dilempar air kencing, akhirnya gua ngalah untuk berhenti jadi vokalis.

Tak ada rotan, akar pun jadi. Gitu pribahasa yang gua baca di buku SD.

Kalau jadi vokalis gak bisa, kenapa gak jadi backing vocal aja? Keren gak tuh? Bisa memback-up suara vokalis. Dengan posisi gua yang megang gitar, ditambah gua bernyanyi keliatannya kok keren banget ya?

Buat pemanasan, kita coba dulu beberapa lagu dengan gua menjadi backing vocal, ok mulai:

Vokalis sing: “Kau bilang hatimu aku, tapi nyatanya bukan untuk aku…..”

Backing Vokal (gue maksudnya) sing: “Akuuuu… ku…..ku….ku.”

Vokalis sing: “Dan tak bisa perasaanku berbagi kasih, dengan dirinya, dari cintamu”

Backing Vokal sing: “Mu…mu…mu….”

Kok aneh ya?

Setelah didenger kok lagunya malah jadi gak enak ya? Lagu bagus kok kedengerannya malah jadi jijik gini gara-gara gua ikut nyanyi? Hm, mungkin itu perasaan aja.

Cobain lagu lain, yang berima jazz:

Vokalis sing: “….kau adalah alasan dan jawaban atas semua pertanyaan, yang benar-benar kuinginkan hanyalah kau untuk selalu disini, ada untukku….”

Backing Vocal (uhuk, iya gue): “Nanana, dubidu…dubiduuu (rada dibuat nge-jazz dikit)

Dan hasilnya sama aja. Lagu bagus, gara-gara gua ikut nyanyi jadinya malah kayak lagu dangdut koplo yang biasa dibawain pas hajatan di kampung-kampung.

Fine, mimpi gua buat jadi vokalis (dan backing vocal), sejak detik itu gua kubur dalam-dalam.

Belum lama ini, gua dan temen yang lain ngisi spot di acara undangan temen. Jadi, ada temen deket gua yang nikah dan sebagai hadiah dari kita, kita bakalan nyanyi di undangan dia. Cukup 2 lagu aja, gak usah banyak-banyak.

And it’s show time, waktunya berdendang, gua megang gitar dan temen cewek gua nyanyi. Untung ada temen gua yang main gitarnya jago, jadi setidaknya bisa meng-cover gua kalau gua lupa kuncinya.

Dan yang terpenting, di undangan ini banyak banget cewek manis, lumayan bisa ngeceng dikit, hihihi….

Ok, mulai bernyanyi:

“Maukah kau ‘tuk menjadi pilihanku, menjadi yang terakhir dalam hidupku. Maukah kau ‘tuk menjadi yang pertama, yang s’lalu ada di saat pagiku….”

Gua akuin suara temen gua yang cewek ini, yahud banget. Kalau dia ikut kontes-kontes idol-idolan di tivi, bisa lolos deh. Gua merem melek sambil memetik gitar, tujuannya simple biar keliatannya gua lagi meresapi lagu itu padahal sebenernya gua lagi ngapalin kunci lagu. Takut salah, hihihi…

Tapi, manggung di acara undangan khususnya nikahan ternyata bukan sarana yang tepat buat tebar pesona.

Kenapa?

Karena orang-orang di undangan lebih khusyuk ngantri makananan dibanding dengerin kita nyanyi. Belum lagi muka gue ketutupan ama pot bunga yang berdiri persis di depan gua. Semakin sempurna buat gagalin rencana gua tebar pesona.

Sial…

Selain ngeband, akhir-akhir ini gua lagi suka main layang-layang. Sejak kecil, gua demen banget nerbangin layang-layang. Seperti hal nya memancing, main layang-layang juga membutuhkan kesabaran. Sabar buat nerbangin, sabar agar si layang-layang tetap kokoh di terbang di langit, sabar ngeliatin kalau layang-layang yang gua terbangin diincer ama layang-layang lain.

Waktu belum bisa nerbangin layang-layang, hampir tiap hari gua belajar nerbangin layang-layang. Gak terhitung berapa banyak layang-layang gua yang nyangkut di pohon mangga, pohon kesemek, ampe nyangkut di antene milik orang.

Gua masih inget banget waktu pertama kali gua bisa nerbangin, gua teriak-teriak manggil nyokap yang lagi masak. Nyokap gua buru-buru langsung naik ke genteng dan dengan bangganya gua ngeliatin layang-layang gua yang lagi berlenggak-lenggok anggun di udara.

Di hari gua bisa nerbangin layang-layang, seungguh gak ada keinginan buat nurunin itu layang-layang. Mata gua terus fokus ke udara, ngeliatin layang-layang gua itu. Bahkan ketika hujan terus, gua belum berniat buat nurunin. Yang ada, gua lilitin benangnya di tiang jemuran dan ngebiarin layang-layang itu terbang.

Hasilnya bisa ditebak, layang-layang gua hancur kena air hujan.

Waktu gua masih SD, sebelum nerbangin layang-layang, gua selalu nulis pesan di layang-layang gua itu. Isinya simple “Mohon yang menemukan layang-layang ini, tolong dikembalikkan ke alamat Jln S********A no 25, rt 02/rw 08, ada imbalan menarik”

Sebenarnya kalimat ‘ada imbalan menarik’ hanya retorika belaka atau lebih tepatnya agar yang nemuin layang-layang gua hatinya terenyuh dan berbaik hati buat balikkin ke rumah gua. Tetapi selama gua hidup di dunia ini, belum pernah sekalipun ada orang yang balikkin ke rumah gua buat ngebalikkin layang-layang gua.

Apa perlu gua ganti kalimatnya? Gimana kalau gua tulis “Bagi yang nemu ini layang-layang tapi gak mau ngebalikkin, hati-hati mandul. Kalau gak mau mandul, tolong dibalikkin segera dalam 1 x 24 jam ke alamat yang tertera”

Ok, boleh dicoba juga nih. Hehehehe

Waktu gua masih kecil, gua adalah anak polos seperti anak kebanyakkan. Gua selalu bertanya ke nyokap gua: “Ma, kalau mau ketemu Tuhan bagaimana caranya” Saat itu gua kepengen ketemu Tuhan karena kebelet pengen punya maenan Power Rangers terbaru.

“Tuhan adanya di balik awan. DIA lagi ngejagain kamu, dek” kata nyokap lembut.

Dan gua percaya banget kalau Tuhan itu adanya di balik awan. Dalam pemikiran masa kecil gua, gak mungkin rasanya gua bisa menjangkau awan buat ketemu Tuhan. Pernah kepikiran buat minjem baling-baling bambu milik Doraemon tapi gua juga bingung, gimana caranya buat ketemu si Doraemon.

Gua gak kehabisan akal, gua tulis sebuah doa di layang-layang yang bakal gua terbangin buat menjangkau awan. Gua masih inget dengan jelas isi doa gua yang gua tulis di layang-layang itu, isinya simple: “Tuhan, saya tidak tau bagaimana caranya bertemu dengan-Mu tetapi saya yakin Tuhan selalu mendengar doa saya. Tuhan, saya berdoa agar keluarga saya selalu diberi kesehatan, bisa makan setiap hari, bisa selalu bersama kapanpun juga. Terima kasih Tuhan”

Tuhan selalu menjawab doa dengan cara-Nya sendiri. Sampai gua nulis postingan ini, rasanya doa gua itu masih didengar. Tiap hari gua masih bisa makan, masih sehat, dan yang paling penting sampai sekarang keluarga masih utuh dan selalu bersama.

Dan, entah kenapa, gua pun ingin Tuhan mendengar doa-doa gua yang selama ini selalu gua doakan. Di suatu sore, semua doa-doa yang selalu gua doakan, gua tulis di sebuah layang-layang yang sudah gua kasih buntut biar keliatan keren. Bagian depan layang-layang sudah penuh dengan coretan doa-doa gua. Di bagian belakang, semua perasaan dikecewakan, disakitin, (maaf) dibuang dan perasaan sebaliknya mengecewakan, menyakiti, dan (maaf) membuang, gua tulis semua.

Semua pertanyaan-pertanyaan yang hingga kini belum dijawab dan terjawab, gua juga tulis dengan spidol merah.

Kalau gua perhatiin, layang-layang seharga 300 perak ini malah lebih mirip kanvas lukisan yang penuh dengan coretan. Biar lebih keren, gua hias-hias bentar dan gak lupa gua tambahin buntut.

Awalnya gua juga mau nempel foto gua yang lagi berpose menantang tapi gua urungkan niat suci itu, hahaha.

Ok, waktunya buat nerbangin ini layang-layang.

15 menit kemudian, layang-layang ini sudah kokoh di udara. Berlenggak-lenggok ke kanan kiri dan bermain cantik menghindari sergapan musuh.

Sama sekali gak ada keinginan buat ngadu ini layang-layang karena itu bukan tujuan utama gua saat itu. Tujuan utama gua adalah nerbangin layang-layang ini setinggi mungkin, melewati awan di udara, dan hingga mata ini gak bisa lihat lagi layang-layang itu.

Sedikit demi sedikit layang-layang yang gua terbangkan mulai menjauh dari tatapan gua. Sudah dua gelasan gua sambungin ke layang-layang ini. Jaraknya sudah cukup jauh tetapi gua ngerasa belum puas dan ngerasa belum cukup jauh. Gua sambung dengan gelasan ketiga, gua ulur-ulur lagi dan selama gua nerbangin layang-layang, mungkin ini adalah jarak terjauh yang pernah gua terbangin.

Sambil mengulur benang, di kuping gua sedang mengalun lagu. Gua gak tau ini lagu darimana tapi gua heran ada lagu idol-idolan gini di The Cube punya gua, lagunya kayak gini “Everybody knew you’re a liar, Everybody knew you’re never serious with you love at me…..”

Lagunya lucu, lumayan enak juga, dan bisa bikin pinggul bergoyang ke kanan kiri.

Sekarang layang-layang gua sudah nampak kecil sekali. Walau rasanya masih jauh buat mencapai awan, gua ngerasa sudah cukup puas…

Gua ambil gunting yang gua selipin di kantong, dan sambil berbisik pelan, gua gunting benang yang masih gua melingkar di gelasan yang gua pegang.

Dengan cepat, benang itu langsung terlepas dari tangan gua. 5-10 menit kemudian, layang-layang buntut gua terbang tak terkendali. Melewati banyak awan dan melaju kencang tak terkendali.

Semakin lama, layang-layang itu semakin jauh dari pandangan mata gua. Mata gua sudah gak bisa menjangkau lagi dan sepertinya layang-layang itu telah menembus awan yang tebal.

Dan seperti harapan saya sewaktu masih kecil, saya harap

semua doa-doa dan mimpi-mimpi yang saya tulis itu tetap berarti dan dijawab semua oleh Tuhan. Dan semua perasaan dikecewakan, disakiti, (maaf) dibuang dan perasaan sebaliknya, bisa hilang seperti layang-layang itu yang kini telah hilang dari pandangan mata saya.

Kamis, 08 September 2011

Bahagia itu adalah....

Apakah kamu pernah merasa bahagia?

Hm, apa sih definisi bahagia itu? Kalau gua liat di sinetron-sinetron yang tayang di tipi,orang yang berbahagia itu adalah ketika si cowok bisa nikah ama si pujaan hatinya.

Senyum simpul sambil mengucapkan ijab Kabul dan diakhiri dengan bisikkan si cowok ke si cewek “Aku bahagia karena mimpi kita bisa jadi kenyataan”

Dan, tamatlah sinetron itu. Apakah itu maksud dari kebahagiaan itu? Bisa menikah dengan orang yang disayang?

Gua sangat percaya semua orang pasti pernah merasa bahagia. Bullshit, rasanya kalau ada yang ngomong kalau hidupnya gak pernah bahagia dan gak memiliki apa-apa.

Sadar gak sadar, kita termasuk gua tentunya pasti pernah bahagia. Waktu gua lulus SMA, gua bahagia. Bahagia karena gua lulus dengan nilai yang (cukup) bagus dan bahagia (banget) karena dengan lulusnya gua dari SMA berarti masa-masa dimana gua harus dikatain SUMBANG ama guru seni musik di depan kelas dan masa-masa-masa dimana gua harus nahan kencing gara-gara gak bisa ngerjain soal matematika di papan tulis berakhir sudah….

Tapi setelah kebahagiaan itu berakhir, pertanyaan yang sama kembali muncul di kepala “setelah ini semua, mau dibawa kemana hidup gua?”

Apa setelah lulus, gua bakal menggelandang? Atau berjualan cendol keliling dengan merk dagang “Sani Cendol’s” atau yang lebih parah gua bakal jadi penjual baso sapi dengan kandungan boraks yang tinggi dan gua bakal nampang di reportase investigasi menggunakan penutup muka dengan suara disamarkan?

Pak SS kenapa anda menjual baso dengan kandungan boraks? Apa anda tidak tau kalau itu sangat berbahaya jika dikonsumsi dalam waktu yang panjang?”

“Ya mau bagaimana lagi. Ini urusan perut soalnya” kata gue dengan suara disamarkan

Apakah gua bakal seperti itu?

Kalau ditanya kapan terakhir kali gua merasa bahagia, mungkin sekitar 2 minggu lalu. Entah kenapa saat itu gua merasa bahagia. Berawal dari cerita-cerita iseng ke nyokap, nyokap nyuruh gue beliin colenak buat si dia.

Ok, anak berbakti adalah anak yang selalu menurut apa perkataan Ibunya. Dan karena surga ada di telapak kaki Ibu, gua nurut apa suruhan nyokap gua.

Lagian colenak yang paling terkenal di Bandung kan tempatnya deket ama rumah gua. Tinggal nyebrang dikit, ketemu deh ntu colenak cocol. Walau gua pribadi sih gak doyan makan colenak jadi gua belum pernah beli colenak disini sebelumnya.

Ok, berangkat. Dengan menunggangi sepeda, gua berangkat ke tukang colenak. Sambil bernyanyi-nyanyi kecil, gua mulai menggowes sepeda. Padahal sih jaraknya deket tapi gua lebih milih naik sepeda biar keliatannya keren dikit (?)

Kok tumben tokonya sepi? Kok tumben gak ada yang ngantri? Kok gak ada yang nyambut gua sama sekali?

Sebuah pengumuman dengan tulisan berspidol hitam, akhirnya menjawab pertanyaan-pertanyaan gua itu, isinya “Toko tutup libur lebaran, buka lagi tanggal 5 September”

Begitu baca, sumpah serapah langsung keluar dari mulut gua. Napa pas gua butuh, malah tutup. Pas gua gak minat, malah buka. Sial…

Tapi bagaimanapun caranya, gua harus dapetin tuh colenak. Gua muter-muter nyari tukang colenak dimana-mana. Gua sama sekali buta soal colenak karena yang gua tau tukang colenak ya itu tempatnya di deket rumah gua.

Gua masuk ke minimarket dan hasilnya nihil. Lagian gua bego banget, nyari colenak kok di minimarket. Mana ada yang jual kali? Beda kalau lu nyari minyak telon, pasti ada.

Ok, calm down. Gua duduk di trotoar jalan sambil puter otak nyari dimana itu tukang colenak. Di minimarket jelas gak ada, di hypermarket kemungkinan ada. Tapi tak elok rasanya, jauh2 ke hypermarket cuma buat beli colenak…

Hm, gua memutuskan buat nyari di supermarket dan gua mulai muter nyari supermarket. 3 Supermarket yang gua cari hasilnya nihil. Yang ada gua malah ditawarin cakue, pliss deh om. Saya gak nyari cakue.

Hampir putus asa, gua coba ke salah satu supermarket. Harapan gua sih nemu, sambil komat-kamit doa akhirnya gua masuk. Nanya bentar ke mbak yang lagi ngejaga dan aha, yang namanya jodoh emang gak kemana. Ditunjukkin bentar dan colenak mungil rasa durian dan nangka kini ada di hadapan gua.

Gua bisa membayangkan gimana perasaan si Christopher Colombus waktu menemukan benua Amerika atau perasaan si Neil Amstrong dan Buzz Aldrin ketika menginjakkan kaki di Bulan. Bahagia banget rasanya bisa nemuin ini colenak. Walau kesannya gak elite banget, bahagia gara-gara colenak tapi gua ngerasa bahagia. B.A.H.A.G.I.A.

Sambil berseri-seri, gua melangkah menuju kasir buat bayar ini colenak.

Tapi?

Sialnya pas mau bayar, gua lupa banget kalau gua gak ngantongin duit. Buat temen-temen yang tau gua pasti tau kebiasaan gua yang gak pernah bawa duit kalau lagi pergi. Paling banyak gua bawa duit 10rb, paling dikit gua gak bawa duit sama sekali.

“Totalnya 12rb mas” kata si mbak cashir yang (lumayan) kece

Anjrit, apa yang harus gua lakuin ini? Apa gua harus acting senyum-senyum sambil bilang “Mbak, maaf gak jadi. Soalnya tadi Ibu saya baru aja keracunan makan colenak jadi saya was-was”

Atau gua harus ngengombal?

“Mbak, tau gak kenapa pemerintah mundurin hari lebaran jadi hari Rabu?”

“Karena pas hari Selasa, bulannya gak nampak kan mas?”

“Bukan, karena bulannya ada di hati mbak”


Masak iya gua harus ngegombal kayak gitu? Mending kalau setelah digombalin dia bakal ngomong “Ih bisa aja deh. Ya udah ini colenaknya bawa pulang aja. Kalau mas pengen nambah buah-buahan segar, ambil aja. Nanti saya yang bayarin”

Tapi gimana kalau gua digampar? Ok, enyahkan dulu pikiran-pikiran tak layak itu. Sambil nunduk, gua berbisik ke mbak kasir “Mbak, kalau pake Debit bisa gak?”

“Oh bisa-bisa” kata si Mbak sambil pasang muka cengo. Total 12rb bayarnya pake debit? Antrian di belakang gua juga tampaknya sudah mulai kasak-kasuk. Belanja dikit, servicenya kelamaan.

Gua kasihin kartu debit, sambil nunduk. Untung gua pake topi jadi setidaknya muka gua yang lagi menahan malu dan pipis gak terlalu nampak. Si Mbak mulai menggesek dan SIALNYA-nya pas udah gesek, dia ngomong kenceng banget “TOTALNYA 12rb YA MAS”

Please deh mbak. Iya total belanjaan gua emang cuma 12rb doang tapi gak usah teriak-teriak juga. Gua mulai ngedenger suara-suara cengengesan di belakang gua. Entah kenapa saat itu gua lebih berharap disedot black hole dibanding harus ada disitu.

Whatever, yang penting ini colenak sudah di tangan dan sorenya bisa dikasihin ke yang bersangkutan. Walau belum tentu dia senang atau juga belum tentu dia bahagia tapi setidaknya gua bahagia bisa dapetin ini colenak…

Kembali ke pertanyaan awal, apakah kamu sedang berbahagia sekarang?

Kalau pertanyaan itu ditujukkan ke gua ketika gua sedang menulis postingan ini, gua gak bisa bilang kalau gua bahagia atau gak. Ukurannya terlalu relatif. Batasan antara ‘saya bahagia’ dan ‘saya senang’ sangat tipis.

Kata orang, kebahagiaan itu bukan untuk ditunggu tapi harus dicari. Dimana saya harus mencari kebahagiaan itu? Mungkin itu adalah pertanyaan banyak orang, termasuk gua juga tentunya.

Entah kenapa di suatu malam tiba-tiba gua jadi teringat dia. Pertanyaan ini pun mulai menyeruak di pikiran gua, apakah dia sekarang bahagia? Udah lama kita gak pernah ketemu lagi sejak gua ngasihin itu colenak ke dia. Dan juga, gua gak bisa mengira-ngira dia sekarang sedang bahagia atau tidak.

Akhirnya gua bisa ketemu dia (kembali). Hm, memang sekarang sudah banyak berubah, sulit rasanya menerka-nerka apa yang berubah tetapi setidaknya perubahan itu memang ada. Pertanyaan yang ingin sekali gua tanyakkan akhirnya gua tanyakan juga.

Apakah kamu bahagia sekarang?"

Walau jawaban yang gua terima kurang bisa menggambarkan kondisi dia sekarang tapi keliatannya dia sekarang bahagia dan bisa tersenyum lagi seperti dulu. Walau mungkin kini dia tersenyum dan bahagia tanpa kehadiran gua tetapi sungguh di detik itu gua merasa sangat bahagia mendengar kalau dia udah gak sedih lagi.

Buat yang bersedih atau merasa hidupnya tidak pernah bahagia, coba maknai kalimat ini “ketika satu pintu kebahagiaan tertutup, pintu yang lain dibukakan. Tetapi seringkali kita terpaku lama pada pintu yang tertutup sehingga tidak melihat pintu kebahagiaan lain yang dibukakan bagi kita”

Ya, tidak semua apa yang kita mau bisa kita dapatkan dan tidak semua apa yang kita benci bisa kita tolak, hidup adalah belajar menerima hal-hal seperti itu.

Terus semangat, jalani hari dengan senyum, lakukan yang terbaik untuk apapun yang kalian lakukan dan jangan pernah lupa berdoa untuk semua hal yang kalian kerjakan.

karena

“Meskipun Tuhan tidak pernah menjanjikan langit selalu berwarna biru dan jawaban akan semua doa-doa kita tetapi selalu ada pelangi setelah hujan turun dan ya, janji Tuhan selalu digenapi"

Smile....