Kamis, 30 Maret 2017

Cari Kerja

Ngerasa gak sih kalau sekarang cari kerja tuh susah banget?

Sejujurnya gua bukan dalam posisi sedang cari kerja tapi ngedenger cerita dari temen-temen gua yang sedang kelimpungan cari kerja, gua bisa menyimpulkan kalau cari kerja tuh susah banget.

Makin sulit kalau kamu gak luwes dalam berkomunikasi dan gak punya link yang kuat, jadi butuh keberuntungan juga supaya kamu bisa diterima kerja di perusahaan yang kamu mau.

Buat yang sedang bekerja pun kini gak kalah repotnya, beberapa temen gua yang bekerja di Media Cetak cerita kalau penjualan makin kesini makin merosot dikarenakan pembaca sudah mulai beralih ke Online. Pengetatan karyawan pun sudah dimulai dan imbasnya adalah beberapa karyawan yang dianggap tidak bisa bersaing terpaksa dirumahkan.

Majalah yang dulu terkenal seperti G***S misalnya terus merosot oplah penjualannya. Dari yang awal terbitnya dari 10 hari 1x kini berganti jadi satu bulan 1x saja. Ketika gua nanya ke salah satu temen gua yang kerja disana, jawaban dia adalah "Ya mau gimana lagi, gak ada yang beli dan baca soalnya".

Sebegitu parahkah?

....................................................................

Gua punya dua orang teman yang sekarang dalam posisi sedang mencari kerja. Persamaan keduanya adalah keduanya sama-sama meminta bantuan gua untuk dicariin kerja.

Yang pertama adalah lulusan sebuah kampus swasta di Bandung. Kampusnya lumayan dikenal sih dan temen gua ini kita panggil saja Erick sudah lulus sejak tahun 2015 tetapi hingga hari ini masih menganggur. Erick ini adalah salah satu buyer Clobberin Time sejak awal kuliah dan hubungan kita terjalin baik hingga sekarang. Dulu, di awal Clobberin Time masih 'merangkak' naik gua sering banget numpang tidur siang di Kost dia kalau lagi capek banget + minjem piring dan sendok buat makan siang yang gua beli di warung nasi depan Kost dia.

Setelah lulus tahun 2015, Erick pindah ke kota asalnya yaitu Bogor dan berencana cari kerja disana. Tapi mungkin karena belum beruntung, hingga tahun 2017 ini, dia belum juga mendapat pekerjaan.

Pernah sekali dia dapet kerja, dia chat ke gua dan bilang kalau dia baru diterima kerja jadi sales pesawat. Iya sales pesawat.

"Sales pesawat? Pesawat Boeing apa Airbus?" tanya gua penuh decak kagum. Keren bener ini pelanggan gua sekarang jadi Sales pesawat terbang, pikir gua dalam hati.

"Bukan Sales pesawat terbang tapi pesawat telpon" jawab Erick pasrah.

Gila bener, Erick ini lulusan S1 dan sekarang dapet kerjanya jadi sales pesawat telpon. Dia ditarget dalam 1 hari harus bisa jual 5 pesawat telpon dan selama 1 Minggu dia jualan, dia cuma bisa jual 1 pesawat telpon. Itu pun ke Tantenya yang gak tega jadi aja dibeli. Pake logika aja sih, emang siapa sih yang mau beli pesawat telpon, di saat orang sudah cabut telpon rumah eh ini malah suruh jualan.

..........................................................................

"Susah banget cari kerja. Dipanggil sih sering tapi gak pernah berlanjut lagi. Stress nih ane" kata Erick ke gua tempo hari ketika dia berkunjung ke Bandung.

"Iya sabar. Yang penting cari terus, jangan kelamaan diem gak ngapa-ngapain. Sayang umur loh" saran gua sambil menyeruput Green Tea.

Beda Erick, beda juga dengan Tanto. Tanto adalah salah satu jemaat di Gereja gua dan kini sedang tekun mencari kerja. Tanto baru lulus SMA tahun kemarin dan dari dia, gua jadi tahu betapa susahnya cari kerja.

Wajar sih susah karena (maaf banget) Tanto ini hanya lulusan SMA saja. Tapi satu hal yang gua suka dari dia adalah orangnya gak pasrah dengan keadaan. Mau berusaha mencari, setiap ada lowongan pasti dikejar, ditolak kerja sana-sini pun sering. Tenang to, kalau suatu saat kamu ditolak oleh cewek, kamu pasti bisa cepet move on karena kamu sudah berpengalaman ditolak, hehe.

Tanto cerita dia pernah dapet kerja di salah satu toko material dan sialnya, apa yang dia kerjakan gak sesuai dengan yang dijanjikan. Dari yang katanya jadi admin eh mendadak jadi orang yang disuruh-suruh ngangkut semen. Udah badan kurus suruh ngangkut semen. Tega bener itu juragannya. 1 bulan bekerja akhirnya Tanto menyerah dan keluar dari pekerjaan itu. Sekarang Tanto sibuk cari kerjaan dan gua bantu dengan merekomendasikan dia ke beberapa temen gua supaya bisa diterima kerja.

...........................................................................

Gara-gara ngedenger cerita soal Tanto dan Erick ini, ingatan gua jadi kembali ke kejadian sekitar 7 tahun lalu (biar lebih nyambung baca dulu postingan gua di tahun 2015 yang judulnya 'Interview Kerja').

7 tahun lalu, cita-cita gua adalah menjadi seorang Editor In Chief karena gua suka menulis. Gua selalu membayangkan diri gua kelak menjadi seorang Editor In Chief dan mempunyai usaha sendiri sebagai sampingan (gak taunya sekarang kebalik, gua malah punya usaha sendiri dan sampingannya menjadi seorang penulis tidak terkenal).

Dulu, gua dibayar 350rb setiap nulis Cerpen buat sebuah Majalah, ya lumayanlah ya 350rb. Makin sering dimuat makin sering pula honor masuk. Honor yang masuk itu biasanya gua pake beli tees WWE buat dijual lagi. Belinya juga gak banyak sih, paling 1 lusin dan gua puter-puter terus uangnya buat gua pake jajan dan beli barang yang gua mau, hihihi.

Suatu hari, salah seorang saudara gua nelpon Nyokap gua dan ngundang gua buat datang ke Toko baru dia. Jadi ceritanya dia baru bikin Toko komputer dan dia ngajak gua buat kerja ke Kantor dia.

Tawaran ini jelas gua tolak karena gua memang tidak sedang dalam posisi cari kerja. Penghasilan gua juga sudah mulai lumayanlah di tahun itu. Belum lagi pekerjaan yang ditawarkan adalah penjaga toko komputer yang harus bisa merakit dan service komputer.

Jelas itu bukan gua banget. Mana bisa gua ngerakit komputer kalau ngerakit mobil tamiya, gua masih bisa deh. Lah ini suruh rakit komputer, gua mengibaratkan ini seperti operator bensin di SPBU disuruh jadi instruktur senam. Jomplang

Saat gua mengutarakan penolakkan kembali terjadi perdebatan di rumah. Nyokap dan Bokap minta gua buat datang ke Toko dan kerja disana. Gua tolak karena gua ngerasa kalau gua baik-baik saja, gak usah kerja ke orang pun gua masih bisa dapet uang.

Tapi mungkin pemikiran Ortu dan gua berbeda. Kita berbeda banget dalam melihat dan menyikapi masalah. Gua masih ingat banget omongan Nyokap gua, 7 tahun lalu itu:

"Kamu kuliah gak mau. Ditawarin kerja gak mau. Suruh Interview kerja gak pernah mau datang. Kamu mau jadi apa nanti?" kata Nyokap gua.

Setelah melewati perdebatan panjang akhirnya gua bilang ke Nyokap kalau besok gua bakalan datang ke Toko itu. Tapi gua gak menjanjikan kalau gua bakalan kerja disana (kemungkinan gua kerja disana adalah 95:5 alias 5% kemungkinan gua kerja disana dan 95% gak bakalan kerja disana).

Besok gua kesana dengan bersepeda (dari gua selalu menggunakan sepeda buat beraktifitas). Sesampainya di Toko, gua disambut dengan saudara gua yang bernama Michael (nama disamarkan) bersama istrinya.

Gua dijelasin apa aja job yang harus gua lakuin dan dia menawari gaji di kisaran 1,5 - 1,8jt (tahun itu penghasilan gua dari menulis dan jualan sebenarnya sudah di angka 2jt). Satu hal yang gua gak suka adalah gaya bicaranya si Michael ini yang terkesan bossy seolah dia adalah Boss besarnya dan gua adalah pegawainya.

"Udah ambil aja penawaran ini. Nanti kamu saya ajarin rakit komputer. Gajinya lumayan kan dibanding kamu nganggur gak ngapa-ngapain di rumah. Selain ngerakit komputer, setiap malam juga kamu harus cek stock ketersediaan barang. Jadi jumlah barang yang dipajang harus sesuai dengan data di kertas. Kalau gak sesuai kamu harus ganti selisihnya" kata dia panjang lebar.

Asli gua tersinggung ngedenger dia ngomong gitu. Gua emang terlihat sebagai orang yang (terlalu) santai dan cengegesan tapi bukan berarti gua nganggur dan nyusahin orang tua. Gak salah sih kalau dia ngomong kayak gitu secara gua emang gak pernah ngomong tentang kegiatan yang gua lakuin jadi wajar kalau dia nganggep gua pengganguran.

Setelah itu, dia mulai cerita panjang lebar tentang usahanya dan di mata gua, semua omongan dia terasa sangat show off dan merendahkan orang lain padahal gua itu adalah saudaranya sendiri.

"Besok kabarin ya mau atau enggaknya kerja disini. Jangan sampai nyesel, saya gak akan nawarin lagi loh" kata dia sebelum gua pamit pulang.

.................................................................................

"Gimana, diambil gak?" tanya Nyokap ke gua.

"Enggak Ma" jawab gua pelan. Gue jelasin kenapa gua gak ambil tawaran itu termasuk gaya si Michael yang menurut gua Bossy banget. Dibanding kerja ama dia, mending gua jualan es batu keliling deh.

Penolakan gua ternyata membuat Nyokap gua kecewa berat. Jika sebelumnya kita adu argumen, Nyokap - Bokap sampai Kakak malah diem semua, gak berkata apa-apa. Gua lebih milih Nyokap - Bokap - Kakak marahin gua deh dibanding gua didiemin kayak gini.

Kalau didiemin kayak gini, yang ada gua malah ngerasa bersalah karena sudah ngebuat semuanya sedih. Satu kalimat yang gua omongin saat itu adalah:

"Ma, percaya saya bakalan baik-baik saja. Liat 5 tahun dari sekarang ya Ma" kata gua sambil naik ke kamar gua. Gua yakin omongan gua saat itu tidak cukup untuk menyakinkan Nyokap kalau 5 tahun kedepan gua bakalan baik-baik saja.

Tidak ada jawaban, tidak ada suara, semuanya kecewa.

.....................................................................................

Dan seperti yang gua omogin 7 tahun lalu itu, sampai sekarang gua baik-baik saja. Puji Tuhan, selama 7 tahun berjalan, semuanya berjalan dengan baik walau masalah tetap terus berdatangan. Usaha yang gua rintis (yang kelak gua beri nama Clobberin Time) berjalan di rel yang tepat. Meskipun masalah kerap datang hingga black campaign dari kompetitor sering datang atau saat daya beli konsumen sedang rendah, Clobberin Time tetap stabil hingga sekarang.

Banyak pula orang yang ngajak kerja sama (semacam investor yang nitip modal untuk diputar) tapi hingga hari ini Puji Tuhan semuanya masih bisa gua cover sendiri. Inilah kepercayaan yang keren banget buat gua ketika lu bisa dipercaya oleh orang untuk memutar uangnya meskipun akhirnya tidak kamu ambil kesempatan itu

Btw, bagaimana dengan Toko Komputer Michael itu? Setelah 2 tahun berjalan, toko dia akhirnya ditutup karena sepi pembeli. Setelah toko komputer ditutup, dia (katanya) banting stir jadi Sales Emas dan akhirnya tidak berlanjut. Terakhir ketemu dengan orang tuanya (Tante gua) sekarang dia katanya lagi usaha jualan Rice Bowl.

Selalu ada konsekuensi dari tindakkan yang kamu pilih. Kalau misalnya kamu begitu lulus SMA gak mau kuliah, ya kamu harus tau konsekuensinya. Kamu harus tau APA yang bakalan kamu lakuin buat hidup kamu. Kalau misalnya saat kamu kuliah dan gak pengen buat lanjutin kuliah, kamu HARUS sudah tahu kamu bakalan ngapain buat melanjutkan hidup kamu.

Kalau waktu yang ada kamu isi dengan main-main atau hura-hura, ah sungguh sangat disayangkan sekali karena waktu tidak akan pernah bisa kamu ulang.

...........................................................................

Gua sekarang sedang duduk sambil gigitin ujung bolpen (kebiasaan jelek gua). Gua lagi bikin pembukuan untuk Clobberin Time (sesuatu hal yang gak pernah gua lakuin sebelumnya). Biar makin rapih dan profesional, gua memang sudah niat buat bikin pembukuan agar jelas arus keluar - masuk uang. Di saat pikiran sedang mumet dan hati sedang kurang enak, ada chat LINE yang masuk. Yang chat adalah Tanto (orang yang gua tulis tadi di awal). Chatnya sih sederhana tapi entah kenapa bikin gua girang sendiri. Isi chatnya cuma gini:

Gua selalu respect ke orang yang mau berusaha dengan segala keterbatasan yang ada. Gua yakin, Tuhan akan bekerja dengan caranya dan kita hanya perlu mengerjakan apa yang menjadi bagian kita.

Saat kamu lelah bekerja, bersyukurlah selalu! Masih banyak orang yg lelah karena mencari pekerjaan.

Semangat ya :)

Senin, 20 Maret 2017

Driver Berdedikasi

Seperti janji gua tempo hari karena banyak yang suka dengan cerita-cerita gua pas jadi Driver Ojek Online (Ojol), Minggu kemarin gua kembali lagi 'bekerja' sebagai Driver Ojol.

Ada sedikit perbedaan dari yang kemarin, kalau sebelumnya gua mulai start trip dari jam 3 Sore sampai Malam sekarang gua mulai dari jam 6 Pagi sampai jam 10 Pagi. Gua pengen tau aja apakah ada perbedaannya atau sama aja.

Dan seperti biasa, saat gua sedang melakoni 'pekerjaan' gua sebagai Driver Ojol, identitas gua adalah Stefanus Sani, Mahasiswa semester akhir yang sedang mencari dana tambahan dengan nyambi dari Driver Ojol. Mohon dipahami ya, gua ngaku jadi Mahasiswa bukan buat gegayaan padahal aslinya kuliah pun gak kelar. Ini hanya untuk masalah efisiensi aja sebenarnya (biar cepet dan gak banyak ditanya).

Hari pertama narik di Pagi hari,

Seperti yang pernah gua tulis tempo hari, gua itu bangun setiap hari jam setengah 5 Pagi kadang malah jam 4 sudah bangun. Setelah bangun biasanya gua berdoa, balesin chat yang belum sempet dibales, beres-beres kamar, nyapu dan mandi. Jam 6 teng itu gua sudah siap berangkat kerja.

Jam 6 kurang 5 menit, gua nyalain aplikasi Driver Uber di HP dan baru beberapa saat gua nyalain, alarm langsung masuk. Tanda ada orderan yang datang. Gua klik dan muncul nama 'VIANA' dengan titik jemput di Apartement Gateway yang jaraknya 3 menit dari rumah gua.

Pas gua baca nama 'VIANA' dan titik jemputnya di Apartement Gateway, gua rada sedikit was-was juga karena salah satu jemaat di Gereja gua ada yang namanya 'VIANA' dan tinggalnya emang di Gateway. Belum lagi dia pernah cerita kalau dia emang sering pake UBER kalau berangkat kerja.

Gua jadi salah tingkah sendiri, ini diambil apa di-cancel aja ya. Kalau diambil, jelas gua malu banget nganter dan nerima uang dari orang yang gua ketemu tiap Minggu. Kalau di-cancel itu juga malah gak semakin gak enak, takutnya dia mikir 'Ih si Sani belagu amat, cancel gua'. Gua coba kirim SMS dulu ke nomor yang tertera 'Selamat Pagi Bu/kk Viana, Stefanus Sani dari Uber. Mau dijemput dimana Bu?'

Belum juga gua kirim SMS itu tetiba ada telpon yang masuk pas gua angkat di ujung telpon si penelpon langsung ngomong "SANIIIII, jemput gua sekarang ya. Udah telat nih gua"

"Siap Ce. Kok bisa sih dapetnya Ce Viana" gua salah tingkah sambil tertawa

"Mana gua tahu, kesini cepet ya"

Gua langsung tancap gas kesana. Di ujung jalan gua liat Ce Viana sudah berdiri nungguin gua depan Apartement dan asli gua cuma bisa cengegesan sambil salah tingkah. Ini rasanya aneh banget, nganterin + nerima uang dari orang yang lu ketemu dan ngobrol setiap Minggu.

Basa basi sebentar, Viana naik dan minta diantar ke Sekolah BPK Penabur (dia guru komputer di BPK Penabur). Gua yang biasa bawel sepanjang perjalanan cuma bisa diem gak ngomong apa-apa kalau misalkan ada Black Hole di depan gua mendingan gua dihisep Black Hole deh dibanding gua berada di posisi gua saat itu.

"Udah lama San jadi Uber" Viana membuka pembicaraan.

"Udah Ce, ya buat nambah-nambah jajan Ce dibanding diem" jawab gua (FYI, gak semua orang tau kalau gua punya usaha Clobberin Time karena gua nyaris gak pernah cerita)

Suasana kembali menjadi hening, gua masih membeku gak berani ngomong apa-apa. Saat suasana sedang hening, Ce Viana ngomong gini "Boleh minta tolong gak?"

"Boleh, Boleh Ce. Kenapa?" jawab gua keheranan

"Nanti siang jangan lupa ambil susu di rumah Mama ya buat Reta"

Ambil susu di Rumah buat Reta? Reta itu nama anaknya Ce Viana terus gua suruh ke rumah Ce Viana buat ambil susu disana? Kok gua rada gak mudeng ya?

"Jam berapa Ce?" tanya gua polos.

Terus gak ada jawaban, terus gua ulang pertanyaan gua "Jam berapa Ce?", gak lama kemudian Ce Viana jawab "Bentar San, gua lagi nelpon ke Agus (suami Ce Viana).

ANJERRRR TERNYATA DIA LAGI NELPON. Gua yang dari awal sudah malu berat sekarang makin malu jawab orang lagi nelpon. Ce, lain kalau lagi nelpon kasih kode "Halo" kek jangan langsung ke titik masalah dong Ce -_-

10 menit kemudian kita sampai ke tujuan. Gua sih bakalan nolak kalau dikasih uang karena asli gak enak banget tapi untungnya Ce Viana bayar pake kartu kredit (masuk ke deposit) jadi gua gak harus nerima uang dari dia.

"Ce, maaf banget nih. Asli gak enak saya" kata gua sambil End Trip.

"Udah gak apa-apa. Ok duluan ya"

"Siap Ce" balas gua sambil ngedadah ke Ce Viana yang berjalan masuk ke Sekolah

................................................................

Setelah beres nganter Ce Viana, gua mengarahkan motor gua ke arah pulang. Di sekitaran sekolah SMA Taruna Bakti, gua dapat alarm tanda panggilan masuk. Pas gua klik, muncul nama 'Nikita'.

Hmm, nama Nikita dan titik jemputnya di Sekolah Taruna Bakti. Dari nama dan sekolah, gua sudah yakin ini Nikita cantik atau manis-manis gitu mirip NIKITA WILLY. Seperti yang sering gua tulis, nama terkadang menentukan paras, hihihi. Kalau nama bagus biasanya orangnya juga cakep.

Gua telpon buat mastiin dia dijemput dimana dan benar dia minta dijemput di SMA Taruna Bakti. Suaranya juga enak banget, lembut dan halus gitu. Duh, jadi gak sabar ngeliat paras kamu Nikita. Apakah kamu ini ternyata tulang rusukku yang selama ini aku cari? Hahahahaha

Sesampainya di SMA Taruna Bakti, gua telpon lagi ke Nikita buat konfirmasi kalau sudah sampai. Gua tunggu sambil balesin chat dari buyer Clobberin Time. Lagi asyik balesin chat, ada yang nepok gua dari belakang. Pas gua tengok dia nanya 'Ini dari Uber' terus gua jawab 'Ini Nikita?"

Dia jawab 'Iya' dan ternyata ekspektasi gua lebih dari yang gua perkirakan. Nikita yang gua kira bakalan mirip 'Nikita Willy' ternyata orangnya gede dan gendut banget padahal masih SMA. Gua selidik paha ama lengannya, udah kayak pentungan tukang sate saking gedenya.

Ini sih bukan NIKITA WILLY tapi NIKITA BIKIN CAPEK.

Gua ngebayang berapa tenaga extra yang harus dikeluarkan buat bonceng dia. Gua nanya tujuan dia kemana, dia jawab ke rumah dia di Baleendah. Ok sip, jarak Taruna Bakti ke Baleendah itu gua perkirakan lebih dari 30 km dan sejauh pula itu gua harus ngangkut si NIKITA BIKIN CAPEK ini.

Belum lagi daerah Baleendah itu langganan banjir tapi kalau posisinya sudah berhadapan gini, gak mungkin juga gua cancel di depan dia. Belum lagi Nikita ngomong sambil memelas "Kak jangan dicancel ya. Dari tadi gak ada yang mau nganter". Iya Nikita, apa sih gak buat kamu.

Nikita naik dan entah apa perasaan gua aja, pas dia naik, angin di ban seperti langsung hilang setengah. Nikita ternyata barus beres dari acara sekolah 1 hari sebelumnya dan Pagi ini dia libur.

"Nik, di Baleendah banjir gak? Kemaren kakak baca banjir sih" 

"Gak tau sih Kak tapi kalau akses utama Banjir, Nikki tau kok jalan pintasnya"

45 menit kemudian, kita sampai juga di Daerah Baleendah dan seperti yang gua duga, akses utama ke rumah si Nikki tidak bisa dilewati karena banjirnya tinggi sampai sedada. Pernah nonton berita kan tentang banjir di Kabupaten Bandung yang parah sampai setinggi atap rumah? Nah ini gua sekarang berada disana. Disaat orang-orang pergi mengungsi daerah banjir, gua si Driver Uber malah mendatangi lokasi banjir.

Genangan air sudah mulai terasa
"Nik, banjir gini. Gak bakalan bisa dilewatin. Kamu mau gak nyebrang pake gerobak?" goda gua.

"Ih gak mau Kak. Lewat jalan pintas aja ya Kak Nikki tau kok"

Jalan pintas yang dimaksud Nikki ternyata jalan rusak dan sempit. Jalannya rusak parah, becek dan licin. Makin combo karena postur Nikki yang gede banget gua jadi berasa PNS yang sedang menyalurkan 5 karung Beras Raskin ke daerah banjir.

Makin nyesek karena khusus hari itu, gua pake Sneakers baru (karena rencananya setelah narik dilanjut ngurus produksi Clobberin Time sebentar, gua langsung berangkat kursus Bahasa Inggris makannya rada ngegaya dikit). Sneakers bersih gua langsung terciprat lumpur, motor gua bannya sudah nyaris berubah warna jadi coklat saking jahanamnya jalanan ini. Di saat gua sedang berjuang gini, si Nikki malah asyik ngemil Wafer di belakang gua sambil ngomong "Tiati ya Kak"

IYA TAU, INI JUGA HATI-HATI BANGET

Setelah melewati jalanan jahanam yang rusak itu, gua kira kita bakalan langsung sampai ke rumah Nikki ternyata gua salah. Kita masih harus ngelewatin sebuah jembatan kecil penghubung jalan. Ada puluhan motor dari arah gua yang mau nyebrang ke ujung jalan dan ada pula puluhan motor dari ujung sana yang mau nyebrang ke arah gua. Di bawah jembatan ada sungai yang debit airnya lumayan tinggi juga.

"Kita harus lewatin sini Nik" tanya gua

"Iya Kak soalnya cuma ini akses satu-satunya"

Gua nengok ke belakang dan sudah ada puluhan motor di belakang gua yang mau nyebrang juga. Gua rada ngeri juga liat itu jembatan apa kuat gak ya nahan ratusan motor dan penumpangnya.

"Nik, itu kok kayak yang bengkok ya" kata gua sambil nunjuk ngasal ke arah jembatan. Aslinya gua cuma mau becandain si Nikki tapi entah karena si Nikki pernah mengalami trauma nyemplung ke empang sawah dia jadi histeris dan ketakutan. Dia bilang gini ke gua "Kak, muter aja lagi ya. Nikki takut kak"

Kita sekarang berada di posisi tengah dan dihimpit dengan ratusan motor yang sama-sama mau nyebrang. Gimana bisa muter, makannya Nikk kalau makan dikontrol dong. Kalau gede kini kan jadi susah.

Setelah menunggu beberapa lama, akhirnya motor gua dapat giliran buat nyebrang lewat jembatan gantung. Gua bawa pelan-pelan dan entah perasaan gua apa bukan, pas gua lewat, gue ngedenger bunyi 'Kreek, Kreekk, ngik, ngik'

"Nik, kamu denger gak bunyi 'krek, krek'? Ini kayaknya gak kuat deh jembatan". Asli gua ngomong gitu gua cuma mau becandain si Nikki gara-gara tadi dia makan wafer tapi gua gak dibagi. Tapi ternyata gua salah, si Nikki malah makin histeris dan setengah menjerit dia teriak 'Allahu Akbar', 'Allahu Akabar'

Gua yang awalnya biasa aja jadi ikut takut juga gara-gara si Nikki teriak gitu. Motor di depan gua langsung noleh ke arah gua gara-gara si Nikki histeris. Makin perfect karena saat itu ada angin yang lumayan kencang dan bikin jembatan ini jadi berayun. Ayunannya gak terlalu kencang sih TAPI buat Nikki, ayunan ini mungkin sensasinya kayak lagi naik KORA-KORA di Dufan yang malahan bikin dia nangis. Iya asli nangis sambil ngomong "Allahu Akbar, Allahu Akbar' saking takutnya. Duh, jadi ngerasa bersalah udah bikin Nikki takut :(

Setelah sempat tertahan di tengah jembatan akhirnya motor gua bisa lewat juga dari jembatan ini. Gua melirik ke kaca spion ngeliat Nikki lagi ngusap air mata. Persis mirip Panda Besar yang gak kebagian Ikan buat makan siang.

"Udah Nik, udah lewat kok. Sekarang kemana lagi" kata gua menenangkan hati Nikki.

Nikki mengarahkan gua ke sebuah jalan rusak (lagi) dan setelah lewat tikungan, di depan mata gua sudah ada ratusan motor yang gak bisa gerak saking macetnya. Ya Allah, cobaan ini terlalu berat. Hamba tidak kuat :(

Lu bayangin selama 1 jam, jalanan stuck dan kita gak bisa kemana-mana lagi karena di belakang gua sudah ada ratusan motor. Mau muter balik juga gak mungkin, satu-satunya jalan adalah menunggu akses dibuka biar kita bisa lewat. Selama 1 jam menunggu, kita berdua habiskan dengan main game 'Pancasila ada 5', nama makanan sampai nama merk. Ya lumayanlah buat ngabisin waktu.

Sudah macet, becek, eh tapi ada ojek
Setelah menunggu lama, akhirnya kemacetan terurai. 1 km keluar dari jalan sempit itu, akhirnya kita sampai ke rumah Nikki. Gua cek argo pembayaran muncul biaya 5rb (harusnya bayar 35rb tapi Nikki dapat diskon 30rb dari UBER).

"Wah Nik kamu lagi Hoki nih. Bayarnya 5rb aja dapet diskon dari UBER" kata gua

Nikki kaget karena menurut dia murah banget apalagi jaraknya jauh + macet + banjir. Nikki buka dompet dan kasih gua uang 150rb. Iya asli 150rb sambil balikkin helm.

Pas dia kasih 150rb langsung gua tolak karena gak enak nerimanya apalagi si Niki kan masih Sekolah. Kalau 6 tahun lalu pas gua masih 'merangkak' memulai Clobberin Time pasti gua terima deh tapi karena sekarang sudah beda, gua tolak dengan halus karena gak tega nerimanya juga.

Nikki tetap maksa kasih gua uang 150rb sambil nyelipin ke jaket gua. Dia langsung ngacir sambil bilang terima kasih masuk ke rumahnya. Walah.

NB: Beberapa hari kemudian ketika gua ada keperluaan ke Baleendah, gua mampir ke rumah Niki dan balikkin uang Nikki ke orang tuanya. Gua balikkin 145rb dan gua cuma ambil 5rb sesuai argo dia.

Uang dalam amplop yang gua balikkin ke Nikita
 .......................................................................

Setelah nganter Nikki, gua agak kelimpungan buat cari jalan pulang. Setelah browsing, gua nemu ada akses lain ke Kota Bandung yaitu lewat Rancamanyar tapi pas gua cek di Twitter, akses Rancamanyar macet parah karena semua yang mau ke Bandung pasti lewat sana. Bayangin gua mulai berangkat dari jam 9 Pagi (setelah nganter si Nikita Willy) dan baru nyampe jam 1 siang saking mancetnya. Gua melewatkan kewajiban gua buat ngecek produksi Clobberin Time dan gua melewatkan kursus gua yang seharusnya mulai jam 1 teng. Karena kagok, gua putusin buat narik 1 orang lagi sebelum balik buat istirahat.

Oh ya gua baru tau jalau akses Rancamanyar itu bisa menembus langsung ke Cibaduyut Bandung. Nah dari Cibaduyut itu alarm UBER gua berbunyi, tanda ada Customer yang order. Gua klik dan muncul nama Aurelia. Gua gak mau berekspektasi tinggi lagi lah, biar dari nama dia sih udah enak didenger. Gua ikutin Waze dan 5 menit kemudian gua sampai di depan rumah dia.

Aurelia keluar dan ini baru ASLI, orangnya cantik banget. Kalau orangnya secantik gini, gua mau lah balik lagi ke Baleendah yang lagi banjir tadi,hihi. Aurelia minta diantar ke Kampus Maranatha dan hasil kepo gua ke dia, dia Mahasiswa jurusan DKV angkatan 2013.

Di perjalanan kita ngobrol asyik, ngobrol banyak hal sambil ketawa ketiwi. Di tengah perjalanan, ada telpon ke HP Aurelia dan gua gak tau masalahnya apa, pas Aurelia nutup telpon dia langsung nunduk sambil menutup mukanya pake tangannya. Terdengar suara 'Hu,Hu' tanda orang yang sedang terisak.

"Aul, kamu kenapa?" tanya gua.

Dia gak jawab, gua lirik dari spion muka dia yang putih berseri berganti jadi merah karena menangis tanda dia sedang mengalami kesedihan yang luar biasa. Gua gak tau masalahnya apa tapi gua yakin ini pasti masalah hati. Gua tau karena pernah merasakan hal yang sama.

Suasana jadi hening, gua gak berani ngomong apa-apa lagi. Aurelia kemudian bersuara "Kak, kita nepi sebentar ya". 

Gua menepikan motor di tempat ya teduh, Aul terus ngomong "Kak, biarin saya sendiri dulu ya. Nanti ongkosnya saya tambahin kok"

"Sudah gak usah pikirin soal itu. Kakak nunggu di depan ya, kapanpun kamu siap, panggil kakak aja"

Gua duduk di tepi trotoar jalan sambil baca buku yang selalu gua bawa di dalam tas gua (saat itu gua lagi bawa buku Kahlil Gibran). Meskipun mata gua tertuju ke lembaran buku, mata gua sebenarnya gak fokus, sesekali gua melirik ke arah Aurelia yang keliatannya seperti sedang mengalami masalah percintaan yang berat. 20 menit berlalu, Aurelia kasih kode ke gua kalau dia sudah siap buat melanjutkan perjalanan. Mukanya masih merah banget dan mata dia jadi makin mengecil karena bengkak akibat nangis. Gua pinjemin sapu tangan gua buat lap air mata dia.

Sepanjang sisa perjalanan ini, Aul gak ngomong apa-apa, dia cuma sesekali terisak sambil menundukkan wajah. Gua sudah menawarkan buat balik lagi ke rumah, gak usah ke kampus kalau dia gak kuat. Tapi dia bilang dia tetap mau ke kampus. Sesampainya di Kampus Maranatha, Aurelia bayar sesuai Argo yang harus dibayar, sambil bilang terima kasih dia setengah berlari masuk ke arah kampus. Gua gak tau masalahnya apa tapi semoga masalah kamu cepat selesai ya.

Malamnya, gua dapet sms dari nomor yang gak dikenal, ternyata Aurelia yang sms. Dia bilang kalau dia lupa ngembaliin sapu tangan gua (gua juga malah lupa kalau sapu tangan gua kebawa dia).

Gua bales sms dia "Please keep it. Use it to swipe off you tear if you feel sad. But for sure, I wish that handkerchief won't be used anymore because I don't want to see you feel sad again. GOD Bless You"

Apapun masalah kamu, jangan sampai masalah kamu lebih besar dari Tuhan kamu :)

Komentar dari Aurelia (paling atas)






Rabu, 15 Maret 2017

Sharefa, Om Uber, Nasi Uduk Korea

Sudah baca tulisan gua tempo hari yang judulnya 'Thanks, from your bitch'? Tulisan ini gua posting di bulan February dan luar biasanya sampai detik gua menulis postingan baru ini, tulisan itu sudah dibaca lebih dari 20.000 kali #wow

Tulisan gua itu ternyata di-retweet di salah satu akun twitter terkenal yaitu @DramaUber_Id dan katanya sampai masuk ke LINE TODAY. Gua sendiri gak tau kok bisa postingan gua itu dibahas di @DramaUber_ID (belakangan gua tau ada salah satu orang yang gua belum tahu siapa yang ngasih link tulisan gua itu ke @DramaUber_ID) dan ketika di-retweet, gua mendapat 'bom' pembaca.

Respon yang masuk pun bagus dan bikin gua semangat nulis. Gua dapet banyak Mention, DM Twitter, Comment, E-mail sampai yang paling membanggakan adalah salah satu penulis yang gua kagumi (gua gak bisa sebut namanya) kirim DM ke gua dan mengapresiasi tulisan gua itu dan menilai tulisan gua memiliki nilai komersial yang tinggi. Terima kasih untuk pujiannya.




Kebanyakkan dari DM yang masuk menanyakkan tentang soal Sharefa (penumpang gua yang ceritanya gua tulis di postingan itu). Lewat postingan ini, gua mau bilang gak mungkin kalau gua mengungkapkan identitas asli Sharefa termasuk dia kerja dimana + foto asli yang bersangkutan. Gua dan Sharefa belum pernah berkomunikasi lagi sejak pertemuan terakhir kita karena seperti yang pernah gua bilang, gua bukan type orang yang suka memulai pembicaraan pertama.

Ada mention yang masuk ke gua bilang terima kasih untuk motivasi hidup yang selalu gua selipkan di setiap postingan gua. Tentang motivasi hidup ini, kalau gua boleh jujur gua mau ngomong kalau sebenarnya apa yang gua tulis itu untuk memotivasi diri gua sendiri. Gua menyelipkan motivasi bukan biar gua keliatan keren, gagah, atau sok motivator tapi itu sebenarnya buat diri gua sendiri.

Apa yang gua tulis misalnya tentang 'selalu bersyukur dalam segala hal, selalu melihat kebawah saat sedang berada di atas, kebahagiaan datangnya dari diri sendiri bukan dari orang lain, memaafkan orang' gua tulis buat pengingat diri gua sendiri. Gua merupakan pembaca setia blog gua sendiri karena hampir setiap hari gua baca-baca postingan gua dan motivasi yang gua selipkan itu bisa jadi semacam trigger buat gua kalau hati sedang merasa gundah. Kalau dirasa bisa memotivas buat yang baca, gua bersyukur banget.

..........................................................................

Meskipun sudah retired jadi Driver Uber, ternyata gua belum bisa jauh-jauh dari urusan Uber. Minggu kemarin, gua iseng pake Jaket Uber ke Gereja. Pas bubaran Gereja, gua berdiri di depan Gereja lagi cari sinyal HP karena di dalam Gereja jaringannya jelek banget. Lagi asyik balesin chat tetiba ada Om-Om lusuh yang keliatannya baru pulang Gereja (dari Gereja sebelah) ngehampirin gua. Dia berbisik kayak gini ke gua "Aman pake Jaket Uber? Saya juga Driver Uber" kata si Om.

"Aman kok Om. Gak kenapa-napa" jawab gua. Iya jelas aman karena gua gak pernah narik lagi, hihihi.

Si Om Uber (gua gak tau namanya siapa) ternyata memang baru pulang dari Gereja (Gereja dia kebetulan letaknya bersebelahan dengan Gereja gua). Dan dia nyalain aplikasi Driver Uber sambil berharap dapet orderan dari jemaat Gereja yang baru pulang Gereja. Dia bilang sudah nunggu 30 menit tapi belum dapet orderan.

Yang bikin sedih, si Om Uber cerita kalau sehari-hari dia jarang banget dapet orderan. Paling banyak dalam 1 Minggu dia dapat 5 orderan padahal dia sudah keluar dari Pagi dan pulang Malam. Asli, gua ngebayang gimana rasanya jadi si Om Uber. Keliling muter-muter tapi gak dapet orderan, yang ada malah tekor bensin dan makan + pantat panas. Om Uber terus cerita dia setiap hari nahan lapar dan panas di jalan karena pendapatan dari Uber biasanya dia jaga buat anaknya. Duh Gusti :(

Sebenarnya agak aneh juga sih kalau tau si Om Uber cuma dapet orderan sedikit. Selama gua nguber, dalam 1 hari minimal bisa dapet 5 tarikan itu pun cuma dari sore ke malam. Lah ini dari Pagi ke Malam kok bisa gak dapet orderan? Gua cek akun Driver si Om dan akunnya aman (dalam kondisi bisa dipake, gak kena suspend atau rejected). Rating si Om juga masih aman (akun Driver Uber biasanya bakalan di-suspend kalau rating Driver dibawah 4,4 sedangkan rating si Om masih 4,63. FYI, rating gua sampai sekarang masih di 4,9 dari maksimal 5,0). Oh ya, Rating ini didapat dari penilaian Customer ke Driver jadi kalau kamu habis naik UBER pasti dapet report buat kasih penilaian ke Driver kan. Nah ini sebenarnya penting banget buat kelangsungan hidup Driver, kalau kamu misalnya iseng kasih dia bintang 1 aja, rating dia bakalan terus turun dan berpengaruh ke akun.

Setelah gua cek HP si Om Uber ternyata masalahnya ada di HP. HP si Om Uber terlalu jadul buat dipake ngebid. Gua cek RAM-nya dan terlalu kecil, gak sesuai dengan spek yang diminta. Sebagai perbandingan gini, gua pernah pake 2 HP saat jadi Driver Uber. Yang pertama iPhone dan yang kedua Lenovo. Pas pake iPhone, orderan yang masuk kenceng banget (istilah di Uber itu orderan gacor). Pas gua pake Lenovo, orderan tetep masuk tapi gak sekenceng pas pake iPhone. Dan HP yang dipakai si Om Uber, spek-nya gua rasa 3 tingkat dibawah Lenovo gua jadi wajar kalau dia sepi orderan.

"Duh Om, ini HP-nya gak sesuai, RAM-nya terlalu kecil jadi aja susah dapet orderan" gua kasih penjelasan. Terus gua nyalain aplikasi Driver Uber di HP gua dan gak lama gua nyalain, orderan langsung masuk padahal si Om Uber sudah On lebih lama ketimbang gua.

"Oh jadi gak bisa ya" kata si Om Uber sembari menunjukkan raut sedih. Asli gua gak tega liatnya, kalau gua bisa menilai Om Uber ini adalah type pekerja keras yang sampai melupakan diri sendiri. Gak apa-apa dia gak makan yang penting anak dan istri bisa makan. Ngedenger gua kasih penjelasan gitu, dia cuma nunduk sambil ngoprek HP-nya sambil tetap berharap bisa dapet orderan.

Gua pengen banget bantu tapi gua belum mencapai level dimana gua bisa ngebeliin orang Handphone baru buat dia cari uang. Gak tega banget ngeliat muka si Om Uber yang lusuh dengan rambut berantakkan yang gak disisir.

Sebelum si Om Uber pamit, kita sempet bertukar no HP dan gua kepikiran buat gini. Kebetulan dari hasil gua nguber selama 2 Minggu full, gua punya beberapa langganan kan. Nah, gua kepikiran kenapa gak langganan itu gua dialihkan ke si Om Uber. Gua percaya banget kalau si Om Uber orang yang baik (keterlaluan kalau tiap Minggu dia ke Gereja, gak taunya malah bedebah). Meskipun gua rasa, si Om Uber gak akan sebawel gua selama di perjalanan tapi gua yakin si Om Uber ini bakalan bawa para Customer ini ke tempat tujuan dengan selamat.

Gua kasih no HP si Om Uber ke beberapa langganan gua, gua gak tau apakah mereka bakalan pakai jasa si Om Uber atau gak tapi semoga kelak kalau kita ketemu lagi, si Om Uber sudah bisa kebeli HP baru dengan RAM lumayan biar orderannya makin banyak.

...................................................................................................

Cerita lain di Minggu ini adalah kemarin sehabis pulang Gereja, gua janjian dengan salah seorang 'teman' (baca: Ex-Partner) buat makan bareng. Kita janjian buat makan di sebuah Restoran Korea karena doi ini dari dulu emang fans berat yang berbau Korea. Beda jauh dengan gua yang level pengetahuan soal Korea sebatas 'Indomie Bulgogi' dan 'Kimchi'.

Kalau ditanya, masak iya gua yang level lidahnya mentok di Nasi + Tempe Orek sekarang sok keren makan di Restoran Korea, apa bakalan doyan gitu. Ya gak ada salahnya kan mencoba. Siapa tau gua jadi suka dan tiap hari makan disini, hihihi.

Karena gua gak tau Menu Korea, gua dipesenin sebuah menu (gua lupa namanya, tapi kita sebut aja 'Nasi Uduk Korea'). Nasi Uduk Korea ini berupa nasi dalam mangkok hot plate dan di atas nasi terdiri dari sayuran, tauge, daging sapi dan telur setengah matang. Cara makannya adalah dengan cara dicampur-campur dan panas dari hot plate inilah yang bakalan bikin sayuran dan telur ini matang. Biar lebih afdol, pesanan gua ini disiram Keju Mozarella cair. Sudah kebayang belum?

Nasi Uduk Korea
Nasi Lotek bikinan Mama
10 menit order, pesanan gua akhirnya datang. Gua campur-campur dulu (sesuai anjuran doi) dan hup, gua mulai mengunyah. Rasanya lumayan sih biar PANAS banget di mulut, ada asin asin gurih gitu tapi gak tau perasaan gua apa bukan, rasanya sedikit mirip ama lotek ya.  Lotek juga kan sama ya terdiri dari kombinasi sayuran terus cara makannya dicampur-campur juga kan?

Tentang Nasi Uduk Kore tadi, awalnya enak sih tapi makin kesini jadi rada eneg juga (mungkin karena kombinasi keju mozarella dan telur setengah mateng tadi) tapi akhirnya bisa gua habiskan juga. Satu hal yang bisa gua nilai dari Makanan Korea adalah rasanya kayak asem gimana gitu ya. Contohnya Ayam Goreng ala Korea, pas gua makan rasanya asem bener di lidah kayak permen jahe.

Next time, kita cobain lagi ya menu lain. Siapa tau ada yang nyantol dan bisa jadi favorite gua, hihihi.

Btw, thank you for a wonderful day :) 

FYI, I often write about her on my blog. Guess in which post?

Muka disensor karena gak ganteng
 

Rabu, 08 Maret 2017

Om Mau Om

Kalian percaya gak sih kalau gua bilang setiap hari gua bangun jam setengah 5 Pagi, beres-beres kamar dan ruangan kerja gua, mandi dan pas jam 6 Pagi gua berangkat kerja buat cek produksi Clobberin Time?

97 orang dari 100 orang yang baca gua yakin gak bakalan percaya. 3 orang yang percaya itu adalah Nyokap, Bokap dan Kakak yang tinggal 1 rumah ama gua jadi mereka tahu gimana kegiatan gua setiap Pagi.

Banyak alasan buat orang gak percaya, paling gampang gini aja "Kalau lu bangun Pagi kenapa setiap Minggu tiap ke Gereja pasti telat mulu". Sebenarnya gua telat datang ke Gereja itu bukan karena gua gak bisa bangun tapi karena kebiasaan buruk gua. Gua biasa ke Gereja jam 7 Pagi dan sebenarnya dari jam setengah 7 gua sudah wangi tapi kebiasaan gua adalah gua suka lama kalau lagi balesin chat di HP. Apalagi yang chat ke hp gua itu banyak banget setiap jamnya (buyer Clobberin Time yang mau beli) dan kalau lagi keenakan bales chat, gua suka kebablasan dan pas liat waktu eh sudah jam 7 kurang 5 menit, kikikik.

Tujuan utama gua berangkat pagi setiap harinya adalah untuk mempush produksi Clobberin Time supaya maksimal. Terkadang Vendor harus sedikit 'ditekan' agar produksi bisa cepat. Semakin cepat produksi maka semakin cepat pula orderan bisa disebar ke buyer. Semakin cepat sampai ke buyer, makin cepat pula income yang masuk.

Biasanya jam 11 siang itu gua pulang ke rumah buat makan, online, dan tidur siang sebentar (kecuali kalau gua ada kursus bahasa Inggris, biasanya gua gak pulang). Jam 3 dan 4 gua lanjut pergi lagi buat ketemu ama banyak buyer. Pasti banyak yang heran kenapa sampai hari ini, saat Clobberin Time sudah lumayan maju, gua masih mau nganterin orderan ke buyer yang tinggalnya di seputaran Bandung?

Kenapa gak dikirim aja pake JNE atau kirim via Ojek Online atau kenapa gak dia aja yang suruh datang langsung buat ambil sendiri? Gua mau berbagi tips sedikit buat menjalankan usaha. Menumbuhkan rasa 'memiliki' dari buyer ke seller menurut gua adalah cara yang paling tepat untuk mempromosikan usaha kita. Dengan cara lu mau repot sedikit (anter kesana kemari), buyer pasti loyal dan memberi respect lebih kepada kita. Ketika respect didapat maka promosi akan datang dengan sendirinya, mereka pasti bisik-bisik ke temennya buat promosiin Clobberin Time tanpa diminta. Bilang "Miminnya baik bener, mau nganterin sampai jauh. Bisa bayar di tempat, gak usah takut kalau gak punya rekening segala". Jadi lu gak usah keluar uang buat endorse atau beriklan karena menurut gua ada cara yang lebih efektif untuk mempromosikan produk kita tanpa perlu keluar biaya. Sampai hari ini, satu-satunya orang yang pernah gua endorse adalah diri gua sendiri, hihihihihi.

...................................................

Salah satu pelanggan gua namanya Edward. Dia ini sudah rutin beli ke gua sejak masih kelas 1 SMP (sekarang sudah kelas 2 SMA di sebuah SMA Internasional). Hubungan gua dengan Edward sudah lebih dari seorang buyer - seller karena benih-benih asmara muncul di hati kita berdua eh ngaco maksudnya hubungan kita sudah seperti saudara sendiri karena gua sudah kenal dekat dengan kedua orang tuanya juga.

Beberapa hari yang lalu, Papihnya Edward telpon gua minta gua buat ke rumah dia. Papihnya Edward kerja di sebuah Bank dan dia pengen ngajakkin kerja sama di Clobberin Time (maksudnya jadi Investor). Sebenarnya kalau ditanya, untuk saat ini gua gak butuh Investor karena hingga semua masih bisa gua cover sendiri. Tapi karena menurut gua gak sopan kalau langsung gua tolak mending datang langsung dengerin si Om ngomong dan utarakan dengan sopan kalau untuk saat ini gua belum butuh Investor. Yang penting hubungan harus tetap terjaga dengan baik.

"Nanti ya Min, jam 3 sore. Tapi ketemuannya jangan di rumah gua yang di Margahayu tapi yang di Kebon Tangkil aja" kata Edward

"Kebon Tangkil dimana?" tanya gua. Gua emang sering denger daerah Kebon Tangkil tapi belum pernah masuk atau lewatin daerah itu.

"Nanti lewat dari Jalan Sudirman aja Min, sebelah Restoran ada gang masuk aja dari sana" kata Edward di ujung telpon

Kebetulan hari itu gua sudah janji dengan salah satu buyer buat nganterin orderan di daerah Cimahi dan dari Cimahi menuju rumah gua pasti lewatin Jalan Sudirman. Jadi gak usah muter-muter, langsung belok juga bisa.

Setelah beres urusan dengan buyer gua yang satunya, gua cus otw ke rumah si Edward. Gua mengandalkan Waze karena gua gak terlalu tau Kebon Tangkil dimana.

Waze mengarahkan gua buat masuk ke sebuah gang dekat sungai, gua ikutin aja Waze dan begitu masuk gang itu, gua perhatiin banyak orang lagi duduk-duduk di depan rumah. Begitu gua lewat, semua mata langsung ngeliatin gua.

Sebegitu kerennya kah gua sampai semua mata tertuju dengan gua? Salah satu dari mereka kemudian nyeletuk 'Om Mau Om? Ada yang baru nih'.

Awalnya gua gak terlalu menghiraukan tapi kenapa setiap gua lewatin rumah disana, pasti aja gua ditawarin 'Om Mau Om' Mau yang kayak gimana?' terus kalau gua perhatiin untuk beberapa rumah ditempelin kertas yang tulisannya 'Rumah Keluarga'. Ini maksudnya apa sih ya?

Terus 'Om Mau Om' itu apa? Masak iya siang bolong gini ada transaksi kokain disini? Lu pernah nonton film City Of God gak? Film ini bersetting di Brazil dan mengambil cerita tentang kehidupan Gangster Brazil termasuk tentang jual beli kokain. Masak iya di Kebon Tangkil ada transaksi Kokain? Gila keren bener ini tempat.

Tapi kalau disini ada transaksi kokain kok perasaan gak pernah heboh ya? Minimal ada bisik-bisik lah tapi kok gua malah gak pernah denger apa-apa ya soal ini. Tapi ada yang lebih aneh juga, kalau emang disini ada transaksi kokain kenapa di sudut gang malah banyak tukang goreng pisang, tukang cilor, sampai tukang seblak lagi jualan?

Pertanyaan-pertanyaan itu tergiang di kepala gua dan bakalan gua tanyai ke si Edward kalau sudah ketemu dia. Disaat begini, Waze gua malah ngaco dan malah muter gak karuan, maklum Waze emang kurang bagus kalau sudah masuk daerah kampung kayak gini. Gua berhenti sebentar dan cek chat dari Edward buat mastiin lokasi dia.

Pas lagi minggir, tetiba datang cowok ngehampirin gua terus ngomong pertanyaan yang sama 'Om Mau Om? Ada yang import nih'. 

INI TEMPAT APA SIH, OM MAU OM MULU. ADA YANG IMPORT TAPI GAK JELAS MAKSUDNYA APA. Hati gua penuh dengan pertanyaan, tapi di pikiran gua, gua masih ngerasa ini adalah daerah tempat jual beli kokain (efek kebanyakkan nonton film).


Gua telpon si Edward: "Ed, rumah lu di belah mana sih. Gua gak nemu, gua masuk gang yang deket sungai terus aneh banget disini. Gua ditawarin mulu tapi gak jelas ditawarin apaan"

"Min, lu masuknya di belokkan gang pertama ya? Salah Min, rumah gua di belokkan kedua. Gua sama Bokap sudah nungguin depan pintu nih" kata Edward di ujung telpon.

"Kalau gitu ini tempat apa?" tanya gua

"ITU SARITEM BRO" kata bokap Edward di ujung telpon sambil ngakak.

WTF, INI SARITEM? Sepanjang hidup gua, gua baru sekali-kalinya lewat Saritem. Kalau denger sudah sering banget dan baru kali ini gua tau YANG NAMANYA SARITEM TUH DISINI TERNYATA. YANG GAK TAU SARITEM ITU APA, SARITEM ADALAH TEMPAT PROSTITUSI TERBESAR DAN TERTUA DI BANDUNG.

Gua langsung flash back, jadi dari tadi yang ditawarin ama cowok-cowok di depan rumah adalah PSK dan maksud IMPORT adalah PSK Import. Gua berasa bego banget bisa-bisanya ngira ini adalah tempat buat transaksi Kokain. Jadi kalau rumah yang ada ditempelin kertas tulisan 'Rumah keluarga' itu artinya rumah murni bukan rumah merangkap kamar mesum. Masuk akal semua

"Cepet balik kesini bro nanti lu khilaf lagi belok ke rumah disana" kata si Om sambil cekikan di ujung telpon

"Pengennya sih khilaf Om" canda gua.

Gua muter sebentar dan akhirnya gua ngeliat juga Edward dan bokapnya lagi berdiri depan rumah. Gua seperti melihat secerca asa selepas keluar dari lembah kegelapan yang fana ini #halah

Begitu mereka ngeliat gua, mereka langsung ketawa ngakak. Asli gua malu berat dan dengan keji si Om nuduh gua sudah 'nakal' disana.

"Lu gak kira-kira Om, beli rumah kok deket Saritem. Pas lu kerja, anak lu kayaknya suka mampir deh" kata gua sambil nunjuk si Edward

"Ini rumah orang tua gua, bro. Lu mau tau yang lebih gila lagi gak? Setiap Pagi ya bro, beberapa PSK bakalan dijemput ama pacar atau suaminya terus sore dan malam dianterin kesini lagi"

Mungkin ini yang namanya tanda-tanda kiamat. Gua punya pacar aja ya gak rela kalau pacar gua dijamah ama lain orang lah ini malah disewain buat esek-esek. Dibanding pacar atau istri sendiri dijadiin PSK mendingan gua kerja Rodi ikutan Culture Stelsel bereng VOC pas jaman penjajahan deh.

.............................................................................

Setelah ngobrol panjang lebar, gua kemudian pamit pulang. Akhirnya gua memberanikan ngomong kalau untuk saat ini, gua belum butuh Investor buat Clobberin Time dan reaksi si Om ternyata gak seburuk yang gua duga. Gua kira dia bakalan marah atau jutek ternyata dia nyantai aja dan bikin beban di punggung gua langsung lenyap.

"Pamit pulang dulu ya Om. Kapan saya diajak kesana Om" canda gua sambil nunjuk Gang Saritem

"Nanti kalau Istri gak ada ya" balas si Om sambil berbisik ke telinga gua. Kita pun tertawa bareng sembari gua pamit

Gua sudah diarahin buat arah pulang jadi gak perlu lewatin jalan 'kebahagiaan' itu. Gua telusuri gang lain dan di tengah perjalanan ada yang ngomong ke gua 'Pak dibeli Pak'. Gua tengok ke sebelah kiri dan gua lihat ada Kakek tua yang lagi duduk sambil nawarin susu murni.

Duh, kasian bener. Seperti yang pernah gua bilang, dibalik banyak sifat nakal gua, gua ini orangnya gak tega kalau liat ada orang tua yang lagi jualan terus sepi gak ada yang beli (gua selalu membayangkan kalau mereka ini adalah orang tua gua. Coba bayangin gimana sedihnya hati kamu liat orang tua jualan terus gak ada yang beli).

Harganya ternyata cuma 2rb, gua beli 10 biji susu murni dan gua lebihin dikit. Gua gak ngasih banyak sih tapi dia terus ngomong terima kasih sambil ngedoain gua. Doa orang yang sedang mengalami kesusahan itu kuasanya besar loh.

Curi-curi foto
Gua tersenyum dan pamit pulang kepada si Kakek. Selalu ada cerita di perjalanan gua dan banyak pula alasan gua untuk selalu bersyukur untuk berkat yang sudah diberikan.

Pekerjaan kamu sendiri gimana sekarang? Lancar?