Kamis, 30 Maret 2017

Cari Kerja

Ngerasa gak sih kalau sekarang cari kerja tuh susah banget?

Sejujurnya gua bukan dalam posisi sedang cari kerja tapi ngedenger cerita dari temen-temen gua yang sedang kelimpungan cari kerja, gua bisa menyimpulkan kalau cari kerja tuh susah banget.

Makin sulit kalau kamu gak luwes dalam berkomunikasi dan gak punya link yang kuat, jadi butuh keberuntungan juga supaya kamu bisa diterima kerja di perusahaan yang kamu mau.

Buat yang sedang bekerja pun kini gak kalah repotnya, beberapa temen gua yang bekerja di Media Cetak cerita kalau penjualan makin kesini makin merosot dikarenakan pembaca sudah mulai beralih ke Online. Pengetatan karyawan pun sudah dimulai dan imbasnya adalah beberapa karyawan yang dianggap tidak bisa bersaing terpaksa dirumahkan.

Majalah yang dulu terkenal seperti G***S misalnya terus merosot oplah penjualannya. Dari yang awal terbitnya dari 10 hari 1x kini berganti jadi satu bulan 1x saja. Ketika gua nanya ke salah satu temen gua yang kerja disana, jawaban dia adalah "Ya mau gimana lagi, gak ada yang beli dan baca soalnya".

Sebegitu parahkah?

....................................................................

Gua punya dua orang teman yang sekarang dalam posisi sedang mencari kerja. Persamaan keduanya adalah keduanya sama-sama meminta bantuan gua untuk dicariin kerja.

Yang pertama adalah lulusan sebuah kampus swasta di Bandung. Kampusnya lumayan dikenal sih dan temen gua ini kita panggil saja Erick sudah lulus sejak tahun 2015 tetapi hingga hari ini masih menganggur. Erick ini adalah salah satu buyer Clobberin Time sejak awal kuliah dan hubungan kita terjalin baik hingga sekarang. Dulu, di awal Clobberin Time masih 'merangkak' naik gua sering banget numpang tidur siang di Kost dia kalau lagi capek banget + minjem piring dan sendok buat makan siang yang gua beli di warung nasi depan Kost dia.

Setelah lulus tahun 2015, Erick pindah ke kota asalnya yaitu Bogor dan berencana cari kerja disana. Tapi mungkin karena belum beruntung, hingga tahun 2017 ini, dia belum juga mendapat pekerjaan.

Pernah sekali dia dapet kerja, dia chat ke gua dan bilang kalau dia baru diterima kerja jadi sales pesawat. Iya sales pesawat.

"Sales pesawat? Pesawat Boeing apa Airbus?" tanya gua penuh decak kagum. Keren bener ini pelanggan gua sekarang jadi Sales pesawat terbang, pikir gua dalam hati.

"Bukan Sales pesawat terbang tapi pesawat telpon" jawab Erick pasrah.

Gila bener, Erick ini lulusan S1 dan sekarang dapet kerjanya jadi sales pesawat telpon. Dia ditarget dalam 1 hari harus bisa jual 5 pesawat telpon dan selama 1 Minggu dia jualan, dia cuma bisa jual 1 pesawat telpon. Itu pun ke Tantenya yang gak tega jadi aja dibeli. Pake logika aja sih, emang siapa sih yang mau beli pesawat telpon, di saat orang sudah cabut telpon rumah eh ini malah suruh jualan.

..........................................................................

"Susah banget cari kerja. Dipanggil sih sering tapi gak pernah berlanjut lagi. Stress nih ane" kata Erick ke gua tempo hari ketika dia berkunjung ke Bandung.

"Iya sabar. Yang penting cari terus, jangan kelamaan diem gak ngapa-ngapain. Sayang umur loh" saran gua sambil menyeruput Green Tea.

Beda Erick, beda juga dengan Tanto. Tanto adalah salah satu jemaat di Gereja gua dan kini sedang tekun mencari kerja. Tanto baru lulus SMA tahun kemarin dan dari dia, gua jadi tahu betapa susahnya cari kerja.

Wajar sih susah karena (maaf banget) Tanto ini hanya lulusan SMA saja. Tapi satu hal yang gua suka dari dia adalah orangnya gak pasrah dengan keadaan. Mau berusaha mencari, setiap ada lowongan pasti dikejar, ditolak kerja sana-sini pun sering. Tenang to, kalau suatu saat kamu ditolak oleh cewek, kamu pasti bisa cepet move on karena kamu sudah berpengalaman ditolak, hehe.

Tanto cerita dia pernah dapet kerja di salah satu toko material dan sialnya, apa yang dia kerjakan gak sesuai dengan yang dijanjikan. Dari yang katanya jadi admin eh mendadak jadi orang yang disuruh-suruh ngangkut semen. Udah badan kurus suruh ngangkut semen. Tega bener itu juragannya. 1 bulan bekerja akhirnya Tanto menyerah dan keluar dari pekerjaan itu. Sekarang Tanto sibuk cari kerjaan dan gua bantu dengan merekomendasikan dia ke beberapa temen gua supaya bisa diterima kerja.

...........................................................................

Gara-gara ngedenger cerita soal Tanto dan Erick ini, ingatan gua jadi kembali ke kejadian sekitar 7 tahun lalu (biar lebih nyambung baca dulu postingan gua di tahun 2015 yang judulnya 'Interview Kerja').

7 tahun lalu, cita-cita gua adalah menjadi seorang Editor In Chief karena gua suka menulis. Gua selalu membayangkan diri gua kelak menjadi seorang Editor In Chief dan mempunyai usaha sendiri sebagai sampingan (gak taunya sekarang kebalik, gua malah punya usaha sendiri dan sampingannya menjadi seorang penulis tidak terkenal).

Dulu, gua dibayar 350rb setiap nulis Cerpen buat sebuah Majalah, ya lumayanlah ya 350rb. Makin sering dimuat makin sering pula honor masuk. Honor yang masuk itu biasanya gua pake beli tees WWE buat dijual lagi. Belinya juga gak banyak sih, paling 1 lusin dan gua puter-puter terus uangnya buat gua pake jajan dan beli barang yang gua mau, hihihi.

Suatu hari, salah seorang saudara gua nelpon Nyokap gua dan ngundang gua buat datang ke Toko baru dia. Jadi ceritanya dia baru bikin Toko komputer dan dia ngajak gua buat kerja ke Kantor dia.

Tawaran ini jelas gua tolak karena gua memang tidak sedang dalam posisi cari kerja. Penghasilan gua juga sudah mulai lumayanlah di tahun itu. Belum lagi pekerjaan yang ditawarkan adalah penjaga toko komputer yang harus bisa merakit dan service komputer.

Jelas itu bukan gua banget. Mana bisa gua ngerakit komputer kalau ngerakit mobil tamiya, gua masih bisa deh. Lah ini suruh rakit komputer, gua mengibaratkan ini seperti operator bensin di SPBU disuruh jadi instruktur senam. Jomplang

Saat gua mengutarakan penolakkan kembali terjadi perdebatan di rumah. Nyokap dan Bokap minta gua buat datang ke Toko dan kerja disana. Gua tolak karena gua ngerasa kalau gua baik-baik saja, gak usah kerja ke orang pun gua masih bisa dapet uang.

Tapi mungkin pemikiran Ortu dan gua berbeda. Kita berbeda banget dalam melihat dan menyikapi masalah. Gua masih ingat banget omongan Nyokap gua, 7 tahun lalu itu:

"Kamu kuliah gak mau. Ditawarin kerja gak mau. Suruh Interview kerja gak pernah mau datang. Kamu mau jadi apa nanti?" kata Nyokap gua.

Setelah melewati perdebatan panjang akhirnya gua bilang ke Nyokap kalau besok gua bakalan datang ke Toko itu. Tapi gua gak menjanjikan kalau gua bakalan kerja disana (kemungkinan gua kerja disana adalah 95:5 alias 5% kemungkinan gua kerja disana dan 95% gak bakalan kerja disana).

Besok gua kesana dengan bersepeda (dari gua selalu menggunakan sepeda buat beraktifitas). Sesampainya di Toko, gua disambut dengan saudara gua yang bernama Michael (nama disamarkan) bersama istrinya.

Gua dijelasin apa aja job yang harus gua lakuin dan dia menawari gaji di kisaran 1,5 - 1,8jt (tahun itu penghasilan gua dari menulis dan jualan sebenarnya sudah di angka 2jt). Satu hal yang gua gak suka adalah gaya bicaranya si Michael ini yang terkesan bossy seolah dia adalah Boss besarnya dan gua adalah pegawainya.

"Udah ambil aja penawaran ini. Nanti kamu saya ajarin rakit komputer. Gajinya lumayan kan dibanding kamu nganggur gak ngapa-ngapain di rumah. Selain ngerakit komputer, setiap malam juga kamu harus cek stock ketersediaan barang. Jadi jumlah barang yang dipajang harus sesuai dengan data di kertas. Kalau gak sesuai kamu harus ganti selisihnya" kata dia panjang lebar.

Asli gua tersinggung ngedenger dia ngomong gitu. Gua emang terlihat sebagai orang yang (terlalu) santai dan cengegesan tapi bukan berarti gua nganggur dan nyusahin orang tua. Gak salah sih kalau dia ngomong kayak gitu secara gua emang gak pernah ngomong tentang kegiatan yang gua lakuin jadi wajar kalau dia nganggep gua pengganguran.

Setelah itu, dia mulai cerita panjang lebar tentang usahanya dan di mata gua, semua omongan dia terasa sangat show off dan merendahkan orang lain padahal gua itu adalah saudaranya sendiri.

"Besok kabarin ya mau atau enggaknya kerja disini. Jangan sampai nyesel, saya gak akan nawarin lagi loh" kata dia sebelum gua pamit pulang.

.................................................................................

"Gimana, diambil gak?" tanya Nyokap ke gua.

"Enggak Ma" jawab gua pelan. Gue jelasin kenapa gua gak ambil tawaran itu termasuk gaya si Michael yang menurut gua Bossy banget. Dibanding kerja ama dia, mending gua jualan es batu keliling deh.

Penolakan gua ternyata membuat Nyokap gua kecewa berat. Jika sebelumnya kita adu argumen, Nyokap - Bokap sampai Kakak malah diem semua, gak berkata apa-apa. Gua lebih milih Nyokap - Bokap - Kakak marahin gua deh dibanding gua didiemin kayak gini.

Kalau didiemin kayak gini, yang ada gua malah ngerasa bersalah karena sudah ngebuat semuanya sedih. Satu kalimat yang gua omongin saat itu adalah:

"Ma, percaya saya bakalan baik-baik saja. Liat 5 tahun dari sekarang ya Ma" kata gua sambil naik ke kamar gua. Gua yakin omongan gua saat itu tidak cukup untuk menyakinkan Nyokap kalau 5 tahun kedepan gua bakalan baik-baik saja.

Tidak ada jawaban, tidak ada suara, semuanya kecewa.

.....................................................................................

Dan seperti yang gua omogin 7 tahun lalu itu, sampai sekarang gua baik-baik saja. Puji Tuhan, selama 7 tahun berjalan, semuanya berjalan dengan baik walau masalah tetap terus berdatangan. Usaha yang gua rintis (yang kelak gua beri nama Clobberin Time) berjalan di rel yang tepat. Meskipun masalah kerap datang hingga black campaign dari kompetitor sering datang atau saat daya beli konsumen sedang rendah, Clobberin Time tetap stabil hingga sekarang.

Banyak pula orang yang ngajak kerja sama (semacam investor yang nitip modal untuk diputar) tapi hingga hari ini Puji Tuhan semuanya masih bisa gua cover sendiri. Inilah kepercayaan yang keren banget buat gua ketika lu bisa dipercaya oleh orang untuk memutar uangnya meskipun akhirnya tidak kamu ambil kesempatan itu

Btw, bagaimana dengan Toko Komputer Michael itu? Setelah 2 tahun berjalan, toko dia akhirnya ditutup karena sepi pembeli. Setelah toko komputer ditutup, dia (katanya) banting stir jadi Sales Emas dan akhirnya tidak berlanjut. Terakhir ketemu dengan orang tuanya (Tante gua) sekarang dia katanya lagi usaha jualan Rice Bowl.

Selalu ada konsekuensi dari tindakkan yang kamu pilih. Kalau misalnya kamu begitu lulus SMA gak mau kuliah, ya kamu harus tau konsekuensinya. Kamu harus tau APA yang bakalan kamu lakuin buat hidup kamu. Kalau misalnya saat kamu kuliah dan gak pengen buat lanjutin kuliah, kamu HARUS sudah tahu kamu bakalan ngapain buat melanjutkan hidup kamu.

Kalau waktu yang ada kamu isi dengan main-main atau hura-hura, ah sungguh sangat disayangkan sekali karena waktu tidak akan pernah bisa kamu ulang.

...........................................................................

Gua sekarang sedang duduk sambil gigitin ujung bolpen (kebiasaan jelek gua). Gua lagi bikin pembukuan untuk Clobberin Time (sesuatu hal yang gak pernah gua lakuin sebelumnya). Biar makin rapih dan profesional, gua memang sudah niat buat bikin pembukuan agar jelas arus keluar - masuk uang. Di saat pikiran sedang mumet dan hati sedang kurang enak, ada chat LINE yang masuk. Yang chat adalah Tanto (orang yang gua tulis tadi di awal). Chatnya sih sederhana tapi entah kenapa bikin gua girang sendiri. Isi chatnya cuma gini:

Gua selalu respect ke orang yang mau berusaha dengan segala keterbatasan yang ada. Gua yakin, Tuhan akan bekerja dengan caranya dan kita hanya perlu mengerjakan apa yang menjadi bagian kita.

Saat kamu lelah bekerja, bersyukurlah selalu! Masih banyak orang yg lelah karena mencari pekerjaan.

Semangat ya :)

Tidak ada komentar: