Rabu, 15 Maret 2017

Sharefa, Om Uber, Nasi Uduk Korea

Sudah baca tulisan gua tempo hari yang judulnya 'Thanks, from your bitch'? Tulisan ini gua posting di bulan February dan luar biasanya sampai detik gua menulis postingan baru ini, tulisan itu sudah dibaca lebih dari 20.000 kali #wow

Tulisan gua itu ternyata di-retweet di salah satu akun twitter terkenal yaitu @DramaUber_Id dan katanya sampai masuk ke LINE TODAY. Gua sendiri gak tau kok bisa postingan gua itu dibahas di @DramaUber_ID (belakangan gua tau ada salah satu orang yang gua belum tahu siapa yang ngasih link tulisan gua itu ke @DramaUber_ID) dan ketika di-retweet, gua mendapat 'bom' pembaca.

Respon yang masuk pun bagus dan bikin gua semangat nulis. Gua dapet banyak Mention, DM Twitter, Comment, E-mail sampai yang paling membanggakan adalah salah satu penulis yang gua kagumi (gua gak bisa sebut namanya) kirim DM ke gua dan mengapresiasi tulisan gua itu dan menilai tulisan gua memiliki nilai komersial yang tinggi. Terima kasih untuk pujiannya.




Kebanyakkan dari DM yang masuk menanyakkan tentang soal Sharefa (penumpang gua yang ceritanya gua tulis di postingan itu). Lewat postingan ini, gua mau bilang gak mungkin kalau gua mengungkapkan identitas asli Sharefa termasuk dia kerja dimana + foto asli yang bersangkutan. Gua dan Sharefa belum pernah berkomunikasi lagi sejak pertemuan terakhir kita karena seperti yang pernah gua bilang, gua bukan type orang yang suka memulai pembicaraan pertama.

Ada mention yang masuk ke gua bilang terima kasih untuk motivasi hidup yang selalu gua selipkan di setiap postingan gua. Tentang motivasi hidup ini, kalau gua boleh jujur gua mau ngomong kalau sebenarnya apa yang gua tulis itu untuk memotivasi diri gua sendiri. Gua menyelipkan motivasi bukan biar gua keliatan keren, gagah, atau sok motivator tapi itu sebenarnya buat diri gua sendiri.

Apa yang gua tulis misalnya tentang 'selalu bersyukur dalam segala hal, selalu melihat kebawah saat sedang berada di atas, kebahagiaan datangnya dari diri sendiri bukan dari orang lain, memaafkan orang' gua tulis buat pengingat diri gua sendiri. Gua merupakan pembaca setia blog gua sendiri karena hampir setiap hari gua baca-baca postingan gua dan motivasi yang gua selipkan itu bisa jadi semacam trigger buat gua kalau hati sedang merasa gundah. Kalau dirasa bisa memotivas buat yang baca, gua bersyukur banget.

..........................................................................

Meskipun sudah retired jadi Driver Uber, ternyata gua belum bisa jauh-jauh dari urusan Uber. Minggu kemarin, gua iseng pake Jaket Uber ke Gereja. Pas bubaran Gereja, gua berdiri di depan Gereja lagi cari sinyal HP karena di dalam Gereja jaringannya jelek banget. Lagi asyik balesin chat tetiba ada Om-Om lusuh yang keliatannya baru pulang Gereja (dari Gereja sebelah) ngehampirin gua. Dia berbisik kayak gini ke gua "Aman pake Jaket Uber? Saya juga Driver Uber" kata si Om.

"Aman kok Om. Gak kenapa-napa" jawab gua. Iya jelas aman karena gua gak pernah narik lagi, hihihi.

Si Om Uber (gua gak tau namanya siapa) ternyata memang baru pulang dari Gereja (Gereja dia kebetulan letaknya bersebelahan dengan Gereja gua). Dan dia nyalain aplikasi Driver Uber sambil berharap dapet orderan dari jemaat Gereja yang baru pulang Gereja. Dia bilang sudah nunggu 30 menit tapi belum dapet orderan.

Yang bikin sedih, si Om Uber cerita kalau sehari-hari dia jarang banget dapet orderan. Paling banyak dalam 1 Minggu dia dapat 5 orderan padahal dia sudah keluar dari Pagi dan pulang Malam. Asli, gua ngebayang gimana rasanya jadi si Om Uber. Keliling muter-muter tapi gak dapet orderan, yang ada malah tekor bensin dan makan + pantat panas. Om Uber terus cerita dia setiap hari nahan lapar dan panas di jalan karena pendapatan dari Uber biasanya dia jaga buat anaknya. Duh Gusti :(

Sebenarnya agak aneh juga sih kalau tau si Om Uber cuma dapet orderan sedikit. Selama gua nguber, dalam 1 hari minimal bisa dapet 5 tarikan itu pun cuma dari sore ke malam. Lah ini dari Pagi ke Malam kok bisa gak dapet orderan? Gua cek akun Driver si Om dan akunnya aman (dalam kondisi bisa dipake, gak kena suspend atau rejected). Rating si Om juga masih aman (akun Driver Uber biasanya bakalan di-suspend kalau rating Driver dibawah 4,4 sedangkan rating si Om masih 4,63. FYI, rating gua sampai sekarang masih di 4,9 dari maksimal 5,0). Oh ya, Rating ini didapat dari penilaian Customer ke Driver jadi kalau kamu habis naik UBER pasti dapet report buat kasih penilaian ke Driver kan. Nah ini sebenarnya penting banget buat kelangsungan hidup Driver, kalau kamu misalnya iseng kasih dia bintang 1 aja, rating dia bakalan terus turun dan berpengaruh ke akun.

Setelah gua cek HP si Om Uber ternyata masalahnya ada di HP. HP si Om Uber terlalu jadul buat dipake ngebid. Gua cek RAM-nya dan terlalu kecil, gak sesuai dengan spek yang diminta. Sebagai perbandingan gini, gua pernah pake 2 HP saat jadi Driver Uber. Yang pertama iPhone dan yang kedua Lenovo. Pas pake iPhone, orderan yang masuk kenceng banget (istilah di Uber itu orderan gacor). Pas gua pake Lenovo, orderan tetep masuk tapi gak sekenceng pas pake iPhone. Dan HP yang dipakai si Om Uber, spek-nya gua rasa 3 tingkat dibawah Lenovo gua jadi wajar kalau dia sepi orderan.

"Duh Om, ini HP-nya gak sesuai, RAM-nya terlalu kecil jadi aja susah dapet orderan" gua kasih penjelasan. Terus gua nyalain aplikasi Driver Uber di HP gua dan gak lama gua nyalain, orderan langsung masuk padahal si Om Uber sudah On lebih lama ketimbang gua.

"Oh jadi gak bisa ya" kata si Om Uber sembari menunjukkan raut sedih. Asli gua gak tega liatnya, kalau gua bisa menilai Om Uber ini adalah type pekerja keras yang sampai melupakan diri sendiri. Gak apa-apa dia gak makan yang penting anak dan istri bisa makan. Ngedenger gua kasih penjelasan gitu, dia cuma nunduk sambil ngoprek HP-nya sambil tetap berharap bisa dapet orderan.

Gua pengen banget bantu tapi gua belum mencapai level dimana gua bisa ngebeliin orang Handphone baru buat dia cari uang. Gak tega banget ngeliat muka si Om Uber yang lusuh dengan rambut berantakkan yang gak disisir.

Sebelum si Om Uber pamit, kita sempet bertukar no HP dan gua kepikiran buat gini. Kebetulan dari hasil gua nguber selama 2 Minggu full, gua punya beberapa langganan kan. Nah, gua kepikiran kenapa gak langganan itu gua dialihkan ke si Om Uber. Gua percaya banget kalau si Om Uber orang yang baik (keterlaluan kalau tiap Minggu dia ke Gereja, gak taunya malah bedebah). Meskipun gua rasa, si Om Uber gak akan sebawel gua selama di perjalanan tapi gua yakin si Om Uber ini bakalan bawa para Customer ini ke tempat tujuan dengan selamat.

Gua kasih no HP si Om Uber ke beberapa langganan gua, gua gak tau apakah mereka bakalan pakai jasa si Om Uber atau gak tapi semoga kelak kalau kita ketemu lagi, si Om Uber sudah bisa kebeli HP baru dengan RAM lumayan biar orderannya makin banyak.

...................................................................................................

Cerita lain di Minggu ini adalah kemarin sehabis pulang Gereja, gua janjian dengan salah seorang 'teman' (baca: Ex-Partner) buat makan bareng. Kita janjian buat makan di sebuah Restoran Korea karena doi ini dari dulu emang fans berat yang berbau Korea. Beda jauh dengan gua yang level pengetahuan soal Korea sebatas 'Indomie Bulgogi' dan 'Kimchi'.

Kalau ditanya, masak iya gua yang level lidahnya mentok di Nasi + Tempe Orek sekarang sok keren makan di Restoran Korea, apa bakalan doyan gitu. Ya gak ada salahnya kan mencoba. Siapa tau gua jadi suka dan tiap hari makan disini, hihihi.

Karena gua gak tau Menu Korea, gua dipesenin sebuah menu (gua lupa namanya, tapi kita sebut aja 'Nasi Uduk Korea'). Nasi Uduk Korea ini berupa nasi dalam mangkok hot plate dan di atas nasi terdiri dari sayuran, tauge, daging sapi dan telur setengah matang. Cara makannya adalah dengan cara dicampur-campur dan panas dari hot plate inilah yang bakalan bikin sayuran dan telur ini matang. Biar lebih afdol, pesanan gua ini disiram Keju Mozarella cair. Sudah kebayang belum?

Nasi Uduk Korea
Nasi Lotek bikinan Mama
10 menit order, pesanan gua akhirnya datang. Gua campur-campur dulu (sesuai anjuran doi) dan hup, gua mulai mengunyah. Rasanya lumayan sih biar PANAS banget di mulut, ada asin asin gurih gitu tapi gak tau perasaan gua apa bukan, rasanya sedikit mirip ama lotek ya.  Lotek juga kan sama ya terdiri dari kombinasi sayuran terus cara makannya dicampur-campur juga kan?

Tentang Nasi Uduk Kore tadi, awalnya enak sih tapi makin kesini jadi rada eneg juga (mungkin karena kombinasi keju mozarella dan telur setengah mateng tadi) tapi akhirnya bisa gua habiskan juga. Satu hal yang bisa gua nilai dari Makanan Korea adalah rasanya kayak asem gimana gitu ya. Contohnya Ayam Goreng ala Korea, pas gua makan rasanya asem bener di lidah kayak permen jahe.

Next time, kita cobain lagi ya menu lain. Siapa tau ada yang nyantol dan bisa jadi favorite gua, hihihi.

Btw, thank you for a wonderful day :) 

FYI, I often write about her on my blog. Guess in which post?

Muka disensor karena gak ganteng
 

Tidak ada komentar: