Senin, 20 Maret 2017

Driver Berdedikasi

Seperti janji gua tempo hari karena banyak yang suka dengan cerita-cerita gua pas jadi Driver Ojek Online (Ojol), Minggu kemarin gua kembali lagi 'bekerja' sebagai Driver Ojol.

Ada sedikit perbedaan dari yang kemarin, kalau sebelumnya gua mulai start trip dari jam 3 Sore sampai Malam sekarang gua mulai dari jam 6 Pagi sampai jam 10 Pagi. Gua pengen tau aja apakah ada perbedaannya atau sama aja.

Dan seperti biasa, saat gua sedang melakoni 'pekerjaan' gua sebagai Driver Ojol, identitas gua adalah Stefanus Sani, Mahasiswa semester akhir yang sedang mencari dana tambahan dengan nyambi dari Driver Ojol. Mohon dipahami ya, gua ngaku jadi Mahasiswa bukan buat gegayaan padahal aslinya kuliah pun gak kelar. Ini hanya untuk masalah efisiensi aja sebenarnya (biar cepet dan gak banyak ditanya).

Hari pertama narik di Pagi hari,

Seperti yang pernah gua tulis tempo hari, gua itu bangun setiap hari jam setengah 5 Pagi kadang malah jam 4 sudah bangun. Setelah bangun biasanya gua berdoa, balesin chat yang belum sempet dibales, beres-beres kamar, nyapu dan mandi. Jam 6 teng itu gua sudah siap berangkat kerja.

Jam 6 kurang 5 menit, gua nyalain aplikasi Driver Uber di HP dan baru beberapa saat gua nyalain, alarm langsung masuk. Tanda ada orderan yang datang. Gua klik dan muncul nama 'VIANA' dengan titik jemput di Apartement Gateway yang jaraknya 3 menit dari rumah gua.

Pas gua baca nama 'VIANA' dan titik jemputnya di Apartement Gateway, gua rada sedikit was-was juga karena salah satu jemaat di Gereja gua ada yang namanya 'VIANA' dan tinggalnya emang di Gateway. Belum lagi dia pernah cerita kalau dia emang sering pake UBER kalau berangkat kerja.

Gua jadi salah tingkah sendiri, ini diambil apa di-cancel aja ya. Kalau diambil, jelas gua malu banget nganter dan nerima uang dari orang yang gua ketemu tiap Minggu. Kalau di-cancel itu juga malah gak semakin gak enak, takutnya dia mikir 'Ih si Sani belagu amat, cancel gua'. Gua coba kirim SMS dulu ke nomor yang tertera 'Selamat Pagi Bu/kk Viana, Stefanus Sani dari Uber. Mau dijemput dimana Bu?'

Belum juga gua kirim SMS itu tetiba ada telpon yang masuk pas gua angkat di ujung telpon si penelpon langsung ngomong "SANIIIII, jemput gua sekarang ya. Udah telat nih gua"

"Siap Ce. Kok bisa sih dapetnya Ce Viana" gua salah tingkah sambil tertawa

"Mana gua tahu, kesini cepet ya"

Gua langsung tancap gas kesana. Di ujung jalan gua liat Ce Viana sudah berdiri nungguin gua depan Apartement dan asli gua cuma bisa cengegesan sambil salah tingkah. Ini rasanya aneh banget, nganterin + nerima uang dari orang yang lu ketemu dan ngobrol setiap Minggu.

Basa basi sebentar, Viana naik dan minta diantar ke Sekolah BPK Penabur (dia guru komputer di BPK Penabur). Gua yang biasa bawel sepanjang perjalanan cuma bisa diem gak ngomong apa-apa kalau misalkan ada Black Hole di depan gua mendingan gua dihisep Black Hole deh dibanding gua berada di posisi gua saat itu.

"Udah lama San jadi Uber" Viana membuka pembicaraan.

"Udah Ce, ya buat nambah-nambah jajan Ce dibanding diem" jawab gua (FYI, gak semua orang tau kalau gua punya usaha Clobberin Time karena gua nyaris gak pernah cerita)

Suasana kembali menjadi hening, gua masih membeku gak berani ngomong apa-apa. Saat suasana sedang hening, Ce Viana ngomong gini "Boleh minta tolong gak?"

"Boleh, Boleh Ce. Kenapa?" jawab gua keheranan

"Nanti siang jangan lupa ambil susu di rumah Mama ya buat Reta"

Ambil susu di Rumah buat Reta? Reta itu nama anaknya Ce Viana terus gua suruh ke rumah Ce Viana buat ambil susu disana? Kok gua rada gak mudeng ya?

"Jam berapa Ce?" tanya gua polos.

Terus gak ada jawaban, terus gua ulang pertanyaan gua "Jam berapa Ce?", gak lama kemudian Ce Viana jawab "Bentar San, gua lagi nelpon ke Agus (suami Ce Viana).

ANJERRRR TERNYATA DIA LAGI NELPON. Gua yang dari awal sudah malu berat sekarang makin malu jawab orang lagi nelpon. Ce, lain kalau lagi nelpon kasih kode "Halo" kek jangan langsung ke titik masalah dong Ce -_-

10 menit kemudian kita sampai ke tujuan. Gua sih bakalan nolak kalau dikasih uang karena asli gak enak banget tapi untungnya Ce Viana bayar pake kartu kredit (masuk ke deposit) jadi gua gak harus nerima uang dari dia.

"Ce, maaf banget nih. Asli gak enak saya" kata gua sambil End Trip.

"Udah gak apa-apa. Ok duluan ya"

"Siap Ce" balas gua sambil ngedadah ke Ce Viana yang berjalan masuk ke Sekolah

................................................................

Setelah beres nganter Ce Viana, gua mengarahkan motor gua ke arah pulang. Di sekitaran sekolah SMA Taruna Bakti, gua dapat alarm tanda panggilan masuk. Pas gua klik, muncul nama 'Nikita'.

Hmm, nama Nikita dan titik jemputnya di Sekolah Taruna Bakti. Dari nama dan sekolah, gua sudah yakin ini Nikita cantik atau manis-manis gitu mirip NIKITA WILLY. Seperti yang sering gua tulis, nama terkadang menentukan paras, hihihi. Kalau nama bagus biasanya orangnya juga cakep.

Gua telpon buat mastiin dia dijemput dimana dan benar dia minta dijemput di SMA Taruna Bakti. Suaranya juga enak banget, lembut dan halus gitu. Duh, jadi gak sabar ngeliat paras kamu Nikita. Apakah kamu ini ternyata tulang rusukku yang selama ini aku cari? Hahahahaha

Sesampainya di SMA Taruna Bakti, gua telpon lagi ke Nikita buat konfirmasi kalau sudah sampai. Gua tunggu sambil balesin chat dari buyer Clobberin Time. Lagi asyik balesin chat, ada yang nepok gua dari belakang. Pas gua tengok dia nanya 'Ini dari Uber' terus gua jawab 'Ini Nikita?"

Dia jawab 'Iya' dan ternyata ekspektasi gua lebih dari yang gua perkirakan. Nikita yang gua kira bakalan mirip 'Nikita Willy' ternyata orangnya gede dan gendut banget padahal masih SMA. Gua selidik paha ama lengannya, udah kayak pentungan tukang sate saking gedenya.

Ini sih bukan NIKITA WILLY tapi NIKITA BIKIN CAPEK.

Gua ngebayang berapa tenaga extra yang harus dikeluarkan buat bonceng dia. Gua nanya tujuan dia kemana, dia jawab ke rumah dia di Baleendah. Ok sip, jarak Taruna Bakti ke Baleendah itu gua perkirakan lebih dari 30 km dan sejauh pula itu gua harus ngangkut si NIKITA BIKIN CAPEK ini.

Belum lagi daerah Baleendah itu langganan banjir tapi kalau posisinya sudah berhadapan gini, gak mungkin juga gua cancel di depan dia. Belum lagi Nikita ngomong sambil memelas "Kak jangan dicancel ya. Dari tadi gak ada yang mau nganter". Iya Nikita, apa sih gak buat kamu.

Nikita naik dan entah apa perasaan gua aja, pas dia naik, angin di ban seperti langsung hilang setengah. Nikita ternyata barus beres dari acara sekolah 1 hari sebelumnya dan Pagi ini dia libur.

"Nik, di Baleendah banjir gak? Kemaren kakak baca banjir sih" 

"Gak tau sih Kak tapi kalau akses utama Banjir, Nikki tau kok jalan pintasnya"

45 menit kemudian, kita sampai juga di Daerah Baleendah dan seperti yang gua duga, akses utama ke rumah si Nikki tidak bisa dilewati karena banjirnya tinggi sampai sedada. Pernah nonton berita kan tentang banjir di Kabupaten Bandung yang parah sampai setinggi atap rumah? Nah ini gua sekarang berada disana. Disaat orang-orang pergi mengungsi daerah banjir, gua si Driver Uber malah mendatangi lokasi banjir.

Genangan air sudah mulai terasa
"Nik, banjir gini. Gak bakalan bisa dilewatin. Kamu mau gak nyebrang pake gerobak?" goda gua.

"Ih gak mau Kak. Lewat jalan pintas aja ya Kak Nikki tau kok"

Jalan pintas yang dimaksud Nikki ternyata jalan rusak dan sempit. Jalannya rusak parah, becek dan licin. Makin combo karena postur Nikki yang gede banget gua jadi berasa PNS yang sedang menyalurkan 5 karung Beras Raskin ke daerah banjir.

Makin nyesek karena khusus hari itu, gua pake Sneakers baru (karena rencananya setelah narik dilanjut ngurus produksi Clobberin Time sebentar, gua langsung berangkat kursus Bahasa Inggris makannya rada ngegaya dikit). Sneakers bersih gua langsung terciprat lumpur, motor gua bannya sudah nyaris berubah warna jadi coklat saking jahanamnya jalanan ini. Di saat gua sedang berjuang gini, si Nikki malah asyik ngemil Wafer di belakang gua sambil ngomong "Tiati ya Kak"

IYA TAU, INI JUGA HATI-HATI BANGET

Setelah melewati jalanan jahanam yang rusak itu, gua kira kita bakalan langsung sampai ke rumah Nikki ternyata gua salah. Kita masih harus ngelewatin sebuah jembatan kecil penghubung jalan. Ada puluhan motor dari arah gua yang mau nyebrang ke ujung jalan dan ada pula puluhan motor dari ujung sana yang mau nyebrang ke arah gua. Di bawah jembatan ada sungai yang debit airnya lumayan tinggi juga.

"Kita harus lewatin sini Nik" tanya gua

"Iya Kak soalnya cuma ini akses satu-satunya"

Gua nengok ke belakang dan sudah ada puluhan motor di belakang gua yang mau nyebrang juga. Gua rada ngeri juga liat itu jembatan apa kuat gak ya nahan ratusan motor dan penumpangnya.

"Nik, itu kok kayak yang bengkok ya" kata gua sambil nunjuk ngasal ke arah jembatan. Aslinya gua cuma mau becandain si Nikki tapi entah karena si Nikki pernah mengalami trauma nyemplung ke empang sawah dia jadi histeris dan ketakutan. Dia bilang gini ke gua "Kak, muter aja lagi ya. Nikki takut kak"

Kita sekarang berada di posisi tengah dan dihimpit dengan ratusan motor yang sama-sama mau nyebrang. Gimana bisa muter, makannya Nikk kalau makan dikontrol dong. Kalau gede kini kan jadi susah.

Setelah menunggu beberapa lama, akhirnya motor gua dapat giliran buat nyebrang lewat jembatan gantung. Gua bawa pelan-pelan dan entah perasaan gua apa bukan, pas gua lewat, gue ngedenger bunyi 'Kreek, Kreekk, ngik, ngik'

"Nik, kamu denger gak bunyi 'krek, krek'? Ini kayaknya gak kuat deh jembatan". Asli gua ngomong gitu gua cuma mau becandain si Nikki gara-gara tadi dia makan wafer tapi gua gak dibagi. Tapi ternyata gua salah, si Nikki malah makin histeris dan setengah menjerit dia teriak 'Allahu Akbar', 'Allahu Akabar'

Gua yang awalnya biasa aja jadi ikut takut juga gara-gara si Nikki teriak gitu. Motor di depan gua langsung noleh ke arah gua gara-gara si Nikki histeris. Makin perfect karena saat itu ada angin yang lumayan kencang dan bikin jembatan ini jadi berayun. Ayunannya gak terlalu kencang sih TAPI buat Nikki, ayunan ini mungkin sensasinya kayak lagi naik KORA-KORA di Dufan yang malahan bikin dia nangis. Iya asli nangis sambil ngomong "Allahu Akbar, Allahu Akbar' saking takutnya. Duh, jadi ngerasa bersalah udah bikin Nikki takut :(

Setelah sempat tertahan di tengah jembatan akhirnya motor gua bisa lewat juga dari jembatan ini. Gua melirik ke kaca spion ngeliat Nikki lagi ngusap air mata. Persis mirip Panda Besar yang gak kebagian Ikan buat makan siang.

"Udah Nik, udah lewat kok. Sekarang kemana lagi" kata gua menenangkan hati Nikki.

Nikki mengarahkan gua ke sebuah jalan rusak (lagi) dan setelah lewat tikungan, di depan mata gua sudah ada ratusan motor yang gak bisa gerak saking macetnya. Ya Allah, cobaan ini terlalu berat. Hamba tidak kuat :(

Lu bayangin selama 1 jam, jalanan stuck dan kita gak bisa kemana-mana lagi karena di belakang gua sudah ada ratusan motor. Mau muter balik juga gak mungkin, satu-satunya jalan adalah menunggu akses dibuka biar kita bisa lewat. Selama 1 jam menunggu, kita berdua habiskan dengan main game 'Pancasila ada 5', nama makanan sampai nama merk. Ya lumayanlah buat ngabisin waktu.

Sudah macet, becek, eh tapi ada ojek
Setelah menunggu lama, akhirnya kemacetan terurai. 1 km keluar dari jalan sempit itu, akhirnya kita sampai ke rumah Nikki. Gua cek argo pembayaran muncul biaya 5rb (harusnya bayar 35rb tapi Nikki dapat diskon 30rb dari UBER).

"Wah Nik kamu lagi Hoki nih. Bayarnya 5rb aja dapet diskon dari UBER" kata gua

Nikki kaget karena menurut dia murah banget apalagi jaraknya jauh + macet + banjir. Nikki buka dompet dan kasih gua uang 150rb. Iya asli 150rb sambil balikkin helm.

Pas dia kasih 150rb langsung gua tolak karena gak enak nerimanya apalagi si Niki kan masih Sekolah. Kalau 6 tahun lalu pas gua masih 'merangkak' memulai Clobberin Time pasti gua terima deh tapi karena sekarang sudah beda, gua tolak dengan halus karena gak tega nerimanya juga.

Nikki tetap maksa kasih gua uang 150rb sambil nyelipin ke jaket gua. Dia langsung ngacir sambil bilang terima kasih masuk ke rumahnya. Walah.

NB: Beberapa hari kemudian ketika gua ada keperluaan ke Baleendah, gua mampir ke rumah Niki dan balikkin uang Nikki ke orang tuanya. Gua balikkin 145rb dan gua cuma ambil 5rb sesuai argo dia.

Uang dalam amplop yang gua balikkin ke Nikita
 .......................................................................

Setelah nganter Nikki, gua agak kelimpungan buat cari jalan pulang. Setelah browsing, gua nemu ada akses lain ke Kota Bandung yaitu lewat Rancamanyar tapi pas gua cek di Twitter, akses Rancamanyar macet parah karena semua yang mau ke Bandung pasti lewat sana. Bayangin gua mulai berangkat dari jam 9 Pagi (setelah nganter si Nikita Willy) dan baru nyampe jam 1 siang saking mancetnya. Gua melewatkan kewajiban gua buat ngecek produksi Clobberin Time dan gua melewatkan kursus gua yang seharusnya mulai jam 1 teng. Karena kagok, gua putusin buat narik 1 orang lagi sebelum balik buat istirahat.

Oh ya gua baru tau jalau akses Rancamanyar itu bisa menembus langsung ke Cibaduyut Bandung. Nah dari Cibaduyut itu alarm UBER gua berbunyi, tanda ada Customer yang order. Gua klik dan muncul nama Aurelia. Gua gak mau berekspektasi tinggi lagi lah, biar dari nama dia sih udah enak didenger. Gua ikutin Waze dan 5 menit kemudian gua sampai di depan rumah dia.

Aurelia keluar dan ini baru ASLI, orangnya cantik banget. Kalau orangnya secantik gini, gua mau lah balik lagi ke Baleendah yang lagi banjir tadi,hihi. Aurelia minta diantar ke Kampus Maranatha dan hasil kepo gua ke dia, dia Mahasiswa jurusan DKV angkatan 2013.

Di perjalanan kita ngobrol asyik, ngobrol banyak hal sambil ketawa ketiwi. Di tengah perjalanan, ada telpon ke HP Aurelia dan gua gak tau masalahnya apa, pas Aurelia nutup telpon dia langsung nunduk sambil menutup mukanya pake tangannya. Terdengar suara 'Hu,Hu' tanda orang yang sedang terisak.

"Aul, kamu kenapa?" tanya gua.

Dia gak jawab, gua lirik dari spion muka dia yang putih berseri berganti jadi merah karena menangis tanda dia sedang mengalami kesedihan yang luar biasa. Gua gak tau masalahnya apa tapi gua yakin ini pasti masalah hati. Gua tau karena pernah merasakan hal yang sama.

Suasana jadi hening, gua gak berani ngomong apa-apa lagi. Aurelia kemudian bersuara "Kak, kita nepi sebentar ya". 

Gua menepikan motor di tempat ya teduh, Aul terus ngomong "Kak, biarin saya sendiri dulu ya. Nanti ongkosnya saya tambahin kok"

"Sudah gak usah pikirin soal itu. Kakak nunggu di depan ya, kapanpun kamu siap, panggil kakak aja"

Gua duduk di tepi trotoar jalan sambil baca buku yang selalu gua bawa di dalam tas gua (saat itu gua lagi bawa buku Kahlil Gibran). Meskipun mata gua tertuju ke lembaran buku, mata gua sebenarnya gak fokus, sesekali gua melirik ke arah Aurelia yang keliatannya seperti sedang mengalami masalah percintaan yang berat. 20 menit berlalu, Aurelia kasih kode ke gua kalau dia sudah siap buat melanjutkan perjalanan. Mukanya masih merah banget dan mata dia jadi makin mengecil karena bengkak akibat nangis. Gua pinjemin sapu tangan gua buat lap air mata dia.

Sepanjang sisa perjalanan ini, Aul gak ngomong apa-apa, dia cuma sesekali terisak sambil menundukkan wajah. Gua sudah menawarkan buat balik lagi ke rumah, gak usah ke kampus kalau dia gak kuat. Tapi dia bilang dia tetap mau ke kampus. Sesampainya di Kampus Maranatha, Aurelia bayar sesuai Argo yang harus dibayar, sambil bilang terima kasih dia setengah berlari masuk ke arah kampus. Gua gak tau masalahnya apa tapi semoga masalah kamu cepat selesai ya.

Malamnya, gua dapet sms dari nomor yang gak dikenal, ternyata Aurelia yang sms. Dia bilang kalau dia lupa ngembaliin sapu tangan gua (gua juga malah lupa kalau sapu tangan gua kebawa dia).

Gua bales sms dia "Please keep it. Use it to swipe off you tear if you feel sad. But for sure, I wish that handkerchief won't be used anymore because I don't want to see you feel sad again. GOD Bless You"

Apapun masalah kamu, jangan sampai masalah kamu lebih besar dari Tuhan kamu :)

Komentar dari Aurelia (paling atas)






2 komentar:

Unknown mengatakan...

kayanya panda makan bambu...
hehehehee
thanks for sharing...

euniquemissy mengatakan...

Mas, ati2 dosa lo bikin pelanggannya baper klo baik begitu <3
Rame pisan ceritanya, hahahaha, suksezzz mas sani