Minggu, 17 Oktober 2010

Cintaku Di Balik Kartu Natal

Pernah gak ngerasa gini, entah kita lagi berada di mana, entah itu undangan orang, entah di itu di pasar, entah itu di toko buku terus kita ngeliat seorang cewek, terus tiba-tiba kita ngerasa jatuh cinta dan ngerasa kalau dia adalah jodoh kita, istilahnya tuh love at first sight

Atau versi lebay-nya adalah si cewek itu adalah orang yang dikirim dari surga buat menemani hari-hari kita yang hampa dan jauh dari belaian kasih sayang.

Kucluk abis.

Gua pun sering mengalami hal itu dan cewek yang (sangat-sangat-tidak) beruntung itu biasanya adalah seorang cewek yang cantik dan manis.

Saat itu yang ada di pikiran gua, apa mungkin si cewek juga berpikiran sama seperti apa yang gua pikirin? Kayaknya si gak, mungkin yang ada di pikiran dia saat itu, ‘Aduh siapa nih cowok? Ngeliatin aja dari tadi, apa dia mau ngutil BlackBerry gua?’

Ketika gua masih TK besar, ada seorang cewek yang (sumpah) manis dan imut banget. Namanya Sasa, yang gua inget dari dia adalah dia penggemar Hello Kitty. Semua aksesorisnya berbau Hello Kity, mulai dari cepuk (tempat pensil), tas, sepatu, pensil, bolpen, tempat makan, sendok, garpu, jepit rambut, dll.

Yang gua tau dari dia adalah saat itu dia adalah anak dari keluarga tajir. Ortunya punya toko kue dan kue yang dijual tergolong mahal karena yang dijual sejenis kue tart dan kue pernikahan.

Satu lagi, yang gua inget dari si Sasa adalah mukanya yang mirip ama bintang iklan Ajinomoto. Saat itu bintang iklan di iklan ajinomoto adalah seorang bocah yang mukanya mirip abis ama si sasa. Setiap masak, Nyokap sering pake ajinomoto biar sayur yang dimasak kerasa gurih dan Sasa, engkau pun bagaikan ajinomoto yang selalu membuat hari-hariku terasa gurih dan menyenangkan.

Hahahahaha

Hampir tiap sore, gua stand bye di depan TV buat nungguin iklan Ajinomoto itu. Tujuannya cuma satu, pengen ngeliat sasa ‘gadungan’ di TV.

Sasa itu orang yang baik dan tidak pelit. Pernah suatu hari, gua dibawain bekel ama nyokap gua tapi ketinggalan lauk pauknya. Jadi yang gua bawa adalah cuma bekel yang isinya sendok ama nasi putih doang. Nyokap gua selalu mendoktrin gua agar setiap bekel yang dibawa harus dimakan ampe habis karena kalau tidak habis nanti nasi-nasi yang gak habis bakal nangis. Berhubung gua anak yang polos, gua pun merasa iba melihat si nasi bakal nangis gara-gara gak gua makan. Tapi masak iya, gua kudu makan ama nasi putih doang, mending kalau ada garem ama kecap, ada pasangannya tapi ini loh isinya cuma nasi putih dan sendok aja.

Sempet kepikiran buat makan nasi dicampur daun yang banyak bertebaran di TK gua saat itu. Gua bisa berpikiran seperti itu karena pernah ngeliat orang purba makan daun di TV dengan lahap persis kayak makan paha ayam KFC.

Tapi, sasa itu memang anak yang baik. Mungkin dia iba ngeliat gua yang bekelnya cuma nasi putih doang dan nyangkanya kalau gua anak kere yang sanggupnya cuma bisa bawa bekel nasi putih, dia nawarin isi bekelnya. Gua tengok bentar isi bekelnya dan isinya bener-bener mantep. Sosis, chicken nugget, perkedel kentang, dll. Ini bekel atau menu warteg?

Sasa itu type anak yang tidak suka makan banyak-banyak. Sambil senyum dia ‘menghibahkan’ bekelnya ke gua. Seperti anak kecil kebanyakan, saat itu gua merasa (sedikit) malu. Tapi sosis dan chicken nugget pemberian dia mengalahkan rasa malu gua. Ketika gua makan pemberian dia, kenikmatan gua menjadi triple rasanya. Pertama, rasa sosis ama nuggetnya ENAK BANGET. Kedua, karena yang ngasih si Sasa, rasanya jadi SANGAT ENAK BANGET. Coba kalau yang ngasih, temen cewek gua yang badannya kayak kuda nil. Nugget yang enak pun seolah jadi hambar rasanya. Dan ketiga, karena gratis, dan tentu saja rasanya jadi (jauh) lebih enak.

Saat itu, rasa suka gua yang sebelumnya sudah ada jadi semakin besar ke Sasa. Tiap nyokap dan bokap ngajak jalan-jalan, gua selalu ngrengek minta dibeliin kue ke tempatnya si Sasa.

Nyokap pun heran, gua yang biasanya cuma makan lemper, bika ambon, dan jajanan pasar kok tiba-tiba maksa ke toko kue yang mahal.

Sebenarnya harapan gua cuma satu, gua bisa berpapasan dengan Sasa ketika beli di toko kue dia. Apalagi yang gua tau tiap sore, dia suka duduk di meja kasir nemenin nyokapnya.

Kalau boleh jujur, nyokap gua sebenarnya gak terlalu suka beli kue disitu, mungkin beda selera kali ya tapi demi gua, nyokap kadang ngajak gua beli disitu. Begitu tau bakal kesana, gua langsung bersolek. Odol Kodomo rasa pisang, shampo DeDe rasa Apel, dan sabun Tawon jadi andalan gua.

Tak lupa aku memakai rompi dan dasi kupu-kupu yang bentuknya mungil. Semua gua lakuin dengan satu tujuan, agar gua nampak tampan, rapih di hadapan Sasa. Nyokap pun pasti bingung, ngeliat gua dengan dandanan kayak mau nonton sirkus gitu. Walau gua gak tahu, apakah dia tau tujuan gua sebenarnya.

Sudah dandan rapih-rapih eh si Sasanya gak nongol, kata mbak-mbak yang jaga Sasanya lagi les piano. Oh no, gua hanya bisa meratap. Udah dandan, udah pake dasi kupu-kupu eh malah gak ada orangnya. Padahal make nih dasi kupu-kupu sungguh menyiksa. Leher gua kayak kecekek tapi apa sih yang gak buat Sasa? Hihihihi.

Tapi Tuhan ternyata mendengar doa anak TK yang polos ini. Di suatu kesempatan, setelah beberapa kali mencoba gua akhirnya bisa bersua juga ama sasa. Saat itu sasa lagi duduk di meja kasir dan begitu tau orang yang gua suka ada di depan mata, gua berasa jadi salah tingkah. Entah kenapa, niat buat beli kue disitu langsung menghilang dan tergantikkan dengan rasa ingin cepat pulang. Malu banget rasanya.

Karena sudah sampai di depan tokonya, mau gak mau ya akhirnya kita masuk juga. Sambil pasang muka malu-malu gua mulai milih kue yang gua suka dan Sasa pun mulai sadar kalau bocah tengil yang lagi milih kue itu adalah temen sekelasnya. Sekilas dia berbisik ke nyokapnya, ngomongin sesuatu. Entah apa yang dia omongin saat itu, apa mungkin dia berbisik ‘Bunda, itu temen sekelas aku, anaknya kasihan, bekelnya aja cuma nasi putih ama sendok doang.’

Ketika nyokap bayar, si sasa tersenyum ke gua. Sumpah senyumnya maniiiiiiiiiiisssssssssssss banget. Kalau dia gulali, udah gua jilatin dah. Nyokapnya ngomong ke nyokap gua ‘Ini temen sekelasnya Sasa ya?’ yang gua jawab dengan sebuah anggukkan.

Karena tau gua adalah temennya Sasa, roti yang gua beli ditambahin 2 buah. Ah, sasa engkau baik sekali. Sudah senyummu manis, karenamu juga roti yang aku beli ditambahin.

Suatu hari di kelas, Guru TK gua bikin tugas membuat kartu Natal. Karena kebetulan Natal sebentar lagi datang. Kita disuruh buat kartu Natal dan kita disuruh ngirim kartu natal itu ke teman sekelas kita. Tentu, SASA adalah nama orang yang ada di pikiran gua saat itu. Dengan level anak TK, gua berusaha sebaik mungkin ngebuat sebuah kartu Natal.

Gua gambarin bunga mawa dan gua tambahin matahari yang menyinari bumi. Tak lupa gua tempelin stiker beruang, bonus dari chocky-chocky yang harganya gopean, beli di warung deket rumah.

Taukah Sasa, engkau pun bagai matahari yang menyinari hatiku?

Anj*r, lebay abis. Hahahahaha

Akhirnya hari yang ditunggu-tunggu datang juga. Gua udah siap buat ngasihin kartu Natal ini ke Sasa. Gua melirik Sasa bentar dan Yes dia pun melirik ke arah gua.

Apakah kartu natal yang kau buat itu akan diberikan kepada diriku? Hihihihi
Bu Guru pun masuk dan menyuruh anak-anak buat ngeluarin kartu Natal yang dibuat di rumah. Dengan rasa PD tingkat tinggi, gua ngeluarin tuh kartu andalan gua. Bersiap untuk memberkan kartu ini ke Sasa.

Bu Guru lalu mulai menyuruh satu per satu anak buat maju ke depan dan disuruh bawa kartu Natalnya ke depan. Temen gua yang namanya Michael jadi orang pertama yang disuruh ke depan.

Setelah dinilai ama Bu Guru lantas Bu Guru nyuruh si Michael buat ngasihin kartu Natal itu ke temen yang dituju.

Tak berapa lama kemudian, temen gua si Ir*wan dapet giliran buat maju. Entah kenapa, Bu Guru malah manggil si Sasa buat maju ke depan.

Ada apaan ini ya?

Ternyata di kartu Natal si Ir*wan asu itu ditujukkan buat si Sasa! Dan parahnya kartu Natal si Sasa itu ditujukkan juga buat si Ir*wan asu!

Di depan mata gua langsung, si Sasa ngasihin tuh kartu Natal dan Ir*wan ngasihin juga kartu natal itu. Temen-temen yang lain malah ngeplokkin dan ada yang nyanyi kenceng banget “Si Sasa suka Ir*wan! Si Sasa suka Ir*wan”

Mereka berdua di depan senyum-senyum malu, si Ir*wan mukanya keliatan bahagia karena dapet kartu Natal cantik dan cewek cantik pula.

Gua hanya bisa diam. Parahnya, gua juga ikut-ikutan nyanyi ““Si Sasa suka Ir*wan! Si Sasa suka Ir*wan” biar gua gak keliatan kalau sebenarnya gua lagi cemburu berat. Padahal hati gua terasa perih melihat orang yang gua suka malah naksir ama orang lain. Lalu,

diem-diem gua ambil penghapus, tulisan di kartu Natal: Buat Sasa, gua apus jadi Buat Bu Guru tersayang.

Ketika dapet kartu Natal dari gua, Bu Guru tampak bahagia dan kaget karena dapet kartu Natal dari muridnya dan satu-satunya yang ngasih cuma gua.

Saat itu Bu Guru, Sasa, Ir*wan, temen-temen yang lain nampak bahagia sekali karena dapat kartu Natal dari orang yang disuka.

Sedangkan gua hanya bisa diam dan melihat semuanya dari sudut pandang mata seorang anak berusia 6 tahun.

Kamis, 07 Oktober 2010

Whatever Will Be, Will Be

Gua punya banyak nama samaran.

Awalnya sih gua pake nama samaran itu biar kesannya keren, liat aja penulis-penulis beken yang rela ngubah nama atau modif namanya biar jadi keren, J.R Tolkien misalnya.

Dulu, gua punya beberapa nama samaran, mulai dari yang kampungan kayak Obet Budiman, Roberto P, Alexis Gunawan, Albeto Alexander (inspirasi dari temen gua yang namanya Albert Alexander a.k.a Ambu), Ical Kurniawan, dll. Kalau untuk perempuan gua punya nama Ingga Putri, Nerissa Da Costa, dll

Sejujurnya, saat itu gua pake nama samaran tuh biar kesannya gua gak sering nampang di majalah, koran. Pernah suatu kali gua sering ngisi rubrik di suatu koran. Hampir tiap minggu foto gua yang lagi senyum (sok) imut nampang. Dan reaksinya, ketika gua mau beli majalah, ada orang yang tidak dikenal nyapa dan bilang ‘kok kamu ada terus si di tabloid x?’

Kalau cuma sekali tak apa-apa tapi masalahnya gua sering ngalamin hal ini dan yang (sialnya) yang nyapa dan nanya gua tuh kebanyakan tukang parkir atau tukang jajanan kayak cendol, siomay yang kebetulan mangkal di deket lapak majalah dan Koran yang biasa gua beli

Mending kalau yang nanya mahasiswi cantik…. Lah ini? Tukang rujak caper yang penasaran.

Ok, sejak itu gua lebih suka memakai nama samara dan foto orang lain. Toh yang terpenting honornya tetep masuk ke dalam kantong gua.

Salah satu nama andalan yang selalu gua pake adalah Andrew Marco. Gua lupa gimana ceritanya bisa dapet nih nama, tapi jujur gua suka banget pake nama ini. Gua ngebayang aja reaksi orang yang baca. Pasti dalam pikirannya Andrew Marco itu adalah seorang bule atau paling gak berdarah campuran Indonesia-Bule. Secara namanya Andrew Marco gitu loh.

Belum tau aja kalau ketemu aslinya, hahahaha….

Kadang, kalau gua lagi iseng, gua sering ngecek email ats nama si Andrew Marco ini dan banyak yang ingin ngajak kenalan atau (pura-pura) minta diajarin bikin cerpen. Jelas, gak ada yang gua respon satu pun karena gak pernah ada orang yang namanya Andrew Marco yang ada hanyalah Stefanus Sani.

Uhuk….

Setelah era Andrew Marco berakhir, gua berniat ‘mempensiunkan’ nama itu dan gua sekarang lebih banyak make nama Sunny Gunawan. Sunny itu jelas Sani. Tapi gua sengaja nulis dengan lafal Sunny biar kesannya gua itu loh yang selama ini dicari ama si Bunga Citra Lestari.

Uhuk, keren banget deh….

Kalau Gunawan itu jelas nama panjang bokap gua. Biar kesannya menghormati keluarga bokap. Jadi dalam beberapa bulan ini, semua hasil coret-coret gua selalu bernama Sunny Gunawan. Responnya lumayan baik karena dengan nama ini, beberapa kali hasil tulis-tulis gua sering dimuat.

Permasalahan mulai muncul ketika di suatu majalah yang kebetulan memuat nama si Sunny Gunawan, majalah itu mencantumkan nomor ponsel gua. Biasanya nomor ponsel gua gak pernah dimuat atau minimal 3 digit terakhirnya ditandain xxx. Entah karena lupa atau sengaja, mereka malah nyantumin nomor gua.

Sms-sms aneh pun dan miscall-miscall mulai berdatangan. “Selamat anda mendapatkan Televisi 20inc dari majalah x karena cerpen anda dimuat!”, “Eh, ke kost aku dong. Temenin aku lagi sendirian nih di kamar kost” atau “Anda mengalami masalah sexual? Coba Pil Biru dari ramuan herbal yang membuat stamina anda kembali mentereng!” itu adalah beberapa contoh sms yang mampir ke hape gua. Ada juga sms yang isinya (sumpah) susah banget gua pahami, “Hi…K3n4l1n d0nG! n4M4kU L!A Cy4k3up”

Astaga, ternyata ada yang mengira gua mengalami masalah sexual. Tiap sms yang masuk, gua baca bentar. Yang gak berguna (terutama soal masalah sexual itu) selalu gua hapus.

Gila aja kalau tiba-tiba nyokap gua baca itu sms, bisa-bisa gua diusir dari rumah gara-gara dikira mesen barang laknat kayak gituan.

Tapi ada satu sms yang lumayan mencuri perhatian karna isi sms nya girlie abis. Kalau dilihat dari smsnya yang gua rasa ini adalah seorang cewek yang terpelajar dan (ehemmmm) cantik pastinya…

Inti sms dia adalah mau ngucapin selamat karena cerpen gua udah dimuat. Terus dia minta alamat e-mail gua karena dia mau ngirimin beberapa cerpen buatan dia.

Tentu saja gak masalah, toh saling berbagi itu baik. Siapa tau gua bisa dapet nuansa/paradigma baru gara-gara baca cerpen dia. Setelah dia kirim. Gua akuin cerpen-nya punya kelas tersendiri. Bagus dan menarik dan kalau boleh gua jujur yang buatan gua kalah kelas dibanding buatan dia.

Gua bales sms dia dan puji cerpen dia. Dan entah kenapa sejak detik itu hingga hari-hari esok kita jadi sering sms-an.

Tapi?

Sejak tragedy Gay alias serangan W*dy yang ngira gua gay tulen dan W*dy yang gua kira cewek tulen malah seorang wadam (baca postingan yang judulnya GAY ATTACK), gua jadi jauh lebih berhati-hati. Gua pastiin dulu dia cewek apa cowok. Walau namanya cewek abis, gua gak mau terjebak lagi. Gua pinjem hape temen gua dan nyoba nelpon dia, dan suaranya (emang) cewek abis. Begitu denger suaranya yang emang cewek, gua matiin. Cukup buat ‘membunuh’ rasa ketakutan kalau dia adalah seorang cowok gay.

Biar lebih pasti lagi gua minta alamat FB-nya dan foto dia di FB memang seorang cewek tulen dengan gaya ABG masak kini, bibir dimanyun –manyunin sambil telunjuk ditempel ke bibir.

Dia minta alamat FB gua dan sengaja gak gua kasih, alasannya passwordnya lupa. Biar kesannya misterius dan ngangenin (?), hahahaha.

Di sms dia selalu curhat dan dia menganggap gua sebagai teman curhat. Sebenernya gua berasa tanggung karena rada janggal seorang cewek bercerita soal hidup dan kisah asmaranya dan hidup keluarganya ke seorang cowok.

But, whatever will be, will be.

Akhirnya datang juga hari dimana dia ngajak ketemuan. Kebetulan dia ada acara di Bandung (dia anak Jakarta) dan ngajak gua ketemuan di suatu mall.

Hei bro, gua bakal ketemuan ama seorang cewek temen sms gua! Ok, gua bersiap-siap diri. Yang biasanya gua gak pake minyak wangi, untuk kali ini sengaja gua pake. Sebenarnya itu minyak wangi punya nyokap gua. Toh siapa sih yang tau kalau gua pake minyak wangi punya nyokap? Hihihihi

Kata-kata cantik dan mutiara sudah gua persiapkan kalau mau mengobrol ama dia, misalnya: “Boleh aku minta foto kamu? Aku ingin menunjukkan pada Santa Claus apa yang aku inginkan di Natal tahun ini.” atau kalau misalnya hari sudah malam dan gak ada bintang di langit, gua bakal ngomong “Eh, coba lihat bintang ke atas deh, gelap ya, bintangnya hilang, eh salah maksudnya lagi duduk di sebelah aku nih sekarang.

Anj*r, gombal abis.

Tapi?

Kalau misalnya dia gak sesuai kriteria (dan foto di FB-nya menipu hasil editan photoshop), cara-cara lama bakal keluar. Pertama, ngebokis bilang kalau nyokap sms ngabarin kalau nyokap gua air ketubannya pecah pertanda udah mau lahiran jadi gua harus buru-buru ke rumah sakit.

Kalau ternyata dia seorang laki-laki dan (lagi-lagi) GAY gua bakal tusuk tuh orang. Untuk jaga-jaga gua sengaja bawa tusuk sate untuk jaga-jaga kalau dia ngapa-ngapain. Hahahaha

Ok, it’s show time. Gua sekarang sedang berada di sebuah mall dan duduk di deket lift. Tangan kiri gua megang sebuah buku Pramoedya Ananta Toer yang rencananya mau gua tamatin hari itu dan tangan kanan gua megang ponsel untuk berjaga-jaga kalau dia sms.

Sambil nunggu, gua selesein baca buku si Pramoedya Ananta Toer itu dan gak lama dia sms ‘Sunny, gua udah sampai di toko buku x, gua pake baju hijau ya. Sorry telat tadi jalanan macet.’

Sebelum dateng ke toko buku yang dimaksud, gua sekali lagi mengecek penampilan. Rambut oke (bebas ketombe), baju oke (bau molto), kaus kaki oke (baru ganti), sepatu oke (sepatu baru), wangi oke (secara pake parfum nyokap), seleting celana oke (udah gua tutup rapet kalau perlu gua pakein peniti biar gak turun), duit oke (karena baru dapet honor), dan muka (JELAS) oke (karena tampan), wkwkwkwkw

Gua melangkah dengan ayunan kaki yang tidak terlalu tergesa-gesa. Mata gua fokus ke depan tetapi pikiran gua sedang menerawang, apa yang mau kita omongin nanti. Di tas, gua sengaja bawa cerpen-cerpen karya gua yang belum selesai. Siapa tahu ntar kita bisa sharing bareng.

Di kejauhan gua melihat sesosok wanita ayu dengan kaos hijau sedang berdiri di stand buku bagian psikologi (salah satu stand buku yang gak pernah gua kunjungin, karena gua lebih sering berada di stand komik Kobo Chan). Waduh, jujur sekilas gua jadi keder sendiri. Itu loh bacaannya yang berkualitas tinggi dan yang bikin gua sumringah mukanya sama dengan muka yang gua liat di fotonya di FB.

Dengan gaya yang (dibuat) santai, gua nepok pundak si cewek dan nyapa dia “Hei, udah lama ya nunggunya”. Sedikit dibuat slow motion ama gua biar mata dia dan mata gua saling bertatap-tatapan. Hihihihi

“Siapa ya?” tanya dia heran

“Hm, ini gua Sunny” jawab gua sambil pasang muka cool.

Ketika mendengar nama itu, SUMPAH dia langsung pasang muka merengut. Dia ngeliatin gua dari atas ampe bawah dan mukanya itu masang kadar 10000000% heran.

Gara-gara diliatin gua jadi salting juga. Apak seleting celana gua kebuka terus dia jadi kayak gitu. Apa muka gua sejelek siluman babi ampe dia merengut gitu?
Keadaan jadi hening sebentar, dan

“Jadi Sunny tuh Laki-Laki ya?”

JEGEEEERRRR, Gunung Merapi pun tiba-tiba meletus, gempa bumi terjadi dimana-dimana, dan bayi meraung dimana-mana. Jadi selama ini dia ngira gua itu PEREMPUAN? Oh My GOD, jujur saat itu gua lebih milih kecebur di dalem sumur dibanding harus ngalamin hal ini. Jadi selama ini dia berasumsi kalau dia smsan ama seorang cewek dan gua pun berasumsi kalau dia itu tahu kalau gua adalah cowok

“Iya, emang kenapa?” jawab gua sambil pasang muka heran.

“Sorry Sun, selama ini gua ngira lu perempuan. Sorry banget ya, sorry. Sorry juga gua udah curhat gak penting ama lu” jawab dia sambil salah tingkah

“Oh, iya gak apa-apa. Santai aja” kata gua (sok) bijak padahal hati ini udah terluka dikira wanita.

10 menit basa basi akhirnya dia pamit pulang. Alasannya dia gak bisa keluar lama-lama soalnya bokapnya udah nungguin. Jelas itu sebuah retorika belaka, alasan. Gua mencoba untuk bersikap santai, lunak, dan cool. Salah gua juga sebenarnya karena nama Sunny itu kebanyakan yang make adalah wanita. Mungkin dia itu butuh temen wanita buat curhat dan saat itu dia seolah tanpa beban bercerita apapun ke gua lewat sms.

15 menit dari kejadian itu, gua duduk di dekat tangga tempat keluar mall. Tangan kanan gua megang sebuah ice cream dan tangan kiri gua megang satu bungkus ciki Taro. Sambil ngejilatin ice cream, gua ngeliat ke langit. Saat itu langit, dipenuhi banyak bintang dan mungkin gombalan gua soal bintang itu gak mungkin berlaku karena saat itu langit sedang dipenuhi oleh bintang.

Langit dan bintang pun pun seolah sudah bersengkokol buat ngasih tau gua kalau ini adalah sebuah kekeliruan besar, dan yang ada di pikiran gua saat itu adalah
kembali menggunakan nama Stefanus Sani dan buang itu nama Sunny Gunawan jauh-jauh.