Selasa, 30 Agustus 2016

Sabtu Bersama Gay

Setelah hampir 2 bulan tidak menginjakkan kaki ke Jakarta, hari Sabtu kemarin gue kembali lagi ke Jakarta. Gue ke Jakarta dalam rangka menyelesaikan beberapa urusan yang belum kelar terutama gua harus dateng ke Kantor Kompas Gramedia Majalah di Palmerah buat ambil sertifikat yang kelak akan berguna jika gua pake buat bekerja.

Gue berangkat Pagi dari Bandung dan pengennya sih hari itu semua  urusan bisa selesai biar gua gak usah bolak balik gitu. Irit ongkos, xixixixi.

Setelah menyelesaikan beberapa urusan awal terutama ambil beberapa barang gua yang ketinggalan, sekitar jam 5 sore, gua sampai juga di destini terakhir di Kantor Kompas Gramedia. Seperti yang gua bilang tadi, tujuan gue kesini adalah buat ambil sertifikat.



Setelah ambil sertifikat, gua mau langsung cus pulang karena semua urusan sudah terselesaikan tetapi gara-gara ketemu Sem Bagaskara, wartawan BOLA yang baru pulang dari liputan Euro 2016 di France, semua rencana jadi buyar.

With Sem
Gara-gara keasyikan ngobrol, gua baru keluar dari Kantor BOLA jam setengah 9 Malam dan sampai di Travel, kata petugas jaganya Travel sudah berangkat dan itu adalah keberangkatan terakhir.

Ah, gua bengong. Kalau gak dapet Travel pulang nanti gua tidurnya gimana dong? Sebenernya sih bisa aja gua ngehubungin beberapa temen atau saudara gua yang emang tinggal di Jakarta, numpang nginep 1 Malam dan gua yakin bakalan dikasih izin.

Tapi gua sedikit ngerasa gak enak, gak kasih kabar apa-apa tiba nelpon minta tolong nginep. Dibanding nyusahin orang, mendingan gua nyubuh di Restoran Fast Food yang buka 24 jam. Apalagi gua bawa laptop jadi bisalah numpang Wi-Fi buat donlod film atau nulis disana.

3 jam sudah gua duduk sebuah restoran fast food di bilangan Sarinah, Jakarta. Jam baru menunjukkan jam 12 Malam dan gue harus bertahan buat begadang sampai jam 5 subuh buat pulang. Mata gua sudah nyaris nutup karena pada dasarnya gue emang gak bisa begadang dan paling malam jam 11 Malam gua sudah cuci kaki, sikat gigi, dan terlelap.

Buat membunuh rasa kantuk, gua mesen secangkir topi tapi tetep gak mempan karena beneran deh ngantuk banget. Pengen banget selonjorin kaki terus tidur tapi resikonya adalah gua diusir satpam. Kekekekek

Sekitar jam 12an, suasanan restoran masih ramai. Tapi ada yang aneh, kenapa di lantai 2 ini banyak banget cowok melambai gitu. Gayanya sih keren, macho, dan gua akuin cakep-cakep gitu. Tapi anehnya gini, kenapa setiap ada satu temen mereka yang baru datang mereka pasti cipika cipiki.

Kalau cewek ketemu cewek terus cipika cipiki itu biasa tapi menjadi aneh adalah ketika cowok ketemu cowok terus cipika cipiki itu aneh banget. Apa mungkin itu hal yang biasa gitu ya di pergaulan Jakarta, cowok ketemu cowok terus cipika cipiki.

Gua jadi berpikiran kalau ketemu temen gua yang cowok, gua bakalan cipika cipiki sama dia. Pengen tau aja gitu reaksinya.

Karena ada yang aneh, gue iseng search di Google dan ketik 'Tempat Kumpul Gay di Jakarta' dan wallahu a'lam ketika muncul di urutan nomor satu adalah tempat gue duduk sekarang di restoran Fast Food ini. Dan lebih luar biasanya lagi ditulis kalau puncak pertemuan mereka adalah setiap akhir pekan yang berarti hari ini dong, hari ini dimana gua begadang nungguin travel.

Keringat dingin mulai menetes dari kepala gua, gue perhatiin sekeliling ini kok cowok ama cowok semua. Ada satu orang yang menurut gua macho tapi ketika dia lagi nelpon dan kebetulan gua denger, sifat machonya itu 100% luntur. Dia manyun-manyunin mulutnya terus ngomong gini "Aku kan udah nungguin kamu daritadi kok kamu gak jadi dateng?"

Luar biasa melambai

Gua mencoba untuk tenang, yang gua takutkan cuma satu. Gua takut ada Gay yang ngira gua itu Gay kesepian terus dia ambil duduk di depan gua dan ngajak ngobrol. Kalau itu beneran kejadian, gua gak tau deh harus ngapain.

Tapi seolah ada oase di ladang yang tandus, gue perhatiin ada satu cewek cakep + sexy yang lagi duduk di ujung. Dia sama kayak gua lagi mainin laptop dan gua bilang ini seolah oase buat gue.

Bukannya Geer atau gimana gitu tapi gue ngerasa dia sedikit merhatiin gua. Gua yang biasa diperhatiin ama tukang rujak bebek biar dibeli dagangannya rada gimana gitu diperhatiin ama yang cakep. Gua ngerasa bener diperhatiin hingga pada suatu moment, kita sempat berpadangan mata kayak di film gitu.

Gue mencoba cool (padahal hati sudah salah tingkah) dan pelan-pelan gua coba perhatiin lebih detik lagi si cewek cantik. Dia pake dress dan rambutnya panjang TAPI KOK ADA YANG ANEH YA?

KENAPA ADA BENJOLAN DI LEHERNYA?

Buat lebih mastiin gue curi-curi pandang lagi dan TERNYATA ADA JAKUN DI LEHERNYA. YANG PUNYA JAKUN KAN CUMA LAKI DOANG KALAU CEWEK PUNYA JAKUN?

Itu artinya dia Waria. Syetaannnn, sekalinya diperhatiin ama cewek dapetnya malah cewek berbatang. Mana dia udah kedip-kedip mata lagi ke gue tadi.

Suasana semakin mencekam karena makin lama bukannya sepi tapi malah makin ramai dengan Gay. Puncak yang bikin gue memutuskan buat cepet-cepet ninggalin tempat ini adalah ketika gua ke Toilet sekitar jam 3 subuh.

Hmmmmm
Pas gua lagi kencing di urinoir ada seorang cowok yang juga masuk ke WC dan kencing berdiri di urinoir. Gak berapa lama, dia bergunam gini "Ih lucu" sambil mendesah gitu.

"Ih lucu"? Gue bingung, perasaan gak ada sesuatu hal di WC yang bisa bikin ketawa deh. Gue lirik bentar dan DEMI APA MATANYA LAGI NGINTIP KE LUBANG URINOIR GUA. Syettttannnn, menang banyak dia ngintipin gua.

Yang gua bingung, kenapa dia harus ngomong "Ih lucu", kan bisa ngomong gini "Wow, awesome sekali". Kenapa harus "Ih lucu"?

Gua percepat kencing gua padahal belum tuntas, gak apa-apa deh nahan dikit yang penting gua harus cepet-cepet ninggalin ini Restoran. Gua masukkin laptop ke tas dan bergegas meninggalkan tempat ini.

Dibanding horror gini mendingan gua nungguin di halte bussway aja deh ampe jam 5 Pagi. Saat bergegas meninggalkan restoran Fast Food ini, salah satu karyawan bisikkin gua ngomong kalau tiap Malam emang Resto tepatnya di Lantai 2 emang jadi tempat ngumpul mereka.

Gue senyum-senyum aja dan berlalu meninggalkan restoran fast food ini menuju halte bussway. Saat lagi berjalan ke Halte dari lantai 2 seseorang 'cewek' teriak manggil gua sambil kasih kiss bye.

Oh, ok......

Rabu, 10 Agustus 2016

Lapang Dada

Saat gue menulis postingan ini, kalau gue gak salah hitung ya, bulan ini bertepatan dengan 1 tahun gue pindah rumah (baca postingan gue yang judulnya Move On).

Selama 1 tahun gue pindah rumah, ya Puji Tuhan gak ada halangan berarti. Rumah baru gue biar lebih kecil tapi nyaman buat ditempatin. Dan satu yang gue suka adalah di rumah gue yang sekarang, gue punya ruang kerja pribadi yang bikin gue makin semangat kerja. Asyik....

Ada temen gue yang beneran sok tau pas gue pindahan. Tiba-tiba dia ngeramalin kalau rumah baru gue gak akan bawa keberuntungan buat gue terus dia ngebacot kalau gue bakalan susah rejeki, dll. Gue sempet takut juga denger omongan temen gue karena gue pernah denger cerita kalau rumah baru terkadang gak bawa keberuntungan buat penghuni barunya. Tapi ketakutan ini gue mentahkan dan gue percaya semua akan berjalan dengan lancar seperti biasa.

Buat yang belum tau, jarak rumah baru ama rumah lama gue sebenernya gak jauh-jauh amat malah deket banget. Jaraknya cuma selisih 2 rumah dan agak sedikit berhadapan. Dari rumah gua yang sekarang masih bisa noong ke rumah gue yang lama, begitu juga sebaliknya. Gua kadang jadi mikir, jangan-jangan dulu waktu gua lagi aneh-aneh, gua suka diintipin sama penghuni lama rumah gua yang baru ini? Hiwwww.....

Tapi meskipun sudah 1 tahun gue pindah, gue masih suka sesekali nengokkin rumah gua yang lama. Padahal rumah yang lama sudah kosong melompong hanya menyisakan sofa karena semua barang sudah dipindah dan beberapa barang sudah diwariskan ke tetangga gue.

Berhubung gue susah move on, jadilah gue masih suka sesekali mampir. Mampir pun cuma naik ke atas kamar gue yang kosong. Disana biasanya gue duduk sambil nyender tembok, mengingat moment yang pernah terjadi di rumah ini.

Ah, terdengar melankolis sekali meskipun kata Bokap dan Nyokap itu adalah kegiatan yang benar-benar kurang kerjaan dan tidak berguna. Kekekekek

Gue biasa menghabiskan waktu sekitar 20 menitan di rumah gue yang lama dan setelah puas gua bakalan beranjak pergi untuk meneruskan kegiatan gue.

Tapi semuanya berubah sejak gue mengalami 1 kejadian yang benar-benar meyakinkan gua untuk tidak kembali ke rumah itu. Di suatu hari (mungkin sekitar 2 bulan lalu), seperti biasa gua hendak berkunjung ke rumah lama gua.

Gue rencananya mau nulis disana sambil tiduran di sofa lama gua yang memang masih ada disana. Gue memang bisa keluar masuk karena gue emang megang kunci rumah itu jadi kapanpun gua mau, gua bisa masuk kesana.

Jalan sedikit, gue buka pintu gerbang dan masuk pintu rumah. Dan saat gue buka pintu ada kejadian yang bener-bener bikin gue shock. Gue liat ada Bapak-Bapak lagi buka celana karena kehujanan (saat itu emang lagi hujan), gue bengong bentar nanya ini Bapak siapa. Apa dia mau mesum di Rumah lama gue atau ada apa ini?

Suasanan terasa begitu awkward karena satu yang heran kenapa dia bisa masuk kesini dan dia pun pasti heran kenapa gue megang kunci dan bisa masuk kesitu.

Gue inget kalau Bokap gue pernah cerita kalau Rumah gue yang lama bakalan ditempati oleh orang baru, apa jangan-jangan si Om yang gak pake celana itu adalah orang baru yang dimaksud Bokap gue.

Gue akting pura-pura cool sambil nanya gini "Pak, Maaf ini saya penghuni lama Rumah ini. Kebetulan saya lagi nunggu paket dari Jakarta, apa Bapak nerima Paket saya gak ya?" 

Si Bapak tanpa celana tersebut sambil pasang muka bengong ngomong kalau dia baru nyampe ke Rumah gue itu dan gak nerima Paket apapun. Konyolnya dia ngomong gitu dengan posisi dia belum pake celana, OH MADAFAKA. Kenapa giliran ada Live pornografi di depan mata malah dapetnya Bapak-Bapak tidak bercelana.

Setelah dia ngomong gitu, gua pamit dan berjalan cepat ke rumah gue yang lama. Gue kemudian masuk ke kamar dan mulai memandangi rumah gue yang lama dari jendela kamar gua. Gue duduk termenung, entah mengapa ada perasaan sedih dan sedikit tidak terima ketika tahu jika tempat kenangan gue bakalan ditempati ama orang.

Mungkin rasa ini sama kayak perasaan tidak terima kita ketika mantan kita jadian ama orang lain. Mungkin...

Setelah lama duduk dan merenung, gue memutuskan buat keluar bersepeda, cari angin. Sudah lama gue gak bersepeda apalagi sejak sibuk ngurus Clobberin Store. Waktu kebanyakkan habis buat ngurus produksi dan ketemu buyer.

Awalnya gue rencana cuma mau muter-muter doang tapi entah kenapa gua jadi kepikiran buat bersepeda sampai ke Puncak Bintang. Puncak Bintang adalah salah satu tempat wisata yang lagi beken di Bandung, letaknya cukup dekat Rumah gua. Kalau kalian pernah ke Bukit Moko Bandung pasti tahu Puncak Bintang.

1 tahun lalu, gue pernah mencapai Puncak Bintang dengan bersepeda. Rasanya? Campur-campur. Ada perasaan puas, senang tapi diiringi dengan sakit di pinggang dan selangkangan gue hampir mati rasanya. Huffftttt. Saat pulang sih gampang karena jalanan turun tapi giliran naik itu yang menggila karena nanjak bener.

Gue gak tau deh kalau sekarang masih kuat atau gak bersepeda kesana. Apalagi belakangan ini gua semakin jarang bersepeda gara-gara ngurusin usaha.

Di tengah perasaan kecewa karena rumah lama gua yang sudah ditempati orang itu, gua mulai mengayuh sepeda. Di telinga gue menempel Headshet iPod buat menemani gua di perjalanan ini. Setengah perjalanan berhasil gua lewati karena track-nya emang datar dan cobaan baru datang ketika sudah melewati Caringin Tilu (Cartil) karena jalanan sudah mulai nanjak.

Gua menghela nafas panjang dan mulai mengayuh sepeda. Awalnya gua masih kuat tapi di tengah perjalanan kaki dan pinggang + nafas gua sudah mulai habis. Gue bukan perokok atau peminum alkohol dan selalu tidur cukup tapi ternyata hal itu gak membuat rute menanjak ini menjadi mudah.

Ini rasanya seperti saat gua menjalani proses move on. Berat dan sulit rasanya, untuk benar-benar bisa move on banyak hal yang harus dilewati. Entah itu ada perasaan kecewa, sakit hati, tidak terima or whatever tapi gimana caranya kamu harus tetap bisa melanjutkan hidup kamu sambil membawa semua perasaan tidak enak itu. Berat? Pastinya. Gua jadi ngerti kenapa banyak orang yang bertindak nekad setelah mengalami putus cinta. Gimana sih rasanya ketika hati dan perasaan kamu sedang sedih terus kamu merasa kecewa berat tapi kamu gak bisa menyalurkan emosi kamu itu ke arah yang benar?

1 jam lamanya gua mengayuh akhirnya gua sampai juga di Bukit Moko. Suasana sedang sepi dan hanya ada segelintir orang yang sedang foto-foto disini. Tempatnya belum banyak berubah sejak terakhir gua datang kesini, bedanya mungkin sekarang cuma lebih banyak penjual makanan.

Gua parkir sepeda dan mulai berjalan setapak demi setapak buat mencapai Puncak Bintang. Udaranya lumayan dingin dan cukup membuat gua kedinginan. 15 menit kemudian gua sampai juga di Puncak Bintang dan dari Puncak ini kita bisa lihat kota Bandung dari ketinggian.





Gua rogoh saku dan gua emang sengaja bawa kunci rumah gua yang lama.  Gua pandangi bentar dan gua lempar jauh-jauh kunci itu. Gua berjanji gak akan pernah kembali ke rumah lama itu dan gak bakalan sedih lagi karena rumah kenangan gua itu sudah diisi ama orang.

Setelah gua buang kunci itu, gue memutuskan buat pulang karena suasana sudah mulai gelap. Seperti yang gua bilang tadi, perjalanan pulang jauh lebih menyenangkan ketimbang perjalanan berangkat karena praktis gua gak perlu mengayuh sepeda karena jalanan turun.

Ini rasanya seperti kamu berhasil move on dari mantan pacar. Awalnya berat dan sulit (persis ketika gua sedang menanjak tadi) tapi akan menjadi mudah setelah kamu berhasil melewati proses itu (seperti perjalanan pulang gua).

Lagu di iPod gua kini sedang memainkan lagu 'Lapang Dada' dari Sheila On 7

"Kau harus bisa bisa berlapang dada
Kau harus bisa bisa ambil hikmahnya
Karena semua semua tak lagi sama
Walau kau tahu dia pun merasakannya"


Sesampainya di Rumah, perasaan gua belum sepenuhnya lega. Masih ada rasa kekecewaan tentang rumah lama gua dan entah kenapa gua jadi teringat lagi masa lalu yang bikin gua jadi sedikit drop.

Gue naik ke lantai 2 dan masuk ke kamar gua. Gue berbaring dengan perasaan yang kalut. HP sengaja gue cuekkin padahal dari tadi banyak yang chat nanyain orderan, dll.

Gak lama kemudian, Bokap naik ke lantai atas. Dia sepertinya mau nyalain lampu sembari tutup jendela lantai atas dan dia sepertinya tahu kalau gua lagi sedikit 'drop'. Dia buka kamar gua dan liat gua lagi tiduran sambil menutup muka dengan bantal. Perasaan gua saat itu jujur masih sedikit kecewa dan seolah semuanya bercampur jadi satu.

Bokap gua kemudian ngomong gini ke gua "Lapang Dada" sambil nyalain lampu kamar dan setelah dia ngomong gitu dia beranjak pergi dan turun ke bawah.

Gue cuma diem sambil memandangin punggung Bokap gua, waktu seolah berhenti sesaat dan ada keheningan yang tercipta sekaligus kelegaan yang datang di hati.

Satu masalah akan selesai asal kamu mau lapang dada dan percaya semua akan baik-baik saja...

Rabu, 03 Agustus 2016

Sekedar Menyapa

Hello, rasanya sudah lama sekali tidak menyapa kalian para pembaca, huehuehue. Jadi gini, belakangan ini kesibukkan gua lagi lumayan bertambah. Capek jelas tapi kalau liat hasilnya ya puji syukur ke Tuhan Yesus.

Selain masih sibuk ngurusin Clobberin Store dan terlibat di Project Novel Lupus Reborn + nulis di VIVA.co.id, gue kemaren direkomendasikan buat jadi scriptwriter untuk acara Natal gabungan seluruh Gereja Sidang Pantekosta Di Indonesia (GSPDI) di Jawa Barat. Kebetulan saat Natal tahun kemaren, gua yang bikin naskah buat pementasan drama di Gereja gue dan (katanya) banyak yang suka padahal gue sendiri gak dateng pas acara Natal karena lagi ada di Jakarta.


Begitu gue ngedenger kalau gue direkomendasikan ke Pusat buat nulis script yang ada di pikiran gua adalah gue harus bikin naskah yang asli keren dengan ending yang penuh twist seperti film Mulholand Drive atau film Memento. Gimana kalau gua bikin drama thriller tentang kasus penculikkan di Gereja dan ternyata pelaku penculikkan adalah orang yang selama ini tidak kita sadari. Keren gak?

Tapi berhubung gua yakin ide gue itu bakalan ditolak mentah-mentah, gue kepikiran bikin yang simple tapi kaya akan makna. Temanya sih katanya tentang 'leadership' (kepemimpinan). Kalau misalnya gue bikin cerita tentang diri gue sendiri yang dicintai oleh rakyatnya karena kepemimpinan gue yang mumpuni menurut kalian gimana? Terus berhubung pemaennya banyak yang cakep-cakep, mereka bakalan gue jadiin selir atau pendamping gue di drama terus cowok yang gue anggep nyebelin gue kasih peran pesuruh.

Waktu gue SMA ada temen gue yang katanya artis sinetron. Jadi, dalam 1 Minggu dia pasti ijin sekolah selama 3 harian dan kalau ditanya alasannya kenapa dia bilang harus syuting. Waktu dia ngomong gitu, gue ngerasa bangga bener. Bangga punya temen artis yang maen sinetron (katanya sih rating sinetronnya lumayan bagus). Saking penasarannya, gue relain nungguin Sinetron dia yang tayang jam 10 Malam di channel ikan terbang.

Gue duduk manis dan mulai promosi ke kakak dan Nyokap. Bilang kalau temen sekelas gue maen sinetron bareng si Roger Danuarta. Sinetron pun dimulai dan jalan hampir 20 menit, temen gue itu belum juga nongol-nongol.

"De, yakin gak lu dia main di sinetron ini?" tanya Kakak gue yang mulai rada sangsi.

"Iya bener, yakin gua"

Gak lama setelah gua ngomong gitu, akhirnya yang ditunggu-tunggu dateng juga. Jadi ada satu adegan si bos gangster mau ngegebukkin si Roger Danuarta. Si bos gangster datang ke bar bareng 3 anak buahnya dan salah satu anak buahnya itu temen gua yang dicap artis itu.

"Ayo kita serang mereka" kata si Bos Gangster

"Ok Bos" kata temen gue sambil ngangguk-ngangguk

Dan ironisnya dalam 1 jam tayangan sinetron itu, temen gue cuma nongol sekali dan cuma kebagian ngomong "Ok Bos" doang. Ya Alloh -_-

Belajar dari temen gua ini, kelak kalau gua jadi bikin script buat naskah drama itu, orang-orang yang gua anggap nyebelin bakalan gue kasih peran pesuruh kayak temen SMA gua itu. Gue kasih 1-2 kalimat semisal "Tuhan, ampuni dosa-dosaku" atau "Tuhan, aku adalah manusia penuh laknat, mohon pengampunan-MU akan dosa-dosaku". Sempurna bukan?

*Niat Busuk*, huehue...

Btw, jangan dianggap serius ya omongan gue tadi karena gue cuma bercanda doang. Satu yang pasti gua gak bakalan mau tampil dan buat yang sudah kenal ama gue pasti tahu banget kalau gue bukan orang yang suka tampil di depan umum dan lebih suka ngumpet di balik layar.

Selain menulis, gue sekarang masih sibuk dengan Clobberin Store. Omzet Clobberin Store belakangan ini lagi meningkat tajam sejak gue mulai aktif nulis di WWE Indonesia.




WWE Indonesia adalah salah satu fanpage WWE terbesar di Indonesia (dengan jumlah member yang mencapai 18.000). Salah satu pendiri fanpage WWE Indonesia, nawarin gue buat jadi salah satu admin disana (tanpa dibayar) karena dia ngeliat gue sering nulis tentang WWE (di akun Clobberin Store). Gue mengiyakan tawaran tersebut dan gue juga minta ijin buat ngiklan disana. Dia OK dan sejak 1 bulan kemarin gue sudah aktif menulis di WWE Indonesia. Gue biasanya bikin artikel panjang tentang cerita-cerita undercover di WWE yang jarang dibahas dan ternyata banyak banget yang suka bahkan sampai banyak yang PM ke gue minta gue lebih sering nulis. Gue sebenarnya membatasi dalam 1 Minggu bakalan nulis 2 artikel saja karena gue juga punya kerjaan lain tapi berhubung banyak yang suka, gue bakalan bikin 4 artikel setiap Minggunya tapi itu pun hanya bisa Malam karena Pagi dan Siangnya gue sibuk di jalan.

Sejak gua jadi Admin disana, orderan makin melesat. Biasanya sebulan gua bisa ngejual 200 pcs tees dan sejak jadi admin melesat bisa 300 pcs dalam sebulan. Paling keren waktu lebaran kemaren, orderan banyak bener sampai-sampai gue yang niatnya Off dulu malah jadi On terus. Puji Tuhan...

Salah satu temen gue yang juga punya usaha (dia bisnis sepatu) pernah ngomong ke gue kalau pentingnya promosi dalam mejalankan sebuah usaha. Gue setuju tapi sayangnya menurut gua, dia itu terlalu over dalam berpromosi. Hampir semua Media Promosi dia pake (dan tentunya harus pake modal yang gak sedikit) dan sayangnya itu kurang efektif. Ketika terakhir gue ngobrol ama dia, dia cerita kalau dia sudah habisin uang puluhan juta buat promosi tetapi penjualan belum sesuai seperti yang diharapkan.

Bukannya gue menggurui karena gue juga masih belajar, orang terkadang terlalu jor-joran dalam berpromosi. Promosi boleh tetapi kalau tidak kena target sungguh amat sangat disayangkan sekali ya. Cara paling efektif untuk berpromosi adalah merangkul komunitas untuk membidik pangsa pasar yang tepat. Jujur aja, gue belum pernah mengeluarkan uang sepeser pun buat mempromosikan Clobberin Store tetapi penjualan tetap stabil karena banyak cara efektif untuk mempromosikan usaha tanpa keluar biaya (kapan-kapan gue tulis disini).

Jangan lupa juga memulai usaha buat kalian yang masih muda. Dibanding kamu ngabisin uang buat jalan-jalan or hura-hura mending uang kamu bisa dipakai buat memulai usaha kecil-kecilan. Segala sesuatu yang besar selalu dimulai dari kecil jadi jangan pernah berhenti buat mencoba.

May the force be with you :)