Jumat, 12 September 2014

Balada Dewa Mabuk

Gue adalah orang yang (sangat) menjauhi minuman berakhohol, rokok, dan kehidupan malam.

Bukan berarti gue itu sok suci, sok bersih, atau sok-sokan yang lain. Tapi itu semua karena doktrin yang luar biasa dari Nyokap gue sejak gue masih kecil.

Doktrin yang luar biasa itu cukuplah membuat gue berpikir ribuan kali buat melakukan hal-hal itu. Bahkan disaat gue sudah dewasa dan bebas mau ngapain aja, doktrin itu tetap menempel di otak gue.

Kalau gue sih gak pernah ngelarang temen gue buat ngelakuin hal-hal itu karena itu hak mereka tapi kalau gue ditawarin ya gue pasti menolak.

Dibanding keluyuran malam-malam, gue lebih milih baca komik atau bobo cantik berselimut tebal.

Tapi bener sih apa yang diomongin oleh Kakak gue, semakin kita dewasa dan makin banyak relasi, godaan itu akan terus datang. Apalagi kalau sudah menyangkut pekerjaan atau bisnis wah beer atau minumal berakhohol seolah sudah menjadi hal yang 'biasa bingitz'.

Dan ternyata godaan itu datang juga. Bulan kemarin, kebetulan gue lagi bertamu ke rumah temen gue si Natalia mau ngambil beberapa kerjaan dan dokumen gue. Si Natalia ini kayaknya emang kebanyakkan duit kalau orang biasa bertamu disuguhi sirup Marjan atau Sirup ABC Lemon Squash, eh pas gue namu ke rumah dia gue ditawarinnya Jack Daniels.

Ajib bener ini orang. Orang kalau namu ke rumah gue mentok-mentok ditawarin Marimas atau Nutrisari, eh ini gue ditawarin Jack Daniels

"Mau cobain Jack Daniels? Gue baru beli banyak di Batam" kata doi sambil ngambil botol Jack Daniels ke belakang.

Kebetulan Natalia ini emang punya job di Batam, jadi beberapa periode sekali dia PP Batam - Jakarta.

Dia nuang itu Jack Daniels ke gelas sloki gue dan nyuruh gue minum. Uhuk, gue batuk bentar biar keliatan keren, gue sedikit membaui itu Jack Daniels dan yup gue telen!

Dan Puji Tuhan rasanya LUAR BIASA pahiiiittttttttttt banget. Gue minunya sedikit-dikit soalnya gak ketulungan paitnya. Lebih pahit dibanding pare yang biasa gue makan di mamang baso tahu.

"Serius lu demen ama yang ginian?" tanya gue ke si Natalia yang keliatan geli banget liat muka gue yang nahan pahit

"Enak tau, bikin anget badan" kata dia manja.

"Sini gue peluk kalau gue pengen badan anget mah" kata gue ngegodain si Nat. 

Salut banget deh buat orang yang demen minum minuman berakhohol kayak gini. Dari lidah orang awam yang bisa gue rasain itu cuma rasa pahit yang gak ketulungan.

Pahittttttt!!!!!!!!!

Beberapa bulan yang lalu gue lagi ada di sebuah Kota yang letaknya di ujung Pulau Jawa, biasa ada urusan job. Satu hal yang pasti gue lakuin kalau lagi ada di luar Kota adalah ketemu ama temen-temen komunitas gue yang kebetulan tinggal di Kota yang sedang gue singgahi itu.

Gue janjian ketemu ama 3 temen gue dan karena gue gak tau apa-apa tentang Kota ini, gue sih pasrah mau dibawa kemana yang penting tempatnya cozzy buat ngobrol.

Setelah mereka berdiskusi akhirnya kita datang ke suatu tempat makan. Menurut gue sih tempatnya biasa aja tapi yang bikin unik adalah di restoran ini ada layar besar untuk karaoke. Jadi kalau kita karaoke, semua pengunjung bisa ikut ngedengerin.

Begitu masuk dan duduk, tiba-tiba ada sekumpulan SPG yang cantik dan sexy langsung berlari ngehampirin gue. Masing-masing dari mereka kaleng es batu yang isinya minuman alkohol dengan berbagai merk. Ada SPG yang bawa Jack Daniels, ada yang bawa Tiger, ada yang bawa Carlsberg, dll.

Gue yang biasanya mentok dikerubutin ama tukang ojek kalau baru pulang dari travel mendadak dikerubutin ama SPG-SPG ini. Ada yang narik-narik tangan gue, cubit-cubit manja ke gue.

Kalau gue gak bisa nahan diri, kayaknya gue udah langsung mimisan di tempat deh.

Mereka nyubit sambil ngomong "Kak, beli yang punya saya aja" atau "Kak lebih enak yang punya saya"

Gue bingung mau milih yang mana. Muka temen-temen gue sekilas kayak yang biasa aja mungkin karena sudah sering. Beda ama gue yang baru sekali-kalinya dateng ke tempat kayak gini.

"Saya lagi mau Vodka" kata temen gue si Bram. Pilihan dia diikuti oleh dua temen gue yang laen.

"Ya udah saya juga pilih Vodka" kata gue cool kayak yang udah sering mabok padahal mimum air kendi aja udah celeng.

Setelah gue bilang pilih Vodka, SPG lain langsung berangsur meninggalkan meja gue. Aslinya gue pengen bilang gini "Mbak, kok bubar? Saya kan masih mau dicubitin" tapi gue urungkan niat gue itu gara-gara inget muka pacar.

Dengan siap SPG Vodka langsung nuang ke sloki yang ada di atas meja. Sebelum minum, kita bersulang dulu dan glekk...glekk gue langsung abisin itu Vodka yang ada di sloki gue.

Rasanya? Gak usah ditanya. Pahitnya lebih pahit dari jamu kencur datang bulan yang biasa diminum Nyokap gue.

"Serius, lu belum pernah mabok?" tanya temen gue heran setelah gue cerita kalau gue sebelumnya gak pernah minum minuman berakhohol.

"Gue pertama kali mabok itu pas umur 19 tahu....bla....bla...." Bram mulai melanjutkan cerita tentang pertama kali mabok.

Umur 19 tahun temen gue sudah doyan minuman keras, gue langsung flash back ke umur yang 19 tahun disaat gue lagi demen-demennya minum Pop Ice susu deket rumah gue.

Entah emang gini etikanya atau emang lagi ngerjain gue, tiap sloki gue kosong pasti aja dituang ama temen-temen gue. Dan tiap sloki gue penuh pasti langsung diajak tosh buat abisin.

Kepala gue sudah mulai puyeng, perut gue sudah mulai bergejolak. Paginya kan gue makan Nasi Jamblang dan lu tau entah kenapa nasi jamblang di perut gue berasa diputer-puter ama ini vodka.

"San, lu karakoke ya sekarang. Gue sawer ini" kata si Bram sambil nyimpen duit 300rb ke atas meja

Dua temen gue yang lain juga keluarin duit 300rb ke atas meja. Total ada uang 900rb di atas meja #wow

Seperti yang gue bilang, selain jadi tempat makan, tempat ini juga bisa dijadiin tempat karaoke karena terdapat layar besar. Jadi kalau lu nyanyi, semua orang yang makan disini juga bakalan dengerin suara lu.

Gue sekarang bimbang. Serius bimbang.

Bayangin cuma nyanyi 1 lagu doang, gue bakalan disawer 900rb! Lagunya juga kebetulan gue bisa banget!

Tapi? Gue cukup sadar diri buat bilang kalau suara gue jelek. Gue mikir, kalau gue nyanyi kan banyak orang lagi makan disini. Gimana kalau mereka mual-mual terus pergi dari tempat ini gara-gara gue nyanyi?

Terus ujungnya gue bakalan dituntut ama pihak restoran gara-gara meracuni pengunjung dan membuat restoran menjadi sepi.

Ok, deal. Gue urungkan niat gue buat nyanyi solo. Bye-bye, 900rb :(

Total-total gue udah ngabisin sekitar 11 sloki, kepala gue udah puyeng banget, nasi jamblang di perut gue rasanya juga udah mau keluar semua.

Dan luar biasanya sebelum pulang, masih ada juga yang namanya tosh perpisahan. Entah itu emang beneran ada atau emang cuma buat ngerjain gue. Kebetulan kan di meja gue total ada 4 orang (termasuk gue) jadi kita harus minum 4 sloki lagi buat mengakhiri semuanya.

Dengan susah payah gue abisin 4 sloki, serius deh ditoel dikit gue yakin bakalan jackpot alias muntah di tempat. Gue dianter ke hotel tempat gue menginap dan sampainya di kamar, gue gak inget apa-apa lagi karena gue langsung molor.

Besoknya gue bangun dengan kepala yang luar biasa pusing. Mata gue merah kayak abis kecolok sapu lidi. Jam sudah menunjukkan jam 11 siang. Ini adalah rekor buat gue karena aslinya gue itu selalu bangun pagi dan paling telat itu bangun jam 8 pagi.

Gue menenangkan diri sebentar, mencoba mengingat-ingat apa yang terjadi. Lagi duduk sambil mengumpulkan raga, tiba-tiba Kakak gue nelpon. Dia bilang kalau dia bawa oleh-oleh buat gue, pas gue tanya apa, dia jawab Anggur dari Israel.

"Anggur dari Israel? Berapa kadarnya?" tanya gue

"Sekitar 70%"

"Memabukkan gak?"

"Sangat" jawab kakak gue.

Eh......Jadi gue harus mabok lagi?

Selasa, 02 September 2014

Angels and Demonds

Hobby gue dari dulu adalah main bola. Jelek-jelek gini sejak gue SMP sampai SMA selalu masuk tim inti bola kalau lagi ada kejuaraan. Entah emang beneran gue jago atau emang kurang orang jadi gue diajak.

Tahun 2009 adalah tahun dimana, gue bener-bener lagi on fire buat main bola. Dalam 1 Minggu, gue bisa main ampe 3-4x. Main bareng temen sekolah, temen komunitas ampe main ama kumpulan Pendeta.

Iya Pendeta. Gue awalnya diajakkin oleh Pendeta Muda di Gereja gue buat ikut gabung, katanya sering kurang orang. Karena suara Pendeta adalah suara Tuhan (menurut gue), gue tidak kuasa buat nolak permintaan itu.

Cuma ya kalau lagi main bola ama Pendeta banyak hal yang harus dijaga. Kalau lagi main ama teman sebaya mungkin sumpah serapah biasa keluar dari mulut tapi karena ini mainnya ama Pendeta, apa yang harus keluar dari mulut pun harus benar-benar dijaga.

Kalau misalnya ada kesempatan buat mencetak gol tetapi gagal biasanya yang bakalan keluar dari mulut adalah f*** atau a****g tetapi karena ini adalah kumpulan Pendeta yang keluar dari mulut adalah "Puji Tuhan belum jadi gol"

Salah satu ciri khas dalam gaya permainan gue adalah gue sedikit tricky dan 'nakal'. Maksud 'nakal' disini adalah gue kadang narik baju lawan atau sedikit main body. Tetapi semuanya masih dalam koridor sportif dan gue anggap cuma sebagai 'bumbu' permainan.

Gak ada yang salah menurut gue. Tetapi ternyata salah kalau dilakuin ke Pendeta.

Di tahun 2009 itu ketika gue lagi main bersama para Pendeta itu, gue sempet narik baju salah satu Pendeta dan sempet adu body dengan Pendeta yang belakangan gue tau namanya Pak S***

Entah dia lagi datang bulan atau emang emosian begitu dia jatuh kena body dari gue, dia langsung berdiri, ngedorong gue dan menghardik gue sambil ngomong "Main bola jangan pake body dong"

Darah muda gue langsung mendidih tapi gue bisa nahan diri buat kontak fisik ama dia, gue cuma ngomong "Om kalau main bola tapi gak mau kena body mending main catur di halaman rumah"

Suasana sempat panas tetapi beberapa menit kemudian, kita didamaikan dan Pak S*** minta maaf ke gue karena dia terlalu emosi dan gak bisa nahan diri.

Setelah kejadian itu, jujur gue jadi segan buat ikutan main bola lagi ama mereka. Gue beranggapan suasananya sudah gak kondusif kalau ada gue dan gue juga menyesal sempet menghardik Pak S***

Tapi?

Entah karena gue emang jodoh atau ini takdir baru-baru ini gue ketemu dia di tempat yang sangat tidak terduga. Ceritanya temen-temen komunitas UMN yang beragama Nasrani kan suka ngadain persekutuan doa. Mereka berencana buat ngadain acara "Praise and Worship", biar gue gak terlalu aktif dan jarang datang gue diwajibkan buat datang ama temen-temen gue.

Kebetulan jam dan tanggalnya klop ama waktu gue jadi gue pastikan kalau bakalan datang ke acara tersebut.

Setelah selesai acara puji-pujian ke Tuhan sekarang waktunya buat mendengarkan khotbah dari Pendeta. Ketika Pendeta dipanggil ke depan mimbar, gue sempet perhatiin muka beliau.

Kayak yang kenal gitu tapi siapa. Gue liat di kertas undangan dan tertulis "Pembicara: Pdt S***".

Eahhhhhhh, gue langsung panik. Ingatan gue langsung flash back ketika gue dan dia sempat sedikit clash. Saat di depan mimbar, mata gue dan dia juga sempat beradu pandang dan gue SANGAT menyakini dari sorot matanya kalau dia juga masih inget ama gue!

Gue tengok ke belakang mau keluar tapi pintu sudah ditutup. Gue duduk di kursi yang bener-bener PAS. Iya PAS banget buat dia ngeliatin gue.

Ok, gue mencoba buat menenangkan diri. Gue pake cara gue waktu SMA yaitu di setiap pelajaran yang gue takuti (matematika, fisika, kimia) gue bakalan duduk manis, mata menerawang ke bawah, sambil sok sibuk coret-coret kayak lagi yang ngitung padahal aslinya gue lagi gambar Doraemon.

Nah cara itu pun yang gue pake sekarang. Selama Pak S*** bawain firman Tuhan, gue pura-pura dengerin sambil mata gue tetep nunduk baca Alkitab. Tangan gue pura-pura sibuk mencatat apa yang beliau omongin walaupun aslinya gue lagi gambar-gambar Naruto.

15 menit cara gue ini berhasil tapi mungkin karena Pak S*** ngerasa ada yang gak beres ama gue, di tengah khotbah dia ngomong gini "Stefanus kok dari tadi menunduk terus? Ayo sini ke depan bantu saya di depan, saya mau buat sedikit ilustrasi"

SEMPURNA! Temen-temen gue yang lain pada bengong dan kaget, kaget kok bisa-bisanya itu Pendeta bisa tau nama gue. Jangankan mereka, gue aja yang dipanggil namanya juga bengong.

Kaki gue berasa berat banget, aslinya gue gak mau banget ke depan tapi Pak S*** terus manggil nama gue. Ok, gue beranjak ke depan sambil diikuti dengan ratusan tatapan mata yang perhatiin gue.

Gue sudah siap mental kalau Pak S*** ngomong "Stefanus kamu masih hutang satu baju ke saya ya. Baju saya melar karena kamu tarik-tarik pas dulu main bola"

Kalimat pertama yang keluar dari mulut beliau adalah "Wah, gak nyangka, kita bisa ketemu disini"

Jangankan Bapak saya juga gak nyangka. Gue percaya ada ratusan ribu Pendeta di Negara ini tapi kok bisa-bisanya Bapak yang jadi pembicara disini, gunam gue dalam hati.

Setelah gue di depan, dia juga nunjuk satu orang buat maju ke depan. Dan kebetulan yang dia tunjuk juga namanya Stefanus. Bedanya dia Stefanus Adrian, gue Stefanus Sani.

Kebetulan saat itu Pak B*** lagi bawa firman tentang kuasa terang dan kuasa kegelapan. Pak S*** sempet nanya ke yang hadir "Kalau saya jadiin Stefanus yang ini (sambil nunjuk ke gue) sebagai kuasa kegelapan, kalian setuju?"

Tanpa dikomando semuanya langsung jawab "Setujjjjjjjjjjjjjjuuuuuuuuuuuuuu!!" sambil cengengesan. Entah dosa apa gue ke mereka ampe gue dijadiin kuasa kegelapan pada setuju semua

Pak S*** langsung melanjutkan khotbah. Dia pegang tangan kiri gue dan pegang tangan kanan si Stefanus Adrian. Stefanus Adrian saat itu dijadikan sebagai kuasa terang (malaikat) dan gue adalah setannya -_-

"Jadi ketika kita bertobat, Tuhan akan membenturkan kuasa kegelapan dalam diri kita kepada kuasa terang" Pak S*** ngomong gitu sambil narik gue dan narik tangan Stefanus Adrian seperti mau membenturkan

"Saat benturan terjadi, tentu kuasa Tuhan akan mengalahkan si jahat karena kita adalah lebih dari pemenang. Sekarang saya minta kuasa kegelapan maksudnya Stefanus yang ini (nunjuk gue) buat berbaring di atas mimbar"

Sebentar, sebentar. Gue Stefanus Sani, umur sudah 25 tahun, sudah punya job yang lumayan banget sekarang harus berbaring di atas mimbar di hadapan ratusan orang????

Gue mencoba berbisik ke si Pak S*** "Om, beneran ini saya harus jatuh"

"Ya bener dong karena kuasa kegelapan telah dikalahkan (setan) dan kuasa terang (malaikat) telah ditinggikan"

Nasib, nasib. Sudah dijadiin setan yang dikalahkan sekarang gue harus berbaring di atas mimbar. Gue turuti maunya si Om, gue berbaring di atas mimbar dan si Pak S*** mulai melanjutkan khotbah tentang kuasa gelap yang telah dihancurkan.

Ada kali 1 menit gue berbaring dan gue yakin banget si Pak S*** sengaja ngelama-lamain. Gue nungguin hingga si Om pura-pura sadar sambil ngomong "Aduh saya lupa ada kuasa kegelapan yang belum dibangkitkan". 

Semua orang ketawa gak nahan dan ada 1 temen gue si Yuli Suhendar, panggilan dia Yuli tapi panggilan 'sayang' gue ke dia adalah Hendar. Ini si Hendar dari gue maju ke depan ampe gue dijadiin setan yang dikalahkan ketawa terus, cekikikan terus. Gue emang sering banget gangguin dia dan rasanya semua dendam dia ke gue benar-benar terbayar lunas saat itu juga.

Beberapa Minggu setelah kejadian nista itu, gue lagi ikutan rapat buat perayaan Natal bulan Desember nanti. Kebetulan saat itu gue masuk struktur panitia Natal. Lagi seru-serunya ngomongin soal rencana Natal si Hendar kayak mau ngomong sesuatu tapi ditahan-tahan terus.

Setelah diberi kesempatan buat ngomong sambil nahan ketawa dia ngomong "Saya ada usul gimana kalau buat Natal nanti, kita ngundang lagi Pak S*** untuk jadi pembicaranya. Saya pengen liat Kak Sani jadi kuasa kegelapan lagi"

Semua orang langsung ketawa ngakak ngedenger ide itu malah banyak orang yang setuju kalau Pak S*** dijadiin pembicara Natal lagi.

Gw: Hendar!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!