Selasa, 29 Desember 2015

Jangan Lupa Bahagia

"Jangan Lupa Bahagia"

Kalimat itu gue dapet dari status facebook temen gue beberapa hari yang lalu. Gak ada yang kasih jempol dan gak ada yang comment tetapi entah kenapa cukup membekas di pikiran gue.

Gara-gara baca status itu, gue jadi mikir, kapan ya terakhir gue merasa bahagia? Menurut gue ada perbedaan antara kondisi dimana kita merasa 'sangat senang sekali' dengan kondisi dimana kita merasa 'bahagia'

Gue kemudian mencoba mengingat-ingat moment yang membuat gue merasa bahagia. Saat masih kecil, gue pernah ngerasa bahagia banget saat Nyokap gue ngebeliin VCD SmackDown bajakan karena saat itu gue lagi bener-bener ngefans banget dengan yang namanya SmackDown.

Beranjak ke remaja, gue pernah ngerasa bahagia banget ketika gue iseng-iseng nulis terus hasil tulisan gue dimuat di koran terus dikasih honor 250rb. Waktu gue nembak cewek dan diterima, gue juga ngerasa bahagia banget.

Tapi seiring berjalannya waktu hal yang awalnya membuat gue merasa 'bahagia' lama-lama berubah menjadi tahap 'sangat senang sekali' dan akhirnya masuk ke tahap 'biasa saja'

Apalagi kalau hal tersebut terjadinya secara berualang seperti saat gue menulis. Awalnya bahagia bisa dimuat tapi karena belakangan sudah rutin dimuat di Majalah ya gue akhirnya merasa biasa saja.

Iya, biasa saja karena kadar bahagianya sudah berkurang karena berulang.

Gue punya temen namanya si Gatot. Dalam 1 Minggu gue sering banget mampir ke kostnya yang kebetulan deket kampus.

Kalau ditanya ngapain gue kost si Gatot, tambahin kata 'numpang' di kata-kata berikut ini: (numpang) tidur, (numpang) makan, (numpang) toilet, dan numpang-numpang yang lain. Kalau lagi kemaleman biasanya gue nginep di Kost si Gatot ini.

Suatu hari ketika gue lagi berkunjung, si Gatot tampak lagi bete parah. Mukannya kuyu kayak habis dicabuli di angkot. Ditanya juga jawabannya awur-awuran. Setelah gue desek-desek nanya kenapa dia bete, dia cerita kalau dia lagi bete gara-gara sepatu converse asli yang baru beli (harga 600rb) hilang di Masjid pas lagi Jumatan.

Pas gue denger cerita itu, aslinya gue pengen ketawa ngakak. Bisa-bisanya sepatu Converse dicuri. Malingnya tau barang bagus nih. Tapi menurut gue ada unsur kelalaian dari si Gatot ngapain juga Jumatan pake sepatu bagus.

"Gue doain orang yang curi sepatu Converse gue, jempolnya nempel ama sepatu gue yang dicuri" kata si Gatot sambil coret-coret sepatu Converse dia yang lama.

Pas gue perhatiin, dia lagi nulis "Cepat lulus ya Tot" di sepatu Converse dia yang lama. Alasan dia corat-coret sepatu biar kelak sepatu dia gak dicuri lagi kalau lagi Jumatan di Masjid. Maling juga tentu mikir kalau mau curi sepatu yang sudah dicorat-coret model gitu.

"Gue boleh bantu coret-coret di sepatu yang sebelah kanan?" tanya gue

"Sok aja"

Sambil asyik dengerin si Gatot cerita, gue tulis pake spidol di tepi sepatu itu "Mampus lu Tot" dan pas dia baca tulisan gue, komentarnya cuma satu "Anj*ng lu San"

Hahahahahaha

Sementara Gatot masih asyik coret-coret, gue lagi (numpang) tidur sambil baca buku Inferno (Dan Brown) yang baru gue beli. Keadaan hening karena masing-masing punya kesibukkan sendiri.

Gak berapa lama terdengar suara chat masuk di HP Gatot dan Gatot yang tadinya keliatan bete habis langsung bersorak kegirangan penuh suka cita seperti baru mendengar sangkakala dari surga.

Gue pikir mungkin isi chatnya gini "Selamat Sdr Tri Gatot, anda memenangkan hadiah berupa kapal pesiar dengan tambahan para gadis molek berbikini yang siap melayani anda. Dari program undian Bank BTN" tapi gak taunya kagak. 

Isi chatnya cuma "Dimana?" Yang ngirim adalah kecengan si Gatot.

Gue yakin sih kalau yang nanya "Dimana" itu Nyokap si Gatot dia gak bakalan penuh suka cita kayak gitu tetapi karena yang kirimnya kecengannya, lonceng surgawi seolah bergema untuk Gatot.

Dia nunjukkin HPnya ke gue sambil tertawa bahagia. Rasa KZL gara-gara sepatu dicuri langsung berganti dengan kebahagiaan. Gak lama setelah itu dia langsung cuci muka sambil ganti baju bagus.

Jam sebenarnya sudah menunjukkan pukul 9 Malam tapi buat seorang Gatot malam hari bukanlah sebuah halangan ketika seorang gadis yang kita sayangi ngajak ketemuan.

"San, gue pergi dulu ya. Kalau lu mau nginep, kuncinya lu simpen dibawah karpet ya. Jangan lupa tutup korden kamar juga. Di bawah rak ada biskuit. Kalau lu mau, abisin aja"

SWT, dari tadi gak ditawarin biskuit. Giliran seneng baru deh ditawarin biskuit. Meski gak secara ekspilisit diungkapkan, gue tau kalau Gatot itu sedang BAHAGIA.

Iya, bahagia. Saat orang merasa bahagia, semua unsur negatif yang sebelumnya ada dalam diri kita untuk sesaat pasti langsung berganti dengan hal-hal positif yang membuat kita bahagia.

Ah, kapan ya terakhir gue ngerasa bahagia kayak si Gatot? Rasanya tahap 'bahagia' gua akhir-akhir ini masih dalam tahap 'senang sekali' belum mencapai level 'bahagia'

Besoknya setelah pulang dari Kost Gatot, Nyokap gue ngabarin kalau Magic Jar di rumah rusak jadi susah kalau bikin nasi putih. Biasanya sih soal kayak gini dicover oleh kakak tetapi karena kakak saat itu lagi gak ada, gue berinisiatif ngajak Nyokap beli Magic Jar baru.

Setelah milih Magic Jar, gue traktir Nyokap gue makan di Ampera karena Nyokap gue paling doyan di mamam di Ampera. Sambil makan, kita cerita-cerita banyak hal dan ada kebahagiaan tersendiri saat liat Nyokap senang.

Pulang belanja, di jalan gue ngeliat ada Kakek tua jualan ikan. Gue kemudian menepi dan beli ikan ke si Kakek padahal gue sendiri gak punya kolam atau akuarium di rumah.

Gue beli 20rb dan ketika gue beli si Kakek terlihat bahagia sekali. Dia berulang kali bilang terima kasih sampai gue ngerasa gak enak

Sedia Ikan sebelum digoreng
Nyokap gue juga bingung ngapain gue beli ikan karena dia yakin ini ikan pasti bakalan jadi almarhum keesokan harinya. Ya kalau ditanya kenapa gue beli ikan ya gue cuma kasihan ama si Kakek tua.

Gue merebahkan diri di atas kasur. Mata gue lagi menerawang ke sekitaran kamar gue. Gue menatap poster Star Trek dengan tatapan kosong sambil kembali bertanya ke diri gue sekali lagi.

"Kapan ya terakhir kali gue ngerasa bahagia banget?" Gue teringat gimana bahagianya si Gatot gara-gara diajak jalan ama kecengannya. Gue juga jadi keingetan gimana bahagianya Nyokap gue tadi pas makan bareng dan gak lupa betapa bahagianya si Kakek penjual Ikan ketika gue beli ikannya.

Mungkin... Di detik itu, gue merasa bahagia... Mungkin....