Jumat, 11 Agustus 2017

Surat Kecil Untuk Kakak

Jika tidak halangan, beberapa bulan lagi kakak gua bakalan menikah dan out dari rumah. Kalau gua tanya sih semua persiapan sudah hampir rampung dan sekarang tinggal banyak berdoa saja biar pas acara semuanya berjalan dengan baik dan lancar.

Gua dan kakak gua itu cuma beda 1 tahun. Nyokap gua pernah cerita, dulu waktu kecil Nyokap suka kasian ama Kakak karena kalau lagi main, gak ada yang nemenin. Maen mobil-mobilan sendiri, maen perang-perangan sendiri dan makannya gua dibuat cepet buat nemenin kakak.

Mungkin karena perbedaan yang cuma 1 tahun itu, kalau gua lagi jalan ama Kakak banyak yang ngira gua kembar. Beberapa temen gua yang ketemu kakak pasti ngomong gini "Gua seperti ngeliat lu (Stefanus Sani) dalam bentuk yang lain" atau beberapa temen kaka yang ngeliat gua pasti komentarnya "Gua seperti ngeliat lu (kakak gua) tapi versi nakalnya", hahahaha.

Biar muka mirip, tapi dari sifat gua berbeda jauh dengan kakak. Kakak gua itu cenderung kalem, diem, dan penuh perhitungan, pinter dalam hal akademis. Kalau ada masalah suka dipikirin sendiri dan gak punya bakat jualan (lebih ke type pekerja kantoran yang mengejar karir di kantor).

Beda jauh ama gua yang gak bisa diem, ngomong mulu, gak pinter dalam hal akademis dan gak pernah mikirin masalah (kecuali masalah hati, uhuy). Kalau Kakak gua gak punya bakat jualan, gua malah jago jualan sampai sekarang (Clobberin Time adalah buktinya).

..........................................................................................

Dulu, waktu masih SD kelas 4 gua sudah jualan sarung suling buat suling recorder. Jadi pas SD kan ada pelajaran Seni Musik yang mengharuskan murid bawa suling recorder. Nah Nyokap yang jago ngerajut bikinin gua sarung rajutan buat suling recorder gua. Pas gua bawa ke sekolah, banyak temen yang suka dan nanya beli dimana.

Nyokap terus bikinin beberapa sarung buat dibawa ke sekolah. Gua masih ingat banget harganya, kalau 1 warnanya harganya 1000 dan kalau 2 warna kombinasi jadi 1500. Biar makin catchy, Nyokap kasih plastik yang bagus dan unik. Gua ambil untung 500 perak tiap sarung yang kejual, 500 itu biasa gua pake buat jajan kue cubit (dulu harganya 50 perak) atau batagor (masih 100 perak).

Kalau ada yang nanya, kenapa gua jago dagang, jago ngomong atau jago lobi orang jawabannya karena sejak SD gua sudah terlatih jualan dan cari uang jajan tambahan.

Kakak gua yang lihat gua panen jualan, bilang ke Nyokap gua kalau dia pengen jualan juga. Jualan sarung suling jelas gak mungkin karena di kelasnya sudah ada yang jualan sarung suling. Nyokap kemudian putar otak dan ngusulin kakak buat jualan snack aja.

Sorenya kita bertiga naik motor ke Pasar Kosambi beli snack taro KW. Itu loh snack yang bentuk dan rasanya mirip taro tapi bukan taro (taro KW). Nyokap beli 1 bungkus besar dan rencananya bakalan dipecah jadi bungkus kecil dan dijual 250 per bungkusnya.

Kakak gua bawa 10 bungkus snack Taro KW dan pas istirahat sekolah, gua liat temen-temen 1 kelasnya banyak yang bawa snack taro punya kakak. Hm, artinya laku jualan dia. Wajar sih laku karena kakak gua itu tergolong pinter waktu SD (masuk 3 besar) dan lumayan populer jadi gampang buat jualan.

Coba kalau yang jualan temen gua si Dedi. Udah gak pinter-pinter amat, muka gak ganteng yang ada orang juga takut kena diare kalau jajan di dia. Hahahahaha, peace Ded :D

3 hari kakak gua panen jualan snack taro KW tapi masalah mulai datang di hari ke 4. Kantin di sekolah mendadak jualan snack taro. Sama persis cuma beda warna, kalau yang kakak jual warna putih, itu si Ibu kantin jualan taro warna kuning. Bungkusnya lebih besar dibanding yang kakak jual dengan harga yang sama pula 250 perak. Kemungkinan dia sirik ngeliat Kakak gua panen jualan snack taro.

Pulang sekolah, kakak gua murung dan pas ditanya Nyokap kenapa murung dia bilang kalau snack taro yang dia bawa masih nyisa banyak karena temen-temen yang lain pada beli kantin karena bungkusnya lebih besar.

Nyokap gua bilang gak apa-apa, gak usah jualan taro lagi. Sisa taro yang di rumah buat dimakan aja, kakak gua mengiyakan sambil pasang muka sedih. Dan lu percaya gak, sampai gua menulis tulisan ini, itu adalah kali pertama dan kali terakhir gua liat kakak gua jualan karena sejak itu dia gak pernah jualan apapun lagi.

..........................................................................................................

Gua mau jujur deh, gua sering banget ditolong oleh kakak untuk banyak hal. Tapi ada 2 moment antara gua dan kakak yang gak pernah bisa gua lupain sampai sekarang dan gua yakin kakak pun masih ingat dengan moment itu.

Seperti yang pernah gua bilangm gua bukan orang yang pintar dalam hal akademis (kebanyakkan prestasi gua di luar akademis), kadang gua suka mikir gini kayaknya kepinteran Nyokap dan Bokap gua diserap semua sama kakak dan gua kebagian ampasnya doang.

Sejak SD gua paling ampun-ampunan di pelajaran matematika. Pas diajarin kakak di rumah, gua ngerasa bisa dan yakin bisa ngerjain soal eh giliran di sekolah dan dirubah angkanya, gua mendadak ngeblank.

Kalau ada PR matematika dan gua gak bisa ngerjain, gua biasanya bikin surat cinta di atas meja. Isi surat cintanya gini "Pa/Kak tolong kerjain soal ini soalnya kalau gak dikerjain nanti dihukum Bu Diana (guru SD gua yang paling killer). Pake rumus yang kayak contoh, jangan pake rumus lain".

Sekesel-keselnya Kakak atau Bokap ke gua kalau sudah dapet surat cinta itu pasti mereka kerjain juga karena gak tega ngebayang gua dimarahin di depan kelas ama Bu Diana. Sebenarnya gua lebih suka kalau Kakak yang ngerjain PR gua karena dia selalu ngikutin contoh dan rumus yang Bu Guru kasih.

Beda ama Bokap gua yang selalu pake rumus dan jalan sendiri. Emang sih jawabannya bener tapi Bu Guru suka marah kalau gak make rumus yang dia ajarin.

Musibah pun datang ketika Bu Diana ngamuk di dalam kelas. Ini Bu Guru emang asli galak banget, gua juga takut banget ama dia. Sambil emosi, dia nunjuk beberapa anak buat maju ke papan tulis dan tulis jawaban PR yang dia kasih.

Suenya adalah yang ngerjain soal itu adalah Bokap gua (bukan kakak) dan seperti yang gua bilang, Bokap gua selalu pake rumus dan jalan sendiri biar pasti. Gua berdoa ke Tuhan supaya gua gak disuruh ke maju depan dan gua pake cara licik ngumpet di belakang punggung si Angga biar gua gak kesorot mata si Bu Diana.

Tapi mungkin akting gua kurang cantik, gua ditunjuk dong ama Bu Diana buat nulis jawaban PR gua di depan papan tulis. Pas nama gua disebut, gua ngerasa semua tulang di badan gua mendadak rapuh, kaki gua terasa berat melangkah dan pantat gua berasa nempel di kursi saking enggannya gua maju.

Gua maju perlahan dan mulai nyalin jawaban Bokap gua ke papan tulis. Dan bener sesuai dugaan gua, jawabannya emang bener tapi jalannya gak sesuai dengan Bu Diana ajarin. Gua dikasih 1 soal dan suruh ngerjain kalau gak bisa ngerjain gua gak boleh duduk.

Anjerrrr, lah gimana gua mau ngerjain. Gua sebel banget deh ama Bokap, dibilangin suruh pake jalan yang diajarin malah pake jalan sendiri (kata Bokap itu jalan dan rumus rahasia biar cepet ketemu angkanya). IYA ITU RUMUS RAHASIA TAPI SEKARANG GUA KAN JADI TERPURUK DI DEPAN PAPAN KARENA RUMUS RAHASIA ITU -_-

Gua terpuruk di depan, seperti anak idiot yang cuma bisa sok tekun corat coret angka di papan terus hapus lagi, Biar keliatan mikir dikit di depan Bu Diana padahal gua cuma nulis angka ngarang.

20 menit gua terpuruk di depan, mata teman-temen menatap gua semua. Dalam keheningan itu, Bu Diana manggil ketua kelas gua, dia bilang gini "Angga, coba kamu kelas kelas 5, panggilin yang namanya Dyota. Bilangin dipanggil Bu Diana". Dyota itu kan Kakak gua ya, mau diapain dia, pikir gua dalam hati.

Gak berapa lama, Kakak gua masuk dengan muka penuh keheranan. Pas dia ngeliat gua terpuruk di depan papan, muka dia kayak mau ngomong gini "Ini si MONYET cari masalah apa lagi"

Bu Diana terus ngomong gini "Coba ini Dyota, adik kamu gak bisa ngerjain soal di papan. Kamu sekarang kerjain soal itu, kalau kamu gak bisa ngerjain soal itu kamu temenin adik kamu disini ya"

Kakak gua kaget diancem gitu, dia liat soalnya, mikir sebentar dan 1 menit kemudian soal gua beres dikerjain ama dia dan bener jawabannya. Mentalnya Ok nih padahal dia ngerjain itu soal dengan penuh intimidasi dari Bu Diana.

Pas gua liat jawabannya ternyata "CUMA GITU DOANG, YA ALLOH". Ternyata gampang banget dan sering diajarin Kakak. Goblok, goblok kenapa gua malah kepikiran sih. Begitu liat jawabannya bener, kakak gua suruh balik ke kelas 5 dan gua boleh duduk lagi.

Sampai detik ini, mungkin ini adalah pertolongan dari Kakak yang gak pernah gua lupakan sepanjang hidup gua, hahaha

.................................................................................................................

Dosa gua ke Kakak yang lain yang masih membekas di pikiran gua adalah ketika gua masih Sekolah Minggu di sebuah Gereja. Gua waktu Sekolah Minggu itu (katanya) nakal, gak bisa diem, suka ganggu temen. Beda ama kakak gua yang kalem, nurut dan gak pernah ganggu temen.

Pembalasan buat gua terjadi di hari Natal. Jadi Gereja gua ngundang Santa Clause dan Pit Hitam. Santa Clause itu datang buat bawain hadiah ke anak yang baik dan nurut sedangkan Pit Hitam itu buat anak yang nakal dan suka ganggu temen di Gereja.

Pas gua tau kalau Pit Hitam datang buat marahin anak nakal, gua langsung kepikiran ini kayaknya buat gua deh tapi gua masih mencoba tenang karena menurut gua, gua gak terlalu nakal dibanding yang lain.

1 nama dipanggil ke depan, yang dipanggil adalah si Tya. Menurut gua sih si Tya gak terlalu nakal tapi si Tya yang menurut gua normal-normal aja malah dimarahin Pit Hitam. Si Pit Hitam bawa sapu lidi dan dia ngancem bakalan motong tangan si Tya pake sapu lidi terus tangannya bakalan dilempar ke bawah laut.

Anjeerrr, coba kamu bayangin. Gua anak umur 5 tahun yang hobbynya nonton Ksatria Baja Hitam sambil makan buah pepaya terus ngedenger kalau Pit Hitam bisa motong tangan orang pake sapu lidi. Gua jadi mikir, kalau tangan gua buntung ntar gua ceboknya gimana lagi.

Kalau si Tya aja yang menurut gua baik kena semprot Pit Hitam BEDEBAH, gimana dengan gua?

Setelah beberapa anak dipanggil akhirnya nama gua dipanggil juga. Pas nama "Stefanus" dipanggil, semua guru Sekolah Minggu langsung menatap gua dengan muka puas. Kalau bisa ngomong, mukanya bakalan ngomong kayak gini "Akhirnya si MONYET ini dipanggil juga"

Bener sesuai dugaan gua. Dibacain dong dosa-dosa gua selama gua di Gereja:

1. Suka mengobrol
2. Suka mengganggu teman
3. Suka lari sana lari sini
4. Ganteng dan digilai wanita

Eh yang nomor 4 mah boong ketang. Gua cuma diem sambil menunduk, nahan tangis. Si Pit Hitam ngancem bakalan masukkin gua ke karung dan lempar gua ke lautan kalau gua masih nakal dan gua percayalah kalau gua bakalan dimasukkin ke karung punya Pit Hitam.

Setelah nama gua dipanggil, giliran kakak gua dipanggil. Nah disini kedegilan Pit Hitam terbukti karena sebenarnya Kakak gua itu gak termasuk yang kena marah Pit Hitam. Dosa dia cuma satu yaitu suka terpengaruh adiknya buat ngobrol dan adiknya itu ya gua.

Tapi mungkin karena salah koordinasi dengan orang di Gereja, eh Kakak gua juga malah kena semprot si Pit Hitam BEDEBAH. Kakak gua dikira kayak gua yang suka ngobrol dan suka ganggu temen dan persis kayak gua, kalau dia gak berubah dia bakalan dimasukkin ke karung dan dibawa ke Kutub Utara.

Gara-gara gua, Kakak juga ikutan kena semprot dan sempat lama gak mau ke Gereka karena takut ketemu ama Pit Hitam BEDEBAH itu, hahaha... Duh

.................................................................................................

Tapi ya, gua pengen nanya sih apakah kamu bakalan ngerasa kehilangan kalau orang yang setiap hari ketemu kamu terus gak berapa lama lagi bakalan memulai kehidupan baru? Gua yakin, akan ada fase dimana kita ngerasa 'kehilangan' meskipun sebenarnya interaksi gua dan Kakak belakangan ini semakin jarang karena gua berangkat Pagi dan Pulang Malam (ketemu cuma Malam hari saja sebelum tidur).

Tapi yang sering menjadi pikiran gua sebenarnya tentang gimana Nyokap gua. Nyokap dan Kaka sangat dekat, hampir semua masalah Kakak pasti cerita ke Nyokap (berbeda ama gua yang jarang cerita). Setiap Pagi, Nyokap itu yang setrika baju buat Kakak dan nyiapin bekal Kakak di Kantor. Dan itu adalah rutinitas yang sudah dilakukan bertahun-tahun.

Gua yakin Nyokap kelak akan merindukan fase itu, fase dimana harus bangun Pagi buat nyiapin bekal kakak, setrika baju kantor, siapin sarapan. Kalau misalnya hal itu dilimpahkan ke gua, jelas gak mungkin sih. Gua gak pernah bawa bekal (karena setiap siang gua pulang buat makan di rumah), gua gak perlu disterika baju rapih (karena gua setiap hari pake kaos sendiri dan gak kerja kantoran), hehehe.

Tapi ya ini namanya kehidupan. Ada waktunya orang buat melanjutkan hidup sendiri dengan pilihannya dan ini sepertinya bakalan jadi tugas gua supaya Nyokap gak sedih-sedih amat ditinggal Kakak pergi.

Terima kasih sudah menjadi Kakak yang baik dan gua pengen ngomong ke calon istri Kakak, mungkin kamu adalah wanita paling beruntung di dunia ini :)