Jumat, 13 September 2019

Kisah Cinta dari Alfamart (GOJEK)

Dear kaum hawa,

Kamu pernah gak berada di posisi ini. Ada cowok yang sedang mendekati kamu. Perasaan kamu ke dia sih ya biasa aja, ya seperti teman pada umumnya. Tetapi perhatian yang diberikan si cowok ini beda.

Dia tiap Pagi chat kamu buat nyapa kamu. Dia nanya pertanyaan klasik "sudah makan atau belum" sampai tetiba dia ngajak kamu ketemuan buat makan enak atau nonton film seru.

Kamu senang dengan perhatian yang dia berikan tetapi di satu sisi perasaan kamu ke dia "biasa saja" dan sepertinya kamu gak bakalan bisa rubah perasaan kamu ke dia. Yang kamu senangi dari dia hanya satu, cara dia memperlakukan dan memperhatikan kamu.

Lama berselang, akhirnya dia memberanikan menyatakan perasaan dia. Kalau Type cowok seperti ini, besar kemungkinan dia akan menyatakan perasaan via chat yang dimulai dengan kalimat "Eh, aku boleh ngomong sesuatu gak?

Kamu sudah tau lanjutannya bakalan seperti apa tetapi kamu pura-pura bego, gak tau dia mau ngomong apa. Kamu bingung mau jawab apa kalau dia nembak kamu. Satu sisi, kamu takut dia bakalan menjauh dan gak memberikan perhatian lagi tetapi satu sisi, kamu emang gak bisa menjadikan dia sebagai pasangan kamu karena emang kamu gak punya rasa.

Sampai akhirnya kamu balas chat dia dan bilang kalau kamu gak bisa nerima dia dan dengan rasa egois kamu, kamu minta ke dia supaya dia jangan berubah meskipun hanya sebagai teman.

Si cowok ngarep tersebut akhirnya bales "Maaf ya aku sudah ganggu kamu selama ini. Aku gak bakalan ganggu waktu kamu lagi. Terima kasih untuk semuanya"

Dia ngarep kalau kamu berubah pikiran karena dia tau, kamu sudah nyaman dengan dia. Iya, nyaman sebagai seorang teman sebenarnya. Hubungan kalian mulai merenggang dan perlahan tapi pasti kamu sudah mulai terbiasa menjalani hari tanpa perhatian dari dia.

Pernah?

.........................................................

Apaan nih San? Apakah lu baru saja mengalami kejadian itu? Apakah "Si Cowok" itu sebenarnya adalah kamu? Untungnya bukan. Gua bukan cowok dengan type Bucin tersebut tetapi belum lama ini, gua ketemu dengan orang yang menurut gua, endingnya bakalan seperti yang gua ceritakan.

Cerita dimulai di sebuah Malam. Gua janjian ama Deb buat makan Bakmie hasil rekomendasi si Ambu. Si Ambu ini emang jagoan kalau soal tempat makan enak dan harga murah. Cocoklah ama gua yang sama-sama tahu, jadi kita berdua bisa saling melengkapi. 

Setelah dapat rekomendasi si Ambu, gua chat si Deb buat makan Bakmie bareng di hari Rabu. Gua ajak jam 6 Sore setelah dia pulang kerja. Tetapi berhubung dia ada lembur, kita baru bisa ketemuan jam 7 Malam. Btw, walaupun kita tinggal sekota tetapi bisa dibilang kita jarang ketemu karena masing-masing punya kesibukkan.

No problemo, tidak masalah karena gua juga masih ada yang harus dikerjain. 

Tetapi ternyata gua salah perkiraan karena urusan pekerjaan gua beres lebih cepat. Jam 5 gua sudah kelar dan masih ada waktu 2 jam menuju jam 7 buat makan Bakmie.

2 Jam gini enaknya dipake buat apa? Apa baca buku di Gramedia? Main Dance Dance Revolution di Game Master (emang bisa gitu San) atau pulang? Kalau pulang kagok juga sih. Takutnya sudah sampai rumah, gak mau keluar lagi.

Jawabannya adalah nge-Gojek dulu. Selama akun masih aktif, kita bisa kapanpun dan dimanapun nyalain aplikasi. Kebetulan posisi gua saat itu di Cihampelas dekat Mall Ciwalk (Cihampelas Walk) jadi kalau aplikasi dinyalain, pasti langsung 'centring'.

Nyalain dan gak lama kemudian, orderan langsung masuk murudul. Orderan yang masuk kebanyakkan orderan Go-Food. Terpaksa gua skip karena bakalan habisin waktu. Orderan Go Food yang masuk banyak banget, mulai dari KFC, Burger King, Kaboobs, Bakmie GM, Rice Bowl, dll. Semuanya gua skip karena inceran gua adalah orderan Go Ride yang arahnya ke arah Deb.

Biar sekalian gitu.

Doa gua terkabul karena setelah gua banyak lewatin orderan Go Food, ada 1 orderan Ride yang masuk. Atas nama Ryan, rating penumpang sekitar 4,8 dan tujuan ke arah Alfamart Mohammad Toha. Biar gak deket-deket amat ama rumah Deb tapi arahnya masih sama. Gua ambil itu orderan dan gua chat, "Selamat Sore mas Ryan. Dijemput di Ciwalk? Posisi saya sekarang ada di luar Ciwalk"

Posisi gua emang berada gak jauh dari Ciwalk dan berhubung Cihampelas jalan 1 arah, jadi gua mengarahkan si Ryan untuk keluar dari Ciwalk.

"Mas Ryan keluar terus belok kiri. Nanti ketemu Toko Tas Westpack, nah saya di depan Toko. Pake jaket hitam" 

"Ok, sebentar saya cari jalan keluar Ciwalk dulu. Saya tanya ke Satpam dulu"

Kalau dilihat dari balasan si Ryan, gua nangkepnya si Ryan ini bukan orang yang doyan main ke Mall Ciwalk karena dia sendiri bingung jalan keluar menuju Ciwalk. Setelah sedikit lama menunggu, Mas Ryan menepuk pundak gua dan bertanya apakah gua Driver yang menerima orderan dia? Gua jawab iya.

Perawakan Ryan ini kurus, umurnya gua rasa masih sekitar 20 tahuhan dan 1 hal yang paling gua inget adalah dia menggunakan polo berwarna merah dengan kerah biru yang identik dengan seragam Alfamart. Polo tersebut ditutupi jaket tetapi masih terlihat jadi gua bisa memastikan kalau sepertinya Ryan ini kerja di Alfamart.

Ternyata tebakkan gua tidak salah karena tujuan dia ke Alfamart Mohammad Toha. Dalam benak gua, gua berpikiran kalau Alfamart lagi bikin acara di Ciwalk jadi karyawannya diajak semua ke Ciwalk.

Seperti biasa gua memulai obrolan dari basa basi sampai akhirnya Ryan cerita kalau tujuan di ke Ciwalk adalah "untuk bertemu seorang teman". Dia cerita sambil tersipu yang membuat gua berkeyakinan kalau teman yang dimaksud adalah seorang perempuan dan dia janjian mau ketemu ama temannya itu.

Gua pancing-pancing dikit dan Ryan pun mulai bercerita. Awalnya dimulai dari Ryan yang bekerja sebagai kasir di Alfamart. Dia berbagi tips rahasia buat mendekati wanita. Kasih tau gak ya?

Kasih tau deh.

Jadi si Mas Ryan bilang kalau misalnya ada kastamer yang lagi beli pulsa di Alfamart, gampang banget dimodusin. Caranya gimana?

Si Kastamer kan pasti ngasih nomor dia buat diisi pulsa, nah nomor dia catet aja. Nanti Malamnya, chat si Kastamer, tanyain "Kak, maaf ini dari Alfamart. Pulsa yang Kakak beli tadi siang sudah masuk belum ya? Maaf soalnya tadi jaringan di Toko error"

Padahal pulsa sih pasti sudah masuk dari siang tapi ini hanya modus basa-basi. 

Mendengar cerita dari Mas Ryan ini membuat gua kepengen jadi agen pulsa terus jualan pulsa buat modus, wkwkwkwk

Nah kebetulan kemarin, si Mas Ryan ketemu Kastmer yang pernah 1 Sekolah ama dia tapi si Mas Ryan malah gak ingat (yang ingat si Kastamer perempuan) dan momentnya pa pulas. Pas lagi isi pulsa, sempat ada gangguan jaringan jadi Malamnya si Mas Ryan nge-WA si Kastamer cewek manis itu.

Cerita pun makin seru dan gua larut dalam cerita mas Ryan. Tapi sialnya, di tengah perjalanan, ban motor gua mendadak goyang. Anjay, bocor dong. Udah pake ban tubles masih aja bocor.

Gua bocor di daaerah Wastukencana dan gua inget dekat Pasar Bunga ada tambal ban. Gua minta maaf dulu ke Mas Ryan dan gua dorong motor sampai tambal ban.

Mayan jauh jir. 10 menitan, gua sampai ke Tukang tambal ban dan ternyata ban gua robeknya lumayan parah jadi mau gak mau harus ganti ban dalam.

Suek, malah keluar duit buat ganti ban dalam.

Gua duduk di trotoar sembari menunggu ban dibuka. Mas Ryan duduk di sebelah gua dan dia pun mulai melanjutkan cerita.

Si cewek ternyata bekerja sebagai SPG dan hari ini dia lagi ada Event di Ciwalk tepatnya di Yogya Departemen Store. Dan Mas Ryan mau ngasih kejutan dengan datang ke tempat si Kastamer Pulsa.

Kalau dari sudut pandangan gua ya, ini terlalu cepat brur! Kan kemarin baru mulai chat kok sudah mau ngasih kejutan lagi?

Terus gua nanya tadi ketemu gak, Mas Ryan bilang enggak ketemu karena si Kastamer Cewek sudah pulang karena mau ke BIP ketemu temennya. Ini gua rasa si Kastamer cewek agak risih dengan cara si Mas Ryan jadi dia alasan. Kalau misalnya dia respect mah, dia pasti nungguin si Ryan kan karena si Ryan bilang ke gua dia sudah dari 1 siang di Ciwalk buat nungguin si Kastamer Pulsa.

Gua jemput dia sekitar jam 6 Sore, artinya si Ryan dari Jam 1 Siang sampai jam 6 Sore di Ciwalk kan? Masak iya dia gak ketemu ama si Kastamer yang bekerja sebagai SPG?

"Iya gak ketemu, soalnya dia susah dihubungi. Terus pas bisa dihubungi dia bilang harus ke BIP ketemu temennya"

Gua kepo, dan gua tanyain dari jam 1 siang ampe jam 6, Mas Ryan ngapain aja di Ciwalk?

Kalau gua pribadi mah gak bisa ya lama-lama gitu di Mall. Gua pergi ke Mall kalau ada tujuan. Misal mau beli komik Ninja Hattori. Habis beli ya pulang bukan berdiam diri di Mall atau jalan keliling Mall.

Mas Ryan cerita kalau dia main di Game Master dan Makan. Dan yang paling bikin gua shock luar biasalah adalah Ryan bilang kalau dia habis 250rb di Game Master!

250rb? Buat apaan? Buat pamer skills main Dance Dance Revolution terus biar dikagumi pengunjung yang lain? Tapi si Mas Ryan gak ada tampang sama sekali bisa main Dance Dance Revolution deh.

Ternyata 250rb itu habis buat main 'UFO Catcher' alias mesin capit boneka. Terus mana bonekanya?

250rb habis tidak bersisa karena Ryan gagal dapat satu pun boneka? Mas Ryan, dibanding uangnya habis beli saldo buat main di Game Master kenapa gak beli di Miniso aja.

Banyak kan boneka boneka lucu di Miniso yang kisaran 80rb - 150rb. Lucu-lucu juga bentuknya dibanding main capit boneka.

"Iya, saya mau berjuang depatin boneka buat dia. Kalau beli mah rasanya kurang, kurang berjuang"

Gua gak tau berapa gaji pegawai Alfamart tapi kalau gua pribadi 250rb buat main Game Master mah kebablasan ya. Kalau udah 3x gagal dapetin boneka, ya wes bukan yang penasaran jadi main terus.

Gua ngebatyang si Mas Ryan lagi main mesin capit boneka terus di belakang dia banyak bocil yang ngeliatin dia sambil bisik-bisik "Bego ya si Masnya gagal mulu" atau "Masnya banyak dosa ya jadi gagal terus"

Dibanding main UFO Catcher kenapa gak pake cara klasik. Cara klasik ini sebenarnya warisan turun temurun tapi gua rasa masih relevan dipakai di era sekarang. 

Iya, iya gua kasih tau caranya deh. Caranya gini. Kamu mau ngasih sesuatu ke gebetan kamu. Anggap aja mau kasih boneka. Kamu ajak deh Gebetan kamu, terus bilang gini "Eh, saudara aku bentar lagi ulang tahun. Aku mau kasih hadiah boneka buat dia tapi aku bingung. Kamu pillihin dong nanti aku traktir makan deh"

Kalau sudah sampau di toko boneka, kamu bilang aja gini "Pilih aja yang kamu suka. Aku rasa pilihan kamu pasti sama kayak keponakan aku yang suka".

Setelah lama memilih, kecengan kamu akhirnya memilih boneka yang lucu dan yang dia suka. Dan pas kamu nganterin dia pulang, di depan rumahnya kamu bilang kalau sebenarnya keponakan kamu gak ulang tahun dan boneka itu buat dia.

Dijamin bikin hati si kecengan klemer, ahay.

"Iya bener juga ya. Kenapa saya gak kepikiran ya" respon si Mas Ryan setelah gua berbagi rahasia turun temurun ini, hahaha

Gua pun kepo, si Mas Ryan makan apaan ya di Ciwalk. Gua nanya "Mas Ryan, makan apa di Ciwalk"

Dia bilang, dia mesen Ayam ditepungin terus disiram kuah. Gua gak ngebayang, apa ya ayam tepung disiram kuah. Swike gitu? Tapi Swike mah daging katak kan ya bukan daging ayam.

Terus gua nanya apa namanya Restorannya, Mas Ryan gak bisa mengingat. Dia bilang ada di barisan depan, Rice Bowl gitu rapi kata dia bukan soalnya gak ada tulisan Bowl Bowl-nya.

Dan jujur, sampai sekarang masih menjadi misteri buat gua pribadi, apa nama Restoran tempat Mas Ryan makan dan apa nama menu Ayam disiram kuah yang dimakan Ryan.

...........................................................

Ban gua sudah berhasil diganti. Biaya pergantian ban dalam sekitar 85rb, ajig mahal banget. Selama perjalanan menuju Alfamart Moh Toha, Mas Ryan masih melanjutkan ceritanya dan dia begitu yakin terhadap si kastamer pulsa itu.

Padahal mereka baru kemarin ketemu tapi si Mas Ryan sudah sengebut ini bertindak. Seperti yang gua tulis tadi di awal, gua punya keyakinan kalau akhir cerita Mas Ryan dan Kastamer Pulsa itu akan berakhir seperti yang gua tulis.

Mas Ryan nembak via chat, ditolak dan Mas Ryan bakalah chat "Maaf ya, aku sudah ganggu hari-hari kamu. Aku janji gak bakalan hubungin kamu lagi, maaf sudah mengganggu selama ini. Hapus aja nomor aku ya"

"Terima kasih Mas Sani. Oh iya ini buat Mas aja" kata si Ryan sambil memberikan 1 kresek berlogo donat J.CO. Jadi setelah selesai makan, si Mas Ryan nunggu di J.CO buat nunggu balasan dari Kastamer Pulsa yang belakangan malah pergi ke BIP.

Gua menolak halus tetapi dipaksa. Isi kresek itu 1 buat Ice Blend J.CO yang sudah nampak mencair es batunya. Di atas Ice Blend ada 1 donut polos J.CO, ini kayaknya promo deh. Beli Ice Blend bonus donut polos J.CO.

Gua jadi mikir, ini demi buat ketemu si Kastamer Pulsa yang bekerja jadi SPG di Ciwalk, si Mas Ryan udah habis banyak banget ya. Ongkos Mohammad Toha - Ciwalk 20rb sekali jalan. Kalau PP artinya 40rb. Main di Game Master habis 250rb, makan di Restoran yang gua gak tau namanya sampai sekarang sekitar 75rb terus nunggu di J.CO sekitar 50rb. 

Kalau buat orang kaya sih mungkin gak masalah tetapi bukannya merendahkan atau gimana, menurut gua lumayan banget ya buat ukuran kasir Alfamart.

"Nanti kalau ada apa-apa, main kesini aja ya Mas Sani. Saya tiap hari disini terus tidurnya di lantai 2 toko"

"Ok Mas Ryan, sampai bertemu lagi"

............................................................................

Gara-gara gua keasyikan cerita ama Mas Ryan ditambah dengan insiden ban pecah, gua malah LUPA kalau gua ada janji makan Bakmie ama Deb. Gua cek WA dan muncul deretan chat WA dari Deb yang nanya gua dimana. HP selalu gua silent jadi gua gak sadar kalau Deb menghubungi gua.

Wah, gua harus mempersiapkan bujuk rayuan ala Sani biar Deb gak ambek. Gua duduk di trotoar jalan dekat Kurdi, sambil menikmati Donut polos pemberian Mas Ryan. Rasanya masih lumayan enak.

Jam sudah menujukkan pukul 8 Malam. Janji makan bakmie sudah fix batal karena sudah terlalu Malam. Gua seruput Ice Blend pemberian Mas Ryan, rasanya jadi tawar karena es batunya sudah mencair sehingga tidak tersisa satu pun es batu.

Iya tawar, seperti hubungan Mas Ryan dan si perempuan, tawar karena hanya Ryan yang bergerak maju dan si perempuan hanya diam dan perlahan menjauh.