Minggu, 31 Desember 2017

Menutup Tahun

Pernah salah masuk ke undangan orang? Kalau belum pernah, selamat artinya kamu hebat.

Belum lama ini, gua bener-bener sue bener deh. Gua yang biasanya jarang banget datang ke undangan orang eh sekalinya datang malah salah masuk ke undangan orang.

Malu gak San? Biasa aja sih San sebenarnya mah, hahahaha. Dasar gak tau malu si Sani

Ceritanya bermula dari keluarga gua diundang ke pernikahan salah satu temen yang pernah satu Gereja ama gua dulu. Kakak gua kebetulan gak bisa datang dan Nyokap gua juga kebetulan lagi demam jadi gak bisa datang.

Nyokap terus mendesak gua biar datang, gua sih menolak seperti biasa karena gua memang menghindari pertemuan yang mengharuskan gua bertemu dengan banyak orang + gua emang ngerasa gak nyaman berada di tempat yang ramai.

Tapi ya, yang namanya Ibu kalau sudah mau, wah ampun deh. Ngedeseknya luar biasa terus ngomongnya aneh-aneh macam gini "Coba nanti kalau kamu yang nikah terus pas kamu nikah gak ada yang datang".

Ya, iya gua datang deh. Dibanding diberondong omelan tanpa henti akhirnya gua okein buat datang. Gua nanya undangannya dimana, terus kata Nyokap di Galeri Ciumbeuleuit.

Setau gua ya, Galeri Ciumbeuleuit itu Apartemen deh dan disebelahnya ada Hotel Haris. Jadi mungkin maksud Nyokap gua, pernikahannya di Hotel Haris yang letaknya di sebelah Galeri Ciumbeuleuit.

"Oh di Hotel Haris. Jam berapa Ma?" tanya gua ke Mama

"Mulai jam setengah 7. Mau pake baju apa, mau mama setrikain"

"Datengnya mepet aja kalau gitu, biar dateng, makan, terus langsung pulang"

Undangan jam setengah 7, gua berangkat dari rumah jam 6:15, sengaja dipepetin waktunya biar cepet pulangnya nanti dan gak usah ketemu banyak orang.

Setelah sampai di Haris, gua parkir di basement dan naik lift ke wedding room. Sambil ngancingin jas, gua jalan menuju penerima tamu. Nulis nama, masukkin amplop dan gua dapet voucher buat foto.

Foto bentar, cekrek-cekrek (buat bukti kalau ke Mama kalau gua beneran datang), gua masuk dan acaranya ternyata sudah dimulai. Pas gua datang, pas banget Pendeta lagi mimpin buat doa makan dan ehem, pas banget nih waktunya berkeliling cari makanan enak.

Tapi ada satu keanehan, keanehannya adalah kenapa gak ada satu orang pun yang gua kenal Minimal gua harus ketemu ama si Diana, si Diana itu temen gua dan temen si Ocha yang nikah. Harusnya dia ada di depan buat nerima tamu tapi kok ini gak ada.

Gua ngantri di stand salmon sambil celingak celinguk cari temen dan ANEHNYA gak ada satu orang yang gua kenal. Di depan ada karangan bunga tulisan 'Happy Wedding Philip & Maya'.

Kok Maya sih, setau gua nama dia Rosalina dipanggilnya Ocha kan. Gua mikirnya gini, kebetulan dia itu sempat pindah keyakinan, jadi mungkin aja dia dibaptis terus dia dikasih nama baru. Bisa kan?

Positif aja, gak mungkin juga gua salah tempat, pikir gua sambil ngunyah Salmon (baru ngerasain gua yang namanya Salmon kayak apaan, kikikikik)

Kebetulan disana ada petugas kebersihan dari Hotel Haris terus gua tanya "Mbak maaf, hari ini pernikahan cuma ini aja? Apa ada di room lain ya"

"Oh untuk hari ini, pernikahan cuma di room ini aja pak"

Hm ok, artinya bener deh. Gua icip-icip makanan di banyak stand dan setelah puas gua mau cabut buat balik. Pas gua mau salaman, anjir kok mukanya beda amat ya. Si Ocha kan orangnya kecil, ini kok besar dan montok gini.

Gua urungkan niat gua buat salaman dan setengah berlari menuju basement. Disana, gua telpon ke Mama, "Ma, itu undangannya liat lagi. Nikahnya dimana, jam berapa. Itu orangnya kok beda"

"Iya,iya bentar. Nikahnya di Galeri Ciumbeuleuit jam setengah 7 malam, iya hari ini"

"Ih Mama mah. Nikahnya di Galeri Ciumbeuleuit bukan di Hotel Haris. Mama mah ngomongnya di Hotel Haris"

"Ih Mama gak pernah ngomong di Hotel Haris". Dan sampai detik ini, masih menjadi misteri siapa yang pertama kali memunculkan 'Hotel Haris' dan gua juga baru tahu kalau Apartemen Galeri Ciumbeuleuit di lantai dasarnya bisa disewa untuk pernikahan.

"Gimana nih Ma, mana aku udah ngasihnya gede lagi. Perlu datang ke si Ocha"

"Terserah kamu aja" kata Nyokap sambil nahan geli di ujung telpon. Sekalinya datang ke undangan eh salah masuk undangan orang dah. Sue

Gua cek dompat, ada uang 100rb. Tapi gak enak juga ngasih cuma 100rb plus gua gak bawa amplop cadangan. Tapi kalau gak dateng, gak enak juga. Timbang bentar, akhirnya gua putuskan datang aja ke undangan si Ocha.

Permikahan si Ocha sama yang gua nyasar, sama pula mulainya jam setengah 7 malam. Bisa gini, kebetulan yang tidak terduga.

Keluar dari basement parkir Hotel Haris, gua masuk ke basement parkir Galeri Ciumbeuleuit. Jaraknya itu loh sebelah-sebelahan dan masih di 1 komplek yang sama. Keluar terus masuk terus keluar lagi (awas mikir jorok).

Gua pake jas bentar, rapihin baju dan setengah berlari ke wedding room di Gancit (Galeri Ciumbeuleuit). Nah ini dia baru bener, pas gua masuk ada si Diana, Fenny, dll yang jadi penerima tamu. Gua kenal semua ini mah. Sambil senyum-senyum gua cerita ke si Diana kalau gua salah masuk ke undangan orang dan bilang kalau amplopnya buat si Ocha nyusul aja ya.

Pas gua minta souvenir buat bukti ke Nyokap, eh gak dikasih dong. Gilak nih orang, hati nuraninya sama sekali gak tergugah liat gua. Tapi untung ada Fenny yang baik hati, gua langsung dikasih voucher dan lu tau gak itu voucher apa. Iya voucher foto lagi. Kombo bener, foto lagi. Dalam 1 hari bawa 2 foto dari pernikahan yang berbeda.

Di dalem, gua baru ketemu temen-temen Gereja. Ini nih baru bener, gua kenal semua terus gua cerita, cerita gua nyasar masuk ke kondangan orang dan semuanya ngakak.

Pas hari Minggunya, pembicaraan ini ternyata belum berakhir. Nyokap gua banyak ditanya "Tante, itu si Dede (gua maksudnya) kok bisa sampai salah masuk kondangan orang" Semua orang ketawa ngakak dan gua cuma nunduk nahan malu.

Ya Allah -_-

.................................................................................................

Menutup tahun ini, gua kemaren dapat kabar kalau gua jadi juara 1 di kompetisi menulis yang diadakan oleh satu situs berita terkemuka.

Gua menulis tentang keberagaman, politik, dll. Pasti gak percaya kan kalau gua bisa nulis kayak gitu kan?. Maklum sejak gua menulis blog dari awal, gua sudah bertekad gak bakalan nulis apapun tentang agama, politik, dll di blog gua ini meskipun gua sebenarnya menyukai menulis tentang hal itu semua.

Selain itu, situs www.MyDirtSheet.com terpilih menjadi pemenang di Piala Maya 2017 untuk kategori blog film terbaik. Situs ini dikelola oleh salah satu temen deket gua si Arya Putra dan gua juga nulis disana.

Piala Maya 2017 adalah penghargaan untuk insan perfilman yang penilainnya diambil dari dunia maya. Sangat membanggakan karena bisa disandingkan dengan nama beken sepert Joko Anwar (sutradara Pengabdi Setan), Ayu Laksmi (pemeran 'Ibu' di Pengabdi Setan) sampai Jefri Nichol.

Sayang gua kalah ganteng ketimbang Jefri Nichol, hahahaha.

Gua mengawali tahun 2017 dengan kurang baik karena satu hal tetapi gua bersyukur di tahun ini bisa berjalan dengan baik. Tahun depan, masalah baru pasti ada tetapi berkat baru pun pasti datang. Semoga hiudpmu selalu bahagia ya!

Cara terbaik untuk meramal masa depan adalah dengan menciptakan masa depan itu sendiri :)

Sabtu, 09 Desember 2017

Sabtu Bersama Kakak

Hari Sabtu tanggal 11 November kemarin, akhirnya Kakak gua menikah dengan pujaan hatinya. Pemberkatan dilakukan secara Agama Katholik dan resepsi pernikahan diadakan di daerah Ciumbeuleuit Bandung.

Setelah 1 tahun bekerja keras dan urus ini-itu akhirnya proses pemberkatan dan pesta pernikahan bisa digelar. Gua sendiri gak terlibat langsung tapi gua bisa ngerasa kalau Kakak gua emang kerja keras biar semua acaranya bisa berjalan baik dan lancar.

1 hari sebelum hari pernikahan (hari Sabtu), kita berempat diboyong ke sebuah Hotel berbintang buat persiapan. Kakak nyewa 1 kamar luas buat kita berempat tidur bareng. Jadi kita datang ke Hotel hari Jumat Malam buat tidur disana dan subuhnya Kakak dan Nyokap dirias. Kalau gua dan Bokap sih gak perlu dirias secara mukanya udah mentok, mau digimanain juga susah, ahahahaha.

Jam 8 Malam kita sudah tiba di Hotel dan sekarang kita semua bingung mau ngapain ampe besok Pagi. Bokap sih bisa ngerokok depan kamar buat membunuh waktu dan Nyokap bisa nonton TV, lah gua mau ngapain.

Mereka sudah paham kalau gua gak bisa diem dan gak ngapa-ngapain secara gua sudah aktif sejak kecil. Untungnya gua bawa banyak buku, jadi bisalah dipakai buat membunuh waktu.

Jam 11 gua sudah mengantuk dan sebelum tidur, gua perhatikan Nyokap, Bokap, dan Kakak. Semuanya gak bisa tidur, paling keliatan itu Kakak gua yang mukanya tegang. Kalau gua menggambarkan raut muka Kakak gua adalah sama persis pas nama gua dipanggil buat Test Nyanyi pas masih sekolah. Tegang iya, takut iya, pengen pipis iya. Semuanya jadi satu.

Gua terlelap dan sekitar jam 3 subuh, ada yang ketuk pintu kamar Hotel. Ternyata Tim Make Up sudah datang dan mereka mau merias Nyokap dan Kakak dan pas gua bangun, gua liat Kakak, Nyokap dan Bokap masih bangun. Artinya mereka gak tidur jir, mungkin karena gak biasa ya tidur, bukan di rumah sendiri,

"Lu gak tidur?" tanya gua ke Kakak

"Enggak bisa. Lu tidur enak banget, pake ngigau segala"

Ngigo apaan ya gua. Semoga bukan igauan porno, bisa gawat kalau kedengeran Nyokap gua.

Pemberkatan dimulai jam 8 dan gua melanjutkan tidur gua yang belum tuntas. Maklum gua seharian kerja jadi bawaannya capek dan pengen tidur.

Gua bangun jam 6 Pagi dan lihat Nyokap gua sudah habis didandanin dan reaksi pertama gua liat Nyokap gua adalah 'Anjir, Nyokap gua kok jadi cantik gini'. Asli, keren banget yang make up Nyokap gua. Gua gak tau mereka pake dempul merk apa tapi Nyokap gua jadi mirip Mamanya Raffi Ahmad si Mama Ami,

Dari kasus ini gua sekarang sadar bedanya make up yang merk Wardah ama yang merk luar. Beda banget jir kualitasnya.

Kakak gua sudah ganteng, sudah pake jas pengantin lengkap. Rambutnya klimis, dipakein Pomade. Makin ganteng aja lu, nyesel deh itu mantan lu semua, ahahaha. Kakak gua menjalani sesi foto dan selama difoto gua sarapan dulu.

Setelah beres sarapan, gua mandi dan ganti baju. Khusus untuk pernikahan Kakak gua, gua niat beli Jas lengkap 1 stel biar rapih, bersih, wangi. Kalau kamu gak dilahirin ganteng setidaknya kamu itu bersih, rapih dan wangi biar enak diliat #tips

Kita kemudian berangkat ke Gereja Kamuning buat Pemberkatan. Sebelum hari pernikahan, gua dan Kakak sempat terlibat pembicaraan serius. Jadi gua disuruh buat jalan di belakang Kakak dan Ortu gua.

Gua gak mau karena sudah tau kan kalau gua emang paling gak suka berada di tempat keramaian dengan sorotan mata menatap ke arah gua? Setelah lama berdebat akhirnya gua mau jalan di belakang ortu. Sesekali nyenengin Kakak lah, jangan nyusahin terus.

Setelah prosesi itu berjalan, kita melakukaan Misa Pernikahan. Gua duduk di belakang ortu dan Albert Ambu ada di sebelah gua karena kebetulan di jadi Best Man Kakak gua.

Misa dimulai dan di pertengahan gua sudah gak betah. Gua bukan orang yang bisa duduk diem, gak ngapa-ngapain tapi demi Kakak gua, ini harus gua jalani. Gua dari TK sampai SMA sekolah di sekolah Katholik meski gua sendiri beragama Kristen dan baru kali ini gua bisa duduk di posisi paling depan pas Misa.

Gua jadi bisa lihat Pastur pas lagi mecah roti buat Komuni sampai saat lonceng dibunyikan.

"Oh gitu toh ya Mbu bentuknya. Gua baru liat bentuk lonceng Misa" kata gua ke Ambu.

Di prosesi paling khusyuk ketika Kakak gua dan Istri meminta izin ke orang tua, gua jadi sedikit terharu. Nyokap gua nangis segugukan ya wajarlah karena Kakak sudah diurus sejak kecil ama Nyokap.

Gua jadi sedikit terharu tapi mencoba untuk tidak menangis, nanti bedak gua luntur eh gua mah gak pake bedak ketang. Gua terharu karena orang yang tiap hari bersama gua bakalan memulai kehidupan barunya. Orang yang selalu menjaga dan menolong gua sampe temen berantem gua Main SmackDown di atas kasur bakalan pergi.

Setelah proses misa selesai, akhirnya Kakak dan Istrinya sudah sah sebagai pasangan suami istri di hadapan Tuhan dan Negara. Kita berfoto di Altar untuk dokumentasi dan saat foto khusus keluarga gua (Nyokap, Bokap, Kakak & Istrinya, dan gua) selesai, gua peluk Kakak gua di atas Altar di hadapan puluhan orang yang datang.

Gua peluk itu sebagai rasa sayang gua ke Kakak dan bener-bener tulus terus pas gua peluk, Kakak gua bisik ke telinga gua "Lu lagi pencitraan ya".

Asem lu. Gua peluk dari hati yang terdalam malah disangka pencitraan, ahahahahaha. Pas gua turun dari Altar kan ada Jemaat Gereja gua yang datang, si Natalia langsung nyerocos "Gua tadi seperti melihat drama di atas Altar. Kebanyakkan drama lu"

Anjiiirrrrrrrrrrr, udah mah Kakak sendiri bilang gua lagi pencitraan sekarang orang Gereja bilang gua lagi Drama padahal apa yang gua lakukan tulus datang dari hati.

...............................................................................................................

Resepsi dimulai jam setengah 5 dan selama jeda waktu dari Misa ke Resepsi, gua dan Bokap pulang dulu. Istirahat dulu apalagi Bokap gua kan semaleman gak tidur karena gak bisa tidur.

Gua tau sebenarnya Bokap gua pengen pulang biar bisa ngerokok karena gak enak juga kan dia ngerokok di depan keluarga dari Istri Kakak. Jam 3 kita berangkat lagi dari rumah dan gua gak tau kenapa, pas hari itu jalanan super macet. Gua ampe takut, ini bakalan telat gak ya karena macet luar biasa.

Selain macet, hujan deras mulai turun dengan lebat. Gua jadi mikir, kalau hujan gini nanti pestanya gimana secara pestanya kan Garden Party di tempat terbuka.

Kita sampai di tujuan, sekitar jam 4, setelah menembus kemacetan yang luar biasa. Hujan belum berhenti dan sangat deras, Kakak gua lagi duduk termenung. Gua bisa merasakan apa yang Kakak gua rasakan, mungkin ini yang dibilang rasa seorang Kakak-Adik ya, dia khawatir acaranya akan berantakkan karena macet parah dan hujan deras. Jalanan macet karena ternyata di Sabuga lagi ada acara Wisuda Kampus ITB sehingga menghambat akses ke tempat acara Kakak gua.

Muka Kakak gua masih terlihat tenang tapi gua ngerasa betul kalau hati Kakak gua gak tenang, dia bilang ke gua "Tenang EO-nya sudah punya rencana cadangan kalau hujan gini" Sayang hujan deras padahal dekornya sudah keren banget. Gua bilang ini keren banget dekor di tamannya.

Jam 5 lewat hujan belum juga berhenti dan disitu gua liat Kakak gua sudah mulai gak tenang. Di momen itu, entah kenapa gua jadi teringat momen gua sewaktu masih kecil. Ada 2 momen yang langsung teringat di kepala gua ketika gua liat raut muka Kakak gua yang penuh rasa khawatir.

Waktu gua masih SD kelas 1, gua inget pernah dibeliin Chiki Ball ama Nyokap gua. Kalau gua dibeliin pasti Kakak gua juga dibeliin, gak mungkin satu dibeliin tapi satu lagi gak dibeliin. Kakak gua waktu kecil makannya cepet dan langsung habis. Sedangkan gua makan diirit-irit biar bisa dimakan nanti.

Kakak gua menghampiri gua dan minta Chiki Ball gua, ya gua kasih. Terus biar gampang, gua tumpahin chiki ball-nya ke lantai biar kita berdua gampang makannya (ya maklumlah masih kecil, jadi gua gak ngeh kalau itu kotor).

Kita makan berdua dan pas makan, Nyokap gua lewat terus dia marah ngeliat gua dan Kakak makan chiki yang ditumpahin ke lantai. Gua yang kena marah secara itu Chiki punya gua dan gua pula yang numpahin, gua sedih karena dimarahin. Pas gua lagi murung, Kakak gua menghampiri gua dan ngomong "Sudah, sudah, gak usah nangis. Ada Kakak disini"

Beranjak pas gua SMP, gua pernah (ehem) tinggal kelas, ahahahahahaha. Seperti yang pernah gua tulis, gua ini bukan orang yang pintar secara akademis (prestasi gua di luar akademis), Disaat gua tinggal kelas, Kakak gua rangking 5 besar di SMP Angela. SMP Angela adalah salah satu SMP swasta paling favorit di Kota Bandung dan lu bayanginlah betapa jomplangnya gua. Disaat gua gak naik kelas, Kakak gua malah rangking 5 besar.

Gua gak dimarahin ama Ortu tapi gua didiemin untuk jangka waku yang lumayan lama. Gua sedikit aneh, kenapa ya gua gak dimarahin. Belakangan gua tahu, ternyata Kakak gua yang minta ke Bokap gua buat gak marahin gua. Dia bilang, dia gak usah dikasih hadiah apa-apa karena masuk 5 besar tapi dia minta supaya Bokap gak marahin gua,

"Kamu harus janji rajin belajar ya nanti, nanti kalau ada yang ngerti nanya aja ke Kakak" kata Kakak gua pas dia nasehatin gua supaya gua rajin belajar.

"Sudah, sudah gak usah nangis. Ada Kakak disini" kalimat itu langsung melintas di kepala gua pas gua lihat Kakak gua yang sudah mulai khawatir karena hujan tidak juga kunjung reda.

Gua pegang pundak dia, gua bilang "Lu gak usah khawatir, hujan bakalan reda. Ada gua di sebelah lu". Gua emang bukan pawang hujan yang bisa nyetop hujan tapi gua yakin kalimat itu akan menenangkan dia. Persis seperti dia menenangkan hati gua dulu.

...........................................................................................................

Ternyata Tuhan mendengar doa kita semua karena tepat jam 6 Sorem hujan berhenti dan prosesi pun segera dimulai. Prosesi awal seperti potong kue pernikahan sampai Wedding Toss berjalan dengan lancar sampai sesi makan. Dan pas sesi makan dimulai, hujan turun lagi. Gua rasa Tuhan memang sengaja menahan hujan sampai prosesi awal ini selesai.

Untuk makan, kita gak usah khawatir karena baik menu utama maupun stand letaknya tertutup jadi gak usah takut hujan, tamu pun mulai berdatangan dan denger dari cerita mereka kalau jalanan emang macet parah.

Ada satu hal yang aneh, gua kalau lagi datang ke undangan (biarpun gua jarang banget datang ke undangan orang) pasti seneng ya liat dan icip-icip makanan yang tersedia tapi entah kenapa pas pernikahan Kakak gua sendiri, gua kok gak pengen makan apa-apa. Padahal ada 13 stand yang tersedia, belum termasuk 1 Main Course dengan 6 Menu.

Ambu ngomong ke gua "San, steak ama satenya enak banget, cobain deh" Gua sempet icip satu tusuk sate tapi gua gak pengen nambah atau gimana ya. Intinya Malam itu gua gak pengen makan apa-apa, gak tau kenapa.

Pelepasan balon dan pesta kembang api jadi prosesi akhir. Semua bergembira, semua kenyang dan hujan kembali reda ketika acara pelepasan balor dan pesta kembang api. Gua mikirnya memang Tuhan sudah mengatur semuanya. Thanks GOD.

Gua sendiri ampun deh. Setiap ketemu orang pasti pertanyaannya adalah "Kapan nyusul, kapan nyusul". Ampe gua capek sendiri jawabnya. Jawaban gua adalah "Buat dulu, baru nikah".

"Buat apa?", gua jawab "Buat anak" sambil ngeloyor pergi

Makanan yang tersedia habis dan komentar semua orang adalah "Makanannya enak banget" atau "Juara banget steak ama Pizza-nya". Gua sendiri malah gak sempet makan Steak dan Pizza.

...............................................................................

1 bulan sudah Kakak gua menikah. Biar Nyokap gua gak sedih-sedih amat, gua beliin HP bagus yang bisa dipake buat WA atau Video Call, kalau dia kangen ama Kakak. Gua bikinin Instagram (follow ya akun Mama) biar kalau misalnya dia kangen ama Kakak, dia bisa mengalihkan dengan stalking resep atau artis siapa di Instagram biar gua sudah wanti-wanti gak usah comment apa-apa kalau dia media sosial (biar gak terlibat di debat gak penting).

Seperti janji kita waktu kecil, kapanpun kamu ada masalah, aku bakalan ada di samping kamu dan gak akan kemana-mana. Happy Wedding, cepet kasih cucu ke Mama ya

Jumat, 08 Desember 2017

Nge-Mie di Dapoer Mie

Minggu kemarin, gua dapet chat dari salah seorang temen lama gua. Dia temen SMP dan kita pernah sekelas waktu kelas 2 SMP. Namanya Albert, bukan Albert Ambu, ini Albert Dharmawan namanya.

Dia dapet nomor gua dari temen gua yang lain dan tujuan dia chat gua adalah gua diundang buat datang ke Kedai Mie dia yang ada di Jalan Seram. Gua diminta buat nulis tentang Kedai Mie dan Albert ini cerita kalau selama ini dia selalu baca blog gua.

Sebelum si Albert cerita, gua sendiri sudah tahu kalau dia punya Kedai Mie. Gua tahu dari si Ambu yang pernah cerita kalau Albert punya Kedai Mie di daerah Riung Bandung dan enak. Temen gua yang lain si Meli Pangemanan juga cerita kalau Albert punya Kedai Mie dan enak.

Untuk si Meli, gua sebenarnya agak meragukan lidah dia. Disaat orang keranjingan makan keju dia malah gak suka, lebih suka lumuran colenak. Bisa aja kan si Meli bilang Kedai Mie si Albert enak karena sehari-hari dia mentoknya makan Sarimi isi 2 rasa ayam kecap terus sekalinya dikasih Mie si Albert dia bilang enak banget. Bisa jadi kan?

Sebelum gua ngebahas soal Kedai Mie si Albert, gua mau cerita sedikit soal Albert. Gua pernah bilang kan kalau gua punya daya ingat yang lumayan oke dan gua punya beberapa kenangan yang melibatkan gua dan Albert waktu gua masih sekelas ama dia.

Gua ama si Albert sekelas di kelas 2E. Sebenarnya kita gak deket-deket amat karena gua mainnya ama si Ambu, Nugget dan si Albert ini mainnya ama si Erwin, Petrus Wimo, dll. Gua inget banget dia itu naksir ama si Restika tapi sayangnya dia gak ditaksir balik. Kurang skill full dia, ahahahahaha.

Sewaktu masih SMP, jelek-jelek gini gua masuk jadi Tim Inti sepak bola di SMP Providentia. Gua ekskul sepak bola dan berhasil lolos seleksi buat ikutan Kompetisi di luar sekolah. Ada 2 alasan kenapa gua ikutan ekskul sepak bola dan ikutan seleksi.

Alasan pertama adalah biar keliatan keren gitu. Pacar gua waktu itu adalah adik kelas dan salah satu cara untuk menggaet adik kelas adalah lu harus keliatan keren. Coba lu bayangin gimana kerennya kamu waktu nama kamu disebut terus dipanggil buat maju kedepan karena kamu berhasil membawa sekolah kamu juara?

Kedua adalah dengan ikutan ekskul sepak bola dan ikutan kompetisi di luar sekolah, maka kamu bisa pergi saat jam belajar di sekolah. Sekolah gua termasuk sekolah yang pelit buat kasih izin muridnya buat keluar di jam sekolah (maklum Sekolah Khatolik) dan dengan ikutan kejuaraan ini, gua bisa keluar dengan mudah.

Apalagi saat itu zamannya lagi ada pelajaran Seni Karawitan. Gurunya si Pak Endang dan udahlah gua Wallahu A'lam. Gua nyanyi pakai Bahasa Indonesia aja gak lulus, ini suruh pake Bahasa Sunda dan pake gerakan, YA MANA GUA BISALAH.

Kadang testnya nyanyi sendiri atau kadang juga nyanyi berkelompok. Kalau berkelompok, gua itu pasti 1 team ama si Nugget, dll dan gua yang jadi pengarah koreografinya alias yang bikin gerakan. Gua ngerasa sudah gerakan yang sudah gua buat sangat maksimal dan merangsang tapi entah karena kita terlalu kaku si Pak Endang pasti mencela 'Itu gerakan macam apa, Kayak Robot Gedeg aja kalian'

Buat gua, pelajaran Seni Musik dan Seni Karawitan adalah pelajaran paling menakutkan waktu gua SMP dan beruntungnya gua adalah dengan gua ikutan klub sepak bola, gua bisa menghindari pelajaran terkutuk itu.

Tiap Sore, gua rutin berlatih ama Kakak gua di depan rumah. Kebetulan dia juga main bola, posisinya jadi kiper di SMP Santa Angela. Posisi gua adalah defender (pemain belakang) dan gua sering curhat kalau gua pengen bisa cetak goal biar makin keren (dasar manusia haus akan pujian si Sani).

Rada susah sih secara posisi gua di belakang buat ngejaga gawang biar gak kebobolan. Kakak gua terus kasih usul, kenapa gak coba latihan tendangan bebas aja?

Hm, iya juga ya. Kenapa gak cetak gol dari bola mati aja? Jadilah tiap sore gua latihan tendangan bebas di depan rumah dengan Kakak gua sebagai kipernya. Seiring seringnya berlatih, gua ngerasa di satu titik gua sudah ketemu feel-nya dan ngerasa kalau gua ada kesempatan gua bisa deh cetak gol pas pertandingan.

.............................................................................................

Suatu hari, pas pelajaran olah raga, guru olah raga gua si Pak Trispin ngadaian pertandingan antar murid di kelas 2E. Jadi para laki di kelas 2E dibagi jadi 2 tim, Tim Erwin dan Tim Gua. 7 lawan 7 secara lapangan Providentia emang gak terlalu besar.

Gua 1 team bareng si Ruben, Banu Nugget, dll lawan Tim Erwin yang isinya Wimo, Albert, dll. Pertandingan dimulai (bukan pertandingan serius atau apa cuma fun games doang yang gak memperebutkan apapun) sampai di suatu momen, ada sedikit pelanggaran di deket kotak pinalti dan tendangan bebas buat tim gua. Posisinya sama persis kayak posisi gua kalau lagi latihan bareng kakak di depan rumah. Gua ambil bola itu, tempatkan di titik pelanggaran. Di depan gua ada Wimo dan beberapa teman yang lain bikin barikade buat penghalang dan yang jadi kiper adalah si Albert itu.

Pritttt, Pak Trispin meniup peluit tanda gua boleh nendang. Gua tendang bola itu dan lu percaya gak bola itu melengkung banget, melewati kepala di Wimo dan masuk di sudut kiri gawang si Albert. Si Albert cuma kaget sambil teriak 'Anjinggg' karena kaget gawangnya kebobolan kena tendangan melengkung gua.

Sampai detik ini, gua masih inget banget reaksi dan muka si Albert pas gawangnya gua jebol. Bet, gua yakin lu bakalan lupa ama moment ini tapi ampe sekarang gua masih inget betul gimana kagetnya lu dan teriakan 'anjingggg' lu itu pas gua jebol.

Kalau David Beckham liat tendangan gua itu, rasanya dia bakalan nelpon gua dan datang ke rumah gua deh minta diajarin cara nendang bola melengkung kayak gitu.

Pas goal, gua tidak melakukan selebrasi apapun (biasa lagi cool) padahal hati gua lagi girang. Di ujung gawang si Banu Nugget yang 1 team ama gua teriak 'Alus euy si Jaja'. Gua yang ngegolin eh nama Bokap gua yang dihina. Di sudut lain si Aditya Pratomo yang gak kebagian main teriak 'JAJA' sambil melakukan gerakan aneh (yang inget si Adit Pratomo pasti paham dia suka ngapain).

Saking bangganya gua dengan gol itu, malamnya gua sampe bikin tulisan. Gua kasih judul 'Miracle Shoot' alias tendangan ajaib. Gua masih inget gua nulis gini:

"Aku meletakkan bola di tanah, berharap tendangan ini menjadi gol. Gol untuk kemenangan tim kita. Aku tidak menghiraukan cacian atau teriakkan di telinga aku, yang aku mau adalah bola ini harus menjadi gol agar tim kita menang dan membawa kebanggaan kita semua"

Sungguh alay sekali padahal siapa juga yang caci dan teriak di telinga gua. Dan ini juga bukan pertandingan yang memperebutkan apapun, hanya pertandingan biasa di jam olah raga. Harap maklum saat itu gua masih kelas 2 SMP.

Di tulisan 'Miracle Shoot' itu gua tulis gini "Albert hanya mematung melihat bola hasil tendanganku masuk ke sudut kiri gawang dia. Dia diam seolah tidak percaya kalau gawangnya kebobolan karena tendanganku".

Jadi ya Bet, gua jamin gua akan pernah bisa lupain lu karena di penulisan pertama gua yang judulnya 'Miracle Shoot' itu, lu adalah lakon utamanya. ahahahahah

..........................................................................................................

Hal lain yang gua masih inget adalah sewaktu pelajaran BP (gua agak lupa pelajaran apa tapi seinget gua pelajaran BP/Budi Pekerti). Jadi pas pelajaran itu, kita dipecah jadi beberapa kelompok dan kebetulan gua dan Albert jadi 1 kelompok. Kita disuruh sharing masalah satu sama lain. Gua inget betul, lu cerita kalau lu lagi mengalami masalah keuangan dan lu buat kedai mie di depan rumah tetapi karena masih baru jadi masih sepi karena belum ada yang tahu.

Jawaban gua saat itu adalah 'Sabar ya bet, berdoa aja'. Gua sampai cerita ke Kakak gua pas Malam kalau gua punya temen lagi kena masalah finansial dan kata Kakak gua adalah 'Wah kasian ya, bantu doa aja'

Dan setelah 10 tahun lebih gak ketemu (setelah lulus SMP, gua emang gak pernah ketemu lagi ama Si Albert), gua kemarin ketemu lagi ama si Albert tepatnya di Kedai Mie dia yang dikasih nama 'Dapoer Mie'. Alamatnya ada di Jalan Seram (dekat Jalan Riau), letaknnya persis ada di depan Kantor Dinas Pertamananan Bandung. Kedai Mie Albert nyatu ama sebuah tempat nongkrong cozzy yang namanya 'Gedogan' dengan spesialis Kopi. Jadi disana kamu bisa duduk, nongkrong sambil ngopi. Eits, jangan lupa juga order Mie di 'Dapoer Mie' punya temen gua si Albert ya.

Gedogan tampak Depan

Dapoer Mie punya Albert
Disana gua disambut ama si Albert dan pacarnya si Ruth (buat Ruth sorry ya kalau baru kenal tapi udah gua bully aja, ahahahahaha). Gua mesen Yamien Manis + Baso dan Siomay dan rasanya gak usah ditanya. Enak banget, apalagi pangsit-nya juara. Albert cerita kalau pangsit dan kuah yang dipakai adalah resep turun temurun dari Neneknya dan dijaga kerahasiannya sampai sekarang.

Ya mirip Kolonel Sanders yang ngejaga resep rahasia ayam KFC sampai dia meninggal. Pantes aja enak Bet. Kuahnya gurih bener terutama tekstur mienya yang lembut, selembut belaian pacar. Kata gua yang paling juara adalah pangsitnya karena isian pangsit itu pake resep rahasia si Nenek Albert. 

Duh bet, kalau lu baik, kasih tau dong resepnya biar nanti gua minta tolong Mama gua yang masak.



Dulu, mantan partner (baca: pacar) adalah penggemar Mie Bakso. Biar dia seneng, gua sampai bikin daftar tempar Mie Bakso yang enak di Bandung. Jadi dalam 1 Minggu gua mampir ke beberapa tempat makan Mie Bakso dan kalau menurut gua enak, gua pasti bawa dia ke tempat itu. Coba kalau waktu itu gua sudah tahu kalau lu punya Kedai Mie seenak gini, pasti gua masukkin Kedai Mie lu di urutan nomor 1 deh, hehehe.

Dan yang lebih luar biasanya adalah harganya yang murah banget. Gua kira bakalan selevel Mie Naripan atau Mie Rica Kejaksaan yang harganya sudah dikisaran 40-50rb. Gak salah Bet? Buat 1 porsi yang enak gitu, lu kasih harga cuma 20rebuan? 

Jangan lupa ya buat mampir ke Dapoer Mie yang letaknya di 'Gedogan' Jalan Seram (depan Kantor Dinas Pertamanan Bandung dan persis sebelah Hotel Anggrek). Kalau kalian mesen bilang aja temennya Sani siapa tau kalian dapet malu eh dapet lebihan maksudnya (suwiran ayamnya dibanyakkin gitu, siapa tau kan).

Semoga lancar ya Bet usahanya dan semoga 1 tahun dari sekarang lu bisa bikin Kedai Mie sendiri. Amin.

NB: Buat temen-temen yang punya usaha dan mau dipromosiin, DM aja ya ke IG Stefanus.Sani. Berhubung reader blog gua lumayan banyak jadi siapa tau bisa terbantu.

Minggu, 03 Desember 2017

Nguber lagi

Masih ada yang kangen dengan cerita UBER gua? Kalau kata 'kangen' dianggap berlebihan, kamu boleh ganti dengan kata 'peduli'. Jadi pertanyaannya bakalan gini:

"Masih ada yang peduli dengan cerita UBER gua?"

Ada 2 alasan kenapa gua sedikit mengurasi cerita soal UBER, alasan pertama adalah sampai hari ini, banyak temen gua yang masih nuduh kalau gua adalah Driver Modus yang sengaja jadi Driver buat modusin penumpang gua cantik-cantik.

Temen gua si Ambu adalah orang yang paling vokal nuduh gua kalau gua adalah Driver Modus. Sungguh sebuah tuduhan keji, ahahahahaha. Yang namanya modus mah minimal muka ganteng lah, gua ganteng aja gak, gimana mau modus. Dan seperti yang sering gua tulis, sampai hari ini gua gak pernah ngajak penumpang gua yang cantik buat jalan atau sekedar ngechat 'Hi, masih inget aku gak? Ini aku yang waktu itu nganterin kamu.

Itu jelas bukan gua banget. Gua jarang banget chat duluan, ke temen sendiri aja jarang, gimana ke orang yang baru kenal.


Alasan kedua adalah tentang image gua yang sekarang jadi Driver Ojek Online, ahahaha. Gua punya banyak silent rider di blog gua dan kalau salah satu dari mereka ketemu ama gua, pasti pertanyaanya adalah 'Sani, Ubernya gimana?'.

Bukan cuma 1-2x tapi setiap ketemu temen lama atau saudara, pasti yang ditanyain itu mulu.

Sebenarnya gak apa-apa sih tapi karena itu, pekerjaan asli gua jadi ketilep dan orang taunya gua adalah Driver UBER full time meskipun gua sudah sering banget nulis kalau gua tidak benar-benar menjadi seorang Driver Ojol.

..............................................................................................

Temen gua si Ambu punya usaha jualan roti bakar. Letaknya di halaman parkir sebuah Family Store dan dia pernah cerita ke gua, kalau penanggung jawab Family Store itu orangnya nyebelin banget.

Gendut, pendek, usia sudah 40 tahun lebih dan belum nikah. Eits, jangan marah dulu yes. Gua gak mengeneralisir kalau perempuan gendut, pendek, dan belum nikah itu nyebelin ya.

Kalau perempuan usia sudah hampir 40 tahun dan belum nikah itu (berdasarkan pengalaman gua) itu ada 2 kemungkinan. Pertama dia emang punya kaul tidak mau menikah atau kedua (maaf ini mah) karena sifatnya jadi orang juga males ngedeketin dia. Kalau misal cantik ya bolehlah tapi kalau sudah biasa aja terus sifatnya bikin orang pengen nampol, ya sudahlah.

Pas ngedenger cerita si Ambu, gua jadi makin penasaran orangnya gimana sih. Ambu cerita si Cece Nita ini (nama disamarkan) kalau ketemu orang baru ya, juteknya gak nahan. Disaat ketemu orang baru, dia bakalan nunjukkin ego dia dan pokoknya malesin.

Ngedenger cerita si Ambu, gua malah jadi makin penasaran, orangnya kayak apa sih. Gua sih seneng-seneng aja ketemu orang jutek secara gua orangnya gampang deket ama orang jadi gak masalah.

Setiap gua mampir ke Warung roti si Ambu, gua gak pernah ketemu ama yang namanya Ce Nita itu. Ce Nita itu lebih banyak duduk di kantor belakang dan jarang keluar. Keluar pas buat makan dan pulang aja.

Gak tau deh di dalam kantor ngapain, mungkin mempercantik diri sendiri gitu ya biar ada laki terpikat. Mungkin ya.

Di suatu Pagi ketika gua lagi Nguber, alarm UBER gua berbunyi tanda ada orderan masuk. Keluar nama 'Nita' dijemput di Jalan Cilacap, Antapani. Seperti biasa, sebelum jemput gua salam dulu "Halo, Good Morning! Dijemput dimana Bu/Kak/Mbak? Terima Kasih"

Dibalesnya "Ikutin aja MAPS"

Assuuuuuuuuuuuuuuu bener. Disapa baik, dibalesnya gitu. Balesannya persis pas kamu lagi chat gebetan kamu "Halo, lagi apa? Sudah makan belum?" dan dijawab "Lagi gabut. Sudah"

Pendek tapi nusuk. Gua sekarang jadi paham rasanya gimana kalau kita ngechat terus dibalesnya kayak gitu. Sakit tapi tidak berdarah.

Emang kita bisa ikutin MAPS tapi kan gak ada salahnya nanya bukan? Karena kadang customer itu suka salah menempatkan titik jemput. Mendingan nanya duluan dibanding nanti nyasar kan?

Gua ikutin maps dan gak lama kemudian, gua sampai di titik jemput. Bersamaan dengan gua sampai, ada perempuan gendut dan pendek keluar dari rumah. Gua sapa ramah dan sopan "Pagi bu Nita, tujuan kita kemana?"

Dijawab "Tadi kamu nanya jemput dimana terus nanya lagi tujuan kemana. Masak gak dikasih tau sih" kata dia super jutek.

Asssuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu. Dia ternyata belum tahu kalau UBER itu emang gak pernah tujuan kita kemana. Dikasih taunya pas customer sudah naik dan mulai On Trip baru ketahuan tujuannya kemana.

Dia bawa tas besar dan liat motor gua yang tinggi, dia ngomel lagi "Tinggi banget sih motornya. Naik susah kan. Turunnya juga jadi masalah lagi ntar"

Ya Alloh, ini emak ngomel mulu. Kalau tinggi kan motornya bisa gua miringin dikit. Ibu lain yang sudah sepuh aja bisa naik, lah ini ngomel dulu padahal belum naik. Sambil susah payah dan mencengkram pundak gua akhirnya ini orang bisa naik juga.

Pas udah naik dia ngeluh lagi katanya duduknya sempit karena dia bawa tas besar. Kalau gua gak sabar, kayaknya gua bakalan jawab gini:

"Siapa suruh jadi orang gendut bu, makannya sempit kan. Turun ajalah Bu, cari yang lain". Itu kalau gua gak sabar ya, hehehe.

Tujuan dia ke Daerah Pasteur dan sampai tengah jalan, gua belum juga sadar kalau Ce Nita ini adalah Cece nyebelin yang sering diceritain ama si Ambu. Seperti biasa, gua mmemulai pembicaraan

"Berangkat kerja Bu?"

"Iya" diiringi dengan gerutuan yang gak gua tangkap maksudnya apa.

Kebetulan saat itu jalanan macet dan pas macet dia malah marah-marah dong "Duh, kenapa sih pake macet segala. Saya buru-buru nih"

Isthigfar bu. Marah-marah mulu. Belum juga 15 menit, udah marah-marah terus. Mending kalau habis marah bisa kurus lah ini yang ada makin gemuk yang ada.

Pas sudah hampir sampai, di depan motor gua ada mobil yang kecepatannya tanggung. Ngebut enggak, pelan juga enggak jadi ngagokin. Eh si Ce Nita marah-marah lagi dong ke gua "Itu siapa sih yang nyetir, ngagokkin banget. Tau orang udah telat'

Motor tinggi, gua yang disalahin
Dia sempit duduknya karena kegendutan, gua yang disalahin
Gua nanya tujuan mau kemana, gua yang disalahin
Jalanan macet, gua lagi yang disalahin
Ada mobil ngangokkin di depan, salah gua

Pas sudah sampai, totalnya ada 13rb dan dia dapat diskon 5rb jadi bayarnya 8rb doang dan ajaibnya dia bayar 8rb pake koin 500 perak dong. Astaga -_-

Sepanjang karir gua dalam dunia Ojol, asli baru sekali gua ketemu ama orang yang luar biasa kayak gini. Di perjalanan pulang, gua ngerasa pernah tahu dia tapi dimana ya gitu.

Setelah berpikir keras, gua ngerasa ini si Ci Nita yang suka diomongin si Ambu deh. Karena dari nama yang sama plus tampilan fisik yang sama seperti yang pernah diceritain si Ambu.

Gua WA si Ambu dan nanya "Mbu, Ce Nita yang lu ceritain itu rumahnya di Jalan Cilacap, Antapani bukan? Yang gendut dan pendek?"

"Iya San. Napa emangnya?"

Sisanya kayaknya gak usah gua ceritain deh.... Pasti kalian sudah bisa ngebayang gimana sumpah serapah gua pas cerita ke si Ambu, ahahahahah
................................................................................................

Udah baca cerita gua tentang Mamanya Sarah di postingan UBER gua yang lain? Kalau lupa, gua ingetin. Mama Sarah adalah salah satu pengguna UBER yang sering banget ketemu ama gua.

Jadi dalam 1 Minggu itu, gua pasti ketemu dia. Saking udah deketnya mulai tumbuh benih-benih cinta antara kita berdua eh ngaco maksudnya saking seringnya ketemu, gua sudah hafal kebiasanya Mamanya Sarah dan hidupnya. Mama Sarah adalah single fighter yang pisah ama suami karena suaminya serong. Dia punya 4 anak dan Mama Sarah kerja jadi penjaga toko di sebuah butik.

Oh ya kenapa gua sebut Mamanya Sarah karena nama yang keluar di HP setiap ada orderan dari dia adalah 'Sarah' dan itu adalah nama anaknya (jadi anaknya yang orderin dan gua sendiri gak tahu namanya siapa jadi gua panggilnya Mamanya Sarah).

Tujuan Mama Sarah itu setiap pagi ke Jalan Karawitan di Buah Batu. Saking seringnya kena orderan dari Mamanya Sarah, gua ampe hafal apa kebiasaan sampai cerita-cerita dari Mama Sarah.

Tapi kok ada yang aneh karena di suatu Pagi ketika gua dapet orderan dari Mama Sarah, tujuannya itu ke Soreang bukan ke Jalan Kawaritan.

Jarak Antapani - Soreang itu jauh banget loh, Soreang itu adanya di Kabupaten Bandung dan Antapani itu adanya di Bandung Timur. Jauh banget pokoknya.

Awalnya gua ngira dia salah nempatin titik tujuan jadi gua tungguin aja keluar. Gua galau, apa gua cancel aja gitu ya karena jarak yang jauh itu. Tapi kalau gua cancel ya gak enak juga ya secara gua sudah kenal ama Mama Sarah. Gua cuma berharap kalau Mama Sarah salah masukkin titik tujuan dan tujuannya tetap ke Jalan Karawitan seperti biasa.

10 menit menunggu, Mama Sarah keliatan dari ujung. Dia jalan bareng anak muda seumuran gua dan 1 orang laki-laki tua. Orangnya pendek dan keliatan sangar gitu. Kalimat pertama yang keluar dari Mama Sarah adalah

"Untung banget ketemunya ama Dek Sani. Hari ini gak ke Toko ya tapi ke Soreang"

Ternyata benar ke Soreang dan gua nanya kok tumben ke Soreang ternyata mereka baru kena masalah. Masalahnya gini, Mama Sarah nunggak cicilan motor selama 4 bulan dan kemarin, pas anaknya yang masih SMA pake motor itu dicegat dong ama Debt Collector di pinggir jalan dan dirampas.

Mama Sarah sebenarnya sudah ikhlas tapi mantan suaminya gak terima, ngotot mau bawa motor itu balik lagi dan mantan suami yang diceritain ama Mama Sarah itu adalah orang yang barusan gua ceritain pendek dan sangar.

Dan sekarang kita berempat harus ke kantor leasing di Soreang buat ngurusin ini. Walah, jauh bener.

"Gak apa-apa ya dek?" tanya Mama Sarah

Sebenarnya apa-apa sih tapi ya mau gimana lagi, mau cancel juga gak enak. Kita beriringan ke Kantor Leasing di Soreang dan gua kebagian ngebonceng si mantan suaminya Mama Sarah.

First Impression gua adalah ini orang emosional dan gak sungkan nunjukkin emosinya ke depan umum kayak tadi aja pas Mama Sarah ama anak yang satu lagi ketinggalan di belakang gua, eh dimarah-marahin dong. Kesel sih boleh tapi gak elok juga kali marah-marah di tempat umum.

Satu jam perjalanan akhirnya kita sampai di Kantor Leasing Soreang dan pas ditanya, eh motornya gak ada disana. Adanya di Kantor Bojongsoang dan artinya kita harus muter jauh lagi dong.

Disitu si Bapak sudah mulai marah-marah lagi "Siapa sih yang bilang motornya ada di Soreang. Ngabisin waktu tau gak" si Bapak marah-marah ke Mamanya Sarah.

Gua mangut-mangut aja, dibanding salah ngomong mending diem aja deh.

Dari Soreang kita ke Kantor Leasing Bojongsoang dan darisana lagi-lagi dioper dong, dioper ke Kantor Leasing di Rajawali Bandung. Ya elah, kalau posisinya ada di Rajawali Bandung mah ngapain tadi disuruh ke Bojongsoang ama Soreang kan.

Sengaja ngerjain nih si leasing laknat.

Gua nyampe duluan ke Kantor Leasing di Jalan Rajawali dan pas sudah nyampe disana, si Ibu nelpon kalau ban motornya bocor. Dan gara-gara bocor, si Bapak marah-marah lagi. Dia ngedumel sambil anjing-anjing gitu terus ngomong ke gua udah kita pulang ajalah. Gua bujuk supaya nungguin Ibu dulu, kalau pulang nanti bakalan percuma udah muter-muter jauh gini. Mungkin karena segan ama gua dia nurut tapi sambil menggerutu.

30 menitan si Ibu sampai juga. Pas sudah sampai mereka bertiga masuk dan gua nunggu di luar. Duduk sampai manjangin kaki depan emperan toko. Kalau orang ngomong 'Selalu ada cerita di setiap trip UBER', gua bilang BENER BANGET. Kalau kalian rajin baca cerita UBER gua, banyak cerita beragam kan dari nganterin PSK, nganterin Ibu janda ke KUA ngurus perceraian, ketemu gay agresif sampai terbaru yang ini nih 'Nganterin suami-istri ke Kantor Leasing buat ngurus motor yang disita ama Debt Collector'. Ada-ada aja

Jam sudah menunjukkan jam 1 siang dan meleset jauh dari waktu gua yang seharusnya jam 10 Pagi sudah di rumah buat mulai ngurus Clobberin Time. Ya gak apa-apalah, gua anggap ini gua lagi nabung kebaikkan di surga. Siapa tau kalau suatu saat nanti gua ada kesusahan bakalan ada yang nolongin gua.

Lagi asyik balesin chat dari buyer Clobberin Time yang bejibun, si Ibu datang sambil bawain gua 1 botol Teh Sosro (atau merk apa, gua lupa). Dia ngasih sambil minta maaf karena gua jadi nganter jauh-jauh gini terus dia nanya, 'Dek gimana, sudah dapet kerja belum?'

Gua jawab 'belum bu, doain aja', kikikikik. Mamanya Sarah dan semua penumpang gua taunya adalah gua baru lulus kuliah dan lagi nyari kerjaan. Dan karena belum dapet pekerjaan, gua jadi Nguber dulu, hihihi.

Itu gimmick gua kalau lagi jadi Driver UBER dan sampai sekarang, gua gak pernah ngomong apa pekerjaan asli gua termasuk tujuan sebenarnya gua jadi Driver UBER.

Si Ibu nanya gimana si Bapak, gua bilang jujur kalau orangnya emosional dan gak bisa nahan emosi. Mamanya Sarah langsung mengiyakan dan cerita kalau alasan dia bercerai adalah karena gak tahan dengan sifat suaminya yang kasar, emosional, dan tempramental tinggi.

Lagi cerita gitu tiba-tiba, anaknya yang laki (yang ngebonceng Mamanya Sarah) keluar dari Kantor Leasing sambil manggil mamanya. Mamanya Sarah langsung masuk ke Kantor Leasing dan gak lama masuk, dia keluar sambil manggil gua "Dek Sani, Dek Sani".

Gua kaget ada apaan ini. Gua beranjak dan setengah berlari ke Kantor Leasing dan disana, si Bapak sudah dikelilingi Debt Collector. Ada yang mencengkram tapi ini gobloknya, bukannya diem apa gimana, si Bapak malah ngomong kasar (anjing, bangsat) sambil ngancem gini (ngomongnya pake bahasa Sunda tapi kalau diterjemajin jadi gini) "Kamu hati-hati aja ya, sampai saya lihat kamu di Antapani, habis kamu"

Diancem gitu si Debt Collector makin naik, si Ibu sudah pucat mukanya. Gua gak habis pikir ama si Bapak deh. Gua ambil contoh gini, coba lu bayangin lu itu kepik kecil yang tersesat ke kandang iguana. Kalau lu jadi kepik, apa yang bakalan lu lakuin supaya gak ditelen ama Iguana?

Diem dan pergi kan? Lah ini mah enggak, udah kepik punya salah (gak bayar cicilan motor) terus masuk ke kandang iguana, bukannya sopan malah nantangin berantem.

Gengsi boleh vroh tapi kalau sok jagoan di kandang orang, sama aja cari perkara.

Gua langsung berlari terus gua tarik tangan si Bapak. Asli, asli di moment ini gua ngerasa keren banget. Kayak jagoan yang datangnya belakangan gitu, nolongin kaum papa. Gua tarik si Bapak terus gua minta maaf ke Debt Collector yang sangar-sangat itu. Jumlahnya ada sekitar 5 ditambah 1 security, gua bilang si Bapak lagi pusing karena motornya baru diambil jadi mohon maklum.

Mereka nanya gua siapanya dia, gua bilang "hanya Driver Ojek Online yang disewa oleh si Bapak buat nganterin". Mungkin karena salah satu dari mereka ada yang kerjanya jadi Driver Ojol, emosi mereka mulai reda dan sambil teriak mereka bilang gini ke gua "Bilangin ke si xxxxxx (kata kasar) kalau punya hutang dibayar. Jangan sok jagoan (diikuti dengan kalimat kasar) lainnya".

Setelah si Bapak sudah dijauhkan dari huru-hara ini akhirnya si Bapak dan Anaknya bakalan ke Kantor Leasing di Cibiru (dioper lagi syetan) dan gua disuruh nganterin pulang si Ibu.

Sepanjang perjalanan si Ibu cerita kalau dirinya masih gak habis pikir ama suaminya. Orangnya terlalu emosional dan kadang si Ibu malu dengan kelakukan dia. Gua setuju ama dia, kadang sifat emosional itu gak bakalan bikin kamu keren atau gagah tapi yang ada malah bikin malu diri kamu dan keluarga kamu.

Tetapi anehnya setelah hari itu sampai gua menulis cerita ini, gua belum pernah lagi dapet orderan dari Mamanya Sarah padahal setiap Minggu itu gua selalu dapet dia.

Hmm, kenapa ya?

................................................................................................

Sebenarnya San, apa sih yang kamu cari dari 'pekerjaan' kamu jadi 'Driver UBER'? Kalau kalian nanya itu ke gua, gua juga gak tau mau jawab apa ya.

Di postingan pertama gua waktu pertama kali jadi Driver UBER (November 2016), gua nulis kalau gua hanya akan menjadi Driver selama 1 Minggu saja dan setelah 1 Minggu, gua akan kembali ke pekerjaan semula gua yaitu ngurus Clobberin Time dan nulis buat beberapa media.

Karena banyak yang suka, gua makin rutin nulis soal UBER dan gak kerasa aja sudah 1 tahun gua jadi Driver UBER. Nyokap dan Bokap gua adalah orang yang paling sering protes kalau gua lagi Nguber karena mereka takut akan bahaya yang mengancam.

Jadi Driver di Bandung itu lumayan berbahaya, banyak zona merah di banyak tempat apalagi di Bandung Timur dan kebetulan rumah gua itu di Bandung Tengah menuju Bandung Timur jadi banyak orderan ke arah sana.

Kalau Kakak gua sih gak ngelarang tapi juga gak memperbolehkan, dia ngebasin gua. Malah si Ambu yang paling sering ribut "Lu ngapain jir NGUBER terus. Modus cewek ya lu"

Asem, gua dituduh Modus terus. Kalau cari uang jelas enggak karena pendapatan UBER itu kecil sekali. Gua gak tau ya yang lain tapi paling sehari gua itu dapetnya 30rb, dipotong bensin 15rb dan makan 10rb sisa 5rb doang.

Seperti yang pernah gua tulis, pendapatan UBER gua itu dalam 1 Minggu gua itu setara dengan 2 kaos Clobberin Time yang gua jual per harinya. Gua gak tau ya kalau yang kerjanya full time berapa dapatnya, tapi pendapat gua cuma segituanlah per hari, jauh dari pendapatan gua dari Clobberin Time dan nulis.

Beberapa bulan lalu, gua punya target pribadi, target pribadi gua adalah gua harus bisa melewati 1000 bintang 5. Jadi gini, kalau kalian habis order UBER kan kalian disuruh kasih bintang buat Drivernya. Bisa bintang 1 kalau service-nya buruk, bintang 2-4 kalau service-nya biasa aja sampai bintang 5 kalau service dia bagus.

Bulan lalu gua sudah lewat bintang 1000 (sekarang sudah 1040 bintang) dan rating gua 4.88 dengan total pujian lebih dari 300 pujian. Salah satu yang paling tinggi di Bandung yang berarti service dan obrolan gua sepanjang perjalanan bagus dan disukai 'Uhuk'.

Total Bintang 5: 1040, rating 4.88, Total pujian 304
Setelah lewat 1000 bintang, mau apa lagi San? Gua juga gak tau mau ngapain lagi ya di UBER. Rasanya semuanya sudah tercapai tapi ada satu hal yang secara gak langsung mempengaruhi hidup gua. Dan hal itu adalah tentang bersyukur dan lebih menghargai uang.

Bukannya sombong, sekali lagi maaf banget bukannya sombong ya. Pendapatan gua dari Clobberin Time dan menulis sudah lebih dari cukup buat gua pribadi dan gua ngerasanya gini, dengan gua tetap jadi Driver UBER gua belajar untuk selalu bersyukur. Mendengar cerita penumpang gua, gua jadi banyak bersyukur, terima kasih ke Tuhan karena sudah diberi kehidupan yang baik.

Lebih menghargai uang juga itu jelas. Di UBER dapat uang 50rb aja susahnya setengah mati (kalau di Bandung ya dan gak full time) dan hal itu benar-benar bikin gua untuk lebih menghargai uang. Gua sedikit tidak terkontrol kalau lagi jajan action figure, komik, buku, sampai Jersey tetapi sejak gua jadi Driver, setiap gua mau boros beli gituan gua jadi suka mikir 'Dapet uang 50rb aja susah banget, masak sekarang dihamburin gini aja'.

Gua punya banyak temen gua yang mengalami star syndrome dari yang gak punya apa-apa terus jadi punya apa-apa. Duh udah gayanya jadi selangit, ngomongnya jadi tinggi sampai hedon gak ada ampun. Upload makan disana dimari, upload foto lagi liburan sana sini, upload baru beli barang ini-itu, dugem di banyak tempat tiap Minggu. Itu hak mereka dan terserah juga mereka mau ngapain dengan uang mereka.

Kalau gua mau, gua bisa kayak gitu tapi gara-gara jadi Driver UBER dengan pemikiran 'dapet uang 50rb aja susah', gua bisa menahan diri untuk tetap menginjak bumi. Pendapatan gua dari Clobberin Time dan menulis, gua pakai untuk sesuatu yang lebih bermanfaat dibanding dihamburin gak jelas. Eits, jangan marah ya, gua gak lagi nyinyirin orang loh. Ini cuma pemikiran gua aja dan gak ada yang melarang kamu mau ngapain juga karena gua percaya, temen-temen gua sudah dewasa semua dan paham baik buruknya.

Mungkin setelah ini, gua bakalan pensiun total dari UBER karena gak ada lagi yang ingin gua kejar (mungkin ya berhubung gua sering berubah pikiran, hihihihi) dan kembali fokus ke pekerjaan gua semula.

But one thing that I know, thay my promise to take my bloved kindergarten teachers was fulfilled