Senin, 25 Juni 2018

Penggalan Kisah Lama

Gua baru inget, ternyata di bulan ini tepat 3 tahun gua pindah rumah (baca postingan gua di tahun 2015 yang judulnya 'Move On'.

Kalau kalian baca postingan itu, kalian pasti tahu betapa beratnya gua buat pindah rumah. Jarak rumah gua yang lama dengan yang baru sebenarnya deket banget, 10 langkah juga sampai.

Tapi apa artinya dekat kalau kita sudah tidak bisa lagi masuk ke rumah itu lagi bukan?

Gua adalah orang yang sangat menghargai kenangan. Gua banyak menyimpan surat cinta pertama gua, tiket nonton, tiket travel, struk makan gua dan pacar, perahu kertas hasil lipatan pacar, sampai nilai ulangan dan tugas gua pas masih sekolah dulu, semuanya masih tersimpan rapih.

Kalau hal sekecil itu aja gua simpan dan kenang, kalian tentu bisa menebak gimana susahnya gua ketika gua harus pindah dari rumah gua yang gua tempatin sejak kecil ke rumah baru.

Disaat Ortu dan Kakak gua sudah pindah, cuma gua yang masih bertahan tinggal di rumah lama gua. Pokoknya gua mau tidur disana sampai hari terakhir dimana gua sudah gak bisa tidur disana lagi.

Selama 2 bulan lamanya gua tidur sendiri di lantai atas yang tinggal menyisakan sofa buat gua tidur dan laptop buat gua kerja. Pokoknya gua bakalan bertahan disini sampai hari terakhir meskipun gua sadar, hari itu akan datang hari dimana gua gak akan bisa kesini lagi.

Setelah hari itu tiba dan gua mulai pindah ke kamar gua yang baru, rasanya gimana gitu. Seperti ada yang beda dan ketika pertama kali bangun di kamar baru gua, gua belum seutuhnya menerima kenyataan kalau gua harus pindah.

Biarpun hati gak terima tapi gua HARUS menerima kenyataan kalau gua harus pindah. Satu hal yang mengganjal sebelum gua pindah adalah rumah yang gua tempatin sekarang, banyak banget cerita mistisnya.

Satu hal yang paling gua ingat adalah cerita tetangga gua yang pas lagi jalan kaki buat sholat subuh di Masjid. Nah, pas di lewatin rumah gua ini (dulu masih diisi orang lain sebelum dibeli oleh keluarga gua), dia ngedenger suara cewek lagi cekikikan.

Wah, wah sudah gak beres ini mah. Dan pas Pak Haji nengok, dia lihat ada kuntilanak lagi duduk di batang pohon sambil menggoyangkan kakinya. Pak Haji langsung teriak 'Allahu Akbar' dan langsung ngacir ke Mesjid. Cerita itu kemudian menyebar ke tetangga dan pas pertama gua denger cerita itu dari Mama, satu kalimat yang keluar dari mulut gua adalah 'Untung kita gak tinggal disana ya Ma'

Eh suek bener, gak taunya beneran gua sekarang malah tinggal disana dan pohon yang katanya jadi tempat kuntilanak nakutin si Pak Haji letaknya pas ngadep ke jendela kamar gua. Suek, suek.

Hal itu diperparah dengan fakta tentang kondisi di dalam rumah. Dulu rumah ini ditempati ama si Trendy temen SMP gua dan pas gua sekali main kesana, yang ada di pikiran gua adalah ini rumah dalamnya sempit amat jir.

Yang paling ngeri adalah bagian toiletnya yang lembab dan ada sumur, makin angker. Terus gua nanya ke Trendy "Trend, ini depan WC kok banyak cucian baju ama cucian piring kotor sisa makan"

"Iya San, di rumah ini gak ada dapur ama tempat cuci piringnya. Jadi mandi, cuci baju, cuci piring di toilet"

Anjeer, gua yang sejak kecil diajar untuk selalu rapih & bersih cuma bengong sambil ngebayang gimana susahnya jadi si Trendy. Gimana kalau adiknya lagi kebelet boker terus si Trendy yang kebagian cuci piring. Cuci piring dapet bonus cium tinja adik.

Gua naik ke lantai 2, ini mah lebih parah lagi. Selain gak terawat, auranya juga sudah beda. Gua ingat banget di lantai 2 ada tiang dan tiang itu dijadiin sandaran buat ngiket anjing. Jadi itu anjing makan disana, berak disana + ena-ena disana kalau ada pasangannya.

Dan coba kamu bayangkan dengan semua fakta tersebut, gua harus keluar dari zona nyaman gua dari rumah lama ke rumah itu.

Berat? Super berat. Apalagi pas awal-awal pindah, gua hampir tiap malam bermimpi kalau gua masih di rumah gua yang lama. Gua bahkan sampai tahapan dimana gua sadar kalau gua itu lagi mimpi tapi gua gak mau bangun karena gua masih ingin disana.

Pas gua bangun, gua buka tirai dan mengintip rumah lama gua. Dari jendela kamar gua emang bisa liat langsung rumah lama gua. Dan gua baru sadar 1 fakta baru yaitu dari jendela kamar gua yang ini ternyata bisa langsung lihat ruangan tempat gua menulis di lantai 2.

Jadi selama ini kalau gua lagi melakukan hal-hal pribadi keliatan dong sama si Trendy? Hal-hal pribadi seperti berdoa dan baca Alkitab misalnya. Sudah mikir jorok ya lu semua.

"Coba kamu belajar untuk mulai menyukai yang baru. Yang baru juga bisa baik asal kamu bisa menerimanya" kata Mama di suatu hari ketika gua mengeluh soal rumah baru.

Perlahan tapi pasti Kakak gua yang seorang Arsitek mulai merombak rumah baru gua. Sumur sudah ditutup, toilet diberi sentuhan modern, dibuat dapur dan wastafel buat cuci piring biar gak nyatu lagi ama WC. Diberi sentuhan cat berwarna biar terasa fresh dan elegan.

Gua yang kebagian lantai 2 mulai merombak semuanya dengan gaya gua. Pohon depan rumah sengaja ditebang dan lantai diberi sentuhan vynl agar modern dan seiring berjalannya waktu, gua mulai betah tinggal di rumah sini.

Gak pernah ada kejadian aneh-aneh di rumah gua karena kita percaya ada Tuhan yang menjaga rumah ini. Gua yang awalnya gak mau pindah kini malah betah tinggal disini dan menikmati hari demi hari gua disini.

Kalau dulu tiap lewatin rumah lama, gua masih ada perasaan belum rela kalau rumah ini diisi oleh orang lain sekarang gua ngerasanya biasa aja. Seperti penggalan kisah lama yang pernah mengisi hidup gua, tidak lebih.

.............................................................................................

"Min, lu pernah jadi Yes Man gak?" tanya temen gua si Bangsapraja suatu hari. Jadi ceritanya gua dan si Bangsa ini lagi janjian mau ketemuan. Gua mau nanya soal Console 'Nintendo Switch' karena gua lagi ngidam ini barang.


"Yes Man? Gimana, gimana maksudnya" tanya gua. Dalam posisi nyetir mobil, Bangsa cerita kalau dia pernah dekat dengan seorang perempuan. Pas gua diliatin fotonya, wah cantik ini mah. Cocoklah ama gua eh salah cocok ama Bangsa maksudnya.

Maksud YES Man adalah sikap kita ke pacar/gebetan. Jadi setiap pacar/gebetan kita minta tolong, kita pasti bilang "BISA". Mau sesibuk apapun tapi begitu pacar/gebetan minta tolong, kita pasti bakalan bilang "BISA" alias YES Man.

"Pernah jam 1 Malam, gua lagi tidur terus dia telpon minta dijemput, gua bilang 'BISA'. Yang penting mah bilang bisa dululah biar gak mengecewakan" cerita si Bangsa.

Gua ngakak denger cerita si Bangsa dan apa yang diomongin si Bangsa, ada benarnya juga ya. Gua pun berlaku demikian. Kalau si Bangsa minta jemput jam 1 dini hari buat jemput gebetannya, gua malah lebih subuh lagi, jam 3 Subuh gua pernah jamput mantan pacar di rumahnya buat ngejar travel dia ke Jakarta.

"Omcan, nanti bisa kan jemput jam 3? Aku mau pulang ke Jakarta naik Travel yang jam 4"

"Iya bisa" jawab gua. Bangun jam 3 mah gampang karena gua gak ribet soal bangun tidur tapi gua gak enak ke orang tua terutama Papa karena gua harus ngeluarin kendaraan, buka gerbang, manasin kendaraan dulu. Gak enak juga kan ke tetangga tapi karena faktor 'YES MAN' tadi gua ambil semua resiko itu.

"Omcan, nanti bisa antar Mamaku ke Akupuntur di Jalan Peta. Asam uratnya naik, kasian gak ada yang nganterin" kata dia di suatu hari.

"Iya bisa". Dan jadilan selama 2 bulan penuh gua jemput dan nunggu Mamanya mantan pacar buat akupuntur setiap jam 4 Sore sampai jam 6 Sore di hari Senin, Rabu, Jumat. Gua batalin semua janji gua ketemu dengan buyer cuma buat nganter Mama dari Miss R ini buat akupuntur.

"Omcan, aku sakit sekarang dirawat di RS Siloam. Kamu bisa gak bilangin ke Mama supaya gak perlu kesini"

"Iya bisa". Tanpa disuruh gua langsung berangkat ke Jakarta dengan bawaan seadanya. Dia dirawat di ruangan kelas 2 yang gak ada kursi atau sofa buat pendamping, jadilah gua tidur di lantai beralaskan jaket gua dan tas gua sebagai bantalnya selama 2 malam berturut-turut.

Padahal status gua dan dia adalah sudah bukan pasangan lagi tetapi hanya mantan pasangan. Pas gua cerita ke si Ambu, reaksi si Ambu luar biasa ngeri. Dia marah besar karena tahu gua masih berhubungan dengan Miss R. Kebetulan Ambu ini tahu semua cerita gua dari awal dan dia yang paling keras menentang hubungan gua dan Miss R setelah tahu alasan gua putus dengan Miss R.

Sampai satu titik dia mau ambil paksa ponsel gua dan mau block semua kontak Miss R. Gua mohon ke Ambu supaya jangan diblock karena gua masih naif yakin kalau hubungan kita bisa seperti awal lagi walaupun akhirnya gua salah dan Ambu yang benar.

............................................................................................................

Dari ngobrolin soal Nintendo Switch akhirnya kita malah nyasar sampai Floating Market Lembang. Kebetulan si Bangsa belum pernah masuk kesini dan gua sudah lama banget gak kesini. Terakhir gua kesini itu bareng Miss R di tahun 2014, hampir 4 tahun lalu.

Sudah banyak yang berubah ternyata, makin keren aja. Semakin banyak wahananya di dalam padahal dulu mah cuma ada wahana naik perahu mengitari danau. Langkah demi langkah akhirnya membawa gua ke tempat penyewaan perahu.

Bentuknya belum berubah, sama seperti dulu dan ingatan gua langsung melayang ke tahun 2014 silam saat gua dan Miss R bersama temen gua si Dominikus Banu dan mantan pacarnya si Miss T lagi main kesini.

"Ayo naik perahu yuk. Seru pasti" kata Miss R. Awalnya gua nganggap dia cuma bercanda secara dia kan takut banget sama kolam renang, danau. Takut tenggelam kata dia tempo hari.

"Ah ngapain. Mending duduk aja sambil liatin anak naik perahu terus lempar kerikil biar oleng perahunya terus mereka jatuh" usul jahat gua.

Tapi Miss R ini terus memaksa dan gua tanya berulang kali, kamu berani gak. Dia jawab 'berani'. Setelah yakin dia berani, gua beli tiket naik perahu yang harganya lumayan mahal jir, 90rb buat 30 menit doang. Gua bayar patungan dengan si Banu dan setelah dapat tiket, kita mulai menaiki perahu di Floating Market dan bersiap mengitari danau.

Kita dibekali dayung dan Miss T pacar Banu (sekarang mantan pacar) duduk di posisi paling depan dan berturut-turut dibelakangnya ada Banu, Miss R, dan gua di posisi balik belakang. Gak tau ini kapal keberatan muatan atau emang gini dari awal mengayuh perahunya sudah goyang-goyang dong.

Bukannya mengayuh, Miss T ini malah jerit-jerit karena ketakutan. Gua sudah bilang 'Tenang, tenang' kalau panik nanti bakalan makin goncang, bukanya tenang dia malah makin panik dan hal yang sudah gua prediksi akhirnya terjadi juga.

Dia minta udahan padahal baru aja lepas landas dong. Kalau ada catatan rekor di floating market kayaknya kita berempat bakalan masuk ke daftar 'penyewa perahu kano dengan rekor pulang - pergi paling cepat'.

Gak sampai 5 menit kita lepas landas eh sekarang sudah karam. Satu kalimat yang masih gua ingat adalah ketika si Banu ngomong ke Miss R "Balikkin duit aing woy", si Banu merasa rugi karena duit dia lenyap tanpa berbekas, hahahaha.

Ya, seperti hubungan kita ini. Awalnya kita yakin dan kamu percaya tapi seiring berjalannya waktu rasa yakin dan kepercayaan kamu mulai luntur karena goncangan dan akhirnya hubungan kita karam seperti perahu yang kita naiki di Floating Market itu.

........................................................................................

"Kok ngelamun Min?" kata Bangsa membuyarkan lamunan gua. Mata gua masih tertuju di tempat penyewaan perahu kano.

"Oh enggak, hahahaha. Lagi inget masa lalu" kata gua sambil menyeruput susu Milo yang gua dapat di Floating Market.

Apakah kamu masih sayang dengan dia? Sebuah pertanyaan yang datang dalam lamunan gua di Floating Market. Kebetulan gua lagi sendiri, nunggu Bangsa lagi sholat di Musholla.

Gua bisa bilang enggak, perasaan gua ke dia sudah sama seperti dulu ketika gua menganggap dia sebatas teman biasa. Mungkin bukan rasa sayang tapi terkadang masih ada rasa kecewa  dan sakit hati mendalam yang sebenarnya sudah gua kubur sejak lama.

Ingetan gua selalu mengulang di hari terakhir kita bertemu secara tidak sengaja dan kamu membuang muka seolah tidak pernah mengenali seseorang yang berada di depan kamu.

Itu sangat menyakitkan apalagi setelah gua menjadi 'YES Man', gua merasa setidaknya gua bisa mendapat penghargaan yang lebih baik ketimbang yang gua dapat saat itu.

Tapi tidak apa-apa, kejadian itu membuat gua jauh lebih kuat dari sebelumnya. Seperti saat gua pindah rumah, awalnya berat tapi setelah hari berganti hari semuanya akan kembali baik-baik saja.

Ya seperti itulah gua sekarang, awalnya memang berat buat mengubur rasa kecewa dan sakit hati tetapi seiring berjalannya waktu, perpisahan kita dulu mungkin adalah cara terbaik dari Tuhan untuk kita berdua.
 
..................................................................................

"Kau bukanlah yang terbaik untukku

Karna kau tak bisa melumpuhkan hatiku

Kau hanya sepenggal kisah dalam waktu

Yang kulalui dan takkan kulupakan"

Lagu 'Penggalan Kisah Lama' dari Laluna menemani gua di perjalanan pulang dari Floating Market Lembang ke Bandung.

Gua lagi asyik dengerin cerita soal Bangsa tentang 'YES Man' lagi dan gua nanya ke Bangsa tentang hubungan dia dengan gebetan dia itu.

Dia bilang gebetannya itu sekarang lagi 'menghilang' karena lagi pacaran dengan orang lain tapi Bangsa yakin suatu hari nanti, gebetan dia bakalan datang lagi dan dia mau nunggu.

Kalau Bangsa mau nunggu, gua rasa itu sebuah pilihan yang salah. Kalau dia sayang ke dirinya sendiri, dia pasti gak bakalan nungguin 'gebetan yang sudah jadian dan nungguin gebetan itu putus sama pacarnya'. Gimana kamu bisa membahagiakan orang lain tapi ke diri kamu sendiri aja gak bisa, hehehehe

Melupakan memang tidak mungkin tetapi dengan merelakan maka semua akan menjadi baik-baik saja.

Rabu, 06 Juni 2018

Dulu

Jadi ceritanya kemaren ini gua baru nemu kamera lama gua. Kamera ini gua dapat dari hadiah nulis di tahun 2008 dan jadi saksi hidup gua di kisaran tahun 2008-2012.

Gua cek memory kamera dan ternyata masih banyak foto ganteng gua saat masih muda dan energik (halah) di memory kamera itu. Selain foto gua, banyak juga foto temen-temen gua yang biadab kayak si Banu Nugget, Dedi Maniak, Albert Ambu pas mereka masih muda dan belum merasakan betapa sulitnya mencari uang, hihihi.

Beli enggak, banyak gaya iya (Nugget & Dedi)
Di usia dimana pria ini belum mengenal yang namanya Cinta. Ahiw
Saat masih sering main bola sekarang sudah tidak bertenaga :(

Tapi dari banyak foto yang ada di memory hp itu, gua sedikit tergelitik dengan sebuah foto yang datang dari tahun 2008 silam. Ini fotonya:

Aku percaya orang ini kelak akan membintangi sinetron Ganteng-Ganteng Serigala

Foto ini diambil di tahun 2008, valid karena gua inget kalender yang dipaku di dinding itu hadiah dari Koran KOMPAS (jadi saat itu gua dapat honor nulis + kalender 2008). Foto ini diambil di rumah lama gua dan lokasinya adalah 'ruang kerja' gua yang masih sangat sederhana. Ini aslinya ruang tamu di lantai 2 tapi gua sulap jadi 'ruang kerja' gua. Berbeda jauh kan dengan ruangan kerja gua yang sekarang, hehe.

Tahun 2008, saat usia masih muda dan belum akil baliq. Kalau kalian liat foto itu keliatan keren ya, gua pake hastag dan sedang menulis di laptop. Di tahun 2008 masih sedikit orang yang punya laptop dan masak iya di tahun itu gua punya laptop?

Jawabannya kamu salah. Ada cerita yang datang di foto itu. Di tahun 2008, semuanya masih terbatas. Udah kuliah kakak mahal dan Ortu empot-empotan buat bayarnya, rasanya masih sulit untuk punya laptop.

Iya itu sebenarnya laptop punya temen kakak dan kebetulan kakak itu pinjam buat kerjain tugas kuliahnya. Terus pas lagi nganggur dan sebelum dibalikkin, gua minta ke Kakak buat foto sambil keliatan lagi nulis di laptop. Terus gua pura-puranya pake semacam hastag biar keliatan kayak Jurnalis beneran karena saat itu gua emang bercita-cita jadi Jurnalis di Tabloid Bola. Kalian bisa liat di atas meja itu ada banyak Tabloid BOLA buat referensi gua menulis. Gua pelajari gaya bahasanya termasuk pemilihan katanya buat menambah pembedaharaan kata gua. Gua sering kirimin corat-coret gua kesana dan hasilnya gak pernah dimuat karena gua tidak masuk kualifikasi, hahahahaha. Ya jelaslah, sebagai Tabloid Olah Raga nomor 1 di Indonesia, emang gak gampang nulis disana dan pendidikan juga harus tinggi.

Hastag yang gua pakai itu sebenarnya adalah hastag untuk ID karang taruna buat acara 17 Agustus di lingkungan rumah gua, hahaha. Gaya dikit, cekrek dan aha jadilah sebuah foto yang menggambarkan 'seorang pria yang berprofesi sebagai Jurnalis sedang memikirkan mau menulis apa' padahal laptopnya juga mati.

Di tahun 2008 dengan segala keterbatasan, gua harus banyak putar otak dan dituntut untuk berpikir kreatif. Salah satunya adalah berkaitan dengan hobby. Dulu, tiap malam minggu, salah satu temen gua si Nugget ini sering banget ngajak ke Mall PVJ buat ngeceng. Pokoknya pas malam minggu dulu rasanya semua cewek cantik di Bandung datang ke PVJ deh dan si Nugget ini yang emang punya hobby ngeceng pasti ngajak gua.

Ngeceng doang sambil liat pemandangan. Terus kalau makan mah tetep di Nasi Uduk seberang PVJ bukan makan di dalam PVJ-nya. Di antara semua temen gua paling cuma si Dedi Maniak yang kaya raya tapi pelitnya naudzubilah. Gua inget dulu pernah beli pizza yang harganya 35rb, dia 20rb gua 15rb. Kalau udah gitu ngebaginya ya 50:50 lah ya. Eh dasar si maniak, dia motong pizza itu dengan komposisi 65 ke dia dan 35 ke gua.

Alasannya 'kan gua bayarnya lebih banyak'. Terkutuk maneh Ded.

Saat itu, gua mulai putar otak gimana caranya kita bisa ke PVJ tapi melakukan sesuatu gitu, salah satunya adalah nonton. Nonton malam minggu di PVJ itu mahal apalagi bioskop di PVJ itu adanya Blitz Megaplex (sekarang ganti namanya jadi CGV). Kalian bisa baca tulisan gua di tahun 2010, dimana gua bisa dapat voucher nonton dan makan gratis setiap Minggunya.

Temen-temen gua itu harusnya berterima kasih ke gua karena gua telah menyelamatkan masa muda mereka. Bayangkan, kita semua bisa nonton dan makan gratis setiap Minggunya, iya setiap Minggu! Kok bisa, disini gua bilang keterbatasan menuntut kita untuk berpikir kreatif, haha.

Gua membayangkan kalau misal saat itu, gua gak putar otak buat kita semua, gua yakin masa muda kita akan dihabiskan dengan nonton DVD Sukeban setiap malam.

DVD Sukeban adalah DVD legenda yang gak mungkin terlupakan. Seinget gua ini DVD awalnya punya si Oktavianus Ruben temen SMP gua dan nyebar ke temen-temen yang lain. Urutannya itu Ruben - Banu - Dedi - Gua - Ambu - balik ke Banu lagi. Pas pertama kali dipinjemin, gua dibilang gini "San, DVD bagus ini. Tonton ama orang tua, tentang Monster di Jepang".

Kalau gua liat di covernya keliatan emang kayak DVD Monster gurita gitu. Kepo dong gua, gua stel di suatu siang di ruang tengah. Terus di belakang gua ada Nyokap lagi setrika baju.

Adegan awal udah aneh banget, jadi ada sekumpulan cewek yang sepertinya dijadikan eksperimen terus ini yang bikin masa muda gua rusak, tiba-tiba datang perempuan cantik yang NENEN-NYA bisa keluar TENTAKEL GURITA. Selain bisa keluarin TENTAKEL GURITA itu NENEN bisa nembak PELOR.

Lu bayangin aja dah, gua nonton gituan terus ada Nyokap gua lagi setrika di belakang gua. INI ANJING gua dijebak pasti. Dan bener, Sukeban adalah DVD Porno Jepang dengan genre tentakel gurita yang gua baru tahu di kemudian hari.

Pas gua cerit ke si Nuget ama si Dedi, semuanya langsung Ngakak dan mereka semua juga kena jebakkan. Karena gua gak mau jadi ampas, gua oper ke si Ambu terus bilang "Mbu, ada DVD bagus. Ada gituannya dikit, lu pasti suka"

Maaf mbu, gua sudah merusak masa muda lu :(

Sekali lagi kalau temen gua baca, lu semua sudah seharusnya berterima kasih ke gua karena telah gua fasilitasi buat nonton dan makan gratisan di PVJ tiap Malam Minggu, hahahaha.

......................................................................................................

Tetapi kini semua sudah berubah. Kita semua sudah gak butuh tiket gratis buat nonton di PVJ atau voucher makan gratisan. Banu selalu ingat dengan cerita ini dan kalau gua lagi jalan ama si Banu dan calon istrinya si Meli pasti dia bakalan ngomong gini ke si Meli:

"Dulu kita ini nonton gratisan tiap Minggu loh berkat si Sani" waktu kita lagi beli tiket nonton The Avengers di BTC.

Banu sudah sukses dengan pekerjaannya di Indomaret tapi anehnya tiap gua minta voucher Indomaret gak pernah dikasih. Disini saya merasa kecewa.

Gua pun merasakan perubahan itu. Gua mulai merasa perubahan itu waktu kemarin gua ngecek rumah baru gua. Rencana awal sebenarnya tahun kemarin gua sudah mau pindah tapi karena 1 alasan akhirnya sampai sekarang gua masih tinggal di rumah orang tua gua (ya mayanlah makan terjamin setiap hari).

Kerjanya apa? Jadi Driver Gojeg biar gak banyak ditanya tentang pekerjaan asli
Waktu gua sampai, semua rumah di blok gua sudah terisi semua dan ada tetangga yang nanya gini ke gua "Oh ini toh yang punya. Soalnya saya sudah 1 tahun ngontrak disini belum liat muka yang punya"

Gua tersenyum dan salim karena gua emang sudah lama banget gak kesini. Rumah ini didesign oleh kakak gua dan waktu pertama datang, gua ingat banget masih kosong melompong. Gua bisa masuk lewat akses yang dipunya oleh Kakak kalau enggak mah gak akan boleh masuk.

Foto dulu dikit di depan rumah dan Malamnya setelah gua lihat foto itu, gua baru merasa kalau "sudah banyak yang berubah". Sekarang gua sudah beneran jadi Jurnalis di Tabloid BOLA dan sekarang rasanya gak perlu lagi cari tiket nonton gratisan buat sekedar nonton karena dananya sudah tersedia. Membayangkan bisa mobil ama rumah sendiri aja rasanya dulu gak akan berani deh.

Kalau dulu cita-cita gua adalah jadi jurnalis dengan punya usaha sebagai sampingan sekarang terbalik, gua punya usaha sendiri dan menulis sebagai sampingannya. Ya mirip-miriplah dikit, hihi.

Satu hal yang gua bisa nilai dari diri gua sendiri adalah karena gua memulainya semuanya dari 0, gua jadi punya banyak alasan bersyukur. Sampai sekarang gua masih mempertahankan gaya hidup gua yang dulu, nyaris gak ada yang berubah. Mungkin yang sedikit berubah, kalau dulu pengen beli action figure gua cuma bisa ngarep di etalase toko sambil ngarep punya sekarang ya kalau sekarang bisalah beli.

Perubahan yang paling gua rasakan adalah malah datang dari diri gua sendiri. Kalau dulu tiap Minggu gua pergi ke PVJ bareng temen yang lain, sejak 2013 gua malah menghindari datang ke tempat ramai yang banyak orang. Gua jadi gak suka ketemu orang banyak dan gua senang melakukan semuanya sendiri.

Contoh kecilnya itu nonton. Gua malah lebih suka nonton pas siang hari di jam sibuk biar sepi dan gak banyak orang. Gua sudah gak pernah lagi nonton pas Malam Minggu dan gak suka juga berpergian. Disaat yang lagi pergi berlibur, gua lebih milih di rumah melakukan hal yang gua suka karena gua yang sekarang tidak menyukai berpegian jauh.


CGV berasa milik pribadi saking kosongnya
Jangan pernah menyerah dengan keadaan karena hanya kamu yang bisa membalikkan keadaan kamu, bukan orang lain. Kemarin telah berlalu, besok belum pasti, hanya hari ini yang kamu miliki. Jalani dengan sebaik mungkin :)