Selasa, 09 Mei 2017

UBER

"Ketika kamu sedang memulai usaha, kamu harus seperti sinar laser yang ditembakkan, fokus lurus dan tidak berbelok" 

Itu adalah salah satu obrolan gua dengan Pak Nim, salah satu penumpang UBER gua. Pak Nim adalah Owner dari 'Belah Doeren' salah satu brand kuliner yang menjual berbagai macam olahan duren di Bandung. Brand ini sudah lumayan terkenal dan gua beruntung banget bisa ketemu dengan Pak Nim.

Pak Nim awalnya gak mau ngaku kalau dia adalah Owner dari Belah Doeren tapi berkat 'lobby' gua akhirnya dia mengakui kalau dia adalah pemilik dari Belah Doeren. Pak Nim berbaik hati buat membagikan tips bisnisnya ke gua + gua dikasih salah satu produk Belah Doeren secara cuma-cuma.

Gua suka dengan istilah 'seperti laser yang ditembakkan, lurus dan tidak berbelok'. Saat kita sedang menjalankan bisnis, memang kita harus seperti sinar laser yang ditembakkan. Fokus ke depan, jangan berbelok atau menengok ke belakang. Banyak teman gua yang ketika mencoba menjalankan usaha terlihat tidak fokus, rugi sedikit langsung udahan. Baru mulai usaha dan hasilnya masih rugi langsung beralih ke usaha lain. Dikritik dikit langsung pundung dan ngambek gak mau lanjutin usaha yang dirintis.

Mendapat penumpang seperti Pak Nim ini buat gua adalah sebuah 'bonus' ketika gua nyaru menjadi Driver Uber. Selain bisa mendengar cerita hebat dari penumpang, inspirasi seperti ini yang gua cari untuk semakin membesarkan Clobberin Time. Kalau ketemu dengan orang semodel Pak Nim ini sebenarnya gua juga pengen cerita tentang Clobberin Time tetapi karena gua harus tetap menjaga gimmick gua sebagai 'Mahasiswa semester akhir yang kekurangan dana buat skripsi', gua berusaha keras buat ngerem supaya gak kelepasan cerita, haha.

Belakangan ini, gua semakin jarang nyaru jadi Driver Uber dikarenakan sibuk ngurus Clobberin Time. Orderan belakangan makin menggila dan karena gua sekarang kerja sendiri, repotnya jadi berkali-kali lipat. Biar repot tapi hati tetap fun karena gua mengerjakan sesuatu yang gua suka. Tapi tenang, masih ada banyak cerita yang gua dapat selama gua jadi Driver UBER yang masih bisa gua bagi.

..........................................................................

"Selamat Pagi Bu Celine, Stefanus Sani dari UBER. Mau dijemput dimana?"

Tidak ada balasan, di layar HP gua sih dia naruh titik jemput di daerah Tanjungsari Antapani. Daerah Tanjungsari adalah salah satu daerah rawan buat Ojol (Ojek Online) karena banyak Ojek Pangkalan yang stay disana. Meskipun berbahaya tapi gua sering masuk kesana buat angkut orang dan biasanya gua wanti-wanti dulu sebelum cus.

"Mbak nanti kalau misalnya kita ditanyatain bilang aja kita temen deket ya. Nama lengkap saya Stefanus Sani, masih kuliah, rumah di Sulaksana" kata gua sambil nanya biodata singkat penumpang.

Gua mengikuti Waze dan tepat di titik jemput, seorang cewek keluar dari sebuah rumah. Belum sempat nyapa dan kasih salam, dia langsung teriak "Lu Sani kan?" Gua nengok sebentar dan anjerrr ternyata yang gua jemput adalah (mantan) gebetan gua. Njir!

Gua sulit untuk mendeskripsikan hubungan kita berdua, pokoknya gua sempat sangat dekat dengan dia dan HAMPIR PASTI JADIAN tetapi karena satu hal, hubungan kita gak berlanjut dan setelah itu kita sama-sama jaga jarak. Dari deskripsi singkat tadi, gimana perasaan lu kalau lu jadi gua. Ketemu mantan gebetan dengan posisi lu lagi jadi Driver Ojol?

Ada 1.000 kemungkinan gua ketemu ama dia di tempat yang lebih baik. Di Gereja kek, di Mall kek pas gua lagi rapih lah ini kok ketemunya pas gua belum cuci muka pake BIORE.

Asli gua salah tingkah, mau ngomong gimana juga ya gimana. Kalau gua ngomong "Iya nih, aku jadi Driver UBER cuma buat cari materi menulis". Gua yakin dia gak bakalan percaya kayak beberapa temen gua yang nganggep gua terlalu 'totalitas' buat sekedar nulis aja sampai beneran jadi Driver Ojol. Kalau gua bilang "Iya, ini gua sekarang kerjanya jadi Driver Ojol soalnya belum dapet pekerjaan lagi", ini kesannya kok gua gak ada keren-kerennya.

Celine masih kaget dan disana ada juga Nyokapnya yang gua sudah lumayan kenal. Ya Tuhan gini-gini banget sih cobaan tuh. "Udah setiap hari minta dijemput aja ama Sani, gak usah pake aplikasi nanti bayarnya bulanan aja" kata Tante sambil senyum.

Ok sip, gua sekarang dikenal sebagai Driver Uber yang anter jemput tiap Pagi di mata keluarga si Celine. Celine kemudian minta dianter ke sebuah bank swasta di daerah Sudirman. Dia ternyata kerja disana, kalau denger cerita dia sih sudah lumayan lama juga.

"San, nguber sudah berapa lama? Gak coba kerja yang lain apa" tanya Celine

Gua cuma bisa bergunam di hati, dilema mau jawab apa. "Lu mampir ke blog gua aja Cel, gua tulis semua disana. Itu juga kalau lu belum block FB gua ya" kata gua salah tingkah.

Dan lu tau, kalau gua salah tingkah biasanya gua bakalan makin banyak omong buat menutupi rasa gugup gua. Gua yang biasanya sudah banyak omong bakalan makin banyak omong dan sepanjang perjalanan gua gak berhenti buat ngomong hingga akhirnya dia ngomong sesuatu yang membuat perjalanan ini menjadi hening.

"Waktu itu kenapa sih?"

Satu kalimat ini rasanya sudah seperti plester di mulut gua. Gua gak bisa menjawab pertanyaan ini karena jawabannya bakalan panjang dan GAK BANGET harus dijelasin dengan posisi seperti ini karena yakin gak akan jelas juga kalau gua ngomong karena angin lagi lumayan kencang.

Gua diem aja, pura-pura gak mendengar dan 10 menit kemudian, kita sampai di tujuan. Dari awal gua niat bakalan menggratiskan perjalanan ini karena aneh aja nerima uang dari orang yang kita kenal.

"Simpen aja uangnya buat makan siang tar" kata gua sambil End Trip di layar HP.

"Ih gak mau ah, nanti gua ngerasa punya utang uang ama lu. Di HP gua tulisannya 15rb, gua bayar sesuai argo di HP gua ya"

"Ya udah gini aja, bayarnya pake makan siang bareng aja"

"Dimana Emang"

"Gimana kalau di Sierra yang di Dago?"

"Ah serius?"

"Iya depannya Sierra ada pecel lele enak, Cel" kata gua sambil nyengir

"Ah lu mah"

Gua kemudian pamit dan ternyata dari UBER gua bisa mencairkan hubungan yang gua dengan dia yang sudah lama membeku, hihi.

.......................................................................................

"Jemput saya di Restoran RISES ya depan Pasar Kosambi. Saya tunggu" kata suara di ujung telpon.

Gua sempet merasa aneh, nama di HP gua keluarnya Shanty tapi suara di telpon kok kayak cowok. Yang bikin was-was adalah rating penumpang dia yang agar mengkhawatirkan yaitu 3,7 (FYI, Driver UBER setelah pick up bisa kasih rating ke Customer dan kalau Customernya nyebelin biasanya ratingnya bakalan kecil). Rating 3,7 ini menurut gua agak mengkhawatirkan dan sedikit ngebuat gua kepo kenapa ini orang ratingnya bisa jeblok gitu.

Tapi sebelum gua cari tau, gua sekarang lagi bingung. Emang ada ya Restoran RISES depan Pasar Kosambi? Gua hampir tiap hari lewat Kosambi dan asli gua baru denger ada Restoran Rises depan Pasar Kosambi. Ada juga toko sepatu BATA depan Kosambi mah tapi terlalu jauh dari BATA ke RISES.

Gua sampai nanya ke tukang parkir dimana Restoran Rises dan mereka pun gak ada yang tahu, Apa ini Restoran baru gitu ya yang harus masuk ke dalam gang? Apa selama ini ada restoran tersembunyi dengan cita rasa tinggi tapi gak semua orang tau gitu? Asli keren kalau beneran tapi masalahnya yang gua tau depan Pasar Kosambi cuma ada 1 gang dan gang itu sempit banget, masak iya ada restoran di gang sempit.

Buat memastikan, gua telpon "Pak, ini saya gak nemu Restoran RISES. Restoran RISES yang mana sih Pak?"

"Itu yang jual ayam pake cocolan keju, masak gak tau"

Ayam dicocol keju? Itu mah RICHEESE kali. RICHEESE kok bisa jadi RISES. Kalau Richeese emang ada di depan Kosambi Om!

Gua chat bilang sudah sampai depan RISES dan gak lama kemudian, keluar seorang yang belum bisa teridentikasi jenis kelaminnya dan ngehampirin gua "UBER ya?"

Mulut gua terkunci dan gua sekarang berada dalam posisi sulit. Nama di HP keluar Shanty, suara kayak cowok, dandanan kayak cewek tapi ada jakunnya.

JADI GUA HARUS NGANTERIN WADAM GITU?

Kalau gua bilang kalau gua bukan UBER, plat dan muka gua pasti sudah muncul di HP dia. Tapi kalau nganterin dia, gua sedikit terancam karena rating dia yang jeblok banget artinya dia suka macem-macem nih selama perjalanan.

Masak iya gua harus bilang "Maaf ini saya mendadak mules, saya harus ke toilet dulu. Maaf banget ini". Alasan yang kurang elegan menurut gua tapi belum sempet gua ketemu alasan yang pas dia sudah minta helm ke gua.

Oh My GOD ini asli dilema, dilema banget rasanya. Kenapa gua sue mulu sih, kemaren dapet si Nikita Kong sekarang dapet WADAM. Mending gua nganter si Nikita Kong bolak balik lah ke Baleendah dibanding dapet WADAM gini. Gua rasa ini kharma buat gua karena selalu alesan ke Nikita setiap dia chat gua minta dijemput. Ampun deh Nikki, tolong hentikkan kharma ini. Cobaan ini terlalu berat :(

Pak/Bu Shanty kemudian naik. Dia minta dianter ke sebuah travel di Pasteur katanya dia mau ke Jakarta (mau arisan bareng temen-temennya, mungkin arisan antara Wadam gitu ya). Gua diem aja, gua yang biasanya membuka pembicaraan diem aja sambil komat-kamit berdoa doa Bapa Kami biar aman.

"Sudah lama jadi UBER?" Pa/Bu Shanty memulai pembicaraan.

"Iya lumayan lama dari pertama kali dibuka" jawab gua

"Kamu tau tenpat dugem yang bagus gak? Buat cari hiburan"

"Cobain aja ke Shelter yang di Dago, lagi sering diomongin tuh" jawab gua sok paham padahal seumur-umur belum pernah masu.

"Bukan, bukan yang biasa kayak Shelter. Yang khusus gitu"

Yang khusus? Gua mencoba mencerna maksud pertanyaan ini. Dan GOBLOKNYA, gak lama setelah dia nanya gitu, dia megang paha kiri gua dong.

Jantung gua berdegup kencang, keringet dingin gua sudah nyaris keluar. Gua sama sekali gak punya pertahanan apapun. Tangan kiri gua megang kopling motor, tangan kanan megang stang. Kapanpun dia mau, dia bisa mengambil KEPERJAKAAN gua saat itu juga.

Kenapa sih gua yang sue mulu, kemaren dapet Bigfoot raksasa (baca: Nikita) sekarang dapet Gay Agresive. Kenapa harus PAHA gua yang dipegang Nyet!

Gua pura-pura ambil dompet di celana belakang gua, gua ambil dompet sekaligus menghalau tangan jahanam dia yang sudah megang paha mulus gua. Dan entah dia emang doyan ama gua atau emang agresive, eh dia megang paha gua lagi dong. Gua gak mau kalah, gua pura-pura ambil sesuatu ke kantong belakang buat menghalau tangan dia dari paha gua.

Sebelum dia makin agresive, gua alihin dulu fokus dia. Gua nanya "Tempat dugem fokus tuh yang kayak gimana Pak?"

Tanpa malu-malu dia langsung nyamber "Yang cowok ama cowok juga".

MANA GUA TAU NJING! Kalau gua jawab "Ah gak tau nih Pak", ada kemungkinan dia bakal merongrong paha gua lagi. Tapi kalau gua jawab "Oh iya saya tahu Pak" nanti yang ada gua disuruh nganterin lagi kesana.

Dalam sepersekian detik , gua harus langsung mengambil keputusan. Dibanding paha gua terus dielus dan ada kemungkinan tangan dia merembet ke yang lain, gua bilang "Iya saya tau Pak"

"Dimana"

"Itu di daerah Sudirman, nanti kan nemu Jalan Klenteng. Nah dari sana belok aja, sampai mentok terus belok kiri. Pasti nemu kok"

"Nama tempatnya apa?"

"Aduh saya lupa, kalau gak salah namanya Bintang 88 nama tempatnya" kata gua sok iye. Padahal Bintang 88 adalah nama restoran jualan Nasi Campur di Jalan Klenteng.

Gua selamat, sepanjang perjalanan birahi si Pak/Bu Shanty tampaknya sudah turun. Tangan dia sudah gak aneh-aneh lagi dan fokus ngomongin soal Club Bintang 88 -_-

"Jadi berapa?" sesampainya di Travel tujuan.

Gua klik argo dan muncul biaya 14rb, dia kasih uang 15rb sambil ngomong "Nanti kalau saya ke Bandung, saya chat lagi ya minta dijemput"

".................................."

.............................................................................

Buat yang jadi Driver Ojol di Bandung, entah itu Gojeg, Grab atau UBER pasti tau kalau di Bandung itu banyak sekali Zona Merah yang tidak bisa sembarangan kita lalui. Aturan Zona Merah itu jelas, kita dilarang keras ngambil penumpang di Zona itu karena kalau ketahuan HP kita bisa disita dan baru bisa diambil 1 bulan kemudian (bahkan untuk beberapa daerah ada yang disita selama 2 bulan).

Meskipun banyak Zona Merah, gua sih tetep biasa aja. Gua sering banget ambil penumpang di Zona Merah seperti Setra Dago, Antapani, Arcamanik, Tanjung Sari. Mungkin karena tampilan gua, motor gua yang bukan matic/bebek sampai perangai gua, gak ada orang yang percaya kalau gua ini sedang menjalani profesi sebagai Driver Ojol (meskipun bukan buat serius).

Kalau mau aman sebenarnya kita bikin janjian dulu ama Customer yang dijemput. Tanya dia pake baju apa sampai tanya nama, alamat lengkap, kuliah/kerja dimana jadi kalau misalnya ke gap Opang (Ojeg Pangkalan), gua bisa beralibi kalau gua ini adalah temen/pacar dia.

Tapi yang namanya musibah emang bisa datang kapan aja. Jadi di suatu hari, gua dapet orderan yang minta dijemput di Bandara Husein Sastranegara. Bandara ini termasuk daerah rawan yang gak bisa dijamah. Pernah denger berita kalau ada Driver Ojol yang ditusuk? Nah kejadiannya di Bandara Husein ini.

Gua sebenarnya sudah ragu mau diambil apa gak tapi gua rada gak tega kalau harus cancel ini orderan karena Nadya (customer yang order) nelpon dan bilang kalau dia baru pertama ke Bandung jadi takut kesasar. Sebenarnya kalau mau aman, si Nadya bisa dijemput di deket rel kereta api tapi ya itu si Nadya harus jalan lumayan jauh dulu (zona aman untuk penjemputan ada di seberang rel kereta api). Gua sudah mengarahkan Nadya buat jalan kaki dulu lewatin rel kereta tapi si Nadya malah nyasar lewat Pintu Utama. Kasihan juga kalau gua suruh balik lagi karena lumayan jauh juga sih jaraknya. Kebetulan di deket pintu utama ada Alfamart kan, gua bikin janji ama dia di telpon.

Nadya bilang kalau dia bawa tas abu, pake jilbab ungu. Gua tanya dulu ini itu seperti nama lengkap dia, kuliah dimana, tujuan dimana. Buat jaga-jaga siapa tau gua kegap didalam jadi gua bisa beralibi "Lah ini Nadya kan temen deket saya, masak saya dikira Ojol sih"

Padahal emang Ojol sih, hihihi.

Setelah mengamati keadaan, gua ngeliat seorang cewek berhijab lagi berdiri depan Alfamart. Gua yakin, dia orangnya karena sesuai banget cirinya + dia lagi fokus liatin hp. Gak jauh dari dia ada kumpulan Opang yang lagi nunggu penumpang dan asli gua seperti masuk ke lembah kekelaman. Disaat orang menjauh, gua malah masuk tapi karena sudah terlanjur kita hajar saja.

Gua menghampiri Nadya dan kita berdua sempat kontak mata dan dari gerakan bibir dia, dia benar yang order UBER dan gua benar Drivernya. Tapi gua gak tau gimana, ada 1 orang Opang yang keliatannya curiga dengan Nadya bergerak ke arah kita berdua.

Lu tau kan kalau misalnya Spider-Man dapet serangan mendadak dari lawannya, Spider Sense dia akan bereaksi? UBER Sense gua pun demikian, gua merasakan akan ada sesuatu yang tidak baik yang akan terjadi.

Tanpa pikir panjang, gua langsung jabat tangan si Nadya dan mantapnya si Nadya juga keliatannya sudah tau kalau ada bahaya mengancam, dia langsung salim tangan gua. Persis kayak istri lagi cium tangan suaminya dan setelah dia salim tangan gua, si Opang yang awalnya mau ngehampirin gua mendadak mundur teratur kembali ke markasnya, hihihi.

Di jalan kita berdua ketawa ngakak gak berhenti-henti. Untungnya gua gak reflek narik tangan pas si Nadya salim ke tangan gua.

Coba kalau misalnya si Nadya gak peka, kayaknya gua bakalan habis deh 'dimangsa' disana, hiwww

.....................................................................................

Sama kayak di Jakarta, Bogor, Tangerang beberapa Minggu yang lalu Bandung juga diserbu oleh demo angkot. Dia berbagai macam forum sudah dibuat pengumuman supaya para Driver tiarap dulu alias jangan ngebid dulu sampai keadaan kondusif. Tetapi berhubung gua orangnya cuek, gua sih tetep ngebid di hari itu karena gua yakin bakalan dapet banyak materi bagus buat menulis.

Di rumah Nyokap dan Bokap sudah wanti-wanti gua supaya gua gak usah ngebid dan stay di rumah aja buat ngelakuin kerjaan lain. Dia bilang, dibanding cuma cari bahan nulis tapi nanti bisa celaka mending udah di rumah aja.

Gua gak menghiraukan seruan itu karena jam 9 Pagi, gua cus keluar dan mulai ngebid. Dan mungkin karena para Driver lain tiarap di rumah karena takut ngebid, Pagi itu gua dapet banyak banget orderan. Bahkan saking banyaknya, alarm UBER gua terus berbunyi padahal gua masih dalam posisi ngangkut orang.

Jam 11 siang tetiba Bokap gua nelpon, tumben nih nelpon, ada apaan ya. Gua angkat dan Bokap gua bilang kalau Nyokap nangis terus dari Pagi. Gua nangis kenapa? Dia bilang khawatir dan kangen ama gua, minta gua supaya cepet pulang.

Buat gua ini sebenarnya rada aneh sih karena setiap hari juga gua ketemu karena gua masih tinggal ama orang tua. Emang sih intensitas kita bertemu emang makin jarang karena sejak Pagi gua sudah cus pergi tapi buat gua ini aneh aja.

"Udah kamu pulang sekarang, Mama daritadi nangis terus" kata Bokap di ujung telpon.

Mau pulang juga sudah kagok karena rencananya siangnya gua mau ketemuan ama temen. Tapi karena didesak terus biar pulang akhirnya gua balik badan, cus pulang.

Sesampainya di rumah, gua liat mata Nyokap yang sembab karena nangis. Ternyata beneran dia khawatir karena gua nekad narik disaat keadaan lagi tidak memungkinkan + katanya dia kangen ama gua karena jarang di rumah sekarang.

"Hm, iya Ma. Saya gak pergi lagi hari ini" kata gua sambil peluk Nyokap. Gua membatalkan janji gua hari itu dan lebih memilih stay di rumah nemenin Nyokap yang tampaknya lagi merasa kesepian.

Ternyata, menjadi UBER Driver itu tidak sebatas kamu bisa ketemu banyak orang baru, kamu bisa denger cerita hebat orang, atau buat materi menulis seperti yang gua lakuin. Tetapi ada yang lebih besar dari itu semua yaitu kamu bisa tahu betapa sayangnya Ibu ke diri kamu sendiri :)




Berpose, kikikik
.............................................................................

Cerita UBER gua yang lain, bisa dibaca disini yes (diurut dari pertama kali):

*) http://sanipunyablog.blogspot.co.id/2016/12/jadi-ojeg-online.html
*) http://sanipunyablog.blogspot.co.id/2017/01/1-minggu-jadi-diver-ojek-online-lagi.html 
*) http://sanipunyablog.blogspot.co.id/2017/02/kembali-jadi-driver-ojol-lagi-dan-lagi.html  
*) http://sanipunyablog.blogspot.co.id/2017/02/thanks-from-your-bitch.html 
*) http://sanipunyablog.blogspot.co.id/2017/03/sharefa-om-uber-nasi-uduk-korea.html
*) http://sanipunyablog.blogspot.co.id/2017/03/driver-berdedikasi.html
*) http://sanipunyablog.blogspot.co.id/2017/04/filosofi-uber.html 

..........................................................................

Gua baru bikin akun Instagram pribadi, yang mau follow boleh follow kesini yes: https://www.instagram.com/stefanus_sani/ (tidak disarankan untuk orang yang gemar debat politik & agama, gemar traveling atau foto makanan enak karena seperti blog gua, IG gua bersih dari hal itu semua).