Minggu, 19 Oktober 2014

Oktober Ceria

Sekitar 2 tahun lalu, gak ada omongan apa-apa, gak ada basa basi apapun tiba-tiba gue dijadiin sebagai Ketua Seksi Dana buat sebuah event besar di Gereja.

Gue kaget dan shock. Gue yang biasanya adem ayem tiba-tiba dijadiin ketua seksi dana. Temen gue si Ola meyakinkan kalau gue pasti bisa buat ngelakuin kewajiban gue sebagai seorang Ketua. Omongan dia itu ditambah janji-janji manis yang bilang kalau jadi Ketua Seksi Dana tuh gampang banget.

"Lu tinggal nyuruh bawahan lu buat cari duit. Lu tinggal kasih ide doang. Gampang kan?" kata si Ola saat itu.

Wah, kalau kerjaannya tinggal nyuruh-nyuruh doang mah kayaknya gue pasti bisa dong. Yang ada di bayangan gue saat itu, gue tinggal duduk manis sambil ngemut chocky-chocky terus gue tinggal nyuruh temen gue gini:

"Rizky, saya mau hari ini terkumpul 250rb. Ini saya ada semprong ama getuk di rumah, kamu sekarang jualin. Saya gak mau tau caranya gimana, yang pasti jam 9 malam harus sudah terkumpul 250rb"

"Yoel jujur saya sebel ama kamu. Tapi kamu gak bisa membantah saya karena saya ketua disini. Ini saya kasih modal kamu 15rb dan dalam waktu 1 x 24 jam, saya mau uang ini berlipat jadi 1 juta, gimanapun caranya!"

Ternyata gak segampang itu. Bener apa yang diomongin Uncle Ben ke Peter Parker "With great power comes great responsibility" Sebagai seorang Ketua, tanggung jawab gue sangat besar buat kelangsungan acara ini.

Kalau gue males-malesan dijamin event ini gak akan bisa jalan secara apa-apa kan harus pake duit. Kalau duitnya gak ada, gak akan bisa jalan ini acara. Jadi dibanding ngarepin orang, gue lebih milih terjun langsung buat meraup dana.

Satu hal yang paling memalukan dalam hidup gue juga terjadi saat gue menjabat sebagai ketua seksi dana ini. Selain jualan, sebar proposal adalah salah satu cara untuk meraup dana secara cepat. Gue inget, gue punya mantan guru sekolah Minggu yang lumayan tajir. Rencananya gue mau ke rumah dia bareng si Putri buat kasihin proposal.

Dan lu tau, sesampainya disana, ngeliat gue bawa amplop dia langsung ngomong "Wah, Stefanus udah mau nikah aja ya. Ini calonnya?" (Sambil nunjuk ke si Putri)

Gue bengong dan gak bisa berkutik. Gue dateng mau minta sumbangan eh dikira mau nganterin undangan nikah.

Kalau gue disuruh nikah ama si Putri sih gue mau-mau aja secara doi cakep tapi belum tentu dia mau ama gue, hahahahahaha

Ini mungkin salah satu moment yang paling memalukan dalam hidup gue selama 25 tahun ini. 

Sambil malu-malu dan garuk-garuk rambut + terbata-bata, gue cerita kehadiran gue disini buat nganterin proposal sumbangan. Sambil tertawa lepas, dia minta maaf karena ngira gue dateng buat nganterin undangan -_-

Saat itu event kita berjalan sukses dan walapun super capek ada kebanggaan dari dalam hati gue saat MC bilang "Acara ini tidak akan berjalan dengan lancar jika tidak ada kerja keras dari tim seksi dana yang diketuai oleh Kak Stefanus Sani"

*uhuk*

Dan karena suksesnya event itu pula, setiap ada event pasti aja gue yang ditunjuk jadi Ketua Seksi Dana. Apalagi Natal sudah semakin dekat dan kesibukkan gue pun pasti bakalan bertambah.

Selain soal Ketua seksi dana, hal yang berbeda dari gue di bulan Oktober ini adalah gue lagi demen-demennya nonton serial TV jadul. Kalau orang-orang mungkin lagi suka banget nonton serial The Walking Dead, Game of Thrones atau Arrow misalnya tetapi gue beda.

Gue malah lagi demen banget nonton yang jadul kayak Star Trek: The Original Series, The Sopranos, Knight Rider, The Incredible Hulk sampai tayangan supranatural Beyond Belief Fact or Fiction.

Gara-gara nonton serial jadul, entah kenapa belakangan ini gue jadi males banget pergi ke bioskop. Gue jadi kurang suka lagi nonton film-film pop corn kayak The Avengers, Transformers. Gue jadi suka banget ama film-film Christopher Nolan, Wody Allen, ampe David Fincher kayak Memento, Mulholland Dr, Se7en, Pulp Fictions.

Film yang emang bikin mikir sih. Orientasi musik gue pun mulai bergeser. Gue yang biasanya dengerin CFO$ saban hari sekarang lebih demen ama musik scoring terutama musik scoringnya Michael Giacchino.

Michael Giacchino adalah komposer di film-film kayak Up, Ratatouille ampe serial Lost. 

Entah kenapa di bulan Oktober ini banyak sekali yang berubah dari kesukaan gue. Kalau kata orang sih, semakin kita tua, pasti bakalan banyak hal yang berubah dari kita. Ah, apa mungkin gara-gara bulan depan gue bakalan jadi tambah tua jadi ngerubah ini itu ya? Hm, maybe.

Kamu sendiri gimana di bulan Oktober ini?

Jumat, 17 Oktober 2014

Hantu Kerudung Merah di Kolam Renang

Salah satu cara gue buat melepas penat karena seharian beraktivitas adalah olah raga.

Gue mulai olah raga di atas jam 7 malam, entah itu berenang, entah itu maen basket, entah angkat-angkat barbel atau maen tenis meja.

Olah raga apapun gue lakuin yang penting tubuh bergerak dan bugar untuk keesok harinya.

Biasanya sih gue olah raga di apartement temen gue. Kebetulan dia punya satu unit disana dan gue gak tau kenapa, fasilitas olah raga yang ada disana jarang banget ada yang make.

Contohnya kolam renang. Hampir tiap hari gue kesini, ini kolam pasti aja sepi. Entah gue yang terlalu bego buat berenang di jam 8 malam atau orang-orang sudah terlalu malas buat berolah raga setelah seharian bekerja.

Temen gue di UMN yang punya unit disini namanya D*lan. Entah dia itu masih bocah atau apaan, dia itu hobby banget kencing sembarangan di dalam kolam -_-

"Bro, kesini dong! Tolongin gue" kata dia suatu hari. Gue langsung berenang secepat kilat begitu dia teriak minta tolong. Pas udah nyampe ke tempat dia berendam, sambil nyengir dia ngomong "Hehehe, gue barusan kencing disini"

Anjis. Jauh-jauh gue renang ke arah dia gak taunya gue cuma dikecingin doang.

Pernah juga suatu kali, pas lagi berenang tanpa sengaja gue tersedak air kolam dan gak sengaja nelen air kolam. Dengan polosnya dia ngomong gini ke gue "Eh, tadi gue barusan kencing disitu"

Serius, kalau emang beneran lu kencing disini mending gak usah ngomong deh biar gue gak terlalu nyesek. Gara-gara dia ngomong gitu, gue jadi gak nafsu makan dan minum karena ngerasa tubuh gue sudah dicemari oleh air kencing dia.

Hal itulah yang menjadi titik momentum gue buat bales 'kejahatan' dia. Yeah, it's payback!

Gue mikir keras, gimana caranya buat bales ke dia. Sebenarnya kalau gue gak beradab gue bisa bales dengan cara-cara yang lebih gak beradab, misalnya gue ganti air di botol minum dia ama air kencing gue.

Tapi karena gue beradab, gue lebih mikir buat kerjain dia pake cara-cara yang lebih 'halus' dan 'cantik'

Kebetulan dia kan baru beli sandal baru. Itu loh sandal merk skechers yang harganya muahal. Gue mau iseng umpetin buat 'hukuman' karena suka kencing sembarangan.

Saat dia lagi lengah, gue ambil itu sandal terus gue umpetin di pot deket kolam. Setelah gue pikir aman, gue langsung nyebur kolam untuk menghilangkan barang bukti kalau gue pernah keluar dari kolam, xixixixi.

Pas udahan, dia langsung kebingungan sambil garuk-garuk kepala "Eh, skechers gue kok ilang satu ya?"

Aslinya, pas dia ngomong kayak gitu gue pengen banget ketawa gila-gilaan tapi gue akting bego seolah gak ada apa-apa yang terjadi.

Tapi karena aslinya emang gue paling jail dan suka iseng, si D*lan langsung nuduh gue kalau gue yang umpetin. Gue pasang muka bingung dan gak tau apa-apa tentang misteri hilangnya sandal skechers dia.

Setelah lama mencari akhirnya dia nemu juga itu skechers yang gue simpen di deket pot. Saat itu kalau gue liat dari muka dia, dia masih yakin 99% kalau gue adalah tersangka utamanya.

Besoknya pas lagi berenang lagi, sekarang giliran gue umpetin handuk dia. Pas gue ngumpetin anduk dia, gue pake cara copet kalau lagi nyopet.

Tenang dan tidak meninggalkan jejak.

Awalnya gue ngajak dia buat tanding renang dan pas dia nyemplung mulai berenang, dengan secepat kilat gue langsung naik ke atas dan umpetin anduk yang dia simpen di dalam tasnya. Persis kayak copet lagi nyopet di angkot. Cepat dan tidak berbekas.

Pas udahan dan mau mandi muka si D*lan langsung berubah bingung gara-gara handuknya ilang. Seperti biasa, gue langsung pasang muka polos dan ngeyakinin kalau dari tadi gue berenang terus di kolam dan gak sempet keluar-keluar dari kolam..

Dia masih nuduh kalau gue adalah malingnya. Gue pun masih sekuat tenaga buat nyangkal kalau gue adalah maling handuk. Buat meredakan suasana, gue harus segera cari 'kambing hitam'.

Kebetulan banget, di tepi kolam ada bocah yang lagi main sambil cekikikkan di tepi kolam. Gue gak tau itu bocah siapa, namanya siapa, anaknya siapa. Yang gue tau dia pake jersey Chelsea bertuliskan "Drogba"

"Ini sih kata gue ya. Kalau gue perhatiin kayaknya si Drogba deh pelakunya. Soalnya dia mainnya deket-deket tas kita. Terus liat aja dia cekikikan, kayaknya dia deh yang ngumpetin"

"Iya gitu?' D*lan mulai curiga. Kebetulan banget pas gue ngomong gitu si Drogba lagi cengengesan. Entah lagi cengengsan apaan tapi cengengesannya si Drogba itu bener-bener berkah buat gue.

Si D*lan mulai percaya kalau si Drogba adalah pelakunya dan bilang bakalan lebih ngawasin dia kalau ntar berenang lagi

Besoknya pas kita berenang lagi, giliran gue pake teori kebalikkan. Kalau biasanya, gue yang ngumpetin skechers/handuk/sepatu dia, giliran gue yang sekarang ngumpetin punya gue sendiri. Sengaja gue ngumpetin sneakers yang biasa gue pake. Gue umpetin di deket pohon mahoni di deket food court.

"Eh sneakers gue yang sebelah kiri kok ilang ya?" tanya gue pura-pura bloon

Si D*lan yang ngedenger omongan gue langsung ketawa ngakak. Kayaknya puas banget ngedenger sepatu gue ilang.

Gue pura-pura bingung sambil sok-sok nyari sepatu gue. Kalau gue bisa nilai akting gue, serius deh akting bingung gue udah level Oscar, semua terpedaya.

Saat si D*lan masih cengengesan, gue gak tau darimana tiba-tiba ada anak cewek, umur sekitar 6 tahun langsung nyerocos ngomong gini ke gue dan D*lan "Kak, tau gak kalau di apartement ini ada hantu kerudung merahnya? Aku sering lihat"

Eaaaaaaa, ngedenger ada hantu merah si D*lan yang awalnya ketawa gila-gilaan langsung pucat pasi. Mulutnya langsung mingkem. Kalau gue sih malah gak terlalu percaya secara yang ngomong anak kecil.

Paling dia liat PO teletubbies terus ngiranya hantu merah, gara-gara warnanya sama merah #maksa

Ngedenger soal hantu merah ini, gue langsung nakut-nakutin si D*lan. Gue bilang jangan-jangan selama ini yang ngumpetin skechers/handuk/tas dia tuh si hantu kerudung merah. Hantu kerudung merah itu tersinggung gara-gara si D*lan kencing sembarangan terus ngencingin muka si hantu kerudung merah!

"Jadi gimana dong?" tanya si D*lan ketakutan. Gue sekarang bener-bener ngerasa lagi di atas angin banget.

"Kalau kata gue sih ya, mending setiap lu berenang sebelum nyebur lu ngomong gini, 'Permisi, maaf saya gak akan kencing sembarangan lagi. Maaf sudah mengganggu'

"Seriusan lu?" tanya dia

"Seriusanlah. Istilahnya tuh kulo nuwun dulu. Lu tau gak kalau supir truk lagi kebelet, dia pasti pipis di pinggir jalan tapi sebelum pipis dia permisi dulu. Kalau gak dia bakalan ditempelin terus. Serem deh"

Raut muka si D*lan mulai menunjukkan raut yang penuh dengan ketakutan. Gue pengen banget ketawa gila-gilaan tapi gue harus tetap berakting kayak si Digo yang cool di Ganteng Ganteng Serigala.

Dan lu tau, setelah kejadian hantu kerudung merah itu renang gue jadi terasa menyenangkan. Si D*lan yang biasanya dengan keji buang air seni di kolam tanpa ngerasa bersalah sekarang sudah berubah.

Tiap dia mau nyebur pasti dia ke toilet dulu. Cerita soal Hantu Kerudung Merah ini ternyata juga sudah menyebar kemana-mana gara-gara si D*lan cerita. Semua orang juga jadi nanya ke gue tentang legenda hantu kerudung merah ini padahal aslinya gue juga gak tau bentuknya kayak apa.

But (of course), si D*lan gak cerita kalau dia suka pipis sembarangan di kolam terus barang-barang dia diumpetin hantu kerudung merah. Dia cuma cerita kalau setiap berenang, barang-barang dia pasti ada aja yang hilang -_-

Beberapa hari setelah kejadian itu, gue lagi berenang di Apartement itu lagi. Kali ini gue berenang sendiri karena kebetulan si D*lan dan temen-temen gue yang lain lagi ada acara sendiri.

Ada kali sejam gue berenang dan setelah capek, gue beranjak naik ke tepi kolam buat mandi dan ganti baju. Pas gue naik dan ambil tas gue, kok handuk gue gak ada ya?

Padahal gue inget banget gue taruh di atas tas. Gue celingak-celinguk liat sekeliling tapi suasana emang lagi sepi banget dan gak ada siapa-siapa.

Jadi?