Jumat, 09 November 2018

Sunny Day

Salah satu teman gua yang sering gua tulis (baca: dihujat) di blog adalah si D. Dia adalah temen gua sejak SMP dan masih berteman sampai hari ini.

Rumah si D ini deket rumah gua dan dulu kalau gua lagi suntuk, gua sering mampir ke rumah dia. Kalau gak maen PS, tonton film atau numpang bikin Indomie Cabe Hijau di rumah dia.

Gua pun sering berenang bareng dia. Lebih seringnya sih berenang di Apartemen punya Kakaknya dan berhubung Kakaknya punya unit disana, gua jadi bisa ikut nebeng renang.

Kalau misal ditanya Satpam, tinggal bilang saja "Saya penghuni Emeral E-11" dan kita pun bisa melenggang buat renang dengan bebas.

Postur tubuh D ini luar biasa gemuk. Ukuran tubuhnya mirip si Nazar KDI tetapi dalam ukuran lebih besar lagi. Kalau misalnya gua lagi berenang ama si D, kadang gua sedikit malu.

Malunya adalah gini, kalau orang gendut kan biasanya dadanya agak besar dan turun kebawah ya. Nah ukuran TETEK si D itu besar dan merosot kebawah banget.

Malunya adalah kalau gua lagi jalan dari kamar ganti ke kolam renang, wadaw itu orang langsung lirik-lirik ke arah TETEK si D sambil bisik-bisik dan diakhiri dengan ketawa ngece bareng.

Gua yakin yang diomongin adalah gini "Itu cowok yang gendut kok TETEKnya melar banget ya. Diapain itu ama temen disebelahnya". Setelah itu mereka pun tertawa bersama.

Gegara itu tiap gua pergi berenang bareng si D, gua selalu cepet-cepet cus duluan dari kamar ganti dan langsung nyebur ke kolam. Jangan sampai gua berjalan bareng si DS ke kolam, tar bisa-bisa gua disangka orang yang suka maenin TETEK si D -_-

Oh ya, si D ini punya cemilan favorit. Cemilan favoritnya adalah Indomie kremes tanpa dimasak. Maksudnya gimana San?

Iya, jadi gini. Lu tau Indomie kan? Nah Indomie bisa dijadiin mirip seperti Mie Kremez. Jadi cara makannya adalah masukkin bumbu ke Indomie, remes, kocok-kocok agar bumbunya tercampur dan aha Indomie Kremez sudah bisa disajikan.

Biar banyak micin dan bikin Bego tapi tetap enak sih, hihihi.

Tapi si D beda sendiri. Kalau misalnya Indomie kuah kan masih bisa ditolerir ya tapi si D beda. Dia makannya Indomie Goreng dan semua bumbu dari kecap, sambal, sampai bumbu bawang dimasukkin semua terus dikocok dan dimakan perlahan.

Bisa dibayangkan kayak apa bentuk dan rasanya?

....................................................................................

Si D adalah salah satu teman gua yang kaya raya karena punya usaha bengkel. Kalau mau ketemu dia, gampang banget. Cari aja bengkel motor yang rame terus di sekitaran Ahmad Yani dan perhatikan ada cowok gendut lagi mangap sambil liat jalan, nah itu pasti si D.

Sebenarnya si D ini ogah-ogahan jaga bengkel tetapi berhubung dia bisa diomelin ama Emaknya karena gak jaga bengkel maka mau gak mau dia ikut jaga bengkel.

Si D ini baru bangun jam 10 dan pergi ke bengkel jam setengah 11 siang padahal bengkel sudah jam 8 Pagi.

"Om, ini D belum datang? Jadi Om sendirian aja nih" tanya gua. Jadi ceritanya gua lagi ganti ban motor dan berhubung gua paling ogah ngantri, biasanya gua datang pas bengkel baru buka. Biar jadi orang pertama.

"Iya San, tolong si D dinasehatin biar jangan subuh terus tidurnya. Terus jangan telat terus datangnya" kata si Om ke gua.

"Wah pasti saya kasih tau Om. Kasian ya Om jadi jaga sendirian kalau saya yang jadi anak Om mah saya jam 8 juga sudah ikut jaga" kata gua MAKAN TEMEN sendiri.

"Iya nih San, repot juga kalau Pagi karena Om cuma sendirian"

"Ok Om nanti saya tegur si D ya. Kasian si Om jadi jaga sendiri aja" kata gua MAKAN TEMEN lagi.

Sebenarnya gua mah uda tau dari awal kalau si D kalau tidur emang selalu nyubuh karena dia pasti begadang main PS4 terus datang ke bengkel pasti siang. Tetapi berhubung gua lagi ngincer diskon ban di bengkel si D, gua lagi manas-manasin si Om.

"Ok Om, nanti saya tegur si D ya. Om, minta diskon dikit dong. Ini uangnya mepet Om" bujuk rayu ala gua.

"Ya udah Om kasih diskon 15% persen ya. Kalau ke yang lain mah cuma 10% aja tapi bukan Sani, dilebihin jadi 15%"

Mantul Bosque.

Malamnya pas gua ketemu lagi si D, si D ngomong kalau dia diomelin ama Bokapnya dan kata Bokapnya bilang "Kamu itu harus niru si Sani, Pagi-pagi sudah kerja bukan tidur terus"

"Aneh banget tiba-tiba kok gua diomelin dan dibandingin ama lu" kata si D heran.

Gua hanya tertawa ringan sambil menawarkan Chiki Piatos untuk mengalihkan keheranan si D.

........................................................

Mengapa tetiba jadi ngomongin si D? Sebenarnya ini adalah bentuk 'penghargaan' gua buat si D karena di hari ulang tahun gua tanggal 4 Nov kemarin, D adalah orang pertama yang ucapin selamat ultah buat gua.

Ucapannya sih cuma 'HBD' doang tanpa ada tembel-embel apapun di dalamnya tetapi tetap berkesan buat gua karena si D gak melupakan hari jadi gua, hihihi.

Gegara liat ucapan ultah dari si D, gua jadi ngitung umur gua dan aha, ternyata gua sudah lumayan uzur ya karena sebelumnya gua tidak pernah menghitung umur gua.

Di usia gua yang sekarang, gua sudah harus memikirkan langkah besar selanjutnya. Gua bilang usia gua yang sekarang ini merupakan sebuah peralihan untuk gua supaya menjadi lebih dewasa lagi.

Kalau dulu tiap gua ulang tahun, gua selalu request pengen dibeliin ini itu ke orang tua kalau sekarang gua malah gak pengen apa-apa.

1 bulan sebelum gua ultah, gua lagi nemenin Ibu Pendeta di Gereja buat nunggu Grab Car datang. Maklum si Tante sudah tua jadi gak tau caranya pake aplikasi dan jadilah tiap Minggu, gua menjadi orang yang orderin + nungguin Tante Pendeta biar dapat Grab Car.

Kalau nolak takut kualat -_-

Pas lagi nunggu Grab Car datang, gua curhat kayak gini ke si Tante (sebelumnya sih gak pernah curhat), kurang lebih gini isi curhatnya:

"Tante, doain saya dong biar ketemu jodoh yang terbaik" kata gua malu-malu. Saat itu, gua memang dekat dengan beberapa temen lawan jenis tetapi tidak juga kunjung bertemu yang cocok.

"Iya tapi nanti kalau sudah ketemu, harus serius ya. Sama yang terakhir kenapa udahan?" tanya Tante Pendeta.

Gua lantas menceritakan kenapa hubungan gua dengan Miss M kandas dan Tante bilang gua juga harus berdoa supaya jodoh terbaik lekas datang.

Dan gak lama setelah Tante Pendeta bilang gitu, jodoh pun benar datang dan gua meyakini jika doa orang benar jika didoakan dengan sungguh maka akan terjadi (maksudnya doa Tante Pendeta).

Dulu, gua sering mengeluh kalau si Tante yang pimpin doa di Gereja. Protes karena terlalu lama, sekali doa bisa sampai 20-30 menit. Buat gua yang mentok berdoa 5-10 menit, 30 menit itu terlalu lama buat berdoa (maafkan Ya Tuhan). Tetapi sekarang gua gak mau banyak protes karena doa Tante buat gua dijawab oleh Tuhan :D

Tante mau berdoa sampai 1 jam juga gua tungguin deh, beneran deh, hihihihi.

Dari semua hadiah gua yang pernah gua terima, mungkin hadiah tahun ini adalah hadiah yang terbaik. Tidak ada alasan apa-apa sih tapi

sekali lagi gua pengen bilang kalau 'hadiah' tahun ini adalah hadiah terbaik yang pernah gua dapat.

:) :) :)

Jumat, 02 November 2018

GOJEG Move On

Malam ini, gua lagi terdampar di daerah Cibadak. Urusan Clobberin Time sudah kelar semua dan jam baru  menunjukkan jam 9 Malam, masih terlalu 'pagi' buat pulang.

Kalau begitu enaknya ngapain? Jawabannya adalah nge-GOJEG dong. Siapa tau dapat, mbak cakep yang searah pulang, lumayan buat temen ngobrol di sepanjang perjalanan pulang, hihi.

Gua nyalain aplikasi dan gak pake lama, sebuah orderan langsung masuk ke ponsel gua. Gua klik dan muncul nama 'Riska'. Hmm, gua tilik-tilik sebentar, dari nama sih keliatannya cantik nih. Gua telpon buat konfirmasi dan dari suara keliatannya Riska ini seumuran dengan gua. Oh ya, tujuan Riska adalah ke Arcamanik. Satu arah dengan tujuan pulang.

Riska minta dijemput di sebuah gang di Cibadak dan gak lama kemudian gua sudah mencapai tujuan. Keluar seorang perempuan berhijab merah dan gua konfirmasi ulang, bener nama dia Riska.

Kalau gua menggambarkan, Riska itu perempuan berhijab yang usianya mungkin di kisaran 25-28 tahun dan berlesung pipit. Dan seperti biasa, di tengah perjalanan gua mulai ajak ngobrol santai.

"Teh Riska, ada acara apa tadi di Cibadak?" tanya gua memulai obrolan.

"Oh enggak, ini saya habis dari rumah Kakak saya, biasa silahturahmi"

Teh Riska kemudian bercerita bahwa dirinya baru 1 bulan ini resign dari kantor dan selama 1 bulan ini dia sedang beradaptasi dengan kehidupan barunya. Maksudnya adalah Teh Riska yang biasa tiap hari berangkat kerja terus pulang Sore jam 5 sekarang otomatis 'menganggur'. Ini tentu bisa menjadi masalah terutama saat rasa jenuh tiba. Dari yang awalnya sibuk mengerjakan pekerjaan kantor kini hampa, gak ada kerjaan.

Dari yang gak biasa nonton TV di Pagi hari, kini jadi nonton acara bongkar aib orang punya si Uya Kuya tiap Pagi.

"Biar saya gak jenuh makannya saya sering main ke rumah Kakak saya di Cibadak tadi" lanjut Teh Riska.

Mungkin karena sudah mulai merasa nyaman dengan gua, Teh Riska mulai menceritakan hal-hal pribadi dirinya sampai di satu titik dia ngomong gini:

"Kamu mirip dengan mantan pacar saya. Sipit gimana gitu"

"Pasti mantannya Teh Riska ganteng soalnya mirip ama saya" goda gua

"Ah bisa aja kamu"

Teh Riska kemudian bercerita bahwa dia pacaran dengan Mr. X selama 8 tahun dan akhirnya harus kandas karena perbedaan agama. Teh Riska beragama Muslim sedangkan Mr. X beragama Kristen.

Awalnya hubungan mereka lancar karena keduanya berbohong soal status mereka. Mr. X bercerita kepada keluarganya kalau Teh Riska itu beragama Kristen. Keluarga Mr. X percaya karena kalau diselidik, wajah Teh Riska memang terlihat 'agak' oriental meskipun bukan.

Teh Riska kemudian bercerita bagaimana serunya hubungan mereka berdua selama 8 tahun. Gimana baiknya si Mr. X dan betapa perhatiannya Mr. X. Pernah satu hari mereka berdua berantem hebat tetapi meskipun berantem, si Mr. X tetap menjemput Teh Riska pulang.

Seperti di FTV Indonesiar, Teh Riska awalnya ogah naik dan malagan berbalik badan berjalan ke arah berlawanan. Mr. X kemudian turun dari mobil dan menyuruh Teh Riska padahal saat itu kondisi sedang hujan dan banyak kendaraan yang lalu lalang.

"Pokoknya itu berkesan banget" kata Teh Riska.

Tetapi hubungan 8 tahun itu akhirnya harus kandas karena restu dari orang tua. Alasan agama menjadi 'momok' untuk hubungan mereka berdua.

Begitu tahu kalau Teh Riska beragama Islam, Kakak perempuan dari Mr. X langsung menangis hebat karena hubungan keduanya yang memang sangat dekat. Orang tua dari Mr. X juga sangat sedih karena mereka sudah merasa sangat cocok dengan Teh Riska.

Tapi apa lacur, prinsip adalah hal yang sulit untuk ditembus dan oleh karenanya hubungan keduanya harus kandas.

Dan setelah hubungan keduanya kandas, Teh Riska kemudian dikenalkan dengan seorang duda beranak 3 dan orang tua Teh Riska berharap jika Teh Riska bisa menikah dengan Om mapan beranak 3.

"Teh Riska yakin mau menikah dengan Om Duda itu?" tanya gua

"Sejujurnya sih enggak. Bahkan pas 1 Minggu sebelum acara pernikahan, saya sudah mau membatalkan tetapi karena Ayah saya sampai sakit akhirnya saya pilin buat lanjut"

Hm, demi Ayah bukan demi hati.

Teh Riska juga bercerita bahwa hubungan dirinya dengan 3 anak sambungnya tidak baik terutama dengan si sulung yang sampai hari ini, tidak pernah menganggap Teh Riska sebagai seorang 'Ibu'. Sedangkan 2 Adiknya masih mau mendengar Teh Riska.

Berat gak sih jadi Teh Riska? Harus putus hubungan dengan mantan pacar yang sudah pacaran selama 8 tahun, menikah dengan Om Duda yang sebenarnya belum sayang-sayang amat, resign dari kantor, dan setiap hari harus ketemu dengan 3 anak sambung yang belum bisa menerima Teh Riska seutuhnya.

Oh ya suami Teh Riska bekerja di Balikpapan dan pulang 1 bulan sekali saja. Disaat begini, Teh Riska terkadang kepikiran mantannya itu.

"Rumahnya di daerah Pinus Regency, gak jauh dari sini kan? Saya juga masih ingat rute kesana"

"Mau gak, anterin saya kesana? Gak mampir cuma pengen lewat rumahnya aja. Nanti saya lebihin ongkosnya" sambung Teh Riska

Ongkos Cibadak - Arcamanik via Go-PAY itu kalau gua gak salah sekitar 23rb dan Teh Riska bilang bakalan kasih lebih asal gua mau nganterin dia ke rumah mantannya, lewat doang.

Berpikir sejenak, gua jawab gini:

"Bukannya gak mau Teh Riska tapi menurut saya mah mending gak usah. Nanti malah semakin kepikiran mending yang ada sekarang disyukuri aja"

Gua pernah dalam posisi Teh Riska. Dulu kalau lewat daerah rumah mantan pacar, gua sering pengen lewatin rumahnya sambil ngarep berpapasan dengan dia. Beberapa kali gua coba dan hasilnya adalah malah semakin menyakiti diri sendiri.

Disaat kamu ngarep bisa berpapasan dengan mantan pacar yang sebenarnya sudah gak peduli dengan diri kamu, dia malah lagi asyik dengan pacar barunya.

Sungguh sangat menyedihkan bukan.

Gua pun berpikir demikian, kalau misalnya gua mengiyakan request Teh Riska, hal itu malah akan semakin menyakiti dirinya. Dia bakalan terus teringat kenangan dan pasti makin bikin susan move on.

Toh Teh Riska sudah punga kehidupan sendiri bukan? Dan gua juga percaya kalau si Mr. X sudah memiliki kehidupan sendiri.

Perjalanan yang lumayan jauh ini diakhiri tepat di depan gerbang rumah Teh Riska. Teh Riska mengucapkan terima kasih sambil tersenyum dan gua hanya jawab:

"Jangan dipikirin terus Teh Riska, yang sekarang juga pasti gak kalah baik kok dari sebelumnya"

Teh Riska hanya tersenyum sambil masuk ke dalam rumahnya.

.........................................................................................

Sudah bukan rahasia lagi kalau banyak orang yang pengen banget join GOJEG. Mungkin mereka mendengar 'katanya besar penghasilannya'. Ya kadang 'katanya, katanya' itu yang bikin orang ngiler padahal terkadang kenyataannya gak seindah 'katanya, katanya'.

Itu pun yang membuat Teh Yola tertarik untuk bergabung ke GOJEG, bukan buat dia sih tapi untuk suaminya.

Di suatu Malam, gua lagi menikmati Es Kepal Milo. Ini makanan yang sempat booming beberapa bulan lalu tetapi berhubung gua paling tidak tertarik buat mengantri cuma buat makan doang, gua baru ngicip dong ini Es Kepal Milo seharga 15rb perak ini -_-

Rasanya ternyata gitu doang yak, gua kira bakalan kayak apa rasanya. Di bayangan gua rasanya bakalan kayak ada sensasi koklat lumer di mulut ternyata kayak es serut biasa.

Lagi asyik icip Es Kepal Milo, orderan GOJEG masuk ke HP gua. Sebuah orderan atas nama 'Nita', gua chat dan posisi Teh Nita ada di depan BORMA Antapani, gak jauh dari posisi gua yang sedang menikmati Es Kepal Milo.

Gua habiskan Es Kepal Milo yang kurang enak itu dan segera bergegas menjemput Teh Nita. Seorang perempuan muda sedang berdiri di depan BORMA bersama seorang anar kecil usia 4 tahun. Feeling gua itu adalah Teh Nita dan pas gua konfirmasi ternyata benar dia adalah Teh Nita.

Tujunnya adalah UBERTOS (Ujung Berung  Town Square), sebuah Mall sepi yang letaknya di Bandung timur.

Di perjalanan, gua nanya ngapain ke UBERTOS malam-malam gini dan jawabannya adalah

"Saya mau coba kredit HP buat dipake suami saya nge-GOJEG karena kata tetangga saya banyak toko HP di UBERTOS yang bisa nyicil belinya"

"Saya sudah foto copy buat persyaratannya. Kata tetangga saya penghasilan dari GOJEG lumayan banget. Buat nambah-nambah"

Hm, gimana ya bilangnya. Gua gak tau ya berapa sih penghasilan Driver yang tiap hari kerjannya emang jadi Driver GOJEG tetapi buat gua yang Nge-GOJEG buat fun dan buat menulis buat blog, kisaran yang gua dapat itu 30rb dan ludes di hati itu juga buat isi bensin dan makan Ayam Geprek di Kiara Condong atau makan Nasi Mawut bareng si Arya, Bangsa, dll.

Kalau gua mengibaratkan adalah penghasilan gua di GOJEG itu tiap Minggunya sama seperti saat gua menjual 2 Tees Clobberin Time.

Dan lagi, sepengetahuan gua, penerimaan Driver GOJEG di Bandung sudah tutup dan belum dibuka lagi untuk jangka waktu yang belum ditentukan. Nambahin lagi, cicilan HP yang di Konter HP gitu, yang gua tau bunganya sangat mencekik kan?

Dengan semua fakta di atas, kalau kalian jadi gua, apa yang bakalan kalian lakukan? Bilang kalau GOJEG lagi menutup pendaftaran, bilang kalau nyicil di konter HP bunganya kayak syetan mencekik atau bilang kalau penghasilan GOJEG tidak seindah yang dibayangkan?

Gua bisa aja cerita itu semua tetapi jujur gua gak tega apalagi pas si Ibu ngomong kalau mereka baru saja berhutang besar buat menebus anar mereka yang baru lahir.

Kalau sudah begini, gua harus gimana menurut lu?

Dalam obrolan antara gua dan Teh Nita, di bayangan Teh Nita sudah terbayang kalau jadi Driver GOJEG itu penghasilannya bakalan besar dan bisa merubah perekonomian keluarga dia.

"Kalau penghasilan kakaknya berapa dari GOJEG?" tanya Teh Nita ke gua

"Saya? Ya kisaran 100an lah sehari" kata gua ngibul. Karena gak mungkin juga gua ngomong ke Teh Nita kalau gua jadi Driver cuma buat fun doang.

"Lumayan banget. Doain saya ya supaya gampang nyicil HP-nya terus suam saya gampang daftar jadi Drivernya" kata Teh Nita.

"Oh iya Teh, pasti saya doakan" jawab gua. Tentu gua akan mendoakan yang lebih baik lagi, lebih dari menjadi seorang Driver GOJEG.

20 menit kemudian, kita sampai ke tujuan dan ongkosnya adalah sekitar 20rb. Gua gratisin, bilang buat jajan si adek kecil.

"Makasih ya Om" kata si Adek kecil sambil ngedadahin gua di depan UBERTOS.

..............................................................

"Ini anaknya tadi ngomong, dia pengen pegangan. Boleh gak?" tanya seorang Mbak muda yang lagi dibonceng gua.

"Oh iya, silahkan pegang aja" kata gua. Si kecil langsung memegang erat gua dan oh ya, anak kecil ini (maaf banget, tidak ada maksud menyinggung siapapun) adalah anak autis.

Setelah berpegangan erat dengan gua, si anak yang awalnya gak bisa diem mendadak jadi tenang. Kepalanya bersender ke punggung gua dan tangannya memegang erat pinggang gua.

"Biasanya dia suka gak mau kalau pegangan ama orang yang baru dikenal" kata si Mbak muda yang sepertinya adalah pengasuh si Anak.

Jari jemari letik yang berpegangan erat
Buat gua pribadi, hal-hal seperti inilah yang membuat gua semakin susah move on dari dunia Ojol karena selalu ada banyak cerita di dalamnya.

Selalu ada banyak alasan untuk bersyukur karena sudah diberikan kehidupan yang begitu baik karena dengan menjadi Driver Ojol, kita bisa bertemu dengan banyak orang, mendengar cerita mereka untuk kemudian bersyukur karena masih banyak orang yang memiliki masalah lebih berat dari kita.

"De, sudah dimana? Cepetan pulang, sudah malam. Banyak orang jahat di jalan" suara Papa di ujung telpon.

Jam sudah menunjukkan pukul 23:30, waktunya untuk pulang.


Koleksi Bintang 5