Sabtu, 29 Agustus 2015

Run Sani Run

Salah satu kelemahan gue yang kemudian sering dijadikan alasan untuk membully gue adalah hingga hari ini gue belum bisa (atau lebih tepatnya) belum mahir mengendarai mobil.

Sebenarnya gak ada yang salah sih, temen gue yang laki-laki juga banyak yang gak bisa. Gak usah jauh-jauh deh, Kakak gue juga gak bisa nyetir.

Tapi herannya gak pernah ada komplain, giliran gue yang gak bisa setir, semuanya beramai-ramai menjadikan gue sasaran tembak :(

Ya, wajar sih. Secara gue kan nakal, suka ngegodain or ngejailin orang. Giliran mereka tau kelemahan gue, nah udah deh. Habis gue jadi bahan olokkan.

Paling kerasa tuh kalau misalnya ada acara gitu dimana kita harus berkendara jauh dan yang nyetirnya adalah temen gue yang perempuan. Udah deh, dari berangkat ampe pulang pasti gue yang dijadiin sasaran tembak.

Cap "laki-laki gak bertanggung jawab", "laki-laki gak bisa diandalkan" langsung nempel ke gue. Ampe gue sendiri bingung apa hubungannya gue kagak bisa nyetir ama laki-laki yang gak bisa diandalkan.

Kalau ditanya sih sebenarnya gue sudah sempat 3-5x belajar setir. Kalau sekedar maju atau muterin komplek gue masih beranilah. Tapi kalau udah disuruh bawa mobil ke jalan + ada penumpang, gue belum berani. Gue takut bukannya mereka nyampe ke tujuan malah sampai ke pintu akhirat.

Orang tua gue sendiri, 22nya bisa nyetir. Tapi ini sih saran gue buat kalian yang mau belajar nyetir, jangan sampai deh belajar setir ama orang tua.

Sumpah bawelnya ngelebihin tukang kentang di Pasar. Pernah gue belajar ampe Bokap, bukannya bisa yang ada gue sakit kepala.

Perasaan gue bawa biasa aja, gak ngebut tapi dimarahin bokap. Dia bilang gue bawanya terlalu cepat, giliran gue bawanya santai dibilang terlalu lama. Hualah.

Belum lama ini, Bokap ngajakkin gue ke sebuah tempat pemandian air panas. Dia dan 3 temannya berencana buat berendam air belerang yang (katanya) baik buat kesehatan.

"Udah ikut aja Dek, berendam tuh bisa nyembuhin sakit panu atau kudas" kata salah satu temen Bokap gue yang sudah lumayan berumur.

Gile lu Om, jelek-jelek gini gue GAK PERNAH yang namanya sakit kulit. Dikira gue panuan apa ya -_-

Alasan utama Bokap gue ngajak ke tempat berendam air panas adalah di tempat itu ada lapangan besar yang bisa dijadiin tempat latihan nyetir. Kebetulan tahun ini, kalau dapet berkat gue mau ambil satu mobil nah Bokap gue bilang sebelum mobilnya datang, gue sudah harus bisa nyetir.

Gue sih mau-mau aja tapi ya itu gue sedikit kagok pergi ama Om-om yang umurnya sudah jauh lebih tua di atas gue. Kadang gak nyambung alur obrolannya, belum lagi kalau ketemu mereka pertanyaan yang pasti ditanyain ke gue adalah "Kapan kawin?"

Wanjir, Kakak gue aja gak pernah ditanyain kayak gitu giliran ke gue ditanya kapan kawin mulu, Entah apa muka gue keliatan sange gitu ya jadi keliatan yang kebelet kawin.

Dan akhirnya kita (baca: 4 orang tua + 1 pemuda ganteng) berangkat juga menuju sebuah tempat berendam air panas. Btw, jangan bandingin tempat berendam air panas itu seperti yang di Jepang atau kayak di Serial Korea gitu. Tempatnya cuma kolam besar yang wallahualam panasnya.

Terakhir gue nemenin Bokap gue ke pemandian air panas adalah sekitar 3 bulan lalu dan panas kolam air panas belerang itu mencapai 60 derajat celcius. Belum lagi gue berendam jam 1 siang saat matahari lagi terik-teriknya, gue yakin deh kalau gue bikin pop mie or mie gelas pake air belerang itu yakin deh pasti langsung mateng.

Setelah 3 jam perjalanan akhirnya kita sampai juga ke tempat pemandian yang dimaksud. Tempatnya bagus, harganya lumayan tinggi buat ukuran kolam rendam air panas (65rb/orang) dan setelah ganti baju akhirnya gue mulai berendam.

Nah, ini dia yang gue suka. Airnya pas, panasnya wajar, bikin betah buat berendam. Sambil menikmati udara sore yang dingin, gue duduk deket pancuran air panas. Badan menjadi rilex, pikiran menjadi tenang dan yang terpenting kalau kamu (bukan gue) punya penyakit kulit, katanya sih abis berendam bakalan sembuh.

Setelah 1 jam berendam akhirnya gue menyudahi berendam. Mandi sebentar, gue kemudian duduk nungguin Bokap dan teman-temannya mandi. Setelah beres, gua nanya ke Bokap "Pa, jadi kita belajar nyetirnya?"

Dijawab bokap gue "Nanti lagi aja ya De, udah kesorean ini". Swt -_-

Di perjalanan pulang, tiba-tiba temen Bokap gue nyeletuk bilang kalau pengen nyobain sate biawak. Di sepanjang jalanan Subang emang terkenal dengan Sate biawak, hampir di sepanjang jalan penuh dengan warung sate biawak.

Yang gue bingung, kok bisa-bisanya itu si Om pengen nyobain sate biawak. Gue aja gak tau biawak itu gimana bentuknya -_-

"De, cobain ya makan sate biawak. Bagus buat vitalitas loh" kata si Om sambil berpromosi ke gue.

VITALITAS GIMANA MAKSUDNYA, LU KIRA GUE KENA EJAKULASI DINI YA *pikir gue dalam hati*

Gue sih mangut-mangut aja dan akhirnya kita menepi buat jajan sate biawak. Jujur, gue gak tau biawak yang gimana bentuknya tapi ya ikut-ikut aja deh. Belum apa-apa, salah satu Om langsung order sate biawak 30 pcs.

Kata gue sih order 10 tusuk dulu, kalau misalnya suka ya nambah. Kalau gak suka ya kan gak terlalu banyak yang kebuang. 15 menit menunggu akhirnya sate biawak yang ditunggu-ditunggu datang juga.

Bentuknya sih kayak sate biasa pada umumnya. Gue mulai ngicip dan rasanya gak ada yang aneh sih, sedikit mirip ama sate kambing. Bokap dan ketiga temannya kemudian ikut mencicipi sate tersebut.

Belum juga satu gigitan, mereka udah protes. Dagingnya alot terus susah dikunyah. Ya iyalah, gigi aja sudah pada tanggal semua sok jago mau ngunyah daging biawak.

Setelah 1 gigitan, semuanya menyerah. Di hadapan gue sekarang ada 26 tusuk sate biawak yang gue aja belum tau gimana bentuknya. Kalau mereka gak mampu lagi buat makan, terus siapa dong yang ngabisin.

Dan bener sesuai dugaan gue. Gue yang didesak buat ngabisin itu sate. Dibilang kalau sayang kalau gak dimakan, sayang kalau dibuang dan segala alasan yang lain.

Iya, iya gue abisin deh. Gue abisin itu sate biawak sambil dengerin mereka semua menggerutu gegara daging biawak yang alot banget.

Setelah gue abisin 26 tusuk sate biawak dengan penuh perjuangan akhirnya kita pulang. Gue masih penasaran biawak tuh yang gimana bentuknya. Yang gue tau biawak itu sering dijadiin objek cacian temen gue, misalnya "Dasar biawak lu".

Gue buka tab dan search foto biawak dan ini dia yang gue temukan:

This is Biawak
Yang ada di pikiran gue saat itu adalah gue mendadak mual dan sekarang yang beginian ada di perut gue terus sedang dicacah di usus 12 jari gue.

Oh, okey

Rabu, 05 Agustus 2015

Move On

Seperti yang pernah gue tulis di salah satu postingan gue yang terdahulu, selain mantan pacar apa yang paling bikin susah move on?

Yes, jawabannya adalah pindah rumah.

Setelah berpuluh tahun lamanya gue tinggal di rumah gue yang sekarang, akhirnya dalam waktu dekat ini gue harus segera pindah ke rumah yang baru. Kalau ditanya alasannya kenapa, gue jawab "untuk sesuatu yang lebih baik lagi"

Orang kalau pindah rumah kan biasanya jauh ya, kayak tetangga sebelah Rumah gue yang pindah dari daerah rumah gue di Cicadas ke Subang. Itu jauh.

Sedangkan jarak rumah gue yang baru dengan yang lama, jaraknya cuma 10 langkah alias cuma beda 1 satu rumah, itu juga masih hadap-hadapan. Kekekekek

Isi rumah gue yang lama sudah hampir kosong karena semua barang sudah diangkut ke Rumah yang baru. Kalau orang pindahan mungkin bakalan repot, keluarga gue sih nyantai banget. Secara jaraknya cuma 10 langkah.

Dan berhubung barang gue yang paling banyak dibanding barang Bokap, Nyokap, dan Kakak jadilah gue orang yang paling terakhir pindah. Gue sudah mewanti-wanti untuk barang-barang gue biarlah itu jadi urusan gue. Gue gak mau kalau misalnya barang gue diangkut ama orang lain, ntar ada yang ilang atau rusak *posesive*

Sudah hampir 2 bulan belakangan ini, Ortu dan Kakak menempati Rumah baru. Dan berhubung gue susah move on, selama 2 bulan ini jadilah gue penghuni tunggal di Rumah gue yang lama.

Tinggal sendiri ternyata repot banget, paling repot adalah kalau Malam hari tiba karena gue harus nyedot air PDAM. Mungkin itulah pekerjaan semua Bapak saat Malam tiba. Masalahnya kalau gue gak nyedot air, gue gak punya air buat nyiram toilet -_-

Barang-barang gue sudah hampir 95% dipindah ke rumah baru. Yang masih tersisa tinggal laptop buat gue kerja, sofa buat gue tidur, dan teh tarik cepat saji. Kalau-kalau gue haus gitu.

Entah ada yang aneh atau gimana, banyak orang, entah itu tetangga, temen main, temen Gereja, teman kerja yang heran karena gue berani tidur sendirian di Rumah kosong.

Justru gue yang bingung, emang kenapa kalau gue tidur sendiri di Rumah kosong? Toh ini rumah gue sejak kecil dan gue ngerasa aman-aman aja.

Ngomongin soal tidur sendiri, beberapa bulan yang lalu salah satu temen gue tiba-tiba nelpon gue. Dia ngajak gue ketemuan di Warung Sate.

Ini aneh, bener-bener aneh. Gak ada #kode apa-apa kok dia tetiba ngajak makan sate. Udah gitu, dia iming-imingin gue dengan traktiran sate kambing.

Yang kayak gini sih biasanya bau-bau mau nawarin asuransi atau MLM tapi setau gue dia bukan agen asuransi atau MLM. Dibanding banyak mikir akhirnya gue terima ajakkan dia. Ditraktir gitu vroh.

Sambil menikmati dinginnya udara malam, gue mulai menyantap Sate Kambing. Mumpung ditraktir, gue ngelunjak dengan minta tambah tongseng kambing. Dan anehnya dia manut-manut aja. Ini beneran aneh.

Saat sate kambing tinggal menyisakan 3 potong lagi, tiba-tiba dia ngomong gini ke gue "San, mau gak lu nemenin gue tidur Malam ini"

Anjay, pertanyaan yang sangat homo abis. Kita berdua berjenis kelamin laki-laki terus usia sudah lumayan matang terus DIA NGAJAK GUE BUAT NEMENIN DIA TIDUR?

Harga diri gue ternyata cuma dihargain sate kambing + tongseng kambing. Ya elah kalau tau gue diajak tidur bareng ya gue mintanya makan malam di Hotel gitu #loh

Sempat shock sebentar, dia mulai menjelaskan maksud dia biar gue gak salah sangka. Ternyata temen gue itu punya fobia tidur sendiri. Kebetulan orang tuanya harus ke Malang karena ada keluarga yang meninggal dan adiknya harus ke Purwakarta untuk urusan pekerjaan. Sejak kecil dia gak bisa tidur sendiri karena takut atau apalah alasannya.

Ini benar-benar dilema, serius. Kalau gue nolak, jelas gue gak enak karena gue udah rakus makan sate + tongseng. Mau bayar sendiri, duit di dompet tinggal ceban karena sebelum pulang gue baru aja setor tunai di Bank. Kalau gak bisa bayar ntar gue disuruh ngulitin kambing lagi ama yang jual.

Tapi kalau gue nurutin mau dia, terdengar janggal gak sih kalau ada cowok nemenin cowok tidur karena si cowok yang satunya gak berani tidur cendili. Homo abis.

Setelah memastikan kalau kita gak akan tidur satu ranjang akhirnya gue nurutin mau dia. Dia keliatan senang dan gue keliatan pasrah.

Di Rumah dia, setelah beres-beres sebentar dia bersiap buat tidur dan gue juga bersiap buat tidur. Masalahnya gini, di kamar dia emang ada 2 ranjang. Yang pertama ranjang dia dan yang ke dua ranjang si adik.

Masalahnya di ranjang si adik ada 2 kucing yang tidur disana. Kebetulan temen gue itu melihara kucing terus tiap Malam 2 kucing itu pasti tidur bareng Adiknya.

Terus sekarang masak iya gue harus tidur ama kucing. Gue gak mau disalahin kalau tiba-tiba kucing itu hamil eh maksudnya kalau kucing itu ketendang ama kaki gue pas gue tidur.

Dipindahin juga susah banget kayaknya ini kucing sudah cinta mati banget ama ini kasur. Dan hasilnya gue harus ngalah ama si kucing gendut itu.

Pilihannya cuma dua, gue tidur di ranjang ortu atau tidur di sofa. Karena gue masih punya sopan santun, pilihan pertama buat tidur di ranjang ortu dicoret. Lucu ngebayang kalau tiba-tiba ortu temen gue itu pulang dan tidur di ranjang yang baru gue tidurin. Kata si Papa ke Mama "Mi, ini ranjang kok baunya beda ya. Kamu ada main ya ama orang lain! Kurang ajar" FTV abis dan endingnya keharmonisan rumah tangga mereka terkoyak gegara bau badan gue yang nempel di ranjang. *lupakan*

Dan tidur di sofa adalah pilihan yang paling bijak. Tetapi ternyata tidak bijak buat temen gue itu. Entah dia lagi ngirit atau takut pulsa tokennya abis, dia matiin semua lampu. Yang nyala cuma lampu depan doang. Gue yang biasanya berani-berani aja jadi keder juga kalau gelap gini. Gue udah ngomong kalau nyalain kek 1 atau 2 lampu tapi dia bersikeras buat matiin semua lampu.

Kevret emang ente vroh. Udah gue disuruh tidur di sofa terus gue yakin ini sofa pasti pernah dikencingin si kucing eh lampunya malah dimatiin semua. Belum lagi gue rada susah kalau tidur di rumah orang jadi klop deh kesialan gue hari itu.

Kembali soal rumah gue itu, di hari saat gue menulis postingan ini, kamar baru + ruang kerja gue sudah hampir siap. Intinya, gue tinggal naruh laptop dan setelah itu gue gak perlu bolak-balik lagi ke rumah lama-baru-lama-baru lagi.

Ruang kerja gue juga sudah siap dan gue akuin gue puas dengan hasilnya. Untuk ruang kerjanya jelas itu 100%  style gue karena mood gue harus terjaga saat lagi kerja dan kalau ruangannya seru pasti mood gue bakalan baik.

Tapi tetep juga sih gue masih kerja dan tidur di rumah gue yang lama, padahal rumah gue itu sudah hampir kosong karena barang-barangnya sudah ditransfer semua ke rumah baru.

Berhubung gue susah move on, gue ngerasa masih belum bisa sepenuhnya pindah. Setiap kenangan masih menempel dan gue masih menikmati tiap menit kenangan itu.

Kakak dan Nyokap juga malah sudah hampir gak pernah masuk lagi ke rumah itu. Cepet banget ya mereka move on. Kata kakak gue ke gue, gimana bisa move on kalau gue sendiri yang ngebuat diri gue sendiri susah move on.

Cara terbaik untuk move on adalah lepaskan semua kenangan itu, tutup lembaran lama dan mulai membuka lembaran baru.

Ah, coba kalau segampang itu yes. Seperti kita saat sedang putus dengan pacar, buat sebagian orang cara terbaik buat move on adalah hapus nomor kontak dia, hapus semua foto-foto kenangan dia, jangan balas chat atau angkat telpon dari mantan dan yang terpenting adalah ingat alasan utama kita putus agar kita gak ngarep buat balikkan lagi. Terkesan kekanak-kanakkan sih tapi itu cara terbaik buat cepat move on.

Dulu gue pun sudah sempat mencobanya tetapi akhirnya selalu sulit karena disaat gue sudah mulai bisa menyesuaikan diri, dia datang dan datang lagi. Hm... *forget it*

Gue tau cepat atau lambat gue pasti pindah ke rumah gue yang baru dan saat itulah, suka atau gak suka, tetap harus gue jalani.

Semua ada masanya. Ketika masanya datang, nikmati. Ketika masanya berakhir, tinggalkan & bersiaplah untuk yang baru dan ada masa dimana kita harus melepaskan sesuatu bukan karena kebencian tetapi karena waktu yang telah selesai...