Senin, 03 Juni 2013

Cerita di Balik sepiring Nasi Campur

Di balik banyak sifat minus gue, kalau gue boleh menilai diri sendiri, sebenarnya gue adalah orang yang mudah iba dan tidak tegaan.

Lebih spesifiknya, gue paling gak tega dan paling gak bisa liat kalau ada orang yang jualan tapi sepi atau gak ada yang beli.

Selama gue ada uang lebih, biar gue gak suka dan gak butuh barangnya, pasti gue beli. Gue selalu suka liat muka si penjual yang senyum sumringah dan memancarkan kesenangan ketika gue beli barangnya.

Ketika gue beli balon seharga 2rb dari tukang balon di depan BIP, gue masih ingat banget ama mimik mukanya yang (sangat) senang sambil ngasihin balon dia ngomong "Semoga anak di rumah seneng dibawain balon ama Bapaknya"

Biar gue belum punya anak dan istri tapi jujur, gue seneng banget loh pas dia ngomong kayak gitu :D

Sedikit menilik ke 5 tahun belakang, ada satu hal yang sampai sekarang lumayan bikin gue menyesal sampai sekarang loh :(

Ini cerita di tahun 2008, waktu gue belum seperti sekarang,

Dulu, salah satu kebiasaan gue di tahun 2008 sebelum pulang ke rumah adalah nyari tempat yang menyediakan jasa wi-fi gratis. Selain buat nyari referensi, gue juga perlu buat kirim E-mail, kirim kerjaan, dll.

Di tahun itu, harga modem itu masih mahal, mau masang internet di rumah juga harganya belum semurah sekarang. Pilihan buat cari wi-fi gratisan adalah solusi paling pas buat gue.

Dan, salah satu mall yang ada di deket rumah gue, menyediakan jasa wi-fi di lantai food court-nya. Mall-nya sepi banget, kalau kata temen gue lebih layak dibilang kuburan dibanding mall saking sepinya.

Buat yang kenal gue, pasti tau banget kalau gue gak terlalu suka tempat yang ramai, tempat yang riuh dan mall ini adalah pilihan utama gue buat internetan (FYI, setiap ada yang ngajak gue ketemuan, pasti gue selalu merekomendasikan tempat ini buat ketemuan)

Karena tempat untuk wi-fi cuma ada di lantai food court hampir setiap sore sebelum pulang, gue selalu ada di lantai 2 mall ini. Gue pilih tempat yang agak mojok biar gue bisa lebih nyaman, lebih fokus, dan jauh dari kebisingan.

Saking seringnya gue internetan disini, gue hafal banget deretan kios food court dari ujung kiri ampe ujung kanan. Yang ngisi kios di pojok paling kiri adalah kios ice cream dan pojok paling kanan adalah kios soto.

Satu yang mengkhawatirkan adalah seperti yang gue bilang di awal, mall ini tuh sangat sepi. Bahkan gue bisa ngitung dengan jari, jumlah orang yang makan di food court disini setiap harinya.

Dari banyak kios makanan disini, ada satu kios yang cukup menarik perhatian gue. Menariknya gini, yang jaga kios ini adalah pasangan suami istri berumur. Dibanding disebut Om dan Tante, kayaknya lebih cocok dipanggil Kakek dan Nenek atau Oma dan Engkong.

Nama stand mereka itu "Ini Echo" dengan logo jempol (belakangan gue baru tau, Echo itu bahasa Jawa yang artinya Enak)

Hal yang bikin gue miris dan sedih ya, mereka nyewa stand di mall yang sepinya kayak kuburan jadi sedikit banget yang mampir ke stand mereka buat beli makan disitu.

Gue biasa mulai wi-fi dari jam 3 sore sampai jam 7 malam dan rasanya sedikit banget orang yang mau beli makan disitu.  Jujur, gue gak tega ngeliat muka si Kakek ama Nenek yang duduk jaga stand sambil liat orang lalu-lalang tanpa menengok stand mereka.

Nyokap gue pernah ngomong "Yang namanya jualan itu ada pasang surutnya. Kalau jualan gak laku ya dek, pasti mereka gak akan jualan lagi. Bisa aja waktu kamu lagi gak ada, yang beli banyak"

Omongan dari Nyokap itu setidaknya bisa nenangin hati gue tapi hampir setiap hari gue disini, dari itung2an gue dalam 1 minggu, gak nyampe 10 orang yang beli loh.

Setiap ada yang beli atau mampir di stand mereka, gue selalu seneng. Kalau liat stand mereka lagi sepi, kadang gue juga jadi sedih. Walau gue gak ada sangkut pautnya atau sama sekali bukan urusan gue tapi entah kenapa gue tetep ngerasa sedih banget.

Pernah di suatu hari, kebetulan mereka gak jualan, gue ngelewatin stand mereka. Oh ya, mereka itu jualan makanan Chinesse kayak Lontong Cap Gomeh, Nasi Campur, dll. Di tembok stand mereka, gue liat ada tulisan "Jika kita punya 100 masalah ingatlah bahwa Tuhan mempunyai 101 cara untuk menyelesaikannya", ada juga tulisan 1 Korintus 1:4.

Gue hafal banget isi ayatnya: "Aku senantiasa mengucap syukur kepada Allahku karena kamu atas kasih karunia Allah yang dianugerahkan-Nya kepada kamu dalam Kristus Yesus"

Ada juga satu foto mereka berdua lagi senyum sanbil rangkulan. Duh, gue makin gak tega liatnya. Entah gue yang terlalu sentimentil atau gue yang lebay ya, hal sepele terlalu gue besar-besarkan.
   
Fix, besok gue pasti beli makan disini. Biar gue gak doyan nasi campur atau lontong cap gomeh, gue pasti bakalan beli dan gue abisin.

Besoknya, suasana food court tumben-tumbenan lagi penuh. Kebetulan lagi ada acara lomba nyanyi jadi suasana lebih ramai dari biasanya. Setelah pilih tempat duduk, gue beranjak ke stand si kakek dan nenek itu.

Begitu sampai, gue langsung disambut dengan sangat baik dan welcome. Seriously, muka mereka itu kayak yang sangat senang sekali karena ada yang mampir buat beli. Gue pesen nasi campur dan lontong Cap Go Meh, harganya 30rb buat 2 menu itu.

"Duduknya dimana dek?" kata si Kakek ramah. Gue tunjuk meja tempat gue duduk sambil mengeluarkan selembar 50rb buat bayar.

15 menit kemudian, pesenan gue datang. Si kakek bawain pesenan gue sambil ngomong "Selamat Menikmati" yang gue balas dengan sebuah anggukan.

Biar gue gak doyan nasi campur or lontong cap gomeh tapi demi kakek-nenek yang hampir tiap hari gue kecengin bakalan gue abisin. Satu suap gua makan dan gak kerasa abis juga ini lontong ama nasi.

Jujur ya, rasanya enak tapi sayangnya gak fresh. Kerasa banget kalau dipanasin dan menurut gue ngurangin rasa ya. Tapi overall tetep enak dan next gue bakalan makan disini lagi.

Di rumah, gue mulai pikir otak, gimana caranya gue bisa bantu mereka. Rada impossible, kalau setiap hari gue makan disana, bisa-bisa Nyokap ngamuk karena udah masak tapi gak ada yang makan.

Tercetus ide, gue bakalan ikutan dalam kepengurusan acara di Gereja. Jadi rencananya gue bakalan menawarkan diri buat megang konsumsi karena kebetulan bakalan ada acara Natal Gabungan.

Dalam bayangan gue, kalau gue bisa diterima buat megang konsumsi, gue bakalan rekomendasiin buat order di si Kakek dan Nenek. Denger-denger planning awalnya, bakalan mesen sekitar 100 box soalnya ini acara Natal gabungan jadi yang datang bakalan banyak banget.

Wuih, gue ngebayangin muka mereka seneng karena dapat orderan. Gue selalu senang kalau melihat orang lain juga senang, menunjukkan senyum bahagia, dan bersyukur.

Kadang gue suka mikir ya, ngapain gue malah sibuk mikirin hal yang sama sekali gak ada untungnya buat gue. Apalagi gue itu sebenarnya paling gak suka ikutan organisasi-organisasi kayak gitu karena gue juga punya kesibukkan sendiri tapi buat kali ini, gue maksain diri buat ikutan.

Hidup itu bukan soal untung dan rugi, masih banyak yang bernilai daripada itu :)

Next,

Setelah beberapa kali rapat, akhirnya gue beneran kepilih buat jadi seksi konsumsi. Estimasi awal diperkirakan bakalan mesen 100 box dengan harga 15rb/box. Soal isi menu semuanya terserah gue. Gue seneng banget setelah dapet kepastian ini, seneng karena bakalan bisa kasih kabar menggembirakan buat si kakek dan nenek :)

Setelah dapet kepastian gue langsung menuju ke mall tempat biasa gue wi-fi, Setengah berlari, gue lansung menuju ke lantai 2, ke tempat food court. Sesampainya disana, gue langsung menuju stand si kakek dan nenek tapi sayang banget waktu gue datang mereka lagi gak jualan. Libur kali ya, pikir gue saat itu.

Tapi anehnya 3 hari berturut-turut kesitu, stand mereka selalu tutup. Apa mungkin mereka sudah gak jualan ya? Gue memberanikan bertanya ke stand sebelah dia, stand siomay. Kata Mbak yang jaga, mereka sudah gak jualan lagi disini karena sepi.

Duarrrrr, gue sedih plus kecewa banget dengernya. Sedih karena gue gak bisa ketemu mereka lagi plus kecewa karena gue telat ngasih kabar baik buat mereka :(

Gue nanya ke stand disebelah mereka tapi gak ada yang tau nomor kontak si kakek dan nenek ini. Saat itu gue mikir, mungkin bukan rejeki mereka. Akhirnya, dibanding repot lagi nyari katering, gue minta tolong Nyokap buat cover semua pesenan buat konsumsi Natal nanti

Next month,

Stand "Ini Echo" milik kakek dan nenek itu sekarang sudah berganti jadi stand Fried Chicken. Rasanya ada yang kurang buat gue. Biasanya kalau gue lagi nulis disini ya, sesekali mata gue melirik ke arah stand milik mereka. Kadang gue suka senyum-senyum sendiri, ngeliat mereka bercanda satu sama lain, melihat si kakek menguatkan si nenek, melihat si Kakek dengan sigap membawa tampan pesanan ke orang yang mesen. Mungkin gue gak akan ketemu mereka lagi tapi satu yang pasti, ada perasaan lega buat gue, setidaknya gue pernah makan masakkan mereka :)

Setiap gue ke mall itu sampai sekarang, satu yang PASTI terlintas di pikiran gue adalah gimana ya kabar mereka? Apa mereka masih jualan? Apa jualannya laris? Bahkan setelah gue mampu buat beli modem sendiri dan semakin jarang ke mall itu, terkadang pikiran itu masih suka nongol di kepala gue setiap gue ngelewatin mall itu.
 
Tapi ternyata yang namanya jodoh itu emang gak kemana.

Di bulan Juni tahun 2013 ini, saat jam makan siang gue diajak temen gue makan di Pujasera sekitaran Sukajadi. Katanya ada steak yang enak banget dan gue meng-iya-kan ajakkan itu. Biasa observasi rasa :)

Sesampainya disana, gue jalan-jalan di sekitaran pujasera, liat-liat orang yang jualan, siapa tau nemu ada makanan yang lebih enak. Gak lama, mata gue tertuju ke satu stand, lupa-lupa inget gue perhatiin siapa yang lagi jaga disana

Gue berjalan makin mendekat dan ternyata si kakek dan nenek itu yang jualan! Nama standnya tetep "Ini Echo" dan jualannya juga masih sama, ada nasi campur, ada lontong cap gomeh. Gue perhatiin mereka semakin uzur, terakhir ngeliat mereka itu tahun 2008 dan gak kerasa sekarang sudah hampir 5 tahun loh.

Gue rasa jualan mereka disini lebih laris dibanding jualan terdahulu karena kalau gue perhatiin mereka berdua jauh lebih sibuk dibanding waktu jaga stand di mall itu.

Berani taruhan, 1000% mereka gak akan inget gue tapi gue masih selalu inget mereka... Reflek, gue langsung menuju stand mereka, tanpa banyak nanya, gue langsung mesen:

"Nasi Campurnya satu ama Lontong Cap Gomehnya satu"

Tidak ada komentar: