Selasa, 21 Juni 2011

Balada Tamu Tak Diundang (Lagi)

Jadi tamu tak diundang itu emang menyenangkan. Menyenangkan buat si tamu yang (tak) diundang itu dan menyebalkan buat orang yang punya hajat.

Menyebalkan karena sudah gak diundang, makannya rakus dan tamak, dan ngasih angpau yang sama sekali gak ada isinya.

Betapa menyebalkannya tamu tak diundang itu terjadi ketika ada hajatan di depan rumah gua. Kebetulan depan rumah gua itu ngadain sunatan massal. Dibilang banyak sih enggak juga, kalau gak salah ada 4 orang yang masih ada hubungan saudara yang hari itu disunat.

Kebetulan halaman rumah gua dipinjem buat diisi kursi yang diperuntukkan buat tamu-tamu yang mau makan. Dan lebih kebetulannya lagi, tetangga gua itu ngundang orkes tunggal buat ngeramain acara.

And for you know, suara Organ Tunggal tuh ribut banget. Suara gitar, dicampur suara gendang dan dipadu suara gong cukup membuat kuping gua buat mengeluarkan nanah. Belum lagi suara si biduanita yang berturut-turut nyanyiin lagu dangdut tanpa henti.

Dalam 1 hari itu, kuping gua terpaksa dicekoki lagu-lagu dangdut kayak ‘Belah Duren’, ‘Dikocok-kocok’, ‘Cucak Rowo’ dan yang bikin gua takjub adalah lagu-lagu boyband kayak Backstreet Boys, Westlife bisa pula didangdutin.

Ckckckckckckckck

Susah banget konsentrasi buat ngerjain kerjaan, mata emang tetap tertuju di depan laptop, tapi pikiran dan kuping tertuju ke orkes tunggal itu. Huhuhuhu

Gak beberapa lama, kedengeran suara “Sawer, sawer, sawer”. Wah, setau gua, sawer tuh ngasih duit ke penyanyi kan? Ngasihnya bisa diselipin ke ‘itu’-nya dan bisa pula diselipin ke ‘ini’-nya kan?

Naluri lelaki gua seolah berdenyut untuk melihat saweran itu. Buat jaga-jaga, gua buka celengan babi gua dan ambil beberapa duit ribuan. Siapa tau bisa ikut nyawer kan? Hahahaha

Gua noong bentar dibalik tirai jendela, samar-samar gua liat ada nyokap gua lagi bantu-bantuin tetangga gua itu nyiapin masakkan. Sialnya, di depan jendela gua ada pohon yang ngalangin pandangan gua ke atas panggung. Rencana terpaksa diubah….

Gua pura-pura keluar buat nyamperin nyokap gua, dan yes akhirnya gua dapet jarak pandang yang (sangat) jelas buat liat biduanita itu di atas panggung.

Dan begitu ngeliat, sungguh gua sangat MENYESAL karena telah keluar dari kamar gua. Biduanita yang gua kira adalah seorang gadis molek ternyata hanya seorang emak-emak dengan dandanan menor dibalut dengan baju ketat berwarna pink. Belum cukup itu juga, ternyata emak necis itu gak cuma sendiri tapi datangnya rombongan!

Oh Sh*t! Yang ada di pikiran gua sekarang adalah cepet masuk ke rumah, kucek mata dengan air garam, dan anggap gua pernah ngeliat apa-apa.

Permasalahan baru muncul adalah ketika acara selesai. Kamera SLR punya tetangga gua yang dipake buat motoin acara hilang. Dan setelah ditelusuri, ternyata ada tamu tak diundang yang datang cuma buat makan dan nyuri.

Parahnya, di angpau yang mereka kasihin, bentuknya emang tebel tapi gak ada isinya apa-apa yang ada cuma tulisan “Eh, disunat tuh enak gak sih? Aku aja belum loh”

Gua yang denger dari nyokap gua cuma bisa cekikan, dasar maling. Udah maling malah pake acara tanya jawab segala. Dikira cerdas cermat apa?

Nyokap gua pun selalu mewanti-wanti agar gua menjadi anak yang tau diri dan gak datang ke undangan orang jika gak diundang. Dan, sebagai anak yang ‘baik’ gua ngangguk-ngangguk yang berarti ‘iya’.

Walau gua akuin, gua pernah jadi tamu tak diundang (Baca yang judulnya BALADA TAMU TAK DIUNDANG) dan memang gua akuin jadi tamu tak diundang itu emang lebih banyak mudarat dibanding untungnya

Tapi? Jika keadaan memaksa, hal yang sebenarnya ingin kita hindari biasanya malah harus kita jalani.

Tiba-tiba kakak ngajakkin datang ke undangan nikahan adiknya bosnya. Awalnya gua sama sekali tertarik karena lagi asyik-asyiknya nonton Cinta Fitri dan gua sudah pensiun jadi tamu tak diundang

Kakak: “De, nanti temenin gua yak ke undangan. Temen-temen di kantor gak ada yang bisa ikut”
Gw: “………………………………..” (diem aja karena lagi seru ngeliat si Fitri mau dicelakain ama si Mischa)

Kakak: “Makanannya enak-enak loh”
Gw:”…………………………” (noleh bentar ke kakak –agak tertarik-)

Kakak: ”Ceweknya cantik-cantik loh”
Gw: “Ok, kapan kita bisa berangkat”

Rasanya sangat kelewatan kalau gua harus melewatkan kesempatan ini. Mata gua yang sudah terkontaminasi oleh pemandangan emak-emak berkostum ketat itu harus segera diminimalisir dengan pemandangan wanita-wanita bening yang menawan.

Karena ini adalah undangan orang penting, sebisa mungkin gua harus tampil seperti eksekutif muda. Buang semua baju-baju kewer-kewer yang ada, sisihkan baju-baju Bola yang biasa kamu pake. Bertransformasilah menjadi cowok yang (seolah) memiliki jabatan tinggi di perusahaan dan memiliki attitude yang disegani kawan dan lawan.

Ok, setelah bersiap sedemikian rupa, akhirnya gua sampai di tempat tujuan. Gedungnya mewah dan di luar banyak bunga-bunga yang isinya ucapan selamat dari orang-orang beken.

Mau gak mau gua jadi keder juga. But, life must go on….

Begitu masuk dan salaman bentar, aroma masakkan langsung tercium. Indra perasa gua langsung merasakan ada bau tekwan, baunya gurih dan enak banget. Pengen deh cepet-cepet langsung ngambil.

Tapi ingat, hilangkan jiwa kampungmu itu dek sani….

Setelah acara tuker cincin, pemberkatan, dan doa makan. Semua tamu dipersilahkan buat ‘mencicipi hidangan yang ada’. Doa belum selesai, gua perhatiin ada Bapak-Bapak yang tanpa ba-bi-bu langsung ngambil piring dan milih menu masakkan.

Dasar bapak kualat. Semoga tuh tekwan gak nyangkut di tenggorokanmu.

Ok, sekarang waktunya untuk ngantri. Pilihan pertama, gua jatuhkan ke mpek-mpek. Karena kebetulan yang nikah adalah orang Palembang, pantes aja ada mpek-mpek.
Rasanya enak dan gurih, begitu terasa ikan tenggirinya beda ama mpek-mpek yang biasa lewat di depan rumah gua. Gua lebih suka nyebutnya aci digoreng karena komposisinya 98% aci, ikannya 2%.


Ikan Tenggirinya begitu terasa


Rasanya kayak tukang siomay di depan rumah gua


Dari segi presentasi hancur tapi tingkat kematangan sudah cukup baik, hehehe


Cream Soupnya sangat memanjakan lidah


Lelehan vanilanya membuat lidah terasa kaku



Ampun. perut saya sudah gak kuat lagi

Berturut-turut gua ambil siomay, lidah goreng, es krim, cakes, zupa soup. Rasanya enak-enak dan terlihat jelas dikerjakan dengan kualitas tinggi. Sebagai penutup, barulah gua makan makanan berat yang disediakan. Pas gua lagi makan, MC acara ngomong kalau kedua mempelai akan melempar bunga pernikahan mereka. Yang bisa dapet bunga itu akan mendapatkan hadiah special

Hadiahnya adalah satu botol wine import langsung dari Prancis. Dan dari referensi yang gua dapat, di Prancis tepatnya di Kota Bordeaux, wine yang dihasilkan adalah wine dengan kualitas tinggi dan terbaik. Dan jangan salah, harga jualnya sangat tinggi,

Gua yang seumur-umur belum pernah minum wine kecuali marimas rasa anggur jadi tergoda buat ikutan. Siapa tau kan bisa dapet wine itu? Lumayan buat menjamu tamu-tamu di rumah. Kalau ada tamu di rumah bisa gua sedian wine itu dan mereka pasti berpikiran “Wah, selera orang ini emang tinggi. Wine semahal ini dijadiin jamuan untuk tamu”

Padahal sih mereka gak tau, wine yang asli udah habis isinya gua ganti ama Nutrisari rasa anggur. Hahaha, forget it,

Sekarang, konsentrasi dulu buat nangkep bunga yang dilempar itu. Kakak gua sih gak mau ikutan jadi mau gak mau gua harus berjuang sendiri. Yang ikutan lumayan banyak dan dari perhitungan gua, bunga itu kalau dilempar bakal kelempar ke tengah. Kalau gua nunggu di depan bakalan percuma, nunggu di belakang juga bakalan percuma. Yang paling pas tuh nunggu di tengah. Gua ambil posisi di tengah dan bersiap-siap buat loncat.

“Satu………….Dua……………Tigggggggggggggg, eh nanti dulu” kata si MC sambil mencoba ‘melucu’

Dasar asu, padahal gua udah hampir lompat. Image cool yang telah gua bangun sejak tadi bisa hancur seketika kalau gua tadi lompat.

“Satu………….Dua……………Tigggggggggggggga” dan kedua mempelai melempar bunga itu setinggi-tingginya. Persis, seperti perhitungan gua, bunga itu tepat berada di kepala gua.

Sambil melompat persis seperti Si Buta dari Goa Hantu yang lompat buat nangkep ekor si monyet peliharaannya gua pun mencoba lompat.

Tangan gua sudah bisa merasakan kelopak bunga itu dan yes 99% gua yakin kalau gua yang bakal dapet. Pikiran gua sudah melayang, gua bakal minum tuh wine. Itu wine bakal gua campur ama es batu, gua bakal minum wine itu sambil nonton doraemon…

Tapi?

Gua gak tau siapa orangnya, ada orang yang malah NYAKAR + NGEPLAK tangan gua. Bunga yang harusnya jatuh di tangan gua malah jatuh ke samping gua dan diambil orang lain.

Dasar gembel, wine gak dapet, yang ada gua malah dapet luka cakaran. Gua nengok ke belakang dan gua perhatiin ada 3 orang yang sangat mencurigakan.

Dua orang pertama (Si Mr.X dan Mr.Y) kebetulan tepat ada di belakang gua. 20% mereka pelakunya. Tapi entah kenapa, gua SANGAT yakin kalau orang yang nyakar gua itu adalah si Mrs Z. Mrs Z itu adalah Ibu-Ibu berpakaian nyentrik dengan busana macan loreng-loreng. Persis kayak siluman macan.

Macan kan sukanya nyakar? Dan si Ibu itu berpakain ala macan. Klop deh. Biar analoginya terlalu dipaksakan tapi gua tetep yakin kalau yang NYAKAR dan bikin gua KEHILANGAN mimpi buat minum wine segar itu adalah si Mrs Macan itu.

Dendam banget gua ama si macan itu. Sudah wine gak dapat eh malah ada jejak cakaran di tangan gua. Pengen gua samperin terus ngomong gini:

Gw: “Ibu, maaf ya. Tadi anda sudah nyakar saya. Saya minta ganti rugi buat beli betadine di warung”

Yang gua takutin si Macan itu bakal ngomong:

Mrs Macan: “Kamu mau muka kamu saya cakar-cakar lagi?”

Gua jadi merinding sendiri dan sebisa mungkin gua coba buat enyahkan pikiran najis itu. Gua mencoba bersikap cool biar tangan gua rasanya ‘nut-nut-nut’ gara-gara cakaran itu.


Penampakan Mrs Macan

Setelah semua makanan selesai dilahap, tiba waktunya buat pulang. Salam-salaman bentar, gua dan kakak berjalan menuju parkiran kendaraan.

Entah emang jodoh atau apaan, eh gua ketemu lagi ama si macan itu. Dan anehnya, dia tersenyum ke gua. Mau gak mau gua jadi ikut senyum juga walau agak dipaksakan. Masih ada perasaan keki tapi ya sudahlah toh semuanya sudah terjadi…

Namanya juga tamu tak diundang jadi apapun ya harus bisa diterima….

Iya toh?

Tidak ada komentar: